petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kancilbola

cara pinjam duit di bank bca 829Jutaan kata 674801Orang-orang telah membaca serialisasi

《kancilbola》

Kadin Minta Kebijakan Upah Diimbangi dengan Insentif bagi Pengusaha******

Kadin Indonesia mengatakan kenaikan upah minimum (UM) 2023 perlu dibarengi dengan pemberian insentif dari pemerintah kepada pengusaha.
Kadin Indonesia mengatakan kenaikan upah minimum (UM) 2023 perlu dibarengi dengan pemberian insentif dari pemerintah kepada pengusaha. (Kadin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengatakan kenaikan upah minimum(UM) 2023 perlu dibarengi dengan pemberian insentif dari pemerintah kepada pengusaha.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid mengungkapkan pemerintah perlu merumuskan kebijakan pengupahan yang lebih tertarget, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan karakter setiap sektor industri.

Selain itu, kebijakan pengupahan tersebut juga perlu bersifat adil dan tidak memberatkan pelaku usaha dan tidak merugikan tenaga kerja atau buruh. Pasalnya, baik pelaku usaha maupun tenaga kerja, keduanya merupakan siklus pertumbuhan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan.

Sementara itu, industri yang berorientasi pada ekspor seperti industri alas kaki dan pakaian jadi berbeda dengan industri yang berorientasi pada impor, seperti makanan dan minuman yang mengandalkan bahan baku sereal, industri plastik, dan perlengkapan elektronik.

"Dalam situasi pelemahan ekonomi global yang bakal berlanjut pada tahun depan, kami berharap agar kebijakan kenaikan upah dibarengi dengan pemberian insentif bagi industri yang terkena dampak gejolak ekonomi global, seperti industri padat karya dan yang berorientasi pada ekspor," kata Arsjad melalui keterangan resmi, Selasa (22/11).



Ia menambahkan pihaknya memang menyambut baik aturan formulasi penetapan upah tahun depan yang baru diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan, Permenaker Nomor 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi.

Namun, kebijakan tersebut harus mempertimbangkan juga keberlangsungan usaha pada setiap sektor agar tidak kontraproduktif.

Pihaknya tidak menampik bahwa tantangan ekonomi global yang dipicu oleh konflik geopolitik terus memicu lonjakan inflasi. Pada Oktober 2022, inflasi Indonesia telah mencapai 5,71 persen yang bakal berimbas pada kenaikan harga-harga bahan pokok dan daya beli masyarakat.

Lihat Juga :
ESDM Pede Proyek Gasifikasi Batu Bara Jadi DME Sedot Investasi Rp33 T

Di sisi lain, kata Arsjad, dengan tantangan yang sama, industri dalam negeri juga merasakan dampak yang berbeda-beda. Hal ini tercermin dari penurunan permintaan global yang berdampak pada ekspor Indonesia.

Berdasarkan catatannya, kinerja ekspor tercatat turun 10,99 persen pada September tahun ini menjadi US,8 miliar dibandingkan pada bulan sebelumnya. Imbasnya, sektor industri padat karya sebagai penopang penyerapan tenaga kerja di Indonesia menjadi lesu darah karena permintaan yang menurun.

"Kebijakan kenaikan upah minimum pada satu periode sebaiknya menargetkan pada industri dengan laju pertumbuhan ekonomi terbesar atau winning industry pada periode tersebut. Jika tidak, kebijakan kenaikan upah tersebut akan memberatkan pelaku usaha," ujar Arsjad.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Survei: Karyawan Twitter Pilih Resign Usai Ultimatum Keras Elon Musk******

Ratusan karyawan Twitter diperkirakan akan resign usai ultimatum dari pemilik baru, Elon Musk, yang meminta karyawan kerja ekstra keras atau pergi.
Ratusan karyawan Twitter diperkirakan akan resign usai ultimatum dari pemilik baru, Elon Musk, yang meminta karyawan kerja ekstra keras atau pergi. (REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ratusan karyawan Twitterdiperkirakan akan meninggalkan perusahaan media sosial tersebut usai ultimatum dari pemilik baru, Elon Musk, yang meminta karyawan kerja ekstra keras atau pergi.

MengutipCNA,Jumat (18/11), dalam jajak pendapat di aplikasi tempat kerja Blind, yang memverifikasi karyawan melalui email kantor, sebagian karyawan mengambil opsi keluar dari pada harus bekerja ekstra keras.

Dari total yang mengikuti survei, seperempat mengatakan enggan dan hanya 7 persen yang mengklik untuk tinggal di perusahaan tersebut.

Meskipun tidak jelas berapa banyak karyawan yang memilih untuk tetap tinggal, angka tersebut menyoroti keengganan beberapa staf untuk tetap berada di perusahaan tempat Musk buru-buru memecat setengah karyawannya termasuk manajemen atas, dan dengan kejam mengubah budaya untuk menekankan jam kerja yang panjang dan waktu yang lama.

Perusahaan memberi tahu karyawan mereka akan menutup kantornya dan memotong akses lencana hingga Senin depan pada (21/11). Seorang sumber mengatakan petugas keamanan mulai mengusir karyawan dari kantor pada Kamis malam, kata satu sumber.



Twitter, yang kehilangan banyak anggota tim komunikasinya, tidak menanggapi permintaan komentar. Dalam obrolan pribadi di Signal dengan sekitar 50 staf Twitter, hampir 40 orang memutuskan untuk keluar.

Selain itu, di grup Slack pribadi untuk karyawan dan mantan karyawan Twitter, sekitar 360 orang bergabung dengan saluran baru berjudul 'PHK sukarela'.

Jajak pendapat terpisah di aplikasi Blind meminta staf untuk memperkirakan berapa persen orang yang akan meninggalkan Twitter berdasarkan persepsi mereka. Lebih dari separuh responden memperkirakan setidaknya 50 persen karyawan akan keluar.

Lihat Juga :
ANALISISJual-Beli FTX Dihentikan Bappebti, Masih Layakkah Investasi Kripto?

Hati biru dan emoji salut membanjiri Twitter dan ruang obrolan internalnya pada hari Kamis, untuk kedua kalinya dalam dua minggu saat karyawan Twitter mengucapkan selamat tinggal.

Pada pukul 18.00 waktu Bagian Timur (11.00 GMT), lebih dari dua lusin karyawan Twitter di seluruh Amerika Serikat dan Eropa telah mengumumkan pengunduran diri mereka di postingan Twitter publik yang ditinjau oleh Reuters, meskipun setiap pengunduran diri tidak dapat diverifikasi secara independen.

Sebelumnya, Musk telah mengirim email kepada karyawan Twitter. Dalam email tersebut ia mengatakan, "ke depan, untuk membangun terobosan Twitter 2.0 dan berhasil di dunia yang semakin kompetitif, kita harus sangat keras."

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Menaker Klaim Aturan UMP 2023 Naik Maksimal 10 Persen Tak Cacat Hukum******

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengklaim Permenaker Nomor 18/2022 tentang Penetapan UMP telah sesuai aturan di atasnya.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengklaim Permenaker Nomor 18/2022 tentang Penetapan UMP telah sesuai aturan di atasnya. (Dok. Kemnaker).
Yogyakarta, CNN Indonesia--

Menteri KetenagakerjaanIda Fauziyah mengklaim Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18/2022 tentang Penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) telah sesuai aturan di atasnya alias tidak cacat hukum.

Ida mengatakan beleid yang ditekennya pada 16 November kemarin itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang pengupahan.

"Permenaker ini sebenarnya menjalankan perintah PP 36, di mana Kementerian Ketenagakerjaan memberi kewenangan untuk memberikan pedoman penetapan upah minimum dan gubernur memiliki kewenangan untuk menetapkannya. Sebenarnya Permenaker 18 2022 ini sesuai dengan PP 36/2021," kata Ida singkat di UGM, Selasa (22/11).

Selain itu, tidak mungkin pula, Ida tidak mengetahui permasalahan di industri terkait dampak besar dari potensi jatuhnya industri padat karya misalnya tekstil, garmen, dan persepatuan di Indonesia di ujung 2022 dan awal 2023.

Lebih lanjut, Danang juga mengatakan permenaker baru ini cukup kontroversial karena tiga hal. Pertama, berpotensi menimbulkan ketidakpastian regulasi dan kerusakan iklim investasi di Indonesia yang sedang dibangun oleh Presiden Jokowi.

Lihat Juga :
Apa Itu Reflasi yang Mengancam Indonesia?

Kedua, mendorong terjadinya kegagalan yang lebih parah pada industri padat karya pada 2023. Ketiga, mengakibatkan pertarungan hadap hadapan antara buruh dan pengusaha.

"Sebaiknya, Ibu menteri dan jajaran bisa memanfaatkan tripartit nasional dan mengajak para pengusaha dan buruh untuk membahas situasi ke depan," kata Danang kepada CNNIndonesia.com, Senin (21/11).

Danang pun menduga penetapan aturan yang diklaim menguntungkan buruh itu bertalian dengan upaya mendongkrak elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sendiri diketahui memang kader dari partai tersebut.

"Dugaan saya, ibu menteri lebih motif politik, beliau tampaknya sedang berusaha membantu elektabilitas Ketum PKB (Muhaimin Iskandar). Permenaker 18 ini bisa dijadikan isu pembelaan kepada buruh dan tenaga kerja yang konstituen penting PKB sejak dulu," ujar Danang.


Ida Fauziyah menerbitkan Permenaker Nomor 18/ 2022 sebagai acuan perhitungan Upah Minimum bagi para pemerintah daerah. Beleid itu mencakup beberapa ketentuan soal penentuan upah minimum bagi pemerintah daerah.

Pertama, kewajiban bagi pemerintah daerah menetapkan upah minimum 2023 berdasarkan aturan ini. Kedua, rumus perhitungan upah minimum. Berdasarkan beleid ini, upah minimum 2023 harus dihitung dengan rumus yang sudah diatur pemerintah.

Rumus kenaikannya = Upah tahun sekarang + (Penyesuaian Nilai Upah Minimum (UM) x UM (tahun sekarang).

Penyesuaian upah minimum dihasilkan dari dari inflasi + (pertumbuhan ekonomi x indeks kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,1 sampai dengan 0,3).

Lihat Juga :
Harga Bahan Pangan Mulai Terkerek Menjelang Akhir Tahun

Ketiga, provinsi yang telah memiliki upah minimum, penetapannya dilakukan dengan penyesuaian nilai upah minimum yang besaran kenaikannya tidak boleh melebihi 10 persen.

"Dalam hal hasil penghitungan penyesuaian nilai upah minimum melebihi 10 persen, Gubernur menetapkan Upah Minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10 persen," kata aturan tersebut.

Kemudian, jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, kenaikan upah hanya mempertimbangkan variabel inflasi. Besaran kenaikan upah itu harus ditetapkan dan diumumkan paling lambat 28 November 2022.

[Gambas:Video CNN]



(kum/dzu)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:liga168

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
surgaplay
pinjaman online paling cepat cair
wyn4d
spin 707 slot
situs slot paling bagus
pinjaman online danamas
murah138
alamat slot terbaru
cara belanja di akulaku tanpa uang muka
Daftar isi semua bab
Bab 1 link slot gacor hari ini
Bab 2 link slot88
Bab 3 live judi slot
Bab 4 tiktaktogel
Bab 5 erek erek 2d3d4d
Bab 6 judi slot dana terpercaya
Bab 7 cnnselot
Bab 8 prediksi yordania togel
Bab 9 slot resmi online
Bab 10 lunar778
Bab 11 big77
Bab 12 menara3388
Bab 13 yoktogel
Bab 14 line slot88 login
Bab 15 cara mendaftar kredivo
Bab 16 raja365
Bab 17 pinjol baru rilis 2022
Bab 18 paito oregon 9 wla
Bab 19 tafsir mimpi 89
Bab 20 situs maxwin malam ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1295bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Jimat kecil vitalitas

happybet188 demo
Startup Ruangguru melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya mulai hari ini, Jumat (18/11).
Startup Ruangguru melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya mulai hari ini, Jumat (18/11). Ilustrasi. (Ruangguru).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ruangguru, startup pembelajaran digital atau edutech mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) pada ratusan karyawan per Jumat (18/11) ini.

Keputusan ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis. "Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini," ungkap Tim Corporate Communications Ruangguru kepada CNNIndonesia.com.

Perusahaan mengatakan semua karyawan yang terdampak telah mendapatkan pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak (jika masih ada sisa cuti), sesuai aturan perundang-undangan.

Tidak hanya itu, perusahaan juga menuturkan Ruangguru berkomitmen untuk membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan baru sesegera mungkin.

Hal itu akan dilakukan dengan mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus dan memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan.

Lihat Juga :
Ruangguru Pastikan Uang Pesangon Dkk Bagi Karyawan Kena PHK

"Ruangguru tetap optimis dengan prospek, kesempatan, dan posisi unik yang dimiliki oleh Ruangguru untuk terus memberikan akses terhadap layanan pendidikan berkualitas bagi semua," imbuh perusahaan.

PHK ini tidak berdampak pada layanan perusahaan dan kepada seluruh pelanggan Ruangguru.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

berbaris menuju kekaisaran

kaisarslot777
CEO Tesla Elon Musk mengatakan Korea Selatan adalah salah satu kandidat teratasnya untuk investasi kendaraan listrik (EV).
CEO Tesla Elon Musk mengatakan Korea Selatan adalah salah satu kandidat teratasnya untuk investasi kendaraan listrik (EV). (AP/Susan Walsh).
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO Tesla Elon Muskmengatakan Korea Selatanadalah salah satu kandidat teratasnya untuk investasi kendaraan listrik (EV).

Hal tersebut ia sampaikan dalam percakapan panggilan video dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol.

Mengutip CNA, Rabu (23/11), perusahaan memilih negeri Gingseng karena ingin mendorong pembangunan gigafactory untuk EV di Asia.

Kabar ini tentunya membuat kepastian Tesla untuk berinvestasi dalam mengembangkan EV di Indonesia gamang.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan sempat memberi kepastian bahwa investasi Tesla di Indonesia tidak pernah bicara mengenai pembangunan pabrik mobil.



Kata dia, Tesla tertarik ke Indonesia sebagai negara penghasil nikel terbesar di dunia yang menjadi bahan utama baterai EV.

Adapun Tesla menyampaikan minat untuk masuk ke Indonesia, namun investasi itu belum kunjung terwujud. Harapan pabrikan mobil listrik itu masuk ke Indonesia kembali mengemuka setelah pertemuan Elon Musk dengan Presiden Jokowi pada Mei lalu.

Terbaru, Luhut menyebut kepastian investasi Tesla milik pengusaha Elon Musk di RI akan diketahui saat agenda Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali.

Lihat Juga :
Kalah di WTO, Indonesia Banding Gugatan Nikel

"Ya, nanti akan Anda dengar beritanya sekitaran pada G20," ujar Luhut setelah menghadiri agenda #DemiIndonesia di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta, Sabtu (29/10).

Namun, hingga saat ini hal tersebut belum terungkap. Luhut tak menjawab tegas terkait pertemuan berikutnya dengan Elon Musk selaku bos Tesla. Ia menyampaikan Indonesia kini sudah memiliki non disclosure agreement (NDA) dengan Tesla mengenai perkembangan rencana investasi.

"Kamu dengar aja beritanya waktu G20. Kami tanda tangan NDA, saya nggak bisa men-disclose apa yang sedang berkembang," ucap Luhut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Naruto: Aktor Terbaik

pinjol cepat cair legal
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka bersuara soal ricu Munas Kadin di Solo dengan mengatakan,
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka bersuara soal ricu Munas Kadin di Solo dengan mengatakan,
Solo, CNN Indonesia--

Walikota Solo Gibran Rakabuming Rakamendatangi lokasi Musyawarah Nasional (Munas) XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Hotel Alila, Solo, Selasa (22/11) usai insiden perkelahian antarpeserta.

Putra Presiden Joko Widodo itu meminta agar kericuhan yang terjadi di Munas XVII HIPMI tersebut tidak dibesar-besarkan. Menurutnya, kericuhan tersebut hanya kejadian kecil.

"Halah, kejadian kecil saja," kata Gibran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina HIPMI Jawa Tengah itu.

"Insyaallahlancarlah ya. Pleno diselesaikan siang ini, atau kalau molor ya sore nanti," katanya.

Ia mengaku telah mendapatkan keterangan dari Panitia Munas terkait kejadian semalam. Ia meminta semua pihak tidak perlu melaporkan kejadian tersebut kepada Polisi.

"Kalau soal itu tanya Pak Kapolres saja. Tapi kekeluargaan aja, wong cah enom kok (anak muda kok)," katanya.

Gibran berharap insiden tersebut tidak berdampak kepada citra Kota Solo.

"Pemilihan apapun ya diselesaikan dengan kekeluargaan. Pokoknya kita tidak ingin ada kejadian-kejadian yang jelek terjadi di Solo," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait insiden perkelahian di Munas HIPMI tersebut. Polres, katanya hanya mendorong agar HIPMI bisa menyelesaikan pertikaian tersebut secara kekeluargaan.

"Kami hanya memediasi saja agar ini diselesaikan diselesaikan secara internal saja," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(syd/agt)

istri parit

mekar99
Ruangguru memastikan karyawan yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendapatkan pesangon, gaji penuh, dan perpanjangan asuransi.
Ruangguru memastikan karyawan yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mendapatkan pesangon, gaji penuh, dan perpanjangan asuransi. Ilustrasi. (Arsip Ruangguru).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ruangguru, startup pembelajaran digital (edutech), melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya mulai hari ini, Jumat (18/11).

Kendati demikian, Tim Corporate Communications Ruangguru memastikan karyawan terdampak mendapatkan uang pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak jika masih ada sisa cuti.

"Sesuai UU, dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh," ungkapnya kepada CNNIndonesia.com.

Tidak hanya itu, perusahaan mengungkap komitmennya untuk membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan baru segera dengan mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus.

"Dan kami memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan," tulis perusahaan.

Lihat Juga :
Ekonom Proyeksi PHK Hantam Fintech, Edutech, dan Healthtech

Sebelumnya, perusahaan menyebut keputusan PHK ditempuh karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis.

"Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini," terang perusahaan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Istriku yang terlahir kembali

situs slot gacor 2022 resmi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menempuh dua cara agar IKN bebas banjir dan tanah longsor; mempertahankan ruang hijau dan membangun sesuai topografi.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menempuh dua cara agar IKN bebas banjir dan tanah longsor; mempertahankan ruang hijau dan bangun sesuai topografi. (CNN Indonesia/Tiara Sutari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan jurus untuk mencegah banjir dan longsor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di masa mendatang.

Jurus pertamadan yang paling utama adalah mempertahankan wilayah IKN sesuai dengan rencana awal, yakni mayoritas dijadikan kawasan hijau.

"Mempertahankan ruang hijau lebih dari 75 persen dari 6.600 hektar luas area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), serta memasang sensor monitoring pergerakan tanah," ujarnya dalam diskusi virtual yang dikutip dari Antara, Selasa (22/11).

"Kita seminimal mungkin melakukan metode proses pengerjaan tanah cut and fill, kita ikuti topografinya. Kita ingin memanfaatkan topografi daerah tersebut menjadi estetikanya IKN," jelasnya.

Sementara, untuk mengantisipasi bencana banjir, Kementerian PUPR membangun bendungan seperti Sepaku-Semoi yang saat ini progres fisiknya sudah mencapai sekitar 78 persen dengan kapasitas tampungan 10,6 juta meter kubik. Bendungan ini bisa mengendalikan banjir di kawasan IKN hingga 55 persen.

Pemerintah juga akan membangun 19 embung di KIPP sebagai sistem drainase kawasan, sekaligus untuk menciptakan harmoni antara green and blue development(pembangunan hijau dan biru).

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Bintang Xianwu

tempat kredit hp online
Menkeu Sri Mulyani menyebut tiga provinsi baru di Papua akan mendapat sokongan dana dari APBN pada tahun depan. Tapi, ia belum menyebut jumlah dana itu.
Menkeu Sri Mulyani menyebut tiga provinsi baru di Papua akan mendapat sokongan dana dari APBN pada tahun depan. Tapi, ia belum menyebut jumlah dana itu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyanimemastikan tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) Papuaakan mendapatkan anggaran dari APBN 2023 melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) yang akan disampaikan Presiden Jokowi.

Tiga provinsi baru yang dimaksud adalah Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.

"Untuk Papua yang tiga Papua pertama, karena sudah ada UU (pemekaran) muncul sebelum UU APBN 2023, kita akan masukkan di dalam perpres terkait DIPA sehingga penganggaran untuk pelaksanaan provinsi baru akan masuk dalam nanti DIPA yang akan disampaikan Presiden di 2023," ujar Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11).

Sementara, terkait Provinsi Papua Barat Daya yang baru disahkan, Sri Mulyani mengaku akan merencanakan langkah-langkah lanjutan. Pasalnya, pengesahan UU Papua Barat Daya dilakukan setelah UU APBN 2023 diketok. Langkah itu salah satunya adalah membagi dana dari provinsi induk ke provinsi baru.

"Tapi yang paling penting, provinsi-provinsi tersebut bisa berjalan dan berfungsi secara optimal pada tahun-tahun pertama. Dari sisi implikasi keuangannya nanti kita akan bagikan antara provinsi induk dan provinsi pemekaran tersebut," tuturnya.

Nantinya, ia menjelaskan akan ada perubahan dari sisi Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), dan termasuk Dana Otonomi Khusus (Otsus).

"Karena di Papua ada Otsus, termasuk Dana Desa, kami akan lihat berdasarkan demarkasi daerah, populasi, dan berapa ASN yang bergerak atau berpindah ke provinsi baru," tegas Sri Mulyani.

Diketahui, DPR telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pembentukan Provinsi Papua Barat Daya di rapat paripurna DPR, Jumat (18/11).

Maka, total ada empat daerah otonom baru (DOB) Papua. Perubahan aturan terkait pemilu ini diperlukan karena pembentukan provinsi baru di Papua berimplikasi pada perubahan daerah pemilihan dan keterisian wakil legislatif di tingkat pusat dan daerah pemekaran.

[Gambas:Video CNN]



(tim/agt)

[Gambas:Video CNN]