petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjaman modal usaha online tanpa jaminan

tenor akulaku hanya 3 bulan 599Jutaan kata 706868Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjaman modal usaha online tanpa jaminan》

Cerita Jakarta dan si "saudara kembar"******

Cerita Jakarta dan si "saudara kembar"
Sungai Ciliwung membentang dari perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur hingga menuju pantai utara Jakarta. Lanskap ini dipotret dari Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista), Bogor pada Jumat (1/3/2024). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/pri.
Kota memiliki peran unik dalam pemulihan hijau pascakrisis ...
Jakarta (ANTARA) - Jakarta dan air merupakan “saudara kembar” sejak hujan tropis pada masa lalu yang mengikis punggung Gunung Salak dan Gunung Pangrango di selatan Jakarta lalu membentuk dataran, demikianlah penuturan sejarawan JJ Rizal kala memulai cerita tentang Jakarta dan air yang menurut dia mempunyai kaitan erat.

Secara geografis, wilayah yang pernah disebut sebagai Sunda Kalapa dalam peta-peta lama atau Batavia ini dilintasi 13 sungai termasuk Ciliwung, yang hulunya berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur kemudian menuju pantai utara Jakarta.

Masyarakat setempat pada masa lalu, tak lain orang-orang Betawi, menyadari unsur air sebagai bagian dari kehidupan mereka dan mengabadikannya ke dalam nama lokasi dan bahkan makanan yang menjadi area privat.

Sebagian nama lokasi di Jakarta dan beberapa di antaranya masih ditemui hingga kini identik dengan nama "Rawa" semisal Rawa Belong di Jakarta Barat, yang dulunya difungsikan masyarakat sebagai kawasan tambak. Lalu "Kali" seperti Kalideres di Jakarta Barat atau "Ci" yang mengambil serapan dari Bahasa Sunda yakni "Cai" atau berarti air, antara lain, Cipete di Jakarta Selatan dan Cilincing di Jakarta Utara.

Ada juga tempat dengan nama depan "Pulo" misalnya Kampung Pulo, yang kerap mendapat sorotan publik saat banjir melanda berbagai wilayah Jakarta. Nama Kampung Pulo menjelaskan kawasan ini dihuni air dan manusia. Wilayah ini saat hujan menjadi kampungnya air karena dipenuhi air, lalu berubah menjadi kampungnya orang pada musim kemarau.

Selain itu, ada juga Tebet di Jakarta Selatan. Wilayah yang sempat dikenal pada tahun 1950-an sebagai daerah tempat menyimpan istri muda, sebenarnya dulu merupakan tempat yang luas atau tambak untuk memelihara ikan.

"Itu menandakan secara geografi memberi ruang yang besar bagi semacam ingatan pada warganya bahwa unsur air bukan hanya penting, melainkan unsur yang esensial apabila mau bertahan sebagai kota," kata Rizal.

Tak sampai di sana, masyarakat pun memberi ruang pada air masuk ke dalam salah satu aspek paling privat dalam keseharian mereka yakni makanan. Beberapa nama makanan,  sebut saja gabus pucung dan roti buaya, menjadi bukti orang Betawi dengan gagasan bahwa Jakarta yang identik dengan air.

Hidangan berbahan dasar gabus dimunculkan dengan memanfaatkan ekologi kawasan-kawasan rawa dan sungai, pun dengan roti buaya yang biasanya menjadi bawaan wajib pengantin pria Betawi.

Buaya yang dikatakan sebagai simbol kesetiaan, bagi masyarakat khususnya di kawasan Condet, dipercaya semacam reinkarnasi leluhur yang menjaga kawasan sungai. Ini sekaligus mengingatkan bahwa hewan ini dan tempat tinggalnya, yakni air atau sungai, menjadi bagian keluarga besar dari sisi sejarah dan budaya masyarakat Jakarta.

Di sisi lain, kedekatan Jakarta dengan air juga tercatat dalam dunia sastra pada abad ke-19, salah satunya melalui buku berjudul Hikayat Nakhoda Asik karya penulis Betawi Muhammad Bakir.

Rizal mengatakan melalui buku ini, sang penulis mengisahkan orang-orang Betawi yang dekat dengan air terhubung dengan dunia luar melalui perdagangan rempah. Asal usul nama wilayah bernama Dramaga di Bogor, Jawa Barat, dan Pondok Cina, Depok, juga termasuk di sini.

"Jadi, pedagang China (Tiongkok) itu melalui jalan darat naik ke Bogor, kemudian di atas mereka bikin perahu di Dermaga (Dramaga) itu terus digelontorkan melalui Sungai Ciliwung. Nanti mereka akan transit di Depok, karena itu di Depok ada nama Pondok Cina," kata dia. Dari Dramaga, lalu Pondok Cina, para pedagang terus menelusuri Sungai Ciliwung dan tiba di Pelabuhan Sunda Kalapa (Sunda Kelapa) yang dulu, yakni pada abad ke-12, dikuasai Kerajaan Sunda.


Munculnya masalah dan gagasan biru-hijau Seiring dengan berjalannya waktu, Sunda Kelapa yang berganti nama menjadi Jayakarta lalu menjadi Batavia pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-4 Jan Pieterszoon Coen, berkembang dari sisi ekonomi dan mulai mengalahkan kota-kota lain seperti Surabaya.

Ini rupanya menimbulkan masalah tata ruang. Keberadaan air dan sungai mulai tak mendapat perhatian dan ini menyebabkan banjir. Bencana ini kemudian menjadi masif pada akhir abad 19, terjadi rutin namun siklusnya tidak bisa diprediksi.

Rizal berpendapat banjir benar-benar mengubah dan memacu orang, terutama pemerintah kota, untuk memikirkan cara agar masyarakat bisa terlepas dari masalah ini.

Sejumlah usaha pun dilakukan untuk menanggulangi banjir dan salah satu nama besar yang punya peranan penting di sini yaitu M.H. Thamrin melalui proyek Banjir Kanal atau Kanal Banjir, bersama Herman van Breen. Berbarengan dengan proyek itu, lahirlah juga proyek perbaikan kampung untuk menyelamatkan warga kampung dari banjir.

Proyek Banjir Kanal berjalan dan hingga kini masih menjadi bagian dari upaya pengendalian banjir di Jakarta di samping sederet upaya lainnya. Merujuk rencana induk atau masterplanpengendalian banjir, Ketua Subkelompok Perencanaan Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Maman Supratman menyebutkan upaya penanganan banjir dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun DKI Jakarta. Upaya penanganan ini dimulai dari hulu dengan membangun beberapa embung atau waduk seperti Waduk Brigif di Jakarta Selatan dan Waduk Pondok Ranggon di Jakarta Timur, juga Bendungan Ciawi dan Sukamahi dan Sodetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. Kemudian upaya penanganan banjir lokal dengan meningkatkan kapasitas sungai dan polder. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, meningkatkan kapasitas pompa-pompa banjir demi mengurangi secara cepat genangan air. Penanganan banjir rob di area pesisir Jakarta juga tak dilupakan, yakni dengan membangun tanggul laut. Di sisi lain, Pemerintah juga membangun polder yakni suatu metode penanganan banjir dengan kelengkapan bangunan sarana fisik meliputi saluran drainase, kolam retensi, dan pompa air yang dikendalikan sebagai satu kesatuan pengelolaan. Pada tahun 2022-2023, tercatat delapan polder yang dibangun Dinas SDA DKI termasuk Polder Kelapa Gading, Polder Pulomas, Sub-Polder Marunda, Polder Muara Angke, Polder Mangga Dua, Polder Teluk Gong, Polder Green Garden, dan Polder Kamal. Tak hanya itu, Pemerintah memanfaatkan teknologi mengembangkan sistem peringatan dini banjir berbasis Android agar masyarakat bisa melihat ketinggian muka air di sungai pada saat terjadi hujan sehingga dapat melakukan tindakan mitigasi sedini mungkin. Pada akhirnya, upaya ini diharapkan mengurangi dampak yang mungkin akan terjadi terhadap bahaya banjir.

Pemerintah kini juga mengembangkan teknologi untuk memprediksi banjir dan daerah genangan ketika hujan ekstrem terjadi dengan mengadopsi kecerdasan artifisial (AI) yang diharapkan bisa selesai pada tahun ini.

Usaha pengendalian banjir -- di satu sisi dan pada sisi lain gagasan tentang konsep kota biru dan hijau -- terus berkembang dan menjadi perbincangan berbagai pihak seperti akademikus hingga aktivitas lingkungan. Kepala Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Daerah DKI Jakarta Iwan Kurniawan berpendapat pendekatan terpadu dalam pengelolaan keanekaragaman hayati kota melibatkan aspek hijau dan biru kota, seperti taman, sungai, dan wet landmenjadi bagian penting dalam perencanaan dan penataan kota DKI Jakarta. Kota memiliki peran unik dalam pemulihan hijau pascakrisis dan membangun ketahanan yang menunjukkan adanya kebutuhan ruang hijau di kota dan akses ke dalam alam perkotaan. Lalu, berkaca pada sejarah Jakarta yang masyarakatnya sejak dulu hidup dengan air, maka Rizal dan Maman sama-sama menyebut biru dan hijau sebagai konsep Kota Jakarta pada masa depan. Rizal bahkan menekankan Jakarta tak lagi punya alasan untuk tidak menjadi kota biru dan hijau. Menurut Rizal, integrasi biru dan hijau sendiri menjadi tren hampir di seluruh dunia saat ini karena perubahan iklim dan gagasan kota tangguh yang makin meningkat. Dalam hal ini, berbagi ruang bukan hanya dengan orang, melainkan juga dengan lingkungan menjadi satu aspek penting menuju kota masa depan. Sebenarnya, konsep integrasi hijau dan biru perlahan sudah diterapkan pemerintah DKI, antara lain, di waduk-waduk yang dibangun. Di Waduk Brigif, misalnya, saat ini proporsi hijau (ruang terbuka hijau) sebanyak 20 persen, sementara sisanya biru. Nantinya, konsep serupa bakal dibangun di lokasi-lokasi lain.

Lalu, mengingat sejarah Jakarta yang lekat dengan air, maka memasukkan tentang asal mula kota ke dalam muatan lokal juga menjadi usulan Rizal demi membangkitkan ingatan atau memori tentang kedekatan Jakarta dan "saudara kembarnya" itu: air.


 
 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024

Sederet Bisnis Berpotensi Cuan di Tahun Naga Kayu******

Ahli feng shui merekomendasikan sejumlah bisnis yang berpotensi mendulang cuan pada tahun naga kayu. Berikut rekomendasinya.
Ahli feng shui merekomendasikan sejumlah bisnis yang berpotensi mendulang cuan pada tahun naga kayu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tahun Baru Imlekke 2575 Kongzili menjadi tanda beralihnya tahun Kelinci Air ke Naga Kayu. Ada sejumlah sektor usaha atau bisnis yang dipercaya bisa mendatangkan hoki di tahun ini.

Pakar Feng Shui Suhu Xiang Yi mengatakan tahun ini adalah tahun naga, yang di mana naga adalah hewan imajiner yang dimunculkan untuk memenuhi harapan orang kuno yang ingin memiliki seekor hewan yang luar biasa.

Di dalam perhitungan interaksi elemen, naga adalah sebuah elemen yang luar biasa, yang bisa memakan hewan lainnya, seperti tikus, kerbau, kambing, ayam, hingga monyet. Maka dengan perhitungan tersebut, di tahun naga ini akan ada banyak sekali faktor perubahan.

Xiang Yi mengatakan secara garis besar sektor yang diuntungkan di tahun naga kayu adalah yang berhubungan dengan elemen api.

Pasalnya, kayu merupakan elemen yang menguatkan elemen api. Ia mencontohkan elemen api berhubungan dengan nalar atau pikiran.

"Yang berhubungan api disini yang paling gampang kita cari tahu itu adalah nalar ya, pikiran. Pikiran itu api. Jadi yang berhubungan dengan nalar, berhubungan dengan pengembangan pikiran, berhubungan dengan apa yang disebut seperti warta, berita, media, itu semuanya juga ada hubungan dengan api," jelasnya.

"Jadi ke depan itu media-media yang ada hubungan dengan api akan lebih eksis. Sekarang pun sudah lebih eksis, media elektronik memang lebih disukai daripada media cetak sekarang ya, sekarang aja memang sudah eksis," sambung Xiang Yi.

Lihat Juga :
Gurita Bisnis Raffi Ahmad di Tengah Tudingan Terlibat Pencucian Uang

Selain itu, elemen api juga berhubungan dengan energi. Xiang Yi menjelaskan bidang energi tengah mengalami perkembangan.

"Jadi misalnya sekarang yang sedang berkembang adalah energi yang memakai sinar matahari. Misalnya panas surya, panas surya sekarang sudah berkembang begitu hebat, begitu luar biasa, terutama di Tiongkok, panelnya itu sudah luar biasa," kata dia.

"Jadi bidang-bidang itu telah mulai tergali terus menerus ya. Ke depan seperti apa kemajuannya, energi-energi baru gitu ya, sekarang mobil aja sudah berkembang ke mobil listrik, mobil konvensional sudah pelan-pelan tergeser itu," ucap Xiang Yi.

Kemudian, dia juga mengatakan yang berhubungan dengan elemen api termasuk teknologi. Xiang Yi menyoroti fenomena perkembangan teknologi di mana bluetooth hingga AirDrop bisa menghubungkan satu perangkat ke perangkat lain.

"Nanti hubungan-hubungan seperti itu akan terjaring untuk semua peralatan yang bisa kita pakai di dunia ini. Jadi, dengan satu handphone kita berhubung dengan seluruh alat di samping kita, kita bisa menguasai, mengendalikannya, itu juga bersifat api itu akan berkembang dengan baik," jelasnya.

Xiang Yi memastikan segala sesuatu yang berhubungan dengan informasi, energi, elektronika, akan berkembang dengan baik untuk 10 tahun ke depan.

Setali tiga uang, Ahli Feng Shui Jenie Kumala Dewi juga menyebut bisnis yang berpotensi cuan di tahun naga kayu adalah bisnis yang berelemen api. Ia mencontohkan beberapa sektor bisnis seperti food and beverages (F&B), marketing, cafe, saham, restoran, katering, hingga katering kesehatan.

"Selain itu bisnis yang juga berpotensi cuan adalah bidang kayu seperti bidang pemikiran, kreatif, seni, ide, desain, fashion, stylist, architect, interior, konsultan, finance, accounting, pendidikan, dan bidang kreatif lainnya," ujar dia kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:angka jitu lapaz

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
negaraqq
cara dapat uang saldo dana
voucher diskon gojek
wapsbobet
slot rebrand
erek erek 3 d
asiahoki77
slot casino online indonesia
dugemqq
Daftar isi semua bab
Bab 1 judi slot gampang menang
Bab 2 slotkakek
Bab 3 royal633
Bab 4 modal 123 slot
Bab 5 slot tergacor hari ini
Bab 6 erek erek 46 2d
Bab 7 togel288
Bab 8 tafsir mimpi berkelahi togel 2021
Bab 9 kenaikan limit kredivo
Bab 10 slot tergacor di dunia
Bab 11 pinjol yang bisa cair ke dana
Bab 12 makwin138
Bab 13 daftar judi slot terpercaya
Bab 14 pinjaman kredito
Bab 15 area188 slot
Bab 16 easy cash ilegal
Bab 17 game slot gampang menang
Bab 18 gacor slot
Bab 19 login slot gacor
Bab 20 erek 28
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4427bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Mendampingi Putri Serangga

12shio2
Sejumlah bahan pokok makin mahal jelang Pemilu 2024. Kenaikan harga di antaranya terjadi pada komoditas beras, cabai merah, cabai rawit, dan daging ayam.
Sejumlah bahan pokok makin mahal jelang Pemilu 2024. Kenaikan harga di antaranya terjadi pada komoditas beras, cabai merah, cabai rawit, dan daging ayam. Ilustrasi. (Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlahbahan pokokmakin mahal jelang Pemilu 2024. Kenaikan harga di antaranya terjadi pada komoditas beras, cabai merah, cabai rawit, dan daging ayam.

Melansir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), per Rabu (7/2), harga rata-rata beras kualitas bawah I mencapai Rp14 ribu per kilogram (kg). Angka ini naik 1,08 persen atau Rp150.

Kenaikan harga juga terjadi pada beras kualitas bawah II, yakni 1,84 persen atau Rp250 menjadi Rp13.850 per kg.

Setali tiga uang, harga beras kualitas super I naik 1,23 persen atau Rp200 menjadi Rp16.500 per kg. Selain itu, harga beras kualitas super II juga naik 1,58 persen atau Rp250 menjadi Rp16.050 per kg.

Selain beras, harga cabai merah dan cabai rawit juga mengalami kenaikan. Tercatat, harga cabai merah besar naik 5,49 persen atau Rp3.450 menjadi Rp66.250 per kg. Kemudian harga cabai merah keriting pun naik 7,48 persen atau Rp3.900 menjadi Rp56.050 per kg.

Lalu harga cabai rawit hijau pun naik 4,25 persen atau Rp1.800 menjadi Rp44.200 per kg. Tak ketinggalan, harga cabai rawit merah juga naik 3,05 persen atau Rp1.400 menjadi Rp47.350 per kg.

Selain itu, harga daging ayam juga terpantau naik. Tercatat harga daging ayam ras segar naik 2,5 persen atau Rp900 menjadi Rp36.950 per kg.

Di sisi lain, beberapa harga bahan pokok lainnya menurun, termasuk harga bawang merah, bawang putih, daging sapi, gula pasir, hingga telur ayam.

Contohnya, harga bawang merah ukuran sedang turun 3,25 persen atau Rp1.200 menjadi Rp37.250 per kg. Lalu, harga bawang putih ukuran sedang turun 1,7 persen atau Rp700 menjadi Rp40.450 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Terima kasih! Orang-orang berada di zaman prasejarah dan baru saja menjadi Daluo!

erek2 02
Kemarin ada warta soal Xdinary Heroes hingga The Coach Restaurant
Anggota grup band rock asal Korea Selatan Xdinary Heroes berpose dalam sesi wawancara khusus di The Kasablanka Hall Jakarta, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Jakarta (ANTARA) - Di kanal hiburan, gaya hidup, teknologi, dan otomotif ANTARA pada Jumat (1/3) antara lain ada warta tentang grup band rock asal Korea Selatan Xdinary Heroes, pembukaan The Coach Restaurant, upaya pencegahan perundungan, layanan pengisian daya Ford EV, hingga penerapan Perpres Publisher Rights.

Berikut rangkuman beritanya.
 
Xdinary Heroes tidak sabar tampil di hadapan Villains Indonesia
Grup band rock asal Korea Selatan Xdinary Heroes mengaku tidak sabar untuk tampil di hadapan Villains (nama penggemar mereka) di Indonesia dalam konser Break the Brake, yang akan dilaksanakan di The Kasablanka Hall, Jakarta, pada 2 Maret 2024.

The Coach Restaurant pertama di dunia resmi dibuka di Jakarta
Jakarta menjadi kota pertama di dunia yang menghadirkan restoran berkonsep fine diningCoach, jenama asal New York, Amerika Serikat. The Coach Restaurant dibuka di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat.

Psikolog tekankan pentingnya komunikasi orang tua-anak
Psikolog Universitas Gadjah Mada Novi Poespita Candra menekankan pentingnya komunikasi dan dialog yang intens antara orang tua dengan anak untuk mencegah terjadinya kekerasan atau perundungan (bullying). 

Ford EV kini dapat gunakan Supercharger Tesla
Ford mulai mengatasi kekhawatiran pembeli mobil yang tidak yakin apakah akan beralih ke kendaraan listrik atau tidak karena masalah ketersediaan infrastruktur pengisian daya dengan memberikan pemilik kendaraan listriknya akses ke ribuan Tesla Supercharger di seluruh Amerika Utara, dan mengklaim bahwa ini adalah merek non-Tesla pertama yang dapat mengakses stasiun tersebut.

Pemerintah tegaskan kreator konten tak terimbas "Publisher Rights"
Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan bahwa para kreator konten tidak akan terimbas penerapan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Jurnalisme Berkualitas atau Perpres Publisher Rights.



 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Ruang tamu Naruto

meteorqq
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan ogah meladeni tantangan debat hilirisasi dari Ekonom Senior Indef Faisal Basri.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan ogah meladeni tantangan debat hilirisasi dari Ekonom Senior Indef Faisal Basri. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan ogah meladeni tantangan debat hilirisasi dari Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri.

Luhut menyebut Faisal cukup adu data dengan anak buahnya. Ia menyebut Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto sudah mumpuni untuk meladeni ekonom senior tersebut.

"Nantang? Ya dia ngomong sama si Seto, cukup," tegas Luhut di Kemenko Marves, Jakarta Pusat, Rabu (7/2).

Faisal sebelumnya menilai konsep hilirisasi ala Presiden Joko Widodo (Jokowi) sesat. Faisal ingin mengajak Tom Lembong melawan Luhut dan Seto.

Menurutnya, masyarakat bisa sepaham dengan dirinya bahwa hilirisasi adalah konsep sesat usai debat itu terealisasi.

"Konsep (hilirisasi) yang sangat sesat, saya bisa debat deh sama Luhut, saya terbuka gitu, Anda organisir saja. Saya sama Tom Lembong deh berdua lawan Luhut dengan Seto," tantang Faisal dalam diskusi publik INDEF 'Tanggapan Atas Debat Kelima Pilpres' di Jakarta, Senin (5/2).

"Semua bisa selesai menunjukkan betapa sesatnya hilirisasi ini," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Putri Berubah

piala 123 net slot
Ekonom Senior Indef Faisal Basri mengomentari para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang malah ikut berkampanye di Pemilu 2024.
Ekonom Senior Indef Faisal Basri mengomentari para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang malah ikut berkampanye di Pemilu 2024. (Cnn Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri mengomentari para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang malah ikut berkampanye di Pemilu 2024.

Menurut Faisal, tindakan para menteri tersebut membuat mereka tidak fokus untuk bekerja.

"Tahun ini, Anda bayangkan 15 menteri atau wakil menteri gak kerja, mereka jadi tim sukses," kata Faisal dalam acara Bloomberg Technoz Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (7/2).

Tak hanya itu, Faisal juga menyinggung nama Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang lebih getol kampanye. Faisal menilai seharusnya para menteri tersebut mundur.

"Sudah klotokan gak karu-karuan, gak mundur, gak malu lagi. Pokoknya sudah gak ada yang kerja ini menteri-menteri," ucapnya.

Faisal menilai dalam keadaan tersebut secara tidak langsung investor pun bakal wait and seeuntuk berinvestasi di Indonesia.

Menurutnya, para investor bakal menunggu sampai Pemilu selesai dan ada presiden baru terpilih.

"Pengusaha niscaya akan menunda misalnya investasi tahun ini, niscaya akan dia tunda sampai jelas hasilnya," ucap Faisal.

Selain yang disebutkan Faisal di atas, tercatat ada beberapa menteri lain yang terlibat kampanye salah satu paslon tertentu. Terbaru ada Menteri BUMN Erick Thohir yang ikut hadir dalam kegiatan bersama capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Begitu juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas), ia terang-terangan kampanye mendukung Prabowo.

Selain itu, ada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Briokrasi (PANRB) Azwar Anas yang ikut berkampanye bersama capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Jokowi sendiri tak mempermasalahkan menteri hingga kepala daerah untuk berkampanye.

Namun, ia mewajibkan menteri hingga wali kota mengajukan cuti saat hendak berkampanye di hari kerja. Jika kampanye dilakukan pada hari libur, menteri hingga wali kota tak perlu mengajukan cuti. 

Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2023 yang mengatur tata cara pengajuan cuti menteri, gubernur, wali kota/bupati untuk kampanye Pilpres 2024.

"Menteri dan pejabat setingkat menteri, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota yang melaksanakan kampanye sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) harus menjalankan Cuti," bunyi pasal 31 ayat (3) PP 53/2023.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Kembali ke masa kecil

membaca dapat uang
Transmart kasih diskon besar-besaran hingga jutaan rupiah untuk sepeda listrik khusus gelaran Full Day Sale hari ini, Sabtu (10/2).
Transmart kasih diskon besar-besaran hingga jutaan rupiah untuk sepeda listrik khusus gelaran Full Day Sale hari ini, Sabtu (10/2). (CNN Indonesia/Anisa Dewi Anggriaeni)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale kembali lagi hari ini, Sabtu (10/2) dengan diskon besar-besaran hingga 50% + 20%. Salah satu produk unggulannya, yakni sepeda listrik tak luput didiskon pada gelaran ini.

Khusus Transmart Full Day Sale, sepeda listrik didiskon jutaan rupiah, lho. Simak daftarnya.

Lihat Juga :
Borong Jeruk Ponkam Sekarang, Diskon 20% di Transmart Full Day Sale

Kemudian, sepeda listrik Exotic E-Bike Fastron dari harga normal Rp4.900.000, diskon jadi Rp3.606.400 per unit khusus pembelian di gerai Pulau Jawa. Pembeli hemat Rp1.293.000.

Sementara sepeda listrik Exotic E-Bike Fastron dari harga normal Rp5.200.000, diskon jadi Rp3.827.200 per unit khusus pembelian di gerai luar Jawa. Pembeli hemat Rp1.372.000.

Nggak cuma sepeda listrik, sepeda anak Ride On & Tricyle juga didiskon up to 30% jadi mulai Rp300 ribuan aja, berlaku di Pulau Jawa. Sedangkan di luar Jawa, Ride On & Tricyle dibanderol mulai Rp310 ribuan.

Semua diskon sepeda listrik dan sepeda anak tersebut bisa pelanggan dapatkan dengan pembayaran menggunakan Allo Prime, Allo Pay Later, Kartu Kredit Bank Mega, dan Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tak perlu khawatir. Anda bisa segera unduh aplikasinya dari hp atau mengajukan pembukaan kartu kredit instan.

Caranya unduh Allo Bank yang tersedia di App Store atau Play Store, lalu daftar akun dan upgrade ke Allo Prime.

Setelah di-upgrade, lanjut ajukan Allo Pay Later yang proses aktivasinya cepat dan langsung dapat limit besar. Nantinya limit tersebut bisa digunakan di hari yang sama untuk belanja di Transmart.

Alternatif lain dapat mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Yuk, siap-siap ke Transmart hari ini dan bawa pulang sepeda listrik impianmu!

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

999 kali sistem pelatihan

pinjol bebas bi checking
Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan hingga pukul 08.30 WIB, jumlah penumpang di Stasiun Ancol mengalami peningkatan yang cukup signifikan
Ilustrasi. KAI Commuter mencatat lonjakan penumpang saat kampanye akbar AMIN, Sabtu (10/2). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter mencatat sebanyak 3.170 penumpang menggunakan layanan KRL di Stasiun Ancol pada hari ini Sabtu (10/2), atau terjadi lonjakan penumpang yang rata-rata hanya sebanyak 350 orang saat pagi hari. KAI Commuter pun menerapkan sistem buka tutup antrean guna mengantisipasi kepadatan penumpang.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, mengatakan hingga pukul 08.30 WIB, jumlah penumpang di Stasiun Ancol mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari-hari biasanya.

"Hingga pukul 08.30 WIB, tercatat sebanyak 3.170 orang yang turun di stasiun Ancol, yang rata-rata hanya sebanyak 350 orang pada pagi hari," kata Anne dalam keterangan resmi, Sabtu (10/2).

"Angka tersebut juga mengalami kenaikan jika dibanding dengan pengguna yang keluar di Stasiun Palmerah pada pagi hari di hari libur yaitu rata-rata sebanyak 4.500 orang," ujar Anne.

Lonjakan penumpang ini terjadi seiring dengan kegiatan Kampanye Akbar pemilu 2024 yang diselenggarakan pada hari ini di Jakarta International Stadium (JIS) dan Gelora Bung Karno (GBK).

KAI Commuter pun menerapkan sejumlah langkah antisipasi mulai dari menambah personel pengamanan dari internal maupun unsur TNI/Polri hingga menyiagakan mobil rescue, ambulans, dan tenaga medis.

"KAI Commuter juga akan memberlakukan sistem buka tutup antrean pengguna yang akan masuk ke area peron stasiun jika keadaan sudah ramai, terutama pada stasiun transit Kampung Bandan sebagai stasiun transit untuk menuju Stasiun Ancol," ujar Anne.

Lihat Juga :
Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan KRL Tabrak Mobil di Tigaraksa

Anne menyampaikan layanan operasional Commuter Line hari ini sebanyak 1.037 perjalanan. Anne pun berujar KAI Commuter akan terus memantau dan melakukan antisipasi dengan melakukan rekayasa pola operasi secara situasional sesuai dengan kondisi di lintas.

"PT KCI menghimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, selalu ikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun," imbau Anne.

Sejumlah penumpang sebelumnya memprotes Kereta Api Indonesia (KAI) karena rute KRL yang semestinya berhenti di Stasiun Ancol jadi dilanjutkan ke Stasiun Tanjung Priok.

Kondisi ini terjadi jelang Kampanye Akbar pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di JIS.

"Ini udah dlm KRL arah ancol, tapi ada pengumuman malah ga akan berhenti di ancol dan langsung ke priuk," kicau @nonamier, Sabtu (10/2).

Selain mengeluhkan penumpukan di Stasiun Priok, ada juga penumpang yang mengeluhkan terjadi penumpukan penumpang KRL di Stasiun Jakarta Kota.

(blq/mik)

[Gambas:Video CNN]