petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bocoran sdy

pinjol online legal 765Jutaan kata 435981Orang-orang telah membaca serialisasi

《bocoran sdy》

Warga Bojonegoro Ungkap 'Kesaktian' JKN Saat Kakaknya Harus Cuci Darah******

Warga Bojonegoro, Siti Nurhidayah mengungkapkan manfaat layanan JKN dari BPJS Kesehatan ketika kakaknya harus menjalani operais jantung dan cuci darah.
Warga Bojonegoro, Siti Nurhidayah mengungkapkan manfaat layanan JKN dari BPJS Kesehatan ketika kakaknya harus menjalani operais jantung dan cuci darah. (Foto: Arsip BPJS Kesehatan).
Jakarta, CNN Indonesia--

Siti Nurhidayah, warga Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengungkapkan manfaat menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Menurutnya, sejak ia dan keluarganya menjadi peserta pada 2015, JKN telah memberinya berbagai kemudahan dalam pembiayaan kesehatan untuk dia dan keluarga.

Wanita 44 tahun ini bercerita, salah satu manfaat layanan JKN yang dirasakan ketika kakak kandungnya mengalami penyakit jantung dan harus cuci darah.

Dia mengatakan, masalah kesehatan yang menimpa kakaknya itu terjadi pada 2019 lalu. Sang kakak diharuskan menjalani operasi pemasangan ring pada jantungnya dan melakukan cuci darah.

Selain harus cuci darah, kakaknya yang sudah almarhum tersebut juga harus rutin minum obat sembari rawat jalan dari penyakit penyerta yang dideritanya.

"Alhamdulillah lagi saat menjalani dua kali operasi, pelayanan di RSUD Sosodoro sangat cekatan, ramah dan tidak berbelit. Nah bisa dibayangkan, betapa besar biaya yang kami keluarkan tanpa menggunakan layanan JKN," ungkap Hidayah.

Hidayah sendiri merupakan pemilik usaha Zahida Painting. Ibu dua anak yang pernah menyabet juara 1 Kange Yune Bojonegoro pada 1996 ini mempunyai kurang lebih 20 karyawan.

Beberapa di antaranya terdiri dari kaum disabilitas seperti tuna rungu, tuna wicara dan cacat lumpuh tangan yang kesemuanya sudah terdaftar dalam JKN.

Saat ada karyawan yang sakit, lanjutnya, Hidayah tak segan mengingatkan untuk selalu menggunakan layanan JKN dan mengunduh Mobile JKN untuk memudahkan agar dapat mendaftar saat mau memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan

"Apa yang saya kerjakan ini semua adalah amanah, sama seperti program JKN yang mulia dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat," jelas Hidayah.

Hidayah juga mengaku saat anak keduanya sedang menjalani rawat inap menggunakan layanan JKN pada 2017 di salah satu rumah sakit di Bojonegoro selama hampir seminggu, ia tidak berupaya untuk naik kelas. Menurutnya pelayanan yang ia dapatkan dengan JKN tidak mengecewakan.

Karenanya, Hidayah dan keluarganya mengapresiasi layanan dari BPJS Kesehatan ini. Menurutnya, JKN akan sangat bermanfaat ke depannya, terutama ketika mengalami masalah kesehatan suatu saat nanti.

"Tidak minta sakit ya, mintanya sehat terus. Jika saat ini saya sekeluarga sudah terdaftar sebagai peserta JKN, bukan berarti harus menggantungkan kesehatan ini dengan kartu JKN yang kami miliki. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati," tambahnya.

"Semoga BPJS Kesehatan semakin terdepan dalam memberikan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat dengan tingkat layanan yang sama dan tidak membeda-bedakan," tutup Hidayah.

(osc/osc)

Luhut Bantah Keruk dan Ekspor Pasir Laut Merusak Lingkungan******

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan membantah kebijakan anyar Presiden Joko Widodo soal pengerukan dan izin ekspor pasir laut bakal merusak lingkungan.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan membantah kebijakan anyar Presiden Joko Widodo soal pengerukan dan izin ekspor pasir laut bakal merusak lingkungan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan membantah kebijakan anyar Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pengerukan dan izin ekspor pasir lautbakal merusak lingkungan.

"Gak dong (tidak merusak lingkungan). Semua sekarang karena ada GPS (global positioning system) segala macam kita pastikan tidak (merusak lingkungan) pekerjaannya," katanya di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (30/5).

"Sekarang kalau harus diekspor, pasti jauh manfaatnya untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pemerintah," sambung Luhut.

"Jadi untuk kesehatan laut juga. Sekarang proyek yang satu besar ini Rempang (Batam). Rempang itu yang mau direklamasi supaya bisa digunakan untuk industri besar, solar panel. Gede sekali solar panel itu," tandasnya.

Izin ekspor pasir laut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut. Beleid tersebut resmi diundangkan pada 15 Mei 2023.



Restu Jokowi ini berlawanan dengan pelarangan 20 tahun lamanya. Sebelum terbit beleid ini, pasir laut dilarang diekspor sejak masa pemerintahan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Kala itu, Megawati melarang ekspor pasir laut yang diatur oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rini Soemarno melalui Kepmenperin Nomor 117 Tahun 2003 tentang Penghentian Sementara Ekspor Laut.

Ekspor pasir laut dihentikan sementara demi mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas, yakni tenggelamnya pulau kecil. Penghentian ekspor itu akan ditinjau kembali setelah tersusunnya program pencegahan kerusakan terhadap pesisir dan pulau kecil.

Sebelumnya, Greenpeace Indonesia menyebut pemerintah melakukan greenwashing lewat Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

"Ini adalah greenwashing ala pemerintah," kata Juru Kampanye Laut Greenpeace Indonesia Afdillah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/5).

Lihat Juga :
130 Pengusaha Singapura Kunjungi IKN Cari Peluang Bisnis Hari Ini

"Pemerintah kembali bermain dengan narasi yang seakan mengedepankan semangat pemulihan lingkungan dan keberlanjutan, tetapi nyatanya malah menggelar karpet merah untuk kepentingan bisnis dan oligarki," imbuhnya.

Dia menjelaskan pemerintah Indonesia di era Megawati Soekarnoputri telah melarang ekspor pasir laut. Pada Februari 2003 juga terbit sebuah Surat Keputusan Bersama Menteri Industri dan Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Menteri Lingkungan Hidup yang mengatur tentang hal itu.

Dia mengingatkan SKB tersebut dibuat untuk mencegah kerusakan lingkungan berupa tenggelamnya pulau-pulau kecil di wilayah Kepulauan Riau akibat penambangan pasir laut. Meski SKB itu telah diterbitkan, aktivitas penambangan pasir laut masih terus terjadi di Indonesia, salah satunya di Sulawesi Selatan.

Demi proyek strategis nasional, kata Afdillah, berbagai kerusakan alam dan kerugian sosial-ekonomi terjadi di Pulau Kodingareng, Makassar.

Temuan tersebut terungkap dalam laporan berjudul Panraki Pa'boya-Boyangang: Oligarki Proyek Strategis Nasional dan Kerusakan Laut Spermonde tahun 2020.

Laporan tersebut disusun oleh Greenpeace Indonesia bersama dengan sejumlah organisasi masyarakat sipil lain yang tergabung dalam Koalisi Save Spermonde.

Afdillah berpendapat PP 26/2023 itu menambah catatan buruk pemerintah dalam penanganan sektor kelautan. Dengan dikeluarkannya beleid itu, dia juga memandang pemerintah tidak mampu mengelola sumber daya laut dengan cerdas.

"Sehingga kerap mengambil jalan pintas untuk meningkatkan pendapatan negara melalui cara-cara ekstraktif seperti ini. Lebih parah lagi, kebijakan semacam ini bisa jadi diambil tanpa kajian yang matang serta mengabaikan aspek ekologis dan hak asasi manusia," ucap Afdillah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

KRL Bandara Soetta Tambah Jadi 56 Perjalanan Mulai 1 Juni 2023******

KAI Commuter akan mengoperasikan 56 perjalanan KRL Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) relasi Stasiun Manggarai - Stasiun Basoetta PP mulai 1 Juni 2023.
KAI Commuter akan mengoperasikan 56 perjalanan KRL Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) relasi Stasiun Manggarai - Stasiun Basoetta PP mulai 1 Juni 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

KAI Commuter akan mengoperasikan 56 perjalanan KRL Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) relasi Stasiun Manggarai - Stasiun Basoetta PP mulai 1 Juni 2023 mendatang. Jumlah tersebut lebih banyak 16 perjalanan jika dibanding dari perjalanan sebelumnya.

Dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 terbaru itu, terdapat 28 perjalanan dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Basoetta mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB dan 28 perjalanan dari Stasiun Basoetta ke Stasiun Manggarai mulai 06.15 WIB hingga 22.45 WIB.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengungkapkan, selain penambah perjalanan, KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub juga telah melakukan pengembangan Stasiun Manggarai untuk pelayanan operasional perjalanan kereta api dan peningkatan keandalan Prasarana pada lintas Tangerang - Batu Ceper.

Penambahan kecepatan ini juga berbanding lurus dengan waktu tempuh perjalanan KRL Basoetta dari Stasiun Manggarai - Stasiun Basoetta atau sebaliknya menjadi 52 menit atau lebih cepat 4 menit dari waktu tempuh sebelumnya. Pada pelayanan perjalanan Commuter Line Basoetta nantinya juga memilikiheadwayatau waktu tunggu antar perjalanan selama 30 menit.

Dalam pemberlakuan Gapeka 2023 ini, perseroan juga meningkatkan konektivitas intermoda antara pelayanan Commuter Line Jabodetabek dengan Commuter Line Basoetta di stasiun-stasiun pemberangkatan dan kedatangan.

Salah satunya di Stasiun Manggrai yang juga merupakan stasiun transit, pengguna pengguna KRL Basoetta bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan KRL Jabodetabek untuk menuju wilayah-wilayah sekitar Jakarta, Bogor dan Bekasi.

Pengguna KRL Basoetta juga bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan KRL Jabodetabek di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri atau Stasiun BNI City.

"Dengan penambahan jadwal perjalanan Commuter Line Basoetta ini diharapkan bisa menjadi alternatif pilihan lain bagi masyarakat di sekitar wilayah Tangerang untuk melakukan mobilisasi ke wilayah-wilayah pusat perkantoran di sekitar Sudirman dan Manggarai atau pun sebaliknya," ujarnya.

Pengguna bisa melakukan pemesanan tiket KRL Basoetta mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan menggunakan aplikasi KAI Access atau langsung melakukan tappingmenggunakan Kartu Multi Tip (KMT) atau kartu uang elektronik bank di pintu elektronik stasiun serta pembelian langsung melalui vending machineyang tersedia.

Sepanjang Mei 2023, KAI Commuter mencatat volume pengguna KRL Basoetta pada hari kerja rata-rata sebanyak 5.363 orang per hari, sedangkan pada hari libur dan akhir pekan sebanyak 4.896 orang per hari. Dengan penambahan perjalanan ini, perusahaan menargetkan jumlah pengguna KRL Basoetta per hari sebanyak 6.500 orang.

Lebih lanjut, perusahaan mengimbau dengan pemberlakuan Gapeka 2023 ini para pengguna Commuter Line Basoetta dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:link tergacor malam ini

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
jaya77 slot
juara102
kumpulan slot infinix terbaru
trik gaple
slot indonesia
bonus 288 slot
gospin123 demo
cara live chat kredivo
angka jitu china
Daftar isi semua bab
Bab 1 1221slot
Bab 2 go88
Bab 3 slot gacor modal 5000
Bab 4 induk303
Bab 5 link slot gacor sekarang
Bab 6 jarum77
Bab 7 gacor 777
Bab 8 jam gacor kakek zeus
Bab 9 maccau
Bab 10 panen138
Bab 11 limit cicilan kredivo
Bab 12 pinjaman online ada kami
Bab 13 situs judi bola terpercaya
Bab 14 membaca berita dapat uang
Bab 15 slot vip 168
Bab 16 google gimana caranya cari duit
Bab 17 pinjaman online 5 juta tenor 12 bulan
Bab 18 http akulaku
Bab 19 mahjong ways pragmatic demo
Bab 20 rtp ladangtoto2
Klik untuk melihattersembunyi di tengah490bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Bela Diri Melahap Surga

daftar slot judi
Indeks harga saham gabungan (IHSG) merosot 0,62 persen ke 6.704 pada Kamis (25/5) sore.
.Indeks harga saham gabungan (IHSG) merosot 0,62 persen ke 6.704 pada Kamis (25/5) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.704 pada Kamis (25/5) sore. Indeks saham melemah 41 poin atau 0,62 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,30 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,42 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 226 saham menguat, 304 saham terkoreksi, dan 213 saham lainnya stagnan. Terpantau, 6 dari 11 saham di indeks sektoral melemah dipimpin sektor teknologi yang minus 2,39 persen. Sedangkan, 5 sektor saham lainnya menguat dipimpin oleh transportasi plus 1,32 persen.

Senada dengan Asia, bursa saham Eropa juga bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,60 persen, indeks DAX di Jerman melemah 0,98 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis melemah 0,69 persen.

Sedangkan, bursa Amerika kompak berada di zona merah. Indeks S&P 500 melemah 0,73 persen, indeks NYSE Composite menguat 1,51 persen, dan indeks NASDAQ Composite melemah 0,61 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Hati iblis yang tak terbatas

nama situs judi slot online terpercaya
Pesawat penumpang terbesar dunia Airbus tipe A380-800 akan mendarat perdana di Bali pada 1 Juni 2023.
Pesawat penumpang terbesar dunia Airbus tipe A380-800 akan mendarat perdana di Bali pada 1 Juni 2023. (Reuters)
Badung, CNN Indonesia--

Pesawat penumpang terbesar dunia Airbustipe A380-800 akan mendarat pertama kalinya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada 1 Juni 2023.

Pesawat penumpang komersial ini rencananya akan melayani penerbangan rute Dubai-Denpasar-Dubai dan dioperasikan maskapai penerbangan Emirates.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menyatakan Bandara I Gusti Ngurah Bali siap menyambut kedatangan A380-800 yang dioperasikan Emirates.

Ia menjelaskan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Angkasa Pura I dan tim Emirates telah melaksanakan penilaian fasilitas airside dan lanside di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Bandara pun telah memenuhi spesifikasi untuk melayani penerbangan dengan Airbus A380-800.

Fahmi menambahkan untuk pergerakan penumpang dari pesawat ke terminal bandara atau sebaliknya, telah disiapkan garbarata dengan dua belalai untuk mengakomodir pesawat Airbus A380-800.

"Untuk menangani penempatan Airbus A380-800, akan dilaksanakan pengaturan parkir pesawat di sekelilingnya.Parking standdi sekelilingnya hanya dialokasikan untuk pesawat berbadan sedang atau narrow bodyuntuk mengakomodasi dimensi A380-800, yang memiliki rentang sayap sepanjang 79,5 meter," imbuhnya.

Pesawat Airbus A380-800 adalah pesawat penumpang komersial terbesar yang beroperasi saat ini, baik dari sisi kapasitas maksimal penumpang maupun dimensi pesawat. Rencananya, Emirates akan mengoperasikan dua tipe pesawat A380 di Indonesia, yakni tipe dua kelas atau bisnis dan ekonomi dan tipe tiga kelasfirst class, business,dan economy.

"Sekali lagi kami siap menyambut kedatangan Airbus A380-800 Emirates Airlines, dan kami berharap momen yang akan menjadi sejarah ini dapat memberikanmultiplier effectpositif terhadap pertumbuhan pariwisata dan ekonomi baik di Bali maupun secara nasional," ujar Faik.

[Gambas:Video CNN]

(kdf/pta)

Perjalanan Legendaris Sang Penyihir

datapengeluarantogelsingapore
Startup Agritech Indonesia, eFishery, telah mencapai status unicorn dengan pendanaan seri D sebesar US8 juta atau Rp1,61 triliun.
Startup Agritech Indonesia, eFishery, telah mencapai status unicorn dengan pendanaan seri D sebesar US8 juta atau Rp1,61 triliun. (Bloomberg via Getty Images/Bloomberg)
Jakarta, CNN Indonesia--

Startup Agritech Indonesia, eFishery, telah mencapai status  dengan pendanaan seri D sebesar US8 juta atau setara dengan Rp1,61 triliun (asumsi kurs Rp14.935 per dolar).

Pendanaan tersebut meningkatkan valuasi pasca-penawarannya menjadi US,3 miliar, menurut VentureCap Insights, yang melacak pengajuan regulasi.

Mengutip Techinasia, Jumat (26/5), putaran terbaru ini dipimpin oleh 42xfund dan melibatkan investor existing seperti Northstar Group dan SoftBank Vision Fund II.

Didirikan pada 2013 di Kota Bandung, startup ini memasuki pasar dengan perangkat IoT bernama eFishery Feeder, yang memungkinkan pemberian pakan otomatis di peternakan ikan dan udang.

Sumber pendapatan lainnya termasuk eFishery Mall (pasar untuk penjualan pakan ikan dan udang), eFishery Fresh (platform yang menjual ikan dan udang segar kepada pelanggan B2B), dan Kabayan (program pembayaran nanti untuk petani ikan).

Berikut rincian pendanaan yang diperoleh eFishery;

Jumlah pendanaan: US8 juta
Investor utama: 42XFund
Investor lainnya: Northstar Group, SoftBank Vision Fund
Tahap: Seri D
Valuasi: US,3 miliar

[Gambas:Video CNN]



(dzu/pta)

Saya adalah dewa kecil Dinasti Ming

cara trik slot olympus
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan butuh Rp5,5 triliun untuk memperbaiki seluruh jalan rusak, di mana Rp800 miliar diperoleh dari Presiden Jokowi.
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan butuh Rp5,5 triliun untuk memperbaiki seluruh jalan rusak, di mana Rp800 miliar diperoleh dari Presiden Jokowi. Ilustrasi. (Arsip Pemprov Sumut)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan butuh Rp5,5 triliun untuk memperbaiki seluruhjalan rusak di wilayahnya, di mana Rp800 miliar sudah didapat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Edy merinci 340 km jalan rusak dari total 3.005 km jalan provinsi di Sumut. Selain itu, ada 13 ribu km jalan kabupaten/kota yang rusak dari keseluruhan 33 ribu km.

"Itu satu jalan dari 13 ribu km yang salah satunya didatangi Presiden Jokowi. Kalau kita hitung 13 ribu dari Rp5 miliar 1 km, berarti sudah Rp5,5 triliun. Presiden Jokowi membantu Rp800 miliar, tuntutannya kabupaten yang benar-benar rusak bukan yang hanya sekedar rusak," katanya, Senin (22/5).

Ia lantas mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawal pengerjaan proyek infrastruktur di Sumut. Edy berharap bisa mendapatkan motivasi hingga doa terbaik untuk kesejahteraan wilayahnya.

"Total rusak untuk dilalui masyarakat adalah minimal Rp5,5 triliun, itu jalan kabupaten. Jalan provinsi 3005,6 km. Ada 890 km jalan yang begitu (rusak), yang perlu kita perhatikan. Uang kita provinsi hanya Rp300 miliar-Rp400 miliar per tahun. Ini sudah dikawal. Untuk itu kita butuh hanya sampai ke 69 ke 75 persen dari jalan 3.000-an km tadi itu. Untuk itu kita butuh uang. Sudah banyak yang kita lakukan, tetapi tak bisa dan rakyat Sumut butuh infrastruktur itu," jelasnya.



Sementara itu, Edy mengatakan Pemda Sumut menggelontorkan anggaran Rp2,7 triliun untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 450 km. Proyek yang digarap mulai 2022 tersebut ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Eks Pangkostrad itu juga menyindir sejumlah pihak yang hanya bisa mencemooh masalah proyek infrastruktur di Sumut, termasuk soal kerusakan jalan. Namun, Edy mengaku tak ambil pusing.

"Ada orang yang ngomong ke sana ke sini terlalu banyak ngomong. Ada orang ngomong sana sini saya sudah biarkan. Saya tetap berpegang teguh rakyat saya yang banyak membutuhkan, bukan orang yang banyak ngomong yang membutuhkan. Lillahi taala itu saya pertanggungjawabkan," tegasnya.

Di lain sisi, Presiden Jokowi sempat turun langsung mengecek infrastruktur jalan di Desa Sialang Taji, Kecamatan Waluh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara pada Rabu (17/5). Ia mengatakan jalan rusak di Sumut bakal diperbaiki mulai Juli 2023 mendatang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Agung Kuno

situs slot tergacor terbaru
Gubernur Bali I Wayan Koster menolak 10 ribu ton beras impor yang dibawa Perum Bulog ke wilayahnya lantaran Bali surplus beras.
Gubernur Bali I Wayan Koster menolak 10 ribu ton beras impor yang dibawa Perum Bulog ke wilayahnya lantaran Bali surplus beras. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Gubernur BaliI Wayan Koster mengaku menolak masuknya 10 ribu tonberas imporyang dibawa PerumBulogke wilayahnya. Penolakan tersebut ia utarakan lantaran Bali surplus beras.

Wayan mengatakan Indonesia memiliki potensi pertanian di setiap daerah sehingga tidak perlu mengimpor pangan.Ia menyebut Bulog harusnya menyerap beras dari petani dalam negeri dengan maksimal, meskipun harganya lebih mahal dari beras impor termasuk yang berasal dari Vietnam.

"Tempo hari saya diskusi dengan Bulog Bali mau bawa beras 5.000 sampai 10 ribu ton ke Bali. Saya tanya beras dari mana, beras impor, 'sorry pak saya tidak setuju bawa impor beras ke Bali karena Bali surplus beras'," kata Wayan dalam Musrenbangnas Penyusunan RPJPN 2025-2045, Senin (22/5) lalu.

Lebih lanjut, Wayan mengusulkan pemerintah pusat untuk mengubah kebijakan yang memudahkan masuknya pangan impor. Menurutnya, ada peraturan yang diterbitkan pada orde baru masih digunakan saat ini.

Padahal peraturan tersebut tidak mendukung potensi pertanian dalam negeri.

Lihat Juga :
Berapa Hitung-hitungan Gaji ke-13 PNS?

"Lebih murah kita beli di sana, yang sejahtera kan petani Vietnam. Menurut saya ngapain. Kalau kita berani beli (beras dalam negeri) maka ekonominya akan memutar di dalam negeri," kata Wayan.

Lebih lanjut, Wayan mengusulkan pemerintah pusat untuk mengubah kebijakan yang memudahkan masuknya pangan impor. Menurutnya, ada peraturan yang diterbitkan pada orde baru masih digunakan saat ini. Padahal peraturan tersebut tidak mendukung potensi pertanian dalam negeri.

"Regulasi yang ramah impor menurut saya harus dirombak secara lebih radikal agar pro rakyat dan pro daerah di Indonesia. Banyak sekarang perpres yang terbit pada zaman orde baru masih berlaku sampai sekarang, yang sangat menyulitkan kita memberdayakan potensi ekonomi daerah," ungkapnya.

Bulog kembali mendapat penugasan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengimpor 2 juta ton beras pada tahun ini. Padahal, saat ini sudah menjelang musim panen.

Presiden Jokowi kemudian menjelaskan alasan di balik rencana impor beras tersebut. Ia mengatakan beras itu akan menjadi cadangan beras pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog di tengah ancaman el nino yang menyebabkan kemarau panjang dan bisa mengganggu panen.

Jokowi mengatakan el nino tidak hanya mengancam Indonesia, tetapi juga negara lain. Maka dari itu impor beras dilakukan sebagai antisipasi. Ia menjamin masuknya beras impor tidak akan mengganggu harga gabah petani karena akan datang secara bertahap.

"Itu (beras impor) tidak mengganggu harga gabah petani. Tadi sudah disampaikan oleh Henry Saragih (Serikat Petani Indonesia) dan datangnya juga bertahap ya," kata Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Peternak Jiwa Zhu Xiaoshan

paito toto macau
IHSG ditutup di level 6.636 pada Selasa (30/5). Indeks saham melemah 44,67 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.636 pada Selasa (30/5). Indeks saham melemah 44,67 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.636 pada Selasa (30/5). Indeks saham melemah 44,67 poin atau minus 0,67 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,23 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,87 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 234 saham menguat, 294 terkoreksi, dan 213 lainnya stagnan. Terpantau enam dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin sektor transportasi yang naik 1,3 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia mayoritas menguat. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,30 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,24 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan tumbuh 1,04 persen.

Tak jauh beda, bursa saham Eropa dominan menghijau. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,19 persen, indeks CAC 40 di Prancis naik 0,33 persen, dan indeks DAX di Jerman tumbuh 0,34 persen.

Serupa, bursa Amerika serempak semringah. Indeks S&P 500 melesat 1,30 persen, indeks NYSE plus 0,69 persen, dan indeks NASDAQ Composite meroket 2,19 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)