petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol yang mudah di acc

lazawin slot 147Jutaan kata 514243Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol yang mudah di acc》

Pengusaha Tolak Rencana Jokowi Larang Jual Rokok Batangan******

Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) Benny Wahyudi tidak setuju dengan rencana pemerintah terkait larangan penjualan rokok batangan.
Ketua Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) Benny Wahyudi tidak setuju dengan rencana pemerintah terkait larangan penjualan rokok batangan. Ilustrasi. (Pixabay/PublicDomainPictures).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Gabungan Produsen RokokPutih Indonesia (Gaprindo) Benny Wahyudi tidak setuju dengan rencana pemerintah terkait larangan penjualan rokok batanganmulai 2023 mendatang.

"Kami dari Industri Hasil Tembakau (IHT) tidak sependapat terkait larangan penjualan ketengan ini," ujar Benny kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/12).

Rencana itu diketahui dari salinan Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Desember 2022.

Menurut Benny, aturan pelarangan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan ini belum tentu bisa sejalan dengan tujuan pemerintah untuk menurunkan prevalensi merokok di usia remaja. Sebab, pembelian rokok bisa dilakukan anak di bawah umur dengan patungan bersama teman.

"Kalau hal ini ditujukan untuk mencegah anak di bawah umur, beberapa anak dapat bergabung untuk membeli sebungkus rokok," imbuhnya.

Selain itu, aturan ini dinilai justru secara tidak langsung memaksa orang dewasa yang bisanya merokok sedikit menjadi banyak. Pasalnya, konsumen harus membeli rokok sebungkus.

"Selain itu larangan penjualan eceran ini justru akan 'memaksa' orang dewasa yang hanya merokok sehabis makan atau mau ke kamar mandi untuk membeli sebungkus rokok. Padahal, mereka biasanya hanya menghabiskan 2-3 batang saja per hari," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Mayoritas Kripto Teratas Hijau Dipimpin Cardano******

Harga mayoritas aset kripto teratas menghijau pada siang ini, Senin (26/11). Penguatan dipimpin oleh Cardano.
Harga mayoritas aset kripto teratas menghijau pada siang ini, Senin (26/11) dengan Cardano memimpin penguatan. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas asetkripto teratas menghijau pada siang ini. Penguatan dipimpin oleh Cardano.

Mengutip coinmarketcap.com, Senin (26/12), cardano naik 0,82 persen dalam 24 jam, tetapi turun 1,68 persen dalam sepekan.

Penguatan juga terjadi pada harga bitcoin sebesar 0,27 persen dalam sehari jadi US.886,7 per koin. Harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini naik 1,27 persen dalam tujuh hari terakhir.

Harga Polygon juga naik 0,74 persen ke USSalip Hartono Bersaudara, Low Tuck Kwong Jadi Orang Terkaya RI******

Low Tuck Kwong kini menjadi orang terkaya di Indonesia setelah jumlah kekayaannya melampaui R Budi Hartono dan Michael Hartono (Hartono bersaudara).
Low Tuck Kwong kini menjadi orang terkaya di Indonesia setelah jumlah kekayaannya melampaui R Budi Hartono dan Michael Hartono (Hartono bersaudara). (www.bayan.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Low Tuck Kwong kini menjadi orang terkaya di Indonesia setelah jumlah kekayaannya melampaui R Budi Hartono dan Michael Hartono (Hartono bersaudara).

Berdasarkan data real time Forbespada Senin (26/12), Low Tuck Kwong menjadi orang kaya nomor satu di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai US,2 miliar atau Rp378 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per dolar AS).

Kwong merupakan pebisnis asal Singapura yang telah menjadi WNI. Ia adalah pemilik PT Bayan Resources Tbk (BYAN), salah satu perusahaan batu bara besar di Indonesia. Jumlah kekayaannya juga terpantau cukup jauh dari Hartono bersaudara.

Kemudian, Michael Hartono bergeser menjadi orang terkaya nomor tiga di Indonesia dengan kekayaan US,3 miliar atau Rp319,5 triliun.

Pundi-pundi Kwong memang terus bertahap dengan kenaikan harga saham BYAN yang terjadi dalam bulan ini.

Berdasarkan catatan CNBCIndonesia.com, harga saham BYAN ditutup menguat 2,63 persen di Rp18.525 per unit di sesi I perdagangan Jumat (23/12). Nilai kapitalisasi BYAN tembus Rp617,5 triliun.

Lihat Juga :
Deret Bisnis Low Tuck Kwong Raja Batu Bara Taipan Terkaya di Indonesia

Returnyang dihasilkan dari saham BYAN pun mengungguli saham-saham batu bara lain seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Indo Tambagraya Megah Tbk (ITMG), PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Indika Energy Tbk (INDY).

Berikut daftar posisi 10 orang kaya di Indonesia terbaru dari data real time Forbes:

1. Low Tuck Kwong US,2 miliar
2. Budi Hartono US,1 miliar
3. Michael Hartono US,3 miliar
4. Sri Prakash Lohia US,6 miliar
5. Prajogo Pangestu US miliar
6. Chairul Tanjung US miliar
7. Tahir and Family US,1 miliar
8. Djoko Susanto US,9 miliar
9. Theodore Rachmat US,3 miliar
10. Martua Sitorus US,1 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr),8 per koin dalam sehari. Namun, harganya turun 0,46 persen dalam sepekan.

Sementara itu, BNB berada di level US4 per keping, turun 0,44 persen dalam semalam dan merosot 1,49 persen dalam 7 hari terakhir.

Harga XRP juga turun 0,08 persen ke USPilihan Saham Ciamik Jelang Akhir Tahun******

Analis merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi hijau pada pekan terakhir 2022. Berikut ulasannya.
Analis merekomendasikan sejumlah saham yang berpotensi hijau pada pekan terakhir 2022. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.800 pada akhir pekan lalu, Jumat (23/12). Indeks saham melemah 23,75 poin atau setara 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya. Secara akumulatif, perdagangan saham dalam sepekan melemah 0,17 persen.

Tercatat, investor asing jual bersih (net sell) minus Rp1,94 triliun. Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gusti Agung Alit mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa pekan ini mengalami perubahan sebesar 30,40 persen menjadi Rp10,57 triliun dari Rp15,19 triliun pada sepekan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata frekuensi transaksi harian bursa sebesar 11,84 menjadi 916.894 transaksi selama sepekan dari 1.040.018 transaksi pada sepekan sebelumnya.

Pengamat Pasar Modal BCA Sekuritas Achmad Yamani mengungkapkan pekan ini pergerakan IHSG diperkirakan flatdengan rentang 6.780-7.100.

Meskipun, menurutnya, momen window dressingberpotensi mengangkat indeks, tetapi tak akan berdampak besar. Pasalnya, modal asing yang keluar dari bursa masih besar.

"Momen window dressingdan menjelang January effectmasih mungkin walaupun potensinya tidak terlalu besar, karena outflowasing yang masih berlanjut dan beralih ke surat utang," kata Achmad ketika dihubungi, Minggu (25/12).

Lihat Juga :
Harga Tiket Kereta Panoramic Rp1 Juta, Promo Jadi Rp750 Ribu

Window dressingmerupakan momen ketika IHSG mencatat kenaikan yang tinggi. Pola ini hanya terjadi pada minggu terakhir Desember atau ketika akhir tahun. Pada momen ini, perusahaan dan manajer investasi melakukan strategi untuk menarik para investor baru.

Untuk momen ini, ia menilai hampir semua sektor menarik karena adanya potensi window dressing. Seluruh sektor diprediksi mampu menguat atau rebound.

Namun, ia merekomendasikan saham big capsatau saham yang memiliki kapitalisasi besar dengan ukuran rata-rata di atas Rp10 triliun.

"Mengingat valuasi saat ini beberapa big caps sudah cukup turun banyak seperti ASII (PT Astra International Tbk), TLKM (PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk), JSMR (PT Jasa Marga (Persero) Tbk), PTBA (PT Bukit Asam Tbk), EXCL (PT XL Axiata Tbk), dan GOTO (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)," paparnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani dan Yasonna Laoly Kompak Guyur Anak Buah dengan Tukin

Sementara, pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memperkirakan IHSG pekan ini akan bergerak terbatas. Menurutnya, jika bursa mampu menembus level 6.850 maka potensi menguat akan terus berlanjut. Sebab, saat ini, IHSG menunjukkan pola divergence positif jika dibandingkan dengan harga.

"Divergence positifadalah momen ketika harga bergerak turun atau melemah tetapi indikator justru berlawanan arah dengan menunjukkan posisi yang lebih tinggi. Ini menunjukkan indikasi akan bergerak menguat," jelas Oktavianus.

Sejumlah sentimen yang memengaruhi adalah klaim pengangguran di Amerika Serikat yang diprediksi naik ke 225 ribu. Menurutnya, hal ini akan memberikan sinyal bahwa pasar tenaga kerja di AS mengendur dibandingkan bulan sebelumnya.

"Pandangan The Fed terkait sikap yang lebih dovish(kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi) terhadap kebijakan moneter dapat kembali terbuka dan memberikan pergerakan yang lebih longgar untuk pasar saham," ucapnya.

Lihat Juga :
TAIPANLarry Ellison, Dulu DO dari Kampus Sekarang Taipan Tajir Mampus

Selain itu, jumlah kasus covid-19 di China yang kian melonjak setelah pelonggaran kebijakan zero covid memberikan sentimen negatif untuk pasar.

"Melambatnya China akan berdampak pada perlambatan ekonomi secara global, ini merupakan sentimen negatif untuk pasar di tengah inflasi yang tinggi dari AS dan Eropa," papar Oktavianus.

Menurutnya, para investor dapat mempertimbangkan spekulasi untuk membeli saham jika IHSG sudah mulai bergerak melewati level 6.850. Tetapi, jika IHSG masih belum menembus level itu maka investor disarankan untuk wait and see.

Sejumlah sektor yang direkomendasikan Oktavianus adalah energi. Ia menilai di tengahsupplyyang turun pada minyak mentah membuat harganya berpotensi menguat.

Pada pekan ini Oktavianus hanya merekomendasikan dua saham yaitu PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA). Investasi pada kedua saham ini disarankan untuk buy on break.

Untuk AMRT ia menilai harga masih cenderung bergerak sidewaysdan terdapat resistancesejak sepekan lalu di level 2.650.

Oktavianus berpendapat jika harga breakoutmaka mampu menarik dan membuka peluang menuju resistance 2.900. Sementara, supportAMRT berada di level 2.500.

"AKRA terdapat pola triangledengan konfirmasi penguatan jika harga breakout level 1.420 pada pekan ini dan potensi terbuka menuju resistance1.500-1.550. Supportberada di level 1.330," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr),349 per keping. Kendati demikian, harganya naik 1,89 persen dalam sepekan.

Lihat Juga :
Deret Bisnis Low Tuck Kwong Raja Batu Bara Taipan Terkaya di Indonesia

Berikutnya, harga dogecoin turun 1,35 persen ke USProfil Pemilik Hotel Bintang Lima Pertama yang Akan Dibangun di Toba******

Hotel bintang lima pertama, Labersa Kaldera Resort, akan dibangun di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara dan ditargetkan rampung pada Juli 2024.
Hotel bintang lima pertama, Labersa Kaldera Resort, akan dibangun di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara dan ditargetkan rampung pada Juli 2024. (iStockphoto/abishome)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hotel bintang lima pertama, Labersa Kaldera Resort, akan dibangun di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara dan ditargetkan rampung pada Juli 2024.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) hotel yang dibangun di dalam lokasi The Kaldera, Sumut itu telah dilakukan pada Rabu (21/12), dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Sebelumnya, Danau Toba tidak memiliki hotel bintang lima, hanya terdapat hotel bintang empat di kawasan tersebut, salah satunya Labersa Toba Hotel & Convention Centre di Balige, Kabupaten Toba Samosir.

PT Labersa Hutahaean merupakan perusahaan yang berfokus pada manajemen hotel, properti, tempat rekreasi. Perusahaan ini merupakan bagian dari Hutahaean Group yang berpusat di Pekanbaru, Riau.

PT Labersa Hutahaean telah memiliki sejumlah bisnis, di antaranya Labersa Toba Hotel & Convention Centre, Water Park & Theme Park Toba Fantasi, Water Park & Theme Park, dan Golf & Coountry Club Riau.

Lihat Juga :
Kemenhub Sebut KCIC Belum Beri Data Lengkap soal Konsesi Kereta Cepat

Pemilik Hutahaean Group adalah Harangan Wilmar Hutahaean. Ia berasal dari Toba Samosir, Sumatera Utara dan kini menjadi pengusaha sukses di Riau.

Meski memiliki bisnis hotel, Hutahaean Group berfokus pada perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Perkebunan tersebut terletak di Kecamatan Dalu-Dalu Kecamatan Tambusai Rokan Hulu, Riau serta di Sumatera Utara.

Hutahaean Group menjadi salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit hulu yang paling berpengalaman di Provinsi Riau. Perusahaan memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman industri perkebunan dan pengalaman manajemen perkebunan kelapa sawit.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]
,077 per dalam sehari dan lesu 2,12 persen dibandingkan pekan lalu.

Kemudian, tether, USD coin dan Binance USD stabil di US per keping.

Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar kripto naik 0,14 persen ke US2,4 miliar.

Saat ini kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:indowin88

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
slot yang mudah jp
vaksin99
ibcbet
mpoxtra838
bayar cicilan di shopee
pinjol tenor lama
voucher dana gratis
jp8800 slot
agen138 com login
Daftar isi semua bab
Bab 1 paito raja hk
Bab 2 permainan slot tergacor
Bab 3 detikslot888
Bab 4 herobola
Bab 5 ajaib4d slot
Bab 6 mponusa
Bab 7 cara bayar kredivo di tokopedia
Bab 8 cepat slot
Bab 9 bobet
Bab 10 situs web slot gacor
Bab 11 permainan slot 88
Bab 12 big288 slot
Bab 13 tektok777
Bab 14 erek petani
Bab 15 trik main olympus agar menang
Bab 16 situs link slot gacor
Bab 17 trik dan cara bermain slot online
Bab 18 seribu mimpi 63
Bab 19 dapat uang cepat
Bab 20 slot gacor 4d 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6219bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Legenda Raja Pedang

texasqq
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyangkal temuan Bank Dunia soal harga beras Indonesia paling mahal se-Asia Tenggara. Ia mempertanyakan data tersebut.
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyangkal temuan Bank Dunia soal harga beras Indonesia paling mahal se-Asia Tenggara. Ia mempertanyakan data tersebut. ( Kementerian Pertanian).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyangkal temuan Bank Duniayang menyebut harga berasIndonesia paling mahal se-Asia Tenggara.

Syahrul heran dengan dasar perhitungan harga beras Bank Dunia. Selain itu, ia mempertanyakan kapan data tersebut diambil.

"Menurut para pakar yang ada, tidak betul itu! Terus, mengambilsampling-nya atau random samplingstatistiknya di mana? Kapan?," katanya di sela-sela rapat kerja Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup di Jakarta, Rabu (21/12).

"Kalau di saat kita lagi menanam, ya nggak ada lagi panen, tentu harga juga melakukan dinamika," ucapnya.

Ia meragukan data Bank Dunia lantaran berbeda dengan temuan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Menurut badan pangan di bawah naungan PBB itu, beras Indonesia justru tergolong murah.

"Data FAO kita nomor 2 (paling rendah). Yang mana yang dipakai (untuk samplingstatistiknya)?" pungkasnya.

Bank Dunia melaporkan harga eceran beras Indonesia paling tinggi di antara negara-negara ASEAN. Data tersebut dimuat dalam Laporan Bank Dunia Indonesia Economic Prospect (IEP) December 2022.

Temuan Bank Dunia, harga beras di Indonesia 28 persen lebih tinggi dibandingkan dengan harga beras di Filipina.

Bahkan, harga beras Indonesia disebut dua kali lipat lebih mahal dari beras di Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pku)

Istri Cantik CEO dari Surga

hobi69
IHSG ditutup di level 6.800 pada akhir pekan ini. Indeks saham perlahan melemah 23,75 poin atau minus 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.800 pada akhir pekan ini. Indeks saham perlahan melemah 23,75 poin atau minus 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.800 pada akhir pekan ini. Indeks saham perlahan melemah 23,75 poin atau minus 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp19.244 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 7.917 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 216 saham menguat, 314 terkoreksi, dan 178 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Amerika mayoritas ambruk. Indeks S&P 500 turun 1,45 persen dan indeks NYSE Composite loyo sebesar 0,91 persen. Kemudian indeks NASDAQ Composite ambruk 2,18 persen.

Disusul oleh bursa saham Asia yang mayoritas melemah. Nikkei 225 di Jepang yang tercatat minus 1,03 persen diikuti indeks Kospi di Korea Selatan pun melemah sebesar 1,76 persen. Kemudian indeks Hang Seng Composite di Hong Kong juga melemah 0,37 persen.

Kemudian, bursa saham Eropa juga terpantau melemah. Tampak indeks CAC 40 di Prancis menurun dengan persentase 0,95 persen disusul indeks DAX di Jerman melemah sebesar 1,30 persen. Tak ketinggalan indeks FTSE 100 di Inggris turun 0,37 persen.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]

tolong panggil aku tuan Paus

raja95
Kelangkaan pupuk subsidi terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, alokasi pupuk subsidi yang dipasok pemerintah masih jauh dari total kebutuhan petani.
Kelangkaan pupuk subsidi terjadi di Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, alokasi pupuk subsidi yang dipasok pemerintah masih jauh dari total kebutuhan petani. Ilustrasi. (Oky Lukmansyah).
Medan, CNN Indonesia--

Kelangkaan pupuk bersubsidi masih saja terjadi di tingkat petani di sejumlah daerah, termasuk di Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, pupuk subsidiyang dipasok pemerintah masih jauh dari total kebutuhan petani.

SVP PSO Wilayah Barat PT Pupuk Indonesia Agus Susanto mengatakan secara nasional, kebutuhan pupuk subsidi tahun ini sesuai dengan usulan petani mencapai 25 juta ton. Namun, alokasi yang disediakan pemerintah hanya berkisar 9,1 juta ton.

"Ini yang perlu diketahui bahwa kelangkaan itu karena kekurangan alokasi dari jumlah pupuk yang dibutuhkan petani," kata Agus di Medan, Jumat (23/12).

Sementara, untuk pupuk NPK sudah tersalur sebanyak 122.644 ton atau 97 persen dari alokasi 126.693 ton.

"Dalam menyalurkan pupuk bersubsidi, kami tidak hanya mengikuti aturan dalam peraturan menteri pertanian, tetapi juga peraturan menteri perdagangan. Di mana kami diwajibkan untuk menyiapkan stok dalam gudang," ujarnya.

Agus menambahkan stok pupuk urea yang tersedia saat ini di gudang sebanyak 18.154 ton dan NPK 15.180 ton. Namun, stok itu tidak bisa dikeluarkan tanpa ada persetujuan dari pemerintah.

Lihat Juga :
AS Butuh 2 Juta Imigran Imbas Krisis Tenaga Kerja

"Karena ini terkait dengan pembayaran ke produsen. Jadi, meski stok pupuk kita banyak kalau tidak ada persetujuan dari pemerintah untuk mengeluarkan atau menyalurkannya, kami tidak akan keluarkan," jelasnya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun 2022, tambah Agus, stok pupuk subsidi yang tersedia saat ini juga untuk kebutuhan penyaluran pupuk di tahun 2023.

Terkait dengan serapan pupuk yang tidak sampai 100 persen hingga akhir tahun, Agus mengungkapkan ada beberapa daerah yang memang serapannya rendah, tetapi ada juga yang serapannya tinggi.

Namun, Pupuk Indonesia tidak bisa melakukan intervensi dengan melakukan realokasi pupuk dari serapan rendah ke daerah yang serapannya tinggi tanpa ada persetujuan dari pemerintah ataupun kementerian terkait.

"Tetapi ada juga daerah yang kebutuhan pupuknya rendah namun meminta tinggi. Akibatnya, serapannya tidak habis atau tidak mencapai seratus persen. Untuk kasus seperti ini, biasanya ada sanksi yang diberikan," jelas Agus.

Agus juga menjelaskan, pupuk subsidi dari yang tadinya dialokasikan lima jenis yakni, Urea, NPK, Za, SP-36 dan Urea namun saat ini menjadi dua jenis saja, yakni Urea dan NPK.

"Begitu juga terhadap komoditas tanaman yang dibolehkan menggunakan pupuk subsidi dikurangi dari 70 jenis komoditas menjadi 9 komoditas, yakni padi, jagung, kedelai, tebu, kakao, kopi, cabai merah, bawang dan bawang putih. Dan, itupun luasannya hanya 2 hektare saja per petani per musim tanam," papar Agus.

[Gambas:Video CNN]



(fnr/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Bagikan catatan sejarah

qq8889

Raksasa zaman

infini situs slot

Paus Bola Basket

hoki108