petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

nusa88

slot indo gacor 778Jutaan kata 48380Orang-orang telah membaca serialisasi

《nusa88》

Roatex Indonesia, Penyedia Sistem Bayar Tol Tanpa Setop PHK Karyawan******

PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) diklaim melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap hampir separuh karyawannya pada Selasa (11/7).
PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) diklaim melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap hampir separuh karyawannya pada Selasa (11/7). Ilustrasi. (Istockphoto/ PeopleImages).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) diklaim melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap hampir separuh karyawannya pada Selasa (11/7).

Kuasa Hukum Forum Karyawan Roatex Adi Sugiharto menyebut PHK ini dilakukan oleh direksi baru yang dipimpin tenaga kerja asing (TKA) bernama Attila Keszeg. Padahal, Adi menyebut bos anyar Roatex itu baru punya kartu izin tinggal terbatas (KITAS) di Indonesia per 14 Juni 2023.

Ia menegaskan direksi baru Roatex Indonesia tidak kompeten karena PHK yang dilakukan tak berdasarkan tolok ukur pasti. Bahkan, Adi mengklaim karyawan dipaksa menandatangani kesepakatan PHK dengan alasan efisiensi dan restrukturisasi organisasi.

Adi mengatakan pihaknya akan mengambil langkah hukum atas kasus ini. Ia menyebut karyawan yang dipecat mayoritas ikut merintis proyek multi lane free flow (MLFF) alias tol tanpa sentuh. Bahkan, mereka menempati posisi penting di Departemen IT dan AI, Sentral Sistem, Penegakan Hukum MLFF, serta Legal.

Menurutnya, PHK ini bertentangan dengan sikap direksi baru Roatex yang sesumbar dan menjanjikan sistem tol tanpa sentuh bakal segera diimplementasikan di Indonesia.

"Ini kan aneh. Mau proyek ini (MLFF) cepat jalan, tapi karyawan yang paham proyeknya malah dipecat. Mereka juga bilang untuk efisiensi, tapi setelah pemecatan mau rekrut lebih banyak karyawan. Enggak nyambung," tegas Adi.

"Harusnya kan ada penilaian kerja, lalu kalau karyawan enggakperformada surat peringatan (SP) pertama, kedua, dan seterusnya. Gak bisa langsung pecat," sambungnya.

Dalam keterangan resmi terpisah, Direktur Utama Roatex Indonesia Attila Keszeg mengakui perusahaan telah melakukan langkah restrukturisasi.

Attila memaparkan restrukturisasi dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan fase operasional proyek MLFF di Indonesia.

Lihat Juga :
NICKEL UPDATEIndustri Baterai Kendaraan Listrik Dipacu, Nikel Diburu

"Kami saat ini sedang melakukan penataan kembali manajemen sekaligus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperkuat sejumlah posisi dengan sumber daya manusia

profesional andal dengan kemampuan dan kompetensi tinggi agar mampu mendukung dan menyukseskan fase operasional proyek MLFF ini," ungkap Attila.

Ia juga memastikan langkah tersebut dilakukan dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini kementerian PUPR dan BPJT.

Attila lebih lanjut menjelaskan perusahaan sendiri mengundang talenta-talenta lokal dengan dengan berbagai keahlian untuk bergabung dan mengisi sejumlah posisi strategis

"Kami, Roatex Indonesia mengundang Anda, calon karyawan terbaik bangsa, untuk menjadi bagian dari sejarah jalan tol dan transportasi Indonesia," terang Attila.

Lihat Juga :
Penghapusan Dana Wajib 5 Persen Dinilai Bakal Bebani BPJS Kesehatan

"Untuk itu kami juga menggunakan perusahaan rekrutmen profesional (head hunter) untuk memastikan kami mendapatkan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang tepat untuk mendukung fase operasional yang sangat penting ini," ujar Attila.

"Secara keseluruhan restrukturisasi akan dilakukan selama 6 bulan secara gradual termasuk proses rekrutmen untuk mengisi kebutuhan yang akan meningkat seiring dengan berjalannya fase operasional ini," kata Attila menambahkan.

Sementara kuasa hukum Roatex Indonesia Mochamad Sutami Attamimi menjelaskan salah satu langkah yang diambil manajemen dalam restrukturisasi ini adalah memberhentikan sejumlah karyawan.

"Dasar dari keputusan manajemen baru mengakhiri hubungan kerja adalah berdasarkan evaluasi terhadap perilaku, dedikasi, dan loyalitas karyawan selama ini. Langkah efisiensi ini dimaksudkan untuk mencegah kerugian materiil dan non-materiil lebih lanjut," ujar Sutami.

Lihat Juga :
Laba Bersih Pertamina Bina Medika Anjlok Jadi Rp184,2 M pada 2022

Sutami menambahkan, "Sekalipun terjadi pengurangan, di saat yang bersamaan juga akan lakukan perekrutan untuk mengisi sejumlah posisi di tubuh PT RITS," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam mengambil keputusan ini, Roatex Indonesia tetap merujuk pada peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia dan akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Perusahaan, sambungnya, juga akan memberikan pesangon atau kompensasi sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan baik untuk karyawan tetap maupun karyawan kontrak. Bahkan, klaim Sutami, perusahaan menawarkan lebih dari yang diatur oleh regulasi ketenagakerjaan.

"Bagi karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja, PT RITS juga membantu mencari solusi agar mereka dapat bekerja di tempat lain dengan menawarkan jasa agensi pencarian bakat (headhunter) sehingga mereka mendapatkan panduan tentang peluang kerja berdasarkan kualifikasi mereka," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

JakCloth Summerfest Reload Perkuat Industri Fesyen UMKM******

Teten Massduki mengatakan, JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia yang mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM.
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload. (Foto: KEMENKOP UKM)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki mengatakan, JakCloth Summerfest Reload merupakan event lokal clothing terbesar di Indonesia.

Sebab, kata Teten Masduki, JackCloth merupakan wadah bagi inovasi, inspirasi, dan kolaborasi luar biasa para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) bidang fesyen.

"JakCloth bukan lagi hanya sebuah event, melainkan platform, bahkan agregator produk fashion terbaik lokal," kata Teten pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload, di Jakarta, Rabu (5/7).

MenkopUKM mengatakan dukungan ini merupakan bentuk nyata pemerintah juga merespons kebutuhan UMKM di Indonesia.

Teten Menegaskan, industri fesyen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebanyak 18 persen dari perolehan PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan menyumbang 66 persen dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

"Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fesyen di Indonesia, dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini. Perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai hingga milyaran rupiah," kata Menteri Teten.

Misalnya, pada acara Lebaran Tour, JakCloth bekerja sama dengan ribuan UMKM Clothing untuk mengunjungi 13 kota besar di Indonesia. Banjarmasin, Malang, Bekasi, Samarinda, Lampung, Surabaya, dan kota-kota lainnya menjadi saksi perkembangan pesat industri fashion di Indonesia. Setiap acara JakCloth melibatkan lebih dari 300 brand UMKM lokal dengan transaksi mencapai Rp200 miliar.

Tak bisa ditampilkan, acara ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi UMKM yang terlibat, mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih luas.

"Di sinilah peran agregator sebagai kunci mengonsolidasikan naik kelasnya UMKM Indonesia," kata Menteri Teten.

(inh/inh)

KAI Buka Suara Usai Pria Bunuh Diri di Perlintasan Rel Kereta Senen******

PT Kereta Api Indonesia (KAI) buka suara soal pria paruh baya yang bunuh diri di perlintasan rel kereta Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (8/7).
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) buka suara soal pria paruh baya yang bunuh diri di perlintasan rel kereta Senen, Jakarta Pusat, pada Sabtu (8/7). (Antara Foto/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) buka suara soal pria paruh baya yang bunuh diri di perlintasan rel kereta SenenJakartaPusat, pada Sabtu (8/7).

Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih menyebut kejadian tersebut terjadi pada Sabtu pukul 17.13 WIB.

Feni menyebut kejadian itu menimpa KA Jayakarta relasi Pasar Senen-Gubeng di perlintasan JPL 30 Stasiun Pasar Senen.

"PT KAI Daop 1 Jakarta mengingatkan kembali kepada pengguna jalan agar apabila melintas selalu gunakan perlintasan sebidang yang resmi yang dilengkapi dengan palang pintu dan sirene, serta selalu berhati-hati tengok kanan-kiri sebelum melintas demi terwujudnya keselamatan bersama."

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Senen Iptu Asep Dadang mengatakan peristiwa bunuh diri itu terjadi pada pukul 17.15 WIB. Ia mengatakan pria tersebut tewas terlindas kereta.

[Gambas:Video CNN]

Jenazah pria itu kemudian dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) karena identitasnya tak diketahui.

"[Jenazah di] RSCM Cipto karena kan identitasnya enggak ada. Kalau ada identitasnya mungkin kami hubungi pihak keluarganya, di mana dia tinggal. Misal di wilayah Bekasi, ya kami hubungi bhabin sana atau Polisi RW sana," katanya, seperti dikutip Detikcom.

Aksi bunuh diri pria paruh baya ini sebelumnya viral di media sosial, termasuk Twitter. Dalam video yang beredar, sejumlah anak terlihat berdiri di samping perlintasan Senen untuk mengabadikan momen kereta yang melintas.

Namun, seorang pria tiba-tiba berlari ke arah rel saat kereta mendekat. Pria itu lantas berbaring di tengah rel hingga terlindas kereta.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu. Misalnya saja Komunitas Save Yourselves melalui Instagram @saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.
(skt/has)




bab terbaru:cicilan di lazada

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
situs gacor indonesia
naganola
akses situs aman
visa4d
bumi138
qq7887
demo slot meriah4d
demo slot lucky god 2
situs slot internasional terpercaya
Daftar isi semua bab
Bab 1 one slot 88
Bab 2 wwwdewapoker
Bab 3 pinjol yang tidak terdaftar di ojk 2022
Bab 4 jitu
Bab 5 situs daftar slot online
Bab 6 jeruk erek erek
Bab 7 slotboss
Bab 8 alexavegas
Bab 9 slot link alternatif
Bab 10 pola maxwin terbaru hari ini
Bab 11 situs yang gacor malam ini
Bab 12 lama pencairan kredivo
Bab 13 pekanslot
Bab 14 winning228
Bab 15 bayar kredivo pakai kartu kredit
Bab 16 info jam gacor slot pragmatic hari ini
Bab 17 sc88slot
Bab 18 merchant offline kredivo
Bab 19 situs bagus slot
Bab 20 slot mahjong ways 2
Klik untuk melihattersembunyi di tengah385bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Dewa Pedang Penelan Langit

derekturtoto
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut harga cabai di Kabupaten Karanganyar terlalu murah, yaitu Rp23 ribu per kg, sehingga bisa merugikan petani.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut harga cabai di Kabupaten Karanganyar terlalu murah, yaitu Rp23 ribu per kg, sehingga bisa merugikan petani. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Solo, CNN Indonesia--

Menteri PerdaganganZulkifli Hasan menyebut harga cabai di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah terlalu murah sehingga bisa merugikan petani.

Dalam kunjungannya di Pasar Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Zulhas melihat cabai rawit dijual Rp23 ribu per kg.

"Kita gembira (harga-harga) dari tinggi sekarang sudah turun. Tapi ada yang terlalu murah seperti cabai," katanya di Pasar Malangjiwan, Rabu (12/7).

Tak hanya cabai, Zulhas juga melihat harga komoditas pangan lainnya juga menurun. Seperti telur dan daging ayam.

"Ayam sudah mulai turun. Tadi kita lihat dari Rp40 ribu per kg, di sini sudah Rp38 ribu per kg. Telur masih tinggi tapi enggak naik lagi. Kemarin Rp32 ribu sekarang sudah Rp31 ribu per kg," katanya.

Ia mengakui penurunan harga produk unggas tidak secepat yang diharapkan.

Lihat Juga :
ANALISISPNS Part Time dan Timbang-timbang Penurunan Belanja Pemerintah

Pasalnya, kenaikan daging ayam dan telur di tanah air dipicu oleh lonjakan harga pakan dan bibit ayam. Akibatnya jumlah pasokan yang tidak dapat memenuhi permintaan.

"Memang perlu waktu. Ayam kan nggak bisa bertelur sehari dua ya. Saya kira minggu depan, dua minggu lagi turun lagi ya," katanya.

Lebih lanjut, Zulhas mengklaim secara umum harga kebutuhan pokok di tingkat nasional relatif terkendali. Terbukti dengan inflasi rata-rata yang di angka 3,5 persen.

"Secara umum (harga kebutuhan pokok) turun. Inflasi kita kan year on year 3,5 persen. Bulan ini malah lebih rendah lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Karanganyar, Martadi menjamin pasokan kebutuhan pokok di daerahnya. Sehingga, diharapkan harga bahan pangan di Karanganyar dapat terkendali.

"Untuk daging ini kan menjadi perhatian kita jangan sampai ada harga-harga yang melonjak. Termasuk minyak, bawang, dan cabai," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(syd/dzu)

Dari satpam hingga penyanyi

slot gacor siang hari ini
Kemenko Perekonomian membuka lowongan kerja non-pegawai negeri sipil (PNS) bergaji hingga Rp6,5 juta per bulan.
Kemenko Perekonomian membuka lowongan kerja non-pegawai negeri sipil (PNS) bergaji hingga Rp6,5 juta per bulan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) membuka lowongankerja non-pegawai negeri sipil (PNS) bergaji hingga Rp6,5 juta per bulan.

Pengadaan Jasa Tenaga Pendukung Gelombang IX di kantor Airlangga Hartarto itu dibuka untuk dua posisi, yakni; Tenaga Pendukung Teknis Bidang Hukum Kegiatan Koordinasi Percepatan Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital dan Tenaga Pendukung Administrasi.

Posisi Tenaga Pendukung Teknis Bidang Hukum Kegiatan Koordinasi Percepatan Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital dibuka untuk satu orang dengan honor Rp6,5 juta per bulan. Sementara itu, tiga orang dibutuhkan untuk mengisi Tenaga Pendukung Administrasi yang bergaji Rp5,5 juta per bulan.

"Diharapkan untuk seluruh peserta melampirkan CV yang di-upload melalui web tersebut di atas. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan melalui website di atas pada 12 Juli 2023," tutup pengumuman tersebut.

Berikut syarat atau spesifikasi yang dibutuhkan untuk bisa sekantor dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto:



1. Tenaga Pendukung Teknis Bidang Hukum Kegiatan Koordinasi Percepatan Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital

- Pria atau Wanita dengan usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun
- Pendidikan minimal S1 jurusan Ilmu Hukum dengan IPK minimal 3,00 dengan skala 4,00
- Diutamakan memiliki pengalaman bekerja di pemerintahan
- Mampu mengoperasikan seluruh program Microsoft Office
- Memiliki motivasi dan semangat kerja yang baik
- Mampu berbahasa Inggris baik, lisan maupun tulisan
- Jujur, sopan, ulet dan disiplin
- Mampu bekerja mandiri maupun dalam tim.

[Gambas:Video CNN]

2. Tenaga Pendukung Administrasi

- Pria atau Wanita, usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun
- Pendidikan minimal Sarjana (S1) jurusan Akuntansi/Manajemen Keuangan dengan IPK minimal 3,00 (skala 4,00)
- Mampu mengoperasikan seluruh program Microsoft Office
- Diutamakan memiliki pengalaman bekerja di pemerintahan
- Memiliki motivasi dan semangat kerja yang baik
- Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan)
- Jujur, sopan, ulet dan disiplin
- Mampu bekerja dengan target waktu
- Mampu bekerja sama dalam tim maupun bekerja secara mandiri

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bebaskan PNS dari Pajak Fasilitas Kantor
(skt/agt)

Cang Lei Zhi Yu

slot piala
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.808 pada Rabu (12/7) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.808 pada Rabu (12/7) sore. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasaham gabungan (IHSG) ditutup di level 6.808 pada Rabu (12/7). Indeks saham menguat 11,28 poin atau 0,17 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,08 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,35 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 260 saham menguat, 264 terkoreksi, dan 219 lainnya stagnan. Terpantau, empat dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor energi, yakni minus 1,11 persen.

Sementara, bursa saham Eropa kompak bergerak di zona hijau. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,28 persen, indeks DAX di Jerman 0,77 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis 0,81 persen.

Mengikuti Eropa, bursa Amerika juga kompak menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,67 persen, indeks NYSE Composite 0,94 persen, dan indeks NASDAQ Composite 0,55 persen.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Kelahiran Kembali Era Pentium

kerja menghasilkan uang cepat
Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menindak tegas pedagang yang menjual Minyakita dengan mekanisme bundling.
Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menindak tegas pedagang yang menjual Minyakita dengan mekanisme bundling. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menindak tegas pedagang yang menjual Minyakitadengan mekanisme bundling.

Penjualan dengan mekanisme bundlingmerupakan penjualan suatu produk dengan syarat harus membeli produk lainnya. Dalam kasus Minyakita, konsumen yang ingin membeli harus juga membeli barang lain.

Plt Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Moga Simatupang mengingatkan jika ada pedagang yang ketahuan melakukan skema bundlingakan dikenakan sanksi tegas.

Adapun sanksi akan diberikan secara bertahap mulai dari pedagang diberikan teguran tertulis hingga izin usaha pedagang akan dicabut.

Aturan pelarangan jual Minyakita dengan mekanisme bundlingtertuang dalam Surat Edaran No 3 Tahun 2023 tentang Penjualan Minyak Goreng Rakyat.

Selain itu, pedagang juga dilarang untuk menjual Minyakita di atas harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp14 ribu per liter atau Rp 15.500 per kg.

Dalam aturan tersebut juga dikatakan pembelian Minyakita hanya diperbolehkan 10 kg per orang dan per hari.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Raja Iblis Abadi

erek12
Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka ikut hadir saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).
Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka ikut hadir saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka hadir langsung saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, pria yang akrab disapa Babah Alun itu berdiri bersama jajaran pembantu Jokowi, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Pada hari ini Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Dengan mengucapbismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cisumdawu," kata Jokowi, Selasa (11/7).

Selain Jusuf Hamka dan tiga menteri Jokowi, ada juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam peresmian tersebut.

Dihubungi terpisah, Jusuf Hamka mengatakan sama sekali tidak membahas soal utang pemerintah Rp800 miliar saat mendampingi Jokowi. Kehadirannya di tempat tersebut murni sebagai bagian dari proyek tol Cisumdawu.

"Gak berani mention (utang negara Rp800 miliar). Belum sempat (bicara soal utang Rp800 miliar dengan Pak Jokowi)," katanya kepada CNNIndonesia.com saat dikonfirmasi.

Lihat Juga :
Penerbangan dari Bandara Husein Beralih ke Kertajati Mulai Oktober

Terlepas dari itu, perusahaan pimpinan Jusuf Hamka punya andil besar dalam pembangunan Tol Cisumdawu. Dari keenam seksi, PT CKJT mengerjakan Seksi 3 hingga 6.

Bahkan, Jusuf sempat cerita bahwa dirinya sama sekali tak memakai duit pinjaman bank untuk menggarap Tol Cisumdawu itu.

"Itu (Cisumdawu) enggak pakai duit bank, enggak pakai duit negara. Karena banyak orang nyinyir bahwa kita pakai uang negara, uang bank sama dengan uang negara kepada pemerintah. Akhirnya saya bilang, 'Enggak, saya enggak mau pakai uang ini (pinjaman bank)'. Sekarang sudah habis Rp12,5 triliun," ucapnya di Vihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Selasa (11/4).

Jusuf sebelumnya sempat bercerita bahwa utang negara Rp800 miliar kepadanya bermula dari deposito perusahaannya PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) sebesar Rp78 miliar di Bank Yakin Makmur atau Bank Yama.

Utang itu belum dibayar sejak krisis moneter 1998, kala Bank Yama dilikuidasi pemerintah. Sejak saat itu, Jusuf mengaku tidak mendapatkan kembali uang depositonya.

Pemerintah berdalih CMNP terafiliasi dengan pemilik Bank Yama, yakni Siti Hardijanti Hastuti alias Tutut Soeharto. Namun, berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang dimenangkan Jusuf, negara harus membayar pokok utang tersebut beserta denda 2 persen per bulan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

badai jenius

warnetslot
Ketua Umum HKTI Moeldoko membeberkan penyebab Indonesia mengimpor bawang putih dan garam.
Ketua Umum HKTI Moeldoko membeberkan penyebab Indonesia mengimpor bawang putih dan garam. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Staf Kepresidenan sekaligus Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)Moeldoko membeberkan penyebab Indonesiaimporbawang putih dangaram.

Terkait bawang putih, ia menyebut impor dilakukan karena komoditas pangan itu bisa tumbuh baik di daerah dengan ketinggian di atas 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jika dipaksa ditanam di daerah tidak seperti itu, maka hasilnya kurang bagus.

"Jadi kalau dipaksa (ditanam di daerah bukan 1.200 mdpl) pasti masyarakat enggak mau (karena) hasilnya pasti jelek. Sehingga pada wilayah-wilayah itulah (ketinggian 1.200 mdpl) yang bisa ditanam," kata Moeldoko, yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan, Rabu (12/7).

Terkait garam, ia beralasan impor dilakukan karena tidak semua pantai di Indonesia bisa memproduksi garam secara efisien.

"Garam hanya bisa di daerah-daerah tertentu yang memiliki tingkat kemarau yang panjang. Sebenarnya yang paling bagus di NTT karena tingkat keringnya panjang," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan alasan pemerintah terus mengimpor bawang putih adalah karena ketidakcukupan pasokan dalam negeri.

Tercatat, pasokan awal bawang putih Indonesia pada awal 2023 ada 143.261 ton, di mana perkiraan produksi dalam negeri menyentuh 23.337 ton. Sementara itu, realisasi impor Januari-April 2023 ada 103.414 ton dan rencana impor Mei-Desember 2023 dipatok 504.088 ton.

Dengan begitu, total ketersediaan bawang putih RI saat ini 774.460 ton. Sedangkan kebutuhan tahunan bawang putih RI 669.354 ton dengan porsi kebutuhan bulanan 55.780 ton.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan ada beberapa alasan RI mengimpor garam. Pertama, jumlah produksi lokal tak mampu memenuhi kebutuhan industri.

Kedua, kualitas garam lokal tak sepadan dengan kebutuhan industri.Ketiga, terkait kepastian pasokan garam. Industri melakukan produksi sepanjang tahun, maka kontinuitas pasokan bahan baku sangat diperlukan.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)