petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

angka jitu ekor hari ini

pinjam uang 5 juta 89Jutaan kata 981777Orang-orang telah membaca serialisasi

《angka jitu ekor hari ini》

Siapa Pemilik Khong Guan, Biskuit Legendaris Tiap Lebaran?******

Biskuit Khong Guan yang khas berada di meja masyarakat Indonesia ditemukan oleh dua orang kakak beradik asal Fujian China; Chew Choo Keng dan Chew Choo Han.
Biskuit Khong Guan yang khas berada di meja masyarakat Indonesia ditemukan oleh dua orang kakak beradik asal Fujian China; Chew Choo Keng dan Chew Choo Han. (Arsip Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Momen Lebaranbiasanya identik dengan sejumlah sajian khas. Salah satunya biskuit kalengan Khong Guan.

Biskuit itu biasanya tersedia di setiap rumah sebagai kudapan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi.

Lantas siapa penemu biskuit Khong Guan?

Lihat Juga :
Pembatasan Dicabut, Ini Aturan Bawa Barang dari Luar Negeri TKI

Tak disangka, biskuit yang mereka jual laris manis. Hingga kemudian mereka mendirikan Khong Guan Biscuit Factory (Singapore) Limited pada 1947.

Tak berhenti hanya dengan membuat biskuit, mereka lalu melakukan diversifikasi produksi hingga ke kerupuk, kue kering, dan produk terkait cokelat.

Dari situ Khong Guan Biscuits semakin berkembang dibanding merek lokal. Akhirnya Khong Guan Biscuits melebarkan sayap bisnis mereka ke pasar Amerika Serikat (AS) dengan mendirikan Khong Guan Corporation (KGC) pada 1982.

Mereka mulai dengan membuka kantor kecil di Berkeley, California. KGC kemudian berkembang besar dan merajai pasar biskuit di AS.

KGC lalu mengembangkan pasar di negara lainnya. Di Indonesia sendiri, keberadaan Khong Guan awalnya dimulai saat Ong Kong Ie, Kwee Boen Thwie, dan Go Swie Kie merintis perusahaan bernama NV Giok San Kongsie.

Perusahaan itu awalnya hanya mengimpor biskuit Khong Guan dari Singapura. Perkembangan bisnis yang berlangsung pesat membuat mereka mendirikan PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd.

Perusahaan kemudian memproduksi biskuit Khong Guan sendiri pada 1971. Sejak itu bisnis Khong Guan tumbuh besar hingga disebut-sebut mengusai 70 persen pangsa pasar biskuit Tanah Air.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Mendag Respons soal Lonjakan Harga Tomat******

Mendag Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga tomat yang diduga karena gagal panen hanya akan sementara.
Mendag Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga tomat yang diduga karena gagal panen hanya akan sementara. Ilustrasi. (AllAnd/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) merespons harga tomatyang melejit belakangan ini.

"Kalau harganya murah sekali kan orang menanamnya malas," ujar Zulkifli saat menggelar sambang griya (open house) Idul Fitri, Jakarta, Rabu (10/4).

Menurut Zulkifli, tingginya harga tomat bisa terjadi karena gagal panen. Namun, ia meyakini bahwa kenaikan harga ini hanya akan berlangsung sementara.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengaku kurang senang apabila harga bahan pokok itu murah.

"Alhamdulilah kalau bahan pokok, cabai segala murah ya. Jadi kalau murah tuh saya juga enggak senang banget sebetulnya," tutur Zulhas.

Ia mengambil contoh harga cabai yang murah akan menyebabkan petani enggan menanam lagi.

Apabila petani tidak menanam, maka harga bahan pokok akan naik.

Lihat Juga :
Bahlil Buka Suara soal Negosiasi Alot dengan Freeport

"Karena cabai kalau harganya Rp25ribu yang mau nanam siapa? Modalnya nanam itu Rp30 ribu. Kalau modalnya Rp30 ribu, berarti harganya paling kurang Rp40 ribu kan, baru orang mau untung. Kalau harganya Rp25 ribu, Rp30 ribu, dia tanam, dia rugi," jelas dia.

Oleh karenanya, Zulhas menyebut pemerintah menetapkan patokan harga untuk bahan pokok. Ia mengambil contoh harga telur yang ditetapkan di kisaran Rp28 ribu-Rp29 ribu dan harga ayam pada Rp37 ribu-Rp38 ribu.

Menurut Zulhas, pedagang akan enggan menjual bahan pokok apabila harganya lebih murah dibanding harga patokan tersebut.

"Jadi kalau kita ke pasar, ayam dijual Rp33 ribu. Nah, ini bakal naik nih. Akan naik. Karena berarti kan udah terlalu murah, orang udah enggak mau lagi dong," ujarnya.

Selain itu, Zulkifli juga menyinggung faktor pakan yang turut berpengaruh pada harga ayam.

Mengutip Detik, harga tomat di berbagai daerah tengah mengalami kenaikan yang cukup drastis. Contohnya di Pasar Kepuh Kuningan, Jawa Barat, komoditas tomat hingga Kamis pekan lalu sempat mencapai Rp30 ribu per kg. Padahal, tomat biasanya dibanderol sekitar Rp 8 ribu per kg,

"Harga tomat sudah Rp30 ribu sekarang. Penyebabnya karena banyak petani gagal panen akibat curah hujan tinggi selama bulan Ramadan kemarin. Katanya, hasil panen tomat banyak yang busuk," kata salah satu pedagang sayuran di Pasar Kepuh, Anah, Kamis (4/4).

Sementara itu, harga tomat di pasar wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, juga terpantau masih tinggi. Hingga Kamis pekan lalu, harga tomat sempat menyentuh Rp30 ribu per kg.

[Gambas:Video CNN]



(pop/sfr)

PUPR Bakal Pasang Jembatan Bailey Darurat Imbas Longsor di Tol Bocimi******

Kementerian PUPR bakal memasang jembatan bailey darurat sambil memperbaiki area longsor di Tol Bocimi yang longsor secara permanen.
PUPR Bakal Pasang Jembatan Sementara Imbas Longsor di Tol Bocimi Kementerian PUPR bakal memasang jembatan bailey atau jembatan rangka baja sementara agar Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) bisa segera difungsikan. Dengan jembatan sementara ini, Tol Bocimi diharapkan bisa dilewati secara darurat pada Senin (8/4) besok. “Kejadian Bocimi saat ini kita sedang lakukan analisa untuk penanganan darurat. Kita harapkan dalam waktu hari Senin kita harapkan untuk bisa secara darurat dilewati,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, saat di Sidoarjo, Kamis (4/4). “Akan kita pasang jembatan Bailey (ukuran) 2 x 30 meter dari sisi Ciawi ke arah Sukabumi yang Jalur Ambon, dan Jalur Bandung akan difungsikan,” imbuhnya Ia mengklaim jembatan bailey itu aman dilalui, sambil menunggu perbaikan tol di KM 64 secara permanen. Munir juga menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lontas Polda Jawa Barat terkait pemasangan jembatan sementara ini. “Untuk operasionalisasinya, kami berkoordinasi dari PU dengan Ditlantas Polda Jabar. Untuk penangan permanen akan kita lakukan setelah lebaran. InsyaAllah aman,” pungkasnya. Terpisah, Ditlantas Polda Jabar telah berkoordinasi dengan PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku pemilik konsesi Tol Bocimi soal insiden longsor, Kamis (4/4) kemarin. Dalam rapat itu, dibahas bagaimana agar tol tersebut dapat beroperasional kembali dan aman untuk dilalui masyarakat. Hasilnya, jembatan bailey bakal dibuat sambil menunggu jalan yang amblas diperbaiki. "Besok (5/4) akan dipasang jembatan bailey atau jembatan darurat di jalur A (lokasi amblas)," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo saat dihubungi, Kamis malam. Setelah nanti jembatan tersebut dipasang, ia menjelaskan jalur A akan digunakan satu lajur saja untuk kendaraan dari arah Bogor atau Jakarta yang akan menuju Sukabumi. "Untuk Jalur B akan digunakan satu lajur juga untuk kendaraan dari arah Sukabumi menuju Bogor atau Jakarta," ungkapnya. Menurutnya, nanti juga akan diberlakukan pembatasan kendaraan yang boleh melintas. Adapun kendaraan yang diperbolehkan yakni kendaraan pribadi atau kendaraan golongan 1. "Untuk mengantisipasi kepadatan jalur arteri, khususnya pasar Cicurug maupun sekitar pabrik Cigombong, disiagakan pers dari Satlantas Polres Bogor maupun Polres Sukabumi," katanya. Longsor terjadi di dalam Tol Bocimi, tepatnya di KM 64 arah Sukabumi, pada Rabu (3/4) malam. Dalam kejadian itu, terdapat kendaraan yang turut terbawa material longsoran. "(Ada kejadian longsor) Betul. (Satu mobil masuk jurang) Betul," kata Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Edwin Afandi, saat dihubungi. (Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian PUPRbakal memasang jembatan bailey atau jembatan rangka baja darurat sementara agar Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Tol Bocimi) yang longsorbisa segera difungsikan.

Dengan jembatan sementara ini, Tol Bocimi diharapkan bisa dilewati secara darurat pada Senin (8/4) besok.

"Kejadian Bocimi saat ini kita sedang lakukan analisa untuk penanganan darurat. Kita harapkan dalam waktu hari Senin kita harapkan untuk bisa secara darurat dilewati," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, saat di Sidoarjo, Kamis (4/4).

Ia mengklaim jembatan bailey itu aman dilalui, sambil menunggu perbaikan tol di KM 64 secara permanen.

Munir juga menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lontas Polda Jawa Barat terkait pemasangan jembatan sementara ini.

"Untuk operasionalisasinya, kami berkoordinasi dari PU dengan Ditlantas Polda Jabar. Untuk penangan permanen akan kita lakukan setelah lebaran. Insyaallah aman," pungkasnya.

Terpisah, Ditlantas Polda Jabar telah berkoordinasi dengan PT Trans Jabar Tol (TJT), selaku pemilik konsesi Tol Bocimi soal insiden longsor, Kamis (4/4) kemarin.

Dalam rapat itu, dibahas bagaimana agar tol tersebut dapat beroperasi kembali dan aman untuk dilalui masyarakat. Hasilnya, jembatan bailey bakal dibuat sambil menunggu jalan yang amblas diperbaiki.

"Besok (5/4) akan dipasang jembatan bailey atau jembatan darurat di jalur A (lokasi amblas)," kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo saat dihubungi, Kamis malam.

Setelah nanti jembatan tersebut dipasang, ia menjelaskan jalur A akan digunakan satu lajur saja untuk kendaraan dari arah Bogor atau Jakarta yang akan menuju Sukabumi.

"Untuk Jalur B akan digunakan satu lajur juga untuk kendaraan dari arah Sukabumi menuju Bogor atau Jakarta," ungkapnya.

Menurutnya, nanti juga akan diberlakukan pembatasan kendaraan yang boleh melintas. Adapun kendaraan yang diperbolehkan yakni kendaraan pribadi atau kendaraan golongan 1.

"Untuk mengantisipasi kepadatan jalur arteri, khususnya pasar Cicurug maupun sekitar pabrik Cigombong, disiagakan pers dari Satlantas Polres Bogor maupun Polres Sukabumi," katanya.

Longsor terjadi di dalam Tol Bocimi, tepatnya di KM 64 arah Sukabumi, pada Rabu (3/4) malam. Dalam kejadian itu, terdapat kendaraan yang turut terbawa material longsoran.

"(Ada kejadian longsor) Betul. (Satu mobil masuk jurang) Betul," kata Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Edwin Afandi, saat dihubungi.

[Gambas:Video CNN]

(frd, csr/pta)




bab terbaru:slot gacor 88

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
lapor situs slot
raja duit slot
giok4d
link slot terbaru 2022
kapital4d
slot gacor link alternatif
situs slot baru gacor
paito 2022 sgp
tafsir mimpi 88
Daftar isi semua bab
Bab 1 erek2 02
Bab 2 kantor kredivo semarang
Bab 3 7dewa demo slot
Bab 4 syarat pengajuan limit akulaku
Bab 5 link tergacor
Bab 6 cara blokir situs slot
Bab 7 situs judi slot online gampang menang
Bab 8 paito warna hk
Bab 9 slot gacor ini
Bab 10 kapten slot gacor
Bab 11 situs terpercaya dan gacor
Bab 12 pinjam di bank jago
Bab 13 slot paling cepat menang
Bab 14 kode alam kupu2
Bab 15 link resmi slot
Bab 16 gadun slot link alternatif
Bab 17 situs khusus slot gacor
Bab 18 maxwin slot 888
Bab 19 qq998
Bab 20 pinjam kartu kredit untuk cicilan
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1662bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Kaisar Iblis Abadi

rtp mos777
Harga minyak turun pada sesi pembukaan perdagangan Asia Senin (22/4) pagi. Hal itu terjadi di tengah konflik Iran-Israel.
Harga minyak turun pada sesi pembukaan perdagangan Asia Senin (22/4) pagi di tengah konflik Iran-Israel. (iStock/zorazhuang).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga minyak turun pada sesi pembukaan perdagangan Asia Senin (22/4) pagi.

Mengutip Reuters, harga minyak berjangka Brent turun 54 sen atau 0,6 persen ke US,75 per barel.

Kontrak minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS bulan depan untuk bulan Mei, yang berakhir pada Senin ini turun 12 sen menjadi US,02 per barel. Sementara kontrak Juni yang lebih aktif turun 47 sen atau 0,6 persen ke US,75 per barel.

Terutama setelah Israel dan Iran mengecilkan risiko peningkatan permusuhan di Timur Tengah. Selain faktor itu, minyak juga tertekan peningkatan cadangan di AS.

"Kekhawatiran ekonomi kembali menjadi faktor bearish di pasar minyak mentah dengan harga di bawah tekanan karena peningkatan besar dalam persediaan AS," katanya analis pasar independen Tina Teng.

Selain itu, minyak juga tertekan kebijakan The Fed yang hawkish dan menyebabkan dolar menguat.

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Putri Berubah

slot deposit dana 2000 rupiah
Apple menjadi perusahaan terkaya dunia setelah Microsoft. Produsen iPhone dan iPad itu bernilai Rp43 ribu triliun.
Apple menjadi perusahaan terkaya dunia setelah Microsoft. Produsen iPhone dan iPad itu bernilai Rp43 ribu triliun. (Foto: REUTERS/ALY SONG)
Jakarta, CNN Indonesia--

Apple berinvestasi senilai Rp1,6 triliun diIndonesia. Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (17/4).

"Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Memang, seberapa kaya perusahaan yang memproduksi iPhone, iPad dan Mac tersebut?

Melansir Companies Market Cap pukul 14.00 WIB hari ini (17/4), kapitalisasi pasar Apple mencapai US,6 triliun atau sekitar Rp43 ribu triliun alias Rp43 kuadriliun (asumsi kurs Rp16.230 per dolar AS).

Posisi Apple berada di peringkat kedua dunia, di bawah Microsoft dengan nilai kekayaan US.080 triliun atau Rp 49ribu triliun.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia.

Ia mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy. Apple Developer Academy bakal dibangun di empat daerah antara lain Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan, Banten.

"Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota," kata Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4).

Ia juga memastikan pemerintah akan mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, Indonesia menurutnya memiliki kesiapan dalam mengadakan sejumlah komponen seperti baterai, kabel, dan lain sebagainya.

"Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Sampai saat ini, Apple memang masih belum membuka pabriknya di Indonesia. Sementara, jenama ponsel lain sudah memiliki pabrik perakitan di dalam negeri.

Saat ini, hampir semua handphone yang dijual di Indonesia harus dirakit di dalam negeri untuk memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. Namun, hanya iPhone yang masih diimpor utuh.

[Gambas:Video CNN]

(wlm/pta)

Era masa depan dalam budidaya makhluk abadi

kakek zeus slot lucu
BPJT menyebut Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami kerusakan berat imbas longsor yang terjadi di KM 64+600 A, pada Kamis (4/4).
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami kerusakan berat imbas longsor yang terjadi di KM 64+600 A, pada Kamis (4/4). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebut Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) mengalami kerusakan berat imbas longsor yang terjadi di KM 64+600 A, pada Kamis (4/4).

Anggota BPJT Sonny Sulaksono memastikan dari hasil evaluasi yang telah dilakukan jenis kerusakan akibat longsor tergolong berat. Pasalnya hampir satu ruas jalan ambruk akibat bencana tersebut.

"Kita sudah mengevaluasi ke sana karena memang agak berat kerusakannya karena hampir satu ruas jalan," ujarnya kepada wartawan di Command Center KM 29 Tol Japek, Kamis (4/4).

Oleh sebab itu, Sonny memastikan ruas jalan yang ambles tidak akan bisa diperbaiki dengan waktu dekat. Apalagi, untuk dilintasi saat masa mudik dan balik Lebaran 2024.

"Kalau kita paksakan perbaikan untuk kegiatan mudik dan balik saya kira terlalu riskan. Jadi pengalaman dari longsor-longsor sebelumnya itu mungkin 2-3 bulan baru bisa diselesaikan," jelasnya.

Korps Lalu Lintas Polri sebelumnya telah menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas imbas peristiwa longsor di Tol Bocimi.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan seluruh arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi akan diarahkan menuju jalur arteri pada Gerbang Tol Cigombong.

Setelahnya, kata dia, para pengendara bakal kembali dimasukan ke jalur Tol Bocimi melalui Gerbang Tol Parungkuda untuk melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi.

"Kemudian dari Sukabumi menuju Jakarta kita keluarkan di exit Parungkuda ke arteri dan masuk lagi ke Cigombong," jelasnya.

Tol Bogor-Cianjur-Sukabumi (Tol Bocimi) mengalami longsor di titik KM 64 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu (3/4) malam pukul 20.00 WIB.

Longsor terjadi seksi II ruas Cigombong-Parungkuda, tepatnya di KM 64 dari arah Jakarta menuju Sukabumi. Akibat insiden ini, tiga mobil dikabarkan masuk jurang dan dua orang mengalami luka ringan.

[Gambas:Video CNN]



(tfq/sfr)

Master Pedang Sembilan Surga

gohtogel
Menperim Agus Gumiwang mengatakan 85 persen dari 2,79 juta handphone (HP) impor di Indonesia merupakan produk Apple.
Menperim Agus Gumiwang mengatakan 85 persen dari 2,79 juta handphone (HP) impor di Indonesia merupakan produk Apple. (Foto: dok. Kementerian Perindustrian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan 85 persen dari 2,79 juta handphone (HP) impor per tahun Indonesia merupakan produk Apple.

Hal itu ia sampaikan usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

"Tahun 2023 itu produksi HP di Indonesia itu produksi, jadi yang dibuat dalam negeri sekitar 49 juta hampir 50 juta (unit). Dan impornya hanya 2,79 juta pieces. Dari 2,79 juta pieces itu boleh saya sampaikan 85 persen adalah Apple product," ujar Agus.

Apple juga belum membuka pabriknya di Indonesia. Karena itu, pemerintah mendorong Apple untuk membangun pabrik di Tanah Air. Sebab, Indonesia siap mengadakan sejumlah komponen seperti baterai, kabel, dan lain sebagainya.

"Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Ia menambahkan Apple telah berkomitmen akan berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia.

Agus mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy. Apple Developer Academy bakal dibangun di empat daerah antara lain Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan, Banten.

"Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp1,6 triliun dari keempat kota," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby, khr/pta)

Berubah menjadi seorang putri

royal hoki77
Analis menyebut saham sektor pertambangan dan perbankan bakal bersinar pekan ini. Berikut rinciannya.
Analis menyebut saham sektor pertambangan dan perbankan bakal bersinar pekan ini. (ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 7.087 pada Jumat (19/4) sore. Indeks saham melemah 79,49 poin atau minus 1,11 persen dari perdagangan hari sebelumnya.

Pelemahan indeks pekan lalu itu diperkirakan berlanjut minggu ini. Namun, ada kemungkinan indeks bisa lepas dari tekanan dan bangkit jika bertahan di atas supportjangka panjang yakni MA200 pada level 7.035

Pengamat Pasar Modal dari Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi melihat IHSG bakal bergerak dalam rentang levelsupport7.015 danresistance7.250.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada pekan ini. Dari dalam negeri, pertamaada rilis keputusan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang akan diumumkan pada pekan ini.

BI diperkirakan tetap mempertahankan suku bunga acuan BI di level 6 persen.

"Pelemahan rupiah beberapa waktu terakhir kami perkirakan menjadi landasan mempertahankan suku bunga acuan. Hal ini akan direspons moderat oleh pasar dikarenakan sejalan dengan the Fed yang masih hawkish," kata Audi.

Kedua,pergerakan IHSG pekan ini juga akan dipengaruhi oleh rilis laporan keuangan kuartal I perbankan dan basic, khususnya produsen emas yang diperkirakan memiliki kinerja positif.

"Investor dapat memperhatikan emiten pada kuartal I-2024 yang memiliki kinerja positif di tengah ketidakpastian ekonomi dan suku bunga yang masih tinggi sebagai alternatif investasi," jelas Audi.

Sedangkan, sentimen dari luar negeri ada ketegangan geopolitik di Timur Tengah yang masih akan membuat investor cenderung menahan. Meski demikian, serangan pada Jumat lalu berdasarkan laporan menunjukkan kondisi yang dibesar-besarkan.

"Kami berpandangan positif, jika tensi pada pekan depan kembali menurun dengan potensi pasar saham kembali menarik. Kenaikan harga emas saat ini lebih disebabkan faktor tematikal yang bersifat fluktuatif dalam jangka pendek," terangnya.

Audi mengatakan investor pada pekan ini dapat mulai melirik emiten big capsyang kehilangan market capscukup dalam pekan lalu yang berpotensi terjadi teknikal rebound, seperti dari telekomunikasi dan perbankan.

[Gambas:Video CNN]

Beberapa saham yang bisa dikoleksi pada pekan ini adalah
- ANTM (trading buy)
Support: 1.710 Resistance: 1.860
- BBRI (buy on weakness) 5.175-5.250
Support:5.025 Resistance: 5.750
- TLKM (buy on weakness) 3.050-3.120
Support: 3.000 Resistance: 3.420
- ADRO (trading buy)
Support: 2.680 Resistance: 2.970.

Lihat Juga :
Prilly Bisa Beli LPG 3 Kg, Syarat Beli Pakai KTP Apa Kabar?

Senada, Analis dan Branch Manager Jasa Utama Capital Sekuritas Solo Robin Haryadi melihat IHSG bakal lanjut melemah sepanjang pekan ini.

"IHSG sepekan ke depan masih cenderung tertekan dengan supportkuat 7.009. Kalau jebol,next support6.906. Resisten ada di 7.244. Kalau bisa breakout, maka nextresistantnya ada di 7.300," kata Robin.

Menurutnya, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG dari dalam negeri sepekan ini adalah nilai dolar AS yang terlalu kuat dan bisa berdampak pada keputusan Bank Indonesia untuk mempertahankan suku bunga acuannya di level 6 persen.

Selain itu, ada juga indeks kepercayaan konsumen yang meningkat, dan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres yang akan diumumkan pada Senin, 22 April 2024.

Di tengah sentimen yang beragam ini, Robin menilai investor harus cermat memilih saham-saham yang diuntungkan dengan situasi di atas, sekaligus menghindari saham-saham yang terkena dampak negatif dari situasi tersebut.

"Sektor yang harus dicermati tentu saja energi yang paling diuntungkan dengan situasi tersebut. Sektor yang cenderung untuk dihindari adalah keuangan dan teknologi yang jelas-jelas terkena dampak langsung dari situasi ketidakpastian di atas," jelasnya.

Lihat Juga :
RI-China Segera Bentuk Tim Garap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Adapun saham yang direkomendasikan Robin pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:
- MDKA dengan target price3.050-3.150
- INCO dengan target price4.790-5.000
- TINS dengan target price1.215-1.250
- PTBA dengan target price3.320-2.500
- MEDC dengantarget price1.705-1.800.

(agt)

pasar suci

cara pinjam di sea bank
Menperin Agus Gumiwang mengungkap Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia dengan membangun Apple Developer Academy di empat kota.
Menperin Agus Gumiwang mengungkap Apple bakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia dengan membangun Apple Developer Academy di empat kota. (Foto: Matcuz/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerindustrianAgus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkanApplebakal berinvestasi Rp1,6 triliun di Indonesia.

Hal itu terungkap usai CEO Apple Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4) pagi.

Agus mengatakan jenis investasi produsen iPhone itu adalah membangun infrastruktur pendidikan, yakni Apple Developer Academy. Apple Developer Academy bakal dibangun di empat daerah antara lain Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan, Banten.

"Kami akan coba business matching dengan Apple apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap," ujarnya.

Sampai saat ini, Apple memang masih belum membuka pabriknya di Indonesia. Sementara, jenama ponsel lain sudah memiliki pabrik perakitan di dalam negeri.

Saat ini, hampir semua handphone yang dijual di Indonesia harus dirakit di dalam negeri untuk memenuhi aturan tingkat komponen dalam negeri atau TKDN. Namun, hanya iPhone yang masih diimpor utuh.

Kendati demikian, Apple tetap bisa menjual iPhone di Indonesia karena memenuhi regulasi TKDN dengan menggunakan skema investasi lewat modal yang digunakan untuk membangun Apple Developer Academy.

Selain investasi, Agus juga mengungkap Tim Cook dan Jokowi akan membahas terkait tingkat komponen dalam negeri (TKDN) produk Apple di Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya impor produk Apple.

Berdasarkan data Kemenperin, dari 2,79 juta unit impor ponsel, 85 persen di antaranya adalah produk Apple.

"Tahun 2023 itu produksi HP di Indonesia itu produksi, jadi yang dibuat dalam negeri sekitar 49 juta hampir 50 juta (unit). Dan impornya hanya 2,79 juta pieces. Dari 2,79 juta pieces itu boleh saya sampaikan 85 persen adalah Apple product," Agus merinci.

"Oleh sebab itu, kepentingan dari Indonesia tetap adalah menciptakan nilai tambahnya di Indonesia. Banyak cara untuk menghitung atau menciptakan nilai tambah banyak cara untuk menghitung TKDN," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(khr/pta)