petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bagijp

rtp gaspol168 229Jutaan kata 765368Orang-orang telah membaca serialisasi

《bagijp》

Ekonom Kritik Permenaker Eksportir Bisa Potong Gaji Buruh 25 Persen******

Ekonom sebut Permenaker Nomor 5/2023 yang memperbolehkan eksportir memotong gaji buruh sampai 25 persen merugikan buruh dan perekonomian.
Ekonom sebut Permenaker Nomor 5/2023 yang memperbolehkan eksportir memotong gaji buruh sampai 25 persen merugikan buruh dan perekonomian. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengamat ekonomi menilai kebijakan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah memperbolehkaneksportirsektor padat karya tertentu bisa memotong gajipekerjanya sampai 25 persen tidak tepat.

Ketentuan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2023 tentang Penyesuaian Waktu Kerja dan Pengupahan Pada Perusahaan Industri Padat Karya Tertentu Berorientasi Ekspor yang Terdampak Perubahan Ekonomi Global.

Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengatakan jika alasan terbitnya untuk menyiasati dampak penurunan permintaan ekspor, maka seharusnya pemerintah mencari alternatif jalan keluar lain. Cara yang lain yang bisa dilakukan adalah memberikan insentif bagi perusahaan.

Faisal menambahkan pemotongan gaji buruh bisa semakin memperparah ekonomi masyarakat menengah ke bawah karena pemotongan ini menggerus daya beli mereka di tengah kenaikan harga-harga (inflasi).

Ia pun mempertanyakan pengawasan terhadap perusahaan yang boleh melakukan pemotongan gaji pekerja. Pasalnya, kelonggaran ini bisa saja dimanfaatkan oleh perusahaan dengan kondisi yang sebenarnya stabil, tapi memilih memangkas gaji pekerjanya.

Lihat Juga :
Mendag Zulhas Bakar Pakaian hingga Tas Bekas Impor Rp10 M di Pekanbaru

"Dikhawatirkan diikuti oleh perusahaan lain dan tidak bisa diawasi oleh pemerintah mengenai kelayakan yang boleh dan tidak boleh. Malah memberikan dampak buruk yang lebih besar," kata Faisal.

Senada, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan aturan soal pemangkasan gaji buruh di perusahaan berorientasi ekspor tersebut memiliki konsekuensi yang cukup serius bagi ekonomi, serta mengorbankan kesejahteraan buruh.

"Buruh yang seharusnya mendapat perlindungan terhadap pemangkasan upah, malah dikorbankan. Memang kita ini enggak peduli dengan perlindungan pekerja, setelah ada UU Cipta Kerja, buruh terus dilucuti kesejahteraannya," kata Bhima.

Lihat Juga :
Kronologi Bank Raksasa Credit Suisse di Ambang Kejatuhan

Menurutnya, negara harusnya hadir dengan meningkatkan porsi regulasi dan belanja perlindungan terhadap pekerja rentan, bukan sebaliknya. Pasalnya dalam rantai produksi, khususnya di industri tekstil pakaian jadi dan alas kaki, posisi buruh buruh disebut paling rentan.

Bhima mengatakan buruh ada di strata terbawah, apalagi pada saat pandemi banyak buruh yang tidak digaji penuh, jam kerja tidak pasti, serta menjadi korban PHK. Bahkan banyak kasus 'pencurian upah', yaitu kondisi buruh bekerja sesuai jam kerja normal tetapi upahnya dipotong dengan berbagai alasan.

Ia juga menilai Permenaker soal pemangkasan upah itu rancu. Apalagi, syarat perusahaan boleh pangkas gaji jika porsi biaya tenaga kerja itu minimal 15 persen dari biaya total produksi.

"Itu sudah jelas kalau ongkos pekerja tidak mendominasi biaya total produksi, kenapa yang 15 persen itu mau dikorbankan. Ini tidak logis," ujarnya.

Menurut Bhima, jika aturan pemotongan gaji buruh diberlakukan maka daya beli pekerja yang notabene kelas menengah bawah, akan terpukul. Kondisi itu kemudian akan berdampak konsumsi rumah tangga secara agregat.

"Begitu perusahaan pakaian jadi berorientasi ekspor mau banting stir ke pasar domestik, yang beli juga berisiko menurun," katanya.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperbolehkan eksportir memotong gaji pekerjanya sampai 25 persen, dengan jangka waktu maksimal enam bulan dalam Permenaker Nomor 5 Tahun 2023.

"Dan ini hanya enam bulan. Jangan dipikir ini berlaku forever. Ini berlaku hanya enam bulan saja," ujar Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI Jamsos) Indah Anggoro Putri dalam konferensi pers, Jumat (17/3).

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Mayoritas Kripto Unjuk Gigi, BNB Paling Perkasa******

Mayoritas aset kripto teratas menghijau pagi ini, Jumat (17/3). Penguatan terbesar dialami BNB.
Mayoritas aset kripto teratas menghijau pagi ini, Jumat (17/3). Penguatan terbesar dialami BNB. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas aset kriptoteratas menghijau pagi ini, Jumat (17/3). Penguatan terbesar dialami BNB.

Mengutip coinmarketcap.com, harga BNB naik 6,51 persen menjadi US1,75 per koin dalam sehari. Dalam sepekan, BNB menguat 21 persen.

Penguatan juga terjadi pada harga bitcoin sebesar 5,68 persen ke US.743,2 per keping dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, aset kripto dengan kapitalisasi terbesar ini melesat 28,31 persen.

Selanjutnya, harga polygon naik 4,33 persen dalam 24 jam terakhir ke US,17 per koin. Polygon berhasil naik 16,47 persen dalam tujuh hari terakhir.

Penguatan juga dialami dogecoin sebesar 4,55 persen ke US14 Syarat Pengusaha Bisa Urus dan Dapat Sertifikasi Halal Gratis******

BPJPH menggelar program sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produknya. Berikut syarat bisa ikut program tersebut.
BPJPH menggelar program sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produknya. Berikut syarat bisa ikut program tersebut. ( www.kemenag.go.id).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal(BPJPH) Kementerian Agamamenggelar Kampanye Wajib Sertifikasi Halal2024 pada Sabtu (18/3) kemarin. Kampanye tak hanya digelar di Jakarta tapi juga 1.000 titik di seluruh Indonesia.

Dalam kampanye, ada 3.000 pelaku usaha yang langsung mendaftarkan sertifikasi halal atas produk mereka.

"Alhamdulillah, antusiasme pelaku usaha cukup baik. Di hari kampanye kemarin, ada 3.000 pelaku usaha yang langsung mendaftarkan sertifikasi halal gratis produknya," ujar Kepala BPJPH M. Aqil Irham dalam keterangan resminya Minggu (19/3) seperti dikutip dari website Kementerian Agama.

Lalu apa saja syaratnya sehingga masih ada pelaku usaha yang belum bisa memenuhinya. 

Mengacu kepada Keputusan Kepala BPJPH (Kepkaban) Nomor 150 tahun 2022, berikut syarat sertifikasi halal gratis;

1. Produk tidak berisiko atau menggunakan bahan yang sudah dipastikan kehalalannya;
2. Proses produksi yang dipastikan kehalalannya dan sederhana;
3. Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB);
4. Memiliki hasil penjualan tahunan (omset) maksimal Rp500 juta yang dibuktikan dengan pernyataan mandiri;
5. Memiliki lokasi, tempat, dan alat Proses Produk Halal (PPH) yang terpisah dengan lokasi, tempat dan alat proses produk tidak halal;
6. Memiliki atau tidak memiliki surat izin edar (PIRT/MD/UMOT/UKOT), Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) untuk produk makanan/minuman dengan daya simpan kurang dari 7 (tujuh) hari, atau izin industri lainnya atas produk yang dihasilkan dari dinas/instansi terkait;
7. Produk yang dihasilkan berupa barang sebagaimana rincian jenis produk dalam lampiran keputusan ini;
8. Bahan yang digunakan sudah dipastikan kehalalannya;
9. Tidak menggunakan bahan berbahaya;
10. Telah diverifikasi kehalalannya oleh pendamping proses produk halal;
11. Jenis produk/kelompok produk yang disertifikasi halal tidak mengandung unsur hewan hasil sembelihan, kecuali berasal dari produsen atau rumah potong hewan/rumah potong unggas yang sudah bersertifikat halal;
12. Menggunakan peralatan produksi dengan teknologi sederhana atau dilakukan secara manual dan/atau semi otomatis (usaha rumahan bukan usaha pabrik);
13. Proses pengawetan produk sederhana dan tidak menggunakan kombinasi lebih dari satu metode pengawetan;
14. Bersedia melengkapi dokumen pengajuan sertifikasi halal dengan mekanisme pernyataan mandiri secara online melalui SIHALAL. 

"Mereka belum bisa mendaftar karena masih ada persyaratan yang belum bisa dilengkapi, contohnya Nomor Induk Berusaha (NIB)," ujar Aqil.

[Gambas:Video CNN]



(agt/dzu),073 per koin. Aset kripto berlogo anjing shiba inu ini naik 11,75 persen dalam sepekan.

Berikutnya, penguatan juga terjadi pada cardano dan XRP masing-masing sebesar 1,52 persen dan 1,69 persen menjadi USWaskita Buka Suara soal Utang Mandor Masjid Zayed ke Warung Rp145 Juta******

Waskita Karya angkat suara soal utang mandor proyek pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo kepada warung yang jumlahnya mencapai Rp145 juta.
Waskita Karya angkat suara soal utang mandor proyek pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo kepada warung yang jumlahnya mencapai Rp145 juta. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Rosyid)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Waskita Karya(Persero) Tbk angkat suara soal utang mandorproyek pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo (SZGMS) Jawa Tengah, kepada warungyang jumlahnya mencapai Rp145 juta.

Project Manager Sheikh Zayed Grand Mosque (SZGMS) Solo Adriansyah mengatakan pihaknya sudah melunasi pembayaran kepada pihak kontraktor. Karenanya, permasalahan utang di warung bukan tanggung jawab perseroan.

"Dapat perseroan sampaikan untuk pembayaran utang mandor ke warung bukan tanggung jawab Waskita. Hal itu dikarenakan para mandor Masjid Sheikh Zayed sudah dibayar 100 persen oleh perseroan sesuai hak atas tanggung jawab pekerjaannya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (17/3).

Dengan kondisi ini, tim proyek Waskita pun meminta pihak warung untuk menghubungi langsung para mandor dan meminta pembayaran utang.

"Pihak tim proyek perseroan sudah memberikan nomor handphone dan juga fotokopi KTP dari para mandor supaya diselesaikan secara musyawarah," katanya.

Selain itu, terkait informasi pemilik warung, Waskita tidak bisa membenarkan karena merupakan informasi sepihak, tidak berdasar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Tim proyek juga tidak mengetahui apakah para mandor itu benar berutang atau kasbon kepada warung atau tidak, karena tim proyek tidak mengetahuinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengancam akan menemui para mandor pembangunan proyek Masjid Zayed jika tidak segera melunasi utang kepada warung. Gibran mengklaim telah mengantongi informasi para mandor.

"Saya sudah tahu orangnya, nanti tinggal ditagih wae(saja). Dirampungke koyo cah lanang(diselesaikan secara jantan), ngebon kok ngasi (utang kok sampai) ratusan juta," kata Gibran dikutip dari Detikcom, Jumat (17/3).

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta),33 dan USMendag Zulhas Bakar Pakaian hingga Tas Bekas Impor Rp10 M di Pekanbaru******
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memusnahkan 730 bal pakaian, sepatu, dan tas bekas impor senilai Rp10 miliar di Pekanbaru, Riau pada Jumat (17/3).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memusnahkan 730 bal pakaian, sepatu, dan tas bekas impor senilai Rp10 miliar di Pekanbaru, Riau pada Jumat (17/3). (Antara/Ho/Kementerian Perdagangan/dok.Pri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerdaganganZulkifli Hasan (Zulhas) memusnahkan 730 bal pakaian, sepatu, dan tas bekas impor senilai Rp10 miliar di Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru, Riau pada Jumat (17/3).

Pemusnahan ini adalah upaya pengawasan dan penegakan hukum terkait pelanggaran di bidang perdagangan dan perlindungan konsumen.

"Sebagai respons dan salah satu tanggung jawab kami atas semakin maraknya perdagangan pakaian bekas, alas kakim dan tas asal impor yang tidak sesuai ketentuan, kami melakukan pemusnahan sebanyak 730 bal pakaian, alas kaki, dan tas bekas dengan nilai mencapai Rp10 miliar," kata Zulkifli dalam keterangan resmi, Jumat (17/3).

Zulkifli pun menegaskan, pakaian, sepatu, dan tas bekas merupakan barang yang dilarang impornya berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Sebab itu, ia berharap agar konsumen lebih mengutamakan pakaian baru hasil industri dalam negeri dan UMKM. Menurutnya, produk dalam negeri tidak kalah baiknya dengan produk impor baik dari sisi mutu maupun tren.

"Dengan menghindari penggunaan pakaian bekas asal impor, konsumen dapat terhindar dari dampak buruk pakaian bekas dalam jangka panjang dan sekaligus turut serta memperkuat industri dalam negeri dan UMKM," kata Zulkifli.

Lihat Juga :
Eksportir Bisa Potong Gaji Buruh 25 Persen Maksimal 6 Bulan

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Moga Simatupang mengatakan dari hasil sementara, pakaian, sepatu dan tas bekas tersebut diperoleh dari penyuplai yang berlokasi di Batam.

Saat ini, Moga mengatakan Kemendag dan pihak terkait lainnya masih melakukan pengumpulan bahan keterangan lebih lanjut terkait proses dan jalur masuk pakaian bekas tersebut ke Indonesia.

"Saya minta hentikan praktik jual beli barang-barang bekas asal impor di wilayah NKRI, karena komitmen PKTN dan seluruh instansi terkait hal ini adalah akan menindak dengan tegas dan memusnahkannya," pungkas Moga.

Lihat Juga :
Kepastian Impor Beras Tunggu Hasil Panen Raya

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengecam belanja pakaian bekas impor atau yang sering disebut thrifting itu karena mengganggu industri tekstil dalam negeri.

Ia pun memerintahkan jajarannya untuk segera mencari sebab dan solusi mengatasi masalah itu.

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri. Sangat mengganggu. Yang namanya impor pakaian bekas mengganggu," ujar Jokowi saat menghadiri Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Rabu (15/3).

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu),3684 per koin.

Tiga koin stabil dengan kapitalisasi pasar terbesar tetap di US per keping. Ketiganya yakni tether, usd coin, dan binance usd.

Pagi ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US,11 triliun secara global. Angka itu menanjak 4,27 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:erek 38

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
domino88
melatipoker
pinjol tenor panjang limit besar
rtp live marettoto
toto855
judi slot paling gacor
situs gacor 138
totojudi4d
lumbung88 demo
Daftar isi semua bab
Bab 1 link slot gacor hari ini terbaru
Bab 2 pinjol singa legal atau ilegal
Bab 3 seribu mimpi 82
Bab 4 bocoran slot gacor jarwo
Bab 5 super maxwin slot
Bab 6 cuan gacor
Bab 7 stay4d
Bab 8 agen slot online terbaru
Bab 9 situs judi slot online terpercaya 2022
Bab 10 buku mimpi main bola
Bab 11 anda hoki slot
Bab 12 dewa88jp
Bab 13 69 bet slot
Bab 14 homebet88
Bab 15 daftar situs slot online
Bab 16 situs slot gacor saat ini
Bab 17 bunga pinjaman online termurah
Bab 18 shineslot
Bab 19 68 slot
Bab 20 61 togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1818bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Tertawa Erythrina

info slot paling gacor
Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah faktor yang mempengaruhi proyeksi lonjakan pergerakan masyarakat menjadi 123,8 juta pada musim lebaran 2023.
Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah faktor yang mempengaruhi proyeksi lonjakan pergerakan masyarakat menjad 123,8 juta pada musim lebaran 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Syakirun Niam).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan sejumlah faktor yang mempengaruhi proyeksi lonjakan pergerakan masyarakat pada musim lebaran 2023.

Dalam survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), pergerakan masyarakat pada lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang atau naik 14,2 persen dibandingkan pergerakan masyarakat pada periode sebelumnya.

Menurut Budi, setidaknya ada 5 faktor yang menyebabkan tingginya potensi pergerakan masyarakat di masa mudik tahun ini.

Ketiga, perekonomian yang semakin membaik. Keempat,tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan. Terakhir,persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 lalu.

"Penanganan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini sangat menantang. Maka itu kami telah menyiapkan langkah antisipasi sejak awal tahun," ujar Budi seperti dikutip dari keterangan resmi yang dirilis Senin (6/3) lalu.

Upaya antisipasi itu berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, hingga manajemen rekayasa lalu lintas.

Lihat Juga :
ANALISISImpor Pakaian Bekas Bikin Jokowi Kesal, Apa Sih Bahayanya?

Tahun ini, puncak arus mudik 2023 jatuh pada Jumat (21/4) atau H-1 lebaran. Saat itu, jumlah pergerakan diperkirakan mencapai 17,7 juta orang atau 14,3 persen dari proyeksi pergerakan masyarakat selama masa lebaran tahun ini.

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H+2 (Selasa 25 April 2023) dan diprediksi pergerakan yang masih cukup tinggi hingga H+3 (Rabu 26 April 2023).

Berdasarkan hasil survei, asal pergerakan masyarakat diprediksi didominasi dari Pulau Jawa, yaitu sebesar 62,5 persen atau 77,3 juta orang.

Adapun lima daerah asal pemudik terbanyak yaitu Jawa Timur 17,1 persen (21,2 juta orang). Kemudian, Jawa Tengah 15,1 persen (18,7 juta orang), Jabodetabek 14,8 persen (18,3 juta orang), Jawa Barat 12,1 persen (14,9 juta orang), dan Sumatera Utara 3,6 persen (4,4 juta orang).

Sementara, lima daerah tujuan perjalanan masyarakat tertinggi yaitu Jawa Tengah 26,45 persen (32,75 juta orang). Kemudian, Jawa Timur 19,87 persen (24,6 juta orang), Jawa Barat 16,73 persen (20,72 juta orang), Jabodetabek 6,52 persen (8,07 juta orang), dan Yogyakarta 4,78 persen (5,9 juta orang).

Terkait moda, Kemenhub memperkirakan akan didominasi oleh moda darat yaitu mobil pribadi 22,07 persen (27,32 juta orang), sepeda motor 20,3 persen (25,13 juta orang), bus 18,39 persen (22,77 juta orang), kereta api antarkota 11,69 persen (14,47 juta orang), dan mobil sewa 7,7 persen (9,53 juta orang).

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Bagaimana Kaisar Surga dibangkitkan?

06 togel
BPJPH menggelar program sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produknya. Berikut syarat bisa ikut program tersebut.
BPJPH menggelar program sertifikasi halal gratis bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produknya. Berikut syarat bisa ikut program tersebut. ( www.kemenag.go.id).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal(BPJPH) Kementerian Agamamenggelar Kampanye Wajib Sertifikasi Halal2024 pada Sabtu (18/3) kemarin. Kampanye tak hanya digelar di Jakarta tapi juga 1.000 titik di seluruh Indonesia.

Dalam kampanye, ada 3.000 pelaku usaha yang langsung mendaftarkan sertifikasi halal atas produk mereka.

"Alhamdulillah, antusiasme pelaku usaha cukup baik. Di hari kampanye kemarin, ada 3.000 pelaku usaha yang langsung mendaftarkan sertifikasi halal gratis produknya," ujar Kepala BPJPH M. Aqil Irham dalam keterangan resminya Minggu (19/3) seperti dikutip dari website Kementerian Agama.

Lalu apa saja syaratnya sehingga masih ada pelaku usaha yang belum bisa memenuhinya. 

Mengacu kepada Keputusan Kepala BPJPH (Kepkaban) Nomor 150 tahun 2022, berikut syarat sertifikasi halal gratis;

1. Produk tidak berisiko atau menggunakan bahan yang sudah dipastikan kehalalannya;
2. Proses produksi yang dipastikan kehalalannya dan sederhana;
3. Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB);
4. Memiliki hasil penjualan tahunan (omset) maksimal Rp500 juta yang dibuktikan dengan pernyataan mandiri;
5. Memiliki lokasi, tempat, dan alat Proses Produk Halal (PPH) yang terpisah dengan lokasi, tempat dan alat proses produk tidak halal;
6. Memiliki atau tidak memiliki surat izin edar (PIRT/MD/UMOT/UKOT), Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) untuk produk makanan/minuman dengan daya simpan kurang dari 7 (tujuh) hari, atau izin industri lainnya atas produk yang dihasilkan dari dinas/instansi terkait;
7. Produk yang dihasilkan berupa barang sebagaimana rincian jenis produk dalam lampiran keputusan ini;
8. Bahan yang digunakan sudah dipastikan kehalalannya;
9. Tidak menggunakan bahan berbahaya;
10. Telah diverifikasi kehalalannya oleh pendamping proses produk halal;
11. Jenis produk/kelompok produk yang disertifikasi halal tidak mengandung unsur hewan hasil sembelihan, kecuali berasal dari produsen atau rumah potong hewan/rumah potong unggas yang sudah bersertifikat halal;
12. Menggunakan peralatan produksi dengan teknologi sederhana atau dilakukan secara manual dan/atau semi otomatis (usaha rumahan bukan usaha pabrik);
13. Proses pengawetan produk sederhana dan tidak menggunakan kombinasi lebih dari satu metode pengawetan;
14. Bersedia melengkapi dokumen pengajuan sertifikasi halal dengan mekanisme pernyataan mandiri secara online melalui SIHALAL. 

"Mereka belum bisa mendaftar karena masih ada persyaratan yang belum bisa dilengkapi, contohnya Nomor Induk Berusaha (NIB)," ujar Aqil.

[Gambas:Video CNN]



(agt/dzu)

Dewa Bunga dan Selir Iblis

slot 555 login
Harga telur ayam negeri melonjak di Jakarta melonjak menjadi Rp31 ribu per kilogram, satu hari menjelang Ramadan 2023 atau 1444 hijriah.
Ilustrasi. Harga telur di Jakarta melonjak jadi Rp31 ribu per kilogram. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga telur ayam negeri di Jakarta melonjak menjadi Rp31 ribu per kilogram, satu hari menjelang Ramadan 2023atau 1444 hijriah.

Kenaikan itu disampaikan sejumlah pedagang di Pasar Palmerah, Jakarta Barat. Harga telur ayam negeri disebut sudah naik semenjak dua minggu lalu, yang mulanya Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp31 ribu per kilogram.

Lihat Juga :
Pedagang Keluhkan Minyakita di Pasar Palmerah Menipis Jelang Ramadan

Ditemui terpisah, Sari (57) pedagang telur di Pasar Palmerah pun menuturkan hal serupa. Stok di pasaran terlampau melimpah, namun harga jual dari pihak agen melesat hingga Rp32 ribu per kilo.

"Saya dapat ini dari agen saja sudah Rp30 ribu. Tipis saja ngambilnya. Kadang pembeli juga suka marah, jadi bingung mau jual mahal-mahal," ujar dia saat ditemui CNNIndonesia.comdi Pasar Palmerah, Rabu (22/3).

Lihat Juga :
Riuh Keluhan di Medsos, Kemenkeu 3 Kali Minta Maaf dalam Sehari

Ia menjelaskan biasanya harga telur dan bahan pokok lain bakal naik terus di bulan Ramadan ini. Apalagi dua minggu menjelang lebaran.

Fauzan (31) pembeli di Pasar Palmerah pun mengeluhkan kenaikan harga telur dan daging sapi. Ia biasa membeli telur untuk berjualan martabak dengan harga Rp29 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi kini naik menjadi Rp140 ribu per kilonya.

"Biasanya daging naik terus. Ini saja sudah naik jadi Rp140 ribu sekilo. Tadinya Rp135 ribu," ujar Fauzan saat ditemui CNNIndonesia.com, Rabu (22/3).

(bac/bac)

[Gambas:Video CNN]

Biografi Wan Zhen'er

game judi slot terbaik

Tentang mimpi musim panas

cara pasang togel jitu

Pedang dan Sihir

daftar slot gacor