petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bolagilacom

sekar4d 339Jutaan kata 620292Orang-orang telah membaca serialisasi

《bolagilacom》

3 Biang Kerok Badai PHK Startup RI dan Saran Pembenahannya******

Ekonom membuka sejumlah biang kerok yang membuat badai PHK melanda banyak startup di Indonesia belakangan ini, salah satunya soal permasalahan uang.
Ekonom membuka sejumlah biang kerok yang membuat badai PHK melanda banyak startup di Indonesia belakangan ini, salah satunya soal permasalahan uang. (Istockphoto/ismagilov).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badai pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan (startup) yang beroperasi di Tanah Air terus berlanjut. Beberapa yang sudah melakukan PHK adalah LinkAja, Shopee, TaniHub, hingga Tokocrypto.

Terbaru, ada juga startupEdtech, Binar Academy yang mengonfirmasi melakukan PHK pada 20 persen karyawannya. Namun sayang mereka tak menjelaskan berapa total karyawan perusahaan itu saat ini.

Tak hanya melakukan PHK, beberapa startupbahkan menyatakan gulung tikar. Pekan lalu, startupfurnitur, Fabelio mengumumkan secara resmi menutup seluruh unit usahanya di Indonesia karena masalah itu.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan PHK dan kebangkrutan yang menimpa sejumlah startup memang dipicu banyak faktor. Salah satunya, permasalahan di startupyang sulit untuk diselesaikan.

Pertama, perubahan perilaku masyarakat yang membuat startup menghadapi kenyataan yang tak sesuai ekspektasi. Saat pandemi muncul, startupmemang menjadi incaran banyak pekerja di Indonesia, terutama anak muda yang menginginkan cara kerja fleksibel.

Tak heran, saat itu banyak perusahaan rintisan baru yang bermunculan. Startupyang lahir di masa pandemi memiliki optimisme bahwa akan terjadi perubahan gaya hidup masyarakat ke depannya, yakni lebih mengandalkan digitalisasi.

Lihat Juga :
Binar Academy PHK 20 Persen Karyawan

Tapi nyatanya, harapan tersebut tak sejalan dengan kenyataan. Saat pandemi mulai melandai, masyarakat tetap lebih memilih berinteraksi secara fisik.

"Nah ketika pandemic darlingini dihadapkan dengan realita bahwa ketika terjadi pelonggaran mobilitas, maka permintaan terhadap layanan digital itu ikut mengalami koreksi atau penurunan terutama yang berkaitan dengan bisnis consumeratau B to C," ujar Bhima kepada CNNIndonesia.com, Senin (17/10) kemarin.

Bhima mengatakan hilangnya pesona ini bisa terlihat dari dua contoh sektor startupyang mengalami tekanan usai pandemi reda, yakni, e-commercedan pendidikan. Saat pandemi, masyarakat mengubah gaya hidup dan belanja dari offline menjadi onlineuntuk membeli pakaian, bahkan sayuran dan buah.

Begitu juga dengan sekolah yang saat 2020 tidak diperbolehkan tatap muka, maka belajar onlinemenjadi pilihan.

"Tapi itu tak bertahan lama, karena masyarakat ternyata memilih untuk beraktivitas secara fisik lagi, sehingga digital hanya menjadi penopang. Nah ini yang menyebabkan tekanan bagi startup," imbuhnya.

Lihat Juga :
Start Up yang PHK, Bangkrut, dan Tutup di Indonesia: Hampir Selusin

Kedua, permasalahan uang. Pendanaan startup biasanya berasal dari modal ventura asing. Namun, seiring ancaman resesi global, maka aliran modal ke startup berpotensi ikut terganggu.

"Nah ini salah satu yang menyebabkan PHK di startupIndonesia karena ketergantungan pendanaan dari asing yang mungkin saja mengalami banyak permasalahan di negaranya, sehingga pendanaan ke Indonesia jadi seret," jelasnya.

Ketiga, permasalahan persaingan usaha yang tidak sehat. Banyak startupyang bersaing menarik konsumen melalui perang promo dan suku bunga tinggi atau dikenal dengan istilah bakar uang.

Misalnya, platforme-commerceyang memberikan potongan harga besar-besaran, sehingga biasanya lebih murah dari toko fisik, sampai tawaran gratis ongkos kirim. Lalu, perbankan digital berlomba menawarkan bunga simpanan yang tinggi.

Lihat Juga :
Daftar Startup Bangkrut, PHK dan Tutup Layanan di RI Pada 2022

Strategi perang diskon yang salah ini membuat banyak startupberguguran. Yang bisa bertahan hanyalah startup yang memiliki modal besar.

"Nah strategi ini yang salah, ini yang perlu diubah sehingga bukan perang promo ataupun perang diskon yang didorong untuk menggaet loyalitas tapi yang lebih berkelanjutan adalah mendorong fitur ataupun layanan, dan kolaborasi. Tentu tak mudah dan sulit karena masyarakat terbiasa dengan berbagai promo saat berbelanja online, tapi harus dimulai sejak saat ini," jelasnya.

Bhima berharap pemerintah ikut bergerak dalam mengatasi masalah ini sehingga ke depan startupbisa menjadi salah satu pendorong perekonomian dalam negeri. Menurutnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemerintah.

Pertama, mengatur persaingan usaha yang sehat di antara pelaku startup. Pemerintah katanya, harus membuat batasan jika ingin melakukan skema bakar uang, sehingga startuptak saling 'membunuh'.

Lihat Juga :
ANALISISGelombang PHK Menghantam, Yakin Indonesia Selamat dari Resesi?

"Memperbaiki persaingan di startupterutama platform yang berkaitan dengan bussines to consumer, e-commerce,kemudian layanan bank digital juga. Bagaimana mereka mengatur soal promo dan diskon ini, sehingga tidak berdampak juga terhadap persaingan dengan sektor ritel fisik dan membuat persaingan jadi lebih sehat diantara sesama pemain digital," sarannya.

Kedua, memperkuat dorongan dari investor modal ventura di dalam negeri untuk pembiayaan startup, sehingga ketergantungan terhadap gejolak eksternal bisa diminimalisir.

"Ketika banyak startupbergantung terhadap pendanaan asing startupyang ada di Indonesia rentan," ujarnya.

Badai PHK Masih Bisa Berlanjut Sampai 2 Tahun ke Depan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Bahlil Copot PIN Menteri dan Tantang Mahasiswa Debat di Rakernas BEM******

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menantang mahasiswa yang mengkritik kebijakan pemerintah berdebat. Ia bahkan mencopot PIN menteri sebelum debat.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menantang mahasiswa yang mengkritik kebijakan pemerintah berdebat. Ia bahkan mencopot PIN menteri sebelum debat. ( Arsip Staf Khusus Kementerian Investasi Tina Talisa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menantang mahasiswa yang mengkritik kebijakan pemerintah seperti kenaikan BBM hingga upaya menangani krisis global untuk berdebat secara terbuka.

Tantangan debat ia sampaikan saat menghadiri Rakernas Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) ke XV di Universitas Negeri Padang pada Senin (17/10) kemarin. 

Bahkan sebelum debat, ia mencopot PIN menterinya (Nayaka).

Bahlil menjelaskan ancaman krisis di dalam negeri bisa saja terjadi. Ini tidak lepas dari dinamika krisis global yang datang silih berganti.

Krisis global berawal dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat, disusul krisis kesehatan yakni COVID-19, kemudian diperparah oleh perang antara Rusia dan Ukraina. Selain itu, menanti di depan mata, ketegangan antara Taiwan dan China.

Lebih lanjut, Bahlil menyebut perang Ukraina dan Rusia telah melahirkan dua masalah besar yaitu krisis energi dan pangan.

[Gambas:Video CNN]

"Di hampir seluruh dunia terancam oleh kedua krisis ini, termasuk Indonesia," imbuhnya.

Berkaitan dengan energi, ia mengatakan krisis telah memicu kenaikan harga minyak dunia. Kenaikan cukup membebani Indonesia lantaran masih sangat bergantung pada impor minyak. Produksi minyak Indonesia hanya sebesar 700 ribu barel per hari.

Padahal katanya, konsumsi minyak tembus 1,5 juta barel per hari. Ia menambahkan kenaikan harga minyak dunia itu membuat subsidi BBM di dalam APBN membengkak hingga Rp635 triliun.

Lihat Juga :
4 Negara Hapus Utang Indonesia

Namun, yang memprihatinkan, sebesar 70 persen tidak tepat sasaran sebab jatuh ke kelompok orang kaya. Oleh karena itu, pemerintah mengalihkan subsidi tersebut langsung ke kalangan tidak mampu.

Selanjutnya, Bahlil juga memaparkan perjuangan Indonesia dalam mendorong hilirisasi di pentas dunia, termasuk G20. Dia mengatakan tidak semua negara G20 senang dengan program hilirisasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah. Namun, Bahlil mengatakan pihaknya berhasil menjadikan hilirisasi sebagai bagian dari agenda dunia di G20.

Hilirisasi, menurut Bahlil, akan mampu mengeluarkan Indonesia dari ancaman jebakan pendapatan menengah atau middle income trapuntuk menuju negara maju. 

(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Terminal 3 Bandara Soetta Buka Pom Listrik Mulai November 2022******

Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan membuka SPKLU atau pom listrik di Terminal 3 mulai November 2022.
Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan membuka SPKLU atau pom listrik di Terminal 3 mulai November 2022. Ilustrasi. (ANTARA/Reno Esnir).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Angkasa Pura II (Persero) akan membuka Stasiun Pengisian Kendaraan ListrikUmum (SPKLU) atau pom listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mulai November 2022.

"Kami berharap SPKLU bisa mempermudah penggunaan kendaraan listrik, sehingga semakin banyak orang yang beralih ke kendaraan listrik," ungkap EGM of Adjacent Business AP II Yado Yarismano, dilansir Antara, Kamis (13/10).

Yado menuturkan AP II secara berkelanjutan membangun ekosistem kendaraan listrik di Bandara Soetta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, bahkan di ASEAN.

Termasuk juga golf car/boogie car untuk transportasi penumpang di dalam terminal, segway, hingga skytrain sebagai moda perpindahan penumpang antar terminal, serta stasiun kereta bandara.

Pembukaan pom pengisian kendaraan listrik ditujukan tidak hanya untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik. Tetapi juga, transisi energi yang jadi topik Presidensi G20.

Diketahui, dalam penyelenggaraan G20 pada 15-16 November di Bali, mobil listrik akan menjadi armada kendaraan penjemput para delegasi yang transit di Bandara Soetta.

Lihat Juga :
Ekonom soal Triple Crisis: Cari Kerja Susah hingga Krisis Biaya Hidup

AP menyediakan 10 slot parkir kendaraan listrik untuk pengisian energi dengan 1 unit fast charging DC dengan hitungan menit dan 2 normal charging AC.

Direktur of Facility Management Business PT Angkasa Pura Solusi Muhammad Putra Pariadi menyebut pengembangan SPKLU dilanjutkan ke tahap II akan selesai pada semester II 2023, dimana jumlah slot parkir kendaraan listrik bertambah jadi 20 slot dengan 2 fast charging.

Kemudian, tahap III akan rampung pada awal 2025, dengan slot parkir di terminal 3 sebanyak 40 dan 5 fast charging dan 5 normal charging AC.

Pada tahap II, pom listrik bisa dioperasikan secara komersial untuk memberikan pelayanan bagi kendaraan umum dan kendaraan pribadi berbasis listrik.

"Dibukanya SPKLU di Terminal 3 semakin melengkapi ekosistem kendaraan listrik, sehingga dapat mendorong lebih banyak lagi penggunaan kendaraan listrik di Bandara Soetta," terang dia.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)




bab terbaru:pinjam uang 10 juta tanpa jaminan

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
kios365
10 slot gacor
slot tanpa deposit awal
slot terbaru dan gacor
gbo338 pragmatic play
slot akun baru pasti menang
pin4d slot
togel film
fakta kakek zeus
Daftar isi semua bab
Bab 1 limit shopee pinjam tertinggi
Bab 2 slot188
Bab 3 syarat kredit hp
Bab 4 jam gacor spaceman
Bab 5 cicilan hp kredivo
Bab 6 pinjol yang ilegal
Bab 7 kepo4d
Bab 8 pengalaman buruk kredivo
Bab 9 nxslot88
Bab 10 ladang 138 slot login
Bab 11 situs paling gacor 2022
Bab 12 cara meminjam saldo di dana
Bab 13 situs slot yang dapat bonus new member
Bab 14 erek erek wasit
Bab 15 akun slot yang bagus
Bab 16 senarbet
Bab 17 uang muka di akulaku
Bab 18 sinarbet358
Bab 19 naga cuan slot
Bab 20 oppatoto
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3707bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Tim bayi lucu dari kiamat

ligaepl
Harga makanan di toko kelontong maupun di ritel modern di AS terus melonjak, mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga daging dan ikan.
Harga makanan di toko kelontong maupun di ritel modern di AS terus melonjak, mulai dari buah-buahan, sayuran, hingga daging dan ikan. (AFP/Tolga Akmen).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga makanan di toko kelontong maupun di ritelmodern di ASterus melonjak di tengah tekanan inflasi. Menambah tekanan pada dompet pembeli.

Harga buah-buahan dan sayuran melonjak 1,6 persen, sedangkan sereal dan roti naik 0,9 persen. Bahan makanan lainnya naik 0,5 persen, menyusul kenaikan 1,1 persen pada bulan sebelumnya.

Kemudian, harga daging, unggas, ikan, dan telur terpantau meningkat 0,4 persen. Sementara, harga minuman naik 0,6 persen.

Selanjutnya, cuaca ekstrem, termasuk kekeringan dan banjir, serta penyakit pada hewan, seperti flu burung yang mematikan, telah merusak tanaman dan membunuh ayam petelur. Menekan stok.

"Inflasi masih sangat jelas dengan banyak tantangan rantai pasokan di seluruh industri," kata CEO Pepsi Ramon Laguarta, sekaligus menambahkan perusahaannya telah menaikkan harga 17 persen.

Faktor lainnya yang menyebabkan harga mahal, yakni ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Disebutkan bahwa masih banyak orang bekerja dari rumah (WFH) sehingga konsumsi makannya lebih banyak daripada sebelum pandemi.

Lihat Juga :
115 Ribu Tukang Pos di Inggris Mogok, Tuntut Kenaikan Upah

Hanya saja, harga yang lebih mahal memaksa konsumen untuk menahan diri dalam konsumsi atau belanja. Misalnya, membeli lebih sedikit produk atau beralih ke merek yang lebih murah.

Berdasarkan data setempat, lebih dari 1 juta rumah tangga di AS berbelanja di jaringan grosir Aldi untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir ini. Mereka meninggalkan grosir yang lebih mahal.

Walmart sendiri mengaku bahwa tingkat inflasi makanan yang tinggi telah mempengaruhi pelanggan untuk membeli barang-barang pilihan, seperti pakaian dan furnitur.

[Gambas:Video CNN]



(bir/sfr)

Mengorbankan gunung dan sungai

sg 88 slot
Kemenhub sedang mendalami aspek keselamatan serta pengangkutan binatang peliharaan di pesawat dalam kasus WNI bikin ribut di Turkish Airlines.
Kemenhub sedang mendalami aspek keselamatan serta pengangkutan binatang peliharaan di pesawat dalam kasus WNI bikin ribut di Turkish Airlines. (AFP/OZAN KOSE).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka suara soal kisruh yang terjadi dalam penerbangan Turkish Airlnes rute Istanbul, Turkike Jakartapada Selasa (11/10) lalu.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono mengatakan pihaknya telah mendapat laporan dan data soal kisruh baik  dari maskapai Turkish Airline maupun penumpang yang terlibat dalam kisruh itu.

Dari laporan dan informasi yang diterima, pihaknya menemukan ada dugaan unruly passengerdalam penerbangan pesawat Turkish Airline.

Karena keluhan tersebut belum mendapatkan tanggapan, ia mengatakan terduga pelaku menunjukkan perilaku yang mengganggu kenyamanan penumpang maupun kru kabin selama penerbangan. Pada akhirnya ia diamankan karena dianggap memicu keributan di pesawat.

Karena masalah itu, pihak Turkish Airline menurunkan paksa penumpang yang diduga melakukan unruly passenger di Bandar Udara Kualanamu.

Menurut pihak Turkish Airline katanya, tindakan tersebut dilakukan agar tidak membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta kenyamanan penumpang dan kru di dalam pesawat.

[Gambas:Video CNN]

"Apakah penumpang yang membawa binatang peliharaan ke dalam kabin pesawat tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh maskapai, dan bagaimana pengawasan dari kru selama penerbangan," ujar Nur Isnin, dikutip dari Antara, Senin (17/10).

Sebagai tindak lanjut, Inspektur Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara akan mendalami aspek keselamatan serta pengangkutan binatang peliharaan dalam kabin pesawat.

Berdasarkan hasil diskusi, disepakati bahwa peristiwa ini merupakan kejadian terkait dengan pelayanan maskapai dengan penumpang.

Lihat Juga :
Mengintip Uang Pensiun Anies Usai Tanggalkan Jabatan Gubernur DKI

Jadi, masalah ini tidak masuk dalam ranah pidana menurut yurisdiksi Indonesia berdasarkan Konvensi Tokyo 1963 (Convention on Offences and Certain Other Acts Committed on Board Aircraft). Tercantum pada Pasal 3 Konvensi Tokyo 1963 mengatur bahwa negara yang berhak melaksanakan yurisdiksi terhadap tindak pidana adalah negara tempat pesawat udara tersebut didaftarkan.

Mengingat pesawat udara Turkish Airlines registrasi TC-LJG terdaftar di Turki, maka yurisdiksi yang berlaku adalah yurisdiksi negara tersebut.

"Maskapai juga harus melakukan pengawasan terhadap penumpang yang membawa binatang peliharaan dan memastikan sudah memenuhi aturan yang berlaku," pungkas Nur Isnin.

Lihat Juga :
Mengintip Hitungan dan Besaran Gaji Pensiun Pegawai Swasta
(skt/agt)

Istri Cantik CEO dari Surga

pengalaman menggunakan kredivo
Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2.
Harga bahan pokok pada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak goreng kemasan bermerk 2. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga pangan atau bahan pokokpada awal pekan ini mayoritas menurun, kecuali minyak gorengkemasan bermerk 2.

Mengutip PIHPS, Senin (17/10), harga rata-rata untuk beras kualitas super 1 turun dari Rp13.450 per kg pada pekan lalu menjadi Rp12.500 per kg pada awal pekan ini. Kemudian beras kualitas super II turun dari Rp13.100 per kg menjadi Rp12.400 per kg.

Untuk beras kualitas medium I pada awal pekan lalu dibanderol Rp12.150 per kg, kini turun menjadi Rp11.350 per kg. Beras kualitas medium II turun dari Rp12 ribu per kg menjadi Rp11.500 per kg.

Sementara itu, harga gula pasir kualitas premium turun dari Rp15.850 per kg pada awal pekan lalu menjadi Rp15.600 awal pekan ini. Gula pasir lokal turun dari Rp14.450 per kg menjadi Rp14.200 per kg.

Harga telur ayam ras segar turun tipis dari Rp28.300 menjadi Rp28 ribu per kg. Daging ayam segar turun dari Rp33.850 per kg menjadi Rp33.300 per kg.

Untuk harga rata-rata daging sapi, daging sapi kualitas 1 turun dari Rp137.250 per kg menjadi Rp131.650 per kg. Daging sapi kualitas 2 turun dari Rp127.850 per kg menjadi Rp121.550 per kg.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Harga bawang putih turun dari Rp28.200 per kg menjadi Rp26.300 per kg. Bawang merah turun dari Rp35.650 per kg menjadi Rp33.350 per kg.

Cabai rawit merah turun dari Rp60.150 per kg menjadi Rp51.900 per kg. Cabai merah keriting turun harga dari Rp52.900 menjadi Rp43.500 per kg. Cabai merah besar turun dari Rp50.650 per kg menjadi Rp41.700 per kg.

Lebih lanjut, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 turun dari Rp22.050 per kg menjadi Rp21.700 per kg. Minyak goreng curah turun dari Rp14.350 per kg menjadi Rp13.900 per kg.

Sedangkan untuk minyak goreng kemasan bermerek 2 naik dari Rp20.450 per kg pada awal pekan lalu, menjadi Rp20.550 per kg awal pekan ini.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Kiamat memupuk kegilaan

menang hoki slot
Harga emas Antam turun Rp5.000 menjadi Rp940 ribu per gram pada perdagangan Jumat (14/10) pagi.
Harga emas Antam turun Rp5.000 menjadi Rp940 ribu per gram pada perdagangan Jumat (14/10) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) alias Antam berada di level Rp940 ribu per gram pada Jumat (14/10) ini. Harga emas turun Rp5.000 dari perdagangan sebelumnya sebesar Rp945 ribu per gram.

Begitu juga dengan harga pembelian kembali (buyback) yang turun Rp5.000 ke level Rp822 per gram dari sebelumnya sebesar Rp827 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp520 ribu, 2 gram Rp1,8 juta, 3 gram Rp2,7 juta, 5 gram Rp4,47 juta, 10 gram Rp8,89 juta, 25 gram Rp22,11 juta, dan 50 gram Rp44,14 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan, pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sejalan, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX turun 0,58 persen menjadi US.667 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot menguat 0,01 persen ke US.666 per troy ons pagi ini.

Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas internasional bakal turun di perdagangan hari ini. Penyebabnya adalah data inflasi AS yang meski turun menjadi 8,2 persen, namun lebih tinggi dari perkiraan pasar sebesar 8,1 persen.

Lihat Juga :
ANALISISAncaman Resesi Makin Nyata, Bagaimana Nasib Industri RI?

"Ini memicu kekhawatiran apabila The Fed masih akan tetap agresif pada kebijakan kenaikan suku bunga. Namun dolar AS yang terkoreksi oleh aksi 'sell the news' akan memberikan sedikit dukungan pada harga emas," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memproyeksi harga emas internasional berada dalam rentang support US.645 per troy ons dan resistance 1.685 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Siaran Langsung Terbaik: Petualangan Alam Liar

rtp sakti123
Sepekan jelang Ramadan, harga beras masih tak kunjung landai. Harga beras kualitas bawah, medium hingga super masih naik.
Dua pekan jelang Ramadan, harga beras masih tak kunjung landai. Harga beras kualitas bawah, medium hingga super masih naik. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas harga pangan naik pada awal pekan ini, Senin (4/3). Dua pekan jelangRamadan, harga berasmasih tak kunjung landai. Harganya masih terus naik.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata beras secara nasional di level eceran masih terus naik dibanding pekan lalu.

Beras kualitas bawah I dijual Rp14.700 per kg, padahal pekan lalu masih Rp14.550 per kg. Beras kualitas bawah II Rp14.450 per kg dari sebelumnya Rp14.350 per kg.

Kemudian, beras kualitas super I dijual Rp17.300 per kg, sementara pekan lalu Rp17.150 per kg. Harga beras kualitas super II juga naik menjadi Rp16.750 per kg dari Rp16.600 per kg.

Beberapa komoditas pangan yang juga naik jelang puasa adalah gula. Harga gula pasir premium naik menjadi Rp18.400 per kg dari Rp18.300 per kg. Lalu, gula pasir lokal pun naik Rp100 menjadi Rp17.750 per kg.

Telur ayam ras juga melejit ke Rp31.700 per kg, padahal pekan lalu masih Rp30.900 per kg. Harga daging ayam ras segar meroket menjadi Rp38.700 per kg dari Rp37.700 per kg pada pekan lalu.

Minyak goreng kemasan bermerek II naik menjadi Rp19.350 per kg dari Rp19.300, serta minyak goreng curah dijual Rp16.300 per kg dari Rp16.200 per kg. Adapun minyak goreng kemasan bermerek I tetap Rp20.750 per kg.

Lihat Juga :
Pantauan Kemendag di 649 Pasar, Harga Beras Premium Masih Belum Turun

Bawang putih pun terpantau naik menjadi Rp41.150 per kg dari Rp40.800 per kg.

Beberapa harga pangan terpantau stabil sejak pekan lalu. Harga daging sapi kualitas I tetap Rp138.200 per kg, begitu pun daging sapi kualitas II Rp12.9300 per kg, sama seperti minggu lalu.

Kemudian, harga bawang merah juga merangkak turun. Kini, bawang merah dijual Rp36.900 per kg dari sebelumnya Rp37.350 per kg.

Komoditas cabai-cabaian justru turun harga. Harga cabai rawit merah kini Rp68.150 per kg dari Rp69.050 per kg, cabai merah Rp73.700 per kg dari Rp77 ribu per kg, serta cabai merah keriting Rp67.100 per kg dari Rp71.750 per kg.

Namun, cabai rawit hijau berbeda. Harganya naik menjadi Rp52.900 per kg dari Rp52.750 per kg.

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim harga beras sudah turun di sejumlah pasar. Ia pun meminta narasi harga beras naik tidak langsung ditelan mentah-mentah.

Jokowi meminta agar masyarakat kembali memeriksa harga beras di pasaran.

"Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu ya (harga beras naik. Coba dicek di Pasar Induk Cipinang, cek ke Pasar Johar, ini pasar-pasar beras harus dicek. Coba kalian datang ke Pasar Cipinang, cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar, naik atau tidak, turun atau tidak," kata Jokowi usai menghadiri acara Rapim TNI/Polri di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2).

Jokowi meminta agar masyarakat mengunjungi pasar-pasar induk seperti di Cipinang, Jakarta hingga Pasar Johar, Karawang. Ia meminta masyarakat untuk melihat sendiri apakah terjadi kenaikan atau penurunan harga beras.

"Cek sudah turun, karena harian itu saya cek dan saya selalu mendapatkan angka-angka," ujarnya.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) sebelumnya mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

[Gambas:Video CNN]

(pta)

Saya punya klien yang berdiri sendiri

nusa88
Hutama Karya dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi.
Hutama Karya dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi. (Dok. Kementerian BUMN).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Hutama Karya (Persero) dan anak usahanya HK Realtindo digugat Rp1,4 triliun ke PengadilanNegeri Jakarta Selatan oleh sebuah perusahaan swasta bernama PT Kosala Agung Metropolitan atas tuduhan ingkar janji alias wanprestasi.

Gugatan terdaftar pada Senin (10/10) dengan Nomor Perkara 930/Pdt.G/2022/PN JKT.SEL.

Dalam berkas gugatan yang dikutip dari website Pengadilan Jakarta Selatan, PT Kosala Agung Metropolitan membawa Hutama Karya dan HK Realtindo ke 'meja hijau' terkait kerja sama dalam pengembangan satuan rumah susun The H Tower/ Kesatuan Bangunan Gedung The H Tower yang berlokasi di Jalan H.R. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

Atas dasar itulah, Kosala Agung Metropolitan meminta kepada pengadilan untuk menyatakan Hutama Karya dan HK Realtindo telah melakukan perbuatan perbuatan ingkar janji/wanprestasi atas pelaksanaan kerja sama dengan mereka dalam pembangunan dan pengelolaan The H Tower.

"Menghukum dan memerintahkan Para Tergugat membayar ganti rugi secara tanggung renteng sebesar Rp 1.495.524.933.140,00 (satu triliun empat ratus sembilan puluh lima miliar lima ratus dua puluh empat juta sembilan ratus tiga puluh tiga ribu seratus empat puluh rupiah)," tuntut Kosala.

Ganti rugi itu untuk membayar kerugian materiil Rp 535,60 miliar dan kerugian immateriil sebesar Rp 959,92 miliar.

Lihat Juga :
ANALISIS3 Biang Kerok Badai PHK Startup RI dan Saran Pembenahannya

"(Juga) menyatakan surat-surat yang dikeluarkan oleh maupun untuk dan atas nama para tergugat (Hutama Karya dan HK Realtindo) yang ada dalam kekuasaannya adalah tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, sepanjang mengenai tindakan mengalihkan atau menjual Rumah Susun "Hunian" The H Tower tanpa disertai dokumen Pertelaan atau dokumen Pertelaan yang belum mendapatkan Pengesahan dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta sehingga melanggar ketentuan Pasal 2.1 jo. Pasal 4.2 Akta PKS KAM-HK 2009," kata mereka.

CNNIndonesia.comsudah berusaha menghubungi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo melalui pesan singkat. Namun hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan resmi yang disampaikan.

CNNIndonesia.com juga masih berupaya minta tanggapan kepada HK Realtindo atas tuduhan ingkar janji tersebut ke nomor kontak kantor mereka. Tapi hingga berita ini diturunkan, tidak ada satu orang pun yang menjawab panggilan telpon.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)