petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kaptenmpo

trik gacor olympus hari ini 188Jutaan kata 977431Orang-orang telah membaca serialisasi

《kaptenmpo》

KPU Situbondo pastikan rekapitulasi hasil pemilu rampung besok******

KPU Situbondo pastikan rekapitulasi hasil pemilu rampung besok
Ketua KPU Situbondo Marwoto mendampingi petugas PPK saat rekapitulasi perolehan suara hasil Pemilu Serentak 2024. Jumat (1/3/2024). ANTARA/Novi Husdinariyanto
Situbondo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memastikan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu tingkat kabupaten akan rampung sesuai jadwal yang ditentukan yakni pada Sabtu (2/3).

Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto menyatakan bahwa tahapan rekapitulasi hasil pemilu tingkat kabupaten yang berlangsung sejak Kamis (29/2) ditargetkan rampung pada Sabtu besok.

"Waktu tiga hari menurut kami sudah cukup untuk penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten," katanya di Situbondo, Jumat.

Menurutnya, pada hari pertama rekapitulasi perolehan suara hasil pemilu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dan calon anggota DPR RI sudah rampung, sedangkan pada hari ini dilanjutkan rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPD dan DPRD provinsi.

Pada hari ketiga besok, KPU melanjutkan rekapitulasi hasil pemilu untuk calon anggota DPRD kabupaten.

"Insya-Allah besok untuk DPRD provinsi dan kabupaten, akan selesai dalam sehari di dua sesi," kata Marwoto.

Ia juga menyampaikan pada hari pertama proses penghitungan perolehan suara berlangsung ditemukan perubahan jumlah pemilih laki-laki dan perempuan, namun tidak mengubah jumlah total pemilih.

"Perubahan pemilih laki-laki dan perempuan ini berpengaruh pada perubahan pengguna hak suara. Tapi alhamdulillah sudah kami sinkronkan antara Sirekap dan Siwaslu," ujarnya.

Marwoto menambahkan, rekapitulasi hasil pemilu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota DPR RI sudah rampung pada hari pertama.

"Alhamdulillah untuk rekapitulasi pasangan calon presiden dan wakil presiden dan calon anggota DPR RI sudah selesai kemarin, jadi finalisasi besok setelah semua selesai," ucapnya.

Dari pantauan, hari pertama rekapitulasi perolehan suara untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 37 persen dari jumlah pemilih, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh 55 persen dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud 8 persen.

Daftar pemilih tetap atau DPT di Situbondo sebanyak 514.814 orang yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 248.852 orang, dan pemilih perempuan 265.962 orang.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024

DJKA siapkan kuota 12.180 motor gratis mudik Lebaran mulai 4 Maret******

DJKA siapkan kuota 12.180 motor gratis mudik Lebaran mulai 4 Maret
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar memberi keterangan soal angkutan motor gratis pada mudik Lebaran 1445 Hijriah di Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Harianto
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan kuota pengangkutan sebanyak 12.180 unit motor secara gratis bagi yang ingin mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan pendaftaran dimulai sejak 4 Maret 2024.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di Jakarta, Jumat mengatakan fasilitas layanan bertajuk Motis atau “Motor Gratis” tersebut akan dibuka sejak Senin 4 Maret dan akan melayani baik arus mudik hingga arus balik Lebaran nantinya.

“Untuk pendaftaran dimulai Senin 4 Maret sampai 18 April 2024. Untuk pelaksanaan Motis itu akan dilakukan selama tujuh hari di arus mudik dan tujuh hari di arus balik. Dengan periode Motis selama 14 hari baik harus balik maupun arus mudik itu kuota disiapkan 28.196 orang penumpang dan 12.180 unit motor,” kata Arif saat jumpa pers.

Arif menyampaikan bahwa masyarakat bisa mendaftar melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id dengan persyaratan pertama adalah KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga serta STNK yang juga masih berlaku atau tidak mati pajak, serta besaran motor kurang dari 200 cc.

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran secara langsung ke stasiun dengan membawa kendaraan beserta persyaratan yang telah ditetapkan tersebut. Semua berkas seperti KTP dan lainnya wajib membawa yang asli dan foto kopian, karena yang asli hanya akan diperlihatkan pada saat verifikasi.

Dia menyebut lokasi pendaftaran langsung dapat dilakukan di Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

Dia menerangkan untuk arus mudik dimulai 2-8 April. Sedangkan arus balik dimulai dari 13-19 April.

Arif menuturkan angkutan motor gratis dilakukan di tiga layanan pertama di lintas utara mulai dari Stasiun Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan- Semarang Tawang. Di lintas ini pelayanan hanya akan dilakukan sekali sehari dengan kapasitas 530 penumpang dan 232 unit motor per hari.

“Jadi untuk pelayanan di lintas utara itu akan dilayani dengan satu lokomotif nanti ada lima kereta K3 PSO (Public Service Obligation), empat kereta bagasi, dan 1 KMP3 kereta makan. Lintas utara ini sehari hanya ada satu layanan selama tujuh hari dari tanggal 2-8 April. Dan kemudian baliknya juga sama 13-19 April,” jelasnya.

Kemudian di lintas tengah sehari dua kali pelayanan dari Stasiun Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo. Dengan kapasitas penumpang 1.060 orang dan 464 unit motor per hari.

 

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar menjelaskan lintasan pengangkutan motor gratis oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada mudik Lebaran 1445 Hijriah, Jakarta, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Harianto
 

Kemudian di lintas selatan sekali pelayanan sehari dari Stasiun Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kroya - Gombong - Kebumen - Lempuyangan - Purwosari - Madiun. Kapasitas yang disiapkan 424 penumpang dan 174 unit motor per hari.

“Jangan lupa ini semua PP. Jadi dari barat ke timur tapi pada hari itu juga ada juga yang dari timur ke barat, contraflow. Layanan ini kita lakukan berdasarkan pengalaman kita dari tahun tahun kemarin. Jadi sudah kita kaji lintas mana saja yang ramai dan lintas mana saja yang sedikit penumpangnya,” tutur Arif.

Sementara itu, terkait dengan tarif terdapat batas parsial yang artinya kurang dari 290 km penumpang hanya membayar tarif Rp10.000, kemudian jika lebih dari 290 km tarifnya Rp20.000.

Dia menambahkan bahwa motor calon penumpang bisa ditinggalkan di stasiun tempat mendaftar atau stasiun keberangkatan sementara itu untuk motor akan dikirim oleh pihak DJKA ke stasiun Jakarta gudang untuk dimuat dan dibawa ke tujuan penumpang.

“Kami memberikan fasilitas motor silahkan tetap ditinggal di stasiun Tangerang, Depok Baru ataupun Bekasi, nanti kami angkut ke Jakarta Gudang untuk dimasukkan ke kereta motor gratis,” tambah Arif.

Arif juga mengatakan bahwa orang yang bisa menaiki kereta nantinya hanya dua orang dari motor yang akan diangkut. Lebih dari itu diperbolehkan dengan catatan orang ketiga merupakan anak dibawa usia 2 tahun. Kemudian setiap orang yang membawa motor diwajibkan nama yang tercantum di STNK sama dengan nama di KTP.

Baca juga: Legislator dukung Pemprov DKI fasilitasi mudik gratis demi bantu warga
Baca juga: Kemenhub selenggarakan program mudik gratis Lebaran 2024
Baca juga: Kemen BUMN tegaskan bakal gelar kembali Mudik Gratis BUMN
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024

UNFPA: Pemenuhan hak perempuan penting dorong Indonesia Emas 2045******

UNFPA: Pemenuhan hak perempuan penting dorong Indonesia Emas 2045
Spesialis Program Gender UNFPA Indonesia Risya Kori (tengah) berbicara dalam sebuah konferensi pers untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, di Jakarta, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/Katriana)
Jakarta (ANTARA) - Dana Penduduk Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNFPA), sebuah badan PBB yang terlibat dalam upaya peningkatan kesehatan reproduksi dan ibu di seluruh dunia, menekankan pentingnya pemenuhan hak perempuan, termasuk hak reproduksi, untuk mendorong tercapainya Indonesia Emas 2045.

"Kami percaya pemenuhan hak-hak reproduksi perempuan di Indonesia akan menjadi landasan tercapainya gender equality.Dan kesetaraan jender juga menjadi landasan untuk menuju Indonesia Emas 2045," kata Spesialis Program Gender UNFPA Indonesia Risya Kori, dalam sebuah konferensi pers untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, Jakarta, Jumat.

Risya mengatakan bahwa pemenuhan hak-hak perempuan, termasuk hak dalam kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual, penting untuk diupayakan untuk memenuhi hak asasinya sebagai manusia dan mewujudkan kesetaraan jender sehingga perempuan bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa.

Namun sayangnya, Risya menggarisbawahi adanya praktik-praktik kekerasan berbasis jender dan praktik-praktik lain yang membahayakan kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual perempuan di dalam kehidupan masyarakat.

Risya menyebutkan bahwa berdasarkan Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (SPHPN) 2021, 1 dari 4 perempuan usia 15-64 tahun pernah mengalami kekerasan dalam hidupnya, baik secara fisik maupun secara seksual.

Data SPHPN 2021 juga menunjukkan bahwa 55 persen perempuan usia 15-49 tahun mengatakan anaknya mengalami Pemotongan dan Perlukaan Genitalia Perempuan (P2GP). Sementara data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021 menunjukkan bahwa 1 di antara 9 anak perempuan menikah sebelum berusia 18 tahun.

"Kita tahu ketika seorang anak dikawinkan di usia sangat muda, secara kesehatan reproduksi itu belum siap. Kemudian, secara sosial ekonomi itu juga sangat berpengaruh," kata Risya.

Dia menilai bahwa jika seorang anak perempuan disunat, lalu dikawinkan pada usia yang sangat muda, mereka akan sangat rentan mengalami kekerasan berbasis jender dan juga rentan terhadap risiko-risiko kesehatan reproduksi mereka di masa mendatang.

"Bagaimana mereka akan mencapai pendidikan yang memadai kalau mereka sudah dikawinkan di usia sangat muda? Kemudian ke mana mereka akan mencari pekerjaan?," kata dia lebih lanjut.

Oleh karena itu, Risya menekankan bahwa upaya penghapusan tindak kekerasan berbasis jender dan praktik-praktik berbahaya lain yang masih kerap terjadi di Indonesia ini perlu dilakukan guna memenuhi hak asasi perempuan dan juga memenuhi hak perempuan dalam memperoleh kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual.

Dengan terpenuhinya hak perempuan dalam kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual, maka kesetaraan jender akan dapat diwujudkan dan hal tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan, perdamaian dan keamanan bangsa Indonesia, serta mendukung upaya menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: BKKBN bersama UNFPA bangun sinergi penanganan stunting
Baca juga: BKKBN Riau-UNFPA PBB peringati hari kependudukan dunia di Pekanbaru 
Baca juga: UNFPA: Cegah perkawinan anak lebih efektif dengan libatkan tokoh agama
 

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:agen judi slot gacor

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
apk kredit hp tanpa uang muka
slot maxwin gampang jp
cicilan
kakek zeus slot login
slot gacor gampang jackpot
akun gampang wd
mahkota toto slot
slot member baru di kasih menang
mudah slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 maxwin zeus bet 10000
Bab 2 dorahoki
Bab 3 slot yang bagus hari ini
Bab 4 situs slot spin
Bab 5 slot withdraw
Bab 6 rtp happybet188
Bab 7 kredivo chat
Bab 8 slot game mudah menang
Bab 9 web judi
Bab 10 prediksi togel 4d hari ini
Bab 11 sloto338
Bab 12 magnumslot
Bab 13 data paito cambodia
Bab 14 pendekar138
Bab 15 mainslot88
Bab 16 slot paling gacor
Bab 17 erek 06 2d
Bab 18 jadwal jam gacor slot
Bab 19 slot new member bonus 100
Bab 20 gacor 305 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7907bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Monster di Dunia Elf

cara dapat uang dari hago
Perusahaan fesyen asal Swedia, H&M, mengumumkan akan menutup 28 toko dan memberhentikan 588 pekerja di Spanyol.
Perusahaan fesyen asal Swedia, H&M, mengumumkan akan menutup 28 toko dan memberhentikan 588 pekerja di Spanyol. Ilustrasi. (iStockphoto/olaser).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan fesyen asal Swedia, H&M, mengumumkan akan menutup 28 toko dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 588 pekerja di Spanyol.

Serikat pekerja mengatakan PHK dilakukan dengan alasan organisasi, produktif dan ekonomi yang tidak ditentukan.

Melansir Reuters, Jumat (26/1), perusahaan memiliki 133 toko dan mempekerjakan hampir 4.000 di Spanyol.

"Hal ini mencakup meningkatkan pengalaman berbelanja di toko-toko kami yang ada, secara aktif mencari peluang baru dan membuat keputusan yang tepat mengenai penutupan toko bila diperlukan," kata perusahaan.

Namun, perusahaan tidak merinci lebih lanjut tentang mengapa mereka memutuskan untuk menutup toko.

Sementara itu, serikat pekerja mengatakan H&M di Spanyol juga menghadapi masalah ketidakhadiran dan para pekerja mengeluhkan beban kerja yang berlebihan. Di Spanyol, perusahaan telah mengurangi gaji sebanyak 400 orang pada 2021.

Pada November 2022 lalu, H&M juga mengumumkan rencana global untuk memangkas 1.500 pekerjaan guna memangkas biaya.

H&M adalah pengecer pakaian terdaftar terbesar kedua di dunia setelah Inditex dan merupakan toko tetap di mal dan jalan raya di seluruh dunia.

Langkah H&M tersebut sejalan dengan perusahaan pengecer fesyen besar lainnya di seluruh dunia yang telah menutup toko-toko kecil dalam beberapa tahun terakhir sambil memperluas cabang-cabang utama yang menarik lebih banyak pengunjung.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Dunia Seribu Rumah

situs slot tergacor maxwin
Kemenhub menetapkan LRT Jabodebek sebagai objek vital nasional (obvitnas) Perkeretaapian.
Kemenhub menetapkan LRT Jabodebek sebagai objek vital nasional (obvitnas) Perkeretaapian. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan LRT Jabodebek sebagai objek vital nasional(obvitnas) Perkeretaapian.

Penetapan itu diputuskan lewat Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor: KP- DJKA 5 Tahun 2024 tanggal 8 Januari 2024 tentang Penetapan Objek Vital Transportasi Darat Bidang Perkeretaapian Kereta Api Ringan / Light Rail Transit Jabodebek PT KAI (Persero).

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan proses penetapan LRT Jabodebek sebagai objek vital nasional telah dipersiapkan sejak Oktober tahun lalu.

Mahendro mengatakan LRT Jabodebek memiliki peran dan dampak strategis bagi penggunanya. Moda transportasi ini telah melayani lebih dari 4,5 juta pengguna sejak awal resmi dioperasikan pada Agustus lalu.

Hadirnya LRT Jabodebek selain berdampak bagi para pengguna, sambungnya, juga memiliki dampak bagi negara dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

LRT Jabodebek juga dinilai sebagai aset penting bagi negara, sehingga diperlukan kepastian keamanan dalam melaksanakan fungsinya sebagai sistem transportasi modern di Indonesia.

Dengan ditetapkannya LRT Jabodebek sebagai objek vital nasional, kata Mahendro, maka penyelenggaraan pengamanan akan dilakukan berdasarkan prinsip pengamanan internal dan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan di bidang perkeretaapian dan pedoman pengamanan obvitnas.

"Sebagai sistem transportasi perkeretaapian dengan kemudi otomatis pertama di Indonesia ini, maka diperlukan pengamanan terhadap stasiun, bangunan kantor dan depo, jalur, serta fasilitas operasi lainnya agar LRT Jabodebek dapat beroperasi dengan baik. Penetapan sebagai objek vital nasional ini menjadi penting untuk melindungi aset Bangsa dan Negara," tambah Mahendro.

Di sisi lain, Mahendro mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menjaga LRT Jabodebek. Menurutnya,masyarakat bisa ikut menjaga keamanan dengan tidak melakukan aksi vandalisme dan melaporkan secara proaktif jika mengetahui terkait hal yang berpotensi mengganggu keamanan di sekitar area operasional LRT Jabodebek.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Bagaimana menghadapi transformasi

888bola
Tenun sutra lokal Gowa Cura Labba ditampilkan di Inacraft 2024
Arsip foto. Ketua Dekranasda Gowa Priska Paramitha Adnan saat berada di JCC Jakarta mengikuti kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023. ANTARA/HO/Pemkab Gowa
Makassar (ANTARA) - Dekranasda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan turut memamerkan produk unggulannya yakni tenun sutra Cura' Labba dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gowa Suryanti melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan, pada pameran itu booth Kabupaten Gowa memamerkan sarung sutra Cura' Labba, Cura' Tangga maupun Cura' Ca'di yang berbahan material kanvas dari Kecamatan Barombong.

"Ada banyak produk unggulan yang kami pamerkan, salah satunya sarung sutra Cura' Labba yang menjadi keunggulan kami," ujarnya.

Suryanti menyampaikan, Inacraft 2024 mengangkat tema "From Smart Village to Global Market" di mana program itu dilandasi dengan peningkatan tren, mengharuskan para pengrajin daerah atau dari desa untuk mandiri dan mampu membuat inovasi untuk produknya.

Dia mengatakan produk unggulan Kabupaten Gowa itu sudah menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing dengan pasar global atau pasar internasional.

"Meskipun Cura' Labba kita adalah warisan dari leluhur, tetapi kain sutra yang memiliki ciri khas sendiri itu sudah punya pasar dan sudah diekspor juga. Ini tentu dengan bantuan teknologi itu sendiri dalam pengembaraannya," katanya.

Baca juga: Inacraft 2024 perkenalkan keindahan kerajinan Toba di mata dunia

Baca juga: Hulu Sungai Tengah kenalkan marmer di pameran terbesar se-ASEAN

Dengan adanya pameran itu Dekranasda Kabupaten Gowa berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk pelaku UMKM atau UKM dalam memberikan pembinaan informasi.

Melalui pameran tersebut juga diharapkan bisa memberi informasi kepada para pelaku UMKM terkait proses produksi produk-produk yang berkualitas berstandar internasional yang lolos kurasi dengan ketat.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) dan Dinas Koperasi dan UMKM senantiasa memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM dan UMKM dan juga membantu memasarkan produk mereka.

"Ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa yang senantiasa tanpa bosan memberikan support kepada para pelaku UKM," ujar Mussadiyah.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemkab Gowa kepada Dekranasda adalah dengan berdirinya gerai Dekranasda di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan oleh Bupati Gowa.

"Di situ ada gerai yang bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka dan memamerkan ataupun menjual kepada masyarakat pengunjung mall tersebut," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bogor pamerkan sembilan produk kerajinan di Inacraft 2024

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Setan Fana

login slot 88
Harga beras, gula pasir, hingga minyak goreng curah kompak naik di pasar tradisional pada Senin (29/1) ini.
Harga beras, gula pasir, hingga minyak goreng curah kompak naik di pasar tradisional pada Senin (29/1) ini. (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga beras, gulapasir, hingga minyak gorengcurah kompak naik di pasar tradisional pada Senin (29/1) ini.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga beras kualitas bawah I dipatok Rp13.800 per kg. Harga itu naik 0,36 persen atau Rp50 dibanding sebelumnya.

Harga beras kualitas bawah II juga naik 0,37 persen atau Rp50 menjadi Rp13.550 per kg. Selanjutnya, harga beras kualitas media I dan II masing-masing juga naik Rp50 menjadi Rp14.900 dan Rp14.750 per kg.

Adapun harga gula pasir kualitas premium naik 0,55 persen atau Rp100 menjadi Rp18.200 per kg. Sedangkan, harga gula pasir lokal naik 0,29 persen atau Rp50 menadi Rp17.550 per kg.

Sementara harga minyak goreng curah naik 0,64 persen atau Rp100 menjadi Rp15.650 per kg. Minyak goreng kemasan bermerek I juga harganya naik 0,24 persen atau Rp50 menjadi Rp20.800 per kg.

Sedangkan, harga minyak goreng kemasan bermerek II turun 0,26 persen atau Rp50 menjadi Rp19.300 per kg.

Di sisi lain, penurunan harga terjadi pada bawang merang ukuran sedang. Harga komoditas ini turun 3,71 persen atau Rp1.500 menjadi Rp38.950 per kg.

Senada, harga bawang putih ukuran sedang juga turun 0,36 persen atau Rp150 menjadi Rp41.050 per kg.

Harga cabai merah keriting juga turun 3,13 persen atau Rp1.700 menjadi Rp52.700 per kg. Cabai wait hijau turun harga 4,62 persen atau Rp2.050 menjadi Rp42.350 per kg.

Cabai rawit merah juga turun 11,87 persen atau Rp6.500 menjadi Rp48.650 per kg. Selanjutnya, harga daging ayam ras segar juga turun 2,04 persen atau Rp750 menjadi Rp36 ribu.

Lalu, daging sapi kualitas I turun 0,18 persen atau Rp250 menjadi Rp137.800 per kg. Sedangkan harga daging sapi kualitas II turun 0,23 persen atau Rp300 menjadi Rp128.850 per kg. Adapun harga telur ayam ras segara mandek di posisi Rp29.050 per kg.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

mimpi basah jiwa

hago bisa menghasilkan uang
Kunjungi Jerman, Menaker ingin kembangkan kerja sama ketenagakerjaan
Menaker Ida Fauziyah (ketiga kiri) dan Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno (ketiga kanan) dalam pertemuan di Berlin, Jerman, Jumat (1/3/2024) . ANTARA/HO-Humas Kemnaker/aa.
Saya berharap kunjungan kerja kami ke Jerman kali ini, dapat memperkuat diplomasi di bidang ketenagakerjaan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman
Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah bertemu dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno membicarakan potensi pengembangan kerja sama ketenagakerjaan antara Indonesia dan Jerman.

Dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat, Menaker Ida menyampaikan kerja sama pendidikan dan pelatihan vokasi antara Indonesia dan Jerman selama ini sudah terjalin dengan baik.

Melalui Dubes Arif Havas, Ida berharap pemerintah Jerman untuk terus mendukung sekaligus meningkatkan pelatihan vokasi di Indonesia.

"Saya berharap kunjungan kerja kami ke Jerman kali ini, dapat memperkuat diplomasi di bidang ketenagakerjaan antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Jerman, " ujar Ida Fauziyah usai pertemuan dI Berlin, Jerman pada hari ini.

Baca juga: Menaker apresiasi keseriusan Jerman dalam penempatan perawat Indonesia

Kerja sama Indonesia dan Jerman dalam bidang pendidikan dan pelatihan vokasi selama ini terjalin cukup erat. Hingga saat ini, jelas Menaker, melalui GIZ pemerintah Jerman telah memberikan banyak dukungan untuk revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi di Indonesia.

"Dukungan dan bantuan Pemerintah Jerman di bidang ketenagakerjaan, antara lain pembangunan gedung pelatihan vokasi, pengembangan sistem dan program pelatihan vokasi, bantuan sistem akreditasi dan bantuan alat pelatihan, " katanya.

Ida menjelaskan bantuan awal Jerman melalui GIZ dalam pengembangan bidang ketenagakerjaan di Indonesia adalah pembangunan gedung Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bandung (BBPVP) dan pengembangan program Dual Vocational Training System atau kombinasi pelatihan di tempat kerja dan teori di sekolah kejuruan, serta Meister (kualifikasi yang diakui secara resmi).

Dengan fakta-fakta itu, tuturnya, pemerintah Indonesia dan Jerman terlihat memiliki fokus serupa untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Baca juga: Menaker bahas penempatan perawat Indonesia dalam kunjungan ke Jerman
Baca juga: Menaker-Dubes RI bahas kelanjutan penempatan PMI kesehatan di Kuwait

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

berbaris menuju kekaisaran

erek erek tiga angka
Tenun sutra lokal Gowa Cura Labba ditampilkan di Inacraft 2024
Arsip foto. Ketua Dekranasda Gowa Priska Paramitha Adnan saat berada di JCC Jakarta mengikuti kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023. ANTARA/HO/Pemkab Gowa
Makassar (ANTARA) - Dekranasda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan turut memamerkan produk unggulannya yakni tenun sutra Cura' Labba dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gowa Suryanti melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan, pada pameran itu booth Kabupaten Gowa memamerkan sarung sutra Cura' Labba, Cura' Tangga maupun Cura' Ca'di yang berbahan material kanvas dari Kecamatan Barombong.

"Ada banyak produk unggulan yang kami pamerkan, salah satunya sarung sutra Cura' Labba yang menjadi keunggulan kami," ujarnya.

Suryanti menyampaikan, Inacraft 2024 mengangkat tema "From Smart Village to Global Market" di mana program itu dilandasi dengan peningkatan tren, mengharuskan para pengrajin daerah atau dari desa untuk mandiri dan mampu membuat inovasi untuk produknya.

Dia mengatakan produk unggulan Kabupaten Gowa itu sudah menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing dengan pasar global atau pasar internasional.

"Meskipun Cura' Labba kita adalah warisan dari leluhur, tetapi kain sutra yang memiliki ciri khas sendiri itu sudah punya pasar dan sudah diekspor juga. Ini tentu dengan bantuan teknologi itu sendiri dalam pengembaraannya," katanya.

Baca juga: Inacraft 2024 perkenalkan keindahan kerajinan Toba di mata dunia

Baca juga: Hulu Sungai Tengah kenalkan marmer di pameran terbesar se-ASEAN

Dengan adanya pameran itu Dekranasda Kabupaten Gowa berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk pelaku UMKM atau UKM dalam memberikan pembinaan informasi.

Melalui pameran tersebut juga diharapkan bisa memberi informasi kepada para pelaku UMKM terkait proses produksi produk-produk yang berkualitas berstandar internasional yang lolos kurasi dengan ketat.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) dan Dinas Koperasi dan UMKM senantiasa memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM dan UMKM dan juga membantu memasarkan produk mereka.

"Ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa yang senantiasa tanpa bosan memberikan support kepada para pelaku UKM," ujar Mussadiyah.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemkab Gowa kepada Dekranasda adalah dengan berdirinya gerai Dekranasda di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan oleh Bupati Gowa.

"Di situ ada gerai yang bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka dan memamerkan ataupun menjual kepada masyarakat pengunjung mall tersebut," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bogor pamerkan sembilan produk kerajinan di Inacraft 2024

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024