petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sgoplay slot

slot yakin menang 550Jutaan kata 296747Orang-orang telah membaca serialisasi

《sgoplay slot》

Dampak Agresi Israel ke Gaza Terhadap Pasar Modal RI******

Serangan Israel kepada warga Palestina telah berlangsung lebih dari satu bulan terakhir. Hal ini ikut berdampak ke pasar modal di Indonesia.
Serangan Israel kepada warga Palestina telah berlangsung lebih dari satu bulan terakhir. Hal ini ikut berdampak ke pasar modal di Indonesia. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia--

SeranganIsraelkepada warga Palestinatelah berlangsung lebih dari satu bulan terakhir. Hal ini ikut berdampak kepasar modal di Indonesia.

Tercatat, korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza, Palestina bertambah menjadi 11.500 orang per Rabu (15/11). Termasuk 4.710 anak-anak dan 3.160 perempuan yang menjadi korban.

Dilansir dari AFP,Kamis (16/11), pemerintahan Hamas di Jalur Gaza mencatat 29.800 orang lainnya luka-luka.

Pasukan militer Israel merangsek masuk ke Al Shifa setelah Amerika Serikat (AS) menuduh Hamas memiliki markas komando di bawah rumah sakit tersebut.

Hamas sudah membantah tegas bahwa pihaknya memiliki markas di RS Al Shifa. Hamas menyebut pernyataan AS merupakan 'lampu hijau' bagi Israel untuk membantai warga sipil.

Pengamat Pasar Modal PT Dinamika Gelora Satya Oktavianus Audi menjelaskan dampak secara langsung dari agresi Israel terhadap Indonesia terbilang minim.

Pasalnya, kalau dilihat dari rekanan dagang dengan Israel, ekspor Indonesia hanya 0,07 persen dan ke Palestina hanya 0,0011 persen.

Lihat Juga :
Israel Gempur Gaza dengan Utang Rp121 T

Selain itu, kekhawatiran terkait harga minyak mentah saat ini sudah mulai mereda sehingga kenaikan inflasi Indonesia diperkirakan tidak terpengaruh besar.

Oktavianus menuturkan IHSG sempat terkoreksi ke level terendah sejak Juni 2023. Tercatat IHSG sempat menyentuh level 6.639 pads 1 November 2023.

Tak hanya itu, rupiah pun sempat melemah ke level Rp15.929 per dollar AS karena beralihnya investor kepada aset safe heaven.

"Tetapi saat ini sudah mulai kembali rebounddidorong harga komoditas yang melemah serta sentimen The Fed (bank sentral AS) yang diperkirakan mulai lebih dovish," kata Oktavianus kepada CNNIndonesia.com, Kamis (16/11).

Lihat Juga :
Membandingkan Gaji Pegawai BUMN-PNS yang Akan Dibuat Pemerintah Setara

Ia pun mengatakan meski saat ini dampak dari agresi Israel terhadap pasar terlihat sudah mulai mereda, investor harus tetap mewaspadai pergerakan baru yang dampaknya bisa kembali meningkatkan kekhawatiran tentang inflasi.

"Kami melihat asetsafe heavenini mulai dilepas maka akan membuka peluang arus investasi kembali masuk ke pasar saham," katanya.

Terkait seruan boikot, Oktavianus berpendapat hal itu jelas berdampak negatif terhadap emiten. Namun, jika aksi boikot ini tidak dalam jangka panjang maka akan minim efeknya terhadap laporan keuangan emiten.

"Investor saat ini bisa memanfaatkan untuktradingjangka pendek dengan tetap mewaspadai ketidakpastian ekonomi kedepannya," ucap Oktavianus.

Lihat Juga :
Membandingkan Jumlah Pengusaha di Timses Anies, Prabowo, dan Ganjar

Sementara itu, Pengamat Pasar Modal Riska Afriani menuturkan gempuran Israel terhadap warga Palestina membuat investor asing di pasar modal RI wait and see.

Namun, langkah investor itu bukan karena Israel saja, tapi juga oleh potensi kenaikan suku bunga The Fed. Riska pun tak memungkiri hak ini membuat IHSG sempat tertekan.

"IHSG mengalami tekanan karena tekanan jual dari asing," ujarnya.

Meski begitu, Riska memproyeksi pergerakan indeks saham bakal segera membaik.

Lihat Juga :
Temui CEO Neal Mohan, Mendag Dorong YouTube Beri Pelatihan bagi UMKM

"Ke depan bagus ya. Ada potensi window dressing," katanya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Analis Teknikal MNC Sekuritas Herditya Wicaksana. Ia mengatakan kondisi geopolitik di Timur Tengah selama sebulan terakhir ini tentu saja menjadi cermatan bagi para investor.

Menurutnya, konflik ini menjadi kekhawatiran menimbulkan dampak ke harga komoditas global.

"Yang tentu saja akan mempengaruhi ke emiten-emiten di Indonesia dan IHSG," kata Herditya.

Dengan demikian, kata dia, para investor akan cenderung berhati-hati dan diperkirakan memilih instrumen investasi yg cenderung low risk terlebih dahulu.

Kalau melihat pergerakannya, Herditya mengatakan secara teknikal saat ini posisi IHSG sedang berada di awal fase uptrend. Hal ini berarti indeks saham masih berpeluang melanjutkan penguatannya meskipun dalam jangka pendek diperkirakan terkoreksi dulu untuk menutup gap yang ada.

"Selama sebulan terakhir ini (Oktober), IHSG memang menunjukkan trend pelemahan, bukan hanya dari sisi geopolitik namun dari sentimen lain juga mempengaruhi," kata Herditya.

IHSG berseri ke posisi 6.958 pada perdagangan Rabu (15/11). Indeks saham naik 96,14 poin atau plus 1,40 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,96 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,77 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Pakar Nilai Misi Swasembada Pangan Prabowo Sulit Digapai******

Pengamat menilai swasembada pangan sulit dilakukan lantaran kebutuhan masyarakat bergantung pada impor.
Pengamat menilai swasembada pangan sulit dilakukan lantaran kebutuhan masyarakat bergantung pada impor.(CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Calon presiden nomor urut 2Prabowo Subianto menjualswasembada pangan dalam visi-misinya. Program tersebut digaungkan berkali-kali, yang terakhir dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia pada Rabu (8/11) lalu.

"Saudara-saudara mungkin sudah banyak dengar sikap saya, pidato saya selama 20 tahun lebih, dari sejak saya masih tentara aktif saya selalu bicara swasembada pangan, swasembada pangan, swasembada pangan, swasembada pangan" ujar Prabowo.

"Orang-orang Neolib mengatakan untuk apa kita swasembada pangan kalau bisa kita beli lebih murah dari Vietnam dan dari Thailand? Ada pandangan seperti itu" lanjutnya.

Prabowo menyiapkan program lumbung pangan (food estate) untuk merealisasikan swasembada pangan. Buatnya, ini bukan 'barang' baru.

Ia, yang notabene menteri pertahanan saat ini, ditugasi Presiden Jokowi menahkodai program tersebut, bersama Kementerian Pertanian.

Prabowo bertanggung jawab atas penanaman singkong di lahan seluas 600 hektare di Kalimantan Tengah. Namun, program yang dimulai November 2020 tersebut mangkrak.

Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) Dwi Andreas menilai swasembada pangan selama ini hanya menjadi retorika yang dimainkan para calon pemimpin.

Lihat Juga :
UMP DKI Jakarta 2024 Diketok Hari Ini

Guru Besar IPB tak menampik Indonesia sudah swasembada beras. Namun, swasembada pangan sulit dicapai lantaran konsumsi gandum masyarakat cukup tinggi.

"Kalau kita bicara swasembada pangan, ya tidak swasembada. Karena apa? 28 persen kebutuhan pangan pokok kita saja udah gandum. Gandum 100 persen kita impor," ungkapnya.

Head of Macroeconomics and Finance INDEF Rizal Taufikurahman mengatakan impor masih bisa dilakukan meski swasembada pangan.

"Swasembada itu boleh impor tapi sedikit dan tidak tergantung dengan impor. Hanya sebatas untuk stok dan jumlahnya relatif lebih kecil" Kata Taufik.

Yang ia permasalahkan impor kerap dilakukan saat panen raya sehingga merugikan petani.

"Produksi surplus, tiba tiba impor. Petani tidak bisa menikmati harga bagus. Jangan sampai harga tinggi, tapi pangannya impor," imbuh Taufik.

Ia pun menyoroti food estate mangkrak yang dikerjakan Prabowo. Menurutnya, program lumbung pangan bermasalah karena ketidaksesuaian pengelolaan. Sektor pertanian yang lebih tepat diberikan kepada petani malah diserahkan kepada perusahaan.

"Apakah pangan mau diindustrialisasikan seperti food estate? Karena pertanian itu tidak bisa model begitu, pertanian itu harus diberikan kepada petani karena dia tahu persis. Masa dikasih ke korporat, ya tidak bisa," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(sym/pta)

Otorita IKN Jajaki Kerja Sama dengan Meta Induk Facebook******

IKN ingin mengandeng Meta untuk mengaplikasikan sistem digital mereka di Nusantara sebagai ibu kota dengan konsep smart city.
Otorita IKN ingin menggandeng Meta, induk usaha Facebook dan Instagram untuk membangun ibu kota baru. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
San Francisco, CNN Indonesia--

Otorita Ibu Kota Nusantara(IKN) menjajaki kerja sama dengan induk perusahaan Facebook, Instagram dan Whatsapp, Meta. Penjajakan dilakukan untuk mengaplikasikan teknologi digital perusahaan raksasa berbasis di San Francisco, California, Amerika Serikat itu.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Deputi bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Direktur Pengembangan Ekosistem Digital Tonny Agus Setiono, Selasa (14/11) mengunjungi kantor pusat Meta di San Francisco dalam rangka penjajakan kerja sama. 

OIKN memang berencana membangun smart city di Nusantara sehingga perusahaan digital seperti Meta dilirik untuk bisa diajak bekerja sama.

Apalagi Meta juga bisa mengembangkan fasilitas yang dibutuhkan untuk sistem smart cityyang akan dikembangkan di IKN.

"Misalnya jaringan fiber optik," kata Ali kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/11).

Lihat Juga :
Laporan dari Amerika SerikatBambang Pastikan Pembangunan IKN Tak Terpengaruh Hiruk Pikuk Pilpres

Dia mengatakan saat ini di Nusantara tengah disiapkan saluran bawah tanah serba guna, yang salah satunya bisa dipakai untuk instalasi kabel jaringan internet.

"Ke depan ini sangat penting bagi IKN dan masyarakatnya, bagaimana kita menumbuhkan sektor digital ekonomi," kata Ali.

Menurutnya, platform digital sosial dengan skala internasional ini dibutuhkan, terutama untuk menunjang aplikasi dan sistem digital yang kelak dikembangkan di Nusantara.

Meta sendiri menurut Ali merespons positif penjajakan ini.

"Mereka mau, mereka juga cerita rencana ke depan untuk memperluas pasar," kata Ali.

IKN Nusantara menegaskan diri ingin menjadi sebuah kota pintar. Dengan begitu, Bambang Susantono menyatakan Nusantara layaknya kota-kota besar di dunia saat ini.

Sejumlah sistem terpadu mulai dirancang sejak kini. Lembaga-lembaga riset juga akan digandeng untuk membangun pusat penelitian di kawasan Kalimantan Timur itu.

[Gambas:Video CNN]

(sur/sur)




bab terbaru:gacormania777

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
slot gacor terpercaya 2023
sarjanaslot
erek erek google
buku mimpi dan pelarian
cara membuat akun kredivo
tokyo88
pinjaman online danamas
dana 55 slot
game gacor adalah
Daftar isi semua bab
Bab 1 prediksi kapal togel
Bab 2 maxwin gacor88
Bab 3 buku 1001 mimpi 2d abjad
Bab 4 cara mendapatkan limit kredit akulaku
Bab 5 slot terbaru
Bab 6 pinjaman aman cepat cair
Bab 7 cara agar pinjol disetujui
Bab 8 unsur gacor org
Bab 9 erek erek pemalas
Bab 10 senarbet
Bab 11 pinjaman online mekar
Bab 12 slot gacor jam 5 sore
Bab 13 akun baru maxwin
Bab 14 sejatibet
Bab 15 yuk69 slot
Bab 16 situs slot terbaik gacor
Bab 17 djarumtoto
Bab 18 lampu188
Bab 19 tahu slot
Bab 20 daftar slot gacor gampang menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6145bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Pedang dan Lan

rtpharmonibet
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah.
Biaya haji di Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kemenag telah mengusulkan biaya Rp105 juta per jemaah. (ANTARAFOTO/WAHYU PUTRO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Biaya hajidi Indonesia mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir. Untuk 2024, Kementerian Agama(Kemenag) telah mengusulkan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) menjadi Rp105 juta per jemaah.

Jika dibandingkan dengan tahun ini, usulan BPIH tersebut naik Rp15 juta dari penetapan tahun sebelumnya, yakni Rp90 juta per jemaah.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin (13/11), dikutip dari Antara.

Adapun BPIH meliputi komponen biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, Armuzna, embarkasi/debarkasi, keimigrasian, dokumen perjalanan, hingga biaya hidup.

Lantas bagaimana perbandingan biaya haji tahun ini dan tahun depan?

Per Februari silam, Kemenag dan Komisi VII DPR RI secara resmi menyepakati total BPIH sebesar Rp90.263.104 per jemaah.

Dari total BPIH itu, 55,3 persen atau Rp49,812.700 dibebankan langsung kepada jemaah haji atau yang dikenal dengan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih). Sementara 44,7 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat sebesar Rp40.237.937.

Untuk tahun ini, Panitia Kerja (Panja) Komisi VII DPR RI merinci Bipih sebesar Rp49,8 juta tersebut meliputi biaya penerbangan, biaya hidup dan sebagian biaya paket layanan masyair.

Kemudian, biaya dari nilai manfaat sebesar Rp40,2 juta digunakan untuk akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di Armuzna, perlindungan, dokumen perjalanan serta biaya penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri.

"Secara keseluruhan nilai manfaat yang digunakan sebesar Rp8.090.360.327.213,67," kata Marwan.

Untuk tahun depan, Yaqut menjelaskan BPIH disusun dengan asumsi nilai tukar kurs dolar AS terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. Sementara asumsi nilai tukar SAR terhadap rupiah sebesar Rp4.266.

Ia mengatakan kebijakan formulasi komponen BPIH diambil untuk menyeimbangkan besaran beban jamaah dengan keberlangsungan nilai manfaat di masa yang akan datang.

"Pembebanan Bipih (biaya perjalanan ibadah haji) harus menjaga prinsip istithaah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya," ucapnya.

Meski usulan BPIH tahun depan lebih besar dari tahun ini, namun formulasi Bipih dan nilai manfaat untuk penyelenggaraan haji 2024 belum diputuskan.

Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan usulan besaran BPIH tersebut akan menjadi bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat Panja BPIH.



(del/agt)

Apakah itu sungai atau danau?

media slot 87
KAI mencatat terjadi peningkatan volume penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjelang konser Coldplay di Jakarta pada Rabu (15/11) ini.
KAI mencatat terjadi peningkatan volume penumpang di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjelang konser Coldplay di Jakarta pada Rabu (15/11) ini. (CNN Indonesia/Yulia Adiningsih)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAImencatat terjadi peningkatan volume penumpang diStasiun Gambir, Jakarta Pusat, menjelang diselenggarakannya konser Coldplay di Jakarta pada Rabu (15/11) ini.

Tercatat pada periode 14-15 November 2023 terdapat 15.687 penumpang KA Jarak Jauh yang tiba di Stasiun Gambir. Angka ini meningkat 30 persen dibanding periode pekan lalu yang hanya 12.033 penumpang.

"Kami berkomitmen untuk terus melayani pelanggan yang menggunakan kereta api untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk menyaksikan konser Coldplay tersebut," ucap VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi.

Menurut Joni setidaknya ada tiga stasiun commuter lineterdekat, yakni Stasiun Palmerah, Stasiun Karet, dan Stasiun Sudirman.

Coldplay bakal konser untuk pertama kalinya di Indonesia hari ini. Konser bertajuk Music of the Spheres Tour bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Konser satu hari di Jakarta itu berlangsung setelah band asal Inggris tersebut menggelar konser dua hari di Kaohsiung, Taiwan.

Tiket konser Coldplay di Jakarta pun sudah dinyatakansold outsejak dijual, baik secara presaledan general sale beberapa bulan lalu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Sang Penyihir dalam Film dan TV

bonus new member pg soft 100
Dalam gelaran Full Day Sale kali ini, berbagai produk elektronik banting harga. Berikut daftar produk elektornik yang diskon di Transmart Full Day Sale.
Daftar produk elektornik yang diskon di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (19/11). CNN Indonesia/Farras Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kembali menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale hari ini, Minggu (19/11) di seluruh gerai se-Indonesia.

Ada diskon 50% plus 20% menanti para pengunjung yang berlaku untuk berbagai macam produk, mulai dari buah, keperluan rumah tangga, furnitur, elektronik, hingga sepeda listrik.

Lihat Juga :
Belanja Sekarang Pakai Bank Mega Langsung Diskon 20%

Berikut daftar produk elektronik yang diskon di Transmart Full Day Sale.

  • LED TV 50" UHD Smart UA50CU8000K diskon jadi Rp5.519.200, dari harga normal mulai Rp8.409.000 (berlaku nasional).
  • LED TV 65" UHD Smart diskon jadi Rp7.679.200, dari harga normal mulai Rp11.209.000 (berlaku nasional).
  • AC Split 1/2 PK diskon jadi Rp2.699.200, dari harga normal mulai Rp4.199.000, termasuk bonus pipa dan instalasi standar (berlaku wilayah Jawa, Bali, dan Lampung).
  • AC Split 1/2 PK diskon jadi Rp2.799.200, dari harga normal mulai Rp3.899.000, termasuk bonus pipa dan instalasi standar (berlaku wilayah luar Jawa, Bali, dan Lampung).
  • Kulkas Side by Side 472 L Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 (berlaku wilayah Jawa, Bali, dan Lampung).
  • Kulkas Side by Side 472 L diskon jadi Rp9.239.200 dari harga normal Rp 12.649.000 (berlaku wilayah luar Jawa, Bali, dan Lampung).

Potongan harga tersebut bisa diperoleh dengan transaksi menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, Kartu Kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Khusus produk elektronik seperti TV, AC, dan kulkas, ada maksimal pembelian 2 pcs per kategori, sementara untuk small appliance seperti setrika, rice cooker, dan lain-lain dapat dibeli tanpa pembatasan.

Tentunya belanja makin murah dengan diskon tambahan 20 persen menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, Kartu Kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Jika belum punya Kartu Kredit Bank Mega, tak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan di booth yang tersedia di gerai Transmart.

Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore dan upgrade akun ke Allo Prime.

Jadi tunggu apa lagi? Segera merapat ke Transmart terdekat untuk menikmati diskon melimpah di gelaran Full Day Sale hari ini.

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Saat gelombang setan meningkat

erek2 82
Harga bahan pokok antara lain; telur ayam, bawang merah, cabai merah, cabai rawit hingga gula pasir merangkak naik pada sepekan belakangan ini.
Harga bahan pokok antara lain; telur ayam, bawang merah, cabai merah, cabai rawit hingga gula pasir merangkak naik pada sepekan belakangan ini. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokok antara lain; telur ayam, bawang merah, cabai merah, cabai rawithingga gula pasir merangkak naik pada sepekan belakangan ini.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga telur ayam yang pada Senin (13/11) lalu rata-ratanya masih Rp28.850 per kg, naik jadi Rp29 ribu pada awal pekan ini.

Sementara itu, harga bawang merah yang pada Senin pekan lalu masih Rp30.500, naik menjadi Rp31.600 per kg. Segendang sepenarian dengan kedua komoditas tersebut, harga cabai merah juga naik dari Rp64.350 per kg menjadi Rp65.500 per kg. 

Di Jakarta bahkan, harga cabai rawit merah sudah tembus Rp95.069 per kg.  Dan gula, yang pada pekan lalu masih Rp16.800 naik menjadi Rp17.150 pada pekan ini.

Meski demikian, ada juga harga komoditas yang cenderung turun pada pekan ini. Penurunan salah satunya dialami oleh daging ayam yang turun dari Rp35.700 menjadi Rp35.500 per kg.

Bawang putih juga turun dari Rp37.750 menjadi Rp37.500 per kg. Sementara itu, minyak goreng dan daging sapi stabil di Rp18.800 dan Rp134.500 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Chen Pingan, Murong Xue

situs gacor slot
Sebanyak 34 negara menyuburkan industri senjata Israel. Hal itu mereka lakukan dengan mengimpor senjata Israel.
Sebanyak 34 negara menyuburkan industri senjata Israel. Hal itu mereka lakukan dengan mengimpor senjata Israel. Ilustrasi. ( REUTERS/VIOLETA SANTOS MOURA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sudah lebih dari sebulan Israeldan Hamasdi Jalur Gazasaling serang hingga merenggut nyawa puluhan ribu orang. Sejumlah milisi di Jalur Gaza melepaskan roket ke arah Israel, yang dibalas serangan udara.

Di sisi lain, peperangan ini menguak soal persenjataan Israel. Mereka bukan negara besar, tapi memiliki sejumlah sistem persenjataan kelas wahid.

Bukan tanpa alasan, Israel menjadi salah satu negara berkekuatan militer paling kuat di dunia karena terus didukung oleh Amerika Serikat.

Secara historis, impor senjata Israel jauh lebih besar daripada ekspornya. Namun, menurut data Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI), selama dekade terakhir jumlah ekspor mulai secara konsisten melampaui jumlah impor.

Sejak 2018 hingga 2022, setidaknya 35 negara mengimpor senjata dari Israel dengan total nilai US,2 miliar atau setara Rp49,89 triliun (asumsi kurs Rp15.592 per dolar AS).

Dari jumlah tersebut, sekitar sepertiganya atau US,2 miliar atau setara Rp18,71 triliun ekspor militer Israel ditujukan ke India. Pasalnya, hubungan antara Israel dan India telah berkembang sejak Perdana Menteri India Narendra berkuasa pada 2014.

Pembeli senjata Israel terbesar kedua adalah Azerbaijan (US5 juta atau setara Rp4,6 triliun), diikuti oleh Filipina (US5 juta atau Rp4,2 triliun), AS (US7 juta atau Rp3,3 triliun) dan Vietnam (US0 juta atau Rp2,8 triliun).

Lihat Juga :
Melihat Utang Luar Negeri Indonesia ke China

Pada periode 2018-2022, Israel mengimpor senjata senilai US,7 miliar atau setara Rp42,10 triliun hanya dari dua negara, yakni AS dan Jerman.

Lebih dari tiga perempat impor militer Israel yang berjumlah US,1 miliar berasal dari AS, sementara sisanya sebesar US6 juta berasal dari Jerman.

Militer AS dan Israel bekerja sama secara erat dalam latihan bersama, program pengembangan teknologi dan proyek-proyek pertahanan, dengan Israel sebagai penerima terbesar bantuan militer AS.

[Gambas:Video CNN]

Berikut daftar negara yang impor senjata dari Israel.

1. India - US,197 miliar

2. Azerbaijan - US5 juta

3. Filipina - US5 juta

4. Amerika Serikat - US7 juta

5. Vietnam - US0 juta

6. Kanada - US1 juta

7. Thailand - US1 juta

8. Jerman - US0 juta

9. Inggris - US juta

10. Singapura - US juta

11. Finlandia - US juta

12. Republik Ceko - US juta

13. Brasil - US juta

14. Italia - US juta

15. Romania - US juta

16. Lithuania - US juta

17. Yunani - US juta

18. Korea Selatan - US juta

19. Polandia - US juta

20. Honduras - US juta

21. Myanmar - US juta

22. Senegal - US juta

23. Estonia - US juta

24. Latvia - US juta

25. Zambia - US juta

26. Kroasia - US juta

27. Austria - US juta

28. Slovakia - US juta

29. El Salvador - US juta

30. Kazakhstan - US juta

31. Belanda - US juta

32. Turkmenistan - US juta

33. Uganda - US juta

34. Spanyol - US juta

Lihat Juga :
Daftar 5 Negara Arab yang Tolak Embargo Israel Buntut Agresi ke Gaza
(del/agt)

Fantasi Menunggang Naga

link slot gacor 2023
Citilink Indonesia buka suara soal video viral penumpangnya merokok di pesawat rute Batam-Surabaya.
Citilink Indonesia buka suara soal video viral penumpangnya merokok di pesawat rute Batam-Surabaya. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)
Jakarta, CNN Indonesia--

Seorangpenumpang Citilink merokok di pesawat rute penerbangan Batam-Surabaya. Kejadian itu terungkap dari video berdurasi enam detik, yang viral di media sosial.

Dalam video tersebut, tampak seorang penumpang pria itu diamankan petugas lantaran merokok saat pesawat terbang.

Citilink Indonesia membenarkan kejadian tersebut pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam tujuan Surabaya pada Sabtu (18/11) kemarin.

"Atas kejadian tersebut, penumpang yang bersangkutan telah diserahkan kepada petugas aviation security di darat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Heza.

Citilink pun mengapresiasi petugas udara maupun darat yang cepat merespon kejadian tersebut. Heza memastikan pihaknya tetap mengutamakan aspek keselamatan penerbangan.

"Citilink mengapresiasi petugas udara maupun darat yang telah dengan sigap menangani hal ini. Kami senantiasa selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan agar seluruh penerbangan dapat berjalan secara optimal," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)