petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kinggaming303

garuda138 slot 917Jutaan kata 409157Orang-orang telah membaca serialisasi

《kinggaming303》

Cerita Jakarta dan si "saudara kembar"******

Cerita Jakarta dan si "saudara kembar"
Sungai Ciliwung membentang dari perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur hingga menuju pantai utara Jakarta. Lanskap ini dipotret dari Jembatan Otto Iskandar Dinata (Otista), Bogor pada Jumat (1/3/2024). ANTARA/Lia Wanadriani Santosa/pri.
Kota memiliki peran unik dalam pemulihan hijau pascakrisis ...
Jakarta (ANTARA) - Jakarta dan air merupakan “saudara kembar” sejak hujan tropis pada masa lalu yang mengikis punggung Gunung Salak dan Gunung Pangrango di selatan Jakarta lalu membentuk dataran, demikianlah penuturan sejarawan JJ Rizal kala memulai cerita tentang Jakarta dan air yang menurut dia mempunyai kaitan erat.

Secara geografis, wilayah yang pernah disebut sebagai Sunda Kalapa dalam peta-peta lama atau Batavia ini dilintasi 13 sungai termasuk Ciliwung, yang hulunya berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur kemudian menuju pantai utara Jakarta.

Masyarakat setempat pada masa lalu, tak lain orang-orang Betawi, menyadari unsur air sebagai bagian dari kehidupan mereka dan mengabadikannya ke dalam nama lokasi dan bahkan makanan yang menjadi area privat.

Sebagian nama lokasi di Jakarta dan beberapa di antaranya masih ditemui hingga kini identik dengan nama "Rawa" semisal Rawa Belong di Jakarta Barat, yang dulunya difungsikan masyarakat sebagai kawasan tambak. Lalu "Kali" seperti Kalideres di Jakarta Barat atau "Ci" yang mengambil serapan dari Bahasa Sunda yakni "Cai" atau berarti air, antara lain, Cipete di Jakarta Selatan dan Cilincing di Jakarta Utara.

Ada juga tempat dengan nama depan "Pulo" misalnya Kampung Pulo, yang kerap mendapat sorotan publik saat banjir melanda berbagai wilayah Jakarta. Nama Kampung Pulo menjelaskan kawasan ini dihuni air dan manusia. Wilayah ini saat hujan menjadi kampungnya air karena dipenuhi air, lalu berubah menjadi kampungnya orang pada musim kemarau.

Selain itu, ada juga Tebet di Jakarta Selatan. Wilayah yang sempat dikenal pada tahun 1950-an sebagai daerah tempat menyimpan istri muda, sebenarnya dulu merupakan tempat yang luas atau tambak untuk memelihara ikan.

"Itu menandakan secara geografi memberi ruang yang besar bagi semacam ingatan pada warganya bahwa unsur air bukan hanya penting, melainkan unsur yang esensial apabila mau bertahan sebagai kota," kata Rizal.

Tak sampai di sana, masyarakat pun memberi ruang pada air masuk ke dalam salah satu aspek paling privat dalam keseharian mereka yakni makanan. Beberapa nama makanan,  sebut saja gabus pucung dan roti buaya, menjadi bukti orang Betawi dengan gagasan bahwa Jakarta yang identik dengan air.

Hidangan berbahan dasar gabus dimunculkan dengan memanfaatkan ekologi kawasan-kawasan rawa dan sungai, pun dengan roti buaya yang biasanya menjadi bawaan wajib pengantin pria Betawi.

Buaya yang dikatakan sebagai simbol kesetiaan, bagi masyarakat khususnya di kawasan Condet, dipercaya semacam reinkarnasi leluhur yang menjaga kawasan sungai. Ini sekaligus mengingatkan bahwa hewan ini dan tempat tinggalnya, yakni air atau sungai, menjadi bagian keluarga besar dari sisi sejarah dan budaya masyarakat Jakarta.

Di sisi lain, kedekatan Jakarta dengan air juga tercatat dalam dunia sastra pada abad ke-19, salah satunya melalui buku berjudul Hikayat Nakhoda Asik karya penulis Betawi Muhammad Bakir.

Rizal mengatakan melalui buku ini, sang penulis mengisahkan orang-orang Betawi yang dekat dengan air terhubung dengan dunia luar melalui perdagangan rempah. Asal usul nama wilayah bernama Dramaga di Bogor, Jawa Barat, dan Pondok Cina, Depok, juga termasuk di sini.

"Jadi, pedagang China (Tiongkok) itu melalui jalan darat naik ke Bogor, kemudian di atas mereka bikin perahu di Dermaga (Dramaga) itu terus digelontorkan melalui Sungai Ciliwung. Nanti mereka akan transit di Depok, karena itu di Depok ada nama Pondok Cina," kata dia. Dari Dramaga, lalu Pondok Cina, para pedagang terus menelusuri Sungai Ciliwung dan tiba di Pelabuhan Sunda Kalapa (Sunda Kelapa) yang dulu, yakni pada abad ke-12, dikuasai Kerajaan Sunda.


Munculnya masalah dan gagasan biru-hijau Seiring dengan berjalannya waktu, Sunda Kelapa yang berganti nama menjadi Jayakarta lalu menjadi Batavia pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-4 Jan Pieterszoon Coen, berkembang dari sisi ekonomi dan mulai mengalahkan kota-kota lain seperti Surabaya.

Ini rupanya menimbulkan masalah tata ruang. Keberadaan air dan sungai mulai tak mendapat perhatian dan ini menyebabkan banjir. Bencana ini kemudian menjadi masif pada akhir abad 19, terjadi rutin namun siklusnya tidak bisa diprediksi.

Rizal berpendapat banjir benar-benar mengubah dan memacu orang, terutama pemerintah kota, untuk memikirkan cara agar masyarakat bisa terlepas dari masalah ini.

Sejumlah usaha pun dilakukan untuk menanggulangi banjir dan salah satu nama besar yang punya peranan penting di sini yaitu M.H. Thamrin melalui proyek Banjir Kanal atau Kanal Banjir, bersama Herman van Breen. Berbarengan dengan proyek itu, lahirlah juga proyek perbaikan kampung untuk menyelamatkan warga kampung dari banjir.

Proyek Banjir Kanal berjalan dan hingga kini masih menjadi bagian dari upaya pengendalian banjir di Jakarta di samping sederet upaya lainnya. Merujuk rencana induk atau masterplanpengendalian banjir, Ketua Subkelompok Perencanaan Bidang Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Maman Supratman menyebutkan upaya penanganan banjir dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun DKI Jakarta. Upaya penanganan ini dimulai dari hulu dengan membangun beberapa embung atau waduk seperti Waduk Brigif di Jakarta Selatan dan Waduk Pondok Ranggon di Jakarta Timur, juga Bendungan Ciawi dan Sukamahi dan Sodetan Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun lalu. Kemudian upaya penanganan banjir lokal dengan meningkatkan kapasitas sungai dan polder. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, meningkatkan kapasitas pompa-pompa banjir demi mengurangi secara cepat genangan air. Penanganan banjir rob di area pesisir Jakarta juga tak dilupakan, yakni dengan membangun tanggul laut. Di sisi lain, Pemerintah juga membangun polder yakni suatu metode penanganan banjir dengan kelengkapan bangunan sarana fisik meliputi saluran drainase, kolam retensi, dan pompa air yang dikendalikan sebagai satu kesatuan pengelolaan. Pada tahun 2022-2023, tercatat delapan polder yang dibangun Dinas SDA DKI termasuk Polder Kelapa Gading, Polder Pulomas, Sub-Polder Marunda, Polder Muara Angke, Polder Mangga Dua, Polder Teluk Gong, Polder Green Garden, dan Polder Kamal. Tak hanya itu, Pemerintah memanfaatkan teknologi mengembangkan sistem peringatan dini banjir berbasis Android agar masyarakat bisa melihat ketinggian muka air di sungai pada saat terjadi hujan sehingga dapat melakukan tindakan mitigasi sedini mungkin. Pada akhirnya, upaya ini diharapkan mengurangi dampak yang mungkin akan terjadi terhadap bahaya banjir.

Pemerintah kini juga mengembangkan teknologi untuk memprediksi banjir dan daerah genangan ketika hujan ekstrem terjadi dengan mengadopsi kecerdasan artifisial (AI) yang diharapkan bisa selesai pada tahun ini.

Usaha pengendalian banjir -- di satu sisi dan pada sisi lain gagasan tentang konsep kota biru dan hijau -- terus berkembang dan menjadi perbincangan berbagai pihak seperti akademikus hingga aktivitas lingkungan. Kepala Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Daerah DKI Jakarta Iwan Kurniawan berpendapat pendekatan terpadu dalam pengelolaan keanekaragaman hayati kota melibatkan aspek hijau dan biru kota, seperti taman, sungai, dan wet landmenjadi bagian penting dalam perencanaan dan penataan kota DKI Jakarta. Kota memiliki peran unik dalam pemulihan hijau pascakrisis dan membangun ketahanan yang menunjukkan adanya kebutuhan ruang hijau di kota dan akses ke dalam alam perkotaan. Lalu, berkaca pada sejarah Jakarta yang masyarakatnya sejak dulu hidup dengan air, maka Rizal dan Maman sama-sama menyebut biru dan hijau sebagai konsep Kota Jakarta pada masa depan. Rizal bahkan menekankan Jakarta tak lagi punya alasan untuk tidak menjadi kota biru dan hijau. Menurut Rizal, integrasi biru dan hijau sendiri menjadi tren hampir di seluruh dunia saat ini karena perubahan iklim dan gagasan kota tangguh yang makin meningkat. Dalam hal ini, berbagi ruang bukan hanya dengan orang, melainkan juga dengan lingkungan menjadi satu aspek penting menuju kota masa depan. Sebenarnya, konsep integrasi hijau dan biru perlahan sudah diterapkan pemerintah DKI, antara lain, di waduk-waduk yang dibangun. Di Waduk Brigif, misalnya, saat ini proporsi hijau (ruang terbuka hijau) sebanyak 20 persen, sementara sisanya biru. Nantinya, konsep serupa bakal dibangun di lokasi-lokasi lain.

Lalu, mengingat sejarah Jakarta yang lekat dengan air, maka memasukkan tentang asal mula kota ke dalam muatan lokal juga menjadi usulan Rizal demi membangkitkan ingatan atau memori tentang kedekatan Jakarta dan "saudara kembarnya" itu: air.


 
 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024

Atletico dan Bilbao kutuk aksi pendukung fanatik pelempar kembang api******

Atletico dan Bilbao kutuk aksi pendukung fanatik pelempar kembang api
Para pemain Athletic Bilbao merayakan kemenangan dalam semifinal Copa del Rey melawan Club Atletico de Madrid di Stadion San Mames, Bilbao, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-AFP/Ander Gillenea/am.)
Jakarta (ANTARA) - Klub Spanyol Athletic Bilbao dan Atletico Madrid mengutuk pendukung fanatik yang melemparkan kembang api dan bentrok dengan polisi sebelum pertandingan semifinal Copa del Rey (Piala Raja).

Kepolisian daerah Basque melaporkan, sebanyak enam petugas menderita luka dan memar setelah terkena kembang api dan botol pada pertandingan leg kedua semifinal di Bilbao yang berlangsung pada Kamis (1/1).

“Athletic Bilbao dengan tegas mengutuk insiden yang terjadi kemarin di lapangan terbuka San Mames (stadion mereka) dan menegaskan kembali komitmen totalnya terhadap sepak bola tanpa kekerasan," kata tim Basque seperti dikutip dari laporan AFP, Sabtu.

Atletico Madrid juga mengecam "tidak memadainya sistem keamanan dan kekacauan yang disebabkan oleh perilaku tidak dapat diterima dari pendukung Bilbao radikal yang menciptakan situasi berisiko tinggi."

Menurut klub Atletico, bus tim harus mengubah rute sementara salah satu pendukungnya terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Atas kejadian itu, klub mengatakan, tidak akan menyediakan tiket untuk pendukung yang berkunjung pada pertandingan liga yang dijadwalkan pada bulan April di Madrid.

Adapun, hasil laga kedua semifinal Piala Raja dimenangkan Bilbao dengan skor 3-0 melalui gol dua bersaudara Inaki dan Nico Williams sehingga hasil agregat menjadi 4-0

Bilbao memastikan tiket ke final Copa del Rey di mana mereka akan bertemu Real Mallorca.

Baca juga: Suporter Valladolid bakal dihukum imbas hinaan rasis pada Vinicius

Baca juga: Espanyol minta maaf atas ucapan rasis pegawainya

Baca juga: Ancelotti ungkit pelecehan rasial ke Vinicius jelang kontra Valencia

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs slot internasional

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
akun slot tergacor saat ini
cara dapat uang dari pinterest
demo solo slot
erek2 barang
erek erek ikan bandeng
warkop66 situs slot gacor
gacorbet
aplikasi paylater pulsa
slot terpercaya hari ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot online mudah menang
Bab 2 situs judi slot resmi
Bab 3 situs 138 slot
Bab 4 qqmybet
Bab 5 megawin188 slot
Bab 6 slot paling gacor rtp tertinggi
Bab 7 judi slot gacor gampang menang
Bab 8 rtp piala88
Bab 9 situs slot gacor hari ini 2022
Bab 10 jam jam gacor zeus
Bab 11 agen 88 slot login
Bab 12 aob889
Bab 13 cara masuk ke server thailand
Bab 14 download apk bola gacor
Bab 15 situs top up termurah dan terpercaya
Bab 16 cara kredit hp di kredivo
Bab 17 kakek zeus x500
Bab 18 japan paito warna angkanet
Bab 19 trik main slot olympus hari ini
Bab 20 pinjaman online tenor panjang 2022
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6033bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kecantikan hamil

list pinjaman online ojk
TNI AL gagalkan aksi pencurian di atas kapal asing di Selat Malaka
Prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Dumai merespons sinyal alarm darurat dari kapal niaga berbendera Bahamas MV African Halcyon di perairan Dumai, Selat Malaka, Riau, Kamis (29/2/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL.
Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut dari Lanal Dumai, Riau, berhasil menggagalkan aksi beberapa perompak yang diduga hendak mencuri di atas kapal niaga berbendera Bahamas MV African Halcyon saat kapal lego jangkar di perairan Dumai, Selat Malaka.

Dinas Penerangan TNI AL dalam siaran persnya diterima di Jakarta, Jumat (1/3), menjelaskan tim tanggap darurat First Fleet Quick Respon Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai mengerahkan perahu cepat Sea Rider 85 ke lokasi kapal berbendera asing itu sesaat setelah mendengar alarm dibunyikan oleh MV African Halcyon, Kamis (29/2).

Alarm itu dibunyikan oleh MV African Halcyon sesaat setelah beberapa anak buah kapal (ABK) melihat empat orang perompak memanjat badan kapal untuk menuju geladak.

Empat orang perompak itu pun menceburkan diri ke laut dan melarikan diri saat pasukan TNI AL dari Lanal Dumai tiba di lokasi kejadian. Para pelaku yang gagal menjalankan aksinya kabur menggunakan speedboat.

Baca juga: Polisi ringkus tujuh perompak di perairan Batam

Dinas Penerangan TNI AL menyebut penyelidikan terhadap insiden itu masih berlangsung. Sejumlah kemungkinan didalami, termasuk kemungkinan adanya keterlibatan orang dalam. Beberapa prajurit saat ini masih bersiaga di sekitar area kapal MV African Halcyon lego jangkar.

Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran antarnegara yang sibuk dan padat, tetapi juga rawan aksi pencurian atau perompakan. Kapal-kapal yang lego jangkar di tengah laut seperti MV African Halcyon kerap menjadi sasaran aksi perompakan mengingat situasi mereka yang rentan dan pengawasan yang lemah.

Baca juga: Lanal Dumai tahan kapal bermuatan 56 ribu kilogram pakaian bekas

Di Selat Malaka, terutama di perairan-perairan yang masuk wilayah Indonesia, TNI AL beberapa kali menggagalkan aksi penyelundupan mulai dari benih lobster sampai perdagangan orang yang berkedok pekerja migran.

Mengenai peristiwa itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali kembali menegaskan bahwa seluruh prajurit TNI AL harus hadir untuk melindungi perairan laut Nusantara dari semua ancaman.

Laksamana Ali juga berpesan kepada prajurit agar senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan demi mencegah dan menghalau ancaman yang datang.

Baca juga: Kemenhub: Selat Malaka dan Selat Singapura miliki peran penting

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Otak paling kuat dalam hiburan

layanan pinjaman online
Sambut keceriaan Tahun Baru Imlek dengan kasur, ranjang, sampai sofa baru dari Transmart mumpung ada pesta diskon Full Day Sale hari ini (10/2).
Sambut keceriaan Tahun Baru Imlek dengan kasur, ranjang, sampai sofa baru dari Transmart mumpung ada pesta diskon Full Day Sale hari ini (11/2). (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sambut keceriaan Tahun Baru Imlek dengan perlengkapan rumah yang serba baru, seperti kasur, ranjang, sampai sofa.

Belinya tentu di Transmart mumpung ada gelaran pesta diskon seharian Full Day Sale yang sudah pasti menawarkan diskon gede hingga 50 persen.

Lihat Juga :
Belanja Produk Segar Berlaku Diskon 20% Setiap Hari di Transmart
  • · Flora single metal bed harga normal Rp2.599.000, harga diskon jadi Rp1.359.200 (harga luar Pulau Jawa).
  • · Flora single metal bed harga normal Rp2.599.000, harga diskon jadi Rp1.279.200.
  • · Side board SB405 sanremo/whitewood harga normal Rp2.299.000, harga diskon Rp574.840 (harga khusus Sulawesi & Nusa Tenggara, dimensi 120x40x65cm)
  • · Side board SB405 sanremo/whitewood harga normal Rp2.199.000, harga diskon Rp539.000 (harga khusus Sumatera & Kalimantan, dimensi 120x40x65cm)
  • · Side board SB405 sanremo/whitewood harga normal Rp1.899.000, harga diskon Rp478.800 (harga khusus Pulau Jawa, dimensi 120x40x65cm)
  • · Kelvin office desk harga normal Rp1.599.000, harga diskon Rp839.200.
  • · Baylack sectional sofa black harga normal Rp5.999.000, harga diskon Rp4.399.200.
  • · Ocean steel foam mattress 90x200 cm harga normal Rp1.612.500, harga diskon Rp516.000 (harga khusus Jabodetabek).
  • · Airland tracia set 180x200 cm harga normal Rp20.500.000, harga diskon jadi Rp5.199.200 (harga luar Jabodetabek).
  • · Airland tracia set 180x200 cm harga normal Rp17.500.000, harga diskon jadi Rp4.799.200 (harga Jabodetabek dan Serang).

Pastikan bayarnya pakai Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah. Cara buka rekeningnya gampang.

Download aplikasi Allo Bank dari smartphone melalui App Store atau Play Store, kemudian upgrade akunnya ke Allo Prime.

Sementara untuk kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan secara instan di setiap gerai Transmart.

Jadi tunggu apalagi, mumpung Transmart Full Day Sale baru dimulai hari ini yuk segera borong ke Transmart terdekat di kota Anda.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Kelahiran kembali modern setiap hari

juara 69 slot
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan para mantan menteri harus bertanya ke diri sendiri terkait kontribusinya ke negara.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan para mantan menteri harus bertanya ke diri sendiri terkait kontribusinya ke negara. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan para mantan menteri harus bertanya ke diri sendiri terkait kontribusinya ke negara. Ia mengatakan setiap orang harus melakukan refleksi diri.

"Bekas-bekas menteri yang sudah berhenti, tanya dirimu apa yang sudah kau lakukan selama kau jadi menteri. Saya hanya merefleksi karena saya lebih tua dari mereka jadi saya punya hak ngomong gitu," katanya dalam Podcast Political Show CNN Indonesia, Rabu (7/2).

"Atau bekas gubernur tanya juga apa yang sudah kau buat? Kau buat keonaran atau apa yang Anda buat?," imbuhnya.

Ia menyayangkan jika ada tokoh publik menceritakan informasi yang tak utuh sehingga membuat kesimpulan yang tidak baik.

"Siapapun kita harus melakukan refleksi. Jangan membuat situasi tambah tidak baik dengan kehadiran atau ucapan kita," katanya.

[Gambas:Youtube]



Luhut sebelumnya sempat melontarkan kritikan kepada mantan menteri perdagangan dan kepala BKPM Thomas Lembong. Ia mengungkit 'kegagalan' Tom Lembong selama menjadi bawahan Jokowi.

Kegagalan itu salah satunya berkaitan dengan mempermudah proses perizinan investasi melalui sistem izin Online Single Submission (OSS).

Luhut mengatakan saat itu Jokowi menugaskan Tom Lembong yang kebetulan menjadi kepala BKPM untuk melaksanakan proyek tersebut. Namun kata Luhut, sampai dengan Tom mengakhiri masa tugasnya sebagai kepala BKPM tugas itu belum selesai.

Atas kegagalan itu, Luhut lantas meminta Tom berkaca. Ia ingin orang yang kini berada di balik pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin itu merefleksikan hasil kerjanya dulu sebagai bawahan Jokowi.

"Anda harus refleksi juga apa sih yang Anda lakukan sebagai menteri perdagangan, coba tanya dirimu. Waktu anda (kepala) BKPM, apa yang anda lakukan? Anda kan ditugasi untuk Online Single Submissions (OSS). Saya ingat betul itu bagaimana Anda curhat ke saya, tapi itulah sampai Anda meninggalkan kabinet tidak pernah selesai OSS. Sekarang kami yang menyelesaikan itu yang sudah digadang-gadang begini begono dan segala macam," ungkapnya dalam video di akun Instagram pribadinya, Rabu (24/1).

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Potong menembus langit

mpospor
Ekspor benih lobster berpeluang dibuka lagi. KKP tengah menggodok revisi aturan soal larangan ekspor benur yang diteken Susi Pudjiastuti.
Ekspor benih lobster berpeluang dibuka lagi. KKP tengah menggodok revisi aturan soal larangan ekspor benur yang diteken Susi Pudjiastuti. (Foto: iStockphoto/mtreasure)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah mengungkap opsi membukaekspor benih lobsteratau benur yang sebelumnya dilarang.

Peluang ekspor benih lobster terbuka usai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan Vietnam untuk melakukan budidaya lobster di Tanah Air.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu mengatakan potensi untuk mengekspor benih lobster itu cukup besar.

"Aspek-aspek ini dikemas dan concern mengundang investor dari Vietnam untuk budidaya," imbuhnya.

Kendati demikian, Haeru menilai rencana ekspor benih lobster ke luar negeri, khususnya ke Vietnam, juga bukan perkara mudah. Saat ini, KKP tengah melakukan audiensi dengan nelayan lobster apakah sepakat dengan rencana ini serta menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selain itu, pemerintah juga perlu merevisi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (PermenKP).

"Kita coba win win dan lain-lain ini memang tidak mudah tapi menerima semua saran stakeholders dan asosiasi. Ini yang sedang dilakukan. Insyaallah doakan agar revisi Permen lobster kepiting rajungan bisa secepatnya tuntas juga harus didukung PKS, sedang dikomunikasikan," jelasnya.

Di sisi lain, Haeru menuturkan Indonesia dan Vietnam siap berkolaborasi untuk melakukan budidaya lobster di dalam negeri. Menurutnya, Indonesia sendiri memiliki sumber daya alam benih lobster cukup besar.

Selama ini, kata Haeru, lobster yang diekspor dan diperjualbelikan merupakan hasil tangkap nelayan di laut.

"Kita juga ada MoU dengan menteri perikanan di Vietnam dengan kesepakatan bahwa mari saling gandeng dan bersama," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan kalau kerja sama Indonesia dan Vietnam soal budidaya dan ekspor lobster tengah dibahas.

Trenggono menegaskan esensi dari kerja sama ini adalah agar Vietnam bisa berinvestasi dan melakukan budidaya lobster di Indonesia. Sudah ada lima investor yang masuk dan ingin melakukan budidaya lobster di Indonesia.

"Sekarang sedang proses, sekarang sedang kita jalankan, mudah-mudahan bisa segera cepat. Yang ingin kita dapatkan di situ bukan hanya jualan bibitnya, yang ingin kita dapatkan di situ adalah investasi mereka masuk ke kita dan kita bisa setara dengan mereka dan kita bisa menjadi bagian dari supply chain global itu," tegasnya.

Larangan ekspor benih lobster ditetapkan oleh eks Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 2016. Larangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 56 Tahun 2016 tentang Penangkapan Lobster.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Bela Diri Melahap Surga

cara meminjam di adakami
Jadwal Sabtu: Borneo berpeluang perlebar jarak di puncak klasemen
Pebulu tangkis Indonesia Lisa Ayu Kusumawati (kanan) dan Rehan Naufal Kusharjanto. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Jakarta (ANTARA) - Borneo FC berpeluang besar memperlebar jarak di puncak klasemen Liga 1 2023/2024, saat mereka melawat ke markas Persita Tangerang pada Sabtu sore.

Tim berjuluk Pesut Etam itu kini mengoleksi 60 poin dari 26 pertandingan yang sudah dimainkan, dan berpeluang besar membawa pulang tiga poin saat melawat ke markas tim papan bawah Persita Tangerang.

Setelah laga Persita menjamu Borneo, panggung Liga 1 masih akan menyajikan pertandingan Persija Jakarta menjamu Dewa United di Bali. Persija yang sedang berada di tren negatif akan berusaha sekuat tenaga untuk dapat mengakhiri rentetan gagal menang yang mereka derita sepanjang Februari silam.

Dari cabang bola basket, tim-tim peserta IBL akan kembali saling berhadapan. Juara bertahan Prawira Bandung akan menjamu Bumi Borneo, RANS Simba akan berhadapan dengan Pelita Jaya, Satya Wacana Salatiga akan bertarung kontra Kstaria Bengawan Solo, dan Amartha Hangtuah akan kedatangan Bima Perkasa Jogja.

Di ajang badminton German Open, pasangan ganda putri Indonesia akan berusaha dapat lolos ke semifinal saat mereka berhadapan dengan pasangan Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie.

Dari Sumatera Utara, ajang balap air F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan menampilkan balapan hari pertama, yang dimulai sejak pagi hari.

Berikut jadwal pertandingan Sabtu (2/3) dalam WIB:
 

Bulutangkis

German Open

Perempat final Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie


Baca juga: Rehan/Lisa melaju ke 16 besar India Open tanpa bertanding

Sepak bola

Liga Indonesia

15.00 Persita Tangerang vs Borneo FC

19.00 Persija Jakarta vs Dewa United

Liga Inggris

22.00 Brentford vs Chelsea

22.00 Everton vs West Ham United

22.00 Fulham vs Brighton

22.00 Newcastle United

22.00 Nottingham Forest vs Liverpool

22.00 Tottenham Hotspur vs Crystal Palace

Liga Italia

03.00 Lazio vs AC Milan

21.00 Udinese vs Salernitana

Liga Spanyol

03.00 Celta Vigo vs Almeria

20.00 Sevilla vs Real Sociedad

22.15 Rayo Vallecano vs Cadiz

Liga Jerman

03.00 Freiburg vs Bayern Munich

21.30 Bochum vs RB Leipzig

21.30 Darmstadt vs Augsburg

21.30 Heidenheim vs Eintracht Frankfurt

21.30 Mainz vs Borussia Moenchengladbach

21.30 Union Berlin vs Borussia Dortmund

Liga Prancis

03.00 AS Monaco vs PSG

23.00 Reims vs Lille


Bola basket

NBA

07.00 Detroit Pistons vs Cleveland Cavaliers

07.00 Philadelphia 76ers vs Hornets

07.30 Raptors vs Golden State Warriors

07.30 Boston Celtics vs Mavericks

08.00 Grizzlies vs Portland Trail Blazers

08.00 Minnesota Timberwolves vs Kings

08.00 Pelicans vs Pacers

10.00 Chicago Bulls vs Milwaukee Bucks

10.30 Los Angeles Clippers vs Washington Wizards
 

IBL

14.00 Prawira vs Bumi Borneo

16.00 RANS Simba vs Pelita Jaya

18.00 Satya Wacana vs Ksatria Bengawan Solo

20.00 Amartha Hangtuah vs Bima Perkasa Jogja


Baca juga: Upaya mencari bakat basket muda bertinggi tubuh minimal 180 cm
Baca juga: Hasil NBA: LeBron selangkah lagi cetak rekor 40 ribu poin

Otomotif

22.00 Formula 1 Grand Prix Bahrain

07.00 F1 Powerboat Danau Toba 2024


Baca juga: Bayern makin jauh tertinggal dari Leverkusen usai diimbangi Freiburg 2-2
Baca juga: Atletico dan Bilbao kutuk aksi pendukung fanatik lempar kembang api
Baca juga: Paul Pogba ajukan banding terhadap sanksi larangan bermain 4 tahun

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024

Bepergian ke dunia lain dengan jam tangan pintar

https slot
Belanja makin hemat di Transmart kalau bayarnya pakai Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, ada diskon 20 persen!
Belanja makin hemat di Transmart kalau bayarnya pakai Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah, ada diskon 20 persen! (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Belanja makin hemat diTransmart kalau bayarnya pakai Allo Bank dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Soalnya, belanja dengan metode pembayaran tersebut, pelanggan bisa otomatis dapat diskon sebesar 20 persen. Belanja jadi hemat dan untung!

Lihat Juga :
Masih Ada Waktu buat Nikmati Diskon Transmart sampai Pukul 22.00

Supaya bisa nikmati diskonnya, pastikan Anda sudah memiliki Allo Bank, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah, supaya diskonnya dobel jadi up to 50 persen plus 20 persen.

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade akun ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Lengkap banget kan produknya. Yuk, siap-siap ke Transmart hari buat borong belanjaan ya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]