petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

situs online terpercaya

club slot 888 497Jutaan kata 809391Orang-orang telah membaca serialisasi

《situs online terpercaya》

Membandingkan Tiga Calon Ibu Kota Jabar Pengganti Bandung******

Tiga kota digadang-gadang menjadi calon ibu kota Jawa Barat pengganti Bandung. Ketiganya yakni Tegalluar, Walini, dan Kertajati.
Tiga kota digadang-gadang menjadi calon ibu kota Jawa Barat pengganti Bandung. Ketiganya yakni Tegalluar, Walini, dan Kertajati. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Melani Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memindahkan ibu kotadari Bandung kembali mencuat baru-baru ini.

Pada 2019 lalu, pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan ada tiga nama yang sudah disiapkan menjadi pengganti Bandung, yakni Walini, Kertajati, dan Tegalluar.

Keseriusan Emil mengkaji rencana itu tercermin dari masuknya wacana tersebut dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029.

Menurutnya, tiga wilayah ini dipilih menjadi pengganti Bandung karena melihat perekonomiannya akan meningkat ke depannya.

Lalu bagaimanakah kondisi tiga wilayah itu saat ini?

Lihat Juga :
Tiga Calon Pengganti Bandung Jadi Ibu Kota Jawa Barat

Tegalluar

Desa Tegalluar, Bojongsoang, Kabupaten Bandung dikabarkan akan menjadi wilayah yang paling memungkinkan menjadi ibu kota baru Jabar. Sebab, proyek pembangunan KCJB akan terhubung dengan daerah ini, yakni Stasiun Tegalluar.

Jika KCJB beroperasi pada pertengahan 2023 nanti, maka pergerakan ekonomi di wilayah tersebut akan, setidaknya di sekitar stasiun.

Selain itu, wilayah seluas 756 hektare (ha) dengan jumlah penduduk sekitar 14 ribu jiwa ini juga berbatasan dengan Tol Padalarang-Cileunyi.

Namun, saat ini, wilayah tersebut masih didominasi oleh tanah kosong untuk pertanian.

Lihat Juga :
Kripto Menghijau, Tapi Bitcoin Masih di Bawah US Ribu

Walini

Walini adalah salah satu kota terencana yang akan dibangun oleh Pemprov Jabar. Kota ini terletak di Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Kota yang terkenal dengan perkebunan teh ini direncanakan menjadi pusat bisnis internasional dan permukiman berwawasan ramah lingkungan. Bahkan, sebelumnya tersiar kabar Walini akan terhubung dengan jalur KCJB.

Selain itu, akses transportasi yang terhubung dengan Walini adalah Tol Cipularang exit Warung Domba dan Jalan Raya Padalarang dari arah Bandung-Purwakarta.

Tak hanya itu, di Walini juga direncanakan pembangunan Disneyland Indonesia, Walini Avocado Land, Kebun Agrowisata dan Bisnis. Dengan konsep ini, Walini diperkirakan akan menjadi lokasi wisata pilihan terbaru.

Lihat Juga :
986 Ribu Pendaftar MyPertamina Ditolak

Rebana (Kertajati)

Ini adalah salah satu wilayah di Jawa Barat yang disebut sebagai metropolitan baru yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Hal tersebut seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) 87/2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Berdasarkan website jabarprov.go.id, Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Lihat Juga :
Beban Berat Milenial Ditekan Lonjakan Biaya Hidup

Penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019.

Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka

Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan.

Lewat Rebana Metropolitan, pada 2030 Pemda Provinsi Jabar berupaya meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 10 persen, pertumbuhan nilai investasi hingga 17 persen, dan menciptakan kurang lebih 4,3 juta lapangan pekerjaan baru.

Lihat Juga :
Ritel AS Terancam Bangkrut, Tersapu Resesi 2023

Saat ini, dukungan infrastruktur yang sudah ada di kawasan Rebana Metropolitan antara lain jalan nasional, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Palimanan-Kanci (Palikanci), Rel Cikampek-Cirebon, Pelabuhan Balongan, Cirebon, dan Patimban (Tahap I), BIJB Kertajati, serta Terminal Subang, Indramayu, dan Cirebon.

Kebutuhan energi juga tersedia, antara lain lewat dam di Cipancuh, Jatigede, dan Setupatok, kilang minyak Balongan, geothermal di Ciremai, hydro power Jatigede, hingga PLTU di Indramayu.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

115 Ribu Tukang Pos di Inggris Mogok, Tuntut Kenaikan Upah******

Sebanyak 115 ribu petugas pos Royal Mail di Inggris mogok kerja pada Kamis (13/10), waktu setempat karena menuntut kenaikan upah.
Sebanyak 115 ribu petugas pos Royal Mail di Inggris mogok kerja pada Kamis (13/10), waktu setempat karena menuntut kenaikan upah. Ilustrasi. (istockphoto/LumiNola).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebanyak 115 ribu pekerja pos Royal Mail di Inggrismenggelar aksi mogok kerjamulai Kamis (13/10) karena menuntut kenaikan upah dan kondisi kerja yang lebih baik di tengah lonjakan biaya hidu.

Mogok kerja akan berlangsung selama 19 hari atau bertepatan dengan puncak musim belanja liburan, termasuk Black Friday, dan Cyber Monday.

Selama aksi tersebut layanan Royal Mail akan tidak beroperasi selama beberapa hari.

CWU mengatakan para pekerja sedang melawan rencana Royal Mail untuk mengubah syarat dan ketentuan termasuk pengenalan standar kinerja baru dan peningkatan jam kerja untuk staf baru.

Serikat pekerja juga mengatakan perusahaan telah memberlakukan kenaikan gaji 2 persen pada pekerja, jauh di bawah tingkat inflasi.

"Pekerja pos menghadapi serangan terbesar terhadap gaji, pekerjaan, syarat dan ketentuan mereka dalam sejarah Royal Mail," kata Sekretaris Jenderal CWU Dave Ward dalam sebuah wawancara radio yang diunggah serikat pekerja di Twitter.

Lihat Juga :
Tiga Calon Pengganti Bandung Jadi Ibu Kota Jawa Barat

Royal Mail menyatakan sebagian besar surat tidak akan dikirimkan pada hari-hari mogok, dan pelanggan harus mengantisipasi penundaan pengiriman paket.

Pada Kamis kemarin, seorang juru bicara Royal Mail mengatakan kepada CNN Business bahwa tindakan pemogokan itu "melemahkan posisi keuangannya."

"Kami melakukan semua yang kami bisa untuk meminimalkan penundaan dan membuat orang, bisnis, dan negara tetap terhubung," kata juru bicara itu seperti dilansir CNN.

Pemogokan adalah yang terbaru dalam gelombang aksi industri di Inggris tahun ini. Staf kereta api, sopir bus, dan pengacara termasuk di antara kelompok pekerja yang mogok untuk menuntut kenaikan upah karena inflasi yang membumbung tinggi merusak standar hidup.

Lihat Juga :
986 Ribu Pendaftar MyPertamina Ditolak

Selanjutnya, Pekerja Amazon (AMZN) sedang dalam pemungutan suara untuk aksi mogok, dengan hasil pemungutan suara diharapkan minggu depan.

Harga konsumen Inggris melonjak 9,9 persen pada Agustus lalu secara tahunan.

Inflasi mendapat tekanan semakin parah setelah rencana Perdana Menteri Liz Truss untuk mendorong pemotongan pajak yang tidak didanai senilai miliaran membuat nilai pound sterling jatuh dan imbal hasil obligasi pemerintah melonjak.

Lihat Juga :
Inflasi AS 8,2 Persen pada September, Terendah Dalam 7 Bulan

Kondisi itu sudah mendorong pembayaran hipotek karena pemberi pinjaman menilai kenaikan suku bunga yang lebih agresif oleh Bank of England untuk mengatasi dampak inflasi dari pemotongan pajak dan pound yang lebih lemah.

Mogok kerja tidak hanya terjadi di Inggris. Di Prancis, pekerja yang mogok telah memblokade kilang bahan bakar ExxonMobil dan TotalEnergies selama beberapa minggu dalam perselisihan mengenai gaji, mengganggu pasokan ke ribuan pompa bensin.

Di Amerika Serikat, ancaman pemogokan kereta api yang lebih lanjut dapat mengganggu rantai pasokan yang sedang berjuang untuk pulih. Awal pekan ini, serikat pekerja pemeliharaan rel kereta api menolak perjanjian tentatif dengan pengangkut barang karena kurangnya cuti sakit yang dibayar.

[Gambas:Video CNN]



(sfr)

Jokowi Ungkap Beda IKN dengan Ibu Kota Negara Lain******

Presiden Jokowi menyebut IKN Nusantara berbeda dengan ibu kota negara lain, karena 70 persen areanya hijau dan dibangun dengan konsep smart city.
Presiden Jokowi menyebut IKN Nusantara berbeda dengan ibu kota negara lain, karena 70 persen areanya hijau dan dibangun dengan konsep smart city. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kepindahan ibu kota negara (IKN) ke nusantara bukan sekadar perpindahan gedung kementerian atau istana negara.

Ia menilai IKN Nusantara atau ibu kota baru akan menghadirkan pembangunan yang Indonesia sentris. Bukan jawa sentris seperti yang selama ini terjadi.

"Karena Indonesia ini bukan hanya Pulau Jawa. Indonesia mempunyai 17 ribu pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke," ujarnya dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN di Jakarta, Selasa (18/10).

Apalagi, IKN Nusantara, kata Jokowi, dibangun sebagai kota pintar masa depan yang berbasis hutan dan alam. "Ini belum ada di dunia," jelasnya.

"Tolong carikan! Belum ada. Ini yang membedakan IKN Nusantara dengan ibu kota negara lain," tambahnya.

Lihat Juga :
Saran Bank Dunia Agar Ekonomi RI Tak Runtuh di Tengah Ancaman Resesi

Jokowi merinci 70 persen area di IKN Nusantara adalah area hijau. Kemudian, 80 persen sumber energinya nanti akan berasal dari energi terbarukan.

"Mobil di sana harus mobil listrik. Kemudian 80 persen transportasinya autonomous vehicle tanpa awak dan sopir. Yang kita hargai adalah pejalan kaki, juga yang senang naik sepeda," kata Jokowi.

"Smart living. Smart city. Layanan masyarakat lewat teknologi. Akta lahir, akta nikah pakai HP, paperless. Ini yang ingin kita bangun. Jadi, masa depan Indonesia," terang dia.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)




bab terbaru:member baru pasti maxwin

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
slot gacor indonesia
sgp slot online
slot 20rb
kebo88
info situs gacor
bocoran trik slot hari ini
situs slot malaysia
slot baru88
situs slot wso
Daftar isi semua bab
Bab 1 cs kredivo bandung
Bab 2 situs judi 303
Bab 3 togel taiwan live
Bab 4 mahaspin
Bab 5 cara dapat uang di resso
Bab 6 pedia4d
Bab 7 situs slot yang paling gacor
Bab 8 micin4d slot
Bab 9 qqpokeronline
Bab 10 slot demo zeus server thailand
Bab 11 untung365 situs slot online terpercaya di indonesia
Bab 12 erek erek preman
Bab 13 kredit online tanpa kartu kredit
Bab 14 gacor 777 slot
Bab 15 king gacor slot
Bab 16 cicilan shopee pinjam
Bab 17 air 88 slot
Bab 18 bintang168
Bab 19 pinjol limit kecil
Bab 20 asialive88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4134bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Umat ​​​​manusia yang tak tertandingi di zaman prasejarah

abjad
Agung Podomoro Land menjual kepemilikan saham di Central Park Mall di Jakbar sebesar Rp4,53 triliun kepada CPM Asset Indonesia.
Agung Podomoro Land menjual kepemilikan saham di Central Park Mall di Jakbar sebesar Rp4,53 triliun kepada CPM Asset Indonesia. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menjual kepemilikan saham di Central Park Mall(CPM) yang berlokasi di Podomoro City, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Mal itu dijual kepada PT CPM Assets Indonesia. Berdasarkan keterbukaan informasi yang diterbitkan, aset yang dijual terdiri dari 149 sertifikat hak milik atas satuan rumah susun (SHMRS) milik perseroan atas Pusat Perbelanjaan (Mal) Central Park.

Nilai transaksi tersebut mencapai Rp4,53 triliun. Uang hasil penjualan akan digunakan perseroan untuk menyehatkan kondisi keuangan dan membayar utang kepada Guthrie Venture Pte Ltd yang akan jatuh tempo pada 20 November 2022.

"Di samping itu, pelaksanaan transaksi juga diharapkan akan memberikan dampak positif bagi kondisi finansial perseroan di kemudian hari, mengingat perseroan masih memiliki kepemilikan (secara tidak langsung melalui CPM Assets Indonesia) terhadap Pusat Perbelanjaan Central Park," tulis perseroan dalam keterbukaan, Selasa (18/10).

Adapun transaksi jual beli tersebut dilakukan berdasarkan akta penyertaan keputusan pemegang saham di luar rapat nomor 43, 23 September 2022.

Selanjutnya, perseroan menerangkan bahwa transaksi yang dilakukan adalah transaksi material. Artinya, merupakan transaksi yang menjadi bagian dari kegiatan usaha yang dijalankan dalam rangka menghasilkan pendapatan dan akan dilakukan secara rutin, berulang atau berkelanjutan.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

Pedang membuktikan langit

jp maxwin slot
Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat.
Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat. (CNN Indonesia/Titin Rosmasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian BUMN meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan peluncuran IWF ini dilandai oleh hanya 23 persen orang Indonesia yang bisa mengakses air bersih. Selebihnya, terlalu sulit untuk mendapatkan air bersih karena harga yang cukup mahal.

"Hanya 23 persen populasi Indonesia telah mendapatkan akses air bersih, dan beberapa warga lainnya masih menghadapi ketidaksetaraan dari sisi harga air bersih dengan rentang antara Rp65 ribu hingga Rp140 ribu per meter kubik," ujarnya dalam SOE International Conference secara virtual, Senin (17/10).

"Ke depannya, kami akan terus melakukan program-program yang berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Tak lupa, dalam acara ini Erick pun mengajak seluruh partisipan yang hadir dan berasal dari berbagai negara, salah satunya adalah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk ikut berpartisipasi dalam pembiayaan penyediaan air bersih di dalam negeri.

"Melalui acara ini kami membuka akses seluas-luasnya untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta dan mitra strategis global untuk berpartisipasi bersama dalam membangun ekosistem di Indonesia," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Pedang Tanpa Jiwa

danafix id
Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya.
Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Ilustrasi. (Virgina Maulita Putri/detikINET).
Jakarta, CNN Indonesia--

Startup pendidikan Binar Academymelakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Hal itu merupakan bagian dari strategi menghadapi ketidakpastian ekonomi global. 

CEO Binar Academy Alamanda Shantika mengatakan langkah PHK merupakan keputusan sulit yang diambil oleh perusahaan. Ke depan, perusahaan disebut akan berfokus untuk menguatkan lini bisnis utama, mengoptimalkan aktivitas investasi, dan men-streamline-kan operasional agar menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

"Meskipun perusahaan telah mencapai pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, kami harus menyiapkan strategi yang kuat untuk menghadapi dinamika ekonomi global, salah satunya dengan mengambil keputusan ini (PHK)," ujar Alamanda dalam keterangan resmi, Senin (17/10).

Ia menambahkan perusahaan akan melakukan perubahan peran pada beberapa fungsi bisnis dengan kapabilitas yang sesuai dengan strategi bisnis ke depan.

Alamanda berjanji perusahaan akan membantu pekerja yang terkena PHK untuk berkonsultasi seputar karier. Perusahaan akan memberikan pendampingan bagi karyawan untuk menemukan peluang baru dengan menghubungkan mereka dengan perusahaan mitra yang mencari karyawan baru di berbagai tingkat pekerjaan.

"Dalam proses transisi ini, perusahaan akan memberikan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan skilllewatcoursesyang tersedia di Binar," ujar Alamanda.

Lihat Juga :
Kemenhub Buka Suara soal WNI Bikin Ribut di Turkish Airlines

Perusahaan juga memastikan seluruh karyawan menerima pesangon sesuai ketentuan yang berlaku dan jaminan kesehatan karyawan beserta anggota keluarga akan tetap dilanjutkan hingga 30 Oktober 2022.

Di sisi lain, Binar Academy memastikan bahwa penyesuaian organisasi ini tidak mengganggu tingkat layanan klien dan kelangsungan bisnis.

Binar disebut akan terus berkomitmen untuk melayani pengguna dengan menyediakan layanan peningkatan kemampuan digital dan penempatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Desa Pedang Peri

voucher pegipegi
IHSG ditutup di level 6.834 pada Selasa (18/10), menguat tipis 3,37 poin atau 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.834 pada Selasa (18/10), menguat tipis 3,37 poin atau 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

IndeksHarga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.834 pada Selasa (18/10). Indeks saham menguat 3,37 poin atau 0,05 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,93 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 275 saham menguat, 262 terkoreksi, dan 156 lainnya stagnan. Terpantau, enam dari sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor non cylical di angka 1,60 persen.

Bursa saham Eropa juga menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris naik 1,01 persen, indeks CAC 40 di Prancis tumbuh 1,03 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 1,16 persen.

Tak mau kalah, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 2,65 persen, indeks NYSE menguat 2,32 persen, dan indeks NASDAQ Composite tumbuh 3,43 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Setan menerangi surga

game slot dana
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut ekspor elektronik Indonesia mencapai US,4 miliar atau Rp144,2 triliun sepanjang Januari hingga Juli 2022.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut ekspor elektronik Indonesia mencapai US,4 miliar atau Rp144,2 triliun sepanjang Januari hingga Juli 2022. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut ekspor elektronik Indonesia mencapai US,4 miliar atau Rp144,2 triliun sepanjang Januari hingga Juli 2022.

Angka ini naik 18,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US,93 triliun.

Sepanjang 2021, lanjut Zulkifli, ekspor elektronik Indonesia mencapai US,1 miliar dengan pertumbuhan mencapai 6,4 persen.

"Dengan mengusung Industri 4.0, kami berharap Indonesia makin menjadi salah satu negara eksportir elektronik utama dengan pangsa pasar yang terus meningkat," ujar Zulkifli seperti dikutip dari Antara, Kamis (13/10).

Ia memaparkan sektor elektronik merupakan salah satu sektor unggulan dan prioritas dalam penerapan Industri 4.0. Sektor tersebut juga menjadi kontributor ekspor keempat terbesar Indonesia.

Lihat Juga :
Gubernur BI Wanti-wanti Ancaman Stagflasi

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia mencapai US,91 miliar pada Agustus 2022 atau naik 9,17 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar US,56 miliar.

Secara rinci, kinerja ekspor ditopang oleh ekspor minyak dan gas (migas) mencapai US,71 miliar atau naik 25,59 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar US,37 miliar.

Begitu juga dengan ekspor nonmigas terlihat naik 8,24 persen dari US,19 miliar menjadi US,19 miliar.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

Daftar keahlian saya

buku mimpi 2d 23
BPS mencatat neraca dagang RI surplus US,99 miliar per September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang sudah surplus 29 bulan berturut-turut.
BPS mencatat neraca dagang RI surplus US,99 miliar per September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang sudah surplus 29 bulan berturut-turut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganIndonesia kembali surplus sebesar US,99 miliar secara bulanan pada September 2022. Dengan perkembangan ini, neraca dagang RI surplus 29 berturut-turut.

"Jadi pada September 2022 ini neraca perdagangan barang masih mencatatkan surplus sebesar US,99 miliar. Jadi neraca dagang Indonesia sampai September 2022 ini membukukan surplus selama 29 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," papar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto dalam konferensi pers, Senin (17/10).

Menurutnya, surplus neraca perdagangan terjadi karena nilai ekspor mencapai US,80 miliar atau turun 10,99 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat US,86 miliar. Sementara nilai impor hanya US,81 miliar atau turun 10,58 persen dibanding Agustus 2022 sebesar US,15 miliar.

Berdasarkan sektor, ekspor migas turun 21,44 persen, pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 8,65 persen, industri pengolahan turun 14,24 persen, serta pertambangan naik 2,61 persen.

Berdasarkan kode HS dua digit, peningkatan ekspor tertinggi terjadi pada komoditas bijih logam, terak, dan abu; kendaraan dan bagiannya; gula dan kembang gula; buah-buahan; serta pulp dari kayu.

Di sisi lain, ekspor beberapa komoditas turun, seperti lemak dan minyak hewan/nabati; pakaian dan aksesorisnya/rajutan; besi dan baja; mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya; bahan bakar mineral.

[Gambas:Video CNN]

Berdasarkan negara tujuan, ekspor nonmigas meningkat ke Bangladesh, Filipina, Bulgaria, Jerman, dan Yunani. Namun, ekspor terlihat turun ke lima negara, yakni India, Amerika Serikat, Malaysia, Belanda, dan Pakistan.

"Penurunan ekspor terbesar nonmigas terbesar ke India sebesar US2,1 juta secara bulanan ini utamanya adalah komoditas lemak dan minyak hewan nabati, kemudian bahan bakar mineral, serta bahan kimia an organik" ujar Setianto.

Sementara, pangsa ekspor nonmigas Indonesia masih didominasi ke China senilai US,16 miliar. Lalu, ekspor ke Amerika Serikat (AS) sebesar US,11 miliar, dan Jepang US,10 miliar.

Secara total (Januari-September 2022), nilai ekspor mencapai US9,35 miliar. Nilai ini tumbuh 33,49 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni US4,32 miliar.

Lihat Juga :
Mengintip Uang Pensiun Anies Usai Tanggalkan Jabatan Gubernur DKI

Impor

Impor September (month to month/mtm) ditopang oleh migas yang tercatat US,43 miliar atau turun 7,44 persen dari bulan sebelumnya yang sebesar US,7 miliar. Penurunan ini ditopang oleh impor komoditas minyak yang turun sebesar 6,78 persen atau volume turun 1,33 persen, gas turun 36,06 persen dan volume turun 32,82 persen.

Senada, impor non migas juga turun 11,21 persen dari US,45 miliar menjadi US,38 miliar. Penurunan ini ditopang oleh impor komoditas besi dan baja (HS 72) yang turun sebesar 25,57 persen, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya (HS 85) yang turun 11,45 persen, komoditas mesin mekanis dan bagiannya (HS 84) turun 6,65 persen.

Sedangkan, dibandingkan September 2021 (year on year/yoy), kinerja impor naik 22,01 persen dari US,23 miliar. Impor non migas naik 14,02 persen dari US,37 miliar menjadi US,38 miliar dan impor migas naik 83,53 persen dari US,87 miliar menjadi US,43 miliar.

Berdasarkan penggunaan barang (mtm), semua jenis barang mengalami penurunan impor. Impor konsumsi turun 14,13 persen, bahan baku atau penolong turun 11,07 persen, dan barang modal turun 6,39 persen.

Lihat Juga :
Utang Luar Negeri RI Turun Jadi Rp6.148 T per Agustus 2022

Berdasarkan kode HS dua digit, peningkatan impor tertinggi berasal dari komoditas logam mulia dan perhiasan; kapal, perahu, dan struktur terapung; biji dan buah mengandung minyak; ampas dan sisa industri makanan; serta bijih logam, terak, dan abu.

Sementara, komoditas impor yang mengalami penurunan tertinggi adalah, besi dan baja; mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya; mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya; plastik dan barang dari plastik; bahan kimia organik.

Berdasarkan negara asal, impor meningkat dari Brasil, Hungaria, Bulgaria, Singapura, Italia. Namun, impor dari lima negara lainnya tampak turun signifikan, yakni China, Jepang, Korea Selatan, India, dan Afrika Selatan.

Lihat Juga :
Ancaman Resesi Ekonomi Dunia Jungkalkan Rupiah ke Rp15.470

Pangsa impor Indonesia utamanya didominasi oleh China mencapai US,69 miliar atau setara 34,74 persen dari total impor Indonesia. Kemudian, diikuti oleh Jepang US,30 miliar dan Thailand US0 juta.

Secara total (Januari-September), nilai impor mencapai US9,49 miliar. Nilainya tumbuh 28,93 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni US9,22 miliar.

(ldy/agt)