petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bigcoin88

qqdewi 530Jutaan kata 440428Orang-orang telah membaca serialisasi

《bigcoin88》

Kata Pengamat soal APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat******

Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyanimemastikan pemerintah memberikan penjaminan pinjaman untuk proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB).

Komitmen itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemberian Penjaminan Pemerintah untuk Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

Beleid diteken Sri Mulyani pada 31 Agustus lalu. Beleid mengatur soal penyediaan jaminan pemerintah bagi pencarian pendanaan dalam rangka menutup kenaikan atau perubahan biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Jaminan diberikan dengan mempertimbangkan berbagai prinsip.

"Kemampuan keuangan negara, kesinambungan fiskal dan pengelolaan risiko fiskal," kata beleid itu.

Sri Mulyani mengatakan penjaminan proyek KCJB diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2021. Penjaminan diberikan karena terjadi pembengkakan biaya proyek yang memicu lahirnya pinjaman tambahan.

Lihat Juga :
OBITUARISoebronto Laras, Sosok Pengusaha dan Tokoh Otomotif Indonesia

Biaya pembangunan KCJB memang membengkak. Dalam proposal penawaran yang disampaikan pemerintah China ke Indonesia pada 2015 lalu, Negeri Tirai Bambu menawarkan biaya pembangunan proyek hanya US,13 miliar.

Namun, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan biaya itu kemudian bengkak US,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

PMK Nomor 89 Tahun 2023 tadi pun sempat ramai dikritik karena disinyalir pemerintah menggadaikan APBN. Namun, hal ini ditepis oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Menurut Prastowo, PMK Nomor 89 Tahun 2023 hanya penjaminan biasa. Ia mengatakan pemerintah sudah biasa memberikan penjaminan proyek infrastruktur.

Lihat Juga :
Daftar Direksi dan Komisaris Baru PLN Usai Agus Martowardojo Masuk

"Lalu masalahnya di mana? Tidak ada. Selama ini dijamin aman karena tata kelola dan manajemen risiko sangat dijaga. Yang bermasalah itu pikiran jorok, seolah APBN digadaikan ke China!," kata Yustinus dalam akun twitternya @prastow, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan pemerintah memberikan penjaminan kepada PT Kereta Api Indonesia atau KAI sebagai pemegang saham mayoritas KCJB agar dapat meningkatkan reputasinya ke pemberi pinjaman. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman terhadap proyek KCJB.

"Jelas ya, yang meminjam PT KAI ke kreditur, bukan pemerintah, apalagi seolah APBN langsung digunakan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menjelaskan sebenarnya keterlibatan APBN dalam proyek KCJB ini sebagai jaminan jika PT KAI di kemudian hari akan melakukan pinjaman.

Lihat Juga :
Profil Sofiah Balfas, Direktur Bukaka Tersangka Baru Korupsi Tol MBZ

"Sehingga APBN di sini seperti semacam letter of guaranteeyang kemudian seharusnya bisa menekan cost of borrowing ketika kemudian kereta api cepat membutuhkan pendanaan di kemudian hari," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/9).

Meski demikian, kata Yusuf, keterlibatan APBN akhirnya memunculkan kontijensi risk yang kemudian bisa muncul dari proyek KCJB.

Memang, APBN tidak serta merta menalangi kebutuhan dana yang semisal dibutuhkan dalam perjalanan operasional kereta api cepat ini. Namun, hal ini tidak menutup fakta bahwa ada risiko kontingensi yang kemudian harus ditanggung oleh APBN dari kesepakatan ataupun kebijakan ini.

Oleh karena, menurut Yusuf sebenarnya perlu yang dipastikan adalah skenario-skenario operasional dari KCJB perlu dipastikan berjalan sesuai dengan rencana.

Lihat Juga :
The Fed Putuskan Tahan Suku Bunga Bulan Ini

"Misal di sisi target penumpang, apakah kemudian target penumpang per hari per bulan ataupun per tahun itu mencapai sesuai proyeksi sebelumnya," kata Yusuf.

"Kalaupun misalnya tidak tercapai apa bentuk mitigasinya? Bentuk mitigasi inilah yang juga akan berkorelasi terhadap risiko yang muncul dari kebijakan ini," sambungnya.

Yusuf juga menyebut KCJB akan berpotensi meningkat kinerja perekonomian di daerah yang terdapat stasiun. Pada muaranya ketika meningkatkan perekonomian akan berpotensi memunculkan titik-titik ekonomi baru.

Nah, titik-titik ekonomi baru inilah yang kemudian perlu dipantau. Apakah dia bisa berjalan sesuai dengan proyeksi atau tidak.

"Karena sama seperti argumen penumpang di atas, ini akan juga berkorelasi dengan risiko yang bisa muncul dalam operasional kereta api cepat ini sehingga mitigasi yang handal akan mengurangi risiko yang kemudian bisa muncul ke APBN melalui kebijakan ini," jelas Yusuf.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tekanan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Terminal Bus Tanjung Priok memberangkatkan 6.571 penumpang pada H******

Terminal Bus Tanjung Priok memberangkatkan 6.571 penumpang pada  H-2
Situasi di Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara pada Senin (8/4/2024) atau H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah.ANTARA/Mario Sofia Nasution
yang masuk ke Terminal ini sejak Rabu (3/4) hingga Senin (8/4) mencapai 648 unit dengan jumlah penumpang mencapai 3.517 penumpang.
Jakarta (ANTARA) - Terminal Bus Tanjung Priok, Jakarta Utara telah memberangkatkan sebanyak 6.571 penumpang  sejak Rabu (3/4) hingga H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Total bus yang berangkat dari terminal ini sebanyak 557 unit bus,"kata Komandan Regu 4 Terminal Bus Tanjung Priok Asmali di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan penumpang dari sini menuju Jawa Tengah,Jawa Timur, Jawa Barat, hingga Pulau Sumatra.

Sementara itu jumlah bus yang masuk ke Terminal ini sejak Rabu (3/4) hingga Senin (8/4) mencapai 648 unit dengan jumlah penumpang mencapai 3.517 penumpang.

Ia mencatat jumlah penumpang yang berangkat dari terminal ini di atas seribu orang dalam sehari terjadi pada Jumat (4/4), Sabtu (5/4) dan Minggu (7/8)

Pada hari Jumat total ada 1.412 orang yang berangkat dengan 115 bus dan pada Sabtu naik menjadi 1.665 penumpang dengan 131 unit bus.

Sementara pada hari Minggu ada 1.454 penumpang yang berangkat dengan 119 unit bus dan pada Senin hingga pukul 14.00 WIB total ada 476 orang yang berangkat dengan 33 bus.

"Keberangkatan akan tetap ramai hingga H-1 esok hari dan memang jumlah penumpang akan cenderung berkurang dari hari sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan bus dari Terminal Tanjung Priok ini memiliki sejumlah rute ada rute pendek, ada rute sedang dan rute panjang.

Untuk rute pendek, katanya ada ke Banten dan rute sedang ke Jawa Barat dan untuk rute jauh ke Jawa Timur bahkan ke Pulau Sumatera.

Selain itu pihak Terminal Bus Tanjung Priok juga melakukan pemeriksaan terhadap fisik kendaraan bus yang akan berangkat.

Menurut dia sejumlah bus yang datang akan diperiksa kondisi sebelum berangkat dan sejauh ini semua laik jalan.

"Kami juga memeriksa kesehatan sopir yang akan membawa penumpang dan ini bertujuan untuk keselamatan dalam perjalanan," kata dia.
Baca juga: Keberangkatan penumpang terbanyak di Terminal Tanjung Priok pada Sabtu
Baca juga: Kepolisian jamin keamanan pemudik di Terminal Bus Tanjung Priok
Baca juga: Gelombang kedua mudik gratis dari Tanjung Priok berangkat 7 April
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Penyanyi Melitha Sidabutar meninggal dunia di usia 23 tahun******

Penyanyi Melitha Sidabutar meninggal dunia di usia 23 tahun
Potret penyanyi Melitha Sidabutar. (ANTARA/Instagram/melithatricia)
Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Melitha Sidabutar meninggal dunia hari Senin di usia 23 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh label yang menaunginya yakni Impact Music Indonesia melalui sebuah unggahan di Instagram.

"Selamat Jalan Melitha, bersama Tuhan Yesus di surga mulia," tulis keterangan Impact Music Indonesia di aku Instagram @impactmusicindonesia pada Senin.

Baca juga: Indonesian Idol kembali mengudara dengan musim spesial

Baca juga: Kiat sukses jadi penyanyi ala Sandhy Sondoro

Unggahan tersebut juga menginformasikan mengenai penyelenggaraan ibadah penghiburan bagi penyanyi yang pernah mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu.

"Rumah duka Carolus ibadah penghiburan oleh Gereja @gti.tiberias 19.00. Mari berikan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan," tulis Impact Music Indonesia.

Dalam unggahan terpisah, Impact Music Indonesia juga menyampaikan penghormatan sekaligus ungkapan terima kasih atas karya-karyanya yang menenangkan hati para pendengarnya.

"Selamat jalan Melitha Sidabutar. Perginya kamu meninggalkan kesedihan yang mendalam. Tetapi lewat kehadiran kamu juga banyak jiwa-jiwa yang merasa lebih tenang dan tertolong lewat pujian-pujian yang kamu bawakan. Terima kasih untuk semua karya-karyamu kami akan merindukanmu setiap saat," tulis Impact Music Indonesia dalam unggahan video yang berisi cuplikan lagu-lagu yang dibawakan Melitha.

Unggahan mengenai meninggalnya penyanyi dengan nama lengkap Melitha Patricia Sidabutar mendapat banyak komentar dari para warganet yang merasa terkejut atas kepergiannya dan ada pula yang memanjatkan doa untuknya.

Diketahui, Melitha Sidabutar dikenal setelah mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol bersama kembarannya, Melisha Sidabutar.

Akan tetapi, Melisha meninggal dunia pada 8 Desember 2020 lalu di usianya yang ke-19 tahun karena pembengkakan jantung.

Baca juga: BCL kembali jadi juri "Indonesian Idol X" setelah absen pekan lalu

Baca juga: Juara Indonesian Idol meriahkan upacara Hari Lahir Pancasila di Jatim

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:gacor 33

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
tower club slot login
slot gacor rtp
erek erek42
max win wild north
pinjaman online dengan tenor 12 bulan
slot terbaik dan gacor
harta138 slot
tokopedia bisa pinjam uang
server thailand
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot deposit 5000 via dana
Bab 2 hotel slot88
Bab 3 daftar slot online resmi
Bab 4 vegasgg
Bab 5 slot panas99
Bab 6 okb88
Bab 7 situs pasti gacor
Bab 8 cara memasukan saldo dana ke slot
Bab 9 74 togel
Bab 10 play hoki slot
Bab 11 cara kredit di akulaku
Bab 12 erek ular
Bab 13 luxury1288
Bab 14 pola gacor kakek zeus hari ini
Bab 15 rtp yakin777
Bab 16 rtp joker81
Bab 17 slot yang sering gacor
Bab 18 bolahiu
Bab 19 situs gacor hari ini maxwin
Bab 20 winbet88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4715bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Superstar Xuankai

seribu mimpi 40
Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart Full Day Sale adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta!
Ilustrasi. Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart Full Day Sale adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta! (CNN Indonesia/Dela Naufalia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart kembali lagi nih dengan Full Day Sale yang enggak boleh kamu lewatkan. Kali ini Full Day Sale akan digelar selama dua hari dari hari Sabtu (6/4) hingga Minggu (7/4).

Salah satu produk yang mendapat diskon besar di Transmart adalah sepeda listrik, dengan potongan harga sampai Rp3 juta!

Lihat Juga :
Nikmati Diskon 50% + 20% di Transmart Hari Ini sampai Pukul 22.00

Di luar Pulau Jawa, harga diskon tetap berlaku, tetapi dari harga normal Rp6.750.000 menjadi Rp3.968.000 setelah sale.

Gimana, murah kan? Kamu bisa mendapatkan harga dan diskon spesial ini dengan menggunakan kartu kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank.

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Jangan khawatir! Kamu bisa mengunjungi kantor cabang Bank Mega terdekat atau di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart.

Jika belum punya Allo Prime gampang kok caranya. Kamu tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore, atau AppStore, dan meng-upgradeakun mu menjadi Allo Prime.

Yuk, jangan sampai kelewatan! Segera kunjungi Transmart Full Day Sale besok dan bawa pulang sepeda listrik impianmu. Penawaran ini dimulai dari saat gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perjalanan Cepat: Pertandingan Penebusan Pria

raja asia slot 88
Kulkas side by side banting harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart Full Day Sale, diskonya sampai Rp3 juta!
Ilustrasi. Kulkas side by side banting harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart Full Day Sale, diskonya sampai Rp3 juta! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kabar gembira buat pelanggan setia Transmart di seluruh Indonesia yang lagi cari kulkas. Transmart Full Day Sale balik lagi dengan diskon besar-besaran untuk kulkas.

Kulkas side by side (SBS) banting harga gede-gedean dari Rp12 jutaan jadi Rp8 jutaan aja di Transmart Full Day Sale.

Lihat Juga :
Serbu Transmart Sekarang, Belanja Kebutuhan Harian Diskon sampai 20%

Pesta diskon ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4). Mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Penawaran dengan harga spesial ini bisa didapatkan dengan syarat pembayaran menggunakan Allo Prime dari Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Jadi pastikan bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Belum memiliki kartu kredit Bank Mega? Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Kalau belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal downloadaplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgradeakunnya ke Allo Prime.

Saatnya borong belanjaan dan bawa pulang kulkas impian dengan banyak diskon di akhir pekan ini cuma di Transmart Full Day Sale.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Superstar Hiburan yang Tak Terkalahkan

slot online77
Terminal Kalideres berangkatkan 4.000 lebih penumpang pada H-2 Lebaran
Ilustrasi situasi mudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (3/4/2024). ANTARA/Risky Syukur
kota tujuan favorit para pemudik hari ini adalah Padang, Jawa Tengah, dan Palembang.
Jakarta (ANTARA) - Terminal Kalideres, Jakarta Barat  telah memberangkatkan sebanyak 4.151 penumpang menggunakan 189 bus pada H-2 Lebaran 1445 Hijriah.

Jumlah penumpang mudik tersebut menurun dibandingkan dengan jumlah penumpang mudik pada H-3 lebaran, Minggu, sebanyak 6.511 penumpang.

"Sampai pukul 20.00 WIB, jumlah penumpang berangkat itu 4.151 penumpang menggunakan 189 bus," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Hingga pukul 24.00 WIB, jumlah penumpang berangkat diprakirakan mencapai 4.500 penumpang.

"Tadi sudah 4.000 ribu ya, (pukul 24.00 WIB) bisa sampai 4.500 lah, enggak sampai 5.000. Kemarin itu puncaknya untuk arus mudik," kata Revi.

Adapun kota tujuan favorit para pemudik hari ini adalah Padang, Jawa Tengah, dan Palembang.

"Favorit itu Padang, Jawa Tengah, Palembang," ucap Revi.

Sementara itu, lanjut dia, untuk kedatangan  jumlah penumpang sebanyak 341 penumpang menggunakan 201 bus.
Baca juga: TransJakarta tambah operasional di Terminal Kalideres selama mudik
Baca juga: Terminal Kalideres siagakan tiga posko untuk amankan mudik
Baca juga: Penumpang Terminal Kalideres diprakirakan capai 3.000 pada H-6 Lebaran
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Penjahat menjadi dewa

situs judi slot online terpercaya
PT Kino Food Indonesia (KFI) dilikuidasi oleh induk usaha KINO. Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi di BEI dengan nomor 089/CF-CS/OJK/092023.
Ilustrasi. PT Kino Food Indonesia (KFI) dilikuidasi oleh induk usaha KINO. Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi di BEI dengan nomor 089/CF-CS/OJK/092023.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Bursa Efek Indonesia mencatatkan PT Kino Food Indonesia (KFI) dilikuidasi oleh induk usaha PT Kino Indonesia Tbk (KINO). Hal itu terungkap dalam keterbukaan informasi dengan nomor 089/CF-CS/OJK/092023.

Dalam surat itu, Sekretaris Perusahaan KINO Clara Alexandra Linanda, mengatakan keputusan likuidasi diambil berdasarkan keputusan sirkuler yang diambil para pemegang saham KFI selaku pengganti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Integrasi bisnis menjadi alasan KFI dilikuidasi oleh Kino Indonesia.

Selain integrasi bisnis, 80,4 persen saham KFI dimiliki oleh Kino Indonesia. Namun, ia menjelaskan bahwa kelangsungan Kino sama sekali tidak berdampak terhadap operasional maupun keberlangsungan perusahaan.

"Tidak ada dampak pada kegiatan operasional hukum, kondisi keuangan, maupun kelangsungan usaha perseroan," ujarnya.

Sebagai informasi, Kino Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di sektor produksi dan distribusi konsumsi terbaru. Sejumlah produk Kino Indonesia adalah makanan, minuman, farmasi, dan bodycare. Perusahaan tersebut memiliki total 19 merek dan 16 kategori produk.



Kino Food Indonesia awalnya merupakan PT Morinaga Kino Indonesia, sebuah perusahaan patungan antara Kino Indonesia dengan Morinaga & Company Limited yang berasal dari Jepang.

Pada 2019, Kino Indonesia mengambil alih Morinaga Kino Indonesia dan merubah perusahaan tersebut menjadi KFI. KFI merupakan merupakan produsen permen, minuman serbuk, makanan dari cokelat, makanan bayi dan berbagai produk lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

Sangat pemburu

raja 89 slot
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mengangkat Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono sebagai komisaris PT Pertamina (Persero).
Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono resmi menjabt sebagai komisaris PT Pertamina (Persero) pada Kamis (22/9). (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mengangkat Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono sebagai komisaris PT Pertamina (Persero).

"Bambang Suswantono ditunjuk sebagai komisaris PT Pertamina (Persero), berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) Nomor SK-263/MBU/09/2023 22 September 2023," tulis pernyataan di situs resmi Pertamina hari ini.

Purnawirawan TNI tersebut menggantikan posisi Rida Mulyana yang sudah pensiun pada Juni 2023 lalu. Ia kini bergabung dengan jajaran dewan komisaris Pertamina lainnya yang dipimpin Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jabatannya di TNI pun mentereng, yakni inspektur jenderal TNI ke-20 pada 2020-2023, komandan jenderal akademi TNI di 2020, asisten potensi maritim (Aspotmar) Kasal pada 2018-2020. Ia juga bagian dari Korps Marinir 2017-2018 dan pernah menjadi komandan pasukan pengamanan presiden alias Paspampres pada 2016-2017.

Selain menjadi komisaris Pertamina, Bambang saat ini juga memegang jabatan Irjen Kementerian ESDM. Ia dipercaya mengisi jabatan tersebut sejak 31 Juli 2023 lalu.

Susunan terbaru dewan komisaris Pertamina:

Komisaris Utama: Basuki Tjahaja Purnama
Wakil Komisaris Utama: Rosan P. Roeslani
Komisaris: Heru Pambudi
Komisaris: Bambang Suswantono
Komisaris Independen: Alexander Lay
Komisaris Independen: Ahmad Fikri Assegaf
Komisaris Independen: Iggi H Achsien

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Agen Ratu: Selir Backgammon

kredit tv akulaku
Polres Bantul dan Pertamina cek takaran SPBU antisipasi kecurangan
Pengecekan takaran mesin pompa BBM di SPBU wilayah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Senin (8/4/2024). ANTARA/HO-Humas Polres Bantul
penyegelan, pidana, hingga denda bagi SPBU yang ditemukan mencurangi meteran
Bantul (ANTARA) - Kepolisian Resor Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Tim Pertamina Fuel Terminal Rewulu mengecek stok bahan bakar minyak dan akurasi takaran mesin pompa di beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mengantisipasi kecurangan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Pengecekan hari ini digelar di dua SPBU yang beroperasi di wilayah Kasihan Bantul, yaitu di SPBU Pertamina 44.551.14 Tamantirto dan Pertashop Bangunjiwo 4P.55103," kata Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangannya di Bantul, Senin.

Menurut dia, pengecekan juga bakal digelar rutin untuk melindungi masyarakat dari kecurangan selama mudik Lebaran, terlebih adanya kasus bensin dicampur dengan air di SPBU wilayah Kota Bekasi, yang mana tiga orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Dia mengatakan, awalnya polisi mengecek stok BBM, kemudian petugas memeriksa ketepatan takaran pada masing-masing mesin pompa, serta kemungkinan BBM tercampur air, dan hasilnya, semua mesin pompa SPBU berfungsi dengan takaran yang tepat.

"Untuk wilayah Bantul, belum kami temukan kecurangan takaran maupun BBM yang tercampur air. Selain itu, stok BBM di setiap SPBU juga aman," katanya.

Baca juga: Pertamina-Pemkot uji takar nozzle SPBU di Jayapura cegah kecurangan
Baca juga: Pertamina pastikan seluruh SPBU salurkan BBM tanpa kecurangan

Dia mengatakan, pengecekan ini juga untuk menjamin stok BBM aman, serta melindungi masyarakat dari kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM, terlebih selama arus mudik Lebaran yang sedang berlangsung saat ini.

Pihaknya mengimbau, para pengusaha SPBU di wilayah Bantul tidak mengutak-atik takaran di mesin pompa BBM, serta menjamin bahan bakar tidak tercampur air maupun kontaminasi lainnya.

"Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan, pidana, hingga denda bagi SPBU yang ditemukan mencurangi meteran," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Polres Bantul juga akan melakukan patroli dialogis terhadap semua SPBU di wilayahnya. Dialog menjadi strategi persuasif untuk mengajak para pengelola pompa bensin menghindari penimbunan BBM.

"Patroli dialogis untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan," katanya.

Baca juga: Polda Sulteng sidak SPBU antisipasi kecurangan pengisian BBM
Baca juga: Polres Touna cek SPBU cegah kecurangan pengisian BBM jelang mudik
Baca juga: Polres Jember jaga sejumlah SPBU antisipasi kecurangan BBM

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024