petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

roket 128 slot login

pinjaman online pasti cair tanpa bi checking 696Jutaan kata 17702Orang-orang telah membaca serialisasi

《roket 128 slot login》

Polisi ungkap tradisi dan pengungkapan geng jadi motif perundungan******

Polisi ungkap tradisi dan pengungkapan geng  jadi motif perundungan
Arsip foto - Komisioner KPAI Diah Puspitarini (kedua kiri) dan Kasat Reskrim Polres Kota Tangerang Selatan AKP Alvino Cahyadi (kanan) menyampaikan keterangan pers terkait penetapan tersangka kasus perundungan anak SMA Bina Nusantara (Binus) Internasional di Mapolres Tangerang Selatan, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (1/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa/am.
motif kedua pada tanggal 13 Januari 2024 para pelaku melakukan kekerasan diduga karena mendapatkan informasi bahwa korban menceritakan kegiatan tradisi tersebut kepada saudara anak korban
Jakarta (ANTARA) - Resor Metro Tangerang Selatan Kota mengungkap motif perundungan siswa di sekolah internasional di kawasan Serpong, Tangerang Selatan yakni terkait tradisi dan korban dituding membocorkan keberadaan geng yang ada di sekolah tersebut.

"Motif pertama terjadi pada tanggal 2 Januari, para pelaku menjalankan semacam tradisi yang tidak tertulis sebagai tahapan untuk bergabung ke dalam suatu kelompok,”kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alvino Cahyadi dalam konferensi pers di Polres Metro Tangerang Selatan, Jumat.

Alvino menjelaskan untuk kronologis kejadian pada tanggal 2 Januari 2024 berawal di Warung Ibu Gaul (WIG) di sekitar Binus School Serpong.

"Ketika itu 12 pelaku yang tergabung dalam kelompok geng 'TAI' secara bergantian melakukan tindakan kekerasan terhadap anak korban," kata Alvino.

Alasan dari pelaku aksi perundungan itu sebagai tradisi jika hendak bergabung atau masuk ke dalam kelompok geng 'TAI'.

Kemudian motif kedua pada tanggal 13 Januari 2024 para pelaku melakukan kekerasan diduga karena mendapatkan informasi bahwa korban menceritakan kegiatan tradisi tersebut kepada saudara anak korban.

"Para pelaku berjumlah enam orang yang mengetahui bahwa anak korban bercerita tersebut tidak terima dan kembali melakukan tindakan kekerasan terhadap anak korban. Akibatnya anak korban mengalami ketakutan, tertekan dan stres akut, " kata Alvino.

Akibat perbuatannya keempat tersangka dan delapan anak yang berkonflik dengan hukum dikenakan pasal 76C jo pasal 80 UU Nomor 35 Th. 2014 atas perubahan UU No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi Undang-undang dan/atau Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

Resor Metro Tangerang Selatan Kota menetapkan sebanyak empat tersangka dalam dugaan kasus perundungan (bullying) yang terjadi di salah satu sekolah internasional di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

"Empat orang saksi ditingkatkan status menjadi tersangka yang diduga melakukan tindak pidana kekerasan terhadap anak di bawah umur,”kata Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alvino Cahyadi dalam konferensi pers di Polres Metro Tangerang Selatan, Jumat.

Alvino menjelaskan empat tersangka tersebut berinisial E (18 tahun), R (18 tahun), J (18 tahun), dan G (19 tahun).

Selain itu dalam kasus ini setidaknya sudah 17 saksi yang diperiksa terkait kasus perundungan terhadap satu siswa Binus School Serpong.

"Saksi yang diperiksa tidak hanya dari siswa yang diduga terlibat kasus perundungan berujung kekerasan di sekitar sekolah. Tetapi penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap guru dari Binus School Serpong tersebut, " ucapnya.
Baca juga: KPAI tetap kawal hak pendidikan pelaku perundungan di Binus
Baca juga: Polisi sebut kasus perundungan di Tangsel telah terjadi dua kali
Baca juga: Polisi tetapkan empat tersangka dalam kasus perundungan di Serpong

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024

Apa Kata Pakar soal Hilirisasi Digital yang Jadi Program Gibran?******

Sejumlah pengamat tak mengerti maksud hilirisasi digital yang disampaikan oleh Gibran saat debat cawapres. Istilah yang baru didengar.
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat pertama Cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengamat merespons pernyataan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua Gibran Rakabuming Rakasoal hilirisasi digital.

Gibran berulang kali menyampaikan istilah hilirisasi digital dalam debat cawapres Pilpres 2024, Jumat (22/12).

"Kami akan lanjutkan hilirisasi. Bukan hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ucap Gibran.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Izzudin Al Farras Adha mengatakan tidak ada istilah hilirisasi digital dalam dunia akademik.

"Saya tidak tahu karena tidak ada istilah hilirisasi digital di dalam berbagai literatur akademik maupun dokumen laporan terkait," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (23/12).

Izzudin lantas mengatakan yang sebaiknya menjelaskan terkait hilirisasi digital adalah tim sukses Prabowo-Gibran.

Senada, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda mengaku heran dengan istilah hilirisasi digital ala Gibran tersebut. Ia menyebut apa yang disampaikan Gibran tidak jelas dan hanya diucapkan untuk kepentingan kampanye semata.

"Hilirisasi digital itu program yang tidak jelas, tidak terarah, hanya untuk strategi kampanye menyasar pemilih yang terkesima dengan jargon-jargon hilirisasi dan digital. Tapi jadi bahan tertawaan masyarakat lainnya," katanya.

Lihat Juga :
Budiman Sebut Prabowo-Gibran Komitmen Genjot Infrastruktur Digital

Nailul menjelaskan hilirisasi biasanya proses pengolahan bahan baku atau raw material menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Apa yang mau dihilirisasi dari digital? Teknologinya, manusianya, atau apa? Ini dari digital apa yang raw material? Nilai tambahnya di mana?" katanya.

Sementara Founder Drone Emprit Ismail Fahmi juga baru mendengar istilah hilirisasi digital seperti yang disampaikan Gibran.

"Baru dengar istilah itu. Musti tanya ke tim 02 apa yang mereka maksud," kata Ismail.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira juga mengatakan hilirisasi yang disampaikan Gibran agak rancu karena digital merupakan jasa, bukan barang industri atau komoditas.

Padahal terminologi hilirisasi, kata Bhima, biasanya melekat pada penciptaan nilai tambah pada sektor berbasis komoditas atau industri.

"Kalau yang dimaksud Gibran seperti AI kemudian blockchain dan web3 itu lebih tepatnya inovasi digital. Maksudnya mungkin pengembangan digitalisasi karena saat ini sudah sampai pada tahap web4 di mana teknologi internet tidak hanya terdesentralisasi tapi juga tersebar luas," kata Bhima.

Sedangkan Praktisi Teknologi Informasi, Ainun Nadjib berpendapat bahwa yang Gibran ucapkan tidak realistis karena belum ada ekosistem yang mendukung Indonesia menguasai hulu sampai ke hilir di sektor digitalisasi.

"Hilirisasi itu kan ketika kita menguasai hulu, tapi tidak menguasai hilir, misalnya tambang bahan mentah kita punya, tapi belum bisa mengolah," ucap Ainun.

"Lah digital itu kita tidak menguasai hulunya, China saja tidak menguasai hulunya. Justru karya-karya anak bangsa adanya hilir semua, aplikasi2 yang langsung dipakai masyarakat sebagai produk akhir," ucap Ainun kemudian.

[Gambas:Twitter]

Lihat Juga :
Budiman Jelaskan Hilirisasi Digital ala Gibran di Debat Cawapres

Penjelasan kubu Gibran

Sementara itu, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Budiman Sudjatmiko mengatakan hilirisasi digital yang disampaikan Gibran dimaknai dalam dua hal.

Pertama, hilirisasi digital sebagai bentuk pembangunan ekosistem digital atau digitalisasi rantai pasok.

"Dari hulu sampai hilir berupa produk alat teknologi atau technological devices seperti laptop, smartphone, komputer personal untuk berbagai sektor industri," katanya.

Artinya, sambung Budiman, membangun ekonomi digital tidak cukup hanya pengembangan aplikasi saja tetapi juga mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digitalnya pula.

Pengembangan hilirisasi digital dengan pendekatan ekosistem itu, katanya sering diistilahkan dengan Device, Network and Application (DNA).

"Sumber daya apa yang dibangun dalam ekosistem ini dan bernilai tambah tinggi? Data. Karena itu tepat sekali ketika Mas Gibran juga mengingatkan pentingnya membangun sistem Cyber Security dan Cyber Defense saat bicara ekonomi digital, karena pada akhirnya, data dan pengolahan data secara digital (dengan menggunakan teknologi AI atau Blockchain) yang memiliki nilai tambah ekonomi terbesar," katanya.

Lihat Juga :
DEBAT CAWAPRESGibran Janji Lanjutkan Hilirisasi Banyak Sektor Jika Menang Pilpres

Pemaknaan kedua terkait hilirisasi digital, kata Budiman, adalah melakukan digitalisasi secara intensif dalam suatu rantai pasok industri. Hal itu terkait potensi teknologi digital untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses industri di semua lini.

"Sebagai contoh untuk rantai pasok pangan, maka hilirisasi digital dimaknai dengan penerapan teknologi digital sejak pengembangan pupuk dan bibit unggul, proses produksi melalui IOT Smartfarming, digitalisasi logistik dan distribusi, digitalisasi pengolahan hasil pertanian hingga pengembangan e-commerce sektor pangan," katanya.

Budiman mengatakan hilirisasi digital telah diterapkan di China dan Amerika Serikat (AS). China, katanya, membangun ekonomi digitalnya dengan lengkap mulai dari teknologi chips, industri perangkat digital, teknologi internet, hingga pengembangan aplikasi-aplikasi berbasis AI yang sangat canggih.

Sementara AS, memiliki kapasitas teknologi yang kuat di pengembangan teknologi chips, perangkat digital dan teknologi satelit.

"Kedua negara tersebut kemudian dengan mudah melakukan digitalisasi di berbagai sektor industrinya," kata Budiman.

(fby/pmg)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pola maxwin gates of olympus

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
rekomendasi situs slot gacor hari ini
slot terlengkap dan terpercaya
cara mengkredit hp
murah138
nagamas99
link slot gacor maxwin
mentol4d
situs slot banyak menang
ayu togel
Daftar isi semua bab
Bab 1 hobiqq
Bab 2 voucher kintan buffet
Bab 3 berlian slot gacor
Bab 4 buku mimpi 2d bergambar berurutan
Bab 5 contoh pola slot gacor
Bab 6 rasqq
Bab 7 rtplive
Bab 8 batas pinjaman kredivo
Bab 9 eropa4d
Bab 10 win77 slot gacor
Bab 11 kenzo123 slot demo
Bab 12 cara memakai voucher
Bab 13 pinjaman untuk mahasiswa
Bab 14 list pinjaman kredivo
Bab 15 situs slot game terbaru
Bab 16 pinjol seperti kredivo
Bab 17 icbet88
Bab 18 slot terbaik gacor
Bab 19 rejeki123 slot
Bab 20 web prediksi togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6704bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Karier

link slot depo 25 bonus 25 to kecil
Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) yang berlangsung di Danau Toba.
Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) . (Foto: Pertamina)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pertamina mendukung gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H2O) yang berlangsung di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara pada 2-3 Maret 2024.

Selain untuk memajukan olahraga air dan pariwisata nasional, ajang ini juga diharapkan menciptakan multiplier effect bagi perekonomian daerah.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan kebanggaannya dalam mendukung perhelatan internasional yang diadakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba tepatnya di Balige, Sumatra Utara.

Adapun Pertamina menyediakan stok Pertamax Turbo Ron 98 sebanyak 30.000 Liter yang digunakan para pembalap untuk memacu kendaraan airnya.

"Kualitas Pertamax Turbo sesuai standar balap dunia sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai event internasional," imbuhnya.

Fadjar menambahkan, Pertamina juga menyediakan stok BBM jenis Pertamax sebanyak 8.000 liter dan Pertamina Dex 100 Liter untuk mendukung Basarnas dalam menjalankan tugas mengamankan kegiatan F1 Power Boat di air dan darat.

Sedangkan untuk udara, Pertamina menyediakan stok Avtur sejumlah 9.400 Liter untuk helikopter yang bertugas memantau event ini.

Kemudian, kata Fadjar, sebagai acara internasional, F1 Powerboat menjadi magnet bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Karenanya, ajang ini diharapkan mendongkrak ekonomi daerah, salah satunya melalui multiplier effect aktivitas perdagangan.

Pertamina juga menggandeng empat Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) binaannya untuk memasarkan produk-produk unggulannya, seperti Tanaya Dominic Pattisserie, Birna Coffee, Zack Kress Chips, serta Tenun Ulos Sakkamedeha.

"Selain dukungan pada acara dan ketersediaan bahan bakar, Pertamina juga menyiapkan produk-produk berkualitas dari UMKM binaan di sekitar lokasi event. Ini menjadi upaya bagi UMKM untuk memperluas pasarnya hingga mancanegara," tambah Fadjar.

Booth UMKM ini berada pada Pameran Toba UKM Expo 2024 yang digelar di sekitar Danau Toba untuk memeriahkan ajang F1 Powerboat. Selain UMKM binaan Pertamina, juga terdapat 60 UKM, institusi pemerintah, BUMN maupun swasta.

"Partisipasi UMKM binaan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam pameran ink diharapkan dapat memotivasi UMKM untuk naik kelas, bahkan go global ke mancanegara," tambah Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG's).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

(inh)

Dewa Binatang Misterius

dunia gacor slot
Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan promo Full Day Sale yang menawarkan diskon TV hingga puluhan persen.
Transmart Full Day Sale kembali hadir dengan promo Full Day Sale yang menawarkan diskon TV hingga puluhan persen (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kesempatan emas bagi Anda yang ingin membeli TV baru dengan harga terjangkau. Transmart kembali hadir dengan promo Full Day Sale yang menawarkan diskon TV hingga puluhan persen.

Periode Transmart Full Day Sale ini digelar selama dua hari sejak Sabtu (23/12) sampai dengan Minggu (24/12). Diskonnya berlaku mulai dari toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Besok, Ada Diskon 50% + 20% Menanti

Misalnya produk berikut, LED TV 50" UHD Smart harga normalnya Rp6.969.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp4.799.200. Harga ini berlaku nasional di seluruh gerai Transmart.

Mau beli TV dengan ukuran lebih besar tapi tetap terjangkau? Bisa beli LED TV 65" UHD Smart harga normalnya Rp11.209.000. Harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp7.199.200. Harga ini berlaku nasional di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Pastikan Anda sudah mempunyai salah satu dari bank yang direkomendasikan yaitu Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah supaya bisa klaim diskonnya.

Cara buka rekeningnya mudah, download aplikasi Allo Bank dari hp melalui App Store atau Play Store.

Setelah itu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa menikmati diskon belanjaan di Transmart Full Day Sale sampai 20 persen.

Alternatif lain bisa mengajukan pembukaan kartu kredit instan Bank Mega atau Bank Mega Syariah di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Perang Wu Geng Liuli

trik pasang togel 4d
PT ITSS yang tungkunya meledak dan menewaskan 13 orang pekerja merupakan perusahaan asal China yang berizin operasi sejak 2019 dan akan berakhir 2049.
PT ITSS yang tungkunya meledak dan menewaskan 13 orang pekerja merupakan perusahaan asal China yang berizin operasi sejak 2019 dan akan berakhir 2049. (Arsip Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tungku di pabrik smelternikel milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang berada di KabupatenMorowali, Sulawesi Tengah meledak pada Minggu (24/12).

Sebanyak 35 pekerja yang berada di lokasi kejadian menjadi korban, termasuk 13 orang yang dilaporkan meninggal dunia akibat kejadian itu.

Lalu sebenarnya siapa PT ITSS ini?

Lihat Juga :
Pengamat Pun Bingung dengan Istilah Hilirisasi Digital Ala Gibran

PT ITSS juga merupakan salah satu anak usaha dari Tsingshan Group asal China. Izin operasi perusahaan ini dimulai sejak 2019 dan akan berakhir pada 2049.

PT IMIP juga memiliki 10 persen dalam di PT ITSS. Maka tidak heran jika perusahaan ini berada di kawasan industri miliki PT IMIP dan juga merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang menjadi pemegang saham di perusahaan ini.

Selain PT IMIP, pemegang saham lain perusahaan ini antara lain Tsingshan Holding Group Company Limited, Tsingtuo Group Co. Ltd., Kemudian Hanwa Company Limited, dan Techonology Group Company Limited. Selain di Morowali, kantor pusat perusahaan ini berada di Jakarta. Tepatnya di Gedung Wisma Mulia, Jakarta Selatan.

Mengutip berbagai sumber, PT ITSS menjadi salah satu perusahaan yang cukup berpengaruh di Morowali. Sekitar satu juta ton nickel pig iron (NPI) bisa dihasilkan perusahaan ini setiap tahunnya.

[Gambas:Video CNN]

Kawasan industri IMIP juga merupakan kerja sama antara Bintang Delapan Group Indonesia dengan Tsingshan Steel Group asal China. Tsingshan Group juga telah memiliki tiga unit produksi nickel pig iron (NPI) dengan kapasitas dua juta ton dan 3,4 juta ton stainless steel.

Bisa dibilang Tsingshan Group merupakan perusahaan terbesar di dunia yang bergerak di bidang pengolahan nikel. Mereka juga mengklaim bisa menguasai teknologi pengolahan yang dilakukan lebih maju dan modern.



(tst/agt)

Kronik Aslan: Kesulitan

voucher gocar desember 2022
Transmart Full Day Sale dimanfaatkan bagi pengunjung untuk berbelanja berbagai keperluan tahun baru. Diskon di atas 50 persen.
Transmart Full Day Sale dimanfaatkan bagi pengunjung untuk berbelanja berbagai keperluan tahun baru. Diskon di atas 50 persen. (Foto: CNN Indonesia/ Muhammad Arief)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Saledimanfaatkan bagi pengunjung untuk berbelanja berbagai keperluan menjelang tahun baru. Diskon di atas 50 persen.

Salah satunya Sahel, pelanggan setia Transmart. Ia rencananya akan berkumpul dengan keluarga di tahun baru nanti. Karena itu, Sahel membeli berbagai bahan makanan di Transmart.

"Hari ini aku belanja sayuran, ayam, susu, buah, beras, kebutuhan pokok sehari-hari aja. Sekalian mau ada acara tahun baru jadi sekalian beli juga," katanya kepada CNNIndonesia.comdi Transmart Kota Kasablanka, Sabtu (23/12).

"Baru tau juga Full Day Sale. Emang biasanemenin nenek belanja di Transmart. Merasa terbantu banget kalau ada diskon gini," katanya.

Transmart Full Day Sale balik lagi mulai Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12) dengan diskon gede-gedean.

Ada banyak produk terpilih yang didiskon, mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik.

Transmart memberikan diskon hingga 50 persen untuk beragam produk terpilih, serta masih ada tambahan diskon 20 persen, lho!

Ekstra diskon 20 persen ini khusus bagi pengguna Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, dan Bank Mega Syariah.

Belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah?

Tenang, tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade ke Allo Prime.

Catat daftar belanjaan dari sekarang dan borong belanjaannya di Transmart Full Day Sale ya. Supaya lebih hemat, bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Mendobrak Alam Kesengsaraan Surgawi

link slot online deposit via dana
Kemnaker meminta PT IMIP penuhi hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter, baik yang meninggal maupun luka.
Kemnaker meminta PT IMIP penuhi hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter, baik yang meninggal maupun luka. (Foto: AFP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) agar memenuhi hak-hak pekerja yang menjadi korban ledakan smelter di Morowali, Sulawesi Tengah. Pemenuhan hak diberikan pada korban meninggal maupun yang luka.

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang mengatakan hak para pekerja harus dipenuhi sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

"Dari pemeriksaan yang dilakukan Tim Pengawas Ketenagakerjaan, apabila terbukti perusahaan tidak menjalankan ketentuan ketenagakerjaan baik norma kerja maupun norma K3, tentu akan dilakukan langkah-langkah hukum untuk penegakannya," ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/12).

Tim pengawas, sambungnya, melakukan koordinasi dengan Pengawas Ketenagakerjaan Sulawesi Tengah, BPJS Ketenagakerjaan, dan Polres Morowali.

Tim Pengawas Ketenagakerjaan kemudian meminta keterangan kepada manajemen PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), perusahaan yang menjadi tempat terbakarnya tungku smelter. ITSS merupakan salah satu tenant yang beroperasi di kawasan IMIP.

"Tim Pengawas Ketenagakerjaan juga meninjau secara langsung ke lokasi terjadinya kebakaran tungku smelter, mengunjungi korban luka-luka yang tengah dirawat di Klinik 2 PT IMIP, dan mengunjungi korban yang dirawat di RSUD Morowali," katanya.

Manajemen PT Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) mengungkapkan hingga Selasa (27/12) korban meninggal dunia imbas ledakan tungku smelter nikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Sulawesi Tengah (Sulteng) berjumlah 18 orang.

Dari 18 korban tewas, 10 orang di antaranya adalah tenaga kerja asal Indonesia dan 8 tenaga kerja asing (TKA) asal China.

"Para korban meninggal ini, telah diberangkatkan ke rumah keluarga mereka masing-masing," jelas Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan lewat keterangan tertulis.

Dedy mengungkapkan kecelakaan kerja di PT ITSS terjadi pada Minggu (24/12) sekitar pukul 05.30 WITA.

Berdasarkan hasil investigasi awal, kata dia, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan.

"Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan. Adapun di lokasi juga terdapat banyak tabung oksigen yang digunakan untuk pengelasan dan pemotongan komponen tungku. Akibatnya, ledakan pertama memicu beberapa tabung oksigen di sekitar area ikut meledak," jelasnya.

Dedy menyebut kebakaran tungku smelter nikel berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.20 WITA.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Gelombang naga di zaman makmur

unsur gacor org
BPS: Luasan panen padi di Jateng capai 1,64 juta ha
Kepala BPS Jawa Tengah Dadang Hardiwan (ANTARA/I.C. Senjaya)
Semarang (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat luasan area panen padi di provinsi ini di sepanjang 2023 tercatat mencapai 1,64 juta ha.

Kepala BPS Jawa Tengah Dadang Hardiwan di Semarang, Jumat, mengatakan, luasan tersebut lebih rendah dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 1,69 ha.

Menurut dia, dari area seluas itu, besaran produksi padi di 2023 tercatat mencapai 9,08 juta ton.

"Produksi padi di 2023 turun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 9,36 juta ton," katanya.

Ia menjelaskan jika dilihat dari luasan lahan, daerah dengan area panen terbesar berada di Kabupaten Grobogan yang mencapai 129,63 ribu ha.

Namun jika dilihat dari produktivitasnya, lanjut dia, produksi panen terbesar justru berada di Kabupaten Cilacap yang mencapai 772,49 ribu ton.

Ia menyebut Kabupaten Grobogan mengalami penurunan luasan lahan serta produktivitas panen padi di 2023.

Ia menjelaskan dari produksi padi sebanyak itu di 2023, besaran produksi beras Jawa Tengah mencapai 5,22 juta ton.

Dadang menambahkan jika dihitung berdasarkan angka luasan panen Januari 2024, maka perkiraan produksi beras hingga Februari 2024 nanti dapat mencapai 2,02 juta ton.

"Produksi beras hingga tiga bulan ke depan sudah bisa diprediksi. Sejumlah daerah akan mengalami panen raya di April 2024," katanya.

Sementara Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan penurunan produktivitas beras tersebut menjadi catatan penting.

"Dampak El Nino, banyak lahan produksi beras tidak tergarap karena tidak ada air," katanya.

Meski demikian, ia meminta masyarakat tidak khawatir dengan persediaan beras di Jawa Tengah.

Ia menyebut prediksi panen raya akan mulai berlangsung mulai Maret hingga Mei 2024.


Baca juga: Kementan sebut Jatim-Jateng mulai panen bantu stok pangan nasional

Baca juga: 100 ribu ha sawah Jateng disiapkan jadi penyangga pangan

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024