petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

fals4d

server thailand rtp 700Jutaan kata 960789Orang-orang telah membaca serialisasi

《fals4d》

Transmart Full Day Sale Didominasi Belanja Elektronik******

Barang yang diburu di antaranya peralatan rumah tangga seperti TV, pendingin ruangan (AC), kompor listrik, kulkas hingga sepeda listrik.
Transmart Full Day Sale di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (22/7). (CNN Indonesia/Chandra Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah pengunjung mulai memadati Transmart, Cempaka Putih, Jakarta Pusat dalam momentum Transmart Full Day Sale pada Sabtu (22/7).

Pantauan CNNIndonesia.comdi lokasi, sejak siang pukul 12.00 hingga 17.10 WIB, belanjaan barang elektronik mendominasi.

Barang yang diburu di antaranya peralatan rumah tangga seperti TV, pendingin ruangan (AC), kompor listrik, kulkas hingga sepeda listrik. Salah satu pengunjung yang memborong barang elektronik di antaranya Andri (49). Pria asal Rawamangun, Jakarta Pusat ini membeli sederet barang elektronik untuk keperluan kantor yang ia rintis.

Tidak hanya dia, Nani (56) pengunjung asal Jakarta Timur ini juga membeli TV 50 inci di Transmart. Alasannya, harga yang dijual terbilang miring ketimbang di toko retail lainnya.

"Kemarin sempat lihat harganya Rp10 jutaan, sekarang di sini cuman Rp6,3 juta pakai kartu kredit Bank Mega," kata dia saat ditemui CNNIndonesia.com di Transmart Cempaka Putih, Sabtu (22/7).

Transmart pada hari ini memberi diskon hingga 50%+20% untuk berbagai macam produk sehari-hari mulai dari jam buka sampai tutup toko pukul 22.00 waktu setempat.

Selama periode berlangsung, Transmart memberikan promo diskon menarik untuk daging dan buah-buahan segar, fashion item, kosmetik dan fragrance, furnitur, peralatan dapur, hingga produk elektronik seperti TV, AC, kulkas, mesin cuci, sampai sepeda listrik.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Diskonnya Gede Banget, Jangan Ketinggalan!

Diskon tersebut berlaku untuk pembayaran menggunakan Kartu Kredit Bank Mega, Bank Mega Syariah, atau Allo Prime dari Allo Bank, ya. Setiap transaksi hanya dapat menggunakan satu metode pembayaran.

Bagi yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega, bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di sejumlah gerai Transmart.

Jika Anda belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

(can/ain)

[Gambas:Video CNN]

Tarif Penyeberangan ASDP Naik 5 Persen, Berlaku 3 Agustus 2023******

Kemenhub menaikkan tarif penyeberangan di 29 lintasan. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal memberlakukan tarif baru tersebut pada 3 Agustus 2023.
Kemenhub menaikkan tarif penyeberangan di 29 lintasan. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal memberlakukan tarif baru tersebut pada 3 Agustus 2023. (ANTARA FOTO/HO-Basarnas Banten)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaikkan tarif penyeberangan di 29 lintasan. PTASDP Indonesia Ferry (Persero) bakal memberlakukan tarif baru tersebut pada 3 Agustus 2023.

Aturan baru ini mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 61 Tahun 2023 tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Shelvy Arifin mengatakan ada sejumlah faktor yang berperan dalam kenaikan tarif ini, antara lain kenaikan biaya bahan bakar minyak (BBM), kenaikan upah minimum kota (UMK), hingga inflasi. Shelvy juga menyinggung soal kenaikan kurs dolar AS yang berdampak pada biaya perawatan dan perbaikan kapal.

"ASDP terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa. Kenaikan tarif tersebut tidak lain dilakukan juga untuk menunjang standar pelayanan minimum agar masyarakat dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," imbuh Shelvy.

Kenaikan tarif di 29 lintasan tersebut mencakup Merak-Bakauheni, Ketapang-Lembar, Jangkar-Lembar, Jangkar-Kupang, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Surabaya-Lembar, Kendal-Kumai, Sape-Waikelo, Sape-Labuan Bajo, Sape-Waingapu, Tanjung Api Api-Tanjung Kalian, Batam-Kuala Tungkal, Batam-Mengkapan, Batam-Sei Selari, Karimun-Mengkapan, Karimun-Sei Selari.

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMDeretan Saham Cuan Pekan Ini, Energi hingga Agrikultur

Lalu, Mengkapan-Tanjung Pinang, Dumai-Malaka, Dabo-Kuala Tungkal, Bajoe-Kolaka, Balikpapan-Taipa, Balikpapan-Mamuju, Bitung Ternate, Bira-Sikeli, Bitung-Tobelo, Pagimana-Gorontalo, Siwa-Lasusua, dan Batulicin-Garongkong.

Plt Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Kemenhub Bambang Siswoyo mengamini kenaikan harga BBM menjadi salah satu alasan penyesuaian tarif ini. Di lain sisi, ia menyebut kenaikan tarif ini bisa menjadi gerbang pembuka peluang investasi baru pada moda transportasi laut.

"Pemerintah berharap penyesuaian tarif ini dapat berjalan dengan baik, lancar, dan terkendali. Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) juga diharapkan dapat melakukan pengawasan sosialisasi pada wilayah kerja masing-masing," ujar Bambang.

Besaran kenaikan tarif penyeberangan secara nasional mencapai 5 persen. Bahkan, tarif lintas Merak-Bakauheni yang berstatus penyeberangan tersibuk di Indonesia naik hingga 5,26 persen.

Lihat Juga :
Dewi Kam Jadi yang Paling Tajir dari 10 Wanita Terkaya di ASEAN

Rinciannya, tarif untuk pejalan kaki naik dari Rp21.600 menjadi Rp22.700. Sedangkan sepeda motor naik dari Rp58.550 menjadi Rp60.600. Sementara itu, kenaikan tarif terpadu untuk golongan kendaraan sebagai berikut:

1. Golongan IV A semula Rp457.700 menjadi Rp481.800
2. Golongan IV B dari Rp425.250 menjadi Rp447.800
3. Golongan V A semula Rp916.250 menjadi Rp963.800
4. Golongan V B berubah dari Rp792.750 menjadi Rp835.300
5. Golongan VI A dari Rp1.516.500 naik menjadi Rp1.594.800
6. Golongan VI B dari Rp1.220.000 menjadi Rp1.285.200
7. Golongan VII dari Rp1.761.500 menjadi Rp1.860.400
8. Golongan VIII dari Rp2.320.500 menjadi Rp2.452.400
9. Golongan IX dari Rp3.546.500 menjadi Rp3.755.000

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Ditikung Lagi, Mengapa Tesla Tak Kunjung Investasi di Indonesia?******

Banyak penyebab mengapa Elon Musk tak kunjung investasi di Indonesia penguasaan nikel oleh perusahaan smelter China hingga masalah ekspor ilegal.
Banyak penyebab mengapa Elon Musk tak kunjung investasi di Indonesia penguasaan nikel oleh perusahaan smelter China hingga masalah ekspor ilegal. (Arsip Istimewa via CNBC Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan Tesla milik Elon Musktak kunjung berinvestasi di Indonesia hingga saat ini. Padahal pemerintah telah 'merayu' miliarder nomor wahid itu sejak beberapa tahun terakhir.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan telah bertemu dengan Musk pada Mei 2022 lalu. Saat itu, Jokowi didampingi Presiden Direktur Bakrie & Brother Anindya Novyan Bakrie dan Duta Besar Indonesia Untuk AS Rosan Roeslani.

Melalui akun LinkedIn-nya, Anindya mengatakan pertemuan itu bertujuan meyakinkan Tesla untuk bekerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan dan pemrosesan nikel sebagai bahan baterai kendaraan listrik.

Terbaru, Luhut mengatakan akan bertemu Musk bulan depan. Pertemuan itu untuk menyikapi investasi Tesla di Malaysia yang sedang ramai dibahas dalam beberapa waktu terakhir.

"Belum ada Tesla juga (di Malaysia). Saya mau ketemu Elon nanti (tanggal) 2 bulan depan (Agustus)," kata Luhut di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Senin (24/7).

"Ya itu, kita mau finalkan. Makanya tadi pertanyaan dia itu berkaitan dengan itu," imbuh Luhut.

Sebelum menyasar Malaysia, Tesla juga menyatakan berminat berinvestasi di India. Kabar itu ia sampaikan usai bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi.

Lihat Juga :
Kembangkan Bursa Karbon, Indonesia Terima Hibah Rp52 M dari Inggris

Menurutnya, India sangat bagus untuk investasi energi surya. Ia pun berencana mengunjungi India tahun depan untuk menjajaki investasi Tesla.

"Kami akan melakukannya sesegera mungkin. Kami tidak ingin terburu-buru pada pengumuman, tetapi kemungkinan akan ada investasi yang signifikan dalam hubungan dengan India," katanya.

Lantas mengapa Tesla tak kunjung berinvestasi di Indonesia?

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan Tesla memang tidak hanya bernegosiasi dengan RI untuk berinvestasi, tetapi juga dengan Malaysia dan India. Kedua negara itu dinilai menjadi saingan berat bagi RI dalam beberapa konteks.

Dalam ekosistem kendaraan atau otomotif, kedua negara itu sudah punya pengalaman dalam membangun industri sendiri.

Kondisi itu didukung oleh kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta dukungan politik.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Klaim Indonesia Diminta Dunia Berbagi Cara Tarik Investasi

"Menurut saya ini juga kemudian dilihat sebagai pertimbangan oleh Tesla," kata Yusuf kepada CNNIndonesia.com.

Yusuf menilai Tesla tak kunjung berinvestasi di Tanah Air lantaran ekosistem atau infrastruktur kendaraan listrik yang belum sepenuhnya terbangun.

Kondisi itu membuat investasi yang diharapkan bisa menggaet pasar domestik tidak bisa terpenuhi, setidaknya dalam jangka waktu pendek.

Maka dari itu, ia menilai pemerintah harus memperbaiki terlebih dahulu ekosistem kendaraan listrik dalam negeri. Kemudian juga memastikan regulasi terkait ekosistem kendaraan listrik berkelanjutan.

"Artinya, siapapun pemimpin baru nanti, bisa memastikan bahwa program hilirisasi nikel atau ekosistem kendaraan listrik bisa berlanjut," katanya.

Yusuf menilai wajar jika pemerintah ngotot agar Tesla berinvestasi di Indonesia karena merupakan perusahaan mobil listrik terbesar di dunia.

Jika bisa mendapatkan investasi Tesla, maka peluang RI untuk masuk ke dalam rantai pasok global kendaraan listrik semakin besar.



Ekspor ilegal hingga cadangan nikel dikuasai perusahaan smelter China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:metode pembayaran kredivo

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
link situs slot resmi
akun baru slot
perkasjitu
trik mahjong ways 2
unoplay
bonus new member di awal
voucher matahari
gacormax
batik77 demo
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot yang bisa pakai dana
Bab 2 warkop 138 slot
Bab 3 cara mendapatkan uang ovo gratis
Bab 4 slot tanpa referral
Bab 5 bonus slot 100 bebas ip
Bab 6 bataratoto
Bab 7 rtp lambo77
Bab 8 metaspin88
Bab 9 slotqu88
Bab 10 slot game gacor
Bab 11 kumpulan situs slot online
Bab 12 topstar999
Bab 13 situs slot yg rame
Bab 14 devil138
Bab 15 logo hoki slot
Bab 16 buana138
Bab 17 situs gacor
Bab 18 cara kredit laptop di kredivo
Bab 19 nagadadu
Bab 20 idealsport88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3685bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Legenda Moli

ok google info slot gacor
Siap-siap serbu Full Day Sale Sabtu besok mumpung ada diskon sampai 50%+20% untuk berbagai macam produk Transmart!
Siap-siap serbu Full Day Sale Sabtu besok mumpung ada diskon sampai 50%+20% untuk berbagai macam produk Transmart! (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Siap-siap, ya. Pesta diskon Transmart Full Day Sale bakal hadir lagi besok, Sabtu (22/7). Di gelaran ini, Transmart bakal kasih diskon hingga 50%+20% untuk berbagai macam produk sehari-hari!

Mulai dari daging dan buah-buahan segar, fashion item, kosmetik dan fragrance,furnitur, peralatan dapur, hingga produk elektronik seperti TV, AC, kulkas, mesin cuci, sampai sepeda listrik!

Lihat Juga :
Diskon Transmart Full Day Sale Bikin Pengunjung Puas

Jika Anda belum punya Allo Prime, caranya gampang banget. Tinggal download saja aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Yuk, siap-siap serbu Transmart Full Day Sale besok. Transmart Full Day Sale akan digelar secara serentak selama satu hari penuh di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Diskon besar-besaran berlaku sejak gerai Transmart buka hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya supaya bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]

Keturunan langsung dari masa sulit

slot777 online
Transmart Full Day Sale akan berakhir 5 jam lagi. Yuk, belanja sekarang di Transmart Full Day Sale, bayarnya bisa belakangan pakai Allo Bank.
Transmart Full Day Sale akan berakhir 5 jam lagi. Yuk, belanja sekarang di Transmart Full Day Sale, bayarnya bisa belakangan pakai Allo Bank. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale masih berlangsung nih di seluruh gerai Transmart Indonesia. Cuma sisa 5 jam lagi lhopesta diskonnya, sebelum berakhir di pukul 22.00 waktu setempat.

Siapa aja yang datang ke Transmart selama periode Full Day Sale bisa banget belanja berbagai produk dengan harga miring, dijamin lebih murah dari toko sebelah.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Ada Lagi 22 Juli, Obral Diskon Gede-gedean!

Nantinya, dana talangan itu dilunasi ketika gajian sudah cair ke rekening. Jadi, kamu tetap bisa belanja hemat di Transmart dan bayarnya ketika gajian.

Kapan lagi kan belanja sekarang bayar belakangan plus dapat diskon berlipat, kalau bukan di gebyar Transmart Full Day Sale yang berlangsung selama satu hari ini aja.

Apalagi diskon yang ditawarkan di Transmart Full Day Sale juga nggak main-main. Ada diskon 50 persen plus 20 persen dan masih banyak promo menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Yuk langsung unduh sekarang aplikasi Allo Bank di Google Play Store atau App Store dan upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengaktifkan Allo Paylater.

Atau bisa juga mengajukan buka kartu kredit Bank Mega dan Mega Syariah ke seluruh kantor cabang terdekat di kota kamu.

Gif banner Allo Bank
(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Tahun-tahun ketika aku menjadi Kaisar Langit

link slot gampang maxwin
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (21/7).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (21/7). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (21/7).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajar. Ia melihat peluang kenaikan jangka pendek masih terlihat pada hari ini yang didorong oleh terjadinya aliran uang masuk (capital inflow).

"Sehingga jika terjadi koreksi maka momentum masih dapat dimanfaatkan oleh investor jangka menengah hingga panjang untuk melakukan akumulasi pembelian dengan harapancapital gainyang cukup besar hingga penghujung tahun," kata William dalam riset hariannya.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG menguat. Menurutnya, IHSG berpeluang menguji kembali resisten cluster 6.912 karena rebound dari garis SMA-10 sebagai support dinamis terdekat.

"Kenaikan di atas 6.912 akan membuka jalan untuk melanjutkan penguatan menuju 6.985 sebagai resisten berikutnya menurut analisis Fibonacci projection," katanya.

Ia memprediksi IHSG berada di level support 6.7800, 6.728 dan 6.671. Sementara, level resistennya di 6.912, 6.960 dan 6.985. Adapun saham yang direkomendasikan adalah ANTM, ARTO, BRPT, ESSA, dan INDF.

IHSG ditutup di level 6.864 pada Jumat (20/7). Indeks saham menguat 33,98 poin atau 0,50 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,5 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 294 saham menguat, 223 terkoreksi, dan 231 lainnya stagnan. Terpantau, tiga dari 11 indeks sektoral menguat dipimpin sektor properti, yakni plus 1,73 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Hidup di dunia tanpa akhir

egs777
Sebanyak 300 ribu ton beras impor masuk Indonesia untuk mengamankan stok untuk mengantisipasi dampak El Nino.
Sebanyak 300 ribu ton beras impor masuk Indonesia untuk mengamankan stok untuk mengantisipasi dampak El Nino. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulogmengantisipasi dampak El Nino dengan memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP), yang salah satunya lewat impor. Kini, 300 ribu ton beras impormasuk Indonesia.

Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan kedatangan 300 ribu ton beras ini merupakan impor tahap kedua, dari total penugasan 2 juta ton beras impor pada 2023. Sedangkan pada tahap pertama, sebanyak 500 ribu ton sudah masuk.

Selain dari impor, Febby mengatakan Bulog juga memenuhi CBP dengan menyerap sebanyak-banyaknya produksi dalam negeri.

Febby menambahkan Bulog terus memaksimalkan seluruh instrumen yang ada sebagai langkah antisipasi bersama menghadapi El Nino serta untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pangan dengan melibatkan kelompok tani, penggilingan tradisional, serta para stakeholder lainnya.

Bulog juga berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna menjaga pemerataan ketersediaan stok.

Bukan cuma memastikan seluruh gudang dipenuhi oleh stok beras, Bulog juga menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal baik secara offline maupun online dan melalui outlet-outlet binaan Bulog seperti Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern.

"Berbagai upaya yang saat ini dilakukan oleh Bulog saat ini disamping untuk memupuk stok cadangan beras pemerintah juga dapat menggerakkan roda perekonomian terutama menjaga stabilisasi dan inflasi beras yang mungkin terjadi," kata Febby.

[Gambas:Video CNN]

 

(fby/pta)

Yun Qi Nian Gu Jingchen

situs bermain slot
Full Day Sale bakal hadir lagi besok, Sabtu (22/7) di seluruh gerai se-Indonesia. Selama belanjanya di Transmart, budget pasti aman di tanggal tua.
Full Day Sale bakal hadir lagi besok, Sabtu (22/7) di seluruh gerai se-Indonesia. Selama belanjanya di Transmart, budget pasti aman di tanggal tua. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Tanggal tua datang, belanja enggak perlu bimbang. Soalnya, ada Transmart Full Day Sale yang akan digelar pada Sabtu, 22 Juli 2023 di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Di Transmart Full Day Sale, aneka produk diskon sampai 50 persen, mulai dari kebutuhan sehari-hari, daging ayam, sampai aneka elektronik dan sepeda listrik.

Lihat Juga :
Cuma Transmart Tempat Belanja yang Ngasih Diskon Gede di Tanggal Tua

Kalau belum punya, bisa segera unduh aplikasi Allo Bank, lalu buat akun dan upgrade ke Allo Prime.

Begitu juga dengan kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah, bisa langsung ajukan pendaftaran secara instan.

Nah, tunggu apalagi? Segera cek apa saja kebutuhan rumah tangga yang mau dibeli dan belanja di Transmart saat Full Day Sale pada akhir pekan ini.

Acara diskon seharian ini akan berlaku sejak dimulainya jam operasional Transmart alias jam toko buka sampai toko tutup yang berlaku di masing-masing gerai di seluruh Indonesia.

Jadi, jangan takut kehabisan! Tapi jangan lupa juga untuk segera mampir ke gerai Transmart terdekat ya dan dapatkan diskon aneka produknya!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Musuh di kamar kerja musim semi

ok google info slot gacor
Konsultan properti mengungkap berinvestasi apartemen saat ini cenderung rugi lantaran turunnya minat sewa.
Konsultan properti mengungkap berinvestasi apartemen saat ini cenderung rugi lantaran turunnya minat sewa. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Konsultan properti mengatakan jumlah orang yang berinvestasi apartemensaat ini cenderung menurun karena mengalami kerugian.

Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan kerugian terjadi karena minat sewa apartemen yang rendah.

"Pemilik apartemen merasa bahwa 'saya rugi beli apartemen karena kosong, susah banget cari penyewa'. Itu memang fenomena yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya," kata Ferry dalam media briefing, Kamis (20/7).

Investor, kata Ferry, semakin rugi karena harga apartemen yang tidak naik.

"Harga jelas tidak bisa naik. Kalau memang tidak ada sewanya, siapa yang mau beli dengan harga lebih tinggi. Itu yang buat orang tidak tertarik lagi investasi di apartemen," katanya.

Menurutnya, pada tahun ini jumlah orang yang membeli apartemen saat ini lebih sedikit dibanding yang membelinya untuk dipakai sendiri atau end user.

Ia merinci jumlah investor saat ini sekitar 46 persen, sedangkan end user54 persen. Padahal sebelumnya jumlah investor mencapai 60 persen sedangkan end user40 persen.

Ferry menjelaskan penyebabnya karena saat ini pengembang lebih memilih untuk menghabiskan stok apartemen yang siap huni, di mana jenis apartemen itu lebih diminati end user. Sedangkan investor lebih menyukai apartemen yang dalam proses pembangunan (under construction).

"Tujuannya adalah untuk mendapatkan capital gain yang lebih baik tapi sekarang stok under constructionenggak terlalu banyak," katanya.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)