petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bunga akulaku dan kredivo

kerja menghasilkan uang 457Jutaan kata 240151Orang-orang telah membaca serialisasi

《bunga akulaku dan kredivo》

Bertemu Macron, Jokowi Bahas soal Minat Investor Prancis untuk IKN******

Jokowi menyampaikan apresiasi atas minat investor Prancis untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi.
Ilustrasi Titik Nol IKN Nusantara, Kaltim. Jokowi menyampaikan apresiasi atas minat investor Prancis untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron di New Delhi, India, Sabtu (9/9). Pada kesempatan itu, Jokowimengapresiasi Prancis yang telah membawa investor untuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"(Terkait) investasi di sektor strategis, saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan 4 LoI (Letter of Intent) untuk dukung pembangunan IKN," kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi, Minggu (10/9).

Lihat Juga :
Daftar Investor 'Kakap' yang Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

Selain membahas investasi, Jokowi juga meminta dukungan kepada Prancis terhadap proses keanggotaan Indonesia menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Menurut Jokowi, hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju.

"Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD," tuturnya.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

Bertalian dengan itu, Jokowi meminta Macron dapat berbagi pengalaman mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD.

Dia turut menyampaikan apresiasi kepada Prancis yang telah memperlihatkan fleksibilitas posisi atas tindak pelecehan simbol agama dan kitab suci dalam konsep deklarasi G20.

"Ini isu yang sangat penting bagi Indonesia, tindak pelecehan tersebut sangat melukai hati umat muslim dan tidak dapat dibenarkan," ucapnya.

(mrh/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Kenapa India yang Berpenduduk 1,4 M Jiwa Bisa Ekspor Beras, RI Impor?******

Pengamat menyebut pertanian di India memang lebih baik dibandingkan RI. Karena itu, meski penduduk mereka tembus 1,4 miliar, India tak kekurangan beras.
India meski penduduknya sudah tembus 1,4 miliar jiwa masih mampu mengekspor beras dalam jumlah besar. Itu berbanding terbalik dengan Indonesia. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan heran karena India berpopulasi 1,4 miliar orang, tetapi sanggup surplus 7 juta ton dan menjadi negara pengekspor beras.

Itu berbanding terbalik dengan Indonesia yang berpenduduk 270 juta jiwa tapi masih 'asyik' impor beras.

Karena keheranan itu, ia bertanya langsung pada menteri terkait di India. Pertanyaan ia ajukan saat mendampingi Presiden Joko Widodo di KTT G20 ke-18 pada 9 September-10 September 2023.

Perhatian dilakukan India dengan memberi pupuk gratis kepada para petani. Mereka juga menerapkan penggunaan teknologi canggih di persawahan.

Karena langkah itu, ia mengatakan India bisa dua hingga tiga kali panen beras dalam setahun dengan hasil melimpah.

"Dan itu semua dikerjakan koperasi, bukan konglomerasi. Seperti zamannya Orde Baru Pak Harto (Presiden ke-2 Indonesia Soeharto) dulu. Pupuk koperasi, pabrik beras koperasi, agen beras ya koperasi, semua diatur begitu. Jadi, lingkaran masyarakat kepada masyarakat," tuturnya dalam Diseminasi Perizinan Berusaha di Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga di Harris Vertu Harmoni Hotel, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

"Ini yang mesti kita tata karena kita ini memang konglomerasi. Pakan ternak dia, ayam dia, telur dia, semua dia. Ini harus diatur, diperbaiki, tapi pemerintah yang akan datang lah, tidak terkejar kalau sekarang," imbuh pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Infografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun TerakhirInfografis Data Produksi dan Impor Beras RI 5 Tahun Terakhir. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Analis Kebijakan Pangan Syaiful Bahari menyebut swasembada beras India bukanlah hal baru. India memang perkasa dalam memproduksi beras.

Syaiful menyebut keperkasaan India terlihat dari kemampuannya menguasai 40 persen pasar beras global dan mengekspor rata-rata 20 juta ton beras ke 150 negara. Menurutnya, cadangan beras India kini ada 58 juta ton, di mana hasil panen setiap tahunnya menyentuh 160 juta ton.

"Tapi kalau dikatakan India meniru Soeharto sampai swasembada beras, keliru besar. Lagi pula, swasembada zaman Soeharto hanya seumur jagung karena setelah itu Indonesia tetap menjadi negara importir beras," katanya kepada CNNIndonesia.com.

India dan Indonesia pernah menjadi importir beras pada 1960-an. Namun, setelah itu India mereformasi besar-besaran sektor pertaniannya secara lebih terintegrasi dan konsisten ketimbang Indonesia.

Lihat Juga :
Profil Pontjo Sutowo yang Bersengketa Dengan Negara soal Hotel Sultan

Akan tetapi, Syaiful menyebut tidak bisa langsung membandingkan kedua negara yang punya jumlah penduduk dan luas lahan pertanian berbeda. Ia merinci luas lahan pertanian India sekitar 40 juta hektare, sedangkan Indonesia hanya 10,6 juta hektare.

Ia menyebut lahan pertanian India separuhnya kering dengan kemampuan rata-rata memproduksi 4,3 ton gabah kering giling (gkg) per hektare. Lalu, jangka waktu produktivitas tanam-panen India hanya 4 bulan karena mengandalkan musim penghujan.

"Sebenarnya Indonesia jauh lebih beruntung karena meski luas lahan padi hanya 10,6 juta hektare, tetapi bisa panen 2 sampai 3 kali dalam setahun. Tingkat produktivitas panennya rata-rata 6-7 ton gkg per hektare," rinci Syaiful.

Kendati demikian katanya, India konsisten mereformasi pertaniannya. Itulah yang kudu ditiru Indonesia.

Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023Infografis Pergerakan Harga Beras Sepanjang 2023. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi).

Hal yang bisa dicontoh Indonesia dari India

Syaiful menyebut tulang punggung kemajuan pertanian India berada di riset kuat atas benih dan pupuk. Ada juga riset teknologi pascapanen, seperti dryer, penggilingan padi efisien, serta warehouse modern yang sebagian besar dikelola industri kecil dan menengah di pedesaan.

Selain itu, India getol membangun bendungan, kanal air, dan irigasi modern untuk mencegah banjir dan kekeringan sejak 1970-an.

Sedangkan Indonesia tidak ada langkah yang dilakukan seperti India. Menurutnya, riset benih di Indonesia sangat lemah. Teknologi pascapanennya juga masih terbelakang.

"Terbukti dari banyak bangkrutnya penggilingan padi rakyat karena tidak mampu bersaing dan dari dulu tidak pernah ada perbaikan rendemen gabah ke padi. Sehingga bom waktunya sekarang, di mana produktivitas panen semakin turun," tutur Syaiful.

Lihat Juga :
Bahlil Harap Jokowi Hadiri 'Groundbreaking' Proyek Aguan Cs di IKN

"Terkait pupuk, tidak ada pupuk gratis, baik di India maupun China. Pemerintah mendorong industri-industri pupuk di di daerah sehingga lebih efisien dan harganya terjangkau petani. Sementara, di Indonesia pupuk dimonopoli BUMN. Meski harganya murah, tetapi hanya mampu meng-cover tidak sampai 50 persen jumlah petani yang membutuhkan," sambungnya.

India juga punya sistem cadangan pangan yang tertata dengan baik dan regulasinya jelas. Menurutnya, rata-rata stok cadangan beras India minimal 30 persen dari total kebutuhan konsumsi nasional.

Di lain sisi, cadangan beras pemerintah di Indonesia hanya dipatok 8 persen. Kalau dikonversi dengan kebutuhan nasional, angka itu cuma 480 ribu ton.

Padahal, kebutuhan beras per bulan di tanah air mencapai 2,7 juta ton. Minimnya cadangan beras pada akhirnya menimbulkan krisis.

 

 

Infrastruktur Pengairan RI Tak Seperti India dan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Besaran Gaji Bripka Nuril yang Dicopot Buntut Ulah Istri******

Bripka menjadi buah bibir belakangan imbas kasus seleb TikTok Luluk Nuril yang memarahi karyawan magang di swalayan. Berikut besaran gaji bripka.
Bripka menjadi buah bibir belakangan imbas kasus seleb TikTok Luluk Nuril yang memarahi karyawan magang di swalayan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Brigadir Polisi Kepala alias Bripka menjadi buah bibir belakangan ini imbas kasus seleb TikTok Luluk Nuril yang memarahi karyawan magang di swalayan.

Luluk adalah istri Bripka Nuril. Berkat aksi marah-marah tersebut ditambah Luluk doyan pamer gaya hidup mewah, sang suami dicopot dari jabatannya sebagai Kanit Binmas di Polsek Tiris, Probolinggo, Jawa Timur.

Padahal, jabatan tersebut baru didapatkan Nuril sekitar 3 bulan lalu usai promosi. Bripka Nuril bertugas di Polsek Tiris selama 8 tahun lamanya.

Berdasarkan beleid tersebut, gaji polisi dibedakan oleh pangkat dan lama kerja alias masa kerja golongan (MKG). Untuk bripka, gajinya berkisar Rp2.307.400 hingga Rp3.791.700.

Selain gaji, polisi juga mendapatkan beragam tunjangan. Tunjangan yang diterima mulai dari tunjangan istri/suami, tunjangan anak, tunjangan pangan/beras/ lauk pauk, hingga tunjangan jabatan.

Lihat Juga :
Ulah Luluk Marahi Siswi SMK Berujung Pencopotan Jabatan Bripka Nuril

Berikut besaran gaji polisi termasuk Bripka:

Golongan I (Tamtama)

1. Bhayangkara Dua (Bharada): Rp1.643.500-Rp2.538.100
2. Bhayangkara Satu (Bharatu): Rp1.694.900-Rp2.617.500
3. Bhayangkara Kepala (Bharaka): Rp1.747.900-Rp2.699.400
4. Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda): Rp1.802.600-Rp2.783.900
5. Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu): Rp1.858.900-Rp2.870.900
6. Ajun Brigadir Polisi (Abrippol): Rp1.917.100-Rp2.960.700

Golongan II (Bintara)

1. Brigadir Polisi Dua (Bripda): Rp2.103.700-Rp3.457.100
2. Brigadir Polisi Satu (Briptu): Rp2.169.500-Rp3.565.200
3. Brigadir Polisi (Brigpol): Rp2.237.400-Rp3.676.700
4. Brigadir Polisi Kepala (Bripka): Rp2.307.400-Rp3.791.700
5. Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda): Rp2.379.500-Rp3.910.300
6. Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu): Rp2.454.000-Rp4.032.600

Golongan III (Perwira Pertama)

1. Inspektur Polisi Dua (Ipda): Rp2.735.300-Rp4.425.200
2. Inspektur Polisi Satu (Iptu): Rp2.820.800-Rp4.635.600
3. Ajun Komisaris Polisi (AKP): Rp2.909.100-Rp4.780.600

Golongan IV (Perwira Menengah)

1. Komisaris Polisi (Kompol): Rp3.000.100-Rp4.930.100
2. Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP): Rp3.093.900-Rp5.084.300
3. Komisaris Besar Polisi (Kombes): Rp3.190.700-Rp5.243.400

Golongan IV (Perwira Tinggi)

1. Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen): Rp3.290.500-Rp5.407.400
2. Inspektur Jenderal Polisi (Irjen): Rp3.393.400-Rp5.576.500
3. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen): Rp5.079.300-Rp5.750.900
4. Jenderal Polisi: Rp5.238.200-Rp5.930.800

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)




bab terbaru:harga voucher telkomsel 1.5 gb 3 hari

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
dragontiger
aztec88
slot game asia
web slot gacor hari ini
sultan86
mentos4d
slot jackpot terbesar
slot gacor cina
lenitogel
Daftar isi semua bab
Bab 1 trik menang judi slot online
Bab 2 cara dapat banyak uang
Bab 3 link slot 4d gacor
Bab 4 303vip
Bab 5 togel uang kertas
Bab 6 pisangbet
Bab 7 10 situs slot
Bab 8 slot terpercaya gampang menang
Bab 9 qq777bet
Bab 10 info situs gacor hari ini
Bab 11 slot bet 888
Bab 12 slot terbaru 2022 resmi
Bab 13 erek jam tangan
Bab 14 pion168
Bab 15 rtp slot dolar138
Bab 16 situs yang gampang maxwin
Bab 17 pencairan dana kredivo
Bab 18 ovo slot
Bab 19 republik365
Bab 20 situs slot yang bisa deposit 5000
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9404bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Taojun

berian888
Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membatasi impor komputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi.
Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi membatasi impor komputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi. (CNN Indonesia/Loamy Noprizal)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi membatasiimporkomputer dan laptop untuk mendorong manufaktur domestik dalam sektor teknologi.

Mengutip CNN Business, Jumat (8/9), importir harus mengajukan izin untuk membawa laptop, tablet, komputer pribadi, dan perangkat elektronik lainnya ke negara tersebut, sesuai dengan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan dan Industri pada Kamis (7/9).

Sebelumnya, impor barang-barang seperti itu tidak terbatas.

Impor elektronik India mencapai US,7 miliar dalam periode April hingga Juni, naik 6,25 persen dari periode yang sama pada 2022.

CNN telah menghubungi Apple (AAPL) dan Samsung (SSNLF), penjual laptop teratas di negara Asia Selatan ini, untuk memberikan komentar tetapi belum menerima tanggapan.

Upaya India untuk memproduksi secara domestik datang pada saat yang penting bagi negara dengan populasi terbanyak di dunia ini, ketika perusahaan-perusahaan mencari alternatif di luar China untuk mengamankan rantai pasokan penting.



Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan memprediksi populasi kerja India diperkirakan akan mencapai satu miliar dalam satu dekade mendatang.

Angkatan kerja yang besar dan muda membuat negara ini menarik bagi perusahaan-perusahaan global yang mencari pusat manufaktur alternatif selain China.

Pada awal tahun ini, Menteri Perdagangan India Piyush Goyal mengatakan bahwa Apple sudah memproduksi antara 5 persen hingga 7 persen produknya di India.

"Jika saya tidak salah, mereka berencana meningkatkan hingga 25 persen dari produksi mereka," katanya dalam sebuah acara pada Januari.

Pada Juni, produsen chip Amerika Serikat Micron (MICR) mengumumkan pabrik baru di negara bagian Gujarat bagian barat, menyebutnya sebagai fasilitas perakitan dan pengujian semikonduktor pertama di negara ini.

Lihat Juga :
Bahlil Harap Jokowi Hadiri 'Groundbreaking' Proyek Aguan Cs di IKN

Ventura ini akan melihat Micron berinvestasi hingga US5 juta dan menciptakan hingga 5.000 pekerja Micron langsung baru dan 15 ribu pekerja komunitas dalam beberapa tahun mendatang.

Foxconn, produsen elektronik kontrak terbesar di dunia dan pemasok kunci untuk Apple, juga berencana untuk memperluas operasi manufakturnya di India.

Bulan lalu, perusahaan ini secara tiba-tiba mengumumkan keluar dari kemitraan patungan senilai US,4 miliar dengan Vedanta (VEDL), sebuah konglomerat logam dan energi India, untuk membantu membangun salah satu pabrik chip pertama di negara ini.

Namun, perusahaan tersebut mengatakan masih berkomitmen untuk berinvestasi dalam pembuatan chip di India dan mengajukan permohonan ke program pemerintah yang mensubsidi biaya pembangunan fasilitas produksi semikonduktor atau tampilan elektronik di negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Pencuri besar

trik slot zeus gacor
Penambahan rute di Jakarta Utara buat mengantisipasi kepadatan penduduk.
Penambahan rute di Jakarta Utara buat mengantisipasi kepadatan penduduk. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transportasi Jakarta (TransJakarta) berencana menambah rute di kawasan Jakarta Utara sambil meratakan area operasional armada ke seluruh wilayah ibu kota menyesuaikan kepadatan penduduk.

Jakarta Utara dikatakan sebagai salah satu fokus penambahan rute sebab menurut data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI ada banyak orang dari Jakarta Pusat pindah ke Jakarta Utara jadi perlu diantisipasi kepadatan penduduknya.

Lihat Juga :
Cara dan Tahapan Naik LRT Jabodebek

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 menunjukkan populasi Jakarta sebanyak 10,6 juta jiwa. Jakarta Utara merupakan area keempat terbesar dengan catatan 1,79 juta jiwa setelah Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Sejauh ini TransJakarta memiliki 234 rute, masing-masing dari lima wilayah Jakarta diperkirakan punya 50 rute.

"Di daerah lain bukan berarti nggak ada penambahan, tapi mungkin daerah yang saat ini masih kecil terjangkau angkutan umumnya di Utara," ujar Daud.

Lihat Juga :
Transjakarta Sudah Operasikan 52 Bus Listrik di Jakarta

TransJakarta baru saja meresmikan tiga rute Mikrotrans, yaitu Tanjung Priok-Terminal Rawamangun (JAK87), Terminal Kampung Rambutan Munjul (JAK98), dan Industri Raya-ASMI (JAK76). Ketiganya sudah beroperasi mulai September.

TransJakarta akan menambah 400 bus Transjakarta berbasis listrik hingga 2025. Pada tahun ini rencananya ada penambahan 190 bus listrik dengan target semua bus bertenaga listrik pada 2030.

(fea/fea)

[Gambas:Video CNN]

Di seluruh langit

situs slot gacor resmi 2022
Harga bahan pokok melandai pada pekan ini. Penurunan salah satunya dialami oleh cabai-cabaian.
Harga bahan pokok melandai pada pekan ini. Penurunan salah satunya dialami oleh cabai-cabaian. ( CNN Indonesia/Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pokok melandai pada pekan ini. Penurunan salah satunya dialami oleh cabai-cabaian.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga cabai merah yang pada pekan lalu masih Rp45.600 per kg turun menjadi Rp42.300.

Cabai merah besar turun dari Rp44.600 menjadi Rp42.950 per kg. Sementara itu harga cabai merah keriting turun dari Rp45.700 menjadi Rp41.500 per kg. 

Untuk telur ayam, harganya turun dari Rp30.350 menjadi Rp20.300 per kg. Untuk daging sapi, harganya turun dari Rp134.500 menjadi Rp133.100. 

Untuk bawang merah, harganya turun dari Rp29.050 menjadi Rp28.450 per kg dan bawang putih dari Rp40.150 menjadi Rp39.700 per kg.

Sementara itu untuk beras, harganya secara rata-rata naik dari Rp13.850 per kg menjadi Rp14 ribu per kg.

Rinciannya; beras kualitas bawah I naik dari Rp12.700 menjadi Rp12.900 per kg. Beras kualitas bawah II harganya naik dari Rp12.400 menjadi Rp12.600 per kg.

Sementara itu untuk beras kualitas super, harganya naik dari Rp15.200 ke Rp15.400 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(agt/sfr)

Kaisar Pedang Tertinggi

judi slot terbaru
Produsen pesawat asal Eropa Airbus bakal membangun pesawat berbahan bakar hidrogen pada 2035 mendatang.
Produsen pesawat asal Eropa Airbus bakal membangun pesawat berbahan bakar hidrogen pada 2035 mendatang. (Tangkapan layar web hifly.aero).
Jakarta, CNN Indonesia--

Produsen pesawat asal Eropa Airbusbakal membangun pesawat berbahan bakar hidrogenpada 2035 mendatang.

Presiden Airbus Asia-Pasifik Anand Stanley mengatakan langkah tersebut dilakukan guna mengurangi emisi karbon

Dalam beberapa waktu terakhir Airbus memang getol mengurangi emisi. Anand mengklaim pesawat Airbus saat ini memiliki emisi antara 25 persen hingga 40 persen lebih rendah dibanding generasi sebelumnya atau 15 tahun lalu.

Ia pun menyebut pada 2030, Airbus akan mendapatkan sertifikasi 100 persen untuk menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan di semua pesawatnya.

"Namun yang tak kalah pentingnya, pada 2035, kami sebagai Airbus telah berkomitmen untuk meluncurkan pesawat tanpa emisi, yang akan berbahan bakar hidrogen," kata Anand dalam acara ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) di Jakarta, Rabu (6/9).

Ia optimis target tersebut dapat terealisasi tepat waktu. Pasalnya, Airbus merupakan perusahaan teknologi yang penuh inovasi.

"Jadi ini semua adalah inisiatif yang kami cari," katanya.

Lebih lanjut, Anand menuturkan saat ini Indonesia beserta India dan China merupakan wilayah yang sangat potensial.

Ia menilai ketiga negara tersebut adalah pilar inti Asia. Di wilayah itu, kata Anand, potensi industri penerbangan sangat terbuka lebar.

Pasalnya, pertumbuhan jumlah penerbangan terjadi sangat pesat di wilayah itu. Apalagi, konektivitas kawasan ini tidak mungkin dicapai hanya dengan jalur kereta api atau jalan raya saja.

"Kami memperkirakan akan ada 17 ribu pesawat baru yang masuk untuk dapat mendorong pertumbuhan konektivitas," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Sistem beruang paling kuat dalam sejarah

sumoqq
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan MIKTA Leaders di sela-sela KTT G20 India pada Sabtu (9/9) waktu.
Presiden RI Jokowi (ketiga dari kiri) dan Iriana saat tiba di India untuk hadiri KTT G20. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan MIKTA Leaders di sela-sela KTT G20 India pada Sabtu (9/9) waktu.

MIKTA adalah forum konsultatif antar lima negara yaitu Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.

Lihat Juga :
Bos IMF Bandingkan Ekonomi Indonesia Saat Ini dengan Era 1998

Menurutnya, semua negara harus menjadi bagian dari solusi terhadap tantangan global tersebut, termasuk negara-negara anggota MIKTA.

Mantan wali kota Solo itu juga meminta MIKTA untuk memastikan hak melakukan hilirisasi industri bagi setiap negara.

[Gambas:Video CNN]

"MIKTA harus memastikan dipenuhinya hak pembangunan seluruh negara termasuk global south, untuk melakukan hilirisasi industri dan menjadi bagian rantai pasok global," kata Jokowi seperti dikutip dari akun Instagram resminya.

Jokowi melanjutkan, negara MIKTA juga harus terus mendukung pemulihan ekonomi yang inklusif.

Lihat Juga :
Cara dan Syarat Daftar CPNS 2023

Hal itu bisa diwujudkan melalui transformasi digital seperti yang sudah dilakukan oleh ASEAN yang telah memiliki Digital Economic Framework Agreement.

Lawatan Jokowi ke India untuk menghadiri KTT G20 yang dilaksanakan pada 9-10 September 2023.

Tahun ini KTT G20 akan diadakan di ibu kota New Delhi, tepatnya di gedung baru yang dinamakan Bharat Mandapam dekat monumen bersejarah India Gate.

Lihat Juga :
TAIPANJan Koum, Keturunan Yahudi Berharta Rp232 T dari WhatsApp

Dilansir dari Reuters, India mengusung tema "Vasudhaiva Kutumbakam" berarti "Dunia adalah Sebuah Keluarga" untuk keketuaan tahun ini. Istilah itu diambil dari teks Sansekerta kuno.

[Gambas:Instagram]



(mrh/bac)

Sistem seni bela diri yang tiada taranya

voucher grab hari ini
Menko Marinves Luhut Panjaitan bersama Perdana Menteri China Li Qiang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim-Karawang PP, Rabu (6/9).
Menko Marinves Luhut Panjaitan bersama Perdana Menteri China Li Qiang menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Halim-Karawang PP, Rabu (6/9). ( ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan bersama Perdana Menteri ChinaLi Qiang menjajal Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim-Karawang PP.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di Stasiun Halim, Luhut tiba di lokasi sekitar pukul 15.10 WIB. Ia mengenakan mobil dinasnya berpelat nomor RI 17.

Selain Luhut, ada Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto. Keduanya tampak berbincang-bincang di depan pintu masuk Stasiun KCJB Halim.

Tak lama berselang, mobil Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono tiba di lokasi sekitar pukul 15.17 WIB.

Setiap kehadiran para pejabat tinggi disambut oleh orang-orang berpakaian putih yang mengibarkan bendera Indonesia dan China.

Sementara itu, PM China Li Qiang tiba di Stasiun Halim sekitar pukul 15.43 WIB. Qiang tampak mengenakan Mercedes Benz S600 dengan pelat yang ditutup tulisan 'China'.

Ia langsung disambut rombongan Pemerintah Indonesia yang dipimpin Luhut. Menko Marves Luhut dan PM China Li Qiang lalu melintasi karpet merah yang disediakan.

Keduanya bersama rombongan kemudian naik ke peron Stasiun Halim sekitar pukul 15.50 WIB. Berdasarkan keterangan pihak Humas Kemenhub, keberangkatan Luhut beserta rombongan mulai pukul 15.58 WIB.

"Ini ke Karawang, lalu balik lagi ke Halim. Mungkin sekitar 16.30 WIB sudah sampai ke sini (Stasiun Halim) lagi," kata salah seorang panitia penyelenggara uji coba, Rabu (6/9).

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)