petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

sports369

cpo333 406Jutaan kata 943323Orang-orang telah membaca serialisasi

《sports369》

Kementerian PUPR Audit Stadion Kanjuruhan Malang******

Kementerian PUPR mengaudit bangunan Stadion Kanjuruhan, pasca-terjadinya tragedi yang menyebabkan 132 orang meninggal dunia pada 1 Oktober 2022.
Kementerian PUPR mengaudit bangunan Stadion Kanjuruhan, pasca-terjadinya tragedi yang menyebabkan 132 orang meninggal dunia pada 1 Oktober 2022. (AP/Dicky Bisinglasi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaudit bangunan Stadion Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pasca-terjadinya tragedi yang menyebabkan 132 orang meninggal dunia pada 1 Oktober 2022.

Basuki mengatakan ia bersama tim melakukan evaluasi teknis tentang kondisi bangunan Stadion Kanjuruhan dan menemukan sejumlah catatan penting terkait keselamatan penonton.

"Hasil evaluasi tim, ada tujuh rekomendasi dan tiga (diantaranya) berhubungan langsung dengan kejadian kecelakaan," kata Basuki.

Pertama, terkait dengan tangga tribun. Pada tribun ekonomi, tidak ada tangga untuk akses para penonton. Pada tribun tersebut, langsung tempat duduk tanpa single seat.

Kedua, terkait dengan jenis-jenis pintu yang ada di dalam Stadion Kanjuruhan. Ada pintu dorong atau harmonika dan juga pintu yang mengayun. Pintu tersebut terlalu dekat dengan akses tangga dari tribun penonton.

"Untuk pintu, pada saat orang turun dari tangga itu langsung menuju pintu. Sehingga, dalam kondisi panik dan mungkin gelap, kemungkinan jatuh karena curam dengan anak tangga yang tidak standard," ujar Basuki.

Ketiga, tidak ada pintu darurat yang bisa diakses penonton pada saat terjadi kondisi yang tidak ideal. Di stadion itu, hanya ada pintu servis yang bisa diakses oleh ambulans atau pemadam kebakaran.

Lihat Juga :
Damri Kupang-Timor Leste Mulai Uji Coba, Tarif Pakai Dolar AS

"Tidak ada pintu darurat, yang ada pintu servis. Enam pintu untuk ambulans atau pemadam dan sebagainya itu, ada. Tapi tidak bisa diakses oleh penonton yang ada di tribun. Jadi walaupun pintunya besar, bisa masuk mobil, tapi tidak bisa diakses penonton yang ada di tribun," ujarnya.

Sementara itu empat hasil evaluasi lainnya adalah terkait dengan penerangan, kamar kecil untuk penonton yang tidak layak, perimeter penyangga untuk para penonton dan pagar pembatas yang bisa dengan mudah diloncati oleh penonton.

Evaluasi tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Bangunan Gedung, Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Standar Prasarana dan Sarana Stadion dan Lapangan Sepak Bola.

Lihat Juga :
Curhat Emak-emak soal Kondisi Ekonomi Indonesia saat Ini: Semua Mahal

"Selain itu juga mengacu pada FIFA Stadium Guideline. Itu yang kami pakai untuk mengevaluasi stadion ini," katanya.

Sebelumnya, terjadi kericuhan usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di mana sebanyak 132 orang dilaporkan meninggal dunia akibat patah tulang, trauma di kepala dan leher dan asfiksia atau kadar oksigen dalam tubuh berkurang.

Selain itu, dilaporkan juga ada ratusan orang yang mengalami luka ringan termasuk luka berat.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/bir)

BPS Prediksi Produksi Beras Tembus 32 Juta Ton Tahun Ini******

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan total produksi beras tahun ini bakal naik 2,26 persen menjadi 32,07 juta ton.
Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan total produksi beras tahun ini bakal naik 2,26 persen menjadi 32,07 juta ton. Ilustrasi. (Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan total produksi beras tahun ini bakal meningkat menjadi 32,07 juta ton. Proyeksi itu tumbuh 2,26 persen dari realisasi 2021 yang tercatat 31,36 juta ton.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Setianto mengatakan prediksi kenaikan ini sejalan dengan luas panen yang juga meningkat.

"Luas panen pada 2022 diprediksi juga mengalami kenaikan sebesar 1,87 persen menjadi 10,61 juta hektare (ha) dibanding 2021 (10,41 ha)," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (17/10).

Berdasarkan data BPS, sampai saat ini produksi beras terbesar masih terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Sumatera dengan masing-masing kontribusi 56,12 persen dan 20,41 persen ke total produksi beras di Indonesia.

Sampai akhir tahun ini, produksi beras Pulau Jawa diperkirakan bakal mencapai 18 juta ton atau naik 320 ribu ton dari tahun lalu. Kontribusi tertinggi bakal berasal dari Provinsi Jawa Timur.

Produksi tertinggi kedua ada di Sumatera dengan perkiraan capaian sebanyak 6,55 juta ton, naik 300 ribu ton dari 2021. Kontribusi tertingginya berasal dari Sumatera Selatan.

Lihat Juga :
Heru Mundur dari Kursi Komisaris BTN Sebelum Dilantik Gantikan Anies

Kemudian, produksi beras dari Sulawesi yang diperkirakan bisa mencapai 4,30 juta ton atau naik 120 ribu ton dibandingkan tahun lalu. Kontribusi tertinggi berasal dari Sulawesi Selatan.

Selanjutnya dari Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan bisa memproduksi sebanyak 1,67 juta ton atau naik 90 ribu ton dari tahun lalu. Kontribusi tertinggi disumbang oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lalu, ada dari Kalimantan, Maluku dan Papua yang diperkirakan produksi berasnya bakal turun tahun ini. Kalimantan menjadi 1,37 juta ton atau turun 40 ribu ton, serta Maluku dan Papua diperkirakan hanya bisa memproduksi sampai 190 ribu ton atau turun 7 ribu ton.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Kripto 'Berdarah******

Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.
Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 kripto dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas kripto semakin melemah. Dalam sepekan terakhir, 10 cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar teratas anjlok hingga lebih dari 14 persen.

Bitcoin, misalnya, jatuh 6,25 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.069 per keping. Pada Kamis (13/10) pagi ini, bitcoin terpantau turun tipis 0,05 persen.

Begitu pun dengan ethereum yang merosot 6,30 persen dalam sepekan terakhir ke posisi US.286 per keping. Beruntung, pada pagi ini, ethereum masih mencatat penguatan tipis 0,22 persen.

Setali tiga uang, solana juga ambruk 10,63 persen sepekan terakhir atau 0,73 persen dalam 24 jam terakhir menjadi US,67 per keping.

Tak ketinggalan, dogecoin yang sempat menjadi satu-satunya kripto yang kinclong kemarin, kini meradang di posisi UHarga Ketoprak dan Bakso Malang Naik Imbas Kenaikan BBM******

Harga ketoprak dan bakso malang naik imbas kenaikan bahan pangan usai harga BBM naik beberapa waktu lalu.
Harga ketoprak dan bakso malang naik imbas kenaikan bahan pangan usai harga BBM naik beberapa waktu lalu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual makanan di pinggir jalan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) naik, antara lain ketoprakdan bakso malang, imbas kenaikan bahan pangan dan harga BBM September 2022 lalu.

Pantauan di Kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (18/10), harga ketoprak yang dijual semula Rp15 ribu per porsi dengan telur, kini menjadi Rp15 ribu.

Agus, pedagang ketoprak mengaku kenaikan harga ketoprak menyusul kenaikan harga telur. "Harga telur naik lagi sekarang, jadi seporsi ketoprak pakai telur Rp16 ribu," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Tak berbeda jauh dengan Agus, Yayan yang menjajakan bakso malang di kawasan Tendean juga menceritakan bahwa ia harus menaikkan harga dagangannya sampai dua kali lipat.

"Tadinya seporsi (bakso campur) Rp11 ribu, terus naik Rp13 ribu, sekarang Rp15 ribu," jelas Yayan.

Yayan juga menjelaskan bahwa ia memberikan harga baru sebagai inovasi menghadapi kenaikan harga-harga bahan pokok.

Lihat Juga :
Saran Bank Dunia Agar Ekonomi RI Tak Runtuh di Tengah Ancaman Resesi

Kini, ada paket II berisi bakso campur komplit seharga Rp18 ribu dan paket III berisi bakso campur jumbo seharga Rp20 ribu. Padahal, dua paket tersebut sebelumnya tidak ada.

Menurut Yayan, olahan daging giling untuk membuat bakso malang naik harganya selepas kenaikan harga BBM. Ia juga menyinggung harga saus dan kecap yang ikut naik.

"Ada yang komplain. Sebagian mengerti (kenaikan harga), tapi ya ada juga yang nggak ngerti," keluhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir),05876 per keping setelah jatuh 2,16 persen dalam semalam atau 9,60 persen dalam sepekan terakhir.

BNB dan XRP juga tercatat jatuh masing-masing di posisi US8,82 dan USBinar Academy PHK 20 Persen Karyawan******

Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya.
Startup pendidikan Binar Academy melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Ilustrasi. (Virgina Maulita Putri/detikINET).
Jakarta, CNN Indonesia--

Startup pendidikan Binar Academymelakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 20 persen dari total karyawannya. Hal itu merupakan bagian dari strategi menghadapi ketidakpastian ekonomi global. 

CEO Binar Academy Alamanda Shantika mengatakan langkah PHK merupakan keputusan sulit yang diambil oleh perusahaan. Ke depan, perusahaan disebut akan berfokus untuk menguatkan lini bisnis utama, mengoptimalkan aktivitas investasi, dan men-streamline-kan operasional agar menjadi perusahaan yang lebih baik lagi.

"Meskipun perusahaan telah mencapai pertumbuhan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir, kami harus menyiapkan strategi yang kuat untuk menghadapi dinamika ekonomi global, salah satunya dengan mengambil keputusan ini (PHK)," ujar Alamanda dalam keterangan resmi, Senin (17/10).

Ia menambahkan perusahaan akan melakukan perubahan peran pada beberapa fungsi bisnis dengan kapabilitas yang sesuai dengan strategi bisnis ke depan.

Alamanda berjanji perusahaan akan membantu pekerja yang terkena PHK untuk berkonsultasi seputar karier. Perusahaan akan memberikan pendampingan bagi karyawan untuk menemukan peluang baru dengan menghubungkan mereka dengan perusahaan mitra yang mencari karyawan baru di berbagai tingkat pekerjaan.

"Dalam proses transisi ini, perusahaan akan memberikan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan, serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan skilllewatcoursesyang tersedia di Binar," ujar Alamanda.

Lihat Juga :
Kemenhub Buka Suara soal WNI Bikin Ribut di Turkish Airlines

Perusahaan juga memastikan seluruh karyawan menerima pesangon sesuai ketentuan yang berlaku dan jaminan kesehatan karyawan beserta anggota keluarga akan tetap dilanjutkan hingga 30 Oktober 2022.

Di sisi lain, Binar Academy memastikan bahwa penyesuaian organisasi ini tidak mengganggu tingkat layanan klien dan kelangsungan bisnis.

Binar disebut akan terus berkomitmen untuk melayani pengguna dengan menyediakan layanan peningkatan kemampuan digital dan penempatan kerja.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),4696 per keping. BNB anjlok 9,27 persen sepekan terakhir, sedangkan XRP merosot 5,01 persen pada periode yang sama.

Lihat Juga :
OPEC Pangkas Prediksi Permintaan, Harga Minyak Merosot US per Barel

Kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(bir/dzu)




bab terbaru:bigbos777 slot

Perbarui waktu:2024-07-05

Daftar bab terbaru
angka jitu sydney hari ini
buku mimpi bersetubuh
habanero188
cara cicilan lazada
buku tafsir mimpi 00 99
kilat77 slot
ciri2 pinjol ilegal
pbo777
rtp naga138
Daftar isi semua bab
Bab 1 togelv88
Bab 2 kredinesia
Bab 3 bandar togel
Bab 4 taipan3388
Bab 5 limit cicilan akulaku
Bab 6 ojktoto login
Bab 7 royalslot
Bab 8 rtp mahadewa88
Bab 9 tango77
Bab 10 game slot menggunakan dana
Bab 11 qq8889
Bab 12 cara cepat dapat uang di citampi
Bab 13 situs judi tergacor
Bab 14 cara pinjam pinjol ilegal
Bab 15 aplikasi paylater mudah
Bab 16 ggwp88
Bab 17 eourotogel
Bab 18 garuda365 situs slot online gacor gampang menang
Bab 19 dewa898
Bab 20 judi gacor hari ini
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1063bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Menipu dan merampas sistem amplop merah

deposit 25 bonus 25 new member
Pengumuman BTS untuk menjalani wajib militer di Korea Selatan mendorong saham HYBE Co, manajemen boy band tersebut, naik 7,8 persen hari ini.
Pengumuman BTS untuk menjalani wajib militer di Korea Selatan mendorong saham HYBE Co, manajemen boy band tersebut, naik 7,8 persen hari ini. (Tangkapan layar Youtube BTS/BIGHIT MUSIC/HYBE LABELS/).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengumuman BTS untuk menjalani wajib militer di Korea Selatanmendorong saham HYBE Co, manajemen boy band tersebut, naik 7,8 persen pada Selasa (18/10).

Mengutip CNA, keputusan BTS untuk hiatus dengan jangka waktu yang relatif pendek dan comebackpada 2025 cukup menggembirakan pasar.

"Penjualan dari BTS tidak akan hilang. Aktivitas individu anggota, rilis konten dan photobook yang sudah difilmkan dan penjualan album lama akan sangat menguntungkan," kata Ji In-hae, analis di Shinhan Investment Corp.

Sebagai artis K-pop terlaris, sekitar 880 miliar won atau setara US5,11 juta dalam penjualan dihasilkan oleh BTS pada 2021.

Analis di NH Investment & Securities Hazell Lee mengatakan jumlah tersebut sekitar 70 persen dari pendapatan HYBE 1,3 triliun won.

Lihat Juga :
Bahlil Copot PIN Menteri dan Tantang Mahasiswa Debat di Rakernas BEM

Ia menambahkan, pada 2020, BTS menyumbang penjualan 730 miliar won dari pendapatan perusahaan sebesar 796 miliar won.

Lebih lanjut, selama penawaran umum perdana (IPO) HYBE pada 2020, ketujuh anggota menerima total saham biasa senilai 64,6 miliar won, atau masing-masing 9,23 miliar won saham berdasarkan harga IPO.

Forbes memperkirakan BTS memiliki pendapatan tahunan US juta pada 2020. Dampak ekonomi BTS sebagian akan terkikis saat para anggota menjalankan wajib militer mereka.

Sementara itu, Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea memperkirakan hit BTS No. 1 2020 di chart Billboard Hot 100 berjudul Dynamite, memiliki dampak ekonomi senilai 1,7 triliun won termasuk penjualan langsung dan ekspor barang-barang terkait seperti kosmetik dan pakaian.

Lihat Juga :
Cerita Sri Mulyani soal Bahaya Lonjakan Inflasi Lewat Taco dan Burrito

Hyundai Research Institute, dalam laporan pada 2018, memperkirakan dampak produksi tahunan rata-rata BTS adalah sekitar 4,1 triliun won, dan efek ekonomi nilai tambah sekitar 1,4 triliun won.

Istirahat yang relatif singkat untuk para anggota, bagaimanapun, telah membuat investor dan penggemar nyaman.

"Permintaan akan tetap terjaga, karena kekosongan yang akan dirasakan oleh fandom hanya sekitar satu tahun dengan anggota yang melakukan aktivitas individu sambil mendaftar secara berurutan," kata Lee.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/agt)

[Gambas:Video CNN]

Legenda Pembunuh Setan

bagi jpslot
Garuda Indonesia menerima persetujuan dari pemegang saham untuk melakukan aksi korporasi terkait penambahan modal usaha dalam RUPSLB.
Garuda Indonesia menerima persetujuan dari pemegang saham untuk melakukan aksi korporasi terkait penambahan modal usaha dalam RUPSLB. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

PTGaruda Indonesia(Persero) Tbk menerima persetujuan dari pemegang sahamuntuk melakukan aksi korporasi terkait penambahan modal usaha dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB)

Penambahan modal usaha dilakukan dengan dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 68.072.851.377 lembar saham (PMHMETD).

Upaya lainnya adalah dengan melakukan konversi utang perseroan kepada kreditur sehubungan dengan Putusan Homologasi Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, melalui penerbitan sebanyak-banyaknya 22.970.514.286 lembar saham melalui PMHMETD.

RUPSLB juga menyetujui pengeluaran saham seri C yang memiliki hak-hak atas saham sama dengan klasifikasi saham seri B dengan nilai nominal saham serendah-rendahnya Rp182 per lembar saham.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan persetujuan yang telah diberikan pemegang saham menjadi milestone penting dalam upaya perseroan untuk terus mengakselerasikan misi transformasi kinerja.

Lihat Juga :
Kemenkeu: Beberapa Obligor BLBI Ganti Kewarganegaraan

"Hasil ini mempertegas komitmen Perseroan terhadap realisasi rencana perdamaian yang sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari mayoritas kreditur melalui putusan hasil homologasi PKPU pada Juli 2022 lalu," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (15/10).

Irfan mengatakan perseroan akan mengoptimalkan penambahan modal kerja ini setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, terutama untuk kebutuhan maintenance, restorasi armada, bahan bakar, biaya sewa pesawat hingga biaya penunjang lainnya.

Komposisi penambahan modal tersebut nantinya termasuk rencana penyertaan modal negara (PMN) yang sebelumnya telah dialokasikan sebesar Rp7,5 triliun oleh pemerintah dalam cadangan pembiayaan investasi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Keseharian saya

limit awal pinjaman kredivo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilakukan mulai pertengahan 2023.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilakukan mulai pertengahan 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengoperasian Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) dilakukan mulai pertengahan 2023.

Jokowi menyebutkan pembangunan proyek ini memang sempat mengalami kendala di lapangan, terutama di terowongan (tunnel) akibat kondisi tanah sulit dikendalikan.

Kemudian ada juga sedikit perlambatan pengerjaan karena pandemi covid-19. Namun, hal tersebut tak menjadi halangan pembangunan proyek dan tahun depan diharapkan bisa segera dioperasikan.

Sementara, sampai saat ini progres pembangunan KCJB secara total telah mencapai 88,8 persen. Dengan dimulainya pengoperasian ini, pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat diharapkan bisa merata.

"Kita harapkan dengan KCJB, mobilitas orang dan barang bisa makin meningkat dan cepat. Kemudian, daya saing kita juga akan semakin kuat, kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Di Jakarta ada, di Bandung ada, di Kabupaten Bandung juga terjadi," imbuhnya.

Lihat Juga :
Damri Kupang-Timor Leste Mulai Uji Coba, Tarif Pakai Dolar AS

Selain itu, Jokowi juga berharap proyek KCJB yang merupakan kereta cepat pertama di Asean ini bisa meningkatkan konektivitas antarnegara. Hal ini dalam rangka meningkatkan daya saing di kawasan Asean.

"Itu sudah menjadi gagasan besar di Asean agar konektivitas antarnegara Asean ini tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing Asean," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Mulailah berlatih dari dasar laut

bo slot asia
Uji coba Damri rute Kupang, NTT menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan, dengan tarif sesuai kurs dolar AS.
Uji coba Damri rute Kupang, NTT menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan, dengan tarif sesuai kurs dolar AS. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta).
Kupang, CNN Indonesia--

Uji coba Damri rute Kupang, Nusa Tenggara Timur menuju Dili, Timor Leste, melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) mulai dilakukan.

Angkutan antar lintas negara merupakan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) on Cross Border Movement of Commercial Buses and Coaches Between Indonesia and Timor Leste.

Uji coba dilakukan perdana pada Senin (10/10 lalu dengan titik keberangkatan awal dari Kupang menuju Atambua. Kemudian, dari Atambua menuju perbatasan PLBN Motaain Indonesia, dilanjutkan ke pos Batugade Timor Leste dan seterusnya menuju ke Dili.

Dalam uji coba hari kedua dilakukan langsung oleh Dirjen Transportasi dan Komunikasi Republic Democratic Timor Leste, Gaspar de Araujo, didampingi oleh Kepala Agen Konsulat Timor Leste di Atambua, Joao Simao de Saosa bersama Perwakilan KBRI Dili Daniel.

Mewakili Indonesia adalah Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Amirulloh bersama rombongan, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 8 Provinsi NTT, Pengelola Damri, dan Kepala Administrator PLBN Motaain dan perwakilan PLBN Motaain.

"Kami ingin menunjukkan dukungan dan sinergitas dalam rangka perencanaan implementasi operasi bus lintas batas antar negara, yang diagendakan terealisasi dalam waktu dekat," ujar Halim.

Lihat Juga :
Sri Mulyani dari Washington: Dunia Dalam Bahaya

Amirulloh mengapresiasi fasiltias terminal bus yang disiapkan oleh Pemerintah Timor Leste. Dia berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Kami juga berkomitmen menyediakan fasilitas yang memadai untuk transportasi darat rute Kupang ke Dili," imbuhnya.

Konsulado Timor Leste di Kupang Jesuino dos Reis de Carvalho menargetkan lima unit bus Damri dari Dili beroperasi. Begitu pula sebaliknya dari Kupang.

"Kami uji coba dulu, nanti masyarakat akan diinformasikan bahwa mereka juga bisa menggunakan layanan pemerintah yang sudah disediakan supaya langsung ke Timor Leste dan untuk sementara nanti lima kendaraan dulu," terang dia.

Adapun, untuk tarif yang diberlakukan, Jesuino menuturkan pihaknya menerapkan tarif dengan kurs dolar AS sesuai yang berlaku di Timor Leste.

"Tarifnya sendiri kami akan sesuaikan dengan rate dolar AS dan hari ini kalau per dolarnya Rp15 ribu, ya rupiah juga senilai, karena Timor Leste mata uang yang digunakan dolar AS," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(eli/bir)

Dimana pedangku?

kredit macet kredivo

Shihuang Daluo

sgpliveresult