petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

ibu4d

youtube maxwin slot 391Jutaan kata 971667Orang-orang telah membaca serialisasi

《ibu4d》

Melihat Aturan yang Membuat Menhub Digugat Rp92,6 M oleh Gapasdap******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. (Dok. Angkasa Pura II)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi digugat Rp92,6 miliar oleh pengusaha angkutan sungai dan penyeberangan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

Mengutip berkas gugatan yang di website PTUN Jakarta, gugatan dilayangkan oleh Ketua Umum Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Khoiri Soetomo dan Sekretaris Jenderal Gapasdap Aminuddin Rifai.

Gugatan dilayangkan terkait penerbitan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 Tahun 2022 Tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Selain itu, mereka juga meminta kepada pengadilan agar Budi membayar ganti rugi selama proses gugatan sampai ada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap (inkracht) dengan perhitungan kerugian sebesar Rp942,19 juta per hari.

Lantas seperti apa aturan yang membuat Budi Karya digugat Rp92,6 miliar dan bayar Rp942 juta per hari itu?

Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 mengatur tentang besaran tarif penyeberangan kelas ekonomi.

Lihat Juga :
Pemerintah Bakal Jual Beras Impor Rp9.450 per Kg

Dalam beleid yang ditandatangani pada 28 September 2022 itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mematok tarif yang lebih rendah dibanding yang sebelumnya telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 tahun 2022.

Kemenhub menilai penurunan tarif ini untuk menjaga keseimbangan antara kepentingan masyarakat, keberlangsungan industri penyeberangan, serta keselamatan dan keamanan pelayaran.

Sebagai contoh, tarif penyeberangan kelas ekonomi Merak-Bakauheni dalam Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 184 tahun 2022 adalah Rp16.575. Sementara, dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 172 tahun 2022 tarifnya adalah Rp20 ribu.

Sebelumnya Khoiri Soetomo selaku ketua umum Gapasdap memprotes penurunan tarif ini. Menurutnya, tarif baru itu masih sangat jauh dari kebutuhan pengusaha.

Lihat Juga :
Titah Jokowi, Alokasi Biodiesel 2023 Naik Jadi 13,15 Juta Kl untuk B35

Sesuai perhitungan pemerintah sebelumnya, menurut Khoiri ada kekurangan tarif terhadap Harga Pokok Produksi (HPP) angkutan penyeberangan sebesar 35,4 persen.

Apalagi, pengaruh kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap biaya operasional dapat menaikkan HPP hingga kurang lebih 8 persen. Oleh karena itu, Khoiri menilai seharusnya kenaikan tarif angkutan penyeberangan yang sesuai adalah 43 persen.

"Dengan ditetapkannya KM 184/2022 itu, kami dengan terpaksa melakukan pemenuhan standar keselamatan dan kenyamanan yang sifatnya darurat dan negotiablesaja. Jika ini dibiarkan terus menerus, ini seolah Kemenhub mendorong pengusaha melakukan penipuan kepada rakyat karena tidak bisa meng-coverstandar keselamatan dan kenyamanan," jelas Khoiri beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

China Jadi Target Utama Ekspor Semen Indonesia******

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG menargetkan China sebagai negara tujuan utama ekspor.
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG menargetkan China sebagai negara tujuan utama ekspor. (ANTARA FOTO/Angga Budhiyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Semen Indonesia(Persero) Tbk atau SIG menargetkan China sebagai negara tujuan utama ekspor.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko SIG Andriano Hosny Panangian mengatakan selain China, pihaknya juga mengekspor semen ke Bangladesh, Australia dan Taiwan.

"Kami sudah ekspor ke berbagai macam destinasi. Kami ekspor yang terbesar itu justru ke China, South Asia itu Bangladesh, kemudian ke Australia, kami juga ekspor ke Taiwan," katanya kepada wartawan dalam Media Sharing, Kamis (15/12).

Menurutnya, ekspor ini dilakukan sebagai bagian dari optimalisasi kapasitas dan biaya. Andriano merinci ekspor semen SIG menyentuh 6 sampai 7 juta ton per tahun, bahkan diklaim bisa menembus 10 juta ton.

"Kami ekspor dari Semen Padang, Semen Tonasa, dari Cilacap, dan Tuban. Kami bisa ekspor, itu ada empat line yang bisa kami lakukan ekspor," jelas Andriano.

Lihat Juga :
Pemerintah Bakal Jual Beras Impor Rp9.450 per Kg

Lebih lanjut, Andriano mengatakan pihaknya juga menyasar Asia Pasifik. Bahkan, Andriano menjelaskan harga semen ekspor kini sudah naik menyentuh US per ton.

Sementara itu, di pasar domestik, Andriano mengatakan 55 persen permintaan berasal dari Pulau Jawa.

Dalam hal ini, upaya untuk meningkatkan persaingan di industri semen adalah kesiapan dari sisi transportasi hingga pergudangan agar produk bisa sampai ke konsumen. Tak hanya itu, penting juga untuk memahami kapasitas dan permintaan yang ada.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Riset INDEF: Hyperlocal Tokopedia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital******

Tokopedia mendorong pemerataan ekonomi digital serta meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal di berbagai daerah melalui program Hyperlocal sejak dua tahun lalu.
Inisiatif Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia sukses mendorong pertumbuhan perekonomian digital hingga menahan laju pengangguran di sejumlah daerah. (Foto: Arsip Tokopedia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Di tengah krisis global akibat pandemi Covid-19, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM telah berkontribusi Rp8.547 triliun terhadap PDB Indonesia. Kontribusi UMKM lokal terhadap PDB pun tercatat meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 60,3 persen pada 2019.

Di sisi lain, pemerintah memasang target pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4 persen pada 2024 mendatang. Target tersebut hanya bisa direalisasikan dengan sinergi dan kolaborasi semua pihak.

Trian menyebut, dibutuhkan sinergi dari semua pihak dalam membantu UMKM di seluruh Indonesia agar punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, serta berkontribusi terhadap perekonomian.

Berangkat dari itu, Tokopedia pun mendorong pemerataan ekonomi digital serta meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal di berbagai daerah yang diwujudkan melalui program Hyperlocal sejak dua tahun lalu.

"Hal ini yang melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal sejak 2020," kata Trian.

Trian menerangkan, Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-taggingtelah memperluas cakupan transaksi penjual dan mempermudah masyarakat menemukan toko terdekat. Selain itu, Hyperlocal juga membuat transaksi menjadi lebih efisien karena ongkir lebih hemat, serta peningkatan eksposur UMKM lokal dengan potensi penjualan yang besar.

Tingkatkan Penjualan UMKM hingga Tahan Laju Pengangguran

Inisiatif Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia tersebut sejalan dengan hasil riset yang dilakukan Tokopedia bersama Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Dalam riset bertajuk 'Analisis Dampak Program Hyperlocal Tokopedia terhadap Kondisi Bisnis Penjualan secara Daring, Ekonomi, dan Sosial Kota-Kabupaten Program Hyperlocal' itu membuktikan kontribusi inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk perekonomian digital di berbagai daerah.

Peneliti INDEF, Nailul Huda menjelaskan, rata-rata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia meningkat 147 persen pada 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

"Surabaya, Bandung dan Yogyakarta menjadi tiga kota dengan Hyperlocal Tokopedia yang memiliki indeks penjualan dan indeks omzet penjualan paling tinggi," ujar Huda.

Menurutnya, Surabaya mengalami peningkatan indeks penjualan dan index omzet penjualan masing-masing sebesar 194 persen dan 85 persen, Bandung 27 persen dan 100 persen, serta Yogyakarta 148 persen dan 64 persen.

Riset ini juga menunjukkan rerata indeks penjualan di kota dengan Hyperlocal lebih besar 5 kali lipat dibandingkan kota tanpa Hyperlocal pada 2017-2021. Sedangkan indeks omzet penjualan di kota dengan Hyperlocal meningkat 67 persen pada periode 2020-2021 dibandingkan 2017-2019.

Jika dibandingkan data 2017-2019, Tokopedia dan INDEF juga mencatat, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta menjadi kota dengan peningkatan indeks jumlah penjual tertinggi sepanjang 2020-2021. Rinciannya, Surabaya sebesar 48 persen, Bandung 65 persen, dan Yogyakarta 67 persen.

Sedangkan kota dengan peningkatan indeks jumlah pembeli tertinggi mencakup Bandung sebesar 122 persen, Yogyakarta 142 persen, dan Surabaya 154 persen.

Di sisi lain, lanjut Huda, riset ini juga memotret kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi yang positif di berbagai kota dengan Hyperlocal Tokopedia, yang turut berkontribusi menjaga pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

"Surabaya (4,29 persen), Yogyakarta (5,09 persen) dan Semarang (5,16 persen) menjadi kota dengan kenaikan persentase pertumbuhan ekonomi tertinggi dari 2020-2021," jelas Huda.

Lebih jauh Huda menerangkan, dalam riset INDEF juga ditemukan bahwa sepanjang 2019-2021 rerata persentase pertumbuhan ekonomi di kota tanpa Hyperlocal tercatat sebesar 1,26 persen. Sedangkan di kota dengan Hyperlocal Tokopedia angkanya lebih tinggi, yaitu 2,78 persen.

Tak hanya sukses meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di berbagai daerah, inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga berhasil menahan jumlah pengangguran meningkat tajam imbas pandemi Covid-19.

"Secara statistik, inisiatif Hyperlocal Tokopedia mampu menahan laju peningkatan pengangguran," ujar Huda.

Hadirnya inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga membuat kota-kota dengan Hyperlocal memiliki tingkat kemiskinan yang lebih rendah sebesar 0,14 persen dibandingkan kota-kota tanpa Hyperlocal.

"Surabaya, Semarang, dan Medan menjadi kota dengan tingkat penurunan kemiskinan terbesar setelah adanya program Hyperlocal Tokopedia," ujar Huda.

(rea/osc)




bab terbaru:5unsur slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
kegunaan aplikasi akulaku
yang gacor malam ini
jam305 slot
link slot baru
deposit 77
situs slot bonus
jam gacor domino hari ini
angka jitu oregon 1
ajoslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 infini slot terbaru
Bab 2 cara mendapatkan uang dari gonovel
Bab 3 cukong88
Bab 4 wede777
Bab 5 situs xo4d slot
Bab 6 buku mimpi 3d terlengkap
Bab 7 live99 slot
Bab 8 slot gacor rusia
Bab 9 rajaqq99
Bab 10 slot terpercaya di dunia
Bab 11 77 neko
Bab 12 link slot
Bab 13 bonanza pragmatic
Bab 14 vslots88
Bab 15 togel terlengkap
Bab 16 uang nasional pinjol
Bab 17 total maxwin
Bab 18 surga77
Bab 19 cara pembayaran angsuran kredivo
Bab 20 rumah 138 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5175bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Terlahir kembali sebagai guru tingkat dewa

rtp agen 138
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor impor Indonesia pada November 2022 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor impor Indonesia pada November 2022 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor impor Indonesia pada November 2022 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah menyebutkan ekspor Indonesia pada bulan lalu mencapai US,12 miliar atau turun 2,46 persen dibandingkan ekspor Oktober

"Saya akan menyampaikan perkembangan ekspor November 2022 secara bulan ke bulan nilai ekspor November 2022 mencapai US,12 miliar atau turun sebesar 2,46 persen dibanding bulan sebelumnya," ungkapnya dalam konferensi pers, Kamis (15/12).

Habibullah menuturkan ekspor nonmigas pada November 2022 mencapai US,99 miliar, turun 1,94 persen dibandingkan dengan Oktober 2022, namun naik 6,88 persen jika dibandingkan dengan November 2021.

Penurunan ekspor nonmigas terbesar terjadi pada komoditas lemak dan minyak hewan maupun nabati sebesar US7,6 juta atau 16,62 persen. Sedangkan peningkatan terjadi pada ekspor logam mulia dan perhiasan/ permata sebesar 87,19 persen atau senilai US2,2 juta.

Di saat yang sama, ekspor migas juga turun 11,85 persen dari US,29 miliar pada Oktober 2022 menjadi US,14 miliar pada November 2022. Sementara, secara tahunan ekspor migas turun 15,23 persen.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Buka Suara soal Wacana Subsidi Mobil Listrik Rp80 Juta

Habibullah mengatakan selain ekspor, penurunan juga terjadi pada impor. Nilai impor Indonesia November 2022 mencapai US,96 miliar, turun 0,91 persen dibandingkan Oktober 2022. Sementara, secara tahunan kinerja impor turun 1,89 persen.

Dari sektornya, impor migas pada November 2022 senilai US,80 miliar, turun 16,64 persen dibandingkan Oktober 2022 atau turun 7,30 persen dibandingkan November 2021.

Sedangkan, impor nonmigas November 2022 senilai US,16 miliar, naik 2,45 persen dibandingkan Oktober 2022 atau turun 0,89 persen dibandingkan November 2021.

Penurunan impor golongan barang nonmigas mencapai US,6 juta atau 25,28 persen. Sedangkan peningkatan terbesar adalah mesin/peralatan mekanis dan bagiannya US2,8 juta atau 8,5 persen.

Lihat Juga :
Daftar Poin Penting UU PPSK yang Baru Disahkan DPR

Adapun tiga negara pemasok barang impor nonmigas terbesar selama Januari-November 2022 adalah China sebesar US,39 miliar atau 34,03 persen, Jepang US,58 miliar atau 8,64 persen, dan Thailand US,09 miliar atau 5,60 persen.

Untuk impor nonmigas dari Asean senilai US,38 miliar atau 16,84 persen dan Uni Eropa US,42 miliar atau 5,77 persen.

Di sisi lain, neraca perdagangan Indonesia November 2022 surplus US,16 miliar atau setara dengan Rp80,6 triliun. Surplus ini merupakan yang ke-31 bulan berturut-turut.

Surplus terutama berasal dari sektor nonmigas sebesar US,83 miliar, namun tereduksi oleh defisit sektor migas senilai US,67 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Penyihir Ekstradimensi

kakek zeus foto
Terdapat sejumlah syarat naik pesawat untuk liburan Nataru 2023. Aturan ini dikeluarkan agar protokol kesehatan tetap berlaku pada perjalanan pesawat.
Syarat naik pesawat untuk liburan Nataru 2023. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Moda transportasi udara alias pesawat tampaknya masih jadi andalan masyarakat untuk pergi berlibur, termasuk pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) sebentar lagi.

Namun, pemerintah memberi sejumlah syarat naik pesawatuntuk liburan Nataru. Aturan ini dikeluarkan agar protokol kesehatan tetap berlaku di perjalanan pesawat.

Lihat Juga :
Mau Naik Jet Pribadi untuk Liburan, Ini Harga Sewanya

Berikut syarat naik pesawat untuk liburan Nataru.

1. Patuhi protokol umum

Calon penumpang harus mematuhi protokol umum yang terdiri atas:

  • Menggunakan masker medis kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu
  • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan
  • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan
  • Diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan


2. Patuhi protokol perjalanan dalam negeri

Calon penumpang harus mematuhi protokol perjalanan dalam negeri, yaitu.

  • Setiap orang yang melaksanakan perjalanan bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing
  • Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi


3. Wajib vaksinasi Covid-19

Calon penumpang harus memenuhi ketentuan vaksinasi Covid-19 berikut ini.

Usia 18 tahun ke atas

  • Wajib mendapat vaksinasi dosis ketiga (booster)
  • Warga negara asing (WNA) wajib mendapat vaksinasi dosis kedua


Usia 6-17 tahun

  • Wajib mendapat vaksinasi dosis kedua
    WNI yang berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan dari kewajiban vaksinasi


Di bawah 6 tahun

  • Dikecualikan dari ketentuan vaksinasi, namun perlu pendampingan


4. Tak perlu PCR atau antigen

Calon penumpang kini tak wajib menunjukkan hasil negatif dari tes PCR atau antigen untuk naik pesawat


5. Komorbid dikecualikan dari syarat vaksin

Calon penumpang yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid dikecualikan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen

Demikian syarat naik pesawat untuk liburan Nataru. Semoga bermanfaat.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Wu Yeruomeng

cara pembayaran angsuran kredivo
IHSG diproyeksi tertekan pada perdagangan hari ini, Selasa (20/12), karena minimnya sentimen.
IHSG diproyeksi tertekan pada perdagangan hari ini, Selasa (20/12), karena minimnya sentimen. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan hari ini, Selasa (20/12).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menuturkan IHSG masih berpotensi tertekan untuk jangka pendek.

"Perkembangan pergerakan IHSG menunjukkan potensi tekanan yang masih berlanjut dalam jangka pendek," kata William dalam riset hariannya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.672 dan resistance 6.856.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan HMSP, BBCA, BBNI, ASRI, UNVR, PWON, ICBP, INDF, BINA, dan GGRM.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana punya pendapat berbeda. Ia memperkirakan IHSG akan menguat hari ini.

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMBertaruh Cuan dari 'Godaan' Saham Consumer Goods hingga Perbankan

"Selama IHSG masih mampu bergerak di atas 6.641 sebagai stoploss-nya, maka perkiraan IHSG masih berpeluang menguat untuk menguji 6.854-6.896," kata Herditya.

Walaupun, menurutnya, pola IHSG masih berada dalam fase bearish. Bearish adalah tren pergerakan saham yang diam dan cenderung turun.

Herditya memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support 6.607 dan resistance 6.838. Saham pilihannya adalah BFIN, BIRD, ITMG, MDKA.

IHSG ditutup di level 6.799 pada Senin (19/12). Indeks saham melemah 32,49 poin atau minus 0,48 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.442 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak17.720miliar saham. Pada penutupan kali ini, 189 saham menguat, 349 terkoreksi, dan 170 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/bir)

Dongeng dunia yang berbeda

cara untuk dapatkan duit
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp7,5 triliun, pada Selasa (20/12).
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp7,5 triliun, pada Selasa (20/12). (ANTARA FOTO/Ampelsa).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Garuda Indonesia(Persero) Tbk menerima dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp7,5 triliun, pada Selasa (20/12).

Sokongan dana dari APBN 2022 itu untuk memperkuat upaya maskapai BUMN tersebut dalam mengakselerasikan pemulihan kinerja usaha.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan dana Rp7,5 triliun tersebut akan digunakan untuk mempercepat pemulihan kinerja perusahaan, khususnya pada lini operasional penerbangan. Salah satunya untuk merestorasi armada.

Selain merestorasi armada, dana PMN juga digunakan untuk pemeliharaan spare part pesawat dan berbagai komponen pesawat lainnya, termasuk penyehatan arus kas perusahaan guna mendukung kelancaran operasional Garuda.

Ia menuturkan dana PMN tersebut menjadi batu loncatan tersendiri bagi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier, di tengah momentum pemulihan ekonomi nasional, khususnya sektor pariwisata.

"Tentunya, kontribusi tersebut diselaraskan dengan komitmen Garuda untuk terus memperkuat fondasi keberlangsungan usaha yang berorientasi pada fokus profitabilitas dan optimalisasi good corporate governancedi seluruh lini bisnisnya," terang Irvan.

Lihat Juga :
Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior Dkk Berhenti Terbit Desember 2022

Pemerintah resmi menambah PMN kepada Garuda senilai Rp1 triliun sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Perusahaan Penerbangan Garuda Indonesia Tbk.

PP ini diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diundangkan pada 12 Desember 2022. Totalnya, pemerintah menggelontorkan dana Rp7,5 triliun kepada BUMN penerbangan ini pada 2022.

PMN tersebut ditujukan untuk memperbaiki struktur permodalan perusahaan. Modal ini disuntikkan setelah perusahaan menang dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

[Gambas:Video CNN]



(pku/bir)

[Gambas:Video CNN]

Tianni Shenwu

winsgoal
Partai Buruh mengancam akan menggugat Pjs Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan sejumlah gubernur terkait UMP 2023 yang tak layak.
Partai Buruh mengancam akan menggugat Pjs Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan sejumlah gubernur terkait UMP 2023 yang tak layak. (CNN Indonesia/ Poppy Fadhilah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Partai Buruh Indonesia mengancam bakal menggugat sejumlah gubernur terkait upahminimum provinsi (UMP) 2023.

Beberapa gubernur yang masuk daftar adalah Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Propaganda Partai Buruh Kahar S Cahyono mengatakan gugatan dilayangkan karena UMP 2023 yang ditetapkan masih belum layak.

Untuk DKI Jakarta, Kahar menyebut gugatan diajukan karena UMP DKI Jakarta 2O23 yang ditetapkan Rp4,9 juta menjadi yang paling rendah. Pasalnya, UMP itu hanya naik 5,6 persen dibandingkan daerah sekitar, seperti Bogor yang UMK-nya naik 7 persen.

Sementara untuk Jawa Barat, ia mengatakan gugatan diajukan karena tindakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengabaikan rekomendasi dari berbagai daerah untuk menaikkan upah hingga 10 persen. Bahkan Bupati Bandung Barat ia sebut memberikan rekomendasi kenaikan upah hingga 27 persen.

Sementara Ridwan Kamil menetapkan UMP Jawa Barat 2023 hanya naik 7,88 persen menjadi Rp1,98 juta.

"Tapi kemudian sama gubernur (Ridwan Kamil) dipangkas dan rekomendasi bupati itu diabaikan," ujar Kahar.

Ridwan Kamil menetapkan UMP Jawa Barat 2023 naik 7,88 persen menjadi Rp1,98 juta.

Sebelumnya pemerintah masing-masing provinsi di Indonesia telah mengumumkan kenaikan UMP 2023. Kenaikan upah tersebut sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 tahun 2022 tentang Penetapan UMP 2023.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

[Gambas:Video CNN]

Manual Pengembangan Tuhan

paito venice lottery
Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan.
Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/ Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan.

Dalam aksi tersebut, konsumen yang tergabung dalam Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) menuntut Bank Nobu untuk mengembalikan uang yang sudah masuk guna pembelian unit Meikarta di Cibatu, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Desakan permintaan dilayangkan konsumen karena hingga kini para pembeli tersebut belum menerima unit apartemen yang dijanjikan oleh PT Lippo Cikarang Tbk.

Dalam aksi tersebut terlihat juga seorang peserta tampak geram akibat dilarang mediasi dengan direksi secara beramai-ramai. Ia menyebut kuasa hukum Bank Nobu meminta para debitur untuk mediasi satu per satu tanpa didampingi pengacara komunitas.

"Maksudnya apa? Supaya kami dilobi satu persatu, kemudian mereka memakai kuasa hukum, kita nggak boleh pakai kuasa hukum, logikanya di mana?" cecar salah satu debitur Nobu bernama Indri, Senin (19/12).

Ia pun berorasi dan menuntut agar Bank Nobu menerima komunitas untuk mediasi secara bersama-sama dengan didampingi kuasa hukum.

Lihat Juga :
Pembeli Meikarta Mengaku Diancam Bank Nobu Jika Setop Bayar Cicilan

"Kemudian karena kami tidak bersedia, kami diusir oleh kuasa hukumnya. Apapun ceritanya, kembalikan uang kami!" tegas Indri.

Konsumen Meikarta yang melakukan pembelian lewat Bank Nobu ini menggelar aksi dengan mengenakan seragam putih dan ikat kepala bertuliskan "Konsumen Korban Meikarta".

Mereka juga membawa berbagai spanduk bertajuk protes kepada Bank Nobu sebab enggan mengembalikan dana cicilan apartemen yang sudah masuk. Spanduk itu bertuliskan "Uang Masuk Rekening Bank Nobu, Kok Tagihnya di MSU? Waras?" dan "Bank Nobu mana tanggung jawabmu, cicilan ditagih terus, apartemen hanya mimpi!"

Cecaran Indri kemudian disambung oleh kuasa hukum PKPKM Rudy Siahaan yang menantang pihak direksi untuk mediasi di hadapan awak media. Menurutnya, jika direksi Bank Nobu enggan para debiturnya didampingi kuasa hukum, maka awak media yang harus diperbolehkan untuk ikut.

Lihat Juga :
Pembeli Meikarta Mengaku Diancam Bank Nobu Jika Setop Bayar Cicilan

"Tidak ada itikad baik dari Nobu, setelah di dalam masuk satu persatu. Kalau tidak boleh didampingi kuasa hukum, awak media saja yang mendampingi," tantang Rudy.

PKPKM pun berencana untuk mengajukan gugatan kepada Bank Nobu maupun PT MSU selaku pengembang apartemen tersebut ke pengadilan.

"Ya kalau langkah hukum kita pikirkan. Kalau memang mereka tidak mau pembatalan perjanjian sepihak, kita akan minta bantuan pengadilan untuk membatalkan perjanjian," ungkap Rudy.

Meski demikian, ia masih mengutamakan mediasi dengan pihak Bank Nobu untuk membatalkan perjanjian jika tak kunjung ada kepastian terkait unit apartemen tersebut.

CNNIndonesia.comsudah minta tanggapan atas tuntutan pembeli Meikarta ke Corporate Communication Bank Nobu Mario Satrio. Tapi yang bersangkutan menolak untuk berkomentar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)