petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kapten slot login

jamu 4d slot 745Jutaan kata 883281Orang-orang telah membaca serialisasi

《kapten slot login》

Sriwijaya FC tundukkan Sada Sumut FC 3******

Sriwijaya FC tundukkan Sada Sumut FC 3-1
Pertandingan Srwijaya FC saat menghadapi Sada Sumut FC pada babak playoff degradasi Liga 2 Indonesia 2023/2024 di Stadion Gelora Jakabaring Sriwijaya, Palembang, Selasa (16/1/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)
Palembang (ANTARA) - Sriwijaya FC (SFC) menundukkan Sada Sumut FC dengan skor 3-1 pada babak playoff degradasi Liga 2 Indonesia 2023/2024 di Stadion Gelora Jakabaring Sriwijaya, Palembang, Selasa.

Pada babak pertama, baik SFC maupun Sada Sumut FC saling menyerang dan menciptakan berbagai peluang dari kedua tim tersebut, namun belum dapat mencetak gol.

Pada menit ke-20, SFC mendapatkan peluang melalui Chencho Gyeltshen yang berada tanpa kawalan namun kembali tendangan volinya masih bisa ditahan penjaga gawang SADA Sumut FC Ilham Pratama.

Kemudian, Sada Sumut FC mendapatkan peluang pada menit ke-29 melalui tendangan silang Kei Sano, akan tetapi penjaga gawang SFC Yoewanto Stya Beny dapat menepis tendangan tersebut.

Pada menit ke-38, SFC kembali mendapatkan peluang melalui Rivaldi yang berada di posisi bebas mendapatkan kesempatan bola muntah dari tepisan kurang sempurna Ilham Pratama. Namun tendangannya masih melambung ke atas mistar gawang SADA Sumut FC.

Memasuki babak kedua, SFC langsung melancarkan serangan dan berhasil mencetak gol melalui tendangan keras Tomi Darmawan dari luar kotak penalti dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Setelah dari gol tersebut, SFC semakin memperkuat serangan dan menciptakan beberapa peluang dan pada menit ke-57 Chenco berhasil mencetak gol dan membuat kedudukan semakin melebar menjadi 2-0.

Setelah gol itu, Sada Sumut FC mulai membangun serangan ke arah pertahanan Sriwijaya FC. Tetapi pertahanan yang cukup kokoh berhasil menahan serangan Sada Sumut FC.

Pada menit ke-66 Sada Sumut FC berhasil membobol pertahanan SFC dan mencetak gol melalui tendangan Alexander.

Pada menit ke-71, SFC kembali mendapatkan peluang setelah Resa mengumpan ke Baha namun tendangannya masih bisa ditangkap oleh penjaga gawang Sada Sumut FC.

Pada menit ke-75, Sada Sumut FC mendapatkan peluang saat Zulkhairi mengumpan ke arah Agung dan langsung menendang, tapi tendangannya dapat ditepis oleh penjaga gawang SFC.

Kemudian, pada menit ke-87 SFC mendapatkan peluang melalui tendangan keras Chenco setelah memanfaatkan bola mentah akibat kesalahan pemain belakang Sada Sumut FC, namun tendangan tersebut masih dapat digagalkan oleh kiper.

Memasuki menit tambahan, SFC berhasil menambah gol setelah Chenco menerima umpan terobosan dan berlari membawa bola dari sisi kiri pertahanan langsung mengumpan ke arah Sandro dan mengoper lalu ditendang oleh Ali Koroy. Skor berubah menjadi 3-1 sehingga memantapkan kemenangan SFC pada pertandingan tersebut.

Pelatih SFC Hendri Susilo setelah pertandingan usai mengatakan kemenangan ini sangat berarti bagi SFC, sebab memantapkan posisi SFC agar tetap bermain di Liga 2 Indonesia pada musim selanjutnya.

"Kemenangan ini sangat berarti bagi SFC, sebab sesuai dengan tujuan kami adalah mempertahankan posisi SFC agar tetap bermain di Liga 2 Indonesia pada musim selanjutnya," katanya.

Terkait persiapan laga tandang menghadapi Sada Sumut FC pada Minggu (21/1), Hendri menjelaskan hasil pertandingan hari ini akan dievaluasi sebagai persiapan menghadapi Sada Sumut FC nanti. Akan tetapi, dirinya memfokuskan bagaimana memulihkan kebugaran rentang waktu yang cukup singkat

"Sehingga, kebugaran dari pemain ini yang kami utamakan," kata dia.

Baca juga: SFC raih satu poin pada laga play off perdana Liga 2 Indonesia

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Pemerintah kucurkan dana Rp57 triliun untuk BOSP tahun 2024******

Pemerintah kucurkan dana Rp57 triliun untuk BOSP tahun 2024
Sejumlah murid membersihkan buku pedoman pelajaran yang terdampak banjir di SDN Leuwi Bandung 02, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nym.
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mengucurkan dana Rp57,54 triliun untuk memberikan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) kepada 419.218 satuan pendidikan pada tahun 2024.

"Untuk 2024 ini Kemendikbudristek telah menetapkan sebanyak 419.218 satuan pendidikan penerima BOSP dengan nilai anggaran Rp57 triliun," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Praptono pada acara peluncuran penyaluran dana BOSP 2024 di Jakarta, Rabu.

Dana BOSP 2024 meliputi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebanyak Rp52,07 triliun, dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak Rp3,9 triliun, dan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan sebanyak Rp1,55 triliun.

Dari dana BOS yang nilainya total Rp52,07 triliun, sebanyak Rp22,72 triliun disalurkan ke 219.684 sekolah dasar dengan 43,67 juta peserta didik, sebanyak Rp11,65 triliun disalurkan ke 41.733 sekolah menengah pertama dengan 9,82 juta murid, dan sebanyak Rp8,41 triliun berikan ke 13.949 sekolah menengah atas dengan 5,17 juta siswa.

Selain itu, ada dana BOS sebanyak Rp8,41 triliun yang dibagikan ke 14.103 sekolah menengah kejuruan dengan 5,01 juta peserta didik dan dana Rp700,38 juta yang diberikan kepada 2.298 Sekolah Luar Biasa dengan 189.398 murid.

Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini diberikan kepada 190.619 satuan pendidikan PAUD dan dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan disalurkan ke 8.460 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Rp1,45 triliun) dan 455 Sanggar Kegiatan Belajar (Rp103,78 juta).

Praptono menyampaikan bahwa penyaluran dana BOSP 2024 dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dari Januari sampai Juni dan tahap kedua dari Juli sampai Oktober.

Dia mengatakan, sebanyak 402.831 satuan pendidikan yang direkomendasikan sudah bisa menerima dana BOSP tahap pertama pada Januari 2024.

Berdasarkan data dalam Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), sebanyak 159.396 satuan pendidikan (40 persen) dijadwalkan menerima dana BOSP tahap pertama pada 17 Januari 2024.

Sebanyak 341.824 satuan pendidikan (85 persen) ditargetkan menerima dana BOSP tahap pertama pada 18 Januari dan sebanyak 385.174 satuan pendidikan (95 persen) ditargetkan sudah menerima bantuan dana tersebut pada 19 Januari 2024.

"Apakah ini akan terealisir? Kami sangat berkeyakinan, karena sekarang ini posisi penyaluran itu sudah ada di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), sehingga tinggal kecepatan kerja para penyalur di KPPN ke rekening sekolah," kata Praptono.

Baca juga:
Kemendikbud percepat penyaluran BOSP 2024
Nadiem: 96 persen satuan pendidikan terima BOSP 2024 pada Januari

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024

Dishub DKI juga siapkan rekayasa lalu lintas untuk Harlah NU******

Dishub DKI juga siapkan rekayasa lalu lintas untuk Harlah NU
Rekayasa lalu lintas bersifat situasional saat Hari Lahir (HARLAH) Muslimat Nahdatul Ulama yang ke-78 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (20/1/2024). ANTARA/Ho/Dinas Perhubungan DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin) dalam rangka hari lahir atau "Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU untuk Kemaslahatan Bangsa" di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (20/1).
"Sehubungan dengan agenda itu mulai pukul 00.00-09.00 WIB, akan dilakukan rekayasa lalu lintas secara situasional," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Berikut rekayasanya :  1. Lalu lintas dari selatan (Cipete) menuju utara (Senayan) atau barat (Slipi) dapat melalui Jalan Bulungan-Jalan Pati Unus-Jalan Pakubuwono VI-Jalan Hang Lekir 2-Jalan Hang Lekir 1-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-dan seterusnya.

2. Lalu lintas dari utara (Harmoni) menuju ke selatan (Senayan) dapat melalui Jalan Ir. Juanda-Jalan Pos-Jalan Kesenian-Jalan Lapangan Banteng Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan Ir Juanda-Jalan Suryopranoto-Jalan Cideng Barat-dan seterusnya. 3. Lalu Lintas dari timur (Tugu Tani) menuju ke barat (Tanah Abang) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Majapahit-Jalan Abdul Muis-Jalan Fachrudin-dan seterusnya, atau melalui ke Jalan Perwira-Jalan Katedral-Jalan Veteran-Jalan Ir H. Juanda-dan seterusnya.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan rekayasa lalu lintas Harlah NU di GBK 4. Lalu Lintas dari timur (Menteng) menuju ke barat (Tanah Abang atau Slipi) dapat melalui Jalan Cut Mutia-Jalan Dr Ratulangi-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Galunggung-Jalan RM Margono-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-Jalan S. Parman-dan seterusnya. 5. Lalu Lintas dari barat (Tanah Abang) menuju ke timur (Manggarai) dapat melalui Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-dan seterusnya, atau dapat melalui Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Prof. Dr. Satrio-dan seterusnya.
6. Lalu lintas dari selatan (Antasari) menuju ke barat (Slipi) dapat melalui Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Kapten Tendean-Jalan terusan Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto- Jalan S. Parman-dan seterusnya.
Selain itu, Syafrin menyebut ada 26 titik lokasi parkir untuk menunjang acara itu yakni pada area dalam GBK sebanyak 12 titik dengan satuan ruang parkir (SRP) sebanyak 1.707 SRP untuk mobil, sedangkan 7.729 SRP untuk motor dan 410 SRP untuk bus. Lalu, kantong parkir di sekitar GBK Senayan sebanyak sembilan titik lokasi parkir dengan SRP sebanyak 1.730 SRP untuk bus.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan kantung parkir bus Harlah NU

Kemudian, kantong parkir di sekitar Monas sebanyak lima titik lokasi parkir dengan SRP sebanyak 1.200 SRP untuk bus. Syafrin juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas, mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:kta tunaiku com

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
jam gacor fafafa hari ini
paito hk 6d
server thailand gacor hari ini
edc slot 88
permainan hago yang menghasilkan uang
slot modal receh gampang menang
maxwin89
genk680
togelindopools
Daftar isi semua bab
Bab 1 82 togel
Bab 2 bangsatogel
Bab 3 nomor whatsapp kredivo
Bab 4 slot gacor sering maxwin
Bab 5 slot situs online
Bab 6 server thailand gacor
Bab 7 top508
Bab 8 pinjaman tunai kredivo ditolak
Bab 9 rtp mahkotaslot
Bab 10 cara mengatasi pinjol
Bab 11 hoki slot 96
Bab 12 mastercasino88
Bab 13 nexus slot gacor hari ini
Bab 14 modalku pinjaman online
Bab 15 btv 168
Bab 16 kredit hp lewat dana
Bab 17 3d buku mimpi
Bab 18 bunga di easycash
Bab 19 pakar slot online
Bab 20 slotdemo4d
Klik untuk melihattersembunyi di tengah712bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Wukong membaca obrolan pribadi

brovegas
KPU telusuri dugaan surat suara tercoblos lebih dulu di Taipei
Ilustrasi -- Petugas Pos Malaysia memasukkan sejumlah kardus berisi surat suara yang akan dikirimkan ke pemilih tetap di Kedutaan Besar RI Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (15/1/24). ANTARA FOTO/VIRNA PUSPA SETYORINI/nz
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang menelusuri surat suara yang diduga sudah tercoblos lebih dulu di Taipei, Taiwan.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan klarifikasi itu dilakukan dengan menelusuri pihak panitia penyelenggara luar negeri (PPLN) dan panitia pengawas pemilihan (panwaslu).

"Nanti kalau sudah ada hasilnya akan dilaporkan oleh teman-teman PPLN dan Panwaslu. Dan bisa rilis kepada teman-teman media, karena sdang ditelusuri dulu," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan penelusuran itu akan dilakukan langsung ke pemilih yang bersangkutan. KPU pun masih memastikan apakah surat suara itu memang benar sudah tercoblos lebih dulu atau tidak.

Menurut Hasyim, apabila surat suara itu benar tercoblos lebih dulu saat berada di dalam amplop, maka KPU akan menyatakan surat suara itu ke dalam kategori surat suara rusak. Surat suara itu akan langsung diganti dengan yang baru.

Adapun surat suara di dalam amplop merupakan salah satu metode pencoblosan untuk pemilu luar negeri. Para pemilih akan menerima lebih dulu amplop dari KPU yang berisikan surat suara.

Selanjutnya, surat suara yang dicoblos itu akan dikirim kembali oleh pemilih ke alamat yang sudah dilampirkan KPU pada amplop.

“Iya tentu saja ke pemilih yang bersangkutan. Kalau memang benar bahwa memang itu sudah tercoblos itu, itu kan metode pos, nah sebagaimana kemudian di metode TPS nanti kita akan kategorikan surat suara rusak dan kemudian akan kita ganti dengan surat suara baru,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, sebagai peserta Pilpres 2024.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024

Apakah itu sungai atau danau?

cara dapat uang di spotify
Tsunami akibat gempa Jepang sapu 190 hektar lahan di tiga kota
Foto yang diambil dari pesawat Kyodo News menampilkan kawasan Noto di prefektur Ishikawa yang hancur diterjang tsunami akibat gempa yang melanda Jepang, Selasa (2/1/2024). ANTARA FOTO/Kyodo via Reuters Connect/foc.
Kanazawa, Jepang (ANTARA) - Gelombang tsunami akibat gempa dahsyat yang mengguncang Semenanjung Noto dan sekitarnya di Jepang tengah pada Hari Tahun Baru telah menyapu sekitar 190 hektar lahan di tiga kota, demikian diumumkan pemerintah pada Senin.

Sementara itu jumlah korban jiwa dari bencana gempa telah naik menjadi 222 pada Senin sore, dua minggu setelah gempa bermagnitudo 7,6, menurut pemerintah prefektur Ishikawa.

Tsunami menyebabkan sebagian besar kerusakan di bagian timur laut semenanjung, termasuk Suzu dan Noto di pesisir Laut Jepang, menghancurkan rumah-rumah dan fasilitas pelabuhan, sedangkan tingkat kerusakan sepenuhnya belum dapat diperkirakan.

Wilayah seluas 190 hektar tersebut termasuk kota pesisir Shika di tengah prefektur, menurut pemerintah pusat.

Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi dalam konferensi pers mengatakan bahwa pemecah gelombang rusak setidaknya di tujuh pantai yang dilanda gelombang tsunami.

Luasnya genangan diketahui berdasarkan gambar yang diambil oleh helikopter Kementerian Pertanahan dan pemerintah prefektur, serta informasi peta dari Otoritas Informasi Geospasial negara tersebut.

Pemerintah Wajima yang dilanda bencana mengatakan bahwa siswa sekolah menengah pertama di kota utara Ishikawa akan dievakuasi ke fasilitas prefektur di kota selatan Hakusan pada Rabu.

Sumber: Kyodo
Baca juga: Angin kencang diprediksi akan terjang daerah dilanda gempa di Jepang
Baca juga: Jepang mulai bangun perumahan sementara bagi korban gempa
Baca juga: Jepang tingkatkan subsidi untuk bantu komunitas yang terdampak gempa

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024

Paviliun Tianxuan

gacor x500 slot login
Semangat suporter bawa Ginting maju ke perempat final India Open
Arsip - Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berpose usai mengalahkan wakil Prancis, Cristo Popov, Denmark Open 2023, Odense, Denmark, Selasa (17/10/2023). ANTARA/HO-PBSI/aa. (Handout PBSI)
Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengatakan dukungan dan semangat dari para suporter Indonesia yang hadir langsung di K.D.Jadhav Indoor Hall, Indira Gandhi Sports Complex, New Delhi, menjadi pemacu baginya bisa maju ke babak perempat final India Open 2024.

Hal itu Ginting pastikan setelah mengunci kemenangan atas wakil Jepang Kenta Nishimoto 21-8, 21-17 pada babak 16 besar turnamen tersebut, Kamis.

“Cukup senang dengan antusiasme penonton yang mendukung saya hari ini. Semoga dengan pertandingan tadi bisa menghibur mereka,” kata Ginting, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Ginting yang turun sebagai unggulan keempat tersebut memang sudah mendominasi sejak gim pertama. Ia terus memimpin dan tidak memberikan kesempatan untuk Nishimoto mengembangkan variasi serangan.

“Semua strategi juga berjalan lancar sehingga membuat lawan tidak bisa keluar dari tekanan terutama di gim pertama,” kata Ginting.

Beralih ke gim kedua, Ginting mengakui bahwa lawan mencoba mengubah pola permainan. Namun, tunggal putra peringkat empat dunia itu pun dapat mengantisipasinya dengan baik dan tenang, sehingga mampu mempertahankan keunggulan sekaligus mencegah wakil Jepang untuk beradu di rubber game.

“Di gim kedua pastinya dia mau mengubah arah permainan tapi saya bisa membacanya. Memang ada mengadu sehingga poinnya cukup ketat,” kata Ginting.

Lebih lanjut, kunci utama dari kemenangan Ginting hari ini adalah dengan bermain agresif, tapi juga sabar dan tidak terburu-buru.

“Hari ini coba bermain agresif tapi lebih sabar, lebih tidak terburu-buru. Juga semaksimal mungkin tidak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri dan Puji Tuhan hari ini cukup berhasil,” ujar dia.

Dengan ini, maka Ginting akan bertemu dengan tunggal putra Hong Kong Lee Cheuk Yiu di babak delapan besar India Open 2024.


Baca juga: Strategi menyerang Jonatan tak mampu halau dominasi Lee Zii Jia


Sejauh ini, dari lima wakil yang bertanding pada babak kedua turnamen BWF Super 750 hari ini, Ginting masih menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke perempat final.

Sebelumnya, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, tunggal putra Jonatan Christie, dan ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati menelan kekalahan di babak kedua.

Masih ada satu wakil Indonesia yang berlaga di babak ini, yakni ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bakal berhadapan dengan Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard dari Denmark.

Baca juga: Ginting bangkit dan beri perlawanan sengit di babak pertama India Open

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

Penyihir tahun 1000 M

flokitoto
Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami peningkatan kegempaan
Lava pijar terlontar keluar dari kawah Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (16/1/2024). ANTARA/HO-PVMBG/am.
Jakarta (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada peningkatan kegempaan pada Gunung Lewotobi Laki-laki yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. "Pemantauan kegempaan menunjukkan pada 16 Januari 2024, pukul 00.00 hingga 24.00 WITA, terjadi peningkatan kegempaan yang signifikan," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam keterangan di Jakarta, Rabu. Wafid mengungkapkan ada 396 kali gempa yang terjadi pada Gunung Lewotobi Laki-laki sepanjang Selasa kemarin. Jumlah kegempaan itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan aktivitas kegempaan yang terjadi sehari sebelumnya pada Senin (15/1), yang hanya berjumlah 140 kali gempa. Pada 16 Januari 2024, Badan Geologi mencatat ada 13 gempa awan panas guguran, 108 gempa letusan, 92 gempa guguran, 172 gempa frekuensi rendah, 10 kali gempa tremor, dan 1 kali gempa vulkanik dalam. "Pukul 20.58 WITA hingga 21.24 WITA terekam gempa tremor dengan amplitudo maksimum 47 milimeter," kata Wafid. Pada 15 Januari 2024, Badan Geologi mengungkapkan hanya ada 13 gempa letusan, 7 gempa awan panas guguran, 64 gempa guguran, 50 gempa frekuensi rendah, 1 gempa tektonik jauh, 1 gempa getaran banjir, dan empat kali gempa tremor menerus.
Baca juga: Badan Geologi perluas jarak rekomendasi Gunung Lewotobi Laki-laki

Baca juga: PVMBG minta warga tidak beraktivitas radius lima km dari pusat erupsi
 Data kegempaan Gunung Lewotobi Laki-laki tersebut menunjukkan peningkatan signifikan gempa frekuensi rendah. Hal itu memperlihatkan ada pergerakan magma ke permukaan yang semakin intensif dalam waktu yang cukup singkat, sehingga jarak luncur aliran lava maupun kejadian guguran dan awan panas berpotensi meningkat pula. Guguran lava ke arah baru, yaitu barat daya hingga barat dengan jarak luncur 2 kilometer menunjukkan aliran lava yang saat ini dapat terjadi ke segala arah mengingat terjadinya pergerakan magma ke permukaan yang sangat intensif. Kemunculan gempa tremor harmonik menujukan pembentukan gas alam dalam konduit magma semakin meningkat, sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan eksplosivitas erupsi. Selain aktivitas gempa yang meningkat signifikan, Badan Geologi juga mencatat letusan yang terjadi pukul 20.58 WITA, Selasa (16/1), melontarkan abu vulkanik setinggi 600 meter dan memuntahkan lava pijar sejauh 2 kilometer dari pusat erupsi. Pada 17 Januari 2024, Badan Geologi mengumumkan perluasan jarak rekomendasi agar masyarakat aman dari bahaya erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki. Sebelumnya, jarak rekomendasi tersebut hanya sejauh 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer ke arah barat laut hingga utara dan timur laut. Namun, hari ini, jarak rekomendasi itu diperluas sejauh 1 kilometer menjadi radius 5 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 6 kilometer pada arah utara hingga timur laut. "Hasil analisis dan evaluasi menyeluruh terhadap data pemantauan visual dan instrumental menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas kegempaan pada Gunung Lewotobi Laki-laki secara signifikan, sehingga harus dilakukan perubahan jarak rekomendasi," papar Wafid. Pada 9 Januari 2024, pukul 23.00 WITA, Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan peningkatan aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki dari sebelumnya level III atau siaga menjadi level IV atau awas. Level IV merupakan status tertinggi gunung api yang mengindikasikan erupsi atau letusan dapat mengancam pemukiman di sekitar gunung api tersebut. Gunung Lewotobi yang memiliki ketinggian 1.584 meter di atas permukaan laut tersebut adalah gunung berapi kembar yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores. Gunung itu terdiri dari dua puncak, yaitu Gunung Lewotobi Laki-laki dan Gunung Lewotobi Perempuan. PVMBG memantau secara visual dan instrumental Gunung dari pos pengamatan yang berlokasi di Desa Pululera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: PVMBG ingatkan potensi banjir lahar hujan erupsi Lewotobi ke Desa Nobo

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki lontarkan lava pijar sejauh dua kilometer
 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Dewa Bela Diri Syura

akun gampang wd
Kemenkes sebut skrining kesehatan cegah kasus kelelahan petugas Pemilu
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi. ANTARA/HO-Roche Indonesia/pri.
Pengisian skrining riwayat kesehatan sudah bisa diakses sejak 2 Januari 2024
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebutkan skrining kesehatan pada petugas Pemilu dapat mencegah kasus kelelahan yang dapat berujung pada kematian. "Upaya untuk mencegah tentunya dengan memastikan petugas Pemilu memang cakap sehat jasmani dan rohani untuk melakukan tugas tersebut," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu. Selain itu, Nadia menyebutkan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) setempat juga dipersiapkan jika terjadi keadaan darurat atau emergency. Terkait kriteria skrining petugas Pemilu, ia menyebutkan seluruhnya diserahkan sesuai dengan fasyankes masing-masing sesuai ketentuan yang ada. Untuk itu, Nadia mengajak kepada seluruh petugas pemilu untuk melakukan skrining, dengan terlebih dahulu membaca pedoman Skrining Riwayat Kesehatan dan Optimalisasi Kepesertaan Aktif Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi Petugas Penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.   
Terkait hal tersebut, BPJS Kesehatan telah mengajak seluruh petugas penyelenggara Pemilu 2024 untuk mengecek kesiapan kesehatan melalui fasilitas skrining riwayat kesehatan yang dapat diakses dalam jaringan (daring) secara gratis. "Pengisian skrining riwayat kesehatan sudah bisa diakses sejak 2 Januari 2024," kata Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Humas BPJS Kesehatan Agustian Fardianto (13/1). Ardi menyebutkan ketentuan skrining kesehatan berlaku bagi seluruh petugas KPU yang merupakan petugas penyelenggara Pemilu dan Pilkada 2024, yang terdaftar pada sistem informasi data petugas KPU atau Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA).

Skrining riwayat kesehatan bisa diakses melalui Aplikasi Mobile JKN, laman web BPJS Kesehatan, atau Chat Asisstant BPJS Kesehatan (CHIKA). Untuk diketahui, pada Pemilu 2019 yang lalu, KPU mencatat sebanyak 5.175 petugas Pemilu mengalami sakit dan 894 petugas meninggal dunia.

Baca juga: BPJS Kesehatan ajak petugas Pemilu manfaatkan skrining kesehatan

Baca juga: KPU dan Kemenkes koordinasi jaga kesehatan petugas KPPS

Baca juga: Petugas pemilu berstatus aktif JKN bisa akses skrining kesehatan

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024

Penata rambut terbaik di dunia peri

link slot
Rektor UNS kembalikan mandat jabatan ke Mendikbudristek
Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita
Solo (ANTARA) - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jamal Wiwoho mengembalikan mandat jabatan ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI menyusul proses pemilihan pimpinan baru yang segera dimulai.

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan kepada wartawan di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, Jamal mengatakan amanat perpanjangan masa jabatan sebagai rektor telah dilaksanakan.

"Perpanjangan telah saya laksanakan dan mengantarkan tahapan penataan kelembagaan sampai dengan terbitnya Peraturan Majelis Wali Amanat (PMWA) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota MWA," katanya.

Baca juga: MWA UNS pastikan tak ada pelantikan rektor masa bakti 2023-2028

Ia mengatakan bahwa untuk tahapan selanjutnya merupakan implementasi PMWA tersebut berupa pembentukan organ MWA dan pemilihan rektor yang lebih memerlukan peran dan tanggung jawab besar.

"Untuk menghindari pandangan dan kekhawatiran bahwa saya memiliki kepentingan pribadi berkaitan dengan pemilihan anggota MWA dan pemilihan rektor, saya memilih sikap tidak berperan lebih lanjut dalam penataan kelembagaan di UNS," katanya.

Baca juga: Mendikbudristek keluarkan SK perpanjangan jabatan rektor UNS 2019-2023

Ia mengatakan bahwa atas pengembalian mandat dan tugas perpanjangan jabatan Rektor UNS, untuk tindak lanjut penyelesaian dan keputusan diserahkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sementara itu, menurut dia, untuk proses pembentukan Panitia Pemilihan Anggota (PPA) MWA UNS periode 2024-2029 telah dimulai setelah sosialisasi PMWA Nomor 1 Tahun 2023 tersebut.

Baca juga: Kemendikbudristek batalkan penetapan rektor terpilih UNS

Sebagaimana diketahui, PMWA Universitas Sebelas Maret Nomor 1 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Majelis Wali Amanat telah terbit dan disosialisasikan pada tanggal 8 Januari 2024 oleh Pelaksana Tugas Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi beserta tim teknis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024