petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot88 demo slot

iblbet 31Jutaan kata 776476Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot88 demo slot》

HIPMI Minta Tiktok Shop Diawasi Ketat Jika Buka Lagi di Indonesia******

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meminta pemerintah mengawasi ketat TikTok Shop apabila kembali beroperasi Indonesia.
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meminta pemerintah mengawasi ketat TikTok Shop apabila kembali beroperasi Indonesia. Ilustrasi. (Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) meminta pemerintah mengawasi ketat TikTok Shop apabila kembali beroperasi Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Jenderal HIPMI Anggawira menanggapi kabar soal TikTok yang mulai mencari mitra e-commerce lokal untuk bisa beroperasi kembali di Indonesia setelah ditutup sejak Oktober lalu.

Anggawira menilai kehadiran TikTok Shop sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang positif untuk ekosistem berbisnis di ranah digital serta investasi asing apabila berjalan dengan tepat.

"Tapi di sisi lain, pemerintah perlu mengawasi dengan operasionalnya demi mencegah apa yang terjadi beberapa waktu lalu ketika para pengusaha UMKM serta pedagang Pasar Tanah Abang mengalami omzet yang menurut drastis. Hal ini terjadi akibat praktik predatory pricing yang diduga dilakukan di TikTok Shop," ungkapnya dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Jumat (24/11) lalu.

Karenanya, ia berharap TikTok Shop benar-benar menunjukkan itikad baiknya dalam memisahkan konsep e-commerce dengan platform media sosialnya.

Jika TikTok Shop sulit membuat platform sendiri, maka untuk menciptakan ekosistem usaha yang baik di Indonesia sekaligus mendorong penguatan kolaborasi, langkah yang dapat dipilih adalah dengan bergabung bersama e-commerce yang sudah ada di Indonesia.

"Dengan ini maka TikTok Shop dapat mengikuti regulasi yang berlaku di Indonesia, menciptakan persaingan sehat di ranah e-commerce, dan dapat ikut dalam program memajukan UMKM Tanah Air," ujarnya.

Kabar mengenai rencana dibukanya kembali TikTok Shop sebenarnya sudah beredar beberapa pekan lalu usai berita terkait CEO TikTok Shou Zi Chew menyeruak. Chew disebut ingin bertemu Presiden Joko Widodo untuk membahas nasib TikTok Shop pasca-penutupannya yang disebabkan resminya Permendag No. 31 Tahun 2023 yang melarang media sosial digabungkan dengan e-commerce.

Kemudian kabar TikTok Shop diwacanakan dibuka kembali menguat setelah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) mengungkap TikToktengah menjalin pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia terkait peluang kemitraan.

Teten menyebut TikTok telah berhubungan dengan lima perusahaan, termasuk unit e-commerce GoTo Tokopedia, Bukalapak.com, dan Blibli.

"Beberapa perusahaan e-commerce di Indonesia telah berbicara dengan TikTok," ujarnya dalam sebuah wawancara, Senin (13/11), dilansir dari Reuters.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Zulhas Tunggu ESDM Sebelum Berikan Izin Ekspor Pasir Laut******

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya bergantung pada Kementerian ESDM dalam mengeluarkan izin ekspor pasir laut.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya bergantung pada Kementerian ESDM dalam mengeluarkan izin ekspor pasir laut. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PerdaganganZulkifli Hasan mengatakan pihaknya bergantung pada Kementerian ESDMdalam mengeluarkan izin ekspor pasir laut.

Zulhas menjelaskan saat ini pasir laut belum mendapat izin ekspor karena aturan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut belum terbit.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) sendiri memiliki peran untuk memberikan izin ekspor. Namun, Zulhas mengatakan pihaknya hanya akan memberikan izin kepada perusahaan yang sudah sesuai kriteria Kementerian ESDM.

Ia juga menekankan Kemendag tidak bisa mengukur kandungan pasir laut yang boleh diekspor. Oleh karena itu, Zulhas pun bakal selalu berkoordinasi dengan Kementerian ESDM.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan ekspor pasir laut lagi. Izin tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut.

Dalam Pasal 6 beleid tersebut, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk mengeruk pasir laut dengan dalih mengendalikan hasil sedimentasi di laut. Dengan alasan mengendalikan sedimentasi itu, Jokowi memberikan ruang kepada sejumlah pihak untuk membersihkannya.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan perizinan eksploitasi dan ekspor pasir laut sedimentasi ditentukan tim kajian. Ia mengajak Walhi hingga Greenpeace terlibat dalam tim ini.

Ia menyebut tim kajian ini beranggotakan beberapa unsur antara lain Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), akademisi dan aktivis lingkungan. Tim ini akan memutuskan pasir laut yang akan diekspor itu hasil sedimentasi atau bukan.

"Tim kajian ada unsur KLHK, ESDM, unsur perikanan, BRIN, ada Walhi. Kalau mereka mengatakan ini sedimentasi boleh, baru saya izinkan. Kalau tidak ya enggak," katanya saat konferensi pers di kantornya, Rabu (31/5) lalu.

Selain mengantongi restu tim kajian, pengerukan pasirnya pun tidak boleh sembarangan. Wahyu mengatakan prosesnya menggunakan teknologi khusus.

Menurutnya, pasir laut hasil sedimentasi boleh digunakan untuk kepentingan dalam negeri. Kalau kepentingan dalam negeri sudah terpenuhi, barulah pasir tersebut boleh diekspor, termasuk ke Singapura.

"Perlakuannya sama, di dalam negeri kalau dia menggunakan pasir sedimentasi dia harus bayar PNBP, begitu juga ekspor. Dia juga harus dikenakan PNBP dan PNBP-nya lebih tinggi," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Namun belum juga setahun diterbitkan, Tim Percepatan Reformasi Hukum bentukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengusulkan kepada Presiden RI Jokowi untuk mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 itu.

Dalam rekomendasi jangka pendeknya, Tim Percepatan Reformasi Hukum, khususnya yang membidangi isu reformasi sektor agraria dan sumber daya alam (SDA), mengusulkan kepada Jokowi agar pencabutan pp itu dilakukan pada Desember 2023.

Dalam dokumen rekomendasi yang diserahkan kepada Presiden RI yang dipublikasikan Antara, Sabtu (16/9), Tim Percepatan Reformasi Hukum menyoroti masih ada kebijakan-kebijakan yang berisiko berdampak pada kerusakan lingkungan yang tidak dapat dipulihkan kembali (irreversible).

Walaupun demikian, rekomendasi jangka pendek yang mencakup revisi dan pencabutan beberapa peraturan, menurut Tim Percepatan Reformasi Hukum, hanya akan bermakna jika diikuti dengan tindak lanjut atas rekomendasi jangka menengah dan jangka panjang.



(mrh/sfr)

Zulhas Lapor ke Jokowi soal Rencana Penataan Perdagangan Kratom******

Mendag Zulkifli Hasan menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom.
Mendag Zulkifli Hasan menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom. (CNNIndonesia/Thohirin).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan dalam rangka membahas penataan perdagangan kratom.

Kratom sendiri merupakan salah satu komoditas tanaman yang masuk dalam golongan I kategori narkotika. Selama ini kratom diperbolehkan ekspor ke luar negeri, salah satu pasarnya adalah Amerika Serikat (AS).

Kratom merupakan obat alternatif sebagai penawar rasa sakit untuk berbagai kondisi medis. Dilansir dari laman Badan Narkotika Nasional (BNN), kratom menuai banyak kontroversi karena dampaknya yang memiliki efek candu.

Menurut Zulhas, perdagangan kratom sangat menguntungkan bagi para petani di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, ia menyebut perdagangan kratom perlu diatur lantaran ada perbedaan cara pandang.

Namun Zulhas tak merinci penataan seperti apa yang akan dilakukan, termasuk soal potensi nilai ekonomi dari kratom.

"Ya belum (dihitung), baru akan ditata ya," ucap dia.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat nilai ekspor kratom mencapai US,33 juta atau setara Rp114,92 miliar (asumsi kurs Rp15.678 per dolar AS) sepanjang Januari-Mei 2023.

Nilai ekspor kratom ini mengalami tren kenaikan secara sejak 2019 hingga 2022. Tercatat pada 2019 nilai ekspor kratom mencapai US,95 juta dengan volume 5,33 ribu ton.

Kemudian naik menjadi US,16 juta dengan volume ekspor 4,25 juta ton pada 2020. Lalu, pada 2021 nilai ekspor kratom kembali naik menjadi US,22 juta dengan volume 4,37 ribu ton.

Selanjutnya, pada 2022 nilai ekspor kratom naik lagi menjadi US,51 juta dengan volume 8,21 ribu ton. Namun, pada 2022 nilai ekspor kratom anjlok menjadi US,82 juta dengan volume 2,25 ribu ton.

Kemendag menegaskan ekspor kratom saat ini masih tidak dilarang. Pasalnya, belum ada aturan khusus yang mengikat terkait ekspor tanaman itu.

"Kan memang belum ada aturan yang melarang. Jadi, ini masih dalam wacana pembahasan mengenai apakah ini terlarang atau tidak, apakah ini masuk unsur psikotropika atau tidak. Kami pun akan mengikuti kalau sudah ada keputusan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi Kemendag di Jakarta, seperti dikutip Antara, Kamis (5/10) lalu.

Hingga kini, sambung Didi, wacana aturan ekspor kratom masih dalam tahap pembahasan antar kementerian dan lembaga seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, Bea Cukai Kemenkeu, serta BNN.

Kemendag sendiri sangat berhati-hati dalam melakukan ekspor kratom meski belum ada aturan tertulis yang melarangnya. Data Badan Pusat Statistik (BPS), kratom sudah memiliki harmonized system code(kode HS).

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)




bab terbaru:masuk game slot

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
slot pasar 138
jokerbet888
mega288
pinjaman cepat cair tanpa bi checking
demo slot 89
tokeqq
galaxyslot88
magnum cambodia paito
Hotbet888
Daftar isi semua bab
Bab 1 taxi4d
Bab 2 nyicil tanpa kartu kredit
Bab 3 mainslot369
Bab 4 bosswin168 login
Bab 5 sistem cicilan kartu kredit
Bab 6 petir 888 slot
Bab 7 mega gacor slot
Bab 8 kredivo limit awal
Bab 9 perisaiqq
Bab 10 lapakslot
Bab 11 cara mengetahui jam gacor slot
Bab 12 hoki69 slot
Bab 13 slot 139
Bab 14 situs mining crypto terpercaya
Bab 15 situs slot gacor pagi ini
Bab 16 rgo303
Bab 17 pinjaman online mudah
Bab 18 pinjam uang di traveloka
Bab 19 juara102
Bab 20 nation889
Klik untuk melihattersembunyi di tengah77bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Satu-satunya Dewa Dharma

daftar slot online terbaru
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat.
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) membangun Stasiun Whoosh di Kopo, Bandung, Jawa Barat.

"Silakan opsi ini (membangun stasiun Whoosh di Kopo) dipertimbangkan. Karena Kereta Cepat Jakarta-Bandung seharusnya benar-benar berakhir (berhenti) di Bandung," kata Moeldoko, dikutip dari Antara, Kamis (30/11).

Saat ini, Whoosh baru memiliki 4 stasiun, yakni Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Dua stasiun terakhir adalah pemberhentian terdekat dari Bandung, di mana nantinya penumpang akan diangkut menggunakan KA Feeder ke jantung kota.

Usulan itu disampaikan Moeldoko dalam pertemuan bersama beberapastakeholderterkait. Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi yang hadir dalam diskusi itu mengatakan tengah mempertimbangkan usul Moeldoko.

Namun, Dwiyana curhat bahwa pihaknya kemungkinan tak akan bisa membangun stasiun Whoosh di Kopo dalam waktu dekat. Pendanaan dan izin lahan menjadi dua kendala utama yang harus diatasi KCIC.

"Di Kopo ada sekitar 30 hektare lahan dan bisa dibangun untuk Stasiun Whoosh, tetapi kami belum punya dananya," ujar Dwiyana.

Sementara itu, Kantor Luhut Binsar Panjaitan menekankan perlu ada kajian lebih lanjut untuk merealisasikan pembangunan stasiun anyar tersebut.

Kemenko Marves mengatakan pendanaan saat ini masih difokuskan pada operasional empat stasiun Whoosh yang sudah ada. Namun, tidak menutup kemungkinan membuka peluang pendanaan untuk pembangunan di Kopo.

"Jika dibutuhkan stasiun lain, kami akan fokus pada sisi pendanaan," ucap Plt Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertambangan dan Investasi Kemenko Marves Rifky Setiawan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Master Kelangsungan Hidup Super

cara curang bermain slot online
Anies Baswedan menjanjikan skema contract farming jika menang Pilpres 2024 ketimbang melanjutkan food estate yang sudah berjalan di rezim Presiden Jokowi.
Anies Baswedan menjanjikan skema contract farming jika menang Pilpres 2024 ketimbang melanjutkan food estate yang sudah berjalan di rezim Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anies Baswedan menjanjikan skema pertanian kontrak (contract farming) jika terpilih di Pilpres 2024 ketimbang melanjutkan lumbung pangan (food estate) yang sudah berjalan di rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia mengatakan nanti dirinya dan jajaran akan menyiapkan regulasi soal pertanian kontrak ini. Anies menyebut program contract farming bakal menjadikan sentra-sentra pertanian sebagai mitra.

Calon presiden nomor urut satu itu berpendapat cara ini lebih adil. Pasalnya, Anies menilai sistem food estate malah memberikan dana kepada korporasi, bukan dirasakan rakyat langsung.

"Itulah kenapa kita memilih melakukan contract farming supaya anggaran negara bukan malah dibuat ke tempat yang baru, tapi justru memberikan kepada mereka yang selama ini sudah bekerja untuk produksi pertanian. Di situ letak perbedaannya, ya," tegas Anies.

Sebenarnya pertanian kontrak bukanlah barang baru. Akan tetapi, istilah ini memang belum lazim di telinga masyarakat.

Badan Pangan Dunia (FAO) mendeskripsikan contract farmingsebagai bentuk kesepakatan di muka antara petani dan pembeli. Kedua belah pihak umumnya menyepakati syarat dan ketentuan produksi hingga pemasaran produk pertanian.

"Kondisi ini biasanya menentukan harga yang harus dibayar kepada petani, kuantitas dan kualitas produk yang diminta pembeli, serta tanggal penyerahan (hasil pangan) kepada pembeli," tulis FAO di situs resminya, dikutip Rabu (29/11).

Lihat Juga :
Pebisnis soal PKS Mau Ibu Kota Tetap di Jakarta: Kami Tak Mau Dengar

"Dalam beberapa kasus, kontrak juga dapat mencakup informasi lebih rinci tentang bagaimana produksi akan dilakukan atau poin-poin tertentu, seperti benih, pupuk, dan saran teknis yang akan disediakan pembeli," sambung penjelasan tersebut.

FAO mencatat sistem contract farmingsudah ada selama beberapa dekade. Belakangan, pertanian kontrak semakin diminati di negara-negara berkembang.

Sementara itu, laporan Bank Dunia pada 2014 lalu memberikan gambaran bagaimana dampak pertanian kontrak di beberapa negara. Salah satunya Senegal yang menerapkannya untuk komoditas kacang tanah.

Menurut catatan Bank Dunia, sistem ini memberikan setidaknya peningkatan pendapatan kotor pertanian sebesar 39 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan petani yang tidak terlibat dalam sistem kontrak.

Bank Dunia juga mencatat skema contract farming pernah dilakukan di Indonesia. Setidaknya ada empat komoditas yang diproduksi dalam perjanjian ini, yakni unggas, jagung, beras, hingga kelapa sawit.

"Sistem kontrak meningkatkan pengembalian modal untuk benih unggas dan jagung, namun tidak untuk padi. Petani kontrak masing-masing mengalami peningkatan margin kotor sebesar 71 persen dan 160 persen untuk benih jagung serta unggas," tulis laporan tersebut.

Sedangkan untuk komoditas kelapa sawit diklaim mampu menaikkan pendapatan bersih rumah tangga sebesar 60 persen. Bahkan, penelitian menyebut pertanian kontrak punya pengaruh yang signifikan untuk pendapatan petani kecil secara keseluruhan.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Pedang Keadilan One Piece

demo slot 128
Ladies apparel lagi ada diskon 30% + 20% nih di Transmart Full Day Sale. Selain diskon ada juga harga khusus, loh.
Ladies apparel lagi ada diskon 30% + 20% nih di Transmart Full Day Sale. Selain diskon ada juga harga khusus, loh (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ladies apparel lagi ada diskon 30 persen plus ekstra diskon 20 persen nih, di Transmart Full Day Sale. Selain diskon ada juga harga khusus, loh.

Transmart Full Day Sale cuma berlangsung satu hari ini, Minggu (26/11), mulai dari toko buka sampai tutup di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Belanja Bebas Khawatir di Transmart Pakai Bank Mega atau Allo Bank

Jangan lupa bayarnya pakai Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah biar bisa langsung dapat diskon 20 persen.

Caranya cukup unduh Allo Bank di Google Play atau App Store, laluu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengajukan Allo Paylater.

Selain pakai Allo Paylater, bisa juga belanja sekarang bayar nanti dengan kartu kredit Bank Mega dan Mega Syariah.

Kapan lagi belanja banyak diskonnya kalau bukan di Transmart Full Day Sale. Mumpung masih ada waktu, segera kunjungi gerai Transmart terdekat dan bawa pulang baju incaranmu!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kecanduan cinta yang mendominasi: Tuan ketiga lebih memilih istri kecilnya

slot gacor pragmatic play
Aneka produk elektronik, seperti TV, kulkas, sampai AC diskon gede-gedean hari ini, Minggu (29/11) di Transmart Full Day Sale.
Aneka produk elektronik, seperti TV, kulkas, sampai AC diskon gede-gedean hari ini, Minggu (29/11) di Transmart Full Day Sale (CNN Indonesia /Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Aneka produk elektronik, seperti TV, kulkas, sampai AC diskon gede-gedean hari ini, Minggu (29/11) di Transmart Full Day Sale.

Pesta diskon ini berlangsung selama seharian mulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Lihat Juga :
Cara Dapat Diskon Belanja Tambahan di Transmart Hari Ini
  • AC Split 1/2 PK, harga diskon Rp2.699.200 dari harga normal mulai Rp4.199.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • AC Split 1/2 PK, harga diskon Rp2.799.200 dari harga normal mulai Rp3.899.000 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas Side by Side 472L, harga diskon Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas Side by Side 472L, harga diskon Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Samsung LED TV 50" UHD Smart, harga diskon Rp5.519.299 dari harga normal Rp8.400.000.
  • Samsung LED TV 65" UHD Smart, harga diskon mulai Rp7.679.200 dari harga normal mulai Rp11.209.000.

Gede-gede banget kan diskonnya? Daripada menyesal, mending langsung ke Transmart terdekat sekarang juga. Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Allo Bank, kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah.

Belum punya Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah? Tenang, Allo Bank bisa diunduh di hp masing-masing melalui App Store atau Play Store.

Kemudian registrasi akun dan upgrade ke Allo Prime untuk dapat diskon 20 persen. Bisa juga mengaktifkan Allo Paylater dan limitnya langsung dapat digunakan belanja di hari yang sama.

Sementara untuk kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa diajukan di gerai pembukaan instan yang ada di setiap gerai Transmart di kota kamu.

Yuk segera merapat ke Transmart terdekat sekarang!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Selir kekaisaran yang terlahir kembali sebagai istri peri bersenang-senang bertani

duit slot 777
Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masuk yang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia.
Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masuk yang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia. Ilustrasi. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan penyelesaian perselisihan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) sepakat untuk membentuk panel untuk meninjau bea masukyang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel dari Indonesia pada Senin (27/11) malam, waktu setempat.

Berdasarkan keterangan WTO yang dilansir Reuters, sejumlah negara telah mencadangkan hak pihak ketiga mereka untuk berpartisipasi dalam proses panel. Negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, Federasi Rusia, Thailand, Singapura, Jepang, Kanada, Tiongkok, Argentina dan Türkiye.

Indonesia meminta konsultasi sengketa WTO dengan UE mengenai pengenaan bea masuk atas impor biodiesel pada Agustus lalu.

"Upaya banding kasus ini ke WTO sangat strategis untuk menjaga akses pasar produk biodiesel Indonesia di pasar UE yang saat ini dikenakan bea masuk countervailing sebesar 8 persen hingga 18 persen," kata Budi Santoso, pejabat senior Kementerian Perdagangan Indonesia pada Selasa (28/11), seperti dilansir Reuters.

Bea masuk imbalan tersebut dikenakan selama lima tahun mulai 10 Desember 2019 sampai dengan 10 Desember 2024, tambah Budi.

Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia Paulus Tjakrawan mengatakan kepada Reuters bea masuk tersebut membebani eksportir biodiesel Indonesia dan berharap panel WTO dapat segera memulai proses hukumnya.

Uni Eropa sebelumnya menyelidiki biodiesel Indonesia. Penyelidikan dilakukan apakah Indonesia mengekspor komoditas itu melalui China dan Inggris demi menghindari kewajiban bea masuk biodiesel UE.

Uni Eropa merupakan tujuan terbesar ketiga bagi produk minyak kelapa sawit dari Indonesia dan pasar penting bagi biodiesel. Sementara, Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Penyelidikan Uni Eropa ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permintaan awal dari European Biodiesel Board, sebuah asosiasi produsen biodiesel Eropa.

"Permintaan tersebut mengandung bukti yang cukup bahwa tindakan pemulihan kewajiban yang ada terhadap impor produk yang bersangkutan dihindari dengan impor produk yang sedang diselidiki," kata Komisi Eropa dalam jurnal resmi Uni Eropa, dikutip dari Reuters, Jumat (18/8) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Bunuh seluruh dunia

aplikasi belanja sekarang bayar nanti
Daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi berdasarkan Laporan Michael Page 2022. Ada yang pekerjaan yang digaji Rp250 per bulan.
Daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi berdasarkan Laporan Michael Page 2022. Ada yang pekerjaan yang digaji Rp250 per bulan. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hampir setiap pencari kerja mempertimbangkanbesaran gajiuntuk mau berkarir di sektor atauperusahaanmana.

Pertimbangan ini bukan hal yang salah. Pasalnya, ada berbagai kebutuhan hidup yang harus dipenuhi.

Gaji juga bisa menjadi penentu 'kasta' seseorang, apakah merupakan kaum elite, pekerja kelas menengah, atau buruh.

1. C-Suite

Tak hanya di Indonesia, pekerjaan sebagai C-Suite juga merupakan pekerjaan yang gajinya besar di dunia. Sebab, jabatan C-Suite menentukan kesuksesan perusahaan yang dipimpinnya.

Jabatan C-Suite ini beragam, mulai dari Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO), sampai Chief Operating Officer (COO). Berdasarkan Laporan Michael Page 2022, kisaran gaji C-Suite mulai dari Rp150 juta sampai Rp250 juta per bulan.

Besaran gaji CEO, CFO, dan COO ini umumnya ditentukan oleh pengalaman karir yang dimiliki, skala bisnis perusahaan yang dipimpin, hingga sektor bisnis perusahaan.

Bekerja sebagai CEO, CFO, dan COO bisa menjadi opsi pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia untuk wanita. Sebab, saat ini sejumlah perusahaan besar memberi kesempatan kepada perempuan untuk memimpin perusahaannya.

2. Direktur risiko

Pekerjaan yang gajinya tak kalah fantastis adalah direktur risiko. Meski begitu, posisi ini mengemban tanggung jawab yang juga besar. Mulai dari menganalisis risiko keuangan, strategi, hingga kepatuhan di perusahaan.

Jika salah langkah, tentu perusahaan justru bisa merugi. Tak heran, jabatan ini memiliki gaji yang besar sebagai imbalan dari keahlian yang dibutuhkan.

Rata-rata gaji direktur risiko di perusahaan besar di Indonesia sekitar Rp180 juta per bulan. Umumnya, direktur risiko di perusahaan perbankan dan industri jasa keuangan lain yang memiliki gaji besar.

3. Manajer penjualan di perusahaan multinasional

Jabatan manajer penjualan, khususnya di perusahaan konsumer dan ritel multinasional, memiliki rata-rata gaji berkisar Rp175 juta per bulan.

Pekerjaan ini memiliki tugas untuk memastikan hasil penjualan meningkat setiap tahunnya. Target lain adalah meningkatkan skala bisnis perusahaan alias pangsa pasar.

4. Wakil direktur bidang hubungan pemerintah

Pekerjaan yang gajinya besar selanjutnya adalah wakil direktur bidang hubungan pemerintah. Ia memiliki tugas untuk memuluskan negosiasi proyek dari pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Proyek dari pemerintah dan BUMN penting karena dapat mendatangkan pendanaan besar dan stabil bagi perusahaan. Kisaran gaji untuk posisi ini sebesar Rp170 juta per bulan.

5. Wakil direktur bidang ilmu data

Selain bidang hubungan pemerintah, wakil direktur bidang ilmu data (data science) juga menjadi pekerjaan bergaji fantastis, berkisar Rp150 juta per bulan.

Perkembangan zaman membuat data memegang peranan yang penting untuk pengembangan perusahaan, sehingga dibutuhkan jabatan yang mampu menganalisis dan mengolah data untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Saat ini, jurusan data science juga tengah populer di dunia perkuliahan.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Direktur Proyek hingga Pemasaran Digaji Rp120 Juta per Bulan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2