petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

bocoran trik slot

mawarslot 888Jutaan kata 31548Orang-orang telah membaca serialisasi

《bocoran trik slot》

Pemerintah Kaji Perpanjang Subsidi Kedelai untuk Perajin Tahu di 2023******

Badan Pangan Nasional menyebut pemerintah sedang mengkaji perpanjangan subsidi harga kedelai untuk membantu perajin tahu.
Badan Pangan Nasional menyebut pemerintah sedang mengkaji perpanjangan subsidi harga kedelai untuk membantu perajin tahu. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan kelanjutan pemberian subsidi Rp1.000 per kilogram (kg) kedelaiuntuk perajin tahu dan tempe tahun depan.

Ia menjelaskan anggaran subsidi kedelai  yang ada saat ini adalah sampai 31 Desember 2022. Setelah itu ia akan berdiskusi lagi dengan pihak terkait untuk mengkaji pemberian subsidi tersebut.

Bahkan, ia menyebut subsidi kedelai itu bisa saja ditambah. Mengingat saat ini harga kedelai masih mahal.

Ia menyebut saat ini pemerintah menyediakan alokasi subsidi sebesar 200 ribu ton kedelai per bulan. Namun, realisasinya hanya 20 ribu hingga 25 ribu ton saja.

Menurut Arief, hal itu terjadi karena proses seleksi penerima subsidi tidak dilakukan sembarangan.

"Ini subsidi loh ya. Subsidi kan perlu dipertanggungjawabkan,by name, by adress,siapa itu divalidasi," kata dia.

Lebih lanjut, ia juga menyinggung harga kedelai yang tinggi terjadi karena di negara asal ekspor saat ini tengah menunggu panen. Selain itu, harga kedelai tinggi juga karena nilai tukar rupiah masih lemah dibanding dolar AS.

Oleh karena itu, ia yakin setelah musim panen harga kedelai bisa kembali terjangkau. Pemerintah pun berjanji kan melakukan intervensi agar harganya terkendali.

"Kalau ada kesempatan, nanti ada intervensi harganya bisa lebih baik. Itu kan lebih baik untuk perajin tahu tempe," ujar Arief.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan harga kedelai akan turun dalam waktu dekat. Ia mengklaim telah memerintahkan Perum Bulog untuk serap 350 ribu ton dari Amerika Serikat (AS).

[Gambas:Video CNN]

Setelah itu, Bulog akan menyalurkan kedelai kepada perajin tahu dan tempe dengan harga subsidi Rp1.000 per kg tadi.

"Itu (Bulog) belinya harga Rp12 ribu nanti dijual Rp11 ribu dikurangi Rp1.000. Kalau beli Rp11 ribu ya jualnya Rp10 ribu," kata Zulkifli.

Tahu langka di pasar area DKI Jakarta dan Depok, Jawa Barat awal pekan kemarin. Hal itu terjadi karena produsen mogok produksi imbas harga kedelai yang mahal.

Pedagang pun akan menaikkan harga tahu demi menyiasati kenaikan harga kedelai.

Lihat Juga :
Elon Musk Nyaris Tersingkir Bernard Arnault Jadi Orang Terkaya Dunia

Yuni selaku penjual tahu dan tempe di Pasar Kemiri Muka, Depok, Jawa Barat menjelaskan kenaikan harga tahu dalam beberapa hari mendatang sulit dihindari. Pasalnya, langkah produsen menyiasati kenaikan harga kedelai dengan mengecilkan ukuran tahu dianggap sudah tidak mempan.

"Tahu gak ada, kosong sudah dua hari. Harganya mau naik. Kalau tahu kan sistemnya bos, anak buahnya harus banyak. Bakal ada lagi Kamis (8/12), naik langsung harganya," kata Yuni kepada CNNIndonesia.com.

Kendati, Yuni belum mengetahui harga tahu bakal naik hingga berapa. Terlepas dari harga tahu yang bakal naik, Yuni sudah menaikkan harga tempe terlebih dahulu.

Sementara itu, Di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ipang selaku penjual tahu dan tempe tak lagi menjajakan tahu. Ia menuturkan sudah sejak Senin kemarin tahu tidak dijual.

Lihat Juga :
36 Rumah Menteri Seluas 580 Meter Persegi Mulai Dibangun di IKN

"Tahu gak ada, dua hari demo (dari Senin). Sekarang ada demo Paguyuban Penjual Tahu se-Jabodetabek dan Banten. Mogok, semua setop produksi, jadi sama sekali (tahu) gak ada," katanya.

Menurutnya, kecil kemungkinan mengharapkan penurunan harga kedelai dari pemerintah. Oleh karena itu, langkah ini diambil untuk memberikan kesadaran kepada para pembeli bahwa tahu bakal mengalami kenaikan harga.

Ia menambahkan aksi mogok produksi ini dijadwalkan selesai pada Rabu (7/12) dan bakal dibarengi dengan kenaikan harga tahu sebesar Rp500 per bungkus.

Ipang tadinya menjual tahu isi 10 buah dengan harga Rp7.000. Ia bakal kembali menjual tahu pada Kamis (8/12) setelah aksi mogok produksi selesai. Sementara itu, ia masih menjual tempe seharga Rp7.000 per papan.

(mrh/agt)

Hey Indonesia, Jangan Mau Dikadalin Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun******

Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun.
Pengamat transportasi menilai alasan pembengkakan biaya proyek kereta cepat tidak bisa jadi alasan perpanjangan masa konsesi menjadi 80 tahun. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta masa konsesi atau hak operasi Kereta CepatJakarta-Bandung (KCJB) diperpanjang dari 50 tahun menjadi 80 tahun.

Pengajuan itu ditetapkan lewat Surat Dirut PT KCIC Nomor 0165/HFI/HU/KCIC08.2022 per 15 Agustus 2022. Di dalam surat tersebut, PT KCIC meminta kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar dilakukan penyesuaian terhadap masa konsesi KCJB.

"Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan berubahnya kelayakan bisnis proyek, sehingga diperlukan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun," ungkap Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal dalam rapat dengan Komisi V DPR, Kamis (8/12).

Di dalam Perjanjian tersebut, nilai investasi yang akan dibiayai oleh KCIC sebesar US,9 miliar dengan masa konsesi 50 tahun sejak tanggal operasi prasarana/sarana. Nah, serah terima akan diberikan di akhir masa konsesi.

Ia menjabarkan tiga urgensi yang mengharuskan penyesuaian masa konsesi menjadi 80 tahun. Pertama, meningkatkan indikator kelayakan proyek KCJB dalam rangka memenuhi pendanaan pembengkakan biaya atau cost overrun, sehingga proyek dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Berdasarkan hasil kajian terbaru Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Komite KCJB per 15 September 2022, pembengkakan biaya (cost overrun) naik menjadi US,449 miliar atau Rp21,74 triliun.

Lihat Juga :
Kemenhub Belum Mau Korbankan KA Argo Parahyangan Demi Kereta Cepat

Padahal, berdasarkan perhitungan dan review BPKP pada 9 Maret 2022 pembengkakan biaya hanya sebesar US,17 miliar atau Rp17,64 triliun.

Kedua, menjaga kesinambungan proyek, sehingga dapat memaksimalkan dampak positif penyelenggaraan kereta cepat di berbagai aspek yang dapat menguntungkan pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Ketiga, untuk mewujudkan keberhasilan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, sehingga dapat mempererat hubungan bilateral antar kedua negara," imbuh Risal.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan perpanjangan konsesi menjadi salah satu opsi yang harus diambil, mengingat situasi dan kondisi di lapangan sudah berubah. Ia menilai indikator-indikator investasi di proyek mengalami banyak perubahan, yang paling kritis ialah terkait demand forecast atau proyeksi permintaan.

Lihat Juga :
ANALISISLayakkah KA Argo Parahyangan 'Ditumbalkan' Demi Kereta Cepat?

"Salah satunya, ya ternyata memang, berdasarkan diskusi kami dengan beberapa konsultan, kami harus meminta perpanjangan konsesi," jelasnya.

Selain itu, Dwiyana juga menyinggung soal revenue yang diharapkan dari proyek kereta cepat. Sebelumnya, penyumbang revenue berpaku pada Kawasan Berorientasi Transit (TOD). Namun, rencana itu ditunda dan anggaran yang ada difokuskan untuk penyelesaian konstruksi.

Merespons tantangan tersebut dan fakta pembengkakan biaya, Dwiyana mengatakan KCIC perlu melakukan simulasi lanjutan untuk membuat visibilitas proyek kereta cepat bisa naik kembali.

Tapi, Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menegaskan pemerintah tidak perlu menuruti permintaan PT KCIC. Apalagi, dalam Kerja Sama Penyediaan Infrastruktur (KSPI) pun disebutkan maksimal 50 tahun.

Lihat Juga :
Alasan KCIC Ingin Perpanjang Konsesi Kereta Cepat Jadi 80 Tahun

Alasan pembengkakan biaya, kata Deddy, tidak bisa diterima begitu saja. Kalau memang itu alasannya, Deddy mempertanyakan mengapa sejak awal PT KCIC mau-mau saja mengambil proyek ini dengan aturan yang sudah ada tadi.

"Semisal KCIC merasa 50 tahun kurang, lah dulu kok mau, ngitungnya gimana? Sekarang sudah dimenangkan, ternyata mereka minta ini,itu. Ini juga kan harus dibentengi, jangan sampai kita diatur oleh investor, kita punya prinsip, kita punya regulasi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut ia menuturkan apabila PT KCIC tetap ngotot meminta penambahan konsesi menjadi 80 tahun, pemerintah tidak boleh kalah tegas. Kalau PT KCIC bersikeras, maka lebih baik pemerintah melelang kembali proyek kereta cepat kepada investor lain.

Pemerintah juga bisa menawarkan benefit berbeda kepada calon investor lain. Contoh, memberi kemudahan untuk mengembangkan proyek serupa di wilayah lain. Sepanjang sang investor mau membeli proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Lihat Juga :
KAI Respons KA Argo Parahyangan Ditutup Usai Kereta Cepat Beroperasi

Deddy menduga motif PT KCIC untuk menambah masa konsesi supaya mereka bisa mendapat keuntungan lebih. Menurut Deddy, PT KCIC kemungkinan menghitung mendapatkan keuntungan setelah 80 tahun menjalankan proyek.

Namun, tetap saja, perpanjangan masa konsesi tidak bisa dibenarkan. Oleh karena itu, pemerintah harus mengkaji lagi dan memastikan kebenaran hitung-hitungannya.

Untuk melakukan hitung-hitungan secara cermat, pemerintah sebaiknya membentuk tim independen khusus. Sehingga, bisa melihat permasalahan secara objektif.

"Jangan sampai kita 'dikadalin' dengan alasan pembengkakan biaya atau apa, capek lah kita," imbuh Deddy.



Ancaman Tiket Mahal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:16 togel

Perbarui waktu:2024-06-27

Daftar bab terbaru
05 erek2
vegas338 slot gacor
mahirqq
monas77
bangsatogel
slot terbaru resmi
wowhoki
svv388
paylater bisa pinjam uang
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot gacor bet 100 perak
Bab 2 cara pinjam di aladin bank
Bab 3 galaxy bet77
Bab 4 bancrit365
Bab 5 pola gacor mahjong
Bab 6 situs belanja online luar negeri terpercaya
Bab 7 permainan slot dana
Bab 8 judi slot tergacor
Bab 9 pola slot gacor 4d
Bab 10 slot penghasil dana
Bab 11 dana4d
Bab 12 intan77
Bab 13 qq888bet
Bab 14 kejuslot
Bab 15 gadun slot alternatif
Bab 16 super 7 slot
Bab 17 pola gacor malam ini
Bab 18 deposit 888 slot
Bab 19 tempat gacor
Bab 20 daftar judi slot online
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4191bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Dewa Perang Abadi

slotboya
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (ANTARA FOTO/RENO ESNIR).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan(Kemenhub) menegaskan KA Argo Parahyangan masih akan tetap beroperasi meski ada Kereta Cepat Jakarta-Bandung(KCJB).

Hal itu mereka sampaikan untuk membantah isu bahwa kereta yang menjadi tunggangan masyarakat yang bepergian antara Bandung-Jakarta itu akan dihentikan operasinya saat proyek KCJB rampung.

Plt Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal menjelaskan belum ada rencana untuk menumbalkan KA Argo Parahyangan oleh Kemenhub.

"Jadi Kemenhub belum membuat program memberhentikan KA Argo Parahyangan dalam waktu dekat maupun jangka menengah," tegas Risal.

Sebelumnya, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait hal tersebut. Ia mengatakan KAI saat ini masih mengoperasikan KA Argo Parahyangan seperti biasa.

[Gambas:Video CNN]

"KAI juga masih fokus mempersiapkan hadirnya layanan kereta api cepat Jakarta Bandung beserta KA Feeder dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung bagi pelanggan kereta cepat yang ingin melanjutkan perjalanannya ke berbagai wilayah lainnya," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Kamis (1/12).

Joni menambahkan KAI sebagai BUMN akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

(skt/agt)

Angin datang dari hati

bandarjp
IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715.
IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.715 pada akhir pekan ini. Indeks saham melemah 89,10 poin atau minus 1,31 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12,93 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,49 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 185 saham menguat, 347 terkoreksi, dan 163 lainnya stagnan. Terpantau, keseluruhan dari sebelas indeks sektoral kompak melemah, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,46 persen.

Bursa saham Eropa terpantau dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,23 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,20 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,02 persen.

Sementara itu, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 0,75 persen, indeks NYSE menguat 0,58 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 1,13 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Kunang-kunang yang selalu berubah menari selama bertahun-tahun

permainan slot gacor hari ini
Buruh Jatim akan berdemo di depan kantor Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk menuntut kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 13 persen.
Buruh Jatim akan berdemo di depan kantor Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk menuntut kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 13 persen. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Surabaya, CNN Indonesia--

Pekerja dan buruhdi Jawa Timur (Jatim) bakal melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Jalan Pahlawan, Surabaya. Mereka mendesak UpahMinimum Kabupaten/Kota (UMK) 2023 naik 13 persen.

Aksi itu akan dilakukan 500 buruh dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, dan Pasuruan serta beberapa perwakilan dari Tuban, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

"Hari ini merupakan batas akhir penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota 2023 di Jawa Timur," kata Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jatim, Jazuli.

Setibanya di Kantor Gubernur Jatim, buruh akan menyampaikan tuntutannya, yakni meminta kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen.

Buruh punya alasan kenaikan 13 persen tersebut. Angka ini didapat dari nilai inflasi sebesar 6,8 persen. Kemudian ditambah pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen dan penyesuaian akibat dampak kenaikan BBM serta naiknya harga kebutuhan pokok.

"Kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen merupakan tututan yang wajar untuk meningkatkan daya beli buruh paska terdampak kenaikan harga BBM," ucapnya.

Lihat Juga :
Daftar UMP 2023 Lengkap, Tertinggi DKI Jakarta Rp4,9 Juta

Selain itu, menurutnya, selama tiga tahun terakhir buruh telah berkorban dengan kenaikan upah yang sedikit akibat pandemi covid-19, bahkan di beberapa kabupaten/kota tidak mengalami kenaikan UMK sama sekali.

Buruh pun menuntut Gubernur Khofifah menggunakan deskresinya untuk menetapkan kenaikan UMK 2023 sebesar 13 persen atau sekurang-kurangnya sebagai nilai win-win solution sebesar 10 persen.

"Sebagaimana ketentuan dalam Pasal 7 ayat (2) Permenaker 18 Tahun 2022," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(frd/bir)

Kronik Poseidon

julo masuk bi checking
IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715.
IHSG melemah berturut-turut 7 hari belakangan ini. Akhir pekan ini, IHSG melemah 1,31 persen ke level 6.715. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.715 pada akhir pekan ini. Indeks saham melemah 89,10 poin atau minus 1,31 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12,93 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,49 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 185 saham menguat, 347 terkoreksi, dan 163 lainnya stagnan. Terpantau, keseluruhan dari sebelas indeks sektoral kompak melemah, dipimpin oleh sektor energi di angka 2,46 persen.

Bursa saham Eropa terpantau dominan melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,23 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,20 persen, dan indeks DAX di Jerman menguat 0,02 persen.

Sementara itu, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 0,75 persen, indeks NYSE menguat 0,58 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 1,13 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Legenda Xuantian dalam Tarian Dewa dan Setan

situs slot play
Elon Musk nyaris tersingkir dari kursi orang terkaya nomor wahid di dunia dari pesaingnya Bernard Arnault, karena saham Tesla jatuh.
Elon Musk nyaris tersingkir dari kursi orang terkaya nomor wahid di dunia dari pesaingnya Bernard Arnault, karena saham Tesla jatuh. (CNN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Elon Musk nyaris tersingkir dari posisinya sebagai orang terkayadi dunia dan digantikan oleh pemilik merek mewah Louis Vuitton dan Hennessy Cognac asal Prancis, Bernard Arnault.

Berdasarkan daftar Miliarder Real-Time Forbes pada Rabu (7/12), Musk sempat berada di posisi kedua. Namun, hal itu hanya berlangsung sesaat dan pendiri Tesla ini kembali mempertahankan posisinya dengan selisih kekayaan yang tipis dengan Arnault.

Forbes mencatat saat ini total kekayaan Musk mencapai US4,9 miliar dan Arnault sebesar US4,7 miliar.

Forbes menjelaskan Arnault hampir bisa mengalahkan Musk karena kenaikan nilai saham LVMH di tengah merosotnya kekayaan CEO Twitter ini akibat jatuhnya saham Tesla secara dramatis. Saham Tesla tercatat turun hingga 56 persen pada 2022 ini.

Salah satu penyebab saham Tesla turun adalah karena Musk memutuskan untuk membeli Twitter. Di mana Musk baru-baru ini memutuskan untuk menjual US miliar saham Tesla untuk menambah dana pembelian Twitter yang sebesar US miliar.

Lihat Juga :
Mark Zuckerberg Terlempar dari Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia

Hal ini membuat kekayaan Musk yang mencapai US0 miliar pada November 2021 turun menjadi hanya US4,9 miliar di Desember 2022 ini.

Namun, meski merugi, kekayaan Musk masih jauh di atas miliarder India Gautam Adani yang tercatat US4,8 miliar dan menempati posisi ketiga sebagai orang terkaya di dunia.

Kekayaan Musk juga masih jauh di atas pendiri Amazon Jeff Bezos yang berharta US1,3 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

[Gambas:Video CNN]

Apakah Anda suka bermain game?

wslot888
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan impor kedelai untuk produsen tahu dan tempe akan tiba akhir Desember ini. Padahal harga tahu siap melesat.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan impor kedelai untuk produsen tahu dan tempe akan tiba akhir Desember ini. Padahal harga tahu siap melesat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan impor kedelaiuntuk produsen tahudan tempe akan tiba akhir Desember ini. Pasalnya, butuh waktu setidaknya 45 hari untuk mengirimkan kedelai dari Amerika Serikat (AS).

Impor ini pun disebut telah dilakukan melalui Bulog.

"Karena jauh dari Amerika sana butuh waktu 45 hari kan, jadi diperkirakan Desember akhir, Januari awal sudah normal harganya," ucap Zulhas di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

Zulhas memaparkan harga kedelai berkisar di Rp13 ribu-Rp14 ribu. Nantinya, usai impor kedelai datang, harga itu akan ditekan jadi Rp11 ribu.

"Termasuk subsidinya seribu. Mudah-mudahan dengan (impor) itu harga akan turun," ucapnya.

Lebih jauh, Zulhas juga menanggapi para produsen tahu dan tempe yang mogok akibat harga kedelai kian membengkak. Menurutnya, tindakan itu justru akan merugikan para produsen sendiri.

"Kalau mogok kan rugi sendiri, jangan dong, nanti nggak laku, nggak dapet duit, nggak dapet cuan," tegasnya.

Sejumlah perajin tahu di Jakarta mogok untuk memprotes kenaikan harga kedelai pada awal pekan kemarin. Akibat aksi mogok itu, tahu di sejumlah pasar di Depok dan Jakarta kosong.

Salah satunya di PD Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ipang selaku penjual tahu dan tempe tak lagi menjajakan tahu. Ia menuturkan sudah sejak Senin kemarin tahu tidak dijual.

"Tahu gak ada, dua hari demo (dari Senin). Sekarang ada demo Paguyuban Penjual Tahu se-Jabodetabek dan Banten. Mogok, semua setop produksi, jadi sama sekali (tahu) gak ada," katanya.

Menurutnya, kecil kemungkinan mengharapkan penurunan harga kedelai dari pemerintah. Oleh karena itu, langkah ini diambil untuk memberikan kesadaran kepada para pembeli bahwa tahu bakal mengalami kenaikan harga.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]