petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

main slot link alternatif

agenbos168 319Jutaan kata 545954Orang-orang telah membaca serialisasi

《main slot link alternatif》

Erick Bongkar Alasan 35 Proyek BUMN Rp335 T Ditawarkan ke Swasta******

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan alasan 35 proyek perusahaan pelat merah senilai Rp335 triliun ditawarkan ke investor.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan alasan 35 proyek perusahaan pelat merah senilai Rp335 triliun ditawarkan ke investor. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan alasan 35 proyek perusahaan pelat merah senilai Rp335 triliun ditawarkan ke investor. Langkah itu dilakukan untuk mendorong kerja sama BUMN dengan sektor swasta dan investasi asing.

Dengan begitu, kata Erick, BUMN tidak lagi dilabeli sebagai menara gading yang memonopoli pasar.

"Jangan nanti ada stigma BUMN mau jadi menara gading, menguasai, memonopoli. Kita harus menjadikan BUMN membangun ekosistem," kata Erick di sela-sela KTT Asean di Jakarta Convention Center, Kamis (7/9).

Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani mengatakan selain 35 proyek milik BUMN, dalam forum tersebut juga ditawarkan empat proyek di Bappenas.

"Nah kami memperkirakan daribusiness matchingini akan terjadi potensi kerja sama senilai US miliar, yang terdiri dari BUMN itu sendiri 35 proyek US miliar, kemudian dari Bappenas itu 4 proyek nilainya US miliar, dan dari proyek yang datang dari lima negara yaitu Filipina, Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Brunei Darussalam itu nilainya US0 juta dolar," katanya..

Adapun perusahaan BUMN yang akan menawarkan sejumlah proyek di antaranya Pertamina, PLN, InJourney, MIND ID, Pelindo, Krakatau Steel, Biofarma, Pupuk Indonesia, Angkasa Pura, hingga Dana Reksa.

Lihat Juga :
Elon Musk Utang SpaceX Rp15 T saat Caplok Twitter

Berikut rinciannya:

- PT Hotel Indonesia dengan proyek Special Economic Zone Sanur
- PT Bio Farma (Persero) dengan proyek Application and Platform Development Medbiz, Medtrack,Modiverse (Medevo, Medwell) and Q100+ Platform
- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan proyek Strategic Partnership for Bakauheni Harbour City
- PT Angkasa Pura I dengan proyek Strategic Partnership for Airport Management (Yogyakarta)
- PT Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan InJourney dengan proyek Opportunity in Aviation Sector
- PT Jasamarga Balikpapan Samarinda dengan proyek Investment Opportunity in Balikpapan- Samarinda Toll Road
- PT Jasamarga Japek Setatan dengan proyek Investment Opportunity in Jakarta-Cikampek Il Selatan
- PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan proyek Construction and Operating of Yogyakarta-Bawen Toll Road
- PT Krakatau Sarana Infrastruktur dengan proyek Krakatau Urban Valley (KUV)
- PT industri Baterai Indonesia Battery Asset Management System
- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan proyek Kijing Terminal Development, Makassar New Port Development, Bali Maritime Tourism Gub, dan Kalibaru Terminal Development
- PT Patra Jasa Patra Surabaya dengan proyek Hotel and Landed House Development dan Patra Banua Balikpapan Hotel
- PT Pertamina Hulu Energi dengan proyek Exploration Joint Study Opportunities dan CCS/CCUS Joint Study or Joint Investment Opportunity
- PT Pertamina International Shipping dengan proyek Jakarta Integrated Green Terminal (HorizonX)
- PT Pertamina Patra Niaga dengan proyek Integrated Terminal Tapanuli Tengah, dan Dumai-Siak Pipeline Project
- PT Pertamina Power Indonesia dengan proyek Green Hydrogen Production, dan Nature based Solution
- PT PLN (Persero) dengan proyek Green Hydrogen Project - PLN-Pupuk Indonesia-ACWA
- PT Danareksa dengan proyek Indonesia Water Fund (IWF)
- PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan proyek Blue Ammonia, Methanol, and Amurea Plant Development in Yamdena lsland with INPEX as partner, lalu Blue Ammonia Development in Aceh with Mitsui Partner, kemudian Hybrid Green Ammona in PKG & PKC with ACWA Power and PLN as partner, dan Green Industry Cluster Development in SEZ Arun Lhoksemawe Aceh.
- PT Waskita Toll Road dengan proyek Investment Opportunity in Pemalang-Batang Toll Road

Sementara proyek dari Bappenas adalah:

- Drinking Water Supply System (SPAM) Juanda (Jatiluhur II)
- Demak Tuban Toll Road
- Tuban Gresik Toll Road
- Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis Toll Road

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Luhut Buka Suara soal Polemik Penghapusan Pertalite******

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengakui pemerintah tengah mengkaji wacana penghapusan pertalite berkaitan dengan upaya menekan polusi udara di Indonesia.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengakui pemerintah tengah mengkaji wacana penghapusan pertalite berkaitan dengan upaya menekan polusi udara di Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiLuhut Binsar Panjaitan mengakui pemerintah tengah mengkaji wacana penghapusan pertalite. Hal itu berkaitan dengan upaya mengatasi masalah polusi udara di Indonesia.

"Nanti kita lakukan semua itu, sekarang lagi dihitung. Ini kan apa namanya, supaya, ini masalah polusi juga. Jadi, kita mau apa namanya etanol berapa persen, supaya oktannya turun (naik), supaya sulfurnya kurang," jelas Luhut di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (6/9).

"Karena sampai hari ini kita lihat yang paling banyak terpengaruh udara ini dari transportasi, itu emisi karbon tadi. Hasil pengetesan di lapangan sekarang 37 persen sepeda motor itu tidak lulus uji emisi. Jadi, sekarang kita mau perbaiki dulu bahan bakarnya," imbuh Luhut.

Terkait peralihan pertalite ke pertamax green 92, Luhut memastikan harganya akan dipikirkan sedemikian rupa agar tidak membebani masyarakat.

"Sekarang yang kita lakukan ini baru feeling, belum data lengkap. Jadi, saya pikir setelah studi ini (Prospera) selesai dalam minggu-minggu ini, kita akan target lebih bagus. Ini sekaligus saya pikir Presiden (Joko Widodo) mintakan supaya kita benahi semua. Ini kan kerjaan lama," jelasnya.

"Ya kita akan tetap lihat (harga pertamax green 92) agar rakyat itu gak terbebani. Itu kuncinya," tutup Luhut.

Lihat Juga :
PM China Ungkap Volume Perdagangan Asean-China Tembus Rp14.843 T

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati sebelumnya menghebohkan jagad maya usai mengusulkan penghapusan pertalite di 2024 dan menggantinya ke pertamax green 92.

Kendati, Nicke mengklarifikasi bahwa wacana penghapusan pertalite itu masih berupa usulan Pertamina. Ini merupakan bagian dari Program Langit Biru Tahap 2 selaku kajian internal Pertamina yang bakal diusulkan ke pemerintah.

Di lain sisi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan hasrat tersebut belum bisa dilakukan tahun depan. Pasalnya, bahan baku etanol yang diperlukan untuk memproduksi pertamax green belum banyak tersedia di Indonesia.

Arifin menyebut saat ini perkebunan tebu untuk bahan baku etanol sudah ada di Jawa Timur. Namun, itu belum cukup sehingga pengembangannya harus diupayakan dengan bantuan teknologi dari Brasil.

"Nah kalau itu bisa, nanti itu rencana, ya kita lihat potensi pengembangannya di Papua. Karena dulu katanya bibit tebu itu asalnya dari Papua, pindah ke Portugis, baru ke Brasil. Nah sekarang balik ke habitatnya," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Bertemu Macron, Jokowi Bahas soal Minat Investor Prancis untuk IKN******

Jokowi menyampaikan apresiasi atas minat investor Prancis untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi.
Ilustrasi Titik Nol IKN Nusantara, Kaltim. Jokowi menyampaikan apresiasi atas minat investor Prancis untuk IKN Nusantara di Kalimantan Timur saat bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron di New Delhi, India, Sabtu (9/9). Pada kesempatan itu, Jokowimengapresiasi Prancis yang telah membawa investor untuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"(Terkait) investasi di sektor strategis, saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan 4 LoI (Letter of Intent) untuk dukung pembangunan IKN," kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi, Minggu (10/9).

Lihat Juga :
Daftar Investor 'Kakap' yang Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

Selain membahas investasi, Jokowi juga meminta dukungan kepada Prancis terhadap proses keanggotaan Indonesia menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Menurut Jokowi, hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju.

"Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD," tuturnya.

Lihat Juga :
Perusahaan Malaysia Siap Bangun 20 Tower Apartemen di IKN

Bertalian dengan itu, Jokowi meminta Macron dapat berbagi pengalaman mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD.

Dia turut menyampaikan apresiasi kepada Prancis yang telah memperlihatkan fleksibilitas posisi atas tindak pelecehan simbol agama dan kitab suci dalam konsep deklarasi G20.

"Ini isu yang sangat penting bagi Indonesia, tindak pelecehan tersebut sangat melukai hati umat muslim dan tidak dapat dibenarkan," ucapnya.

(mrh/tsa)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:pkv qq

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
akartoto
berry188
juragan69 rtp
limit kredivo tidak bisa dipakai
slot lengkap terpercaya
buku erek2
cara bayar pinjaman kredivo
gbo4d
erek2 kaki
Daftar isi semua bab
Bab 1 kadal erek erek
Bab 2 trik slot fafafa modal sedekah
Bab 3 kredit hp untuk pelajar
Bab 4 slot yuk
Bab 5 pinjol ilegal di play store
Bab 6 erek2 d
Bab 7 menang hoki slot
Bab 8 mahirqq
Bab 9 cakrabet
Bab 10 jam gacor mahjong hari ini
Bab 11 slot4d tergacor
Bab 12 cara dapat uang dari metroopinion
Bab 13 data paito sydney
Bab 14 cmcpoker
Bab 15 game slot banyak bonus
Bab 16 slot gacor 4d link alternatif
Bab 17 ppsnusa
Bab 18 link slot jp
Bab 19 gampang win slot
Bab 20 daftar pinjol ilegal 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah8986bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Kelahiran kembali game online: Lubang Dewa Susu Beracun

pragmatic88 demo gratis
IHSG melemah 0,59 persen ke 6.954 akibat tertekan koreksi 322 saham.
IHSG melemah 0,59 persen ke 6.954 akibat tertekan koreksi 322 saham. (CNN Indonesia/Hesti Rika Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.954 pada Kamis (7/9) ini. Indeks saham melemah 41,14 poin atau 0,59 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,82 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,16 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 210 saham menguat, 322 terkoreksi, dan 220 lainnya stagnan.

Sementara, bursa saham Eropa bergerak bervariasi. Terpantau indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,06 persen, indeks DAX di Jerman melemah 0,01 persen, dan indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,03 persen.

Menyusul Asia, bursa Amerika juga ramai-ramai ambruk. Indeks S&P 500 melemah 0,7 persen, indeks NYSE Composite minus 0,32 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 1,06 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Tuhan yang memberikan nasihat yang luar biasa

29hoki
Enam penerbangan terpaksa ditunda pada Jumat (8/9) pagi akibat kabut asap di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kalimantan Selatan.
Enam penerbangan terpaksa ditunda pada Jumat (8/9) pagi akibat kabut asap di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Ilustrasi. (Ross Parmly via Unsplash).
Jakarta, CNN Indonesia--

Keberangkatan enam penerbangan terpaksa ditunda pada Jumat (8/9) pagi akibat kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Pesawat yang delay(ditunda) penerbangannya antara pukul 06.00 hingga 08.20 Wita karena jarak pandang hanya sekitar 100 meter," kata Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor Iwan Risdianto di Banjarbaru seperti dikutip Antara.

Empat penerbangan di antaranya tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten yakni Citilink/QG 483, Super Air Jet/IU 625, Lion Air/JT 529 dan Garuda Ind/GA 533.

Kondisi berangsur normal kembali menjelang siang hari jarak pandang mencapai 1.500 meter, sehingga visibilitas tersebut dirasa aman untuk keselamatan penerbangan.

Atas kejadian itu, Iwan meminta maaf jadwal penerbangan terganggu.

Ia juga berharap para calon penumpang dapat memahaminya karena penundaan dilakukan demi menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Tuan Pedang Tanpa Jiwa

link slot kamboja gacor
PT KCIC menyebut kebakaran yang terjadi di kantor mereka bermula dari percikan api di atap peron pada Senin 00.30. Api sudah dipadamkan.
PT KCIC menyebut kebakaran yang terjadi di kantor mereka bermula dari percikan api di atap peron pada Senin 00.30. Api sudah dipadamkan. Ilustrasi kebakaran. iStockphoto/sankai).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta CepatIndonesia Coba (KCIC) mengungkapkan kronologi kebakaranyang melanda Kantor KCIC pada Senin (11/9).

GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan kebakaran bermula dari percikan api yang muncul pada pukul 00.30. Percikan terjadi di sisi atap peron timur di bagian lapisan atas proteksi atap. 

Setelah mengetahui adanya percikan api, Eva menambahkan pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. 

Eva menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Ia juga memastikan saat ini kondisi Stasiun Halim dalam kondisi aman. Bagian bangunan stasiun juga dalam kondisi baik dan dapat berfungsi maksimal. 

"KCIC juga akan terus berkoordinasi dengan pihak kontraktor untuk memastikan keselamatan dan keamanan proyek kereta api cepat relasi Jakarta-Bandung," katanya.

Sementara itu, Kasie Operasional Sudin Gulkarmat Jaktim Gatot Sulaeman mengatakan hingga pagi ini pihaknya masih melakukan pengecekan terkait objek mana yang terbakar.

"Yang terbakar itu lapisan pelindung atap dengan panjang sekitar 20 meter. Sekarang masih pengecekan. Unit masih 'standby' di lokasi," kata Gatot seperti dikutip dari Antara.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

Dewa Abadi yang Tak Tertandingi

trik menang bermain slot online
Menkomarinves Luhut Panjaitan menyebut China ingin menggarap dan melanjutkan kereta cepat di Indonesia hingga ke Surabaya, Jawa Timur.
Menkomarinves Luhut Panjaitan menyebut China ingin menggarap dan melanjutkan kereta cepat di Indonesia hingga ke Surabaya, Jawa Timur. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan menyebut Chinaingin menggarap dan melanjutkan kereta cepatdi Indonesia hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Luhut mengatakan keinginan disampaikan Perdana Menteri China Li Qiang kepadanya saat menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dari Stasiun Halim-Karawang PP pada Rabu (6/9). Keduanya berangkat pukul 15.58 WIB dan kembali lagi ke Halim sekitar pukul 16.40 WIB.

"Tadi di kereta kami banyak sekali diskusi mengenai proyek ini (KCJB). Memang kualitasnya tinggi. Seperti yang berkali-kali kami sampaikan, Presiden (Joko Widodo) kan mengarahkan ada studi kereta cepat sampai Surabaya," katanya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu (6/9).

Namun, kelanjutan proyek tersebut tidak akan dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi. Kelanjutan akan terealisasi pada periode pemerintahan selanjutnya.

Budi menyebut perpanjangan juga dilakukan setelah KCJB rampung sepenuhnya hingga Stasiun Tegalluar, Bandung.

"Iya tetap dilanjutkan (sampai Surabaya). Nanti akan sampai Surabaya untuk kabinet selanjutnya," kata Budi di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, dikutip dari Antara, Senin (31/7).

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Paus Bola Basket

bocoran angka jitu sgp hari ini
Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia (BEI).
Saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia (BEI). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Saham PT Amman MineralInternasional Tbk (AMMN) masuk dalam radar pantauan Bursa Efek Indonesia(BEI).

Mengutip surat pengumuman yang tertera di website resmi keterbukaan, Senin (11/9), BEI mengeluarkan peringatan ke AMMN karena harga saham yang naik di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA).

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham AMMN yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity). Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang- undangan di bidang pasar modal," ungkap BEI.

"Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham AMMN tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini."

Dengan pengumuman itu, maka para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.



Selain itu, investor juga perlu mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya.

Kemudian, mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS, dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Adapun pada 11 Agustus 2023 saham Amman berada di level 3.000, sedangkan per 11 September 2023 saham perusahaan tersebut berada di level 5.625.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Berubah menjadi pahlawan Sanwu

new slot 77
Arsjad Rasjid yang sekarang ini menjadi ketua Kadin dan baru saja ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar berhasil sukses berkat gemblengan orang tua.
Arsjad Rasjid yang sekarang ini menjadi ketua Kadin dan baru saja ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Ganjar berhasil sukses berkat gemblengan orang tua. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali, dari kedua orang tua.

Begitulah juga yang terjadi pada Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat atau yang lebih dikenal dengan nama beken Arsjad Rasjid.

Pengusaha kelahiran 16 Maret 1970 yang kini menjadi Ketua Umum Kadin dan Ketua Tim Pemenangan Ganjar itu bercerita semua kesuksesan yang didapatnya sekarang ini tak terlepas dari inspirasi hidup yang diberikan oleh kedua orang tua, terutama ayahnya H.M.N. Rasjid, seorang purnawirawan TNI AD.

Arsjad mengatakan ayahnya waktu itu punya pandangan dan mengatakan kalau ia mau bekerja dan mendapat gaji besar, insinyur adalah jawabannya.

Karena keinginan itu kemudian ia mengirimkan Arsjad kecil untuk bersekolah ke Singapura.

Arsjad yang saat itu baru berusia 9 atau 10 tahun ia titipkan ke sebuah keluarga berkebangsaan Arab, Muhammad Haj dan Amerika Serikat setelahnya.

Di AS, Arsjad menempuh pendidikan di sekolah akademi. Selepas menyelesaikan sekolah tingginya, ia kemudian melanjutkan studi electrical engineeringke University of Southern California 

"Pada waktu itu, electrical engineering, ada sub-nya. Saya khusus computer engineering," katanya.

Meski sudah kuliah di teknik komputer, Asrjad muda merasa ada yang kurang. Menurutnya, tahu soal teknik komputer saja tapi tidak tahu bisnis akan percuma. 

[Gambas:Video CNN]

Akhirnya ia bilang ke sang Ayah untuk pindah jurusan. 

"Yah, apakah memang mesti harus insinyur?" Aku mau pindah ini," katanya.

Arsjad bersyukur keinginannya itu tak ditentang ayahnya. Bahkan dengan bijak ayahnya saat itu menyerahkan semua kepada Arsjad.

"Beliau bilang akhirnya ini adalah kehidupan kamu. Jadi sekarang harus membangun kehidupan kamu. Nah, kalau emang kamu itu keputusan kamu, itu kamu putuskan. Nah, jadi itulah tidak tahu bagaimana akhirnya akhirnya masuk ke bisnis," katanya.

Lihat Juga :
Daftar Investor 'Kakap' yang Siap Bantu Jokowi Bangun IKN

Berbekal restu sang ayah, ia akhirnya pindah ke sekolah bisnis di Universitas Pepperdine, AS. Setelahnya, ia sebenarnya ingin terus melanjutkan studinya di Negeri Paman Sam sampai ke level S2. Tapi keinginan itu ia tangguhkan.

Ia harus pulang karena sang ayah sakit. Setelah di Indonesia itulah, ia kemudian bekerja dan menikah. Nah, saat bekerja inilah naluri dan tangannya gatal untuk berbisnis dan jadi pengusaha.

Kegatalan makin menjadi saat awal era 1990-an, temannya datang dan mengajak bisnis. Cuma, saat itu Arsjad dihadapkan pada pilihan sulit.

Maklum, di satu sisi ia sudah menikah dan punya anak pertama. Keadaan itu paling tidak mewajibkannya untuk punya penghasilan tetap yang bisa didapat dari kerja.

Lalu bagaimana Arsjad mengatasi dilema itu? Simak wawancara lengkapnya di halaman 2

Lihat Juga :
ANALISISCuriga Ada 'Sesuatu' di Balik Aguan-Sukanto Tanoto Dalam IKN

Bersambung ke halaman 2.....

Usia 9 Tahun Sudah Disekolahkan ke Singapura

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2 3