petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

oyo4d

erek erek coklat 166Jutaan kata 205309Orang-orang telah membaca serialisasi

《oyo4d》

Wajar Ramai TKA China di Industri Nikel, Wong Investasi dari Mereka******

Pengamat membantah jumlah TKA China lebih banyak dari TKI di industri nikel. Pun, wajar TKA China ramai karena investasinya berasal dari mereka.
Pengamat membantah jumlah TKA China lebih banyak dari TKI di industri nikel. Pun, wajar TKA China ramai karena investasinya berasal dari mereka. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indonesia memiliki cadangan nikelterbesar di dunia. Namun, kekayaan alam sebesar ini dituding justru memberikan kenikmatan bagi tenaga kerja asing (TKA) asal China.

Tudingan itu disampaikan oleh eks wakil presiden Jusuf Kalla (JK) yang menyebut pertambangan nikel di Tanah Air lebih banyak mempekerjakan pekerja China dibandingkan pekerja lokal.

"Ini (Indonesia) daerah kaya nikel, tapi yang kerja semua China, dari daratan sampai tukang las," imbuh JK saat ditemui dalam peringatan HUT 70 Tahun Kalla Group di Grand Ballroom Kempinski Jakarta akhir pekan lalu.

"Itu nggak betul. Kalau waktu konstruksi dulu awal-awal 2014 ya, sekarang sudah banyak orang Indonesia, pergi saja lihat ke sana," tantang Luhut.

Lalu seperti apa faktanya?

Berdasarkan data Kementerian ESDM hingga akhir 2021, jumlah TKA di industri mineral dan batu bara (minerba) lebih dari 3.000 orang. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding dengan total pekerja Indonesia yang sebanyak 23.857 orang.

Lihat Juga :
JK Kritik Buruh Sampai Tukang Las di Daerah Kaya Nikel RI Semua China

Sementara, khusus untuk industri nikel saja, jumlah tenaga kerja yang tercatat sebanyak 24.745 orang yang terdiri dari 21.691 orang TKI dan 3.054 TKA. Itu pun, jumlah pekerja asingnya tidak hanya berasal dari China saja.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai keberadaan TKA China di industri nikel Indonesia sudah pasti ada dan menjadi hal yang wajar. Sebab, investor terbesar di pengelolaan nikel Indonesia adalah China.

Setidaknya, ada dua perusahaan besar pengelola tambang nikel di dalam negeri yang berasal dari China, yakni PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi Tengah dan PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) di Sulawesi Tenggara.

Namun, terkait dengan mayoritas pekerjanya China di industri nikel ini, Mamit ragu jika jumlahnya lebih besar dari TKI seperti yang disampaikan oleh JK.

Lihat Juga :
JK Kritik Pengolahan Nikel RI Banyak Pakai Tangan China

"Saya kira sebenarnya ini bukan karena mereka (TKA China) hebat, tapi lebih kepada mereka inikan membawa investasi dan modal, di mana salah satu kekuatannya adalah bisa membawa SDM dari negara mereka seoptimal mungkin," kata Mamit kepada CNNIndonesia.com, Senin (31/10).

Menurut Mamit, TKA China ini tak akan bisa dihilangkan. Pasalnya, teknologi pengolahan smelter dibawa dari negeri Tirai Bambu dan tentu lebih dikuasai oleh pekerja mereka sendiri dibandingkan TKI.

"Tidak dipungkiri bahwa teknologi smelter ini ya mereka yang punya, sehingga banyak tenaga ahli yang mereka bawa juga," jelasnya.

Menurut Mamit, pekerja dari asal negara investor ini biasanya hanya untuk mengisi posisi operator pengendali mesin atau teknologi saja. Sedangkan, untuk tenaga kasar lebih banyak menggunakan TKI.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSSarjana Susah Cari Kerja, Siapa yang Salah?

"Untuk tenaga kasar saya kira nggak banyak (TKA China) ya, karena mereka juga menggunakan tenaga kerja lokal. Serapan tenaga kerja lokal juga sepertinya cukup besar. Bisa di cek ke daerah yang ada smelter, ekonomi disana hidup sekali. Masyarakat lokal juga merasakan manfaatnya," terang dia.

Pendapat serupa disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli. Ia menilai penggunaan TKA China ini tidak terlepas dari perjanjian dan izin yang diberikan oleh pemerintah pada saat negosiasi investasi dilakukan.

"Sebenarnya, pemakaian tenaga kerja dari China sebagai negara prinsipal dalam hal hilirisasi komoditas mineral lebih pada tahap konstruksi. Hal ini dapat dilihat pada kegiatan pembangunan smelter, terutama di nikel yang lebih bersifat turnkey di mana tenaga kerja lebih dominan dari China," ucap Rizal.

Menurutnya, investor menyadari Indonesia sangat ketinggalan dalam teknologi pengembangan nikel. Hal ini tercermin dari kegiatan ekspor nikel selama ini dalam bentuk bijih atau mentah.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSCerita Buruh Pabrik Cikarang Masuk Kerja Lewat Yayasan, Bayar Rp2 Juta

Nah, ketika pemerintah ingin mengekspor nikel dalam bentuk setengah jadi, maka investor mengambil kesempatan membawa TKA mereka. Artinya, uang investasi-nya kembali ke negaranya lagi.

"Tentu saja mereka mengerti bahwa Indonesia sangat ketinggalan dalam hal teknologi pengolahan dan pemurnian mineral, sehingga mereka menegosiasikan untuk membawa sebanyak mungkin barang modal dan tenaga kerja untuk mengerjakan proyek. Dengan demikian, uang yang diinvestasikan sebagian besar kembali lagi ke negara mereka (China)," jelasnya.

Rizal menilai seharusnya keterlibatan TKA asing di industri nikel Indonesia hanya sementara saja. Begitu tahap konstruksi selesai, maka mereka harus kembali ke negerinya dan digantikan oleh TKI.

Pengawasan Jangan Kendor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

KAI Kejar Dokumen Aset hingga ke Belanda******

PT KAI (Persero) bekerja sama dengan National Archives of The Netherlands (NAN) untuk mengejar dokumen aset hingga ke Belanda.
PT KAI (Persero) bekerja sama dengan National Archives of The Netherlands (NAN) untuk mengejar dokumen aset hingga ke Belanda. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta ApiIndonesia (Persero) atauKAI bekerja sama dengan National Archives of The Netherlands (NAN) untuk mengejar dokumen aset hingga ke Belanda. Kerja sama itu diharapkan bisa memperkuat pengamanan aset negara tersebut.

Melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU), KAI dan NAN akan bekerja sama dalam bidang pelatihan, penelitian, dan pertukaran salinan arsip dengan informasi lain yang terkait dengan aset di Indonesia selama era kolonial. Kerja sama ini berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan bersama dan timbal balik manfaat.

"KAI sangat serius untuk mengupayakan pengamanan aset-aset yang dimiliki. Kolaborasi dengan NAN ini sebagai langkah yang sangat penting untuk penelusuran dokumen kepemilikan aset era Hindia Belanda guna melengkapi bukti kepemilikan aset perusahaan," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam rilis resmi, dikutip pada Jumat (28/10).

Melalui Konferensi Meja Bundar (KMB) pada 1949, aset-aset perkeretaapian milik Pemerintah Hindia Belanda kemudian dialihkan kepada KAI yang pada saat itu bernama Djawatan Kereta Api (DKA).

Arsip-arsip yang berkaitan dengan perkeretaapian di Indonesia diklaim masih banyak tersimpan di Belanda. Diperkirakan sekitar 20 persen dari total dokumen kepemilikan aset yang belum ditemukan di KAI akan ditelusuri NAN serta dimintakan salinannya sebagai bukti penguat kepemilikan aset.

Kerja sama dengan NAN menjadi salah satu langkah KAI untuk mengamankan aset-asetnya sehingga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perusahaan.

Lihat Juga :
Serikat Pekerja KAI Tolak Restu Menhub soal Akuisisi KCI oleh MRT

KAI akan terus melakukan berbagai upaya melalui penjagaan, penertiban, dan pensertifikatan asetnya dalam rangka menjaga amanah pemerintah kepada KAI untuk mengamankan aset-aset negara.

Hingga Oktober 2022, KAI telah melakukan penertiban aset berupa tanah seluas 799.582 m2 dan bangunan seluas 45.723 m2 di berbagai wilayah. Sementara, luas tanah KAI yang telah bersertifikat baru 50 persen yakni 135 juta m2 dari total seluas 270 juta m2.

"Dengan adanya sinergi antara KAI dengan NAN yang terjalin dengan baik, maka KAI akan semakin optimistis dalam mengamankan serta mengoptimalkan seluruh aset perusahaan untuk memajukan perkeretaapian nasional," tutup Didiek.

[Gambas:Video CNN]



(skt)

AP I Lakukan Penyesuaian Operasi Bandara Bali 12******

Angkasa Pura I akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali.
Angkasa Pura I akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran KTT G20 Bali. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF).
Denpasar, CNN Indonesia--

PT Angkasa PuraI (Persero) akan melakukan penyesuaian operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 12-18 November 2022 untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi G20Bali yang diselenggarakan pada 15 hingga 16 November 2022.

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menyampaikan hal tersebut sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

"Penyesuaian operasional bandara dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nomer 11, Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, di Bandar I Gusti Ngurah Rai," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/10) malam.

Ia menerangkan, penyesuaian ini dilakukan guna menjamin aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penerbangan kepala negara atau VVIP, penerbangan militer, penerbangan niaga berjadwal atau scheduled flight dalam dan luar negeri, penerbangan niaga tidak berjadwal atau unscheduled flight/charter flight, serta penerbangan non-niaga atau private flight dalam dan luar negeri.

"Sehingga pada saat pelaksanaan G20 terutama pada saat kedatangan dan kepulangan para tamu kenegaraan, lalu lintas udara di I Gusti Ngurah Rai dapat berjalan dengan lancar," imbuhnya.

Beberapa penyesuaian operasional di Bandara Ngurah Rai adalah sebagai berikut:

1. Jam operasional (operating hours) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ditetapkan selama 24 Jam;
2. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) untuk penerbangan reguler pada 14 November pada pukul 00.00 s.d. 02.00 WITA dan pukul 13.00 s.d. 21.00 WITA;
3. Pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) untuk penerbangan reguler pada 17 November pada pukul 12.00 s.d. 19.00 WITA;
4. Prioritas pelayanan penerbangan selama pemberlakuan pembatasan operasional penerbangan (Limited Operation) diberikan untuk penerbangan sebagai berikut:

a) Penerbangan VVIP G20 (Pesawat Utama dan Pesawat Pendukung);
b) Penerbangan pesawat kemiliteran (military flight) pendukung G20;
c) Penerbangan charter delegasi G20;
d) Penerbangan bukan niaga (charter flight) delegasi G20; dan
e) Penerbangan reguler dalam negeri dan luar negeri dengan jumlah pergerakan tertentu/terbatas.

Ia mengatakan, pada periode pembatasan operasional penerbangan atau limited operation, Bandara Ngurah Rai tetap melayani penerbangan komersial berjadwal.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu mengutip Antara, Dirut AP I Faik Fahmi mengimbau calon pelaku perjalanan udara untuk menyesuaikan jadwal perjalanan udara.

"Kami juga mengimbau calon pelaku perjalanan udara yang akan melakukan perjalanan udara pada periode limited operation pada 14 dan 17 November untuk berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, khususnya karena ada potensi perubahan jadwal penerbangan komersial berjadwal yang menyesuaikan pada penerbangan delegasi peserta KTT G20," ujarnya.

Ia menyampaikan selain penyesuaian operasional terkait penerbangan, AP I bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Provinsi Bali untuk melakukan penyesuaian akses lalu lintas di sekitar Bandara Ngurah Rai pada rentang 14 dan 17 November 2022.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memfasilitasi kedatangan delegasi dan mempermudah akses transportasi darat dari bandara ke lokasi penyelenggaraan KTT G20.

Lihat Juga :
TAIPANKristo Kaarman, Menang Perang Lawan Bank Jadi Orang Terkaya di Estonia

Terkait dengan pengaturan akses lalu lintas di bandara, dua jalur Jalan Raya Airport Ngurah Rai yang berada di depan Gedung Administrasi PT Angkasa Pura I hingga Taman Bundaran I Gusti Ngurah Rai, dan juga akses Jalan Raya Tuban akan ditutup sementara pada periode 14 dan 17 November.

"Penyesuaian operasional bandara ditujukan untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT G20 Bali, terutama dalam kaitannya dengan aspek keamanan, keselamatan, dan kelancaran penanganan penerbangan pada delegasi," pungkasnya.

(kdf/dnz)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slot terbaru 2022

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
gadunslot
kredit tokopedia
bonus new member deposit pulsa
slot gacor pulsa tanpa potongan
cara dapat uang dari helo
angsa4d
slot deposit voucher
slot madu
megawin888
Daftar isi semua bab
Bab 1 cipinang4d
Bab 2 demo extra chili
Bab 3 situs slot online gacor hari ini
Bab 4 gacor x500 slot login
Bab 5 pinjol paling mudah cair
Bab 6 royalbet188
Bab 7 erek erek kalkun
Bab 8 demo ganesha fortune
Bab 9 game tergacor hari ini
Bab 10 situs slot 138 terpercaya
Bab 11 situs judi slot yang mudah menang
Bab 12 slot terbaru dan tergacor
Bab 13 persyaratan easy cash
Bab 14 bro138
Bab 15 pasarantogel2
Bab 16 akun demo slot wso
Bab 17 video slot gacor malam ini
Bab 18 slot gacor abis
Bab 19 pinjol kredit pintar
Bab 20 deluxe 88 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5666bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Biografi pejabat wanita Dayun

togelhoki8
Harga emas Antam turun Rp4.000 per kg menjadi Rp944 ribu pada Jumat (28/10) pagi.
Harga emas Antam turun Rp4.000 per kg menjadi Rp944 ribu pada Jumat (28/10) pagi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga emasPT Aneka Tambang (Persero) alias Antam berada di level Rp944 ribu per gram pada Jumat (28/10) ini. Harga emasterpantau turun Rp4.000 dari perdagangan sebelumnya.

Begitu juga dengan harga pembelian kembali (buyback) yang turun Rp4.000 dari perdagangan sebelumnya ke Rp832 ribu.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp522 ribu, 2 gram Rp1,82 juta, 3 gram Rp2,71 juta, 5 gram Rp4,49 juta, 10 gram Rp8,93 juta, 25 gram Rp22,21 juta, dan 50 gram Rp44,34 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan, pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,04 persen menjadi US.666 per troy ons. Harga emas di perdagangan spot melemah 0,05 persen ke US.662,51 per troy ons pagi ini.

Lihat Juga :
Cadangan Beras Menipis, Bulog Bakal Beli Beras Petani Harga Berapa Pun

Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan harga emas internasional bakal menguat akibat imbal obligasi AS yang kembali turun dalam rilis PDB kuartal ketiga tahun ini.

"Hasil obligasi AS yang kembali turun setelah dalam rilis data PDB Q3 AS semalam menunjukkan penurunan besar yang mengejutkan pada inflasi utama PCE dari 7.3 persen menjadi 4,2 persen meredakan kekhawatiran kenaikan suku bunga agresid oleh The Fed," ungkapnya kepadaCNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memproyeksi harga emas internasional berada dalam rentang support US.650 per troy ons dan resistance US.685 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)

Naga Tersembunyi di Kota

cara menghasilkan uang banyak dalam waktu singkat
Kementerian BUMN dan Perusahaan Perseroan (Persero) IFG selaku pemegang saham PT Jamkrindo mengubah susunan jajaran komisaris dan direksi perusahaan itu.
Kementerian BUMN dan Perusahaan Perseroan (Persero) IFG selaku pemegang saham PT Jamkrindo mengubah susunan jajaran komisaris dan direksi perusahaan itu. (JAMKRINDO).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian BUMN dan Perusahaan Perseroan (Persero) Indonesia Financial Group (IFG) selaku pemegang saham PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengubah susunan jajaran Komisaris dan Direksi di PT Jamkrindo pada Kamis (27/10).

Mengutip Antara, Jumat (28/10), IFG mengangkat Krisna Wijaya sebagai komisaris utama menggantikan Sri Mulyanto sebagaimana yang tercantum dalam Salinan Keputusan (SK) Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Nomor: SK-243/MBU/10/2022 dan Nomor: 013/KepSir-PS/BPUI/X/2022.

Sehingga sususan komisaris PT Jamkrindo terbaru adalah;

Selain mengubah susunan komisaris, pemegang saham juga mengubah susunan Direksi PT Jamkrindo.

Perubahan ini berdasarkan SK Menteri BUMN dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Nomor: SK-244/MBU/10/2022 dan Nomor: 014/KepSirPS/BPUI/X/2022 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Jaminan Kredit Indonesia.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSWaspada Tsunami Pengangguran Kaum Muda

Dari SK tersebut susunan direksi PT Jamkrindo saat ini yaitu;

a. Hendro Padmono: Direktur Utama
b. Henry Panjaitan: Direktur Bisnis Penjaminan
c. Kadar Wisnuwarman : Direktur Operasional dan Jaringan
d. Abdul Bari: Direktur Kelembagaan dan Layanan
e. Achmad Ivan Sutrisna : Direktur Manajemen SDM, Umum dan Kepatuhan
f. Suwarsito: Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko

Manajemen IFG memberikan apresiasi kepada Sri Mulyanto, Putrama Wahju Setyawan, Sulis Usdoko dan I. Rusdonobanu atas segala pencapaian dan sumbangsih yang telah diberikan kepada PT Jamkrindo dan menyambut kehadiran Hendro Padmono, Henry Panjaitan, Achmad Ivan Sutrisna, dan Abdul Bari di susunan Direksi Jamkrindo.

Lihat Juga :
LAPORAN KHUSUSMustahil, Buruh Mengais Kerja di Pabrik Tanpa Pungli

Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha mengatakan perubahan komisaris dan direksi Jamkrindo merupakan salah satu bentuk komitmen IFG sebagai holding dalam meningkatkan tata kelola dan memastikan efektivitas operasional beserta strategi bisnis yang berkelanjutan di anak perusahaan

IFG mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi yang diberikan Sri Mulyanto, Putrama Wahju Setyawan, Sulis Usdoko dan I. Rusdonobanu di PT Jamkrindo, sehingga Jamkrindo dapat melewati masa pandemi dengan kinerja yang positif.

IFG juga menyambut Hendro Padmono, Henry Panjaitan, Achmad Ivan Sutrisna, dan Abdul Bari di jajaran Direksi.

Lihat Juga :
Bulog Siapkan Aturan Demi Jalankan Titah Jokowi Kuasai 11 Bahan Pokok

"IFG mempunyai harapan tinggi kepada jajaran Komisaris dan Direksi Jamkrindo saat ini untuk melakukan peningkatan kinerja serta melanjutkan proses transformasi yang sudah berjalan baik di Jamkrindo," katanya.

Semasa pandemi pada 2021, Jamkrindo berhasil membukukan pertumbuhan bisnis yang positif dengan meraih laba bersih 2,3 kali lipat atau Rp1,07 triliun. Angka tersebut naik 134 persen dari posisi 2020 sebesar Rp456,13 miliar.

PT Jamkrindo juga dipercaya sebagai penjamin kredit dalam program Pemerintah antara lain Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

[Gambas:Video CNN]



(dzu/sfr)

Kelahiran Kembali dan Mimpi

situs yang mudah menang
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat meski terbatas pada perdagangan Selasa (1/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menguat meski terbatas pada perdagangan Selasa (1/11). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi menguat pada perdagangan Selasa (1/11).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi investor akan mencermati beberapa data ekonomi yang akan dirilis. Selain itu, investor cenderung bakal konservatif jelang penetapan suku bunga The Fed.

"IHSG diprediksi menguat. Secara teknikal, candlestick membentuk long white body mengindikasikan potensi penguatan," kata Dennies seperti dikutip dari riset hariannya.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat November ini laporan kinerja emiten pada kuartal III masih akan terus hadir ditambah jelang rilis data perekonomian berupa inflasi yang diperkirakan akan berada dalam kondisi stabil.

"Tentunya dapat menjadi sentimen positif bagi pergerakan IHSG hari ini, sehingga pergerakan IHSG hari ini berpotensi menguat terbatas," katanya.

Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.954 dan resistance 7.172.

Lihat Juga :
Modal Ventura di China Ajukan Pailit

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan UNVR, INDF, ICBP, ASRI, PWON, CTRA, BSDE, HMSP, dan GGRM.

IHSG menguat ke level 7.098 pada Senin (31/10). Indeks saham menguat 42,85 poin atau plus 0,61 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp14,17 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 22,01 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

Ekstra: Bos terlahir kembali dan kehilangan rompinya

hari ini slot yang gacor
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah buka suara soal Waroeng SS (Spesial Sambal) yang memotong gaji karyawan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah buka suara soal Waroeng SS (Spesial Sambal) yang memotong gaji karyawan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). (CNN Indonesia/Lina Itafiana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah buka suara soal Waroeng SS (Spesial Sambal) yang memotong gaji karyawan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Ida mengatakan saat ini Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI JSK) dan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker & K3) sedang menindaklanjuti kejadian tersebut.

"Ini sudah kami tindaklanjuti. Dua dirjen ini ya. Dirjen PHI Jamsos, karena yang mengelola anggaran BSU ini kan Dirjen PHI Jamsos, dengan pengawasan ada Dirjen Binwasnaker yang akan melakukan," ujar Ida di Istana Presiden, Jakarta, Senin (31/10).

Direktur WSS Yoyok Hery Wahyono pun membenarkan hal tersebut.

"Benar itu kebijakan saya, keputusan saya yang siap saya pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan Allah SWT, hukum negara dan kebenaran atau keadilan," terang Yoyok, Minggu (30/10), dikutip dari detikcom.

Lihat Juga :
Ekonom Dengar Janji Cak Imin Gratiskan Listrik Rakyat Miskin: Berat

Dalam surat edaran yang ditandatangani Yoyok itu disebutkan pertimbangan Waroeng SS memotong gaji karyawan Rp300 ribu bagi penerima BSU demi keadilan dan pemerataan fasilitas kesejahteraan. Pasalnya, tidak semua karyawan Waroeng SS mendapat bantuan tersebut.

"Sebagian dapat, sebagian tidak, malah jadi tidak rukun mereka, akan jadi polemik, September 2021 pernah terjadi seperti ini. Panjang sekali penjelasannya, kalau pun harus sampai di meja hijau akan saya jelaskan di sana," imbuh Yoyok.

Lebih lanjut, Yoyok menuliskan dalam surat tersebut bahwa karyawan yang keberatan dengan kebijakan pemotongan gaji ini dipersilakan untuk mengajukan surat pengunduran diri.

Belum diketahui berapa karyawan penerima BSU yang terdampak pemotongan gaji Rp300 ribu/bulan. Kendati, kebijakan ini berlaku di 102 cabang Waroeng SS seluruh Indonesia di mana terdapat 4.128 karyawan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Keluarga Pengharum Mayat

88dewi slot
Kegiatan SATU Indonesia Awards 2022 diharapkan jadi pencetus semangat generasi muda Indonesia untuk tumbuh bersama memberi dampak positif bagi masyarakat.
Kegiatan SATU Indonesia Awards 2022 diharapkan jadi pencetus semangat generasi muda Indonesia untuk tumbuh bersama memberi dampak positif bagi masyarakat. (Foto: Arsip Astra International)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra menggelar acara penghargan 13th Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2022 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Menara Astra, Jakarta pada Jumat (28/10).

Dihadiri oleh Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro beserta Direksi Astra, Djony menyatakan percaya bahwa generasi muda memegang peran penting dalam percepatan pembangunan Indonesia.

"Melalui SATU Indonesia Awards kami berharap, pemuda pemudi Indonesia terus semangat bergerak dan tumbuh bersama untuk memberikan dampak positif yang lebih besar kepada pembangunan di daerahnya," ujar Djony.

Selanjutnya terdapat Live Illustration bersama ReplayRepliy, Live Experience Paint in Thrift bersama Hana Madness untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait limbah fashion, dan kelas Latte Art bertajuk "Seni Kopi Sunyi" bersama teman-teman tunarungu dari Kopi Tuli.

Kemudian, ada juga rangkaian Young Entrepreneur Showcase yang menghadirkan karya dari para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards bidang Kewirausahaan, UMKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra, finalis Astra Startup Challenge, dan produk lokal lain.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi bincang inspiratif AstraTalks yang menghadirkan Ario Bayu, Adinda Thomas, pegiat industri kreatif Mochtar Sarman, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2016 Bidang Kewirausahaan Ahmad Sobirin, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Bidang Kewirausahaan Anjani Sekar Arum, dan penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2019 Bidang Kewirausahaan Nurman Farieka, juga penampilan akustik dari violinis Ava Victoria & Friends.

Acara turut dimeriahkan oleh Rona Mentari dan Arie Kriting, serta penampilan kolaborasi RAN bersama pianis tunanetra Michael Anthony dan Trio Drummer bersama Ayu Rika Putri.

6 Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2022

Astra InternationalKegiatan SATU Indonesia Awards 2022 dari Astra diharapkan jadi pencetus semangat generasi muda Indonesia untuk tumbuh bersama memberi dampak positif bagi masyarakat. (Foto: Arsip Astra International)

Djony mengatakan, semangat anak bangsa untuk berkontribusi positif bagi masyarakat adalah sejalan dengan cita-cita Astra, yakni sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Adapun para penerima apresiasi terdiri dari enam sosok inspiratif yang berkontribusi positif melalui lima bidang, yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, teknologi, serta satu kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Dari 13.459 total peserta yang mendaftar 13th SATU Indonesia Awards 2022, ada enam penerima apresiasi tingkat nasional yang telah lolos serangkaian tahap seleksi. Dalam bidang kesehatan, ada Justitia Avia Veda dari Jawa Barat yang memiliki program Sahabat Korban Kekerasan Seksual.

Bersama rekannya, Veda menginisiasi Kolektif Advokat untuk Keadilan Gender (KAKG). Tak hanya konsultasi online, KAKG juga mendampingi klien dalam persidangan. Hingga saat ini, Veda dan tim menerima lebih dari 150 aduan, dengan 80 persen di antaranya merupakan kasus kekerasan yang berkaitan dengan teknologi. Layanan konsultasi mereka bisa diakses melalui media sosial Instagram dan TikTok KAKG.

Pada bidang pendidikan, Bhrisco Jordy Dudi Padatu dari Papua Barat dengan program Penyuluh Pelita dari Pulau Mansinam keluar sebagai pemenang. Sejak 2022, Bhrisco secara aktif membantu pendidikan anak-anak di Pulau Mansinam mulai pendidikan dasar hingga teknologi digital, serta dampak perubahan iklim bersama Papua Future Project.

Bhrisco mengaku tergerak oleh ketimpangan pengetahuan antara anak-anak di kota dan di pelosok Papua Barat. Pulau Mansinam hanya memiliki satu sekolah dasar, sementara mayoritas guru tinggal di Manokwari. Lewat programnya, Bhrisco ingin menggapai lebih banyak anak Papua.

Di bidang lingkungan, ada David Hidayat dari Sumatra Barat dengan program Penjaga Laut dari Pesisir Selatan. Program ini lahir karena masyarakat di Nagari Sungai Pinang, Kabupaten Pesisir Selatan, banyak kehilangan mata pencaharian akibat gerusan potensi alam.

Untuk itu, David memprakarsai ANDESPIN Dee West Sumatra, sebagai akronim dari Anak Desa Sungai Pinang yang mendorong warga setempat untuk menanam kembali terumbu karang, mangrove, serta menangkar penyu dan membudidayakan rumput laut. Dimulai sejak 2014, cakupan wilayah yang sudah dikonservasi mencapai 70 persen dari target.

Sejak 2020, David juga berhasil mengembangkan usaha batik dan kopi mangrove.

Dari bidang kewirausahaan, Alfira Oktaviani dari Bengkulu dan Yogyakarta menawarkan program Pelestari Kain Lantung Bengkulu. Cinta pada fesyen dan seni mendorong Alfira mempelajari ecoprint. Sejak 2018, dia mendirikan Semilir Ecoprint untuk memperkenalkan fesyen ramah lingkungan yang menerjemahkan bentuk dan warna daun asli ke media kain melalui kontak langsung.

Melalui produknya, Alfira mengeksplorasi kekayaan flora Indonesia sebagai wujud lain pelestarian budaya dan alam. Dibantu sekelompok ibu, Alfira membuat berbagai jenis aksesori dan kerajinan, dengan andalan berupa produk dari bahan kulit kayu lantung khas Bengkulu.

Sementara pada bidang teknologi, Paundra Noorbaskoro dari Jawa Timur memiliki program Pembudidaya Udang Ramah Lingkungan Berbasis Teknologi. Sejak 2018, Paundra berupaya memanfaatkan lahan tak produktif di Kabupaten Pacitan sebagai tambak udang. Sempat gagal, sejak 2020 Paundra berinisiatif memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk mengontrol kondisi kolam dan kualitas air.

Pada awal 2022 data tambak dicatat dan diolah menggunakan aplikasi yang dikembangkan sendiri. Untuk mengendalikan limbah, Paundra membangun sistem smart farm village dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Kabupaten Pacitan dan Trenggalek. Saat ini, Paundra mengoperasikan 20 kolam budidaya udang vaname dengan luas total 10 ribu meter.

Terakhir, dari kategori kelompok, apresiasi diterima oleh Alvinia Christiany dari DKI Jakarta dengan program Pejuang Teman Autis. Melalui Teman Autis, Alvinia dan tim menciptakan wadah edukasi yang mempermudah orang tua maupun masyarakat umum mendampingi anak.

Tujuan Teman Autis, agar lebih banyak orang sadar bahwa autis bukan penyakit, namun kondisi spesial yang membutuhkan pendampingan dan arahan khusus. Teman Autis memiliki lebih dari 100 mitra, termasuk klinik, tempat terapi dan sekolah. Informasi tentang autisme bisa didapat melalui situs www.temanautis.com.

Selain itu, Eko Saputra Poceratu dari Maluku dengan program Gerilyawan Sastra Digital dari Maluku terpilih sebagai finalis favorit. Pemilihan finalis favorit dilakukan melalui voting yang dilaksanakan pada 17-23 Oktober 2022 melalui https://www.satu indonesia.com/SIA2022vote/. Untuk finalis favorit berhak mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp10 juta.

Adapun para penerima apresiasi 13th SATU Indonesia Awards 2022 tingkat nasional mendapat dana bantuan kegiatan senilai Rp65 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasi dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra, seperti Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra.

Selain enam penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional, terdapat juga 66 penerima apresiasi tingkat provinsi. Sehingga, total jumlah penerima apresiasi SATU Indonesia Awards hingga tahun ini mencapai 565 orang, terdiri dari 87 penerima apresiasi tingkat nasional dan 478 penerima apresiasi tingkat provinsi.

(rea/rea)

Anak perempuan sah itu tidak bermoral

cara pola maxwin
Menaker Ida Fauziyah memastikan UMP akan naik pada tahun depan. Meskipun demikian, ia masih merahasiakan besaran kenaikan UMP.
Menaker Ida Fauziyah memastikan UMP akan naik pada tahun depan. Meskipun demikian, ia masih merahasiakan besaran kenaikan UMP. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah memberi sinyal positif soal upahminimum provinsi (UMP) 2023.

Ida menyebut akan ada kenaikan UMP. Namun, ia masih merahasiakan besaran kenaikan tersebut.

"Ada beberapa (persen kenaikannya)," kata Ida dalam acara Festival Pelatihan Vokasi, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (30/10).

Lihat Juga :
Kereta Api Makassar-Parepare Mulai Diuji Coba Gratis

Ia menambahkan Kemnaker melalui Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial (PHI dan Jamsos) Indah Anggoro Putri pun telah menjalin komunikasi dengan kaum buruh untuk memfinalkan besaran kenaikan upah minimum 2023.

"Saya sudah minta ke Bu Dirjen untuk mendengarkan aspirasi para buruh, sekarang dalam proses memfinalisasi pandangan dari aspirasi tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, kepastian soal kenaikan UMP buruh pada tahun depan juga sudah dipastikan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Ia mengatakan kenaikan UMP akan disesuaikan dengan inflasi. Menurutnya, besaran kenaikan akan sejalan dengan inflasi dan kondisi perekonomian yang kemungkinan terjadi di tahun depan. Selain itu, juga mempertimbangkan kondisi pelaku usaha.

[Gambas:Video CNN]

"Pasti ada kenaikan dong, tapi persentasenya sesuai dengan inflasi. Karena keuangan negara juga, artinya pemerintah swasta dan lain-lain ini berdampak pada krisis yang sekarang gitu," ujarnya dalam Pembukaan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional di JCC, Jumat (28/10).

Wakil Ketua Dewan Pengupahan Nasional Adi Mahfudz Wuhadji menyebut pengumuman UMP 2023 akan dilakukan paling lambat 21 November 2022.

Menurutnya, pengumuman akan dilakukan langsung oleh Menaker Ida Fauziyah berdasarkan hasil koordinasi bersama pengusaha, buruh, dan dewan pengupahan nasional.

"UMP akan ditetapkan paling lambat 21 November untuk dilaksanakan mulai 1 Januari 2023. Ini diumumkan oleh Bu Menaker," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (26/10).

Adi menuturkan Kemnaker sudah melakukan diskusi dengan dewan pengupahan dan nantinya perhitungan UMP 2023 akan dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021.

(lna/agt)

[Gambas:Video CNN]