petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek erek pejabat

admin jarwo slot 189Jutaan kata 768703Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek erek pejabat》

Isi Bahasa Langit Kemenkeu Soal Manfaat Tol Usai Anies Kritik JTTS******

Kemenkeu menggunakan bahasa langit soal manfaat tol era Jokowi dengan menyebut proyek itu berhasil mengatasi bajing loncat di Sumatera usai Anies mengkritiknya.
Kemenkeu menggunakan bahasa langit soal manfaat tol era Jokowi dengan menyebut proyek itu berhasil mengatasi bajing loncat di Sumatera usai Anies mengkritiknya. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuanganmembantu menjelaskan dengan 'bahasa langit' manfaat pembangunan jalan toldi era Presiden Joko Widodo, termasuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Mulanya, Direktur Kekayaan Negara Dipisahkan DJKN Kemenkeu Meirijal Nur menjelaskan strategi pembangunan infrastruktur Indonesia dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Ia kemudian merinci dampak pembangunan infrastruktur di Indonesia, yakni menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi, mempermudah ke akses kawasan wisata, mendongkrak lapangan kerja baru, dan mempercepat peningkatan nilai tambah perekonomian rakyat.

"Dulu waktu sebelum ada tol, Palembang-Lampung 10 jam atau 11 jam, itu daerah rawan. Jalan lintas Sumatra itu banyak bajing loncat, rampok di tengah jalan, tidak aman, lama lagi. Begitu ada Tol Trans Sumatra, Palembang-Lampung itu ditempuh dalam 2 jam sampai 3 jam. Itu contoh yang sangat terasa dampaknya," tegas Meirijal.

Dia menuturkan para turis Palembang tersebut meningkatkan permintaan oleh-oleh dari Lampung. Bahkan, Meirijal mengklaim ada momen di mana pisang Lampung habis diborong turis Palembang.

"Jadi, nilai tambah ekonominya di situ. Berapa logistic costdan pertumbuhan regional akibat adanya infrastruktur terbangun. Ini tujuan RPJMN kita dan pemerataan ekonomi," pungkasnya.

Proyek tol era Jokowi kerap dikritik beberapa pihak. Salah satu sosok yang vokal mengkritik Jokowi adalah calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Bahkan, Anies terang-terangan menyindir pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Ia mengatakan lebih baik menghadirkan fasilitas transportasi umum kereta double track ketimbang membangun tol.

Anies menganalogikan kereta api merupakan kendaraan untuk semua lapisan masyarakat. Selain hemat biaya, kereta api juga dapat membuat para penggunanya saling berbagi ruang.

"Naik kereta api, kita bisa belajar berbagi ruang. Di dalam kereta api, yang kaya dan miskin duduk setara bersama," ujar Anies saat dialog kebangsaan di Universitas Malahayati di Kota Bandarlampung, Kamis (7/12).

"Tanpa disadari, pembangunan jalan tol membuat terseleksi pemakainya. Kalau kereta api itu, adalah kendaraan rakyat yang mempersatukan sehingga siapa saja bisa menggunakan kereta api," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/del)

Usaha Pertanian Susut 7,4 Persen dalam 1 Dekade, Sisa 29 Juta di 2023******

BPS mencatat dalam satu dekade jumlah usaha pertanian turun7,4 persen atau 2,35 juta menjadi 29 juta unit pada 2023.
BPS mencatat dalam satu dekade jumlah usaha pertanian turun7,4 persen atau 2,35 juta menjadi 29 juta unit pada 2023. (Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah usaha pertanian turun2,35 juta menjadi 29.360.833 unit pada 2023 dibandingkan data 2013, yang sebanyak 31.715.486 unit.

"Ini turun sebanyak 2,35 juta unit atau 7,42 persen bila dibandingkan data 2013 yang datanya sebanyak 31.715.486 unit," kata Sekretaris Utama BPS Atqo Mardiyanto dalam acara Diseminasi Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap 1, Senin (4/12).

Senada, jumlah usaha pertanian perorangan (UTP) juga turun pada 2023 ini. Tercatat jumlah UTP mencapai 29.342.202 unit pada tahun ini atau turun 2,36 juta unit dari 2013 lalu.

Atqo menuturkan jumlah usaha petani lainnya (UTL) juga naik 116,08 persen dari 5.982 unit pada 2013 menjadi 12.926 pada tahun ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan dari total 29 juta petani di Indonesia, masih didominasi usia tua. Atqo menuturkan jumlah petani didominasi usia 43 sampai 58 tahun atau sekitar 42,39 persen.

Selanjutnya, petani didominasi usia 59 sampai dengan 77 tahun atau 27,61 persen.

Sedangkan usia 27 hingga 42 persen hanya mencapai 25,61 persen. Tak hanya itu, masih ada juga petani yang berusia di atas 78 tahun, yakni 2,24 persen.

Lihat Juga :
Staf Zulhas Sebut Uni Eropa Tuduh Indonesia Dapat Subsidi dari China

"Ini bisa jadi bahan kebijakan karena petani-petani kita masih dipenuhi atau masih banyak yang umurnya relatif sudah agak sepuh karena lebih dari 55 tahun," ucap Atqo.

Khusus petani milenial dengan rentang usia 19-39 tahun, BPS mencatat jumlahnya mencapai 16,78 juta orang.

Jumlah petani milenial berumur 19-39 tahun paling banyak berada di Jawa Timur, yakni sebesar 971,10 ribu orang.

Lalu, diikuti Jawa Tengah sebesar 625,81 ribu orang, serta Jawa Barat sebesar 543,04 ribu orang.

Lihat Juga :
Mimpi Prabowo di Depan 2.000 Kiai : RI Bisa Buat TV hingga Pesawat Cs

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti menuturkan sejak 2013 sampai saat ini pekerja informal mendominasi total pekerja yang bekerja di sektor pertanian.

"Sekitar 88 persen dalam 10 tahun terakhir, pekerja yang bekerja di sektor pertanian berstatus informal," kata dia.

Amalia menyebut tantangan lainnya adalah rendahnya produktivitas di sektor pertanian. Menurutnya, rendahnya produktivitas petai tak lepas dari tingkat pendidikan mereka.

Ia menyebut sekitar 75 persen petani di Indonesia hanya lulusan sekolah dasar (SD).

"Mayoritas hanya menamatkan pendidikan sekolah dasar atau sekitar 75 persen tenaga kerja pertanian hanya mengalami pendidikan paling tinggi di sekolah dasar," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan saat ini usia para petani didominasi 45 tahun ke atas. Artinya petai sudah tua. Ini pun mempengaruhi produktivitas.

"Ada tren pekerja di sektor pertanian cenderung menua dan ini merupakan perhatian kita bersama untuk bagaimana mendorong regenerasi tenaga kerja di sektor pertanian," kata Amalia.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

ByteDance Dikabarkan Gandeng Tokopedia, TikTok Shop Bakal Buka Lagi?******

Platform media sosial TikTok milik ByteDance dikabarkan telah sepakat untuk berinvestasi di salah satu unit group PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Indonesia.
Platform media sosial TikTok milik ByteDance dikabarkan telah sepakat untuk berinvestasi di salah satu unit group PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Indonesia. Ilustrasi. (Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Platform media sosialTikTok milik ByteDance dikabarkan telah sepakat untuk berinvestasi di salah satu unit group PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Indonesia.

Dilansir dari Bloomberg, layanan video milik China itu disebut telah setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia GoTo di beberapa area, alih-alih bersaing langsung dengan platform Indonesia tersebut.

Menurut sejumlah sumber yang terlibat dalam kesepakatan itu, kedua belah pihak akan mengumumkan rincian kerja sama secepatnya pada pekan depan.

Adapun sumber Bloomberg itu menambahkan kesepakatan antara TikTok Shop dan Tokopedia juga tunduk pada persetujuan regulasi dan masih berpotensi mengalami kegagalan.

Investasi di Tokopedia bisa menjadi yang pertama bagi anak perusahaan ByteDance tersebut. Kinerja TikTok Shop sebelumnya tumbuh pesat sejak awal tahun hingga beberapa bulan lalu.

Namun, perkembangan TikTok Shop di Indonesia melawan Shopee dan Tokopedia terhenti imbas keluhan dari pedagang lokal.

Bulan lalu dilaporkan bahwa TikTok dan GoTo tengah mendiskusikan potensi investasi. Namun opsi lainnya adalah usaha patungan atau joint venture. Hal itu mencakup pembangunan platform e-commercebaru.

Lihat Juga :
Bahlil Ungkap Investor Mulai Ragu Gegara Ada Capres Mau Batalkan IKN

Terkait hal itu, perwakilan dari TikTok dan GoTo menolak untuk memberikan komentar.

Indonesia sendiri adalah pasar pertama dan terbesar untuk TikTok Shop. TikTok Shop memulai layanannya di Indonesia pada 2021 dan langsung sukses dengan para pembeli yang lebih muda dan mengutamakan video sehingga mendorongnya untuk berekspansi ke pasar lain, termasuk Amerika Serikat.

Bagi GoTo, perusahaan internet terbesar di Indonesia, kesepakatan dengan TikTok bisa jadi berisiko karena bisa membantu saingan ritel online utama untuk beroperasi di Indonesia.

Namun, kesepakatan ini juga akan memberikan GoTo mitra media sosial global yang kuat dalam pengaturan yang dapat meningkatkan volume belanja, logistik, dan pembayaran untuk kedua perusahaan.

Lihat Juga :
Karen Agustiawan Gugat PwC Rp1,2 T Buntut Laporan Investigasi LNG

Saham GoTo sendiri mendapatkan angin segar dari rumor kerja sama dengan perusahaan asal China itu. Tercatat, harga sahamnya bertengger di Rp101 pada penutupan perdagangan hari ini setelah sempat tertekan hingga Rp56 pada akhir Oktober lalu.

CNNIndonesia.com sudah menghubungi manajemen TikTok, Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal hingga Kementerian Perdagangan terkait rumor kesepakatan tersebut. Namun, pihak-pihak terkait belum merespons.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sebelumnya mengungkap platform media sosial TikTok tengah menjalin pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan e-commerce Indonesia terkait peluang kemitraan.

Hal ini terjadi sebulan usai pemerintah melarang TikTok berjualan dan melakukan transaksi melalui TikTok Shop.

Teten menyebut TikTok telah berhubungan dengan lima perusahaan, termasuk unit e-commerce GoTo Tokopedia, Bukalapak.com, dan Blibli.

"Beberapa perusahaan e-commercedi Indonesia telah berbicara dengan TikTok," ujarnya dalam sebuah wawancara, Senin (13/11), seperti dilansir Reuters.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:togel adalah

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
harga voucher axis 5gb 5 hari
situs slot zeus88
link slot korea
game slot gacor hari ini
cara pinjam di shopee
situs judi online qq terpercaya
pola maxwin zeus 2023
web gacor hari ini
cara belanja menggunakan kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 dana pinjaman tanpa jaminan
Bab 2 tunai bijak legal atau ilegal
Bab 3 ibospor
Bab 4 auroratoto2
Bab 5 angka togel ikan lele
Bab 6 voucher indomaret klik
Bab 7 pinjol gampang cair bunga rendah
Bab 8 77 gacor
Bab 9 maxwin
Bab 10 situs slot gacor siang hari
Bab 11 7upbet
Bab 12 pinjaman online bunga ringan ojk
Bab 13 pinjaman online 200rb
Bab 14 mulia123
Bab 15 menang slot
Bab 16 chili pinjaman online legal atau ilegal
Bab 17 slot gacor logo
Bab 18 vitobet88
Bab 19 pinjaman dana tanpa ktp
Bab 20 aplikasi mirip kredivo
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1822bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Penata rambut terbaik di dunia peri

ug500 slot
Ojek online alias ojol bakal dilarang beroperasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Ojek online alias ojol bakal dilarang beroperasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ojek online alias ojol bakal dilarang beroperasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Chief Urban Mobility Otorita IKN Resdiansyah menegaskan pihaknya tengah mengembangkan sistem transportasi menggunakan micromobility. Teknologi ini membuat sepeda motor berbahan bakar BBM tidak diizinkan masuk ke KIPP IKN.

Micromobilitymerupakan alat mobilitas individual, baik elektrik maupun tidak yang berkecepatan di bawah 25 km per jam. Nantinya, pemerintah akan membuat jalur khusus untuk moda tersebut.

Menurutnya, ini juga bagian dari titah Presiden Joko Widodo soal transportasi publik di IKN. Resdiansyah mengatakan Jokowi ingin IKN dikuasai 80 persen transportasi publik dan 20 persen sisanya kendaraan pribadi.

Bahkan, Jokowi ingin IKN menjadi '10 minutes city', di mana cukup 10 menit untuk bepergian ke area-area perkantoran. Selain itu, IKN dibangun dengan prioritas pejalan kaki.

Para pejabat publik di IKN juga akan didorong menggunakan transportasi publik dibandingkan kendaraan pribadi. Kendati, akan ada pengecualian untuk pejabat setingkat presiden atau menteri.

"Kita akan menggunakan banyak teknologi untuk memastikan yang bersirkulasi kendaraan pribadi itu hanya 20 persen," jelasnya.

"Kecuali kendaraan-kendaraan dinas kayak presiden, masa kita suruh jalan kaki? Ada spesifik khusus yang membolehkan kendaraan pribadi, seperti kendaraan dinas, kendaraan kenegaraan, seperti itu nanti ada peraturannya sendiri," tutup Resdiansyah.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Hubungi Rasul Terakhir

rtp airbet88
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,35 persen ke 7.159 pada Jumat (8/12) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,35 persen ke 7.159 pada Jumat (8/12) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.159 pada Jumat (8/12) sore. Indeks saham menguat 24,97 poin atau 0,35 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp14 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 29,89 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 228 saham menguat, 297 saham terkoreksi, dan 240 saham lainnya stagnan.

Tercatat indeks Hang Seng Composite di Hong Kong melemah 0,29 persen, indeks Straits Times di Singapura melemah 0,73 persen, dan indeks Nikkei 225 di Jepang minus 1,68 persen.

Sebaliknya, bursa saham Eropa terpantau kompak menguat. Tercatat indeks FTSE 100 di Inggris menguat 0,06 persen dan indeks DAX di Jerman plus 0,07 persen.

Bursa Amerika juga terpantau menguat. Indeks S&P 500 menguat 0,80 persen, indeks NASDAQ Composite plus 1,37 persen, dan indeks Dow Jones plus 0,17 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kendalikan dunia

game slot terbaru 2022
IHSG diproyeksi tertekan pada perdagangan Kamis (7/12) ini. Tapi tekanan akan tertahan oleh kondisi ekonomi yang stabil.
IHSG diproyeksi tertekan pada perdagangan Kamis (7/12) ini. Tapi tekanan akan tertahan oleh kondisi ekonomi yang stabil. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi tertekan pada perdagangan Kamis (7/12) ini.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat IHSG saat ini kembali menguji level konsolidasi wajar. Sekaligus sedang menguji kemampuan untuk dapat bertahan di angka 7.000 ke atas.

Tapi tekanan akan tertahan oleh kestabilan perekonomian dalam negeri.

Karena sentimen itu, ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support6.954 dan resistance7.123 hari ini.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni UNVR, KLBF, HMSP, ASRI, PWON, SMRA, dan TBIG.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG cenderung berada dalam konsolidasi tetapi masih berpeluang untuk melanjutkan penguatan menuju 7.174 apabila IHSG masih berada di atas 7.047.

"Hari ini IHSG bisa retest level7.047 karena membentuk candle shooting starpada Rabu," katanya.

IHSG ditutup di level ditutup di level 7.087 pada Rabu (6/12) sore. Indeks saham melemah 13,45 poin atau 0,19 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp16,45 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 44,14 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 221 saham menguat, 355 saham terkoreksi, dan 191 saham lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

kaisar kuno

raja55
Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisian Vietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu.
Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisian Vietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu. Ilustrasi. (iStockphoto/Todor Dinchev).
Jakarta, CNN Indonesia--

Konglomerat properti Truong My Lan ditangkap kepolisianVietnam karena menggelapkan dana 304 triliun dong atau sekitar Rp194 triliun pada Oktober 2022 lalu.

Kasus tersebut mendapat perhatian publik karena dana yang ditilap sangat besar. Sebagai gambaran, nilainya setara 3,2 persen pendapatan domestik bruto (PDB) Vietnam.

Modus yang dilakukan bos pengembang properti Van Thinh Phat Holdings Group itu adalah dengan menilap uang dari Saigon Commercial Bank (SCB). Lan disebut sebagai pemegang saham mayoritas bank tersebut.

"Memanfaatkan lebih dari 1.000 anak perusahaan dalam dan di luar negeri untuk mengambil pinjaman hingga 40 miliar Euro dari Saigon Commercial Bank lalu mengalokasikannya ke pihak ketiga melalui perusahaan gelap yang dibentuk oleh dirinya dan keluarga," tulis DW.

Setahun setelah penangkapannya, polisi masih berupaya mengungkap jaringan perusahaannya, yang mencakup lebih dari 1.000 perusahaan, sebagian besar perusahaan kecil, yang didirikan untuk mendapatkan pinjaman bank.

Dilansir dari berbagai sumber, Lan lahir di Saigon, Vietnam pada 13 Oktober, 1956. Keluarganya adalah imigran dari China.

Tak banyak cerita tentang masa kecil Lan. Mengutip SCMP, Lan sempat berjualan aksesoris di sebuah pasar di Distrik 5 Kota Ho Chi Minh.

Lihat Juga :
Kekayaan Dua Anak Haji Isam Menurun Rp4,55 T Dalam Setahun

Pada 1992, Lan mendirikan Van Thinh Phat Limited Liaibility Company. Awalnya, perusahaan bergerak di bidang perdagangan, restoran, dan hotel. Setelah itu, ia melebarkan sayap ke sektor real estat yang diduga berkembang pesat berkat bantuan koneksi politik.

Dalam beberapa tahun, Lan berhasil mendapatkan beberapa properti paling berharga di kota tersebut, termasuk beberapa di Nguyen Hue Boulevard, salah satu jalan termahal di Asia. Dia memupuk dukungan politik dengan menjadi sponsor yang murah hati untuk inisiatif-inisiatif kota besar.

Pada 2007, ia mendirikan Van Thinh Phat Group (VTP Group Holdings) dengan modal dasar 6 triliun VND. Di perusahaan itu, Lan mengempit 80 persen saham, setara dengan kontribusi modal senilai 4,8 triliun dong.

Pertumbuhan kerajaan bisnis Lan diduga dipicu oleh pengambilan utang dalam jumlah besar melalui pasar obligasi komersial. Bisnisnya menerbitkan 25 jenis obligasi berbeda yang dijual secara agresif melalui SCB dan menghasilkan 30 triliun dong.

Sebagian besar modal Lan diperoleh melalui pinjaman bank. Lan diduga mengendalikan 91 persen SCB, melalui 27 nominasi, dan antara Februari 2018 dan Oktober tahun lalu, 93 persen pinjamannya diarahkan ke VTP dan perusahaan cangkangnya tanpa jaminan, jadwal pembayaran, atau uji tuntas normal.

Namun, Lan berhasil lolos dengan menyuap regulator senior di bank sentral dan 23 regulator negara lainnya dengan uang sebesar US,2 juta untuk memalsukan laporan pengawasan mereka terhadap SCB dan menyembunyikan kredit macet serta bukti kesalahan.

Nama Lan juga sempat muncul pada Panama Paper sebagai beneficiary dari EuroAsia. ID Concept Group Limited, perusahaan cangkang dengan alamat terdaftar di "surga pajak" British Virgin Island.

Lan menikah dengan pengusaha real estat Hong Kong Eric Chu Nap Kee dan memiliki seorang putri Chu Duyen Phan. Keluarga Lan merupakan salah satu keluarga terkaya di Vietnam.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

istri yang penyayang

buku tafsir mimpi bergambar
Israel memastikan tidak ada aktivitas perdagangan yang mencurigakan di pasar modal Israel pada hari-hari menjelang serangan Hamas 7 Oktober.
Israel memastikan tidak ada aktivitas perdagangan yang mencurigakan di pasar modal Israel pada hari-hari menjelang serangan Hamas 7 Oktober. (iStockphoto/Oleksii Liskonih).
Jakarta, CNN Indonesia--

Otoritas Sekuritas Israel(ISA) mengklaim bahwa mereka tidak mendeteksi adanya aktivitas perdaganganyang mencurigakan di pasar modal Israel pada hari-hari menjelang serangan Hamas 7 Oktober.

Pernyataan itu sekaligus membantah beberapa temuan dalam sebuah makalah penelitian yang dirilis pada Senin (4/12). Makalah itu menduga ada lonjakan yang tidak biasa pada transaksi perdagangan sekuritas Israel sesaat sebelum serangan.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh para profesor di New York University dan Columbia University itu tak secara eksklusif berfokus pada perdagangan di Bursa Efek Tel Aviv. Sebaliknya, penelitian tersebut sangat bergantung pada aktivitas short sellingpada dana yang terdaftar di New York, yang tidak ditinjau oleh ISA.

Mereka menyebut diperlukan investigasi lebih lanjut pada periode sebelum serangan terjadi.

ISA juga mengatakan pemeriksaan proaktif yang dilakukan sesaat setelah 7 Oktober juga tidak menghasilkan temuan apa pun yang menunjukkan adanya aktivitas perdagangan yang mencurigakan.

ISA menambahkan mereka telah memeriksa ulang perdagangan beberapa pekan lalu usai mengetahui adanya penelitian yang akan datang. ISA mengatakan bahwa pemeriksaan ulang tersebut tidak menimbulkan kekhawatiran mengenai aktivitas mencurigakan di bursa saham di Israel selama masa-masa tersebut.

Faktanya, ISA mengklaim mereka menemukan bahwa rata-rata saldo pendek untuk saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Tel Aviv menurun selama periode sebelum 7 Oktober. Padahal, penelitian dari NYU dan Columbia itu menemukan bahwa transaksi perdagangan sekuritas Israel di Tel Aviv meningkat secara dramatis.

Penelitian baru itu sebenarnya belum ditinjau oleh rekan peneliti lainnya dan sangat bergantung pada short sellingdi dana populer yang terkait dengan perusahaan-perusahaan Israel. Dana tersebut, yakni MSCI Israel Exchange Traded Fund (ETF), diperdagangkan di Bursa Efek New York, bukan di Tel Aviv.

Melalui pernyataannya, ISA menyebut mereka mengawasi perdagangan di Israel. Temuan-temuannya mengenai perdagangan yang mencurigakan hanya mencerminkan aktivitas perdagangan saham di Israel.

Sebuah penelitian yang belum ditinjau ulang menemukan bahwa pada masa-masa sebelum serangan 7 Oktober, transaksi perdagangan terhadap nilai MSCI ETF jauh melebihi aktivitas short sellingyang terjadi selama pandemi covid, perang Israel-Gaza pada 2014, bahkan krisis keuangan pada 2008.

"Temuan kami menunjukkan bahwa para pedagang yang mengetahui tentang serangan yang akan datang mengambil untung dari peristiwa-peristiwa tragis ini," tulis para penulis.

Yaniv Pagot, kepala perdagangan di Bursa Efek Tel Aviv, mengatakan dalam pernyataan bahwa penelitian tersebut mengungkapkan ketidaktahuan tentang pasar lokal karena para peneliti salah menghitung estimasi keuntungan dari penjualan pendek satu perusahaan Israel tertentu.

Para profesor sebelumnya memperkirakan bahwa taruhan terhadap Bank Leumi pada masa-masa sebelum serangan 7 Oktober akan menghasilkan keuntungan miliaran dolar. Sebuah versi koreksi dari penelitian tersebut memperbaiki kesalahan itu dan memperkirakan keuntungan dari perdagangan tersebut mencapai jutaan dolar.

Para ahli pun kemudian mendesak ISA untuk menyelidiki masalah ini, termasuk dengan melihat data pasar non-publik yang tidak dapat diakses oleh para peneliti.

[Gambas:Video CNN]



(del/agt)

lagu sebenarnya

cara mendapatkan uang dana gratis
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan nasib rencana merger atau penggabungan PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II).
Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan nasib rencana merger atau penggabungan PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II). (CNNIndonesia/Farid Rahman).
Jakarta, CNN Indonesia--

MenteriBUMNErick Thohir menjelaskan nasib rencana merger atau penggabungan PT Angkasa Pura I(AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II).

"Mengenai (merger) Angkasa Pura, memang ini rencana perlu tiga bulan. Tahun ini sudah ada penjajakan awal," ungkap Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta Pusat, Senin (4/12).

Erick mengatakan pihaknya kudu berhati-hati dalam proses merger ini. Ia tak sudi terjebak stigma soal bandara harus punya visual ciamik jika dilihat dari luar saja.

"Tentu konsolidasi (AP I dan AP II) ini mencoba remapping, membangun airport-airporttujuan wisata, seperti Bali yang saya rasa sudah berubah. Tapi di Jakarta belum berubah, padahal traffictinggi," jelasnya.

"Dan beberapa daerah airport-nya tidak perlu seperti Bali dan Jakarta, hanya fasilitas pendukung saja, tidak perlu bermewah-mewahan. Jadi, investasi di airportkita bisa sizeable sesuai target market," tegas Erick.

Ia juga mengeluhkan soal banyaknya bandara berskala internasional di Indonesia. Menurutnya, ini menjadi salah satu biang keladi lambatnya pemulihan pariwisata Indonesia.

Erick mengaku sudah berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan terkait banyaknya bandara berskala internasional di tanah air tersebut. Kendati, ia tidak menegaskan apakah nantinya setelah merger AP I dan AP II akan ada pengurangan bandara internasional.

"Kami dorong pada Kementerian Perhubungan juga, dengan banyaknya airportyang terbuka seperti hari ini semuanya internasional, terbukti recoveryindustri pariwisata kita dibandingkan banyak negara lain lebih lambat. Karena lebih banyak keluar daripada masuk, aksesnya terlalu mudah. Benchmarkingdengan AS, China, dan Jepang itu airport-nya tidak sebanyak kita," tutur Erick.

"Pertumbuhan ekonomi kita terus baik, dulu merger ditakutkan mengurangi pegawai, ternyata kan tidak terbukti, justru meningkat. Contoh saja, seperti Pelindo yang makin hari makin besar. Angkasa Pura ini dengan penggabungan lebih efisien, bisnis model masing-masing bandara bisa beda, tergantung tipe bandara dan standardisasinya bisa lebih baik," jelasnya usai raker.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Erick menjanjikan merger AP I dan AP II bisa rampung Desember 2023. Ia menegaskan penggabungan dua perusahaan pelat merah ini demi meningkatkan industri pariwisata Indonesia.

Erick menuturkan penggabungan AP I dan AP II sudah dilakukan dengan mencopot Muhammad Awaluddin, di mana ia sebelumnya bertugas sebagai direktur utama AP II periode 2016 hingga 2023.

Awaluddin digantikan Plt Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose. Karena pencopotan Awaluddin menjadi bagian dari langkah penggabungan perusahaan, Erick mengatakan kelak eks bos AP II itu akan pendapat posisi lain di Angkasa Pura.

"Kita coba ya (selesai Desember 2023), karena dengan sekarang tourism jadi income negara terbesar nantinya. Efisiensi dari pada kita membangun infrastruktur industri tourism dari bandara. Kita harus naikkan kelas kita," kata Erick di Graha Bhakti Budaya, Jakarta Pusat, Minggu (19/11).



(skt/agt)