petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cakrawala slot login

koi138 slot 735Jutaan kata 938540Orang-orang telah membaca serialisasi

《cakrawala slot login》

Daftar Pilihan Saham Cuan Pekan Ini******

Analis menyebut sejumlah saham bersinar pekan ini. Berikut rinciannya.
Analis menyebut sejumlah saham berkilau pekan ini. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Daftar Isi
  • 1. BDMN
  • 2. AGRO
  • 3. KAEF
  • 4. TKIM
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 4,2 poin atau minus 0,06 persen ke level 7.350 pada perdagangan Jumat (22/3) lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,08 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Performa indeks menguat 0,30 persen.

Lihat Juga :
Pertamina dan Kemendag Segel SBPU Curang di Rest Area KM 42 Tol Japek

"Rata-rata nilai transaksi harian saham mengalami perubahan yaitu sebesar 40,62 persen menjadi Rp10,17 triliun dari Rp17,12 triliun pada sepekan yang lalu," imbuh Kautsar melalui keterangan resmi.

Adapun pergerakan investor asing pada Jumat (22/3) kemarin mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp372,9 miliar. Sementara, sepanjang 2024 investor asing telah mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp28,25 triliun.

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Head of Customer Literation and Education PT Kiwoom Sekuritas Indonesia Oktavianus Audi memperkirakan IHSG pekan depan akan bergerak menguat terbatas dalam rentang support7.227 dan resistance7.440.

Lihat Juga :
Unilever Akan PHK 7.500 Karyawan

Dari dalam negeri, pasar akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi Maret periode Maret yang diperkirakan meningkat dari 2,75 persen menjadi 3,2 persen.

"Kami melihat hal ini disebabkan bulan Ramadan dan menjelang Lebaran mendorong permintaan baik dari makanan dan transportasi," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Meski demikian, Audi memperkirakan pasar merespons moderat terkait kenaikan ini seiring dengan inflasi yang masih dalam target Bank Indonesia (BI).

Selain itu, pasar juga akan dipengaruhi rilis Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur periode Maret yang diperkirakan tetap ekspansif dengan berada di level 54 atau lebih tinggi dari sebelumnya. Pasar akan merespons moderat seiring dengan rilis data ekspor Indonesia sebelumnya yang anjlok meski manufaktur berada pada level ekspansif.

Dari luar negeri, pasar akan dipengaruhi oleh rilis data inflasi Personal Consumption Expenditure (PCE)Amerika Serikat yang diperkirakan lebih melandai.

"Kami melihat pasar akan cenderung lebih wait and seedengan potensi pemangkasan bunga baru dapat terjadi di Juni 2024 dan hanya sebanyak tiga kali," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Audi mengatakan investor dapat melakukan holddengan konfirmasi jika IHSG menyelesaikan masa sideways, atau setidaknya breakout 7.370 di depan.

Secara teknikal, Audi merekomendasikan empat emiten.

Pertama, trading buysaham PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. Emiten berkode TKIM ini ia yakini bisa tembus 7.950 usai melesat 2,13 persen ke 7.200 pada pekan kemarin.

Kedua, speculative buysaham PT Sarana Menara Nusantara Tbk alias TOWR. Emiten ini diyakini bergerak di rentang 840-950.

Ketiga,Elang Mahkota Teknologi yang naik 2,78 persen ke level 440 pekan lalu. Menurutnya, EMTK bisa tembus 456 dan boleh dilirik dengan skema buy on break.

Lihat Juga :
Pasrah Driver Ojol Lagi-lagi Tak Dapat THR Lebaran Tahun Ini

Keempat, speculative buysaham PT Bukalapak.com Tbk alias BUKA. Emiten ini diyakini bergerak di rentang 139-174.

Senada, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana berpandangan IHSG bergerak menguat namun cenderung konsolidasi sepekan ke depan. Ia memperkirakan IHSG bergerak di rentang support7.238 dan resistance7.416.

"Kami perkirakan untuk sentimen pada pekan depan selain ada rilis data ekonomi AS seperti GDP dan pendapatan individu serta dari China ada rilis data industrial," katanya.

Ada tiga saham yang menurutnya bisa diperhatikan selama sepekan ini.

Pertama, emiten berkode ASSA yang diyakini bisa menembus level 960. Saham milik PT Adi Sarana Armada ini naik 2,45 persen ke level 835 pada pekan lalu.

Kedua, Herditya merekomendasikan saham PT Blue Bird Tbk yang naik 0,86 persen ke 1.760 pada pekan kemarin. Menurutnya, emiten berkode BIRD ini bakal bergerak di rentang 1.810-1.880.

Lihat Juga :
Segudang Bisnis Hary Tanoe, Taipan Media yang Gagal Duduk di Senayan

Ketiga, ada PT Astra International Tbk yang naik 0,47 persen ke posisi 5.375 pada penutupan pekan lalu. Herditya meyakini ASIi bisa unjuk gigi hingga posisi 5.600.

Sementara itu, , Associate Director of PT Jasa Utama Capital Sekuritas Hadrian Maynard Taslim melihat IHSG masih berada dalam fase uptrend yang cenderung mengalami konsolidasi sideways. Ia memperkirakan IHSG bergerak di rentang support 7.276 dan resistance 7.454

Dari dalam negeri, indeks akan dipengaruhi oleh pembagian dividen dari beberapa emiten, termasuk HATM, NISP, BTPS, dan ESSA, serta pengumuman laporan keuangan tahunan 2023.

Di kancah internasional, IHSG akan terpengaruh oleh perkiraan penurunan laju pertumbuhan GDP kuartalan AS dari 4,9 persen menjadi 3,2 persen.

Selain itu, saham saham komoditas diharapkan merespons dinamika harga global, yang mayoritas menunjukkan kecenderungan melemah, seperti minyak mentah yang turun 0,55 persen ke level US,63 per barel, batu bara turun 0,51 persen ke level US8,5 per ton.

"Fokus investor dapat tertuju pada sektor IDX-TRANS yang menunjukkan potensi penguatan dengan menembus resistance MA50 nya di 1.601. Sektoral lain seperti IDX Health, IDX Finance, IDX Non-cyclical, dan IDX Techno juga menutup pekan dengan positif," katanya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Beber Isi Pembicaraan soal Gas Murah dengan Menteri ESDM

Adapun saham yang direkomendasikan Hadrian pada pekan ini untuk dikoleksi adalah:

1. BDMN

Trading Buy: 2.940-2.980
Target: 3.240
Support: 2.870

2. AGRO

Buy on weakness:292-298
Target: 338
Support: 282

3. KAEF

Trading buy: 910-965
Target : 1100
Support : 870

4. TKIM

Trading buy: 7.175-7.250
Target: 7.825
Stoploss:6.850

(agt/agt)

IHSG Diprediksi Lesu di Awal Pekan******

IHSG diprediksi lesu awal pekan. Namun, rilis data kinerja emiten yang masih baik akan menahan pelemahan.
IHSG diprediksi lesu awal pekan. Namun, rilis data kinerja emiten yang masih baik akan menahan pelemahan. ( CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (25/3).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai gerak IHSG berada dalam fase konsolidasi wajar dengan potensi tekanan terbatas. Menurutnya, peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target investasi pendek, menengah, maupun panjang.

"Mengingat dalam jangka pendek IHSG juga masih ditopang oleh rilis kinerja emiten sepanjang 2023 serta masih tercatatnya capital inflowsecara year to date," katanya.

Lihat Juga :
Unilever Akan Pecat 7.500 Karyawan Demi Bisnis Es Krim

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto mengatakan IHSG berpotensi berkonsolidasi dengan kecenderungan menguat. Ia meramal IHSG hari ini menguat dalam rentang 7.270-7.400.

"Tren menguat masih berlanjut, tekanan jual saham-saham big capsnampak mereda sehingga ada peluang reakumulasi pekan ini," katanya.

IHSG ditutup di level 7.350 pada Jumat (22/3). Indeks saham menguat 11,79 poin atau plus 0,16 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,79 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,08 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 243 saham menguat, 267 terkoreksi, dan 253 lainnya stagnan. Terpantau lima dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor kesehatan yang naik 1,53 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Persik hantam Persikabo 5******

Persik hantam Persikabo 5-2 sekaligus pastikan sang lawan terdegradasi
Arsip foto - Pesepak bola Persik Kediri Flavio Antonio Da Silva (kanan) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persis Solo pada pertandingan Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (12/8/2023). Persik Kediri menang dengan skor 2-0. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom.
Jakarta (ANTARA) - Persik Kediri menghancurkan tamunya Persikabo 1973 dengan kemenangan besar 5-2, pada pertandingan pekan ke-30 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Kediri, Kamis malam.

Kekalahan ini berdampak sangat buruk bagi Persikabo sebab hasil ini memastikan mereka terdegradasi dari Liga 1, akibat berada di posisi juru kunci klasemen dengan koleksi 17 poin. Sedangkan bagi tuan rumah Persik, tambahan tiga poin membawa mereka menduduki posisi keenam dengan koleksi 46 poin, demikian catatan laman resmi Liga Indonesia.

Baik Persik maupun Persikabo mencoba menampilkan permainan menyerang pada awal laga. Persikabo sempat menebar ancaman melalui sepakan Edouardo Kau, yang masih dapat diamankan kiper Persik Dikri Yusron.

Persik kemudian memecah kebuntuan pada menit ke-14. Diawali umpan silang Jeam Kelly Sroyer, bola lantas dapat ditanduk Flavio Silva untuk membobol gawang tim tamunya. 1-0 untuk Persik.

Flavio menggandakan keunggulan Persik pada menit ke-18. Bolaassist kembali dikirimkan oleh Jeam Kelly Sroyer, untuk kemudian disambar sepakan kaki kanan pemain Portugal itu.

Baca juga: Persik Kediri diminta kejar tiket ke Championship Series Liga 1

Gawang Persikabo yang dikawal Syahrul Trisna kembali kemasukan pada menit ke-33. Flavio melengkapi trigolnya saat ia dengan dingin berhasil mengatasi adangan pemain Persikabo, untuk selanjutnya memaksa kiper Syahrul memungut bola dari gawangnya.

Menjelang turun minum, tepatnya pada menit ke-42, Persik menambah pundi-pundi golnya. Diawali kesalahan bek tim tamu dalam mengontrol bola, bola kemudian direbut oleh Flavio untuk melesak ke kotak penalti dan menaklukkan kiper Syahrul.

Persikabo mendapat gol pelipur lara pada menit ke-44. Diawali pelanggaran Anderson terhadap Frengky Missa di kotak terlarang yang membuat wasit menunjuk titik putih, eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Yandi Sofyan. Kedudukan 4-1 untuk keunggulan Persik menutup babak pertama.

Pada babak kedua, jalannya pertandingan berlangsung lebih alot karena kedua tim masih menampilkan permainan menyerang namun dipadu dengan pertahanan gigih dari keduanya.

Tim tamu berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit ke-64, melalui gol kedua Yandi Sofyan.

Namun Persik berhasil merestorasi keunggulan tiga golnya pada menit ke-81. Pelanggaran yang dilakukan terhadap Muhammad Supriadi di kotak terlarang membuat Persik mendapat hadiah penalti. Algojo Persik Flavio tidak kesulitan menaklukkan kiper Syahrul, untuk membuat dirinya membukukan lima gol sekaligus menutup pesta gol pada laga malam itu.

Daftar pemain:

Persik Kediri: Dikri Yusron, Achmad Nuri Fasya, Anderson Nascimento, Hamra Hehanusa, Yusuf Meilana, Adi Eko Jayanto, Jeam Kelly Sroyer, Jose Valente, Krisna Bayu Otto, Renan Silva, Flavio Silva

Pelatih: Marcelo Rospide

Persikabo: Syahrul Trisna, Didik Wahyu, Andy Setyo, Eduardo Kau, Frengky Missa, Lucky Octavianto, Keven Aleman, Manahati Lestusen, Roni Sugeng, Pedrinho, Yandi Sofyan

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Baca juga: Persib Bandung ditahan imbang Bhayangkara FC 0-0
Baca juga: Persebaya rebut tiga poin tundukkan Arema di Bali
Baca juga: Jadwal Liga 1 pekan ke-30: penentuan Bhayangkara FC dan Persikabo 1973

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:situs slot gacor gampang maxwin

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
bo togel bonus new member tanpa deposit
logo 4d slot
harga voucher unlimited telkomsel
cara menghasilkan uang tanpa mengundang teman
parisqq
situs 4d bonus new member 100
prediksi ekor main togel
link slot 5000
erek erek versi baru
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs slot untung
Bab 2 macam macam situs slot
Bab 3 1000 mimpi 2 angka
Bab 4 123 sports slot
Bab 5 cara mendapatkan uang dalam satu hari
Bab 6 situs slot terpercaya 2023
Bab 7 situs slot gacor mudah menang
Bab 8 trik slot gacor princess
Bab 9 tarikan paito warna hk
Bab 10 hoki 505 slot
Bab 11 horebet
Bab 12 ligabanteng
Bab 13 link judi slot terbaru
Bab 14 trik main zeus pragmatic
Bab 15 forum situs slot luar negeri
Bab 16 aroma4d
Bab 17 rtp dunia777
Bab 18 we slot
Bab 19 buku mimpi 2d erek erek
Bab 20 asia89 slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9208bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Penguasa Ilahi Seluruh Dunia

slot maxwin gacor
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya.
Kekayaan Prajogo Pangestu anjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun dalam sehari pada Selasa (9/1) imbas penurunan harga saham perusahaanya. (barito-pacific.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kekayaan Prajogo Pangestuanjlok US,4 miliar atau Rp177,59 triliun (asumsi kurs Rp15.573 per dolar AS) dalam sehari pada Selasa (9/1).

Dilansir dari Forbes, penurunan harta itu terjadi karena saham Barito Renewables Energy dan Chandra Asri Pacific masing-masing anjlok 20 persen menjadi Rp5.400 dan Rp4.220.

Dengan penurunan itu, kini kekayaan bersih Prajogo tersisa US,1 miliar atau Rp655,75 triliun.

"Baik BREN dan TPIA berada dalam areaoverboughtdan saham-saham jatuh ketika investor melihat peluang untuk mengambil keuntungan," kata Ezaridho.

Ia mengatakan harga saham kedua perusahaan saat ini dinilai terlalu tinggi, meskipun prospeknya menjanjikan berdasarkan rencana ekspansi mereka.

"Mereka dinilai terlalu tinggi jika kita melihat matriks saat ini, namun tidak (dinilai terlalu tinggi) jika kita melihat dengan matriks yang diperkirakan, dengan mempertimbangkan kontribusi dan skalanya ketika proyek masa depan mereka selesai," tutue Ezaridho.

Ia pun memperkirakan saham tersebut akan rebound pada akhir kuartal I 2024 masing-masing menjadi Rp5.300 dan Rp6.800.

Meski pun jatuh, harga saham perusahaan-perusahaan milih Prajogo sempat melesat drastis pada 4 Desember 2023 lalu.

Selain BREN dan TPIA, perusahaan Prajogo lainnya adalah PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN).

BRPT, yang IPO pada 9 Oktober lalu, melesat 33,99 persen secara year to date (ytd) atau sejak awal 2023 hingga sesi kedua perdagangan hari ini (4/12).

Lalu perusahaan pertrokimia miliknya, TPIA, juga terbang 15,94 persen (ytd). BREN yang merupakan emiten geotermal juga melonjak 607,69 persen (ydt).

Ada juga emiten batu bara CUAN yang naik hingga 3.321,53 persen (ytd).

[Gambas:Video CNN]



(agt)

Dewa Super Raja segala Raja

meningkatkan limit kredivo
IHSG ditutup melemah ke level 7.288 pada Kamis (28/3) sore.
IHSG ditutup melemah ke level 7.288 pada Kamis (28/3) sore. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks hargasahamgabungan (IHSG) ditutup di level 7.288 pada Kamis (28/3). Indeks saham melemah 21,2 poin atau minus 0,29 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,69 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,22 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 164 saham menguat, 445 terkoreksi, dan 172 lainnya stagnan.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia bervariasi. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 1,46 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong naik 0,94 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan turun 0,34 persen.

Sementara itu bursa saham Eropa menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,01 persen, indeks CAC 40 di Prancis menguat 0,25 persen, dan indeks DAX di Jerman tumbuh 0,50 persen.

Bursa Amerika juga menguat. Indeks S&P 500 naik 0,86 persen, indeks NYSE menguat 1,09 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,51 persen.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Kronik Aslan: Kesulitan

voucher emas shopee
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,38 persen ke 7.377 pada Senin (25/3) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,38 persen ke 7.377 pada Senin (25/3) sore. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.377 pada Senin (25/3). Indeks saham menguat 27,6 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10,92 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 15,17 miliar saham.

Lihat Juga :
REKOMENDASI SAHAMDaftar Pilihan Saham Cuan Pekan Ini

Mirip, bursa saham Eropa bervariasi. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris plus 0,61 persen, indeks CAC 40 di Prancis melemah 0,34 persen, dan indeks DAX di Jerman tumbuh 0,15 persen.

Bursa Amerika juga bervariasi. Indeks S&P 500 turun 0,14 persen, indeks NYSE melemah 0,56 persen, dan indeks NASDAQ Composite plus 0,16 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Pahlawan yang berbeda

mpo99bet
Pengamat pertanian menyebut Indonesia susah lepas dari jerat impor bawang putih karena kebijakan pemerintah yang salah.
Pengamat pertanian menyebut Indonesia susah lepas dari jerat impor bawang putih karena kebijakan pemerintah yang salah. ( CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Staf Presiden (KSP) mengklaim kenaikan harga bawang putihrawan memicu inflasi. Tak menutup kemungkinan, alarm inflasi pun dapat berbunyi nyaring.

Deputi III Bidang Perekonomian KSP Edy Priyono menilai harga salah satu bahan bumbu dapur ini sedang tidak baik-baik saja. Ia mengatakan harga bawang putih tembus Rp43.700 per kilogram (kg) pada 22 Maret 2024.

Menurutnya, angka itu jauh di atas rata-rata harga pada tahun lalu yang sebesar Rp38.200 per kg.

Lihat Juga :
Mengintip Klaim Kekayaan Helena Lim yang Terjerat Kasus Korupsi Timah

Sementara lima provinsi dengan harga bawang putih terendah yakni Aceh Rp39.400 per kg, Sumatera Utara Rp39.550 per kg, Sumatera Barat Rp40.650 per kg, Riau Rp39.150 per kg, dan Kepulauan Riau Rp35.850 per kg.

Edy mengatakan tingginya harga bawang putih disebabkan kenaikan harga di China sebagai eksportir bawang putih. Rata-rata harga bawang putih China tembus US,5 per kg atau Rp23 ribu per kg pada Maret tahun ini, naik dari US per kg pada Maret 2023.

"Mau tidak mau akan berpengaruh ke harga bawang putih kita karena sebagian besar bawang putih kita merupakan impor khususnya dari China," katanya.

Maklum, bawang putih di Indonesia, disebut 90 persen berasal dari impor. Alih-alih produksi sendiri.

Mahalnya harga bawang putih pun mencuri perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia sampai menyoroti tingginya harga bawang putih yang tembus Rp60 ribu per kg di Sulawesi Tengah.

Lihat Juga :
Profil Helena Lim, Crazy Rich PIK di Pusara Korupsi Tata Niaga Timah

"Bawang merah Rp35 ribu, bawang putih memang yang agak mahal, bawang putih sampai Rp60 ribu (per kg)," kata Jokowi saat meninjau harga pangan di Pasar Salakan, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dalam video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3).

Sementara itu, berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih berada di level Rp43.700 per kg pada Rabu (27/3). Angka ini turun tipis 0,11 persen atau Rp50 dibanding hari sebelumnya.

Lantas, mengapa harga bawang putih mahal dan Indonesia ketergantungan pada impor?

Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB sekaligus Associate Researcher CORE Dwi Andreas Santosa menilai ketergantungan RI terhadap impor bawang putih bukan 90 persen, melainkan 100 persen.

Menurutnya, ketergantungan itu terjadi karena disparitas harga impor dengan produksi petani di Indonesia terlampau jauh. Ia mencontohkan harga bawang putih impor di pelabuhan mencapai Rp18.400 per kg.

Lihat Juga :
Penyewa Kapal Kargo Penabrak Jembatan Baltimore AS Buka Suara

Sementara, biaya produksi bawang putih oleh petani berada di level Rp30 ribu per kg.

"Perbedaan harga yang relatif tinggi antara produksi dalam negeri dengan yang kita impor," ucapnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (27/3).

Oleh karena itu, kata Andreas, jika pemerintah serius ingin swasembada bawang putih, maka harus bisa menyeimbangkan disparitas harga tersebut.

Selain itu, Andreas juga mengatakan Indonesia masih bergantung kepada impor karena konsep kebijakan yang diterapkan pemerintah tak tepat. Ia mengatakan syarat importir menanam sebanyak 5 persen dari total impor itu sudah pasti gagal.

Andreas menilai para importir ini tak punya pengalaman dalam budidaya bawang putih.

"Konsep awalnya importir disuruh wajib tanam. Kok importir disuruh tanam, itu bagaimana logikanya? Dari sisi situ saja sudah tidak benar," kata dia.

Karena hal tersebut, para importir ini bekerja sama dengan petani. Di sisi lain, bawang putih tidak bisa ditanam sembarang.

Lihat Juga :
Berapa Potongan Pajak THR Lebaran?

Komoditas itu hanya bisa tumbuh di lahan yang berada di ketinggian di atas 800 meter di atas permukaan laut. Di sisi lain, para petani juga peminatnya minim karena lebih memilih menanam produk hortikultura lain. Apalagi, biaya produksi bawang putih mahal.

"Bisa bayangkan tanaman di atas ketinggian itu (800 meter di atas permukaan laut), itu persaingannya luar biasa dengan hortikultura yang nilainya sangat tinggi," tutur Andreas.

Di satu sisi, Andreas mengatakan untuk mengendalikan harga bawang putih sebenarnya cukup mudah. Apalagi, bawang putih RI impor.

Ia berpendapat, pemerintah tinggal menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dan izin impor kepada importir secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan.

"Kalau kita penuhi dari luar kan gampang. Kebutuhan harian, kebutuhan bulanan kan ada, tinggal penuhi saja dari impor," kata Andreas.

Memang, risiko dari impor ini adalah harga yang menyesuaikan kondisi internasional. Artinya, jika harga di negara asal eksportir sedang tinggi, maka harga di Tanah Air pun akan ikut melambung.

Kendati demikian, menurut Andreas lonjakan harga di level internasional tidak pernah berlangsung lama.

Lihat Juga :
Menaker Kaji Aturan Perlindungan Kemitraan Ojol hingga Kurir Paket

Dimanfaatkan Oknum Buat Keruk Uang Haram

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Kaisar Naga Kesunyian Ilahi

sihoki gacor
KAI memperbarui informasi terkait dengan jumlah korban luka beserta di rumah sakit mana mereka dirawat.
KAI memperbarui informasi terkait dengan jumlah korban luka beserta di rumah sakit mana mereka dirawat. (Foto: CNN Indonesia/ Cesar)
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan hingga kini tak ada korban jiwa yang menimpa penumpang dalam kecelakaan kereta api (KA) Turangga dengan Kereta Lokal (Commuterline) Bandung Raya, di Cicalengka, Jawa Barat.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan dari total penumpang KA Turangga sebanyak 264 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, ada sekitar 22 penumpang yang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke rumah sakit (RS) terdekat untuk mendapat perawatan.

Ia merinci 18 orang dibawa ke RSUD Cicalengka, dua orang dibawa ke RS Edelweiss dan dua orang lainnya dibawa ke RS AMC.

Namun, empat petugas KA dinyatakan meninggal imbas peristiwa kecelakaan kereta api tersebut. Keempat petugas tersebut terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan polsuska.

Lihat Juga :
Korban Tewas Kecelakaan Kereta Turangga Bertambah Jadi 4 Orang

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT



"Kami sangat berduka atas meninggalnya sejumlah petugas KA akibat kecelakaan tersebut. Kami sangat mengapresiasi jasa mereka yang telah berkontribusi terhadap perusahaan," ucap EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji melalui keterangan resminya, Jumat (5/1).

Para penumpang yang selamat dan telah dievakuasi langsung dibawa ke stasiun terdekat untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang disediakan oleh KAI.

Saat ini, seluruh tim KAI beserta pihak-pihak terkait seperti TNI/Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Ditjen Perkeretaapian (DJKA), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan pihak lainnya tengah melakukan upaya penanganan kecelakaan kedua kereta tersebut.

Untuk mengatasi perjalanan sejumlah rangkaian KA lainnya yang akan melintas di jalur tersebut, KAI tengah melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain.

(del/asa)

[Gambas:Video CNN]

Raja Makanan

situs domino terpercaya
Jangan lupa ke Transmart besok ya! Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon gede-gedean yang sayang buat dilewatkan.
Jangan lupa ke Transmart besok ya! Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon gede-gedean yang sayang buat dilewatkan (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Jangan lupa ke Transmart besok ya! Soalnya Transmart Full Day Sale balik lagi kasih diskon gede-gedean yang sayang banget buat dilewatkan.

Transmart kasih diskon 50 persen buat aneka aneka produk terpilih. Selain itu masih ada ekstra diskon 20 persen menantimu. Kapan lagi belanja semurah ini?

Lihat Juga :
Belanja di Transmart Pakai Allo Bank atau Bank Mega Ada Diskon 20%

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Ada banyak produk yang diskon loh. Mulai dari produk segar, kebutuhan rumah tangga, furnitur, barang elektronik, sampai sepeda listrik dijamin bakal diskon.

Catat waktunya ya. Promo ini berlangsung seharian pada Minggu (14/1) dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat di Transmart se-Indonesia.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank ya. Cus ke Transmart besok dan borong belanjaan yang banyak!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]