petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

suku bunga kredivo dan akulaku

kode alam bertengkar 2d 403Jutaan kata 672479Orang-orang telah membaca serialisasi

《suku bunga kredivo dan akulaku》

Paripurna DPR setujui RUU Desa jadi undang******

Paripurna DPR setujui RUU Desa jadi undang-undang
Ketua DPR Puan Maharani (kedua kanan) bersama Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kanan), Lodewijk Freidrich Paulus (kedua kiri), dan Rachmad Gobel (kiri) memimpin rapat paripurna DPR ke-14 masa persidangan IV tahun sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (28/3/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww/am.
Jakarta (ANTARA) - Rapat Paripurna DPR RI ke-14 Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 menyetujui Revisi Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi undang-undang.

"Apakah Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dapat disetujui dan disahkan menjadi undang-undang, setuju ya?" kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Pertanyaan itu dijawab setuju oleh seluruh anggota dan perwakilan fraksi yang hadir pada Rapat Paripurna DPR RI, disusul gemuruh tepukan tangan.

Saat menyampaikan laporan di awal, Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas mengatakan hasil pembahasan RUU Desa yang disepakati terdiri 26 angka perubahan.

Salah satu perubahan penting yang disetujui adalah ketentuan Pasal 39 terkait masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan dapat dipilih paling banyak dua kali masa jabatan, yang semula 6 tahun dengan maksimal tiga periode.

Perubahan ketentuan dalam RUU Desa lainnya, lanjut dia, terdiri dari penyisipan Pasal 5A tentang pemberian dana konservasi dan/atau dana rehabilitasi; ketentuan Pasal 26, pasal 50A, dan pasal 62 ditambah pengaturan terkait pemberian tunjangan purnatugas satu kali di akhir masa jabatan kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan perangkat desa sesuai dengan kemampuan desa.

Kemudian, penyisipan Pasal 34A terkait syarat jumlah calon kepala desa dalam pemilihan kepala desa (pilkades); ketentuan Pasal 72 soal sumber pendapatan desa; ketentuan Pasal 118 soal ketentuan peralihan; ketentuan Pasal 121A terkait pemantauan dan peninjauan undang-undang.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya sembilan fraksi di Baleg DPR RI telah menyetujui agar RUU Desa dilanjutkan ke Rapat Paripurna untuk disahkan menjadi undang-undang setelah melakukan pembahasan 248 daftar inventarisasi masalah (DIM) dalam rapat kerja bersama pemerintah pada 5 Februari 2024.

“Dari 9 fraksi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyetujui secara bulat agar Rancangan Undang-Undang Desa bisa dibawa ke dalam tahap pembicaraan Tingkat II dalam Rapat Paripurna DPR untuk ditetapkan dan disetujui menjadi undang-undang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap revisi UU Desa mampu mewujudkan desa yang lebih maju mandiri dan sejahtera untuk memberikan kontribusi guna terwujudnya cita-cita Indonesia Emas 2045.

“Menjadi terobosan atau inovasi terhadap kebijakan peraturan perundangan dalam rangka akselerasi peningkatan kinerja pemerintah desa yang tujuannya tidak lain adalah pemerintahan yang lebih baik, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa sehingga desa akan menjadi kekuatan atau sentra untuk pembangunan, tidak hanya sekedar berorientasi kepada urban atau daerah perkotaan,” kata Tito saat menyampaikan pendapat akhir mewakili presiden.

Selain Puan, tampak hadir mendampingi pula para Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Lodewijk F. Paulus, dan Sufmi Dasco Ahmad. Selain itu, juga hadir perwakilan perangkat desa yang ikut menyaksikan persetujuan RUU Desa dari balkon Ruang Rapat Paripurna DPR RI.

Berdasarkan catatan dari Sekretariat Jenderal DPR RI, rapat paripurna tersebut dihadiri oleh 69 anggota dewan secara fisik dan 234 anggota dewan lainnya menyatakan izin.

“Sehingga anggota yang hadir adalah 303 anggota dari 575 anggota DPR RI dan dihadiri oleh anggota dari seluruh fraksi yang ada di DPR RI,” kata Puan.

Baca juga: Ketua MPR Bamsoet pastikan revisi UU Desa disahkan setelah Pemilu 2024

Baca juga: Baleg DPR dan Kemendagri bahas revisi UU Desa

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Neraca Dagang Desember 2023 Surplus US,31 M******

BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini.
BPS mencatat neraca perdagangan barang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdaganganbarang Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,31 miliar pada Desember 2023 ini. Hal ini dikarenakan ekspor lebih tinggi dibandingkan impor.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan secara bulanan (mtm) surplus neraca dagang naik 0,90 persen. Sedangkan secara tahunan (yoy) turun 0,61 persen.

"Dengan demikian maka neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus selama 44 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," ujar Pudji dalam konferensi pers, Senin (15/1).

Berikut perkembangan ekspor dan impor Indonesia sepanjang Desember 2023:

Ekspor

Ekspor Indonesia sepanjang Desember 2023 tercatat US,41 miliar atau naik 1,89 persen dibandingkan November 2023 yang sebesar US miliar. Sedangkan, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya turun 5,76 persen yang sebesar US,78 miliar.

Ekspor miga tercatat senilai US,48 miliar pada bulan lalu atau naik 15,28 persen dari November 2023. Sedangkan ekspor nonmigas naik 1,06 persen dari US,72 miliar menjadi US,93 miliar.

Kenaikan ekspor Desember didorong oleh peningkatan ekspor nonmigas terutama golongan barang bahan bakar mineral yang naik 10,07 persen dan bijih logam yang naik 37,37 persen.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Unggah Foto Diskusi IKN Bareng Basuki Usai Dibujuk Mundur

Menurut sektornya, ekspor industri pengolahan tercatat sebesar US,75 miliar, pertambangan dan lainnya US,83 miliar, serta pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar US0 juta.

Sementara, untuk komoditas unggulan Indonesia seperti batu bara, besi dan baja, nilai ekspornya meningkat pada Desember 2023. Batu bara naik 9,6 persen dari US,74 miliar menjadi US miliar.

Lalu, ekspor besi dan baja naik 0,10 persen dari US,28 miliar menjadi US,28 miliar. Sedangkan, ekspor minyak kelapa sawit turun 28,73 persen dari US,04 miliar menjadi hanya US,45 miliar.

Secara kumulatif (Januari-Desember) total nilai ekspor tercatat sebesar US8,82 miliar. Realisasi ini turun 11,33 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar US1,90 miliar.

Impor

Nilai impor Indonesia pada Desember 2023 tercatat mengalami kontraksi sebesar 2,45 persen dari sebesar US,59 miliar pada November menjadi US,11 miliar. Penurunan kinerja impor ini terjadi pada kelompok migas dan nonmigas masing-masing 3,33 persen dan 2,26 persen.

Penurunan terjadi pada bahan baku penolong turun 0,97 persen (mtm) dan anjlok 4,43 persen (yoy). Sedangkan, impor barang konsumsi dan modal naik masing-masing 1,90 persen dan 10,51 persen.

Secara kumulatif (Januari-Desember), total nilai impor mencapai US1,89 miliar. Realisasi ini turun 6,55 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang berhasil mencapai US7,45 miliar.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

Pertamina jamin pasokan BBM di Sumbar cukup selama libur Lebaran******

Pertamina jamin pasokan BBM di Sumbar cukup selama libur Lebaran
Petugas di salah satu SPBU melayani konsumen yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Padang Pariaman. ANTARA/Muhammad Zulfikar.
Pertamina juga memastikan setiap produk akan diisi kembali sebelum memasuki masa kritis atau habis
Padang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Provinsi Sumatera Barat tercukupi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kita memastikan stok di Sumbar aman baik itu pertalite, bio solar, elpiji maupun avtur," kata Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Sumbar Narotama Aulia Fazri di Padang, Jumat.

Narotama merinci untuk pasokan pertalite Pertamima mengestimasikan ketersediaan (ketahanannya) 22.514 kilo liter atau sekitar delapan hari, bio solar sebanyak 32.240 kilo liter atau 17 hari. Kemudian Avtur 3.658 (60 hari), elpiji lebih dari empat hari, pertamax 5.841 kilo liter atau sekitar sembilan hari dan pertamax turbo sebanyak 1.062 (lebih dari 100 hari).

"Pertamina juga memastikan setiap produk akan diisi kembali sebelum memasuki masa kritis atau habis," ujar Narotama.

Pada Idul Fitri 1445 Hijriah Pertamina memproyeksikan kenaikan jumlah konsumsi masyarakat dibandingkan hari biasanya. Pertama, untuk elpiji diperkirakan mengalami kenaikan sebesar tiga persen.

Berikutnya kebutuhan gasoline yang terdiri dari pertamax dan pertamax turbo sebesar 17 persen dan avtur 18 persen. Sementara, gasoil yang meliputi solar pertamina dex dan dexlite konsumsinya diperkirakan turun hingga minus 14 persen.

Selain itu, Pertamina memperkirakan awal arus mudik terjadi pada 5 April 2024 dan diproyeksikan kenaikan konsumsi BBM sekitar 28 persen, dan puncaknya pada 7 April dimana gasoline naik menjadi 52 persen.

Sedangkan untuk arus balik yang diperkirakan pada 14 April Pertamina memperkirakan kenaikan konsumsi BBM mencapai 53 persen. Kemudian untuk elpiji konsumsi diperkirakan naik mencapai 43 persen dari penyaluran normal harian.

Untuk menjamin pelayanan kepada masyarakat selama arus mudik maupun arus balik, Pertamina menyiapkan beberapa layanan khusus yakni 128 SPBU Siaga, tiga unit posko kesehatan, lima unit motor yang siap melayani penjualan BBM dan 16 kantong SPBU yang tersebar di sejumlah titik.

Baca juga: Pertamina memberi sanksi dua SPBU "nakal" di Sumbar
Baca juga: Pertamina memberi sanksi dua SPBU "nakal" di Sumbar

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:web slot terpercaya

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
kta bank online proses cepat
liga168
pola maxwin mahjong
vipgacor
togel hk
pinjaman online legal cepat cair
pinjol yang masuk bi checking
olympus demo maxwin
slot game gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 plazajudi
Bab 2 majapahit4d
Bab 3 daftar game slot terbaik
Bab 4 demo slot rajacuan
Bab 5 game slot 88
Bab 6 judiangka
Bab 7 permainan slot yang gacor
Bab 8 situs slot ter
Bab 9 layar138
Bab 10 slot gacor terbaik dan terpercaya
Bab 11 maxwin malam ini
Bab 12 rekomendasi slot gacor 2022
Bab 13 aplikasi slot terbaru
Bab 14 situs slot liga
Bab 15 situs judi slot99
Bab 16 kredit laptop di akulaku
Bab 17 pinjol super dana
Bab 18 nama situs slot terbaik
Bab 19 depo 100 bonus 100 to rendah
Bab 20 kode erek erek
Klik untuk melihattersembunyi di tengah384bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Orang Suci tidak terkalahkan

situs slot terpercaya no 1
Festival Film Internasional Beijing ke-14 siap digelar pada April 2024
Sejumlah sineas peserta Festival Film Internasional Beijing ke-13 berfoto saat upacara karpet merah di Beijing, China, pada 21 April 2023. ANTARA/Xinhua/Chen Zhonghao
Beijing (ANTARA) - Festival Film Internasional Beijing ke-14 dijadwalkan akan berlangsung pada 18-26 April mendatang, dengan sutradara asal Serbia, Emir Kusturica, menjadi ketua dewan juri internasional untuk Tiantan Award.

Menurut pihak penyelenggara saat konferensi pers, Kamis (28/3), sebanyak 15 film akan bersaing untuk memperebutkan Tiantan Award tahun ini.

Ke-15 film tersebut diseleksi dari 1.509 film asal 118 negara dan kawasan yang telah mengajukan aplikasi, sebuah rekor baru untuk jumlah aplikasi terbanyak dalam ajang ini.

Brazil diundang untuk menjadi tamu kehormatan pada acara tahun ini, karena 2024 menandai peringatan 50 tahun terbentuknya hubungan diplomatik antara China dan Brazil.

Sejumlah sineas serta perwakilan perusahaan film dan televisi dari Brazil akan menghadiri festival tersebut, dengan serangkaian film Brazil akan diputar di Beijing.

Dalam festival tersebut, lebih dari 240 film domestik dan internasional dengan tema yang beragam akan ditayangkan di lebih dari 20 bioskop di Beijing serta dua wilayah tetangganya, Tianjin dan Provinsi Hebei.

Diluncurkan pada 2011, festival ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran antara para pemain industri global. Festival ini menarik perhatian internasional yang makin besar berkat pasar film China yang sedang berkembang pesat.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Tiran paling hebat dalam sejarah

btv 168
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pemanfaatan sagu sebagai alternatif pengganti nasi di tengah mahalnya harga beras di Indonesia.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pemanfaatan sagu sebagai alternatif pengganti nasi di tengah mahalnya harga beras di Indonesia. (CNN Indonesia/ Dela Naufalia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mendorong pemanfaatansagu sebagai alternatif pengganti nasi di tengah mahalnya harga berasdi Indonesia.

Menurutnya, sagu memiliki potensi besar yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Pasalnya, Indonesia memiliki lahan sagu yang luas sehingga bisa mengurangi ketergantungan impor beras.

"Sagu berpotensi dikembangkan sebagai alternatif bahan pangan sumber karbohidrat utama karena Indonesia memiliki lahan sagu yang cukup luas 5,5 juta hektare yang berpotensi menghasilkan 34,3 juta ton pati sagu," ujar Agus saat pembukaan pameran makanan dan minuman di Kementerian Perindustrian, Senin (25/3).

"Produk olahan sagu berupa beras analog sagu berpotensi menjadi pangan utama pengganti beras, terutama pada saat terjadi kelangkaan pangan," imbuhnya.

Selain itu, Agus mengatakan beras sagu memiliki keunggulan yakni mencegah diabetes karena kandunganresistance starch-nya sangat tinggi dan kadar glycanics indexnya juga sangat rendah.

"Sehingga sangat-sangat baik untuk mencegah diabetes," jelasnya.

Di sisi lain, Agus berharap bazaar makanan dan minuman di kantornya bisa memenuhi kebutuhan para pegawai dan masyarakat sekitar karena terbuka untuk umum. Acara ini akan berlangsung sampai 28 Maret 2024 dan barang pokok yang dijual lebih murah.

"Saya berharap acara bazar ini dapat memenuhi kebutuhan pegawai dan masyarakat sekitar untuk mendapatkan bahan makanan, minuman, sandang, dan kebutuhan lainnya dengan tentu harga yang terjangkau," pungkas Agus.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Zootopia Masa Depan

arenadewa 188
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan crazy rich PIK Helena Lim terseret korupsi timah karena mereka mengelola hasil tindak pidana kejahatan tersebut.
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan crazy rich PIK Helena Lim terseret korupsi timah karena mereka mengelola hasil tindak pidana kejahatan tersebut. (Dok. Kejagung).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dua crazy richTanah Air; Harvey Moeis dan Helena Lim ikut terseret kasus dugaan korupsitata niaga timahPT Timah Tbk untuk periode 2015-2022. Keduanya pun sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.

Melansir situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey merupakan presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU), yang beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sedangkan Helena adalah Manager PT Quantum Skyline Exchange. Tapi ia juga dikenal sebagai crazy richPantai Indah Kapuk (PIK).

Harvey Moeis mulai dikenal publik usai menikahi artis Sandra Dewi. Ia merupakan pengusaha batu bara.

Di pasar domestik, batu bara MHU banyak digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik dan perusahaan manufaktur. Sebagian besar produksinya diekspor ke sejumlah negara seperti Korea Selatan, India, China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Harvey menikah dengan Sandra Dewi pada November 2016 lalu di Jakarta setelah menjalin hubungan selama tiga tahun. Seminggu usai pemberkatan, keduanya melangsungkan resepsi pernikahan di Disneyland Tokyo, Jepang.

Helena Lim dikenal sebagai sosialita, penyanyi, dan juga pengusaha. Ia juga diketahui memiliki rumah mewah di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dalam wawancaranya di akun YouTube Boy William, ia menceritakan rumah itu ia peroleh berkat kerja kerasnya melakukan berbagai pekerjaan mulai dari pegawai bank, sekretaris, hingga menjalankan berbagai usaha.

Sementara itu dalam akun YouTube The Hermansyah A6, Helena mengatakan rumahnya memiliki luas 1.000 meter persegi. Dalam video itu, Helena memperlihatkan rumahnya yang mewah dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang hingga salon.

Ia juga menceritakan awalnya ia bekerja sebagai marketing bank di Medan sejak 1996. Sejak itu ia bertemu banyak customer. Salah satu customer kemudian mengajaknya bekerja sama di Jakarta.

Dari situ, kekayaan Helena Lim perlahan meningkat. Tak hanya rumah mewah, ia juga mengklaim memiliki bisnis di antaranya minuman diet merek DRZLIM Official Fiber Sehat. Hal itu diketahui dari biografi akun Instagram Helena yang saat ini telah dikunci.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

gelandang jenius

erek2 cicak
Timnas Putri tutup perjuangan FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan kemenangan
Timnas 3X3 Putri Indonesia menutup perjuangan di babak keualifikasi grup C FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan kemenangan 22-2 saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara. ANTARA/HO-Perbasi.
Jakarta (ANTARA) - Timnas 3X3 Putri mengakhiri perjalanan di babak keualifikasi grup C FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan kemenangan lewat skor telak 22-2 saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara di OCBC Square, Singapore Sports Hub, Kamis malam (28/3).

Kemenangan ini menjadi akhir yang positif setelah di dua laga sebelumnya, Lea Kahol dkk menelan kekalahan. Dimulai kalah dari Hong Kong 10-14 di hari pertama pada Rabu (27/3), dan takluk 13-20 dari India Kamis sore (28/3).

Kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara itu membuat Timnas 3X3 Putri menempati peringkat ketiga klasemen Grup C. Hasil ini membuat Lea Kahol dkk gagal menyamai capaian Timnas 3X3 Putri di edisi sebelumnya yang merebut medali perunggu.

Pelatih Timnas 3X3 Putri Fandi Andika Ramadhani menjelaskan banyak pelajaran yang bisa diambil oleh pemain dari kejuaraan ini, mengingat usia para pemain yang masih muda.

Baca juga: Perbasi persiapkan skuad untuk FIBA 3x3 Asia Cup 2024

“Banyak pelajaran yang kita ambil dari sini, dan yang pasti tim kita harus lebih banyak lagi ikut tanding di level-level seperti ini agar pemain bisa aware untuk next event-nya di level yg sama seperti ini,” kata Pelatih Timnas 3X3 Indonesia Fandi Andika Ramadhani atau yang akrab disapa Rama.

Dia menyebutkan bahwa dengan memperbanyak ikut kejuaraan internasional akan membuat pemain tidak mudah kaget hadapi situasi apapun di lapangan.

“Mudah-mudahan apa yang didapat di ajang ini bisa menjadi pelajaran khususnya pemain-pemain muda,” katanya.

Menurut dia, Timnas 3X3 Putri bisa keluar dari situasi sulit dengan mengalahkan Kepulauan Mariana Utara karena memang bermain lebih percaya diri. Mereka yakin bisa mengeluarkan kemampuan terbaik setelah melihat lawan memang levelnya di bawah mereka.

“Mereka lebih percaya diri karena lawannya jauh di bawah mereka. Saya tekankan juga ke pemain last game harus di buat bagus. Alhamdulillah mereka bisa maksimal di game terakhir,” ujar Coach Rama.

Pemain bermain lebih lepas ketika menghadapi Kepualauan Mariana Utara. Mereka juga menjalankan game plan dengan baik.

“Secara permainan sesuai dengan game plan yang gak perlu banyak dribble, bolanya ngalir dan defense mereka juga buat stop pemain lawan gak buat skor. Semua berjalan dengan baik,” ucapnya.

Baca juga: Timnas 3X3 bertolak ke Singapura, ini daftar pemain yang dibawa
Baca juga: Timnas 3X3 akhiri perjalanan di FIBA Asia Cup 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Pedang membuktikan langit

viral 77 slot login
Astra Infra ikut membantu meningkatkan pelayanan publik dalam rangka menyambut arus mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi kepadatan arus lalu lintas kala mudik. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra Infra mengatakan pihaknya melakukan berbagai peningkatan layanan dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2024, mulai dari Tol Cikopo-Palimanan, Tangerang-Merak, hingga Jombang-Mojokerto.

"Saat ini kami secara intensif terus melakukan persiapan dalam rangka mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik lebaran tahun ini," kata Group COO Astra Infra, Billy Perkasa Kadar.

Lihat Juga :
Arus Balik, Astra Tebar Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak 20 Persen

Sementara itu di Tol Tangerang-Merak, Astra Infra melalukan persiapan berupa manajemen trefik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, serta delaying systemuntuk mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak.

Mereka juga akan terlibat dalam pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portabel di rest area dan jalur, penambahan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, dan peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

Lihat Juga :
Edukasi dan FiturEnggak Perlu Khawatir, Struk Tol Hilang Bisa Dicetak

Di Tol Jombang-Mojokerto, Astra Infra ikut menyiapkan 12 mobile readerguna mengurai kepadatan di gerbang tol. Kemudian untuk pengguna kendaraan listrik, akan ada Stastiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast chargingsecara gratis di Teras Melati KM 695A.

Koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim juga disebut telah dilakukan guna mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas di sejumlah titik rawan kepadatan.

Astra Infra juga mengimbau pengguna jalan yang berpuasa tetap dapat mengutamakan keselamatan berupa menjaga batas kecepatan seperti maksimal 70 km/jam saat hujan dan beristirahat bila lelah, mengantuk, atau berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Selain itu, pengguna diminta menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Bila rest area penuh, pengguna jalan bisa memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol dan bisa kembali tanpa tambahan biaya.

(Tim/end)

[Gambas:Video CNN]

Tanpa batas kita adalah monster

fyrewin
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencari konsultan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (KCJS) dengan nilai tender Rp27,52 miliar.
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencari konsultan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (KCJS) dengan nilai tender Rp27,52 miliar. Ilustrasi. (AFP/YASUYOSHI CHIBA).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencari konsultan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya(KCJS) dengan nilai tender Rp27,52 miliar.

Pencarian konsultan ini diumumkan langsung di situs KCIC. Surat pengumuman tender ditandatangani oleh Manager Procurement KCIC Haryono Mintarto pada 3 Januari 2024.

"PT KCIC akan melaksanakan tender terbuka jasa konsultan penyusunan studi kelayakan (analisa permintaan dan kajian awal teknis dan desain) perpanjangan trayek dan layanan Kereta Cepat Jakarta Surabaya (KCJS)," tulis pengumuman tender tersebut, dikutip Kamis (11/1).

Setidaknya ada empat persyaratan utama bagi para konsultan yang ingin mendaftar.

Pertama,perusahaan nasional yang berbadan hukum perseroan terbatas (PT) atau perusahaan asing yang bekerja sama dengan perusahaan nasional, dibuktikan dengan perjanjian kerja sama.

"Surat pernyataan minat ditandatangani oleh pimpinan perusahaan sebagaimana disebut dalam akta notaris pendirian perusahaan, dan/atau perwakilan yang mendapat kuasa dari pimpinan perusahaan dengan dilampiri surat kuasa bermaterai Rp10 ribu," tulis syarat kedua.

Ketiga,peserta tender yang telah mendaftar dan menerima dokumen diharapkan mengikuti rapat penjelasan. Jika tidak hadir, peserta dianggap setuju atau mengetahui hal-hal yang ditetapkan dalam berita acara penjelasan.

Keempat,peserta tender wajib melampirkan beberapa berkas, seperti legalitas pendirian perusahaan, legalitas finansial, legalitas izin usaha.

Namun, tender ini sudah berakhir pada Selasa (9/1). Pengumuman pencarian konsultan ini pun sudah tak ada lagi di situs resmi KCIC.

Berdasarkan jadwal pengadaan, hari ini bakal diadakan rapat penjelasan dengan para peserta yang telah mendaftar. Namun, keterangan di pengumuman tersebut mengklaim jadwal tersebut masih tentatif alias bisa saja berubah.

CNNIndonesia.com berupaya menghubungi General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa untuk meminta penjelasan soal tender pengadaan konsultan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini. Namun, yang bersangkutan belum menjawab hingga berita ini tayang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)