petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

situs idnplay terpercaya

sp7918 151Jutaan kata 425857Orang-orang telah membaca serialisasi

《situs idnplay terpercaya》

Tenun sutra lokal Gowa Cura Labba ditampilkan di Inacraft 2024******

Tenun sutra lokal Gowa Cura Labba ditampilkan di Inacraft 2024
Arsip foto. Ketua Dekranasda Gowa Priska Paramitha Adnan saat berada di JCC Jakarta mengikuti kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023. ANTARA/HO/Pemkab Gowa
Makassar (ANTARA) - Dekranasda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan turut memamerkan produk unggulannya yakni tenun sutra Cura' Labba dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gowa Suryanti melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan, pada pameran itu booth Kabupaten Gowa memamerkan sarung sutra Cura' Labba, Cura' Tangga maupun Cura' Ca'di yang berbahan material kanvas dari Kecamatan Barombong.

"Ada banyak produk unggulan yang kami pamerkan, salah satunya sarung sutra Cura' Labba yang menjadi keunggulan kami," ujarnya.

Suryanti menyampaikan, Inacraft 2024 mengangkat tema "From Smart Village to Global Market" di mana program itu dilandasi dengan peningkatan tren, mengharuskan para pengrajin daerah atau dari desa untuk mandiri dan mampu membuat inovasi untuk produknya.

Dia mengatakan produk unggulan Kabupaten Gowa itu sudah menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing dengan pasar global atau pasar internasional.

"Meskipun Cura' Labba kita adalah warisan dari leluhur, tetapi kain sutra yang memiliki ciri khas sendiri itu sudah punya pasar dan sudah diekspor juga. Ini tentu dengan bantuan teknologi itu sendiri dalam pengembaraannya," katanya.

Baca juga: Inacraft 2024 perkenalkan keindahan kerajinan Toba di mata dunia

Baca juga: Hulu Sungai Tengah kenalkan marmer di pameran terbesar se-ASEAN

Dengan adanya pameran itu Dekranasda Kabupaten Gowa berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk pelaku UMKM atau UKM dalam memberikan pembinaan informasi.

Melalui pameran tersebut juga diharapkan bisa memberi informasi kepada para pelaku UMKM terkait proses produksi produk-produk yang berkualitas berstandar internasional yang lolos kurasi dengan ketat.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) dan Dinas Koperasi dan UMKM senantiasa memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM dan UMKM dan juga membantu memasarkan produk mereka.

"Ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa yang senantiasa tanpa bosan memberikan support kepada para pelaku UKM," ujar Mussadiyah.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemkab Gowa kepada Dekranasda adalah dengan berdirinya gerai Dekranasda di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan oleh Bupati Gowa.

"Di situ ada gerai yang bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka dan memamerkan ataupun menjual kepada masyarakat pengunjung mall tersebut," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bogor pamerkan sembilan produk kerajinan di Inacraft 2024

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

Litbang Kemenag siapkan Policy Brief KUA melayani semua agama******

Litbang Kemenag siapkan Policy Brief KUA melayani semua agama
Kepala Balitbang Diklat Kemenag Amien Suyitno. (ANTARA/Asep Firmansyah)
Ini tentang memudahkan fasilitasi layanan untuk umat, sama sekali tidak ada urusannya dengan pencampuradukan ranah teologis
Jakarta (ANTARA) - Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) Balitbang Diklat Kementerian Agama tengah menyiapkan policy briefdan naskah akademik kebijakan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai kantor layanan semua agama. "Ini tentang memudahkan fasilitasi layanan untuk umat, sama sekali tidak ada urusannya dengan pencampuradukan ranah teologis, melainkan bagaimana melahirkan fleksibilitas layanan yang menjangkau umat," ujar Kepala Balitbang Diklat Kemenag Amien Suyitno dalam keterangannya di Jakarta, Jumat. Suyitno menekankan pentingnya penggunaan data sebagai landasan kebijakan, termasuk terkait revitalisasi kantor urusan agama. Optimalisasi peran KUA ini telah dicanangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sejak awal 2021. Fokus revitalisasi bukan hanya pada fasilitas fisik, tetapi juga fleksibilitas layanan.

Baca juga: Kemenag-Kemendagri segera berkoordinasi soal penyesuaian regulasi KUA
Baca juga: Guru Besar UIN Jakarta beri catatan rencana KUA untuk semua agama Kebijakan yang digulirkan Menag, kata Suyitno, merupakan terobosan solusi agar layanan pemerintah dapat menjangkau umat secara luas dan mendekati umat. Ia memandang selama ini tidak sedikit umat yang kesulitan melakukan pencatatan pernikahannya di kantor yang aksesnya cukup jauh. "Semua berpikir demi melayani umat. Maka tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan pencatatan nikah agama selain Islam di KUA. KUA itu bukan kantor urusan agama Islam, tetapi itu kantor urusan agama," katanya. Suyitno memaklumi adanya pro-kontra dalam sebuah kebijakan. Menurutnya, itu adalah hal biasa. Maka dari itu, Balitbang Diklat perlu melakukan pendalaman dengan mengkaji dari berbagai aspek. Sejumlah aspek yang dikaji meliputi regulasi, termasuk diskusi dengan beberapa ahli, praktisi, dan tokoh berbagai agama. Hasilnya, bisa dirumuskan menjadi policy brief. "Dari situlah yang akan kita formulasikan sebagai policy briefuntuk mendukung kebijakan tersebut," kata dia.

Baca juga: Menko PMK dukung penuh usulan KUA untuk semua agama
Baca juga: DPR ingatkan siapkan regulasi soal KUA jadi tempat nikah semua agama

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024

Daftar Perusahaan AS PHK pada Januari 2024: Ada Microsoft hingga eBay******

Belasan perusahaan AS lakukan PHK di awal Januari 2024. Badai PHK pada 2023 diprediksi bakal berlanjut ke tahun ini.
Belasan perusahaan AS lakukan PHK di awal Januari 2024. Badai PHK pada 2023 diprediksi bakal berlanjut ke tahun ini. (Foto: Istockphoto/ Yok46233042)
Daftar Isi
  • 1. Amazon
  • 2. Alphabet
  • 3. Salesforce
  • 4. Microsoft
  • 5. Paramount Global
  • 6. Business Insider
  • 7. IBM Corp
  • 8. Aurora Innovation
  • 9. eBay
  • 10. Los Angeles Times
  • 11. Walt Disney
  • 12. Unity Software
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah perusahaan teknologi hingga media besar di Amerika Serikat (AS) memulai tahun 2024 dengan rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

Hal ini menandakan serentetan PHK yang terjadi pada 2023 silam kemungkinan besar akan terus berlanjut. Pasalnya, perusahaan-perusahaan ini menghadapi ketidakpastian ekonomi berkepanjangan.

Dilansir dari Reuters, berikut daftar perusahaan yang lakukan PHK pada Januari 2024.

Lalu pada 11 Januari 2024, memo dari kepala divisi menyebut divisi buku audio dan podcast Audible milik Amazon memberhentikan 5 persen pegawainya. Kemudian pada 18 Januari, unit Buy with Prime pun ikut memberhentikan kurang dari 5 persen pegawainya.

2. Alphabet

Para 11 Januari 2024, Google, anak perusahaan dari Alphabet, memberhentikan ratusan pegawai di seluruh timnya, termasuk tim perangkat keras yang bertanggung jawab atas Pixel, Nest dan Fitbit. Google juga melakukan PHK sebagian besar dari pegawai yang berada di tim augmented reality.

Kemudian pada 16 Januari, Google kembali memberhentikan ratusan karyawan di tim penjualan iklan.

Pada 22 Januari, X Lab, divisi Alphabet untuk mengembangkan teknologi baru, memberhentikan puluhan pegawai dan beralih ke investor luar untuk mendapatkan pendanaan.

3. Salesforce

Pada 26 Januari silam, perusahaan software berbasis cloud, Salesforce, memberhentikan sekitar 700 pegawainya. Angka itu merupakan sekitar 1 persen dari tenaga kerjanya di seluruh dunia.

4. Microsoft

Pada 25 Januari silam, perusahaan teknologi Microsoft dikabarkan bakal memberhentikan 1.900 pegawai di Activision Blizzard dan Xbox.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bakal 'Korbankan' Program Lain Demi Bansos Baru Jokowi

5. Paramount Global

Pada 25 Januari 2024, perusahaan besar di industri perfilman Paramount Global merencanakan PHK dengan jumlah yang tidak disebutkan. Langkah ini diambil dengan tujuan untuk menjadikan organisasi yang lebih ramping.

6. Business Insider

Pada 25 Januari, CEO Business Insider Barbara Peng mengumumkan rencana pemangkasan hubungan kerja sekitar 8 persen dari pegawainya.

7. IBM Corp

Pada 24 Januari, produsen komputer terkemuka IBM Corp berencana untuk memberhentikan sejumlah karyawannya pada 2024. Namun pihaknya menyebut bakal mempekerjakan lebih banyak orang untuk peran yang berpusat pada AI.

8. Aurora Innovation

Pada 24 Januari, perusahaan teknologi kendaraan otonom Aurora Innovation mengungkap bahwa mereka telah memangkas 3 persen tenaga kerjanya sebagai bagian dari reorganisasi.

9. eBay

Pada 23 Januari 2024, platform jual beli eBay berencana untuk melakukan PHK sekitar 1.000 pegawainya, atau sekitar 9 persen dari jumlah tenaga kerjanya saat ini.

10. Los Angeles Times

Pada 23 Januari, media Los Angeles Times mengungkap rencana untuk memberhentikan 94 jurnalis yang menjadi anggota serikat pekerja surat kabar tersebut.

11. Walt Disney

Pada 11 Januari silam, Pixar Animation Studios, bagian dari Walt Disney, dikabarkan bakal melakukan PHK sejumlah karyawannya usai menyelesaikan produksi beberapa acara dan memiliki lebih banyak staf daripada yang dibutuhkan.

12. Unity Software

Pada 8 Januari 2024, penyedia perangkat lunak gim video Unity Software berencana untuk memberhentikan sekitar 25 persen dari jumlah pegawainya, yakni sekitar 1.800 karyawan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)




bab terbaru:permainan slot terbaik

Perbarui waktu:2024-05-30

Daftar bab terbaru
gacor77 4d
poker slot online
situs judi slot yang gacor
situs slot gacor 88
ingatbola88
macan123 slot
cara mahjong 2
amanah slot
agen138 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 maxwin 500
Bab 2 voucher ibox
Bab 3 paito vietnam
Bab 4 game slot online terbaru
Bab 5 pinjol yang bisa pakai rekening dana
Bab 6 sgpslot biz
Bab 7 download kredivo for pc
Bab 8 akun slot gacor
Bab 9 ccnnslot
Bab 10 redwin69
Bab 11 uatas pinjol
Bab 12 slot win 138
Bab 13 slot game gacor
Bab 14 cara menggunakan e voucher tokopedia
Bab 15 h2oslot
Bab 16 rejeki123 slot
Bab 17 akun slot demo anti rungkad
Bab 18 totoslot88
Bab 19 info slot gacor malam ini
Bab 20 game slot terbaik mudah menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4262bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Dewa Pedang yang Tak Tertandingi

tokyo99
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (29/1) ini.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (29/1) ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Senin (29/1) ini.

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan secara teknikal pergerakan indeks saham bisa menurun ke level 7.111. Selain itu, IHSG juga masih dalam tren melemah atau bearish.

"Berdasarkan indikator MACD (moving average convergence divergence) menandakan momentum bearish," ucap Ivan seperti dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi IHSG melemah. Menurutnya, gelombang tekanan dalam pola gerak indeks saham belum berakhir.

Ia juga mengatakan minimnya sentimen baik dari dalam maupun luar negeri masih menjadi tantangan tersendiri bagi emiten yang berada dalam pasar modal.

Oleh karena itu, belum terlihat pemicu yang dapat mendorong kenaikan IHSG dalam beberapa waktu mendatang.

"Selain itu adanya sentimen negatif yang berasal dari pelemahan nilai tukar rupiah serta fluktuasi harga komoditas turut mempengaruhi pergerakan IHSG," tutur William.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support7.123 dan resistance7.271 hari ini. William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni AALI, BBNI, JSMR, BMRI, ITMG, ASII, AKRA, dan CTRA.

IHSG ditutup melemah 40,9 poin atau minus 0,57 persen ke level 7.137 pada perdagangan Jumat (26/1) pekan lalu.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,05 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,08 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Saya berada di kerajaan hiburan Xianxia

rtp kapten69
Lagi cari kasur berkualitas? Beli aja di Transmart Full Day Sale hari ini Minggu (28/1), karena kasur lagi turun harga besar-besaran!
Lagi cari kasur berkualitas? Beli aja di Transmart Full Day Sale hari ini Minggu (28/1), karena kasur lagi turun harga besar-besaran! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Lagi cari kasur berkualitas? Beli aja di Transmart Full Day Sale hari ini Minggu (28/1), karena kasur lagi turun harga gila-gilaan.

Kasur berkualitas ukuran 160x200 cm cuma Rp5 juta dari harga normalnya Rp18 jutaan! Kapan lagi harganya semurah ini?

Lihat Juga :
Belanja Hemat di Transmart Pakai Allo Bank atau Bank Mega Auto Diskon
  • Fenton Bunkbed 100x200 Black/white harga sale Rp3.119.200 dari harga normal Rp5.499.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa.
  • Fenton Bunkbed 100x200 black/white harga sale Rp3.199.200 dari harga normal Rp5.499.000 per unit. Harga berlaku di luar Pulau Jawa.
  • Clay Sofabed 182x110x37 tersedia warna dark grey dan dark grey harga sale Rp2.319.200 dari harga normal Rp3.299.000 per unit.

Penawaran harga spesial ini bisa kamu dapatkan dengan pembelian menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Murah-murah banget kan? Jangan sampai nyesel deh karena melewatkan promo kasur ini di Transmart Full Day Sale.

Promo ini berlangsung selama satu hari pada Minggu (28/1) di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Mulai dari jam toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Mumpung lagi diskon, langsung aja kunjungi gerai-gerai Transmart terdekat dan bawa pulang kasur impianmu.

Jangan lupa bayar belanjaannya pakai Bank Mega atau Allo Bank biar kamu bisa menikmati beragam kemudahan serta promo diskon menarik!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Selamat jangkar

situs gampang jp 2022
CORE: Manajemen pangan diperkuat untuk tekan inflasi saat Ramadhan
Warga membeli beras murah saat operasi pasar khusus beras di Balai Kelurahan Banjarmlati, Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/3/2024). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom
Menjelang Ramadhan permintaan terhadap bahan pangan memang biasanya mulai meningkat, sehingga terjadi inflasi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal menyatakan bahwa penguatan manajemen pangan diperlukan untuk memastikan inflasi saat Ramadhan terjaga, mengingat hingga kini komponen bergejolak (volatile food)masih menjadi penyumbang inflasi terbesar.

“Menjelang Ramadhan permintaan terhadap bahan pangan memang biasanya mulai meningkat, sehingga terjadi inflasi terutama dipicu oleh volatile food inflation. Jadi bagi pemerintah ini perlu memperkuat manajemen pangan,” ujar Mohammad Faisal ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia menyatakan bahwa penguatan manajemen pangan di sisi produksi dapat dilakukan pemerintah dengan memberikan insentif untuk menurunkan biaya produksi para petani.

Sementara di sisi distribusi, hal tersebut dapat diterapkan dengan memantau stok beras yang dimiliki oleh semua distributor, tidak hanya Perum Bulog, namun juga distributor swasta.

“Dalam hal demandatau di tingkat konsumen, ini perlu ada upaya pemerintah untuk diversifikasi pangan untuk mengurangi ketergantungan yang terlalu tinggi pada satu jenis bahan pangan tertentu,” kata Faisal.

Menurutnya, komoditas pangan terutama beras, masih berpotensi untuk menjadi faktor pemicu inflasi pada Maret 2024, walaupun kemungkinan daya dorongnya sudah berkurang.

Ia menuturkan bahwa hal ini dikarenakan beberapa daerah penghasil beras sudah mulai panen bulan ini sehingga akan meningkatkan produksi beras.

Hasil produksi tersebut akan menambah surplus beras nasional yang sebelumnya menipis selama Januari hingga Februari 2024 karena konsumsi selama masa kampanye dan pemilihan umum serta keterlambatan masa tanam.

“Karena perubahan iklim, yang biasanya di Februari sudah mulai panen, nah ini di Maret baru mulai panen. Jadi itu juga yang membuat produksinya agak terlambat sedikit,” ucap Faisal.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa beras merupakan komoditas penyumbang inflasi pada Februari 2024 dengan andil sebesar 0,21 persen terhadap inflasi bulanan (month-to-month/mtm) serta 0,67 persen terhadap inflasi tahunan (year-on-year/yoy).

Baca juga: Pengamat sarankan manajemen pengendalian harga pangan selama Ramadhan
Baca juga: Presiden: Manajemen pengelolaan beras kunci antisipasi krisis pangan
Baca juga: DPR RI minta pemerintah terapkan manajemen stok pangan yang baik

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Ratu berdarah dingin bertemu cinta

winslot88
Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat mantan Panglima TNI Yudho Margono menjadi Komisaris Utama PT Hutama Karya (Persero).
Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat mantan Panglima TNI Yudho Margono menjadi Komisaris Utama PT Hutama Karya (Persero). (ANTARA FOTO/YOSEPH).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMNErick Thohir mengangkat mantan Panglima TNI Yudho Margono menjadi Komisaris Utama PT Hutama Karya (Persero).

Informasi pengangkatan terungkap dari keterbukaan informasi yang disampaikan Hutama Karya ke Bursa.

Selain menunjuk Yudho menjadi komut, Erick Thohir juga mengangkatnya menjadi komisaris independen BUMN tersebut.

Dengan pengangkatan Yudho tersebut, berikut susunan lengkap dewan komisaris Hutama Karya

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Yudho Margono

Wakil Komisaris Utama: Muhamad Lukman Edy

Komisaris: Chairiah

Komisaris Independen: Wahyu Muryadi

Komisaris: Susdiyarto Agus Praptono

Komisaris Independen: Agung Sabar Santoso

Komisaris: Iwan Suprijanto

[Gambas:Video CNN]



(agt/agt)

Toko Hitam Tuhan Tuhan

pinjaman mudah dan cepat
MA menolak kasasi Greylag Goose Leasing 1446 Designated Activity Company dan Greylag Goose Leasing 1410 Designated Activity soal PKPU PT Garuda Indonesia Tbk.
MA menolak kasasi Greylag Goose Leasing 1446 Designated Activity Company dan Greylag Goose Leasing 1410 Designated Activity soal PKPU PT Garuda Indonesia Tbk. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/AMPELSA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi dari dua kreditur, yakni Greylag Goose Leasing 1446 Designated Activity Company dan Greylag Goose Leasing 1410 Designated Activity terkait Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) PT Garuda Indonesia Tbk.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (27/1), kuasa hukum Garuda Indonesia telah menerima surat pemberitahuan dan penyampaian salinan putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1296 K/Pdt.Sus-Pailit/2023 jo.6/Pdt.Sus-pembatalan perdamaian/2023/PN Niaga.Jkt.Pst.

"Adapun amar putusan tersebut adalah menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi dari Greylag Goose Leasing 1446 Designated Activity Company tersebut," tulis Direktur Utara Irfan Setiaputra.

Sementara untuk penolakan kasasi yang diajukan oleh Greylag Goose Leasing 1410 Designated Activity, Garuda belum secara resmi belum menerima surat pemberitahuan dan penyampaian salinan putusan. Kendati, informasi penolakan putusan sudah dirilis di website MA.

"Dengan adanya informasi putusan kasasi tersebut pada situs web MA, maka putusan penolakan pembatalan perdamaian telah berkekuatan hukum tetap," kata Irfan.

Ia mengatakan penolakan kasasi oleh MA itu tidak berdampak langsung terhadap kegiatan operasional perseroan. Irfan memastikan seluruh kegiatan operasional berjalan dengan normal.

Lihat Juga :
Alasan 400 Ribu PNS dan PPPK Berhak terima Zakat

Garuda Indonesia pada September 2023 lalu juga telah memenangkan gugatan kasasi dari Greylag Goose Leasing 1410 Designated Activity Company dan Greylag Goose Leasing 1446 Designated Activity Company.

Putusan penolakan itu dibacakan oleh Majelis Hakim pada persidangan terbuka pada tanggal 31 Agustus 2023 lalu.

Menurut Irfan, putusan tersebut semakin memperkuat ketetapan hukum Garuda Indonesia terhadap berbagai tahapan restrukturisasi yang telah dirampungkan, khususnya melalui proses PKPU.

Pembatalan Perdamaian tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya hukum yang telah ditempuh Greylag Entities di Indonesia terhadap perjanjian perdamaian PKPU yang telah mendapatkan persetujuan mayoritas kreditur Garuda Indonesia.

Sebelumnya, langkah hukum yang ditempuh Greylag Entities terhadap hasil PKPU turut dilakukan melalui permohonan Peninjauan Kembali yang sebelumnya diajukan kasasi kepada MA.

Pengadilan juga telah menyatakan bahwa PK tersebut tidak memenuhi syarat formil (TMS) berdasarkan peraturan perundangan.

"Ditetapkannya putusan tersebut sekaligus memperkuat posisi hukum Garuda Indonesia terhadap ketetapan hukum yang telah diperoleh PKPU, di mana dalam prosesnya perusahaan telah mendapatkan persetujuan mayoritas kreditur atas usulan Perjanjian Perdamaian yang telah disahkan melalui putusan homologasi pada pertengahan tahun 2022 lalu," papar Irfan.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Ada cara yang tepat untuk mengejar suami Anda

demo mahjong ways 2
Evergrande diperintah pengadilan melikuidasi aset-asetnya setelah terlilit utang Rp4.748 triliun.
Evergrande diperintah pengadilan melikuidasi aset-asetnya setelah terlilit utang Rp4.748 triliun. (Foto: AFP/HECTOR RETAMAL)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengadilan Hong Kong memerintahkan raksasa properti China Evergrande Group untuk melikuidasi asetnya imbas terlilit utang lebih dari US0 miliar atau setara Rp4.748,04 triliun (asumsi kurs Rp15.826 per dolar AS).

Hal ini kemungkinan menjadi langkah yang akan mengirimkan gejolak ke seluruh pasar keuangan China, yang sedang runtuh di tengah langkah para pembuat kebijakan berusaha keras untuk mengatasi krisis berkepanjangan.

Dilansir dari Reuters, Hakim Linda Chan memutuskan Evergrande mengatakan keputusan likuidasi diambil karena perusahaan tak dapat menawarkan rencana restrukturisasi yang konkrit selama lebih dari dua tahun usai gagal membayar utang obligasi dan beberapa kali sidang di pengadilan.

Kepala eksekutif Evergrande Siu Shawn mengatakan perusahaan akan memastikan proyek-proyek pembangunan rumah bakal tetap dilaksanakan meskipun ada perintah likuidasi. Kata dia, perintah tersebut tidak akan mempengaruhi operasi unit-unit Evergrande.

Keputusan ini menjadi awal dari proses yang diperkirakan akan berlarut-larut dan rumit dengan potensi pertimbangan politis, mengingat banyaknya pihak berwenang yang terlibat di perusahaan.

Sementara itu, para investor luar negeri akan berfokus pada bagaimana otoritas China memperlakukan kreditor asing ketika sebuah perusahaan mengalami kegagalan.

"Ini bukanlah akhir dari proses likuidasi yang berkepanjangan, yang akan membuat operasi harian Evergrande semakin sulit," kata Gary Ng, ekonom senior di Natixis.

"Karena sebagian besar aset Evergrande berada di daratan China, ada ketidakpastian tentang bagaimana kreditor dapat menyita aset dan peringkat pembayaran pemegang obligasi luar negeri, dan situasinya dapat menjadi lebih buruk bagi para pemegang saham," imbuhnya.

Lihat Juga :
Alasan Kemendagri Sebut 400 Ribu PNS dan PPPK Berhak terima Zakat

Saham Evergrande anjlok 20 persen sebelum dengar pendapat, kemudian perdagangan sahamnya dihentikan di bursa.

Evergrande, yang memiliki aset senilai US0 miliar atau sekitar Rp3.798,45 triliun, membuat sektor properti yang sedang mengalami kesulitan menjadi terpuruk ketika gagal membayar utang pada 2021. Keputusan likuidasi ini kemungkinan besar akan semakin mengguncang pasar modal dan properti China yang sudah rapuh.

Pasalnya, Beijing sedang bergulat dengan ekonomi yang berkinerja buruk, pasar properti terburuk dalam sembilan tahun terakhir dan pasar saham yang mandek di dekat posisi terendah dalam lima tahun terakhir.

Karena itu, setiap sentakan baru pada kepercayaan investor dapat semakin merusak upaya para pembuat kebijakan untuk memperbaiki perekonomian.

Evergrande mengajukan penundaan lagi pada Senin (29/1) karena pengacaranya mengatakan bahwa mereka telah membuat "beberapa kemajuan" dalam proposal restrukturisasi.

Dalam penawaran terbaru, pengembang ini mengusulkan para kreditur menukar utang mereka dengan seluruh saham yang dimiliki perusahaan di dua unit Hong Kong, dibandingkan dengan kepemilikan saham sekitar 30 persen di anak perusahaan menjelang sidang terakhir pada Desember.

Pengacara Evergrande berpendapat likuidasi dapat membahayakan operasional perusahaan, manajemen properti dan unit kendaraan listriknya, yang akhirnya bisa merusak kemampuan grup untuk membayar semua kreditur.

Setidaknya tiga pengembang China telah diperintahkan oleh pengadilan Hong Kong untuk melakukan likuidasi sejak krisis utang saat ini terjadi pada pertengahan 2021.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)