petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

oribet

link slot bet 100 311Jutaan kata 314518Orang-orang telah membaca serialisasi

《oribet》

Wapres minta MUI lebih optimal dalam tugas melayani umat******

Wapres minta MUI lebih optimal dalam tugas melayani umat
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memimpin rapat Dewan Pertimbangan MUI di Gedung MUI Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden/aa.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dapat lebih optimal dalam melaksanakan tekadnya, yakni melayani dan memberdayakan umat.

"Saya ingin mengarahkan bahwa tugas-tugas MUI yang cukup berat itu harus dilaksanakan dengan lebih optimal lagi, lebih semangat lagi, terutama prinsip atau pijakan yang sudah menjadi tekad MUI. Yang pertama itu, melayani umat, atau khadimul ummah," kata Wapres Ma'ruf usai memimpin rapat Dewan Pertimbangan MUI di Gedung MUI Jakarta, Rabu.

Berdasarkan video yang ditayangkan melalui akun YouTube Sekretariat Wakil Presiden, Wapres menjelaskan pokok pembahasan rapat yang berlangsung lebih dari satu jam tersebut.

Selaku Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Wapres menekankan tentang pembinaan umat sebagai bagian dari visi dan misi MUI.

MUI dalam segala aspek diminta terus menjaga umat dari paham-paham yang menyimpang atau paham ekstrem, menjaga umat dari perilaku yang tidak sesuai syariat, serta melindungi umat agar tidak mengonsumsi produk nonhalal.

Baca juga: MUI kirim 20 dai ke NTT untuk sampaikan Islam "wasathiyah"

Baca juga: MUI ajak dai bersihkan residu perpecahan pasca-Pemilu 2024

Wapres menekankan bahwa MUI turut mengemban tugas dalam memulihkan keutuhan dan kesatuan umat, apalagi setelah pemilu sehingga tidak terjadi perpecahan.

"Jangan sampai umat ini terbelah akibat adanya pemilu, jadi itu harus disatukan lagi supaya tidak lagi terkoyak-koyak," kata Wapres.

Dalam pengantar rapat, Dewan Pengurus Harian MUI, Asrorun Niam, melaporkan beberapa kendala dalam pengurusan sertifikasi halal serta perumusan peta dakwah di Indonesia.

Dewan Pertimbangan MUI yang turut hadir dalam rapat ini di antaranya Zainut Tauhid Sa'adi, Jimmly Ashiddqy, K.H. Sadeli Karim, K.H. Abun Bunyamin, Dadang Kahmad, Maman Abdurahman, Zaitun Rasmin, K.H. Arif Fahrudin, dan Trisna Ningsih Yuliati Djuwaeli

Wapres didampingi oleh Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, dan Staf Khusus Wapres Bidang Ekonomi Lukmanul Hakim.

Baca juga: Wakil Ketua MUI ajak jaga kerukunan selama menunggu hasil real count

Baca juga: Ketua MUI: Saatnya merajut kembali kebersamaan untuk bangun Indonesia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024

KPU bakal gelar PSU di Kuala Lumpur tanpa metode pos******

KPU bakal gelar PSU di Kuala Lumpur tanpa metode pos
Arsip foto - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur menyamakan nama penerima surat suara pada yang tertera pada sampul surat yang akan dikirim untuk metode Pos dengan nama di Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri kepada perwakilan partai politik di di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (15/1/2024). ANTARA/Virna P Setyorini/aa.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia dengan meniadakan pemungutan suara dengan metode pos.

"KPU juga memulai kegiatan PSU di Kuala Lumpur dengan pemutakhiran daftar pemilih," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan pemutakhiran data ini berdasarkan daftar pemilih tetap (dpt) yang sudah ditetapkan pada 21 hingga 23 Juni 2023 di Kuala Lumpur. Adapun data yang akan dimutakhirkan merupakan alamat-alamat yang tidak jelas.

"Berdasarkan alamat-alamat yang tidak diketahui atau tidak jelas, kita keluarkan dari daftar pemilih, sehingga menjadi basis pemutakhiran daftar pemilih," katanya.

Sehingga, PSU di Kuala Lumpur nantinya dilakukan tidak dengan menambah pemilih baru. Adapun data yang dimutakhirkan itu akan disinkronkan dengan daftar hadir pemilih untuk metode tps di luar negeri.

Hasyim mengatakan KPU tengah menyusun jadwal untuk pemutakhiran dan rekrutmen ulang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga mengidentifikasi sisa surat suara yang masih digunakan.

Selain itu KPU juga tengah berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terkait rekomendasi-rekomendasi atas proses PSU.

“Itu juga kita bicarakan dengan Bawaslu supaya apa yang kita lakukan sesuai rekomendasi Bawaslu dan ketentuan perundang-undangan," jelas Hasyim.

Untuk diketahui, ada tiga metode pemungutan suara di luar negeri, yakni: pemungutan suara di tps, kotak suara keliling (ksk) dan pos.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Baca juga: KPU tunda penghitungan suara metode pos dan KSK di Kuala Lumpur

Baca juga: Bawaslu minta KPU dorong pemutakhiran data pemilih di Kuala Lumpur

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Erdogan ucapkan selamat kepada Prabowo atas perolehan suara terbanyak******

Erdogan ucapkan selamat kepada Prabowo atas perolehan suara terbanyak
Arsip foto - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (tengah) dan Menhan Turki Hulusi Akar (kanan) di Turki pada Jumat (29/11/2019). ANTARA/HO-KBRI Ankara/aa.
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden Prabowo Subianto menerima ucapan dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas perolehan suara terbanyak dalam Pemilu 2024 menurut hasil hitung cepat atau quick count.

Prabowo sempat mengunggah surat ucapan Erdogan itu dalam akun Instagram @prabowo pada Kamis (22/2).

"Kemarin, saya menerima surat ucapan selamat dari Presiden Turki @rterdogan mengenai hasil sementara Pemilu 2024, yang diberikan langsung oleh Duta Besar Turki @talipkucukcan," demikian unggahan Prabowo dalam akun media sosialnya seperti dikutip di Jakarta, Jumat.

Prabowo pun berterima kasih atas dukungan pemimpin negara Turki itu.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas dukungan dan persahabatan antara kedua negara kita," tambah Prabowo.

Baca juga: TKN sebut bocoran kabinet Prabowo-Gibran adalah hoaks

Dalam surat tersebut, Erdogan berdoa agar masyarakat Indonesia dapat hidup sejahtera dan tetap bersaudara di bawah kepemimpinan Prabowo nantinya setelah ditetapkan resmi sebagai pemenang Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya ingin menyampaikan harapan terbaik saya untuk kesehatan pribadi dan kebahagiaan Yang Mulia, serta kesejahteraan masyarakat Indonesia yang ramah dan bersaudara," tulis Erdogan dalam surat itu.

Lebih lanjut, Erdogan meyakini bahwa jalinan hubungan antara Indonesia dan Turki akan semakin kuat karena kedua negara memiliki ikatan sejarah serta nilai-nilai bersama, yang didasarkan pada kemitraan strategis Indonesia-Turki selama ini.

Baca juga: Indikator: Prabowo-Gibran menang telak berkat partisipasi anak muda

Sebelumnya, beberapa pemimpin negara sahabat juga telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas perolehan suara sementara Pemilu 2024.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. atau Bongbong Marcos juga mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui akun media sosial X.

"Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral PH (Filipina) dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN, terutama saat kami merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini," kata Marcos.

Baca juga: Prabowo menang kembali pada pemungutan suara ulang Trenggalek

Selain itu, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese juga mengucapkan selamat kepada Indonesia dan Prabowo.

Melalui akun media sosial X, Albanese mengucapkan selamat kepada Prabowo atas perolehan suara sementara yang menunjukkan unggul di Pilpres 2024.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam hal resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia. Saya berharap dapat bekerja sama dengan presiden Indonesia yang baru, setelah dilantik pada Oktober 2024," kata Albanese

Baca juga: Wakil PM Australia akan kembali bertemu Prabowo bahas pertahanan

Berikut daftar tokoh dunia yang sudah mengucapkan selamat untuk Prabowo per Rabu (21/2):

Via Telepon:
1. PM Australia Anthony Albanese
2. ⁠DPM Australia Richard Marles
3. ⁠PM Singapura Lee Hsien Loong
4. ⁠PM Malaysia Anwar Ibrahim
5. ⁠Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe
6. ⁠PM Albania Edi Rama
7. ⁠Presiden Timor Leste José Ramos-Horta
8. ⁠Sultan Brunei Hassanal Bolkiah
9. Eks PM Thailand Thaksin Sinawatra
10. Eks PM Inggris Tony Blair
11. Menlu Turki Hakan Fidan
12. Presiden Nikaragua Daniel Ortega

Via media sosial dan surat:
1. PM India Narendra Modi
2. ⁠PM Inggris Rishi Sunak
3. Presiden Rusia Vladimir Putin
4. Presiden China Xi Jinping
5. Presiden Filipina Bongbong Marcos

Baca juga: Dari Vladimir Putin hingga Rishi Sunak ucapkan selamat ke Prabowo

Untuk diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Prabowo-Gibran mengantongi suara 58,92 persen.

Di urutan kedua, ada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara 24,09 persen; sementara di posisi ketiga ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan suara mencapai 16,99 persen.

Data tersebut dikutip Kamis (22/2), pukul 21.00 WIB, dari situs resmi https://pemilu2024.kpu.go.id/.

Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Baca juga: Golkar sebut faktor efek ekor jas Prabowo bantu tingkatkan suara

Pewarta: Walda Marison
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:airbet gacor

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
togel 01
buku mimpi 2d abjad 2021
judi slot online apk
gacor 24 slot
situs paling gampang maxwin
situs slot gacor pagi hari
siap4d
cakraslot
slot gacor terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara mengkredit hp di lazada
Bab 2 jp gacor
Bab 3 nex777
Bab 4 gacor 88 login
Bab 5 pinjol terbaru 2022
Bab 6 hari 138 slot
Bab 7 rumus angka jitu hk malam ini
Bab 8 rtp sisil4d
Bab 9 suster4d
Bab 10 omega 77 slot
Bab 11 abangda88
Bab 12 situs judi slot tergacor
Bab 13 cara cek situs terpercaya
Bab 14 buku togel 16
Bab 15 link slot gacor terpercaya
Bab 16 cara pasang togel
Bab 17 pandaspin88
Bab 18 langkahcurang
Bab 19 situs gacor hari ini maxwin
Bab 20 mustikaslot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7811bab
FantasiBacaan TerkaitMore+

Kembali ke masa kecil

slot promo new member 100 to kecil
MU dalam bahaya besar setelah Hojlund absen tiga pekan karena cedera
Arsip foto - Striker Manchester United Rasmus Hojlund saat dalam pertandingan Liga Champions antara Manchester United dan Bayern Muenchen di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 12 Desember 2023. ANTARA/AFP/Peter Powel/pri.
Jakarta (ANTARA) - Rasmus Hojlund dipastikan absen dalam pertandingan Manchester United melawan Fulham di Old Trafford, Sabtu malam, karena cedera otot.

"Dia diperkirakan absen selama dua sampai tiga pekan," umum Manchester United dalam lamannya pada Jumat.

United juga dipastikan tak akan diperkuat striker Denmark berusia 21 tahun tu dalam derbi Manchester di Stadion Etihad pada 3 Maret mendatang.

Baca juga: Luke Shaw cedera lagi, kemungkinan absen hingga akhir musim

Kabar yang menimpa pemain seharga 72 juta pound yang menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam enam pertandingan liga berturut-turut itu, menjadi hantaman keras bagi pelatih Erik ten Hag dan ambisi Setan Merah finis dalam zona Liga Champions.

Padahal Setan Merah sudah mulai menemukan konsistensinya dengan memenangkan lima pertandingan dalam semua kompetisi secara berturut-turut.

Hojlund juga akan absen membela klubnya dalam pertandingan Piala FA melawan Nottingham Forest, Rabu pekan depan.

Baca juga: Ratcliffe: MU harus belajar dari Man City dan Liverpool
Baca juga: Ratcliffe rampungkan akuisisi 25 persen saham Man United

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Memecahkan rekor

kratonbet
BI menyiapkan Rp197,6 triliun untuk penukaran uang jelang Idul Fitri
Ilustrasi - Warga menunjukan uang hasil penukaran di mobil kas keliling Bank Indonesia. ANTARA FOTO/Andri Saputra/aww/aa.
Angka tersebut naik 4,65 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar Rp189 triliun.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P Joewono mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan Rp197,6 triliun untuk program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) yang pada tahun ini akan mulai berjalan sekitar dua minggu lagi.

“Angka tersebut naik 4,65 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar Rp189 triliun,” ujar Doni P Joewono, di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, keputusan BI untuk menaikkan jumlah uang yang siap ditukarkan melalui program Serambi tersebut didasarkan pada pertumbuhan ekonomi domestik serta semakin meluasnya jangkauan transaksi digital.

“Artinya persentasenya itu sudah kami perkirakan dengan (transaksi) yang non-tunai juga,” ujarnya lagi.

Doni juga menyatakan bahwa BI akan menambah lokasi penukaran uang menjelang Idul Fitri sebanyak 449 titik dari rencana semula hanya 4.674 titik.

“Kami mau menambah lagi 449 titik penukaran uang di lokasi yang berhubungan dengan transportasi. Jadi, di (rest area) jalan tol dan lainnya itu nanti kita perbanyak,” katanya pula.

Selain di jalan tol, ia menyampaikan bahwa lokasi tambahan untuk program penukaran uang tersebut, juga akan disediakan di pelabuhan, bandara, dan stasiun.

Dia menuturkan bahwa upaya tersebut dilakukan untuk membantu para pemudik dapat menukarkan uang mereka dengan mudah menjadi pecahan kecil mulai dari Rp1.000-Rp20.000 melalui program Serambi tersebut.

Saat ditanya mengenai peredaran uang saat Pemilu 2024, Doni mengatakan bahwa realisasi uang yang beredar ternyata lebih rendah dari proyeksi BI.

“Saat periode pemilu pada 1-14 Februari mestinya naik ya, tapi realisasinya lebih rendah daripada proyeksinya. Jadi, kita memperkirakan sekitar Rp68 triliun tapi realisasinya Rp67,14 triliun,” katanya lagi.
Baca juga: Deputi Gubernur BI: Penukaran uang Lebaran 2023 telah capai 81 persen
Baca juga: BI Bali buka layanan penukaran uang pemudik di terminal dan pelabuhan



Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

zaman Ayutthaya

heylink.me slot gacor demo
Korsel bahas proyek jet tempur yang tertunda dengan Indonesia
Arsip foto - Penerbang TNI Angkatan Udara Letkol Pnb. Ferrel “Venom” Rigonald (kiri) dan Park Ji Won dari Korea Aerospace Industries (KAI) berhasil menguji purwarupa KF-21/IF-X Boramae nomor 4 (XFB1) di Sacheon AFB, Korea Selatan, Jumat (2/6/2023). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara.
Seoul (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Korea Selatan Cho Tae-yul dan Menlu Indonesia Retno Marsudi sepakat untuk terus bekerja sama dalam pembuatan jet tempur, yang proyeknya melambat akibat penundaan pembayaran oleh Indonesia, kata Kemenlu Korsel pada Kamis.  

Pembahasan masalah itu berlangsung saat  Cho dan Retno bertemu secara bilateral di sela-sela pertemuan para menlu kelompok G20 di Rio de Janeiro pada Rabu (21/2), kata kementerian luar negeri Korsel dalam rilisnya.

Indonesia telah setuju untuk menanggung sekitar 20 persen dari proyek itu, yang bernilai 8,1 triliun won (sekitar Rp95,07 triliun) dan diluncurkan pada 2015, untuk mengembangkan jet tempur KF-21 hingga 2026. 

Sebagai imbalan atas penanggungan biaya tersebut, Indonesia akan mendapatkan satu prototipe KF-21 dan transfer teknologi.

Menurut kesepakatan, Indonesia juga akan memproduksi 48 unit jet tempur itu di dalam negeri. 

Indonesia telah menunda pembayaran selama hampir dua tahun. Sejauh ini, diperkirakan baru sekitar 278 miliar won (Rp3,2 triliun) yang sudah dibayarkan Indonesia. Dengan demikian, tunggakan Indonesia bernilai hampir 1 triliun won (Rp11,7 triliun).

Kedua menteri, menurut kemenlu Korsel, "sepakat  melanjutkan kerja sama agar proyek kerja sama strategis kedua negara, termasuk pengembangan jet tempur bersama serta partisipasi Korea Selatan dalam 'pembentukan ekosistem mobil listrik' Indonesia berjalan lancar dan mencapai hasil.

Selain itu, Menlu Cho dan Menlu Retno juga sepakat untuk bekerja sama dalam merevisi kuota impor Indonesia dan perjanjian penghindaran pajak berganda sebagai upaya menciptakan lingkungan investasi bisnis yang lebih baik bagi perusahaan-perusahaan Korsel.  

Sementara itu, Cho juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly di sela-sela pertemuan multilateral tersebut.

Bersama Menlu Joly, Cho membahas hubungan bilateral, kerja sama keamanan dan ekonomi, serta isu-isu regional dan global.

Cho dan Joly sepakat untuk segera menyelesaikan rencana aksi di bidang-bidang yang disepakati kedua negara untuk bekerja sama di bawah kemitraan strategis komprehensif, sebagai tindak lanjut dari KTT para pemimpin pada 2022.

Mereka juga sepakat untuk mengadakan pertemuan antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara, serta berupaya memajukan kemitraan di bidang pertahanan dan keamanan.

Sumber: Yonhap-OANA

Baca juga: Indonesia, Korsel Sepakat Kembangkan Jet Tempur

Baca juga: Pemerintah selidiki tuduhan insinyur Indonesia curi data jet KF-21

 

Dua pesawat tempur F-16 Program Falcon Star eMLU kembali mengudara



 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024

Cincin Dewa Memasak

pinjaman online yang tenornya panjang
Ketua Bawaslu persilakan DPR gulirkan hak angket
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja menjawab pertanyaan awak media di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Nadia Putri Rahmani/am.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mempersilakan apabila Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia akan menggulirkan hak angket terkait pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Adapun usulan hak angket disampaikan oleh calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo untuk mengungkap indikasi kecurangan pada Pemilu 2024.

“Ya, silahkan saja. Dalam mekanisme sistem politik, kami tidak bisa menilai hal tersebut. Kami tidak dalam kerangka itu. Partai politik pasti punya perspektifnya sendiri,” kata Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sebagai salah satu penyelenggara Pemilu, dia menyebutkan fungsi Bawaslu hanya menindak-lanjuti pelanggaran sesuai Undang Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Bahkan, berdasarkan UU itu, Bawaslu tidak berhak mengomentari inisiatif pengajuan hak angket.

“Menindaklanjuti pelanggaran iya, tapi jika kemudian ini dibawa ke dalam mekanisme Dewan Perwakilan Rakyat, ya itu kewenangan dari Dewan Perwakilan Rakyat, bukan ada di Bawaslu,” jelasnya.

Menurut Bagja, saat ini Bawaslu fokus untuk menyiapkan dan mengawasi proses rekapitulasi penghitungan suara.

“Dan, juga sedang menyiapkan jika nanti ada masalah masuk ke Mahkamah Konstitusi. Sekarang kami sedang menghimpun hasil pengawasan teman-teman di tingkat kabupaten dan kota,” ujarnya.

Bawaslu telah menerima 962 laporan dan 465 temuan selama pelaksanaan Pemilihan Umum 2024. Saat ini, lanjutnya, Bawaslu telah mendaftarkan 387 laporan dan 396 temuan.

“Saat ini, 100 kasus masih dalam proses penanganan pelanggaran. Kemudian, 408 kasus telah ditetapkan sebagai pelanggaran dan 278 kasus dinyatakan bukan sebagai pelanggaran,” ucap Bagja.

Kemudian, ada 26 pelanggaran administrasi, 14 dugaan tindak pidana Pemilu, 232 pelanggaran kode etik, dan 95 pelanggaran hukum lainnya.

Sementara itu, terkait pelanggaran pada tahapan kampanye, Bagja mengaku telah menerima 297 laporan dan 165 temuan. Sedangkan untuk penanganan pelanggaran tahapan kampanye, sebanyak 84 kasus masih dalam proses penanganan, 75 kasus telah dinyatakan sebagai pelanggaran, dan 86 kasus dinyatakan bukan sebagai pelanggaran.

Pelanggaran pada tahapan kampanye, terdiri atas 1 pelanggaran administrasi, 17 dugaan tindak pidana Pemilu, 20 pelanggaran kode etik, dan 38 pelanggaran hukum lainnya.

Baca juga: Sekjen NasDem: PDIP tak bisa ajukan hak angket tanpa Koalisi Perubahan

Baca juga: KPU soal Ganjar dorong hak angket: Sudah diatur dalam UU Pemilu

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Tahta Dewa Darah Asli

daftar pinjol legal ojk
Penjualan gim "Elden Ring" tembus 23 juta kopi
Ilustrasi - Gim "Elden Ring". ANTARA/Steam/Elden Ring.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan gim Bandai Namco mengumumkan penjualan gim populer besutannya yang bertajuk "Elden Ring" telah menembus angka 23 juta kopi.

Menurut laporan IGN pada Jumat, capaian tersebut disampaikan sebagai bagian dari pengumuman konten tambahan yang dapat diunduh (downloadable content/DLC) "Shadow of the Erdtree" yang dijadwalkan rilis bulan Juni ini.

Penjualan sebanyak 23 juta kopi ini didapatkan dari penjualan kopi gim versi fisik dan unduhan di platform daring seperti Steam. Angka ini menunjukkan kesuksesan dari gim yang dikembangkan oleh FromSoftware ini.

Baca juga: Bandai Namco batalkan 5 gim yang sedang dalam tahap pengembangan

Baca juga: “Roster” Tekken 8 lengkap dengan rilisnya karakter misterius Reina

Sebagai perbandingan, gim "Hogwarts Legacy" yang dinobatkan sebagai gim paling laris tahun 2023 memiliki angka penjualan sebanyak 24 juta kopi dengan pendapatan mencapai lebih dari 1 miliar dolar Amerika (Rp15,5 triliun).

Penjualan gim ini juga melampaui judul-judul yang mengusung genre serupa, yakni aksi dan role-playing gameseperti "Dark Souls", "Demon's Souls", "Sekiro", dan "Bloodborne".

Dalam wawancara khusus, kepala tim pengembang dari FromSoftware, Hidetaka Miyazaki mengatakan pihaknya mungkin akan menggarap sekuel "Elden Ring" atau menghadirkan lebih banyak DLC seperti "Shadow of the Erdtree" meskipun dirinya belum mau membeberkan lebih banyak informasi mengenai hal ini.

Awal bulan ini perusahaan gim asal China, Tencent dikabarkan tengah menggarap gim adaptasi "Elden Ring" untuk perangkat mobile. Gim tersebut akan mengusung konsep "gacha"seperti pada gim "Genshin Impact". Akan tetapi, para penggemar harus bersabar karena progres pengembangan gim ini berjalan lambat.

Baca juga: Tekken 8 kenalkan karakter baru Victor Chevalier pendiri pasukan PBB

Baca juga: Anime "Jujutsu Kaisen" diadaptasi menjadi gim oleh Bandai Namco

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

Perjalanan Fantasi dan Legendaris

joget4d
Kominfo gandeng Telegram blokir pembajakan konten olahraga
Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna (kiri) menjadi salah satu pembicara dalam diskusi terkait pembajakan konten olahraga di sela pertemuan Sportel di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (22/2/2024). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/pri.
Badung, Bali (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng platform media sosial, Telegram untuk memblokir pembajakan konten olahraga yang banyak ditemukan melalui platform digital itu di tanah air.

“Sebentar lagi kami memanggil Telegram. Mereka sudah sangat membantu tapi kami ingin bekerja lebih erat dengan Telegram untuk memblokir konten negatif dan konten ilegal,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna di sela pertemuan Sportel di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Kamis.

Baca juga: Industri olahraga-penyiaran global fokus berantas pembajakan konten 

Ia tidak menyebutkan waktu spesifik untuk jadwal pemanggilan itu, namun pihaknya dalam waktu dekat mengajak kanal digital media sosial tersebut untuk ikut memberantas pembajakan konten ilegal termasuk pembajakan konten olahraga.

Adhiarna menjelaskan, Kominfo tidak bisa langsung memblokir konten ilegal karena masing-masing media sosial itu memiliki kebijakan sendiri dan perlu kerja sama dengan kementerian/lembaga dan asosiasi terkait.

Baca juga: Riri Riza: Aplikasi layanan konten kurangi pembajakan film

Hal itu, lanjut dia, berbeda dengan pemblokiran konten negatif seperti perjudian, pornografi hingga kabar bohong yang bisa langsung diblokir Kominfo.

Misalnya bekerja sama terlebih dahulu dengan Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI apabila ada temuan konten ilegal di media sosial.

“Kami harus kerja sama dengan kementerian lain misalnya Kemenkumham. Mereka yang bisa menentukan benar atau tidak situs itu memang menyiarkan konten ilegal. Setelah mereka mengatakan ilegal, kami baru bisa blokir, tahapannya seperti itu,” imbuhnya.

Baca juga: Pembajakan online di medsos rugikan hak cipta konten kreator

Meski tidak secara khusus menyebutkan konten olahraga, namun Kominfo mendata penanganan pelanggaran hak kekayaan intelektual hingga 15 Februari 2024 mencapai 16.657 pelanggaran.

Rinciannya paling banyak dalam situs mencapai 14.978, kemudian Internet Protocol (IP) mencapai 798 pelanggaran, file sharing sebanyak 449, facebook/instagram sebanyak 197, telegram sebanyak 122, google/youtube sebanyak 102 dan tiktok sebanyak 11.

Baca juga: Dotcom tawarkan hadiah 5 juta dolar untuk bantu kasusnya

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Video Streaming Indonesia (AVISI) Hermawan Sutanto dalam kesempatan yang sama menjelaskan pembajakan konten ilegal termasuk pembajakan konten olahraga dapat dilakukan salah satunya melalui platform media sosial karena kanal digital itu yang menjembatani akses kepada publik.

“Memberantas pembajakan itu seperti serial kartun Tom dan Jerry, tidak berhenti dan itu selalu berputar. Kami perlu upaya kolaborasi, kemudian meningkatkan posisi tawar dengan platform global karena ini masalah industri dan ketiga dengan asosiasi, karena kami mendapat dukungan pemerintah,” ucapnya.

Baca juga: Industri olahraga-penyiaran global fokus berantas pembajakan konten 

Berdasarkan data organisasi Coalition Against Piracy (CAP) pada diskusi dalam pertemuan tersebut dengan tema penanganan pembajakan konten olahraga di Indonesia dan Asia, rata-rata pembajakan konten olahraga di Indonesia mencapai 54 persen pada 2023 atau naik dua persen dibandingkan 2022 mencapai 52 persen.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan kawasan lain di Asia Pasifik (APAC) misalnya Malaysia mencapai 60 persen, Filipina dan Vietnam sama-sama sebesar 58 persen.

Baca juga: Telegram sempat menghilang dari App Store akibat konten pornografi

Sedangkan Hong Kong dan Taiwan mencapai 47 persen, dan Singapura mencapai 39 persen.

Apabila dirinci, bentuk pembajakan konten olahraga itu paling banyak melalui media sosial, termasuk di Indonesia mencapai 37 persen.

Lebih lanjut kanal media sosial di Indonesia yang publik dapat mengakses pembajakan konten olahraga, yakni paling besar melalui telegram mencapai 63 persen, kemudian facebook 54 persen, Instagram 42 persen, WhatsApp 60 persen dan Tiktok 39 persen.

Baca juga: Saudi dan Telegram hapus 7 juta konten ekstremis pada April-Juni 2023

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024