petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

lagi slot

pinjaman kta syariah online 78Jutaan kata 518514Orang-orang telah membaca serialisasi

《lagi slot》

Harga Emas Makin Kinclong ke Rp1,077 Juta per Gram******

Harga jual emas Antam melesat Rp15 ribu ke Rp1,077 juta per gram pada perdagangan Kamis (4/5) pagi.
Harga jual emas Antam melesat Rp15 ribu ke Rp1,077 juta per gram pada perdagangan Kamis (4/5) pagi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jualemasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atauAntam berada di posisi Rp1,077 juta per gram pada Kamis (4/5). Harga emas Antam per gram ini naik Rp15 ribu dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Bahkan, harga pembelian kembali (buyback) meroket Rp21 ribu dari Rp954 ribu per gram ke Rp975 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp588 ribu, 2 gram Rp2,09 juta, 3 gram Rp3,11 juta, 5 gram Rp5,16 juta, 10 gram Rp10,26 juta, 25 gram Rp25,53 juta, dan 50 gram Rp50,99 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX naik 0,96 persen menjadi US.056,5 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot plus 0,46 persen ke US.048,4 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memprediksi harga emas bakal menguat. Menurutnya, hasil FOMC mensinyalkan The Fed akan mengakhiri siklus kenaikan suku bunga.

"Hal ini membuat imbal hasil obligasi turun tajam dan melemahkan dolar AS," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang supportUS.030 per troy ons danresistanceUS.080 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Erick Bersuara soal Hotman Paris Jadi Kuasa Korban Lift Kualanamu******

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Hotman Paris Hutapea tepat menjadi pengacara keluarga Asiah, perempuan yang jatuh dan tewas di lift Bandara Kualanamu.
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Hotman Paris Hutapea tepat menjadi pengacara keluarga Asiah, perempuan yang jatuh dan tewas di lift Bandara Kualanamu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomentar soal Hotman Paris Hutapea  jadi pengacara keluarga Asiah Shinta Dewi Hasibuan, wanita yang jatuh dan tewas di lift Bandara Kualanamu.

Erick menyebut Hotman adalah teman baiknya. Ia juga mengatakan tindakan Hotman sudah baik karena membela masyarakat yang membutuhkan.

"Bagus, ini kita perlu figur-figurlawyerseperti ini. Sudah terjadi komunikasi di lapangan pagi ini, tapi saya belum dapat detailnya karena ini kan anak perusahaan AP yaitu Angkasa Pura Aviasi," kata Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/5).

"Tentu saya turut berduka cita secara mendalam dengan kejadian yang ada di Kualanamu, karena itu saya mendukung proses investigasi," katanya.

Oleh karena itu, ia pun tidak mau buru-buru memecat direksi PT Angkasa Pura Aviasi maupun induk usahanya PT Angkasa Pura II (AP II) terkait kasus tewasnya Asiah.

"Kalau saya bilang 'oh ini direksi langsung dipecat' ya terlalu dini. Kan kita lagi tunggu investigasi dan review, apakah ada kesalahan ya mungkin saja nanti kami lihat dari hasilnya," ujar Erick.

Hotman Paris Hutapea resmi jadi pengacara keluarga wanita yang jatuh dan tewas di lift Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Ia bakal segera melayangkan surat somasi ke enam perusahaan terkait kasus itu.

[Gambas:Video CNN]

Enam perusahaan yang akan disomasi itu, yakni PT Angkasa Pura II, PT Angkasa Pura II Aviasi, PT Angkasa Pura Solusi, GMR Airpors Limited, GMR Airports Consortium, dan Aeroports de Paris.

"Kami baru ditunjuk sebagai kuasa hukum. Sekarang ini hanya sebatas somasi dan kemungkinan membuat laporan polisi," kata Hotman Paris di W Super Club, dikutip dari detikcom, Selasa (2/5).

Adapun surat kuasa kepada Hotman ditandatangani oleh suami korban, Asiah Shinta Dewi Hasibuan, Ahmad Faisal.

Hotman mengatakan pihak keluarga belum menerima penjelasan resmi dari pihak bandara. Selain itu, kata Hotman, keluarga juga belum dimintai keterangan untuk berita acara pemeriksaan (BAP).

"Kita kirim somasi dulu karena sampai hari ini belum ada penjelasan resmi ataupun tidak ada keluarga ini belum didatangi pihak berwenang pengelolaan bandara dan lift tersebut," kata Hotman.



(mrh/agt)

Cara Buat SKCK untuk Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023******

SKCK menjadi salah satu berkas yang harus dipersiapkan pelamar rekrutmen bersama BUMN. Berikut cara buat SKCK online dan offline 2023.
Cara buat SKCK untuk daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023 (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia--

Rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibuka pada hari ini, Jumat (5/5).

Salah satu persyaratan yang harus dipersiapkan calon peserta rekrutmen BUMNyaitu Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Berikut cara buat SKCK online dan offline 2023.

Lihat Juga :
Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2023, Pendaftaran Dibuka 5 Mei

Masa berlaku SKCK yaitu 6 bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika melewati masa berlaku dan dirasa masih perlu, maka SKCK dapat diperpanjang ke Polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri setempat.


Cara Buat SKCK Rekrutmen Bersama BUMN

Dirangkum dari laman SKCK Polri, berikut cara buat SKCK secara online atau offline khusus Warga Negara Indonesia (WNI) untuk keperluan rekrutmen bersama BUMN 2023

Syarat Membuat SKCK

Di bawah ini ada beberapa persyaratan umum untuk membuat SKCK. Anda dapat mengcek persyaratan lebih detail ke laman https://skck.polri.go.id/.

Selain itu, Anda dapat memilih layanan pembuatan SKCK sesuai keinginan. Yaitu di Polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri, karena setiap tempat memiliki syarat yang berbeda-beda.

  • Fotokopi KTP dengan menunjukkan KTP asli.
  • Fotokopi akta lahir, atau surat kenal lahir, atau ijazah, atau surat nikah.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  • Dokumen sidik jari.
  • Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, foto berpakaian sopan dan berkerah, foto tidak menggunakan aksesoris wajah, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.


Cara Buat SKCK Online

Cara buat SKCK online hanya bisa dilakukan melalui Super Apps Presisi Polri yang di unduh gratis lewat Google Play Store atau App Store.

  1. Buka aplikasi Presisi Polri di perangkat Android atau iOS.
  2. Di halaman awal aplikasi akan muncul beberapa penjelasan, Anda bisa pilih opsi Lanjutkan atau Lewati.
  3. Lalu akan muncul keterangan 'Izinkan POLRI mengakses perangkat ini?' dan klik opsi 'Saat aplikasi digunakan.'
  4. Pilih menu Profil dan klik Daftar Baru.
  5. Masukkan nomor hp yang aktif saat ini dan klik Selanjutnya.
  6. Masukkan 5 digit kode OTP dari Polri ke nomor hp yang terdaftar.
  7. Lengkapi menu Profil dengan mengisi keterangan Nama Asli dan Password, klik Selanjutnya.
  8. Setelah muncul keterangan Registrasi Berhasil, klik opsi Kembali ke Beranda.
  9. Pilih menu Profil dan klik ikon Profil di kanan atas untuk verifikasi email terdaftar.
  10. Masukkan alamat email aktif dan klik Verifikasi.
  11. Salin 6 digit kode OTP yang dikirim Polri ke alamat email terdaftar, dan tempel ke kolom aplikasi.
  12. Kembali ke menu Beranda.
  13. Pilih menu SKCK dan cek persyaratannya.
  14. Klik menu Ajukan SKCK di bagian atas berwarna oranye.
  15. Akan muncul keterangan biaya, persyarata, waktu proses, dan pengambilan, klik Mulai.
  16. Lengkapi kolom Data Identitas, seperti nama dan nomor sesuai KTP, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, NPWP, foto KTP, foto selfie, klik Selanjutnya, isi alamat lengkap, dan Simpan.
  17. Pada keterangan 'Kirim data untuk di VERIFIKASI' klik opsi Kirim Sekarang.
  18. Nantinya data Anda akan diverifikasi sistem selama 1x24 jam.
  19. Setelah itu akan muncul kode dan invoiceke alamat email terdaftar untuk menyelesaikan pembayaran.
  20. Selanjutnya bukti pembayaran dapat di-print.
  21. Lalu bawa bukti pembayaran sah dan persyaratan seperti di atas saat akan mengambil SKCK di Polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri, sesuai jadwal pengambilan yang dikirim ke email.
Lihat Juga :
5 Tips Lolos Rekrutmen Bersama BUMN, Dibuka Besok 5 Mei 2023


Cara Buat SKCK Offline

Cara buat SKCK offline ini bisa langsung mendatangi Kantor Polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri setempat. Proses pembuatannya yaitu satu hari jadi, dan bisa ditunggu di tempat.

  1. Bawa seluruh persyaratan membuat SKCK sesuai layanan yang ingin dituju. Ada Polsek, Polres, Polda, atau Mabes Polri.
  2. Setelah sampai di Kantor Kepolisian, isi formulir pembuatan SKCK di loket pendaftaran.
  3. Lanjut membuat dokumen sidik jari di loket tersebut.
  4. Serahkan seluruh persyaratan ke petugas administrasi di loket.
  5. Nantinya petugas akan mengecek kembali kelengkapan persyaratan, dan pastikan tidak ada yang terlewat.
  6. Menyiapkan uang tunai sebesar Rp30 ribu atau bisa cashlesssesuai metode pembayaran yang tersedia di loket.
  7. Setelah itu tunggu di ruang antrean sampai nama Anda dipanggil petugas, dan SKCK sudah diterbitkan Kepolisian.

Itulah cara buat SKCK rekrutmen bersama BUMN 2023. Pastikan Anda datang di jam operasional yaitu pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:e slot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
deluna4d rtp
trik main gaple supaya menang terus
cara dapat duit tanpa bekerja
erek erek 27 2d
agen slot bonus new member 100
liga slot 3
starxo88 slot
piala123
bocoran angka jitu malam ini
Daftar isi semua bab
Bab 1 agen95
Bab 2 pinjol maucash legal atau ilegal
Bab 3 situs slot terpercaya online 24 jam
Bab 4 situs slot gacor mudah maxwin
Bab 5 yakuza303
Bab 6 surgaplai
Bab 7 istana8899
Bab 8 pastiwin777
Bab 9 pinjol ilegal tidak usah dibayar 2022
Bab 10 jokerbet303
Bab 11 wapspbo
Bab 12 asiabet118
Bab 13 game slot yang mudah menang
Bab 14 ligamansion2 rtp
Bab 15 cara pinjam uang di rupiah cepat
Bab 16 slot gacor 369
Bab 17 slot gacor 100 new member
Bab 18 judi slot garuda999
Bab 19 link terbaru bola88
Bab 20 kaos kakek zeus
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7496bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

mitos dan legenda kuno

mpo369
Istri eks presiden AS Barack Obama Michelle meluncurkan perusahaan pemegang merek bernama PLEZi Nutrition yang berfokus pada makanan dan minuman sehat anak.
Istri eks presiden AS Barack Obama Michelle meluncurkan perusahaan pemegang merek bernama PLEZi Nutrition yang berfokus pada makanan dan minuman sehat anak. (REUTERS/EVELYN HOCKSTEIN).
Jakarta, CNN Indonesia--

Istri eks presiden AS Barack Obama Michelle meluncurkan perusahaan pemegang merek bernama PLEZi Nutrition yang berfokus pada makanan dan minuman sehat untuk anak.

"Saya dengan bangga mengumumkan peluncuran nasional sebuah perusahaan yang dirancang tidak hanya untuk menyediakan produk yang lebih baik, tetapi juga untuk memulai perlombaan menuju puncak yang akan mengubah seluruh industri makanan," katanya di The Wall Street Journal's Future of Everything Festival, dikutip dari CNN, Kamis (4/5).

Michelle mengatakan telah mengamati pola yang terjadi di industri makanan dan minuman. Menurutnya, tidak bisa hanya mengamati dari luar jika ingin mengubahnya ke arah lebih baik.

Produk pertama PLEZi Nutrition adalah jus buah untuk anak-anak. Jus buah ini diklaim mengandung gula 75 persen lebih sedikit daripada rata-rata jus buah terkenal lain yang mencapai 100 persen.

"PLEZi berfokus menurunkan kadar gula dan menurunkan rasa manis untuk membantu menyesuaikan selera anak-anak agar tidak terlalu ketergantungan rasa manis," tulis penjelasan perusahaan.

Saat ini, PLEZi sudah tersedia di beberapa pengecer besar. Michelle berencana meluncurkan makanan ringan dan minuman sehat lain dalam beberapa tahun mendatang.

Terlepas dari aksi istri Obama, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merinci prevalensi obesitas turun 43 persen di antara anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun. Data ini diperoleh pada 2004 hingga 2012.

Namun, tingkat obesitas anak-anak masih terus meningkat pada usia 6 hingga 11 tahun. Para ahli lantas menganggap manuver AS di bawah pemerintahan Obama kala itu tak sepenuhnya berhasil.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]

Strategi Nanchen

tigerbet888
Platform belanja online, Shopee dan Tokopedia, kompak menaikkan biaya mulai Senin (1/5) lalu. Untuk Shopee, kenaikan berlaku untuk biaya top up ShopeePay.
Platform belanja online, Shopee dan Tokopedia, kompak menaikkan biaya mulai Senin (1/5) lalu. Untuk Shopee, kenaikan berlaku untuk biaya top up ShopeePay. (Arsip Shopee).
Jakarta, CNN Indonesia--

Platform belanja online, Shopeedan Tokopedia, kompak menaikkan biaya mulai Senin (1/5) lalu.

Namun, kenaikan berbeda. Untuk Shopee, kenaikan diberlakukan terhadap biaya isi ulang atautop upShopeePay. Sedangkan Tokopedia, kenaikan dilakukan pada biaya layanan.

"Mulai 1 Mei 2023, akan ada penyesuaian biaya isi saldo ShopeePay melalui debit instan, transfer bank (virtual account) dan juga merchant," tulis Shopee dalam pengumumannya yang dikutip, Rabu (3/5).

Sementara, Tokopedia per 2 Mei menerapkan biaya layanan Rp1.000 untuk setiap transaksi dengan metode pembayaran virtual account.

Selain itu, ada juga penyesuaian biaya jasa aplikasi untuk setiap transaksi produk fisik. Transaksi dengan nominal Rp0-Rp1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp2.000, sedangkan transaksi di atas Rp1 juta dikenakan biaya jasa aplikasi Rp3.000.

Berikut rincian kenaikan biaya top up saldo ShopeePay per 1 Mei 2023:

- BCA OneKlik (debit instan): dari bebas biaya admin menjadi Rp1.000
- BRI Direct Debit (debit instan): dari bebas biaya admin menjadi Rp1.000
- Kartu Debit : dari bebas biaya admin menjadi 2 persen dari nominal top up
- Mandiri Virtual Account: dari Rp500 menjadi Rp1.000
- BSI Virtual Account: dari Rp500 menjadi Rp1.000
- Permata Virtual Account: dari Rp500 menjadi Rp1.000
- Virtual Account Bank Lainnya: dari Rp500 menjadi Rp1.000

Biaya top up mulai 1 Juni 2023:
- Indomaret/i.Saku: dari Rp1.500 menjadi Rp2.000
- Alfamart/Alfamidi/Dan+Dan: dari Rp1.500 menjadi Rp2.000.

Sementara, untuk isi ulang saldo melalui Seabank baik debit instan dan virtual account tidak dikenakan biaya. Sedangkan, biaya top up melalui BCA, BRI dan BNI virtual account tidak ada perubahan, tetap Rp1.000.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Yan Shuai

mpo369
Kemendag mengklaim harga bahan pokok usai Lebaran mengalami penurunan yang cukup signifikan. Harga saat Ramadan dan Lebaran juga stabil.
Kemendag mengklaim harga bahan pokok usai Lebaran mengalami penurunan yang cukup signifikan. Harga saat Ramadan dan Lebaran juga stabil. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga bahan pokok usai Lebaranmengalami penurunan yang cukup signifikan. Daging ayam dan daging sapi yang sempat melonjak saat Lebaran juga mulai turun harga.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menyatakan klaim tersebut berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag.

"Daging ayam pada saat Lebaran mencapai harga Rp39 ribu -Rp40 ribu per kg, saat ini menuju harga normal sesuai harga acuan di kisaran Rp37 ribu per kg. Daging sapi yang saat Lebaran mencapai hampir Rp150 ribu per kg, saat ini turun signifikan hingga 6,11 persen menjadi Rp139 ribu per kg," kata Isy kepadaCNNIndonesia.com, Selasa (2/5).

"Tidak ada perbedaan yang signifikan," ujarnya.

Menurutnya, Kemendag bersama pemangku kepentingan terkait berupaya terus menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di masyarakat. Caranya dengan meningkatkan produksi, manajemen stok, optimalisasi pasar murah hingga tata kelola angkutan barang pokok.

"Selain itu, rakor pengendalian inflasi yang rutin diselenggarakan setiap minggu turut memastikan agar koodinasi dan kerja sama antardaerah berlangsung dengan optimal," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Perjalanan Tak Terbatas Pemburu Iblis

hacep138
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (5/5).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (5/5). Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (5/5).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan IHSG masih berpotensi naik usai mengalami tekanan pada beberapa waktu lalu. Menurutnya, rilis data PDB disinyalir masih menunjukkan kondisi perekonomian yang stabil.

"Dan masih terlihatnya antusias investor yang tercermin dari capital inflow secara year to date(ytd) menunjukkan bahwa IHSG masih memiliki potensi kenaikan hingga beberapa waktu mendatang," kata William seperti dikutip dari riset hariannya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, BBRI, ICBP, UNVR, BSDE, TLKM, dan JSMR.

Sementara itu, Praktisi Pasar Modal sekaligus Founder WH-Project William Hartanto menilai indeks saham reboundkarena optimisme pasar yang terbangun. Namun, masih ada ruang pelemahan IHSG pada hari ini dan pekan depan.

"Tekanan IHSG yang terbesar saat ini berada pada sektor pertambangan, baik karena efek dividend trap maupun karena rotasi. Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung melemah," jelasnya.

Di lain sisi, ia menilai potensi pelemahan terjadi bukan karena efek sentimen 'Sell In May & Go Away'. William memprediksi hari ini indeks bergerak dalam rentang 6.774-6.856.

IHSG bangkit ke posisi 6.844 pada Kamis (4/5). Indeks saham menguat 31,30 poin atau plus 0,46 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp10,75 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 16,74 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Keinginan Iblis

cara daftar akun vip slot
IHSG ditutup meredup ke 6.785 pada Rabu (3/5) sore ini setelah 351 saham terkoreksi. Sebanyak 8 dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor industri.
IHSG ditutup meredup ke 6.785 pada Rabu (3/5) sore ini setelah 351 saham terkoreksi. Sebanyak 8 dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor industri. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga sahamgabungan (IHSG) ditutup di level 6.785 pada Rabu (3/5) sore. Indeks saham melemah 77,34 poin atau minus 1,1 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,25 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 14,48 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 195 saham menguat, 351 terkoreksi, dan 184 lainnya stagnan. Terpantau, 8 dari 11 indeks sektoral melemah dipimpin sektor industri, yakni minus 1,56 persen.

Sedangkan, bursa Amerika kompak bergerak di zona merah. Indeks S&P 500 melemah 0,12 persen, indeks NYSE Composite minus 1,42 persen, dan indeks NASDAQ Composite minus 0,89 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/pta)

[Gambas:Video CNN]

Bunuh yang abadi dan bunuh Tao

cara dapat uang sekarang juga
Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya tercatat melayani 814.370 penumpang selama periode arus mudik hingga balik Lebaran 2023.
Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya tercatat melayani 814.370 penumpang selama periode arus mudik hingga balik Lebaran 2023. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq).
Surabaya, CNN Indonesia--

Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya tercatat melayani 814.370 penumpang selama periode arus mudik hingga balik Lebaran 2023.

General Manager Bandara Juanda Sisyani Jaffar menjelaskan angka itu tercatat selama 19 hari pelaksanaan posko yang berlangsung sejak tanggal 14 April hingga 2 Mei 2023

"Jumlah itu 814.370 atau berada 5,5 persen di atas prediksi yakni 772.145 penumpang. Jumlah penumpang yang dilayani sepanjang posko tahun ini juga lebih tinggi 24 persen jika dibanding posko tahun sebelumnya yakni sebanyak 656.817 penumpang," kata Sisyani, Rabu (3/5).

"Yang menarik adalah pada realisasi penerbangan tambahan atau ekstra flight, yang jumlahnya mencapai 378 penerbangan dari 822 pengajuan, atau terealisasi hingga 46 persen. Per hari rata-rata ada 20 penerbangan tambahan," ujarnya.

Sisyani menyebut selain menandakan bahwa transportasi udara masih menjadi pilihan masyarakat, jumlah penerbangan tambahan itu juga menunjukkan langkah antisipasi maskapai cukup tepat.

Pelaksanaan libur lebaran tahun 2023 ini juga menandai capaian trafik jumlah penumpang tertinggi. Tercatat Senin (1/5) atau pada masa arus balik, jumlah penumpang mencapai 52.308, menjadi yang tertinggi selama periode posko sekaligus selama tahun 2023 yang sudah berjalan.

Tak hanya itu, Sisyani melanjutkan perbandingan jumlah penumpang harian pada masa arus balik ternyata lebih tinggi dibanding saat arus mudik.

"Jika kita ambil rata-rata harian sebelum Hari H Lebaran, kami melayani 42 ribu penumpang per hari, sementara pasca lebaran hingga berakhirnya posko rata-rata ada sejumlah 45 ribu penumpang per harinya," ujarnya.

Pihaknya bersyukur karena meski jumlah penumpang meningkat, standar pelayanan kepada pengguna jasa dapat terjaga. Permasalahan di lapangan juga bisa diselesaikan dengan baik berkat dukungan semua pihak.

Lebih lanjut, ia berharap komunikasi dan koordinasi dapat terus berjalan baik, mengingat dalam waktu dekat Bandara Juanda akan melayani penerbangan haji.

[Gambas:Video CNN]



(frd/sfr)

[Gambas:Video CNN]