petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

imo188

bola206 322Jutaan kata 695312Orang-orang telah membaca serialisasi

《imo188》

Menpora: 26 pembalap untuk Kejurnas Aquabike Danau Toba siap tanding******

Menpora: 26 pembalap untuk Kejurnas Aquabike Danau Toba siap tanding
Arsip foto - Pebalap tim Victory Erik Stark (kanan) memacu kecepatannya dalam balap sesi pertama pada putaran pertama Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz/pri.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa sebanyak 26 pembalap untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Aquabike di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara telah siap untuk bertanding. Dito menjelaskan, para pembalap itu akan bertanding dalam kejurnas yang diselenggarakan bersama dengan Kejuaraan Dunia perahu motor super cepat atau F1 Powerboat Danau Toba di tempat yang sama, yaitu Dermaga Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba pada 2-3 Maret 2024. "Dengan senang saya menyampaikan yaitu ada side event(agenda sampingan) aquabike yang akan diselenggarakan juga dan alhamdulilah (bersyukur) pesertanya itu ada 26 pembalap Indonesia," kata Dito dalam konferensi pers daring yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa. Lebih lanjut, dia menjelaskan, kejuaraan itu merupakan side eventdari F1 Powerboat seri Danau Toba dan juga untuk menindaklanjuti antusias ribuan masyarakat, saat Kejuaraan Dunia Aquabike di tempat yang sama pada November 2023. Selain itu, Kejurnas Aquabike Danau Toba juga sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memfasilitasi penyelenggaraan kejuaraan yang berkelanjutan dan dalam rangka pembinaan atlet. "Dampak baik dari penyelenggaraan kejuaraan dunia aquabike lalu (November 2023), karena pada saat itu atlet Indonesia hanya ada empat, dan nanti (2-3 Maret 2024) sudah ada 26 atlet untuk kejurnas," ujar dia.
Baca juga: Wamenparekraf beri dukungan dalam ajang balap F1 PowerBoat 2024

 Dito mengatakan, selain aquabike, kegiatan olahraga tradisional perahu dayung Solu Bolon yang mirip dengan "dragon boat" juga akan menyemarakkan kejuaraan internasional dan nasional tersebut. Ia menekankan, kegiatan-kegiatan itu dalam rangka mengembangkan wisata olahraga (sport tourism), khususnya untuk pengembangan olahraga air (watersport) di Danau Toba. Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba. Olahraga yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu direncanakan digelar di Dermaga Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut). Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan kelas dunia tersebut. Kegiatan akan dibuka secara seremonial dengan parade kendaraan F1 Powerboat oleh 18 pembalap dari 10 negara.

Baca juga: Menpora: F1 Powerboat Danau Toba momentum pengembangan "sport tourism"

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024

BRGM dan Bank Dunia rehabilitasi 32 ribu hektare mangrove tahun ini******

BRGM dan Bank Dunia rehabilitasi 32 ribu hektare mangrove tahun ini
Refleksi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI Hartono (tiga dari kanan) bersama Direktur Pelaksana Kepala Bagian Keuangan Bank Dunia Anshula Kant (empat dari kanan) beserta jajarannya melakukan penanaman pohon mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk Jakarta Utara, DKI Jakarta, Selasa (27/2/2024). Perwakilan Bank Dunia datang ke Indonesia untuk memastikan program rehabilitasi 32 ribu hektare lahan mangrove di Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara sudah mulai dilaksanakan pada pertengahan Maret 2024. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)
Sungguh ini kerja sama yang kuat, kita saling mendukung, terlebih Indonesia mempunyai target yang besar pengurangan emisi karbon menjadi 358 juta CO2 pada 2030
Jakarta (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bersama dengan Bank Dunia siap memulai program rehabilitasi lahan mangrove dengan sasaran target seluas 32 ribu hektare pada tahun ini.

"Ya, jadi Bank Dunia memastikan dukungannya, hingga program rehabilitasi mangrove tersebut akan dilaksanakan pada bulan depan, Maret 2024," kata Kepala BRGM Hartono usai penanaman pohon mangrove di TWA Mangrove Angke Kapuk, Jakarta, Selasa.

Rehabilitasi puluhan hektare lahan mangrove itu, lanjutnya, tersebar tersebar di empat provinsi yaitu Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah.

Hartono mengatakan dukungan finansial dari Bank Dunia merupakan angin segar untuk merealisasikan percepatan program rehabilitasi lahan mangrove yang berkelanjutan di Indonesia.

Untuk diketahui BRGM menargetkan secara keseluruhan ada 75 ribu hektare lahan mangrove di empat provinsi tersebut yang akan direhabilitasi hingga 2025 melalui program yang disebut dengan Mangrove for Coastal Resilience (M4CR).

Program rehabilitasi tersebut, kata dia, diharapkan bisa meningkatkan peluang mata pencaharian dan bisnis masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan mangrove.

Baca juga: Rehabilitasi Hutan Bakau Angke-Kapuk Berjalan Lamban
 
Direktur Pelaksana Kepala Bagian Keuangan Bank Dunia Anshula Kant berjalan menuju titik penanaman pohon mangrove diiringi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI Hartono di TWA Mangrove Angke Kapuk Jakarta Utara, DKI Jakarta Selasa (27/2/2024). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P) 



Sementara itu Direktur Pelaksana Kepala Bagian Keuangan Bank Dunia Anshula Kant mengatakan dukungan finansial yang diberikan merupakan salah satu bentuk komitmen dari lembaganya untuk mencegah perluasan dampak perubahan iklim.

Perubahan iklim, menurut dia, telah memperbesar potensi dampak kebencanaan yang saat ini mulai dirasakan dunia, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu perubahan tersebut harus dicegah, salah satunya dengan menjaga ekosistem mangrove.

Untuk itu, kata dia, terhitung hingga akhir tahun 2023 pihaknya sudah menyalurkan pendanaan 28,6 juta dolar AS. 

"Sungguh ini kerja sama yang kuat, kita saling mendukung, terlebih Indonesia mempunyai target yang besar pengurangan emisi karbon menjadi 358 juta CO2 pada 2030," ujarnya.

Ansula berharap program rehabilitasi yang diinisiasi Pemerintah Indonesia melalui BRGM bisa berjalan sebagaimana tujuannya, sehingga bisa membawa pengaruh baik bagi masyarakat setempat dan kemaslahatan makhluk hidup secara luas.

Baca juga: BRGM terus lakukan percepatan rehabilitasi mangrove di 9 provinsi
Baca juga: KLHK: Babel berhasil rehabilitasi hamparan mangrove 70 hektare

 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024

Mentan optimistis produksi padi naik melalui pompanisasi air******

Mentan optimistis produksi padi naik melalui pompanisasi air
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman (empat kiri) saat jumpa pers usai rapat bersama jajaran Universitas Pertahanan, Kementerian PUPR, BNPB dan Kemenko PMK, di Jakarta, Selasa (27/2/2024). ANTARA/HO-Humas Kementan/aa.
Saat ini pompanisasi telah dilakukan di Sungai Bengawan Solo dan Cimanuk.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan optimistis terhadap peningkatan produksi padi di Indonesia melalui penerapan pompanisasi air, sebagai langkah penting dalam menghadapi dampak fenomena perubahan iklim, khususnya El Nino.

“Untuk mengantisipasi dampak El Nino yang terjadi saat ini, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan. Pertama, kita akan lakukan pompanisasi sungai-sungai terbesar di Pulau Jawa. Ini agar produksi pertanian kita kembali naik,” kata Amran, di Jakarta, Selasa.

Mentan menggelar rapat bersama Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Jonni Mahroza, Sestama BNPB Rustian, dan Dirjen SDA PUPR Bob Arthur Lombogia untuk membahas program pompanisasi pertanian.

Amran menyampaikan akibat Gorila El Nino yang membuat kekeringan hebat dan menurunkan luas tanam, Kementerian Pertanian menggalakkan program pompanisasi sungai untuk 1 juta hektare di 500 ribu hektare lahan wilayah Pulai Jawa, dan 500 ribu hektare laham di luar Pulau Jawa.

“Saat ini pompanisasi telah dilakukan di Sungai Bengawan Solo dan Cimanuk,” ujar Amran.

Untuk memenuhi target tersebut, Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI, PUPR, BNBP dan Unhan untuk mempersiapkan bendungan dan struktur irigasi pertanian untuk program pompanisasi.

Kedua, kata Amran lagi, Kementan bersama Kementerian PUPR membangun bendungan yang akan mengairi 200 ribu hektare dengan indeks pertanaman (IP) 120 bisa menjadi 240.

“Ketiga, optimalisasi lahan. Kami bersama-sama Unhan ada teknologi baru untuk sumur dalam atau sumur dangkal untuk dipompa. Ini sudah diuji di Gunung Kidul dan berhasil mengairi seribu hektare dengan biaya Rp14 miliar. Kami akan manfaatkan ini di tempat kering lainnya," kata Amran lagi.

Amran meyakini bahwa pompanisasi adalah langkah yang tepat untuk menstabilkan pasokan air di tengah ancaman cuaca ekstrem.

Dia menyebut menurut proyeksi data Kerangka Sampel Area (KSA) Badan Pusat Statistik (BPS), pada Maret 2024 diperkirakan produksi beras mencapai 3,51 juta ton. Dengan demikian dapat memasok kebutuhan beras masyarakat menjelang Ramadhan 1445 Hijriah.

"Produksi kita untuk bulan Maret ke Juni insya Allah aman, karena sudah mulai panen. Hanya saja kita harus mulai mempersiapkan untuk bulan Juli ke Oktober. Kami harap seluruh petani Indonesia segera melakukan tanam," kata Mentan Amran pula.
Baca juga: Kementan bantu percepatan tanam sawah bera di Sumedang-Subang
Baca juga: Kementan masifkan pompanisasi demi produktivitas pertanian Indonesia

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:fixbet88

Perbarui waktu:2024-07-07

Daftar bab terbaru
link slot paling gampang menang
buku mimpi 2d 06
pinjol mahasiswa ipb
360kredi legal atau ilegal
erek70
online situs
fanta 168 slot
pinjam bank mandiri
4d asia slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 mainkasino
Bab 2 slot paling baru
Bab 3 kupon klik indomaret
Bab 4 cara pinjam uang dengan cepat
Bab 5 bandartogel303
Bab 6 pinjol pasti acc
Bab 7 game terbaru slot
Bab 8 cicilan kredit pintar
Bab 9 bos slot 77
Bab 10 trik duofu duocai
Bab 11 slot 2023 gacor
Bab 12 limit pinjol
Bab 13 slot rating tinggi
Bab 14 sumo togel
Bab 15 mimpi mancing togel bergambar
Bab 16 cara pinjam uang di pegadaian jaminan bpkb motor
Bab 17 para raja77
Bab 18 slot sering gacor
Bab 19 rtp 77dragon
Bab 20 harga voucher google play di indomaret
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6686bab
gadisBacaan TerkaitMore+

Kelahiran Kembali Era Pentium

akun slot resmi gacor
Harga emas turun seiring naiknya U.S. Treasury
Arsip foto - Pramuniaga menunjukkan emas batangan Aneka Tambang (Antam) di sebuah gerai emas di Malang, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/nym/aa. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta (ANTARA) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange menurun pada Senin (Selasa pagi WIB) seiring kenaikan U.S. Treasury.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April tercatat turun 10,50 dolar AS atau 0,51 persen menjadi ditutup pada 2.038,90 dolar AS per ounce.

Kemudian, harga emas juga berada di bawah tekanan karena terjadi chart-based technical selling, yakni strategi penjualan yang menggunakan grafik harga dan indikator teknis untuk menentukan waktu terbaik menjual aset.

Baca juga: Harga emas naik karena dolar AS melemah

Meninjau data ekonomi, Departemen Perdagangan AS melaporkan pada Senin (26/2) bahwa penjualan rumah baru AS naik 1,5 persen menjadi tingkat tahunan (annualrate) 661 ribu unit pada Januari dari angka yang direvisi menjadi 651 ribu pada bulan sebelumnya.

Adapun laporan Produk Domestik Bruto akan dirilis pada Rabu (28/2).

Terkait logam mulia perak, untuk pengiriman Maret turun 45,60 sen atau 1,98 persen menjadi ditutup pada 22.526 dolar per ounce. Harga platinum untuk pengiriman April naik 28,50 dolar AS atau 3,13 persen ditutup menjadi 881,10 dolar per ounce.

Baca juga: Harga emas turun seiring kenaikan indeks saham AS

Penerjemah: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024

Tubuh dharma saya yang keren

rtp subur88
KPU sudah koreksi data anomali Pilpres 2024 di 154.541 TPS
Arsip foto - Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyimak pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (23/2/2024). ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/aww/aa.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mengoreksi data anomali perolehan suara Pilpres 2024 di 154.541 tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun data anomali itu merupakan angka perolehan suara di dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang tidak sesuai dengan Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024.

"(Perolehan suara) Pilpres sebanyak 154.541 TPS (telah diperbaiki)," ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

KPU melakukan koreksi secara bertahap sejak 15 Februari 2024. Selain perolehan suara pilpres, pengoreksian juga dilakukan terhadap data anomali dalam perolehan suara Pemilu DPR dan DPD di Sirekap.

"Pemilu DPR RI 13.767 TPS dan Pemilu DPD RI 16.450 TPS (yang sudah dikoreksi)," katanya.

Sementara itu, Hasyim menjelaskan temuan data anomali dan hasil koreksi untuk DPRD Provinsi dikerjakan oleh KPU Provinsi. Kemudian, data anomali dan hasil Pemilu Anggota DPR Kabupaten/Kota dikerjakan oleh KPU Kabupaten/Kota.

Sirekap adalah alat yang dikembangkan dan digunakan oleh KPU untuk perhitungan suara. Alat bantu ini baru pertama kali diterapkan dalam Pemilu.

Sistem ini pun menjadi sorotan, karena mengalami galat hingga salah input data yang mengakibatkan adanya 'penggelembungan suara' salah satu pasangan capres-cawapres.

Sebelumnya, Kamis (15/2), Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait salah konversi untuk membaca data Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 pada sistem informasi rekapitulasi (Sirekap).

"Kami di KPU masih manusia-manusia biasa yang sangat mungkin salah," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis.

Ia pun memastikan bahwa kesalahan konversi itu akan segera dikoreksi. Sebab, KPU tak boleh berbohong dan harus menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.
Baca juga: KPU: 1.113 TPS gelar pemungutan suara setelah 14 Februari
Baca juga: KPU: PSU di Kuala Lumpur gunakan dua metode selama dua hari
Baca juga: KPU nonaktifkan anggota PPLN Kuala Lumpur akibat pendataan pemilih

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Dunia Kartu Mantra

slot yang mudah jp
Seleksi timnas Indonesia U-16 memasuki gelombang ketiga
Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto (tengah) memberikan instruksi kepada pemain saat pemusatan latihan di Lapangan B, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/2/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc/pri.
Jakarta (ANTARA) - Tahap seleksi pemain timnas Indonesia U-16 memasuki gelombang ketiga dengan pelatih Nova Arianto menyeleksi sebanyak 34 pemain, lebih banyak dari dua gelombang sebelumnya yang menggunakan 32 pemain.

Nova kembali berharap di gelombang ketiga dengan jumlah pemain yang lebih banyak dari dua gelombang sebelumnya ini, ia dapat menyeleksi lebih banyak pilihan pemain.

Sebelumnya, dia mengungkapkan belum akan mengumumkan nama-nama pemain dari tiap-tiap gelombang, namun akan lebih dulu mengumpulkan para pemain pilihannya dari gelombang pertama hingga ketiga, dengan terlebih dahulu mengkalkulasikan semuanya.

“Mereka rata-rata bermain di SSB, jadi saya melihat mereka membawa gaya dari masing-masing SSB atau akademinya. Tapi saya ingin menunjukkan pada mereka ini lho cara main sepak bola sekarang. Saya mau memilih pemain yang benar-benar sesuai dengan filosofi saya, termasuk dengan badan tinggi,” kata Nova, dilansir laman resmi PSSI, Minggu.

Seleksi untuk gelombang ketiga ini akan berlangsung di Lapangan B Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dari pada Minggu  sampai Rabu (28/2).

Rangkaian seleksi ini adalah sebagai bagian dari persiapan tim menyambut pergelaran Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala Asia U-17.

Baca juga: Seleksi timnas Indonesia U-16 hari kedua berjalan ketatDaftar 34 nama pemain seleksi untuk timnas Indonesia U-16 gelombang ketiga:

Kiper
1. Atha Al Rasyid
2. Faizal Razaaq
3. Dava Aryula Siregar
4. Rendy Rezzaqu Mochtar
5. Davian Rayana D

Bek
6. Nabil Mulya Nazwar
7. Feri Saputra
8. Muhammad Naufal Raka
9. Farik Rizqi
10. Krisna Priatmaja
11. Ghufran Al Ghazaly S.C
12. Rafif Zaki Saputra
13. Muhammad Alfariz Fhiliano
14. Raditya Arif Wicaksana
15. Hanif Sahregal

Gelandang
16. M. Sutan Reihansyah A
17. Darrel Reswaranto
18. Gilang Fahri Pamungkas
19. Rayhan Nazril Maulana
20. Daffa Sayyidina Ikhbar
21. Handri Dimas Sulistyo
22. Mirza Amanbillah
23. Muhammad Fauzan
24. Ridho
25. M. Saka Ibrahim
26. Fahri Bahtiar
27. Satria Rizki Putra
28. Gabriel Krist Evandra
29. M. Algazani Dwi Sugandi

Striker
30. Ravza Aprian
31. Muhammad Mierza F
32. Allian Cahya Nazma
33. Sean Rahman Castor
34. M. Farel Affua Suprayitno.

Baca juga: Pelatih Nova Arianto incar keberhasilan di Piala Asia U-17 tahun depan
Baca juga: Nova Arianto gunakan sejumlah gaya kepelatihan Shin Tae-yong

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

Menantu Kaisar Abadi

situs slot sering gacor
Hampir 30 ribu warga Palestina tewas akibat agresi Israel di Gaza
Ilustrasi - Seorang wanita yang menggendong seorang anak perempuan menyelamatkan diri usai serangan udara Israel yang menghantam permukiman Ridwan di Kota Gaza, Gaza, 23 Oktober 2023. ANTARA/Anadolu/Ali Jadallah/pri
Ankara (ANTARA) - Serangan-serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan 29.878 warga Palestina, kata Kementerian Kesehatan Gaza pada Selasa, ketika agresi Israel memasuki hari ke-144.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa 70.215 warga Palestina lainnya menderita luka-luka dalam periode yang sama.

Dalam 24 jam terakhir, militer Israel melakukan 11 aksi pembantaian di Jalur Gaza sehingga menyebabkan 96 orang tewas dan 172 lainnya luka-luka.

"Ada banyak orang yang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan, sementara tim penyelamat tidak bisa menjangkau mereka," kata kementerian tersebut.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas yang dilakukan kelompok perlawanan Palestina Hamas pada 7 Oktober, yang diyakini telah menyebabkan hampir 1.200 warga Israel tewas.

Sekitar 85 persen warga Gaza telah mengungsi akibat agresi Israel tersebut dan seluruh warga Palestina di sana menderita kerawanan pangan, menurut PBB.

Ratusan ribu orang tidak punya tempat berlindung, sementara jumlah truk bantuan yang memasuki wilayah tersebut berkurang hingga kurang dari separuhnya jika dibandingkan dengan sebelum konflik.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Lewat putusan sementara pada Januari, mahkamah itu memerintahkan Israel untuk menghentikan aksi genosida dan mengambil tindakan untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan dapat disalurkan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Agresi Israel tewaskan 5.424 siswa Palestina di Gaza, Tepi Barat
Baca juga: Biden sebut Israel sepakat hentikan perang selama Ramadan

Penerjemah: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024

Dewa Memasak Satu Pukulan

buku mimpi kaki
Bapanas sebut daerah rentan rawan pangan turun jadi 68 pada 2023
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi saat menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi, di Depok, Jawa Barat, Selasa (27/2/2024). ANTARA/Maria Cicilia Galuh/aa.
Daerah rentan rawan pangan ini sebelumnya ada 74 kabupaten/kota, hari ini sudah 68.
Depok (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan daerah rentan rawan pangan yang sebelumnya berjumlah 74 di kabupaten/kota kini sudah berkurang menjadi 68 pada 2023.

Arief menyampaikan, Pemerintah melakukan tiga upaya utama dalam memerangi kerawanan pangan yakni memenuhi ketersediaan pangan melalui sembilan bahan pokok, keterjangkauan terhadap bahan pokok dan pemanfaatan pangan.

"Daerah rentan rawan pangan ini sebelumnya ada 74 kabupaten/kota, hari ini sudah 68. Jadi pembangunan ini tentu akan menjadi lintas sektoral," kata Arief dalam pembukaan Rakornas Penanganan Kerawanan Pangan dan Gizi di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Bapanas juga melalukan penyusunan dan analisis melalui Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Security and Vulnerability(FSVA). Berdasarkan hasil penyusunan FSVA, jumlah daerah rawan pangan turun 13 persen.

Sementara untuk angka prevalensi ketidakcukupan konsumsi pangan (PoU) pada 2023 tercatat sebesar 8,53 persen, turun dibandingkan 2022 di mana sebesar 10,21 persen.

"Tentunya berbagai upaya pengendalian rawan pangan lintas sektoral baik pusat dan daerah harus kita dorong, sehingga target kita bersama tahun 2024 turun menjadi 12 persen (jumlah daerah rawan pangan). Ini pekerjaan rumah kita semua," ujar Arief.

Bapanas pun berkomitmen untuk lebih mensosialisasikan program-program Hapus Rawan Pangan Indonesia (Harapan) seperti Rumah Pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman).

Arief mengatakan, seluruh stakeholderharus terlibat aktif dalam mengatasi masalah rawan pangan, sehingga target nasional dapat tercapai.

"Kita harus terus hand in handdengan seluruh stakeholderterkait untuk meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan dan juga pemanfaatan pangan," katanya pula.
Baca juga: Mayoritas distrik dua provinsi di Papua rawan kelangkaan pangan
Baca juga: NFA hadirkan Rumah Pangan di 70 lokasi untuk antisipasi rawan pangan

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Ternyata saya adalah dewa pejuang yang tiada taranya

idr188
Kementan sebut kawasan Food Estate Pulang Pisau masuk panen
Arsip foto - Salah satu areal pertanian di kawasan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau. ANTARA/Muhammad Arif Hidayat/am.
Pemerintah memberikan bantuan premi asuransi tani sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan usaha tani padi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) menyampaikan bahwa kawasan Food Estatedi Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, telah memasuki masa panen raya padi sehingga bisa memasok ketersediaan beras dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Beberapa lokasi di Pulau Pisau padi dipanen mulai dari bulan Februari sampai pertengahan Maret 2024 sebagai puncaknya,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Amran mengatakan terus mendorong daerah-daerah di Indonesia untuk mengawal jalannya panen raya tahun 2024. Menurutnya, kegiatan panen raya akan memperkuat ketahanan pangan bangsa untuk beberapa bulan ke depan.

"Dalam mengawal peningkatan produksi pangan dalam negeri, Kementerian Pertanian terus memberikan pendampingan dan bantuan kepada petani Pulang Pisau," ujar Amran.

Selain itu, Amran juga terus mengingatkan petani untuk mengasuransikan sawahnya melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Hal ini penting mengingat cuaca yang masih anomali, membuat pertanian rentan terhadap gagal panen.

Program AUTP, kata Amran, bertujuan untuk memberikan perlindungan usaha tani padi yang mengalami gagal panen akibat dari berbagai faktor seperti banjir, kekeringan, atau serangan OPT.

“Pemerintah memberikan bantuan premi asuransi tani sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan usaha tani padi,” kata Amran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Godfriedson, menyebut panen raya ada di lima kecamatan yang baru dipanen sekitar 20 persen dari 7.164 hektar.

"Yang sudah panen ada sekitar 199 hektar. Jadi masih ada 6.976 hektare yang diperkirakan panen pada pertengahan Maret sampai awal April secara bertahap dengan rata-rata hasil 5,5 ton GKP per ha,” jelas Gofriedson.

Di Desa Sebangau Mulya misalnya, kata Gofriedson, saat ini sudah memanen 50 hektar dari 60 hektare yang ditanam. Sedangkan di Desa Tahai Baru, sedang memanen 25 hektar dari 730 hektar yang ditanam.

"Saat ini total ada 9 desa yang sedang melakukan panen dari 5 Kecamatan. Produktivitas juga macam-macam, mulai dari 2-5 ton per hektar,” ungkap Gofriedson.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah Sunarti mengapresiasi terlaksananya panen padi di Pulang Pisau.

Dia menyebut Pulang Pisau sebagai salah satu penyuplai terbesar hasil beras di wilayah Kalimantan Tengah.

"Dengan adanya panen padi ini, kita berharap hasil panen dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah secara umum," kata Sunarti.

Dalam hal bantuan, Sunarti menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan memberikan perhatian khusus, terutama dalam hal pupuk, alat mesin pertanian (alsintan), dan irigasi.

Baca juga: Mentan : Food Estate Gunung Mas hasilkan 6,5 ton jagung per ha
Baca juga: Mentan sebut "food estate" berjalan baik dan sesuai target

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024