petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

daduemas88

kinghoki4d 542Jutaan kata 328195Orang-orang telah membaca serialisasi

《daduemas88》

Harga 10 Kripto Teratas Bervariasi, Dogecoin Paling Bersinar******

Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi pada Selasa (10/1) ini. Dogecoin paling hijau, sementara cardano anjlok dalam.
Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi pada hari ini, Selasa (10/1). Dogecoin paling hijau. (Dok. Shutterstock).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tren harga mayoritasaset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bervariasi Selasa (10/1) ini. Dalam perdagangan 24 jam terakhir, dogecoin menguat paling hebat, sementaracardano menjadi koin yang mengalami pelemahan paling dalam.

Mengutipcoinmarketcap, dogecoin melonjak 3,05 persen ke harga US'Saudara Kandung' Google Akan PHK 240 Karyawan******

Anak usaha Alphabet Inc, Verily,  yang bergerak di bidang kesehatan bersiap melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 15 persen karyawannya.
Anak usaha Alphabet Inc, Verily, yang bergerak di bidang kesehatan bersiap melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 15 persen karyawannya. Ilustrasi. (iStockphoto/SpVVK).
Jakarta, CNN Indonesia--

Anak usaha Alphabet Inc selaku induk perusahaan Google yang bergerak di bidang kesehatan, Verily, bersiap memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 15 persen karyawannya. PHK ini bakal berdampak kepada sekitar 240 karyawan Verily

Mengutip CNBC, Rabu (12/1), kabar PHK tersebut bocor dari email CEO Verily Stephen Gillett kepada para karyawannya. Langkah tersebut menjadi bagian dari restrukturisasi perusahaan yang berencana mengurangi ketergantungan finansial dari perusahaan induk Google Alphabet Inc.

PHK ini bakal menjadi yang pertama memukul perusahaan induk Google tersebut setelah gelombang PHK industri dan kekhawatiran resesi global. Google sejatinya mencoba menghindari PHK massal, seperti yang terjadi pada perusahaan teknologi Meta selaku induk Facebook. Namun, para karyawan Google tak bisa menghindar dari kecemasan akan PHK.

"Mereka yang berada di kantor hari ini dapat kembali ke rumah sekarang," kata Gillett kepada karyawan Verily.

Khusus untuk PHK, Gillett menjelaskan langkah tersebut bakal dilakukan sejalan dengan redundansi tim. Nantinya, Verily bakal mengurangi atau menghentikan beberapa lini bisnis sambil meningkatkan investasi di bagian lain.

Lihat Juga :
Garuda Indonesia Jadi Maskapai Tepat Waktu di Dunia

Gillett menegaskan dalam email tersebut bahwa perusahaan bakal memberikan pesangon kepada para karyawan terdampak yang terkena PHK. Meski begitu, belum ada rincian resmi berapa jumlah pesangon yang akan diberikan.

Ia juga menguraikan akan ada beberapa perubahan eksekutif di kepemimpinan Verily. Perusahaan bakal mengadakan pertemuan pada 18 Januari mendatang untuk menjelaskan lebih rinci perubahan tersebut.

Catatan lain dari perusahaan mengatakan perusahaan bakal memberi tahu karyawan yang terkena PHK melalui email yang dikirim Verily kepada email pribadi masing-masing pekerja dengan subjek "Pembaruan Penting Mengenai Peran Anda". Mereka yang selamat dari PHK bakal mendapat email dengan subjek "Your Role at Verily".

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),07 per koin. Dalam sepekan, koin ini naik 7,44 persen.

Cardano anjlok paling dalam 5,44 persen. Harganya melemah ke angka USCoinbase PHK 950 Karyawan******

Platform perdagangan kripto Coinbase memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 20 persen atau 950 karyawan dari total karyawannya.
Platform perdagangan kripto Coinbase memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 20 persen atau 950 karyawan dari total karyawannya. (AFP/CHRIS DELMAS).
Jakarta, CNN Indonesia--

Platform perdagangan sekaligus dompet mata uang kripto Coinbase memutus hubungan kerja (PHK) terhadap 20 persen atau 950 karyawan dari total karyawannya.

Melansir CNN Business, Rabu (11/1), PHK ini bukanlah yang pertama kali. Tercatat, pada Juni 2022 kemarin perusahaan ini juga telah memangkas 1.100 karyawannya.

CEO Coinbase Brian Armstrong mengatakan PHK dilakukan untuk efisiensi operasional perusahaan.

Coinbase melakukan PHK setelah perusahaan terpukul imbas terjunnya harga bitcoin dan coin kripto lainnya beberapa waktu belakangan. Tercatat harga bitcoin kini berada di level US ribu per keping, jauh lebih rendah dari US ribu pada akhir 2021 lalu.

Pelemahan kripto ini berimbas pada saham Coinbase. Pada akhir 2021 saham perusahaan itu di harga US0 per lembar. Sedangkan, saat ini hanya US, turun hampir 90 persen.

Lihat Juga :
ANALISISMal-Mal Metropolitan Riwayatmu Kini

Kejatuhan kripto telah menyebabkan krisis kepercayaan di pasar kripto. Banyak investor meninggalkan platform tersebut.

Selain itu, tidak sedikit perusahaan kripto yang bangkrut. Salah satunya FTX yang berbasis di Bahama mengajukan pailit pada 11 November lalu setelah penarikan dana besar-besaran awal pekan. CEO Bankman-Fried juga mengajukan pemunduran diri.

Selain itu, Sam Bankman-Fried pun jatuh miskin. Ia kehilangan harta sebesar US miliar.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu),31 per koin. Namun, sepekan terakhir, Cardano menguat 25 persen.

XRP melorot tipis 0,06 persen ke harga USPeternak Minta Diselamatkan Jokowi dari 'Tsunami' Ayam Broiler******

Para peternak meminta perlindungan Jokowi dari ancaman tsunami ayam broiler yang telah menekan harga ayam hidup belakangan ini.
Para peternak meminta perlindungan Jokowi dari ancaman tsunami ayam broiler yang telah menekan harga ayam hidup belakangan ini. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komunitas PeternakUnggas Nasional (KPUN) meminta perlindungan kepada Presiden Jokowi dari 'tsunami' ayam broiler yang menekan harga livebird (LB) atau ayamhidup di tingkat peternak.

Ketua KPUN Alvino Antonio mengatakan perlindungan diminta terkait penurunan harga LB sejak Natal 2022 atau sekitar 26 Desember 2022. Mereka mengatakan harga LB sempat di angka Rp15 ribu per kg, terutama di wilayah Jawa Tengah, yang merupakan pusat populasi ayam ras pedaging.

Berdasarkan catatanya, harga di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp19.500 - 20.500 per kg itu bertahan hingga saat ini. Sedangkan harga ayam karkas di level konsumen cenderung stabil, yakni Rp33 ribu-Rp35 ribu per kg.

Ia menyebut penurunan harga terjadi karena masih banyak perusahaan integrator yang berbudidaya dan menjual ayam hidupnya bersamaan dengan milik peternak UMKM mandiri. Bahkan, kata Alvino, mereka menjual sangat murah bahkan di bawah Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 tahun 2022 yakni Rp21 ribu-Rp23 ribu per kg di level peternak.

Alvino mengatakan integrator menjual murah, namun bagi mereka kerugian cenderung sedikit bahkan tidak mengalami rugi sama sekali. Sebab, integrator memiliki pabrik DOC (anak ayam) sendiri, pakan sendiri, obat-obatan sendiri bahkan channel distribusi sendiri yang tersistem bekerja sama dengan para broker.

"Sedangkan kami peternak UMKM mandiri, membeli sapronak DOC dan pakan dari mereka. Tentu dengan harga yang mahal jadi kami kalah bersaing di sini," katanya seperti dikutip dari pernyataan resmi, Selasa (10/1).

Alvino pun menjelaskan sejak Minggu (8/1), harga DOC mengalami penurunan yakni Rp2.500-Rp3 ribu per ekor. Namun, harga pakan masih tinggi yakni Rp8.500-Rp8.800 per kg.

Adapun tahun lalu harga pakan hanya Rp7.500 per kg. Harga pakan cenderung naik dengan alasan harga jagung naik. Padahal hari ini harga jagung turun di bawah Rp5.000 per kg, tapi harga pakan tidak turun.

Atas berbagai persoalan fluktuasi harga LB, DOC dan pakan yang cenderung tidak stabil dan merugikan peternak UMKM mandiri, KPUN pun menuntut beberapa poin kepada pemerintah.

[Gambas:Video CNN]

Pertama, menuntut Jokowi untuk secepatnya menerbitkan Peraturan Presiden tentang Perlindungan Peternak UMKM Mandiri Ayam Ras, sebagaimana diatur dalam UU No.18/2009 Jo; UU 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Kedua, mendesak Jokowi segera mengevaluasi kinerja Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kemenko Bidang Perekonomian, Satgas Pangan karena peternak sebagai pelaku usaha UMKM masih belum merasakan kehadiran lembaga negara tersebut. Yang ada tambah mereka, lembaga tersebut justru mengabaikan keluhan peternak .

Ketiga, dalam jangka pendek, KPUN menuntut kepada pemerintah untuk segera menyelamatkan peternak UMKM mandiri dengan segera menyerap LB atau karkas dari jaringan peternak UMKM mandiri dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan BUMN Seperti PT Freeport, PT Pelni, PT PLN, PT Garuda, PT KAI, jaringan hotel milik negara atau untuk bansos.

Ia mengatakan jika tuntutan itu tidak dipenuhi, peternak akan mengepung Istana dan kementerian terkait dengan massa yang lebih besar.

Lihat Juga :
Jokowi: Saya Ingin Presiden ke Depan Berani Lanjutkan Larangan Ekspor

 

(mrh/agt),034 per koin dalam perdagangan 24 jam terakhir.

Polygon juga melemah 0,01 persen menjadi USPeternak Minta Diselamatkan Jokowi dari 'Tsunami' Ayam Broiler******

Para peternak meminta perlindungan Jokowi dari ancaman tsunami ayam broiler yang telah menekan harga ayam hidup belakangan ini.
Para peternak meminta perlindungan Jokowi dari ancaman tsunami ayam broiler yang telah menekan harga ayam hidup belakangan ini. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komunitas PeternakUnggas Nasional (KPUN) meminta perlindungan kepada Presiden Jokowi dari 'tsunami' ayam broiler yang menekan harga livebird (LB) atau ayamhidup di tingkat peternak.

Ketua KPUN Alvino Antonio mengatakan perlindungan diminta terkait penurunan harga LB sejak Natal 2022 atau sekitar 26 Desember 2022. Mereka mengatakan harga LB sempat di angka Rp15 ribu per kg, terutama di wilayah Jawa Tengah, yang merupakan pusat populasi ayam ras pedaging.

Berdasarkan catatanya, harga di bawah Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp19.500 - 20.500 per kg itu bertahan hingga saat ini. Sedangkan harga ayam karkas di level konsumen cenderung stabil, yakni Rp33 ribu-Rp35 ribu per kg.

Ia menyebut penurunan harga terjadi karena masih banyak perusahaan integrator yang berbudidaya dan menjual ayam hidupnya bersamaan dengan milik peternak UMKM mandiri. Bahkan, kata Alvino, mereka menjual sangat murah bahkan di bawah Peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 5 tahun 2022 yakni Rp21 ribu-Rp23 ribu per kg di level peternak.

Alvino mengatakan integrator menjual murah, namun bagi mereka kerugian cenderung sedikit bahkan tidak mengalami rugi sama sekali. Sebab, integrator memiliki pabrik DOC (anak ayam) sendiri, pakan sendiri, obat-obatan sendiri bahkan channel distribusi sendiri yang tersistem bekerja sama dengan para broker.

"Sedangkan kami peternak UMKM mandiri, membeli sapronak DOC dan pakan dari mereka. Tentu dengan harga yang mahal jadi kami kalah bersaing di sini," katanya seperti dikutip dari pernyataan resmi, Selasa (10/1).

Alvino pun menjelaskan sejak Minggu (8/1), harga DOC mengalami penurunan yakni Rp2.500-Rp3 ribu per ekor. Namun, harga pakan masih tinggi yakni Rp8.500-Rp8.800 per kg.

Adapun tahun lalu harga pakan hanya Rp7.500 per kg. Harga pakan cenderung naik dengan alasan harga jagung naik. Padahal hari ini harga jagung turun di bawah Rp5.000 per kg, tapi harga pakan tidak turun.

Atas berbagai persoalan fluktuasi harga LB, DOC dan pakan yang cenderung tidak stabil dan merugikan peternak UMKM mandiri, KPUN pun menuntut beberapa poin kepada pemerintah.

[Gambas:Video CNN]

Pertama, menuntut Jokowi untuk secepatnya menerbitkan Peraturan Presiden tentang Perlindungan Peternak UMKM Mandiri Ayam Ras, sebagaimana diatur dalam UU No.18/2009 Jo; UU 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Kedua, mendesak Jokowi segera mengevaluasi kinerja Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kemenko Bidang Perekonomian, Satgas Pangan karena peternak sebagai pelaku usaha UMKM masih belum merasakan kehadiran lembaga negara tersebut. Yang ada tambah mereka, lembaga tersebut justru mengabaikan keluhan peternak .

Ketiga, dalam jangka pendek, KPUN menuntut kepada pemerintah untuk segera menyelamatkan peternak UMKM mandiri dengan segera menyerap LB atau karkas dari jaringan peternak UMKM mandiri dan memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan BUMN Seperti PT Freeport, PT Pelni, PT PLN, PT Garuda, PT KAI, jaringan hotel milik negara atau untuk bansos.

Ia mengatakan jika tuntutan itu tidak dipenuhi, peternak akan mengepung Istana dan kementerian terkait dengan massa yang lebih besar.

Lihat Juga :
Jokowi: Saya Ingin Presiden ke Depan Berani Lanjutkan Larangan Ekspor

 

(mrh/agt),84 per koin. Tapi jika dilihat tren sepekan, koin ini sudah naik 8,84 persen.

Lihat Juga :
Faisal Basri Soal Isu Rice Cooker Gratis: Dorong Rakyat ke Jurang

Sementara itu, BNB juga susut 1,28 persen dalam perdagangan 24 jam terakhir. Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat ini kini bertengger di harga US8 per koin.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran.

Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)

[Gambas:Video CNN]

Pengamat Imbau Subsidi Mobil Listrik Rp5 T Dialihkan ke Angkutan Umum******

Masyarakat Transportasi Indonesia menilai rencana subsidi pembelian kendaraan listrik senilai Rp5 triliun seharusnya dialihkan ke pembenahan angkutan umum.
Masyarakat Transportasi Indonesia menilai rencana subsidi pembelian kendaraan listrik senilai Rp5 triliun seharusnya dialihkan ke pembenahan angkutan umum. Ilustrasi. (cnnindonesia/adiibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai rencana subsidi Rp5 triliun untuk pembelian kendaraan listrikseharusnya dialihkan ke pembenahan dan perbaikantransportasi umum.

Menurut Djoko hal ini akan memberikan dampak lebih luas kepada masyarakat ketimbang subsidi dibagi ke pembeli kendaraan 'hijau'.

Pemerintah sebelumnya mengatakan telah menyiapkan dana Rp5 triliun untuk subsidi kendaraan listrik yang akan dibagikan tahun ini.

"Lebih bijak jika Pemerintah dan DPR bersepakat mau mengalihkan insentif untuk kendaraan listrik sebesar Rp5 triliun, diberikan pada perbaikan dan pembenahan transportasi umum. Baik untuk angkutan umum perkotaan maupun angkutan jalan perintis. Mobilitas masyarakat terbesar di sektor transportasi darat," kata Djoko dalam keterangan tertulisnya dikutip Minggu (8/1).

Djoko juga mengingatkan pengalihan anggaran sebesar itu sebetulnya dapat mendongkrak nama para pejabat yang ingin mendongkrak popularitas pada tahun politik.

Sebab, dampak atau keuntungan yang diterima masyarakat tentu akan menjadi lebih luas karena digunakan untuk keperluan pembenahan sektor transportasi.

"Di tahun politik ini, anggaran sebesar itu dapat membantu mendongkrak popularitas anggota DPR yang mau mengikuti pilihan legislatif 2024. Pasalnya, akan banyak masyarakat di daerah pemilihannya yang akan menikmatinya, jika di Dapilnya diberikan program transportasi umum," katanya.

Djoko menjabarkan secara total subsidi keperintisan sektor transportasi tahun ini memang mengalami kenaikan dibanding 2022.

Pembagiannya yakni perkeretaapian mendapat porsi cukup besar, yakni Rp3,326 triliun. Kemudian diikuti transportasi laut Rp1,47 triliun, transportasi darat Rp1,32 trilun, dan transportasi udara Rp550,137 miliar.

Dengan pembagian itu Djoko menilai subsidi, khususnya sektor transportasi darat perlu ditambah.

"Subsidi layananan transportasi di sektor transportasi darat masih perlu diperbanyak, mengingat mobilitas masyarakat terbesar ya di darat," sambung akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata itu.

[Gambas:Video CNN]



(ryh/sfr)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slot yang lagi gacor siang ini

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
link mesin slot
daftar slot yang sering menang
cara mendapatkan uang 100 ribu dalam 1 hari
maxwin gampang jp slot
mitos88
slot yang gampang maxwin
bandar online slot terpercaya
permainan slot hari ini
pusat slot 188
Daftar isi semua bab
Bab 1 agen slot online terpercaya
Bab 2 voucher alfamart
Bab 3 deluxe 88 slot
Bab 4 bintang4dp login
Bab 5 slot gacor paling gacor
Bab 6 slot online terbaru magnum777
Bab 7 erek erek 84 2d
Bab 8 pinjol ilegal 2021 cepat cair
Bab 9 slot gacor lxtoto
Bab 10 game slot terbaru
Bab 11 link alternatif airbet88
Bab 12 situs slot gacor rtp tinggi
Bab 13 s pinjam
Bab 14 mendapatkan uang banyak
Bab 15 arwantoto
Bab 16 situs slot gacor terbaik
Bab 17 rtp ojktoto
Bab 18 situs slot 4d mudah menang
Bab 19 kenangan4d
Bab 20 gadun slot login
Klik untuk melihattersembunyi di tengah928bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Naga Terkutuk

link slot gacor 2022
Chairul Tanjung (CT) cerita kedekatan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim selama ini yang ibarat sahabat sejati.
Chairul Tanjung (CT) cerita kedekatan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim selama ini yang ibarat sahabat sejati. (Reuters/Fazry Ismail/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia--

Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengungkapkan kedekatannya dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim selama ini. Ia bercerita punya sejarah hubungan cukup panjang dengan Anwar Ibrahim.

Keduanya selalu menyempatkan diri untuk bertemu saat Anwar berkunjung ke Indonesia. CT mengatakan mengenal sosok Anwar Ibrahim puluhan tahun lalu melalui mentornya, Adi Sasono dan Mar'ie Muhammad.

Lihat Juga :
Malaysia Akui TKI Berkontribusi ke Ekonomi Negeri Jiran
Pilihan Redaksi
  • PM Malaysia Anwar Ibrahim Ogah Dikasih Hadiah Batik, Apa Alasannya?
  • Anwar Ibrahim Akan ke Indonesia Bertemu Jokowi Januari 2023

CT mengatakan perjuangan hidup Anwar Ibrahim telah memberi inspirasi. Perjalanan hidup Anwar kerap ditempa perjuangan dan tetap konsisten dalam bersikap, termasuk ketika dipenjara belasan tahun.

CT bercerita menjadi orang pertama yang menyambut kebebasan Anwar usai keluar dari penjara. Hal itu disebabkan kedekatan yang telah terjalin dalam waktu lama di antara mereka.

"Sahabat sejati itu ada ketika kita ada dalam masalah," kata CT.

Tak hanya ketika keluar penjara, CT juga menyambut hangat Anwar Ibrahim ketika resmi dilantik menjadi PM baru Malaysia pada November 2022 lalu.

"Dato Sri Anwar Ibrahim, Alhamdulillah dan selamat atas jabatan Perdana Menteri ke-10 Malaysia," ujar CT di Jakarta, Kamis (24/11).



Setelah Anwar Ibrahim resmi jadi PM Malaysia, Indonesia akan menjadi negara pertama yang ia kunjungi. Selama nyaris dua bulan menjabat, ia terpantau belum melakukan perjalanan ke luar negeri.

Rencana lawatan PM Malaysia itu muncul saat Menteri Luar Negeri Abdul Zambry Kadir bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta.

Selama di RI, Anwar dijadwalkan akan bertemu Jokowi di Istana Bogor. Selain itu, Anwar Ibrahim juga bakal menghadiri CT Corp Leadership Forum di Auditorium Menara Bank Mega pada Senin (9/1).

[Gambas:Video CNN]



(rzr/chri)

Orang yang dipilih oleh bumi

abo777 slot
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bisa merambah pasar Afrika untuk tujuan ekspor Indonesia tahun ini.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bisa merambah pasar Afrika untuk tujuan ekspor Indonesia tahun ini. (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan bisa merambah pasar Afrika untuk tujuan ekspor Indonesia tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat kabinet terbatas di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/1).

Airlangga mengatakan meski pertumbuhan ekspor RI terus meningkat, namun, pemerintah tidak berpuas diri mengingat beberapa negara tengah mengalami kesulitan sehingga ada yang mengurangi impor dari Indonesia.

Ia juga mengatakan pemerintah akan mendorong Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) agar bisa segera mendukung pelaksanaan kegiatan pembiayaan ekspor nasional. Selain itu, pemerintah juga akan mendorong komoditas lain untuk ekspor.

Sebelumnya, Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan misi dagang keliling dunia untuk menyerbu pasar potensial serta menyaingi China, Thailand, dan Vietnam.

Zulkifli menyebut ada tiga kawasan pasar potensial yang akan disasar Indonesia yaitu Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika.

Lihat Juga :
Kemnaker Soal Pabrik Sepatu Minta Karyawan Resign: Belum Ada Pengaduan

Menurutnya, ini adalah langkah antisipasi di saat target pasar tradisional Indonesia di Barat melemah. Zulkifli menegaskan, Kemendag bakal mengembangkan potensi pasar non-tradisional dengan membuat 'jalan tol' agar tidak ada hambatan.

"Dengan (negara) luar kita buka pasar baru. Misi dagang sebulan tiga kali, saya nanti akan ke Mesir, Nigeria, India, dan Arab Saudi untuk membangun misi dagang. Aturannya kita bikin perjanjian agar bebas tarif sehingga pengusaha-pengusaha kita akan lebih mudah," tuturnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja ekspor impor Indonesia pada November 2022 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M. Habibullah menyebutkan ekspor Indonesia pada bulan lalu mencapai US,12 miliar atau turun 2,46 persen dibandingkan ekspor Oktober.

Lihat Juga :
SKK Migas Minta PetroChina Telusuri Penyebab Kebakaran di Blok Jabung

"Perkembangan ekspor November 2022 secara bulan ke bulan nilai ekspor November 2022 mencapai US,12 miliar atau turun sebesar 2,46 persen dibanding bulan sebelumnya," ungkapnya.

Kendati, secara tahunan atau year on year (yoy), ekspor Indonesia pada November 2022 naik 5,8 persen.

Habibullah menuturkan ekspor nonmigas pada November 2022 mencapai US,99 miliar, turun 1,94 persen dibandingkan dengan Oktober 2022, namun naik 6,88 persen jika dibandingkan dengan November 2021.

Penurunan ekspor nonmigas terbesar terjadi pada komoditas lemak dan minyak hewan maupun nabati sebesar US7,6 juta atau 16,62 persen. Sedangkan peningkatan terjadi pada ekspor logam mulia dan perhiasan/ permata sebesar 87,19 persen atau senilai US2,2 juta.

Di saat yang sama, ekspor migas juga turun 11,85 persen dari US,29 miliar pada Oktober 2022 menjadi US,14 miliar pada November 2022. Sementara, secara tahunan ekspor migas turun 15,23 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Jiwa prajurit menyembunyikan bagian depan

situs slot terbaru dan tergacor

Kelahiran Kembali Budidaya Perkotaan

game online gacor

Kota Akademi Seni Bela Diri

jco delivery promo