petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kuy4d rtp

ngeriqq 191Jutaan kata 483563Orang-orang telah membaca serialisasi

《kuy4d rtp》

Daftar Saham Cuan Pekan Ini, Batu Bara Hingga Ritel Diramal Berkilau******

Analis menyebut sejumlah saham berkilau pada pekan ini, seperti sektor batu bara, ritel hingga keuangan.
Analis menyebut sejumlah saham berkilau pada pekan ini, seperti sektor batu bara, ritel hingga keuangan. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 27,36 poin atau minus 0,39 persen ke level 7.053 pada perdagangan pekan lalu. Investor asing mencatat beli bersih (net buy) Rp1,98 triliun selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat dua kali dan melemah tiga kali. Secara total, performa indeks saham melemah 0,41 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Albertus Fajar Subagyo mengatakan rata-rata nilai transaksi harian bursa menurun 16,25 persen dari Rp12,41 triliun menjadi Rp10,40 triliun pada pekan kemarin.

Penurunan juga terjadi pada rata-rata volume transaksi bursa dari 18,274 miliar menjadi 17,985 miliar saham atau sebesar 1,58 persen.

"Peningkatan terjadi pada kapitalisasi pasar bursa sebesar 0,12 persen menjadi Rp9.484 triliun dari Rp9.473 triliun pada pekan sebelumnya," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (25/11).

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi memproyeksi IHSG menguat pekan ini meski cenderung terbatas dengan rentang pergerakan di level support6.970 dan resistance7.190.

Lihat Juga :
Kronologi Menkes Akan Cek Daya Listrik 1.000 Orang Soal BPJS Kesehatan

Dari dalam negeri, rilis data inflasi November 2022 diperkirakan turun secara tahunan ke level 5,5 persen. Namun, inflasi inti diperkirakan tetap naik menjadi 3,39 persen. Hal ini berpotensi membuat Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan.

Sedangkan PMI manufaktur Indonesia November ini diperkirakan naik ke level 52,3. Indeks masih menunjukkan industri manufaktur kokoh dalam zona ekspansif dan berpeluang kembali menyumbang ekspor. Ini merupakan sentimen positif untuk pasar dan emiten manufaktur yang masih bertumbuh.

Sementara itu, pidato Gubernur The Fed Jerome Powell menunjukkan sebagian besar pejabat The Fed menilai bahwa perlambatan laju kenaikan suku bunga kemungkinan akan terjadi.

Rilis data tingkat pengangguran AS juga diperkirakan tetap di level 3,7 persen. Jika The Fed melihat tanda-tanda pasar tenaga kerja AS berkurang pengetatannya, maka bisa memberi sentimen positif untuk menahan kebijakan yang lebih menekan.

"Untuk kondisi saat ini investor dapat memanfaatkan beberapa sentimen positif yang kemungkinan terjadi baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dapat memberikan angin segar untuk pasar dapat menguat," katanya kepada CNNIndonesia.com, Minggu (27/11).

Lihat Juga :
Daftar 8 Penyakit yang Kuras Isi Dompet BPJS Kesehatan

Di kondisi ini, Oktavianus menyarankan investor melirik beberapa sektor, mulai dari energi yang secara spesifik pada batu bara, keuangan, dan ritel.

Secara teknikal, ia merekomendasikan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang menguat 0,64 persen ke level 4.750 pekan lalu. Oktavianus menyakini BBRI bakal menembus 5.000.

Masih dari sektor keuangan, ada saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang tumbuh 0,27 persen ke posisi 9.300 pada pekan lalu. Pekan ini, ia memprediksi BBNI bergerak di rentang support9.100 dan resistance9.650.

Oktavianus juga merekomendasikan saham PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang melemah 0,53 persen ke level 3.730. Pekan ini, ia memproyeksi ADRO bangkit hingga 4.000.

Terakhir, ia menyarankan saham dari sektor ritel, yakni PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) yang tumbuh pekan lalu sebesar 3,75 persen menyentuh 4.980. Oktavianus meyakini LPPF bakal menguat sampai 5.350.

Masih Dihantui Ancaman Resesi Global

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Buruh Sindir Pengusaha Tekstil: Fasilitas Bintang Lima, Upah Kaki Lima******

KSPI menyindir pengusaha tekstil dan sepatu dengan menyebut cengeng karena menikmati fasilitas bintang 5 pemerintah tapi maunya bayar gaji murah.
KSPI menyindir pengusaha tekstil dan sepatu dengan menyebut cengeng karena menikmati fasilitas bintang 5 pemerintah tapi maunya bayar gaji murah. ( CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyindir pengusaha tekstildan sepatu dengan menyebut mereka cengeng.

Sindiran ia sampaikan terkait keluhan sejumlah pengusaha terkait beberapa beban usaha, salah satunya upah. Sindiran juga ia sampaikan terkait gembar-gembor yang mereka sampaikan kalau beban upah tak dikurangi, badai PHK di industri padat karya bakal menimpa pekerja di Indonesia.

Pasalnya, beban terjadi di tengah penurunan permintaan akibat tekanan ekonomi global.

Sejumlah pengusaha, khususnya dari industri tekstil belakangan ini mengeluh. Keluhan mereka sampaikan terkait tekanan ekonomi global belakangan ini.

Mereka menyebut masalah itu telah menurunkan permintaan sampai dengan 30 persen. Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan karena penurunan permintaan tersebut, pihaknya akhirnya harus mem-PHK sekitar 45 ribu pekerja. 

Supaya ancaman PHK itu tidak meluas, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendesak Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan aturan berisi fleksibilitas jam kerja dengan prinsip no work no pay(tidak bekerja, tidak dibayar).

"Kalau bisa dipertimbangkan, menambah satu lagi yaitu harapan kami ada satu Permenaker (Peraturan Menteri Ketenagakerjaan) yang mengatur fleksibilitas jam kerja dengan prinsip no work no pay," ujar Ketua Bidang Ketenagakerjaan Apindo Anton J Supit dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi IX DPR RI dan Menaker, Selasa (8/11).

Menurutnya, hal ini dilakukan demi mengurangi jumlah orang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan begitu, ketika industri sedang lesu pekerja tidak harus terkena PHK.

Relokasi

Said mengatakan mengurangi beban produksi sebenarnya bisa dilakukan pengusaha dengan merelokasi usaha mereka dari daerah dengan biaya tinggi ke rendah. Sebenarnya kata Said, relokasi ini sudah ia usulkan sudah dilakukan sejak sepuluh tahun yang lalu.

"Saya sudah usulkan 10 tahun lalu, untuk labour intensive, padat karya itu memang harus dibangun ke daerah-daerah kawasan industri yang standard living costatau biaya hidup masih rendah," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Ia menyebut sejumlah daerah seperti Subang, Pantura, Indramayu di Jawa Barat. Selain itu juga beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah masih berbiaya hidup rendah.

Sementara jika perusahaan tekstil atau garmen masih bersikukuh menetap di Jakarta, akan sulit mengimbangi upah yang diberikan.

"Nggak papa karena memang labour intensive padat karya memang biayanya itu 30 persen, labour costnya. Naik 10 persen udah kerasa," katanya.

Said menyinggung bahwa relokasi ini tidak menyebabkan PHK massal sebab pada akhirnya jumlah tenaga kerja yang direkrut akan sama hanya berbeda lokasi. Selain itu, perusahaan pun akan menawarkan pindah kepada karyawannya.

Lihat Juga :
Daftar 3 Syarat Dapat Rice Cooker Gratis dari Pemerintah

Ia pun menekankan bahwa relokasi pabrik padat karya ini akan menimbulkan upah dan produktivitas yang merata. Sebab, kesenjangan upah di tiap daerah akan dikejar oleh pemerintah.

"Kesenjangan disparitas upah akan dikejar pemerintah untuk tidak terlalu melebar. Cuma hati-hati relokasi tidak semua SDM siap. (Ada) 10-20 perusahaan di Jawa Barat hengkang, terus kembali lagi, karena SDM tempat mereka menuju belum siap," tegasnya.

(cfd/agt)

Lion Air Layani Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati Mulai Besok******

Lion Air akan melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati ke Madinah, Arab Saudi (MED) mulai Sabtu (26/11) besok.
Lion Air akan melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati ke Madinah, Arab Saudi (MED) mulai Sabtu (26/11) besok. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Lion Air akan melayani penerbangan umrahdari Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati (BIJJ) tujuan Bandar Udara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi (MED) mulai Sabtu (26/11) besok.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan pihaknya memperkenalkan penerbangan non-stop (tanpa transit) di BIJB guna memperlancar pelaksanaan perjalanan umrah.

Selain itu, hal tersebut juga mempermudah masyarakat untuk menunaikan umrah, khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah Jawa Barat.

Ia menyampaikan Lion Air telah memenuhi dan menjalankan ketentuan operasional menurut masing-masing negara serta aturan internasional.

Danang juga mengatakan penerbangan ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan dari Kementerian Perhubungan dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA), termasuk audit keselamatan dan keamanan.

Lebih lanjut, ia mengatakan Lion Air mengoperasikan armada generasi modern jenis pesawat berbadan lebar Airbus 330-300CEO. Pesawat ini didesain bertata letak kursi lorong ganda (double aisle) terdiri dari 18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi.

"Jenis pesawat tersebut mampu melayani non-stop yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 12 jam, sehingga sangat tepat untuk mendukung penerbangan ibadah Umrah dari BIJB Kertajati Majalengka," kata Danang.

Ia juga menyebut Lion Air menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan, musik religi, audio video pada setiap kursi.

Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing daerah asal, Lion Air juga telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari aspek bahasa.

Danang menambahkan seluruh pesawat sudah menjalani perawatan intensif, dalam performa terbaik, dan laik terbang. Armada juga telah dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:link baru gacor

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
cara dapat uang 1 miliar gratis
situs slot judi terpercaya
hokivip
trik licik main slot
hutang hp tanpa dp
rtp megawin188
cara cicilan kredit di shopee
website kredivo
link tergacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 juraganbet88
Bab 2 aplikasi prediksi togel terbaik
Bab 3 link slot 2023 terbaru
Bab 4 cara cicil barang di lazada
Bab 5 bebasjudi88
Bab 6 daftar slot mudah menang
Bab 7 buku mimpi pembunuh
Bab 8 cara mendapatkan uang dari rebahan
Bab 9 alojudi
Bab 10 pinjaman online amartha
Bab 11 tidak membayar pinjol ilegal
Bab 12 cara main gaple agar selalu menang
Bab 13 totospin
Bab 14 situs slot indonesia terpercaya
Bab 15 gampang menang
Bab 16 pasti jp 88 slot
Bab 17 rajacua
Bab 18 bocoran harmonibet hari ini
Bab 19 erek2 48
Bab 20 lingtogel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah6559bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Ruang tamu iblis

bandar togel
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Kamis (24/11). Pelemahan disebabkan lantaran para investor masih akan mencermati beberapa rilis data ekonomi dari Amerika Serikat.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengungkapkan saat ini secara teknikal candlestick membentuk lower high dan lower low menguji support MA50.

"Artinya, hal ini mengindikasikan potensi pelemahan akan terjadi di rentang yang cukup terbatas," kata Dennies dikutip dari riset hariannya.

Senada, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi pergerakan IHSG cenderung melemah.

William mengatakan pergerakan IHSG terlihat sedang mengalami teknikal rebound pasca terkonsolidasi beberapa waktu sebelumnya.

Ia menilai selama resisten level terdekat belum mampu ditembus maka IHSG masih memiliki potensi untuk bergerak sideways.

Lihat Juga :
Ekonom Ramal Ekspor RI Melambat di 2023, Surplus Perdagangan Turun

"Namun para investor asing masih mencatatkan capital inflow secara ytd (year to date) sedangkan fluktuasi nilai tukar rupiah juga turut membayangi pergerakan IHSG," tutur William. Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support 6.921 dan resistance 7.152

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ITMG, BMRI, CTRA, BBRI, SMRA, AALI, TBIG.

IHSG ditutup di level 7.054 pada Rabu (23/11). Indeks saham menguat 23.535 poin atau plus 0,33 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.137 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 24.392 miliar saham. Pada penutupan kali ini, 249 saham menguat, 255 terkoreksi. 

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Anda menyebut ini jari emas

zeus vs hades maxwin
Sejumlah anggota Komisi IV DPR mencecar Kementan dan Bos Bulog Budi Waseso terkat kacau data beras belakangan ini karena bisa berdampak ke harga di masyarakat.
Sejumlah anggota Komisi IV DPR mencecar Kementan dan Bos Bulog Budi Waseso terkat kacau data beras belakangan ini karena bisa berdampak ke harga di masyarakat. (CNN Indonesia/Adi Maulana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah anggota DPRmencecar Kementerian Pertanian, Bulog dan Badan Pangan terkait rancu data stok berassaat ini.

Anggota Komisi IV DPR dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hermanto menyebutkan rancu data terkait stok beras yang dimiliki oleh tiap lembaga ini berpotensi menyebabkan distorsi harga di pasar.

"Saya ingin menyampaikan supaya ada kesamaan statemen antara para pihak yang berkaitan dengan stok beras. Jangan sampai kita di depan publik itu seolah-olah berbeda secara tajam, ini implikasinya terhadap pasar, bisa terjadi distorsi harga di pasar," tutur Hermanto dalam rapat dengan pendapat (RDP) Komisi IV di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11).

"Saya berharap supaya ada seirama lah kita, saya minta supaya kita ramai-ramai memperbaiki data yang benar, baik data di Kementerian, Bulog, Komisi (IV), maupun di masyarakat sehingga tidak mendistorsi pasar," tuturnya.

Hal serupa disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKS Slamet yang menyebut data milik Kementan, ID Food, Badan Pangan Nasional (BPN), dan Bulog simpang siur.

"Stok beras ini simpang siur, saya minta Badan Pangan, ID Food, dan Bulog. Saya ingin mendapatkan dari masing-masing di forum ini. Kalau ada selisih-selisih, selisihnya di mana kita luruskan masing-masing. Pemimpin yang membuat kebijakan ada di sini semua," cecarnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP Sutrisno menegaskan agar kementerian tidak hanya mengandalkan data dari dinas pertanian di daerah.

Ia meminta agar Kementan memiliki data yang valid agar bisa memastikan kecukupan stok beras. Ia juga mendesak agar Kementan menekan dugaan ekspor beras ilegal.

"Beras ini mutlak koordinasi Kementan dengan otonomi daerah, mereka yang punya data. Jangan percaya hanya data dinas pertanian," ujarnya.

Lihat Juga :
Menkes Curiga Konglomerat Ikut Bebani BPJS Kesehatan

Cecaran terkait data yang simpang siur itu ditanggapi oleh Kepala Badan Pangan Nasional/NFA (National Food Agency) Arief Prasetyo Adi yang menyebutkan bahwa data yang ia dapatkan berasal dari Perum Bulog.

"Tentunya ini laporan dari timnya Pak Buwas (Dirut Bulog Budi Waseso), kami selalu koordinasi, stok beras nasional yang kami laporkan 621 ribu hari ini ada 594 ribu ton," tuturnya.

Lebih jauh, ia menegaskan bahwa pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Bulog untuk perkembangan pangan nasional.

"Kami selalu berdiskusi juga dengan Kementan, Kementerian Perdagangan, tentunya dengan Menko Perekonomian. Sehingga kalau ada anggapan BPN tidak berkoordinasi dengan Kementan, itu juga engga. Karena saya dengan Pak Suwandi juga telfonan terus sampai malam, dengan tim Pak Buwas juga terus," ucap Arief.

Lihat Juga :
Luhut Sebut RI Terancam Defisit Gas dan Bergantung pada Impor di 2026

Rancu data beras sebelumnya disampaikan oleh Kementerian Pertanian dan Bulog. Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengatakan beberapa waktu lalu mengatakan menuturkan stok CBP saat ini hanya 651 ribu ton atau separuh dari target sebanyak 1,2 juta ton.

Stok CBP menipis karena penyerapan beras di tingkat produsen menurun seiring dengan pasokan yang terbatas dan harga jual yang tinggi.

Budi Waseso karena itu menyarankan pemenuhan stok cadangan beras pemerintah (CBP) dari luar negeri atau impor. Bahkan, impor harus segera dilakukan.

Namun pernyataanBuwas itu dibantah Kementerian Pertanian. 

Statistisik Ahli Madya Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kementerian Pertanian Anna Astrid Susanti mengatakan saat ini pasokan beras nasional masih relatif aman, bahkan surplus.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Buka Suara Terhadap Potensi Indonesia Kena Reflasi

Menurutnya, jika mengacu pada data BPS, per Desember 2022 produksi beras akan mencapai 32 juta ton dengan surplus 1,8 juta ton.

"Menurut data BPS, hingga Desember 2022 produksi beras sekitar 32 juta ton, dan diperkirakan masih surplus 1,88 juta ton beras. (Sementara) konsumsinya 30,2 juta ton," kata Anna saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (17/11).

Hanya saja, tidak semua dari surplus itu berada di gudang Bulog. Ia menjelaskan, cadangan beras yang berada di Bulog hanya sekitar 11 persen. Sementara sisanya berada di rumah tangga produsen dan rumah tangga konsumen.

"Hasil survei cadangan beras nasional yang dilakukan bulan Juni 2022 oleh BPS, Kementan dan Bapanas menunjukkan kalau stok beras di Bulog hanya sekitar 11 persen. Dari sisi stok nasional sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan," paparnya.

Lihat Juga :
145 Orang Kena PHK Usai Produsen Minuman Alto Tutup Pabrik di Sukabumi
(cfd/agt)

[Gambas:Video CNN]

Kepala Penyihir

warnetslot
Menparekraf Sandiaga Uno menilai, keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) membuka potensi ekonomi yang besar bagi Morotai.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam kunjungan ke Morotai, Maluku Utara. (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong pengembangan wisata religi dan bahari di Morotai, Maluku Utara.

Sandiaga menilai, keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) membuka potensi ekonomi yang besar bagi Morotai. Untuk itu, dia mengajak Ikatan Keluaga Alumni Universitas Khairun (Unkhair) di Maluku Utara untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai upaya penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya memiliki harapan agar Unkhair bisa berkolaborasi dengan program-program kita untuk mencetak entrepreneur-entrepreneur baru, karena UMKM itu mencetak 97 persen dari lapangan kerja kita," kata Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga menyampaikan apresiasi atas fasilitas yang tersedia di Masjid Raya Baiturrahman Morotai. Terlebih, tempat ibadah yang juga merupakan kawasan wisata religi itu juga sangat bersih.

Sandiaga berharap, kawasan wisata religi di Masjid Raya Baiturrahman Morotai dapat menjadi tempat kegiatan keagamaan regional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Sehingga, tercipta peluang usaha dan lapangan kerja yang luas.

"Ini bisa menjadi tujuan wisata religi yang dikombinasikan dengan wisata bahari, apalagi sudah dilengkapi auditorium yang besar. Kita bisa mengundang event-event berbasis regional, yang berbasis MICE. Terpikir oleh saya jika ada Islamic Ekonomi Forum yang bisa kita laksanakan di sini untuk menggali potensi Morotai, karena ini ada fasilitas yang sangat memadai," kata Sandiaga.

(rea/rea)

Buku Ajaib Aegea

yang paling gacor
Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB sekaligus Associate Researcher CORE Dwi Andreas Santosa menyebut food estate melanggar kaidah ilmiah.
Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB sekaligus Associate Researcher CORE Dwi Andreas Santosa menyebut food estate melanggar kaidah ilmiah. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar).
Jakarta, CNN Indonesia--

Guru Besar dan Kepala Pusat Bioteknologi IPB sekaligus Associate Researcher CORE Dwi Andreas Santosa menegaskan program food estate atau lumbung pangan nasional adalah pemborosan dan bukan solusi masalah pangan Indonesia.

"Sering kali saya sebut, food estateini melanggar kaidah-kaidah ilmiah, melanggar 4 pilar pengembangan lahan pangan skala besar, terkait tanah dan agroklimat, infrastruktur, budidaya dan teknologi, serta sosial-ekonomi," katanya dalam CORE Economic Outlook 2023: Harnessing Resilience against Global Downturn, Rabu (23/11).

Andreas lantas menceritakan sejarah membuktikan food estate selalu gagal di Indonesia. Kegagalan bisa dilihat dari dari pengembangan lahan gambut (PLG) satu juta hektare yang terjadi pada masa Orde Baru (Orba) hingga Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kemudian akibat pernyataan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Indonesia mencanangkan lagi program food estate, dan tidak ada ceritanya. Pemborosan dana yang luar biasa besar, berapa puluh triliun dana yang sudah kita gelontorkan untuk food estatedan tidak menghasilkan apapun," tegasnya.

Menurutnya, lebih baik pemerintah fokus kepada satu hal, misalnya memperbaiki lahan gambut 1 juta hektare yang sekarang sudah rusak berat. Andreas mengatakan perlu Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) untuk membangun food estate.

Andreas menegaskan setiap presiden jangan berganti-ganti program. Itu yang membuat food estatebelum menjadi solusi pangan Indonesia sampai saat ini karena tidak fokus membangun dan mengurusnya.

Pemerintah sebelumnya menganggarkan Rp1,595 triliun untuk mendanai food estatepada 2021-2023. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut proyek ini berkaitan dengan pertahanan.

"Ada sinyalemen presiden ingin mengembangkan pertahanan yang kuat berdimensi holistik melalui penguatan pertahanan militer dan nonmiliter sekaligus," kata Prabowo di Dies Natalis Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada pertengahan Oktober 2020.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Presiden Jokowi pun mengapresiasi Kementerian Pertanian dalam pengembangan kawasanfood estatedi Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia berharap proyek di Belu dapat dioptimalkan untuk mendongkrak kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Jokowi menuturkan pembukaan food estate merupakan salah satu terobosan dalam membangun kemajuan pertanian dengan menggunakan teknologi modern. Menurutnya, diperlukan keberanian mencoba menggunakan teknologi di lahan-lahan yang sulit seperti NTT.

(skt/agt)

Setelah Wu Zhou Daxian

forum situs slot luar negeri
PT Waskita Karya (Persero) bakal menjual 5 ruas jalan tol, salah satunya Tol Pemalang-Batang untuk mengurangi beban utang.
PT Waskita Karya (Persero) bakal menjual 5 ruas jalan tol, salah satunya Tol Pemalang-Batang untuk mengurangi beban utang. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Waskita Karya(Persero) bakal menjual atau mendivestasikan (melepas aset) dari lima ruas jalan tol nya pada 2022. Salah satunya Tol Pemalang-Batang untuk mengurangi beban utang.

Direktur Pengembangan Bisnis Waskita Karya Septiawan Andri Purwanto mengatakan kemitraan strategis yang diusung BUMN konstruksi tersebut akan dilakukan dilakukan hingga 2025 nanti.

Salah satunya, ruas tol Cimanggis-Cibitung atau Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). "Jadi ada lima ruas, kalau boleh saya sebutkan, tol Pemalang-Batang, Depok-Antasari, Pasuruan-Probolinggo, hingga Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu)," ujarnya, dilansir Antara, Senin (14/11).

"Dengan harapan ruas tol tersebut bisa kita selesaikan dan dilihat seberapa jauh lalu lintas harian rata-ratanya sesuai dengan perencanaan di awal, sehingga kita punya keyakinan jalan tol tersebut bisa kita lakukan kemitraan strategis," papar Septiawan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya Wiwi Suprihatno menyebut kemitraan strategis terhadap lima ruas tol akan mendorong dekonsolidasi utang perusahaan sekitar Rp23 triliun.

Lihat Juga :
Kilas Balik Curiga Menkes soal Konglomerat dan Beban Berat BPJS

"Kalau dari proyeksi lima ruas tol ke depan, kami proyeksikan akan terjadi dekonsolidasi utang di Waskita yang mencapai sekitar Rp23 triliun. Sejak 2021 sampai dengan tahun ini, Waskita sudah berhasil melakukan dekonsolidasi kurang lebih Rp18 triliun," terang Wiwi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sempat memuji upaya transformasi yang dilakukan Waskita Karya. Menurutnya, upaya tersebut telah berada di jalur yang tepat, sehingga dapat mempercepat pengembalian investasi.

Erick optimistis Waskita Karya bisa mencapai target transformasi tahun 2025 mendatang, yaitu pertumbuhan market cap dua kali dan EBITDA tiga kali.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Diluo

dotmex99
Jumlah pengangguran di Amerika Serikat yang mengajukan tunjangan melonjak hingga 240 ribu orang pada pekan lalu. Tertinggi sejak 13 Agustus 2022.
Jumlah pengangguran di Amerika Serikat yang mengajukan tunjangan melonjak hingga 240 ribu orang pada pekan lalu. Tertinggi sejak 13 Agustus 2022. (AFP/WILLIAM WEST).
Jakarta, CNN Indonesia--

Jumlah penganggurandi Amerika Serikatyang mengajukan tunjanganmelonjak hingga 240 ribu orang pada pekan lalu. Tertinggi sejak 13 Agustus 2022.

Departemen Tenaga Kerja AS menyatakan angka tersebut adalah capaian dari penghitungan mingguan pada 19 November kemarin.

Angka tersebut melonjak tajam sebanyak 17 ribu dari pekan sebelumnya yang mencapai 222 ribu orang.

Jumlah klaim tunjangan pengangguran ini meroket tajam akibat pasar tenaga kerja yang sangat ketat. Bahkan kondisi ini diperparah usai masa lockdown pandemi berakhir.

Kondisi itu semakin parah lantaran perusahaan besar di bidang teknologi juga mulai melakukan PHK massal. Meski demikian, PHK massal itu belum tercermin dalam klaim tunjangan pengangguran minggu lalu.



Kepala ekonom Raymond James Eugenio Aleman menilai banyak pekerja yang di-PHK ditanggung oleh pembayaran pesangon. Aleman mengatakan dia sedang mencari tanda-tanda peningkatan pengangguran dari industri lain. Sebab, industri lain kebanyakan tidak memiliki pesangon ketika di-PHK.

"Dan itu masih belum terjadi hari ini," katanya dilansir dari CNN, Kamis (24/11).

Mark Zandi, kepala ekonom untuk analitik Moody, mengatakan rata-rata klaim tunjangan pengangguran awal mingguan di bawah 215 ribu tahun ini. Sementara 240 ribu klaim untuk minggu lalu merupakan peningkatan dari rata-rata itu.

Lihat Juga :
Akbar Buchari terpilih menjadi Ketum BPP Hipmi 2022-2025

"PHK sangat buruk bagi mereka yang kehilangan pekerjaan, tetapi itu berarti pasar kerja mendingin, yang sangat penting untuk menurunkan inflasi dan mencegah kenaikan suku bunga yang lebih agresif oleh Federal Reserve," ujar Zandi.

Zandi mengatakan dia memperkirakan akan melihat lebih banyak PHK di 2023. Pasalnya, perusahaan besar di tiap sektor mulai mengurangi gaji para pegawainya.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)