petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

link slot malam ini

slot malam ini yang gacor 279Jutaan kata 989900Orang-orang telah membaca serialisasi

《link slot malam ini》

Mungkinkah Mimpi Buruh UMP 2024 Naik 15 Persen Terkabul?******

Pengamat menyebut kenaikan UMP sampai dengan 15 persen, termasuk di 2024 bisa mempercepat mimpi pemerintah mewujudkan Indonesia jadi negara maju di 2045.
Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino
Jakarta, CNN Indonesia--

Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) selalu menjadi perdebatan panas menjelang akhir tahun. Perbedaan pandangan  soal berapa besaran kenaikan menjadi salah satu alasannya.

UMP pada umumnya ditetapkan pada akhir November setelah tripartite (buruh, pengusaha, dan pemerintah) menggelar serangkaian pembahasan dan pertemuan. Aksi protes hingga demo turun di jalan juga hampir selalu mewarnai penetapan besaran UMP setiap tahunnya.

September silam, Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) menuntut pemerintah menetapkan kenaikan upah minimum 15 persen pada 2024.

"Kebutuhan Hidup Layak yang harus disurvei, minimal menggunakan 64 komponen KHL, didasarkan pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 18 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kebutuhan Hidup Layak," kata Presiden ASPEK Indonesia Mirah Sumirat, Selasa (12/9).

Mirah mengungkapkan setelah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, yang merupakan peraturan turunan dari Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang oleh Mahkamah Konstitusi RI dinyatakan inkonstitusional bersyarat, kenaikan upah minimum di Indonesia menjadi sangat kecil dan tidak manusiawi.

Berdasarkan PP Nomor 36 Tahun 2021, sambung Mirah, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2022 hanya rata-rata 1,09 persen.

Sementara untuk kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023, Kementerian Ketenagakerjaan justru menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, di mana kenaikan UMP dibatasi tidak boleh melebihi 10 persen. Secara rata-rata, kenaikan UMP 2023 hanya 7,50 persen.

Lihat Juga :
Pengusaha soal Pekerja Tuntut UMP 2024 Naik 15 Persen: Tidak Mungkin

Menanggapi tuntutan pekerja tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) baru-baru ini memberi sinyal UMP akan naik di 2024, meskipun saat ini pembahasan dan perhitungan masih terus dilakukan.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan kenaikan dilakukan dengan melihat geliat ekonomi saat ini. Kendati demikian, ia berharap keputusan tersebut tak diprotes oleh pengusaha.

"Tentunya (UMP naik), mudah-mudahan tidak diprotes pengusaha," kata Anwar di Gedung Vokasi Kemnaker, Jakarta, Minggu (15/10).

Namun, Anwar belum mau membeberkan berapa besaran kenaikan UMP 2024 lantaran sampai saat ini masih terus dihitung. Ia mengatakan keputusan resmi soal kenaikan UMP 2024 akan disampaikan pada akhir November 2023.

Anwar pun menambahkan kemungkinan kenaikan tak akan sampai 15 persen seperti tuntutan buruh.

"Ya kalau buruh permintaannya tinggi terus. Kita kan juga menghitungnya tentunya dari berbagai pertimbangan, terutama terkait dengan inflasi, pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Lihat Juga :
Ada Pilpres, Pengusaha Hati-hati Usulkan Kenaikan UMP 2024

Di sisi lain, salah satu pihak pengusaha menyebut UMP 2024 sulit naik sampai 15 persen.

"Dengan kondisi ekonomi saat ini apakah dunia usaha memiliki kemampuan menaikkan UMP sampai 15 persen, sesuatu yang tidak mungkin," kata Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Indonesia Sarman Simanjorang kepada CNNIndonesia.com, Selasa (18/10).

Sarman menjelaskan seluruh pemangku kepentingan harus tetap melihat kondisi ekonomi saat ini dari sisi pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga kondisi ketenagakerjaan di suatu daerah.

Sarman mengingatkan serikat pekerja harus mengerti bahwa permintaan kenaikan UMP harus realistis dengan melihat kondisi ekonomi nasional dan global. Dengan begitu, kenaikan UMP tidak akan lebih dari 10 persen.

"Kami meminta kepada teman-teman serikat pekerja agar dapat meminta kenaikan upah minimum 2024 yang sesuai dengan kemampuan dunia usaha," ucap Sarman.

Lihat Juga :
KAI: Tindakan Masinis Argo Wilis Cegah Kecelakaan Kereta Lebih Parah

Lantas apakah mungkin UMP 2024 bisa naik hingga 15 persen seperti tuntutan pekerja?

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira tak menampik kemungkinan kenaikan UMP mencapai lebih dari 9 persen tahun depan. Namun, ia mengatakan untuk mencapai hal tersebut, perlu perubahan formulasi di dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

Bhima menjelaskan formulasi upah minimum saat ini ditambah dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Sehingga, jika inflasi berkisar 4 persen pada 2024 dan pertumbuhan ekonomi berkisar 5 persen, maka menetapkan upah minimum lebih dari 9 persen bisa saja terjadi.

"Tapi formulasi upah minimum ini kan juga punya tujuan sebenarnya, yakni untuk mendorong kenaikan daya beli masyarakat. Jadi usulannya bisa aja, usulan 15 persen," kata Bhima kepada CNNIndonesia.com, Rabu (18/10),

Bhima menilai kenaikan upah minimum mencapai 15 persen sebenarnya bisa mewujudkan apa yang diharapkan pemerintah; membuat pendapatan masyarakat menjadi minimal Rp10 juta per bulan pada 2045.

Lihat Juga :
8 Kedatangan Kereta di Jakarta Terlambat Imbas Anjlok KA Argo Semeru

Dari segi perhitungan, Bhima mengatakan jika cita-cita ini mau tercapai, maka kenaikan upah bersih (dikurangi inflasi) harus mencapai sekitar 6 persen.

"Jadi kalau ditambah inflasi, berarti harus di atas 10 persen di 2024 kalau mau cepat sebelum 2045 terjadi kenaikan pendapatan Rp10 juta per bulan," lanjut dia.

Ia menyebut kenaikan upah minimum buruh tak akan mengurangi kesempatan kerja. Bhima menegaskan bahwa anggapan tersebut sudah lama dibantah.

"Yang terjadi justru ketika upah minimumnya naik, maka ini akan mendorong masyarakat belanja lebih banyak. Jadi kalau buruh upahnya naik, terutama melebihi inflasi dan pertumbuhan ekonomi, dia akan langsung membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang hasil industri dalam negeri. Dan itu juga akan meningkatkan permintaan sisi industri manufaktur," jelas Bhima.

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

Alasannya, lanjut dia, karena kenaikan upah minimum akan menjadikan patokan bagi pekerja di atas upah minimum untuk mendapatkan upah yang lebih tinggi lagi.

Ia juga mengatakan kenaikan upah minimum yang tinggi bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kenaikan konsumsi rumah tangga dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

"Dan kita bertumpu sebagian besar ekonomi dari konsumsi rumah tangga atau bertumpu di ekonomi domestik tahun depan, di tengah kondisi ekspor yang sedang menurun, maka solusinya memang bisa dari sisi upah minimum yang naiknya relatif tinggi," jelasnya.

Untung Rugi UMP 2024 Naik Sampai 15 Persen

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Xi Jinping Akhirnya Berkomentar soal Whoosh******

Presiden China Xi Jinping akhirnya berkomentar soal Whoosh. Ia menyebut Whoosh golden brand kerja sama Indonesia-China dalam membangun jalur sutera modern.
Presiden China Xi Jinping akhirnya berkomentar soal Whoosh. Ia menyebut Whoosh golden brand kerja sama Indonesia-China dalam membangun jalur sutera modern. ( Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden ChinaXi Jinping memberikan komentar positif terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang kini bernama Whoosh.

Ia menyebut kereta yang menghubungkan Jakarta-Bandung dengan waktu tempuh 45 menit itu sebagai "golden brand" kerja sama China-Indonesia dalam membangun Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative/ BRI).

Hal tersebut ia katakan dalam perbincangannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat Jokowi melakukan perjalanan ke China guna menghadiri KTT Belt and Roads Initiative awal pekan ini.

Dalam pertemuan dengan Jokowi di sela-sela KTT Belt and Road Forum, Xi juga mengatakan bahwa China bersedia untuk meningkatkan impor produk-produk pertanian dan perikanan di Indonesia.

Menurut Xi, kedua belah pihak harus memperdalam integrasi rantai industri dan rantai pasokan, serta bersama-sama mempromosikan pembangunan koridor ekonomi komprehensif regional.

Jokowi mengatakan Indonesia menganggap China sebagai mitra strategis penting dalam pembangunan ekonomi dan konstruksi nasional. Ia berharap bisa lebih memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan China.

Sementara itu, Xi mengatakan bahwa kedua belah pihak harus bekerja sama secara erat untuk menjaga sentralitas ASEAN, mempromosikan regionalisme terbuka, dan menunjukkan tanggung jawab negara-negara berkembang utama.

(del/agt)

Sepak Terjang Bisnis Gibran, Anak Jokowi yang Jadi Cawapres Prabowo******

Koalisi Indonesia Maju resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. Berikut deretan bisnisnya.
Koalisi Indonesia Maju resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024. (AFP/DIKA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Koalisi Indonesia Maju (KIM) resmi mengusung Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendampingPrabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

Nama Gibran diumumkan usai pertemuan para ketua umum partai KIM pengusung Prabowo di Kertanegara, Minggu (22/10) malam ini.

"Kami telah berembuk secara final secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai presiden KIM, untuk 2024-2029, dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari KIM," kata Prabowo.

Sebelum menjadi walikota Solo, Gran sendiri dikenal sebagai pengusaha. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun memiliki sederet bisnis.

Adapun beberapa bisnis Gibran tidak dijalankan sendirian. Diantaranya, ia berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sang adik yang kini menjadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Berikut daftar bisnis Gibran yang kini diusung menjadi cawapres pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024:

1. Chili Pari

Chili Pari merupakan bisnis katering yang didirikan Gibran pada 2010. Gibran mengusung konsep one stop wedding solution bagi kliennya.

Selain jasa katering, Chili Pari juga menyediakan gedung, souvenir, undangan, riasan pengantin, pembawa acara, hingga konsultasi rencana pernikahan.

Melalui bisnis ini Gibran diangkat sebagai Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Menguat Terbatas pada Hari Ini

2. Markobar

Pada 2015, Gibran masuk ke bisnis martabak manis lewat Markobar atau Martabak Kota Barat. Bisnis ini sebenarnya didirikan oleh Arif Setyo Budi sejak 1996.

Dalam perjalanannya, Gibran bergabung untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat ini, Markobar memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Pasta Buntel

Gibran juga merambah bisnis kuliner berbahan dasar pasta. Bersama tiga orang rekannya, ia mendirikan Pasta Buntel pada Oktober 2015.

Berbeda dengan pasta pada umumnya, Gibran memadukan pasta dengan bumbu nusantara. Cara memasaknya juga dibungkus daun pisang layaknya pepes.

Lihat Juga :
Kisruh Hotel Sultan, Kubu Pontjo Sutowo Klaim Okupansi Terjun Bebas

4. Mangkok Ku

Gibran juga tak ingin ketinggalan maraknya tren rice bowl. Pada pertengahan 2019, Mangkok Ku diluncurkan. Dalam bisnis ini, Gibran menggandeng Kaesang, Chef Arnold Purnomo, dan Randy Julius.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain brisket spicy sauce, ox-toungedabu, dan egg sausagemayo.

5. Hompimpa Games

Gibran dan Kaesang juga merambah bisnis di industri board game dengan bergabung bersama Hompimpa Games. Perusahaan itu merupakan sebuah publisher asal Solo yang menerbitkan Math Cat, The Art of Batik dan board game asli Indonesia lainnya.

Bergerak sebagai publisher and store,Hompimpa Games mencoba merealisasikan ide-ide kreatif paragame designerdangame developeragar dapat dinikmati oleh para seluruh lapisan masyarakat.

Lihat Juga :
Jasamarga Ungkap Misteri Menyebab 21 Mobil Pecah Ban di KM 18 Tol MBZ

6. Tugas Negara Bos

Gibran dan Kaesang juga berkolaborasi dalam merintis usaha pembuatan jas hujan bernama Tugas Negara Bos pada 2017.

Sekilas jas hujan buatan Kaesang dan Gibran ini sama dengan jas hujan pada umumnya. Perbedaan dari jas hujan ini dengan jas hujan lainnya terletak pada tulisan Tugas Negara Bos! dan gambar garuda di bagian depannya.

Meski demikian, tak semua bisnis yang dirintis Gibran sukses. Beberapa diantaranya ada yang gulung tikar seperti berikut:

1. Goola

Pada Juli 2015, Gibran menjajal bisnis minuman khas Indonesia lewat Goola. Gerai minuman ini menawarkan minuman tradisional yang dikemas kekinian seperti es doger, es cincau, hingga ketan hitam.

Keberadaan bisnis ini sudah tidak diketahui sejak 2020. Hal itu terlihat dari akun media sosial Instagramnya yang sudah tidak update.

2. Siapmas

Bersama Kaesang, Gibran meluncurkan merek Siapmas. Usaha ini memproduksi minuman tradisional siap seduh Ngedrink yang dipasarkan di minimarket.

Selain itu, Siapmas juga memproduksi camilan keripik yang terbuat dari tepung terigu, sagu, minyak sawit dan varian bumbu masakan tradisional seperti nasi goreng seafood dan seblak Bandung. Sama dengan Ngedrink, Kemripik dapat ditemukan di minimarket.

3. Ternakopi

Gibran dan Kaesang juga masuk ke bisnis kopi kekinian melalui Ternakopi pada April 2019. Ternakopi pun memiliki lebih dari 40 cabang di seluruh Indonesia.

Usaha ini gulung tikar saat pandemi covid-19 merebak. Kaesang mengatakan produk kopi itu tak laku. Alhasil, seluruh cabang pun lenyap.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)




bab terbaru:cicilan

Perbarui waktu:2024-05-29

Daftar bab terbaru
bonus 25 25 slot
slot paling mudah maxwin
apk slot
cara bayar lazada pakai kredivo
situs slot gacor rtp tinggi
togel 60
100 bonus new member
toto 128 slot
fila88
Daftar isi semua bab
Bab 1 ratucasino88
Bab 2 e commerce paylater
Bab 3 murniqq
Bab 4 pinjam uang di ovo paylater
Bab 5 cicilan belanja online
Bab 6 provider game slot terbaik
Bab 7 situs slot artis
Bab 8 wdslot77
Bab 9 situs gacor jam ini
Bab 10 situs slot gacor
Bab 11 tante4d
Bab 12 pinjaman teman legal atau ilegal
Bab 13 buku mimpi erek erek 2d 3d 4d bergambar
Bab 14 slot gacor dan terpercaya
Bab 15 pinjol telkomsel
Bab 16 receh 123 slot
Bab 17 situs terbaik gacor
Bab 18 cara melakukan pinjaman online
Bab 19 orang hamil erek erek
Bab 20 semarjitu
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2132bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Supermarket benteng saya

game slot mudah maxwin
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan surat edaran berisi perintah agar PNS Jabar menggunakan Bandara Kertajati, Majalengka.
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan surat edaran berisi perintah agar PNS Jabar menggunakan Bandara Kertajati, Majalengka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa BaratBey Machmudin mengeluarkan surat edaran yang 'memaksa' Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabar menggunakanBandara Kertajati, Majalengka.

"Aparatur Sipil Negara (ASN), kami sudah memberikan surat edaran. Jadi, selama masih ada penerbangan dari sini agar berangkat dan kembali di (Bandara) Kertajati," kata Bey, dikutip dari Antara, Kamis (19/10).

Bey mengatakan surat edaran itu akan disebarluaskan ke seluruh pemerintah daerah Jawa Barat. Menurutnya, kebijakan tersebut menjadi salah satu cara meningkatkan okupansi penerbangan di Bandara Kertajati.

"Bahkan teman-teman Kementerian Keuangan meminta dalam masa kembalinya operasi, meminta eselon I dan menteri berangkat dari sini (Bandara Kertajati)," klaimnya.

Selain itu, ia juga mengupayakan cara lain dengan meminta Pemda Cirebon dan sekitarnya menjalin kerja sama dengan asosiasi pariwisata. Harapannya, sejumlah kegiatan kreatif di sekitar bandara bisa ikut menarik minat calon penumpang.

Bey menegaskan pihaknya menyediakan tempat bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan kerajinan lokal untuk mejeng di Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati kini menampung penerbangan yang semula ada di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pengalihan mulai Oktober 2023 ini adalah pengulangan yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu.

Kala itu, pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati gagal. Bahkan, maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink terpaksa menutup 3 rute penerbangan dari Kertajati imbas sepi penumpang.

Namun, Jokowi berharap dengan rampungnya Tol Cisumdawu bisa membantu Bandara Kertajati penuh sesak penumpang.

"Kita harapkan setelah jalan tol ini selesai, jalan Tol Cisumdawu selesai, Bandara Kertajati Oktober (2023) nanti sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji untuk Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk," harap Jokowi saat meresmikan Tol Cisumdawu pada Selasa (11/7).

"Saya melihat Bandara Kertajati yang didukung Tol Cisumdawu adalah airport masa depan kita. Karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masukequity-nya, berpartner di Bandara Kertajati, baik mengoperasikan maupun meningkatkan trafficlalu lintas penerbangan yang ada," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Manual Pengoperasian Pakan Meriam

slot judi gacor
Beragam produk elektronik didiskon gede di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (22/10). Ada TV LED sampai kulkas semuanya diskon!
Beragam produk elektronik didiskon gede di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (22/10). Ada TV LED sampai AC dengan harga sale! (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia--

Mau beli produk elektronik tapi belum gajian? Enggak usah khawatir, soalnya walau tanggal tua, beli produk elektronik di Transmart banyak diskonnya.

Beragam produk elektronik didiskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (22/10). Ada TV LED, kulkas, sampai AC dengan harga sale!

Lihat Juga :
Serbu, Masih Ada Waktu buat Belanja di Transmart Full Day Sale
  • Samsung LED TV 50" UHD Smart UA50CU8000K harga saleRp5.519.200 dari harga normal Rp8.409.000.
  • LED TV 65" UHD Smart harga salemulai Rp7.679.200 dari harga normal Rp11.209.000.
  • Kulkas SBS 436L harga saleRp6.215.200 dari harga normal Rp8.769.00. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas SBS 436L harga saleRp6.639.200 dari harga normal Rp9.239.000. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • AC Split 1 PK hargasaleRp3.066.400 dari harga normal Rp4.199.000, bonus pipa dan instalasi standar.

Promo ini berlaku bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank Allo Prime termasuk layanan Allo Paylater. Khusus untuk elektronik maksimal pembelian 2 pcs per kategori.

Yuk serbu diskon belanja elektronik di Transmart Full Day Sale. Diskon gede-gedean ini hanya berlaku hari ini saja di seluruh gerai Transmart se-Indonesia!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Hati iblis yang tak terbatas

tuan slot login
Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan.
Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putihmulai tahun depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya hanya akan menerbitkan RIPH tersebut paling banyak untuk 650 ribu ton.

Arief mengatakan ketentuan jumlah tersebut mengacu pada kebutuhan nasional yang hanya sebanyak 600 ribu hingga 620 ribu ton. Selain itu, pembatasan ini juga dilakukan guna meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri.

Selain itu, ia juga mengatakan bakal transparan terkait siapa saja yang mendapat RIPH. Ia berjanji bakal menjabarkan siapa saja importir yang diberikan rekomendasi oleh Kementan.

Menurut Arif, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada kecurigaan bahwa Kementan hanya memberikan rekomendasi kepada pihak tertentu saja.

"Kemarin ada suara hanya 1-2 importir (yang diberikan rekomendasi), enggak. Pak Dirjen punya datanya ada 140. Jadi orang itu suka membuat opini, itu yang akan kami counter back kepada masyarakat bahwa di Kementan tidak ada permainan seperti itu," ucap Arief.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk tahun ini pihaknya memang telah menerbitkan RIPH untuk 1,1 juta ton bawang putih untuk tahun. Namun, ia yakin dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan kembali membatasi melalui Surat Persetujuan Impor (SPI).

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

"Kalau sudah dikeluarkan 1 juta ton tinggal Kemendag membatasi importasi supaya tidak over stok," ucap Arief.

Kementan telah menerbitkan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton pada tahun ini.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan dalam penerapan penerbitan RIPH harus mengikuti aturan sesuai Permentan nomor 39 tahun 2019 tentang RIPH dan terbuka untuk semua pelaku usaha importir bawang putih.

"Saat ini sudah terbit 2 ratusan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton. Jadi bukan hanya beberapa importir saja," ucap Prihasto melalui keterangan resmi, Sabtu (14/10).

Lihat Juga :
Kemenko Marves Kabarkan Kondisi Luhut: Membaik Sesuai Harapan

"Saya sampaikan bahwa, Wewenang perizinan impor bawang putih ada di Kementerian Perdagangan. Setelah RIPH diterbitkan oleh Kementan, pelaku usaha melakukan pengajuan PI (Persetujuan Impor) ke Kementerian Perdagangan," imbuhnya.

Prihasto menjelaskan pelaku usaha mengajukan RIPH bawang putih secara online melalui SINAS NK terintegrasi dengan Sistem RIPH. Apabila pengajuan telah memenuhi persyaratan administrasi dan teknis akan diterbitkan RIPH.

Ia pun menegaskan rekomendasi RIPH adalah rekomendasi teknis yang menyatakan bahwa produk hortikultura yang akan diimpor telah memenuhi persyaratan produk yang aman konsumsi dan bermutu baik.

Kemudian menerapkan prinsip telusur balik yang baik (traceability) dan memenuhi standar keamanan pangan segar asal tumbuhan.

"RIPH diperlukan oleh pelaku usaha sebagai salah satu syarat melakukan impor produk hortikultura," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Hidup di dunia tanpa akhir

slot sekarang
Riset Wise mencatat masyarakat Indonesia kehilangan Rp15,09 triliun akibat penukaran mata uang asing. Hilang salah satunya akibat markup nilai tukar.
Riset Wise mencatat masyarakat Indonesia kehilangan Rp15,09 triliun akibat penukaran mata uang asing. Hilang salah satunya akibat markup nilai tukar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebuah riset  yang dilaksanakan perusahaan teknologi bernama Wise mencatat masyarakat Indonesia kehilangan Rp15,09 triliun per tahun akibat penukaran mata uang asing.

Riset Capital Economics yang dilaksanakan Juli 2023 ini mengatakan duit belasan triliun milik warga Indonesia itu lenyap pada 2022 lalu.

Country Manager Wise Indonesia Elian Ciptono mengatakan dari jumlah itu, Rp6,83 triliun hilang akibat biaya yang disembunyikan dalam bentuk markup nilai tukar, pembayaran, dan pembelian menggunakan kartu kredit. Sedangkan Rp8,26 triliun lainnya raib dalam biaya transaksi penukaran mata uang asing.

Ia menuturkan biaya transaksi di muka alias upfront feeyang diungkapkan penyedia penukaran uang kerap berbeda dengan tagihan. Elian menyebut provider cenderung tidak menggunakan kurs tengah, apalagi mengungkap markup yang ditambahkan pada nilai tukar.

Pada akhirnya, konsumen yang termasuk warga Indonesia tidak sadar sudah dikenakan biaya tambahan.

Selain itu, Wise menyoroti keberadaan tenaga kerja Indonesia (TKI) di negeri orang yang turut menjadi korban.

Mereka diklaim membayar Rp7,61 triliun untuk biaya transfer di 2022, termasuk Rp4,76 triliun untuk biaya transaksi dan Rp2,84 triliun sisanya markup nilai tukar.

Markupnilai tukar juga menjerat wisatawan Indonesia di luar negeri. Elian mengatakan para turis kudu mengeluarkan total biaya Rp3,45 triliun ketika berbelanja di negeri orang, di mana Rp2,66 triliun disembunyikan dalam bentuk markup nilai tukar.

"Kami berharap menginformasikan dan mendidik masyarakat mengenai transparansi, yang juga sejalan dengan tujuan jangka panjang kami membantu orang-orang memindahkan dan mengelola uang dengan cara yang lebih cepat, murah, dan transparan," harapnya.

Oleh karena itu, ia menyarankan konsumen mencari penyedia layanan penukaran uang terbaik yang bisa memberikan nilai tukar dan biaya transaksi secara adil.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

spoiler alur cerita

71 togel
PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo bakal melaporkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ke Jokowi usai membekukan izin usaha Hotel Sultan.
PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo bakal melaporkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ke Jokowi usai membekukan izin usaha Hotel Sultan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo bakal melaporkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai membekukan izin usaha Hotel Sultan. Bahkan, Bahlil terancam digugat.

Kuasa Hukum PT Indobuildco Yosef Benediktus Badeoda mengaku belum mengetahui pembekuan izin usaha Pontjo Sutowo di Hotel Sultan. Yosef mengatakan belum ada pemberitahuan resmi dari Kementerian Investasi/BKPM.

"Iya dong (gugat Menteri Investasi/Kepala BKPM). Kan kalau tindakan menteri yang salah, gimana upaya hukumnya? Pasti kami harus gugat dong," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (20/10).

Ia mengkritik keras tindakan Bahlil tersebut. Yosef menegaskan pembatalan izin kelolaan Hotel Sultan dengan alasan hak guna bangunan (HGB) Nomor 26/Gelora dan HGB Nomor 27/Gelora berakhir adalah perbuatan melawan hukum.

Menurutnya, langkah Bahlil keliru dan sewenang-wenang. Yosef lantas merinci 3 alasan bahwa tindakan Bahlil tidak tepat.

Pertama,HGB 26 dan 27 milik PT Indobuildco diklaim masih belum berakhir karena ada pembaruan hak sesuai undang-undang.

Kedua,Yosef menilai keabsahan hak pengelolaan atas tanah (HPL) milik pemerintah itu sedang digugat. Ia mengatakan saat ini prosesnya masih dalam tingkat banding di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

Lihat Juga :
Respons Kemenkeu soal DKI Mau Pungut Pajak Ojol dan Toko Online

Ketiga,ia menegaskan kepemilikan lahan atas HGB 26 dan 27 masih dalam proses digugat ke pengadilan negeri.

"Semestinya semua pihak harus menghormati hukum, terlebih due process of law yang sedang berlangsung. Ini namanya tidak taat hukum dan pelanggaran hak asasi," kritik Yosef ke Bahlil.

Yosef mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu proses pembaruan hak-hak tersebut disetujui. Ia menegaskan ini hanya masalah administrasi, tetapi mereka mengklaim hak Pontjo Sutowo masih tetap ada serta harus dilindungi negara.

Ancaman gugatan kepada Bahlil juga dipertegas oleh kuasa hukum kubu Pontjo Sutowo lainnya, yakni Hamdan Zoelva.

"Saya masih mengecek ke klien (pembekuan izin usaha di Hotel Sultan). Kami sedang pelajari. Pasti kami gugat (Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil), dengan menelaah dulu surat itu (pembekuan izin usaha di Hotel Sultan," ungkap Hamdan.

Sebelumnya, Bahlil mengatakan Kementerian Investasi/BKPM bertugas mengeluarkan izin tempat usaha, termasuk di Hotel Sultan. Syarat yang harus dipenuhi oleh pengusaha adalah alas hak alias sertifikat.

Ia lalu menyebut HGB perusahaan Pontjo Sutowo atas Hotel Sultan sudah habis pada Maret 2023-April 2023 lalu.

"Maka dari itu, tidak memenuhi syarat lagi dengan sendirinya gugur. Tapi kalau dipaksa (tetap beroperasi), kita cabut. Dibekukan sudah 2 minggu dari kemarin, sudah dibekukan," ujar Bahlil hari ini di Kementerian Investasi, Jakarta Selatan.

"Ya terserah saja kalau (Pontjo Sutowo) mau protes. Kalau masih melawan lagi, kita buat keputusan. (Apakah akan langsung dicabut?) kamu kok cabut cepat sekali ya? Kamu cocok jadi menteri investasi," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Strategi Suster Mayat

slotgacor889
Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan.
Kementerian Pertanian bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putih maksimal 650 ribu ton mulai tahun depan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal membatasi penerbitan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) bawang putihmulai tahun depan.

Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya hanya akan menerbitkan RIPH tersebut paling banyak untuk 650 ribu ton.

Arief mengatakan ketentuan jumlah tersebut mengacu pada kebutuhan nasional yang hanya sebanyak 600 ribu hingga 620 ribu ton. Selain itu, pembatasan ini juga dilakukan guna meningkatkan produksi bawang putih dalam negeri.

Selain itu, ia juga mengatakan bakal transparan terkait siapa saja yang mendapat RIPH. Ia berjanji bakal menjabarkan siapa saja importir yang diberikan rekomendasi oleh Kementan.

Menurut Arif, hal ini perlu dilakukan agar tidak ada kecurigaan bahwa Kementan hanya memberikan rekomendasi kepada pihak tertentu saja.

"Kemarin ada suara hanya 1-2 importir (yang diberikan rekomendasi), enggak. Pak Dirjen punya datanya ada 140. Jadi orang itu suka membuat opini, itu yang akan kami counter back kepada masyarakat bahwa di Kementan tidak ada permainan seperti itu," ucap Arief.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk tahun ini pihaknya memang telah menerbitkan RIPH untuk 1,1 juta ton bawang putih untuk tahun. Namun, ia yakin dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan kembali membatasi melalui Surat Persetujuan Impor (SPI).

Lihat Juga :
ANALISISMenguak Curiga Ahok dan Dugaan Modus Bos Parpol Makan Subsidi LPG 3 Kg

"Kalau sudah dikeluarkan 1 juta ton tinggal Kemendag membatasi importasi supaya tidak over stok," ucap Arief.

Kementan telah menerbitkan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton pada tahun ini.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menjelaskan dalam penerapan penerbitan RIPH harus mengikuti aturan sesuai Permentan nomor 39 tahun 2019 tentang RIPH dan terbuka untuk semua pelaku usaha importir bawang putih.

"Saat ini sudah terbit 2 ratusan RIPH bawang putih dengan total volume 1,1 juta ton. Jadi bukan hanya beberapa importir saja," ucap Prihasto melalui keterangan resmi, Sabtu (14/10).

Lihat Juga :
Kemenko Marves Kabarkan Kondisi Luhut: Membaik Sesuai Harapan

"Saya sampaikan bahwa, Wewenang perizinan impor bawang putih ada di Kementerian Perdagangan. Setelah RIPH diterbitkan oleh Kementan, pelaku usaha melakukan pengajuan PI (Persetujuan Impor) ke Kementerian Perdagangan," imbuhnya.

Prihasto menjelaskan pelaku usaha mengajukan RIPH bawang putih secara online melalui SINAS NK terintegrasi dengan Sistem RIPH. Apabila pengajuan telah memenuhi persyaratan administrasi dan teknis akan diterbitkan RIPH.

Ia pun menegaskan rekomendasi RIPH adalah rekomendasi teknis yang menyatakan bahwa produk hortikultura yang akan diimpor telah memenuhi persyaratan produk yang aman konsumsi dan bermutu baik.

Kemudian menerapkan prinsip telusur balik yang baik (traceability) dan memenuhi standar keamanan pangan segar asal tumbuhan.

"RIPH diperlukan oleh pelaku usaha sebagai salah satu syarat melakukan impor produk hortikultura," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)