petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara nyicil hp di shopee

games slot terpercaya 793Jutaan kata 874255Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara nyicil hp di shopee》

Pengurus Istiqlal Bersuara soal Terowongan Toleransi Belum Beroperasi******

Pengelola Masjid Istiqlal membantah Terowongan Silaturahmi yang terhubung dengan Gereja Katedral belum dioperasikan karena perdebatan soal bayar listrik.
Plola Masjid Istiqlal membantah Terowongan Silaturahmi yang terhubung dengan Gereja Katedral belum dioperasikan karena perdebatan soal bayar listrik. (CNBC Indonesia/Tri Susilo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengelola Masjid Istiqlalmembantah Terowongan Silaturahmi yang terhubung denganGereja Katedralbelum dioperasikan karena perdebatan siapa yang harus membayar listrik.

Kabag Umum Dan Humas Istiqlal Ismail Chawidu mengatakan proyek yang menelan dana Rp37,8 miliar itu belum dioperasikan karena masih ada pembangunan yang belum rampung.

"Jadi gini. Sekarang lagi dikerjakan ornamennya. Kami lagi mengerjakan ornamen hasil lelang anak-anak ITB (Istitut Teknologi Bandung)," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Senin (20/11).

Ia juga mengatakan pihaknya juga masih mempersiapkan sistem pendingin ruangan di dalam terowongan. Ismail pun menuturkan kelak pengelolaan terowongan termasuk kelistrikan akan melibatkan pihak Katedral, Istiqlal, dan Pemda DKI Jakarta.

"Tak ada urusan listrik itu. Ada yang mengelola. Itu kan aset Pemda DKI tanahnya. Nanti dikasih visual, suara, pasang AC. Masih panjang ceritanya itu," kata Ismail.

Oleh karena itu, ia mengatakan Terowongan Silaturahmi baru bisa dibuka untuk umum pada tahun depan.

"Masih beberapa bulan lagi lah. Iya tahun depan. Sekarang kan masih Desember," ucapnya.

Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral sampai saat ini belum juga dioperasikan meski pembangunan sudah kelar sejak 2021 lalu.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja yang dikonfirmasi CNNNIndonesia.com membenarkan masalah itu. Termasuk soal isu perdebatan mengenai siapa yang harus membayar listrik untuk operasional terowongan.

Berdasarkan informasi yang diterima CNNIndonesia.com, pihak Istiqlal dan Katedral belum ada yang mau menyepakati soal pembayaran listrik.

"Listriknya," kata Endra singkat saat ditemui di Kompleks DPR RI, sore ini.

Ia mengatakan masalah terowongan silaturahmi saat ini adalah tanggung jawab Pemda DKI Jakarta. Oleh karena itu, Endra menyerahkan penyelesaian pembiayaan listrik kepada pemda.

"Pemda DKI yang mengatur dan saya kira tidak besar toh (biaya listrik) untuk layanan publik setingkat Katedral-Istiqlal, saya kira bisa dialokasikan," tutur Endra.

Selain perdebatan siapa yang bayar listrik, Endra juga mengatakan operasional terowongan itu tertunda karena masih ada pembangunan.

[Gambas:Video CNN]

"Dan ada sedikit perbaikan lagi karena ada perbaikan di situ," katanya.

Terdapat sejumlah perusahaan pelat merah yang merampungkan proyek ini. Seperti PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor, PT Virama Karya (Persero) sebagai manajemen konstruksi, dan PT Yodya Karya (Persero) ditunjuk sebagai perencana pembangunan.

Adapun, terowongan silaturahmi dibangun dengan panjang 32 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 8 meter.

Pembangunan terowongan ini diharapkan dapat menjadi contoh kerukunan antar umat beragama. Sehingga, antar agama dapat terus saling menjaga silaturahmi dan toleransi karena Indonesia kaya akan kepercayaan.

Lihat Juga :
Pemerintah Akan Wajibkan PLN Beli Listrik dari PLT Sampah
(mrh/agt)

Mesin Uang Orang Terkaya Israel, Adakah yang Dipakai Warga RI?******

Daftar lima orang terkaya Israel beserta sumber uangnya. Ada pemilik saham Xiaomi.
Daftar lima orang terkaya Israel beserta sumber uangnya. Ada pemilik saham Xiaomi. (heathertruett/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia--

Israel belum juga berhenti menggempur Palestina hingga saat ini. Tak tanggung-tanggung, Israel bahkan diperkirakan menghabiskan danasebesar US miliar atau sekitar Rp795 triliun (asumsi kurs Rp15.589 per dolar AS) untuk mengongkosi perang melawan Hamas ini.

Kekayaan Israel tersebut diperoleh dari berbagai sektor, termasuk teknologi tinggi dan industri manufaktur.

Israel adalah pusat manufaktur dan perdagangan berlian terkemuka di kancah global Israel Diamond Exchange, salah satu dari empat pusat perdagangan berlian terkemuka di dunia dan memiliki lebih dari 3.200 anggota.

Mengutip The World's Real-Time Billionaires Forbes Senin (20/11), berikut daftar lima orang terkaya di Israel:

1. Eyal Ofer (US,8 miliar)

Eyal merupakan bos perusahaan Ofer Global yang bergerak di bidang pelayaran, real estate, teknologi, perbankan, energi, dan investasi lainnya.

Ia adalah anak dari raja pelayaran Sammy Ofer yang membagikan hartanya ketika meninggal pada 2011 silam.

Melalui anak usahanya, Zodiac Group, Eyal kini mengoperasikan hampir 190 kapal.

Sementara real estate mencakup mencakup lebih dari 120 properti di seluruh dunia dan mencakup 15 Central Park West, 1250 Broadway, dan 50 United Nations Plaza di Manhattan.

Aset Eyal lainnya termasuk OG. Venture Partners dan saham di perusahaan publik Mizrahi Tefahot Bank dan Royal Caribbean Cruises.

Lihat Juga :
UMP 2024 Jatim Naik 6,1 Persen Jadi Rp2,16 Juta

2. Idan Ofer (US,9 M)

Idan merupakan saudara kandung Eyal. Ia merupakan bos perusahaan Eastern Pacific Shipping yang mengoperasikan armada yang terdiri dari 210 kapal curah, kapal kontainer, dan kapal tanker minyak mentah.

Tak hanya itu, ia juga memiliki saham di di dua perusahaan pelayaran lainnya, XT Shipping dan Ace Tankers.

Ia juga memiliki 32 persen saham di tim sepak bola Spanyol Atletico de Madrid, serta 85 persen saham klub sepak bola Portugal FC Famalicao.

3. Dmitri Bukhman (US,9 miliar)

Dmitri merupakan pemilik game online Playrix yang terkenal dengan game aplikasi seluler gratis seperti Homescapes dan Fishdom.

Ia dan saudaranya bernama Igor, mulai menjual game online saat Dmitry masih duduk di bangku SMA. Hinggi kini, Playrix membukukan pendapatan tahunan lebih dari US,5 miliar.

Tak hanya itu, Bukhman bersaudara mengakuisisi saham di pengembang video dan game jejaring sosial Nexters Global.

4. Igor Bukhman (US,9 M)

Sama dengan saudaranya, Dmitri, kekayaan Igor berasal dari game online Playrix. Meski keduanya lahir dan besar di Rusia utara, Playrix menutup kantornya di Rusia pada 2022 dan merelokasi hampir seluruh 1.500 karyawannya.

5. Yuri Milner (US,8 M)

Milner merupakah investor teknologi kelahiran Rusia. Ia adalah pendukung awal perusahaan ternama seperti Facebook dan Twitter lewat dana ventura miliknya, DST Global.

Namun, Milner kemudian menjual sahamnya di perusahaan tersebut dan berinvestasi di Spotify dan Airbnb.

Milner juga memiliki saham di perusahaan teknologi Tiongkok, termasuk Alibaba, JD.Com, serta Xiaomi.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Teten Ungkap Kredit Macet 421 Pelaku UMKM Tembus Rp22 T******

Menkop UKM Teten Masduki mencatat kredit macet pelaku UMKM mencapai Rp22,9 triliun.
Menkop UKM Teten Masduki mencatat kredit macet pelaku UMKM mencapai Rp22,9 triliun. (CNN Indonesia/Tunggul)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM)Teten Masduki mencatat kredit macetpelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mencapai Rp22,9 triliun.

Adapun jumlah pelaku UMKM yang kreditnya bermasalah tersebut sebanyak 421 ribu orang.

"Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program restrukturisasi UMKM, total kredit yang bermasalah adalah sebesar Rp22,9 triliun yang mencakup 421 ribu pelaku UMKM," ungkap Teten dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (23/11).

Teten menambahkan atas hasil evaluasi tersebut, terdapat tiga arahan presiden yang disampaikan di dalam rapat kabinet.

Pertama, mencari solusi dan evaluasi atas permasalahan kredit UMKM yang berpihak kepada pelaku UMKM. Kedua, meningkatkan porsi kredit UMKM dari 25 persen pada 2023 menjadi 30 persen pada 2024.

Ketiga, menyelesaikan hal-hal yang terkait kriteria hapus buku dan hapus tagih serta restrukturisasi UMKM kurang dari satu bulan.

Teten merinci sejumlah aturan yang menjadi alas hukum hapus tagih, yakni Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Lihat Juga :
Pertamina Selidiki Sumur Keluar Minyak Pertalite di Sintang Kalbar

"Dalam peraturan ini menyebutkan bahwa kredit macet adalah salah satunya dapat diselesaikan dengan restrukturisasi kredit," ucap Teten.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap total jumlah kredit UMKM seluruh Indonesia mencapai Rp1.376 triliun per Mei 2023. Sementara, total kredit macetnya mencapai Rp53,81 triliun.

Jika dilihat jumlah kredit dan kredit macet UMKM ini terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Lihat saja, pada 2018 jumlah kredit UMKM mencapai Rp969 triliun, sedangkan jumlah kredit macetnya mencapai Rp32,42 triliun.

Angka tersebut kemudian meningkat pada 2019. Pada tahun itu, jumlah kredit UMKM mencapai Rp1.044 triliun, sementara jumlah kredit macetnya mencapai Rp36,21 triliun.

Pada 2020, jumlah kredit UMKM kembali naik menjadi Rp1.088 triliun. Adapun jumlah kredit macetnya mencapai Rp43,11 triliun.

Jumlah kredit UMKM kembali naik pada 2021, yakni Rp1.221 triliun. Sementara, jumlah kredit macetnya mencapai Rp46,75 triliun.

Selanjutnya, kredit UMKM naik lagi menjadi Rp1.348 triliun per Desember 2022. Sedangkan jumlah kredit macetnya mencapai Rp46,8 triliun.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)




bab terbaru:data pengeluaran sdy 2022

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
asia slot 77
situs gacor akun baru
cara dapat uang di shutterstock
slot gacor akun baru
pinjaman online bunga kecil ojk
seribu mimpi 03
maxwin zeus bet 1000
situs yang lagi gacor hari ini
daftar nama situs slot gacor
Daftar isi semua bab
Bab 1 roda4d
Bab 2 daffatoto
Bab 3 situs slot terbaru dan gacor
Bab 4 trik main judi
Bab 5 hokiku88
Bab 6 alexabet88
Bab 7 demo slot arwana
Bab 8 buku togel lengkap
Bab 9 raja prediksi togel sydney
Bab 10 sakti4d
Bab 11 interqq
Bab 12 promo 100 slot
Bab 13 surga5000
Bab 14 pinjaman online yang terdaftar ojk
Bab 15 jam gacor slot hari jumat
Bab 16 situs slot legal
Bab 17 situs slot
Bab 18 gobets
Bab 19 gebyar4d login
Bab 20 doremiplay77
Klik untuk melihattersembunyi di tengah5067bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Saya satu-satunya pilot pria di dunia

erek erek gelang
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjenguk Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang tengah dirawat di Singapura.
Suharso Monoarfa saat menjenguk Luhut Pandjaitan di Singapura. (Tangkapan Layar Instagram @suharsomonoarfa)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjenguk Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang tengah dirawat di Singapura.

Momen ini dibagikan Suharso dalam unggahan akun Instagramnya. Suharso mengaku punya panggilan khusus untuk Luhut, yakni 'abang'.

"Indonesia masih perlu abang (Luhut), kita punya senior. Kita belajar dari abang ini," kata Suharso dalam video di akun Instagramnya, dikutip Sabtu (25/11).

"Thank youSo (Suharso), minister Harso thank you so much. Pokoknya kita atur ramai-ramai lah ya. Salam hormat buat keluarga sama teman-teman di Bappenas. Saya kira Bappenas di bawah kamu paten!" balas Luhut.

Bos Bappenas itu mengaku sudah hampir 40 tahun mengenal Luhut. Suharso menganggapnya sebagai sosok pemikir dari kalangan militer yang sering beradu argumentasi dengannya.

Menko Marves Luhut dikabarkan jatuh sakit sejak Jumat (6/10) lalu. Pada akhirnya ia muncul di media sosial dan membenarkan kabar tersebut pada Selasa (10/10).

Sejak saat itu, Luhut rutin membagikan kondisinya yang tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura.

[Gambas:Instagram]



(skt/vws)

[Gambas:Video CNN]

Su Xian'er Han Jin

slot gacor mudah jp
PUPR menargetkan 16 PSN rampung akhir tahun ini. Mayoritasnya proyek pembangunan bendungan, lalu jalan tol dan perumahan.
PUPR menargetkan 16 PSN rampung akhir tahun ini. Mayoritasnya proyek pembangunan bendungan, lalu jalan tol dan perumahan. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan 16 Proyek Strategis Nasional (PSN) rampung akhir tahun ini. Mayoritas PSN yang dikebut itu adalah pembangunan bendungan.

"Pada akhir tahun 2023 ini, ditargetkan sebanyak 16 PSN sudah selesai untuk kemudian dilanjutkan dengan penyelesaian 9 PSN pada semester I tahun 2024," ujar Basuki, di Jakarta, Sabtu.

Selanjutnya, 15 PSN ditargetkan selesai pada semester II 2024. Kemudian, sisa 42 PSN ditargetkan beres setelah 2024.

Kemudian, Bendungan Cipanas di Jawa Barat, Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Temef di NTT dan Bendungan Tiu Suntuk di NTB.

Selanjutnya, Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur, Bendungan Ameroro di Sulawesi Tenggara, dan DI Baliase di Sulawesi Selatan.

Adapun PSN berupa jalan tol yaitu Tol Kisaran-TebingTinggi, Tol Serpong-Cinere, Tol Cinere-Jagorawi, dan Tol Cimanggis-Cibitung.

PSN lainnya adalah pembangunan perumahan, yakni rumah susun (rusun) Lanud Halim Perdana Kusuma, dan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo, NTT.

[Gambas:Video CNN]

(pta/pta)

Pedang Peri dan Berita Aneh

situs terbaik slot
ParagonCorp kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di tengah gempuran militer Israel.
ParagonCorp kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di tengah gempuran militer Israel. (paragoncorp).
Jakarta, CNN Indonesia--

ParagonCorp kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di tengah gempuran militer Israel. Kali ini, perusahaan turut mengirimkan pesawat kemanusiaan untuk membawa bantuan yang terhimpun dari masyarakat Indonesia melalui lembaga sosial kemanusiaan.

Penyaluran bantuan tahap kedua ini merupakan bentuk kolaborasi dari lintas pemangku kepentingan baik pemerintah, swasta, public figure hingga masyarakat yang bergerak bersama dalam semangat kebermanfaatan untuk kemanusiaan, untuk membantu warga Palestina yang kondisinya semakin memburuk.

Pelepasan bantuan kemanusiaan tahap kedua ini secara resmi dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin (21/11).

"Hari ini ParagonCorp bersama pemerintah dan masyarakat Indonesia kembali memenuhi panggilan kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan tahap kedua kepada warga Palestina. Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan kesulitan warga Palestina yang terdampak konflik berkepanjangan," ujar Miftahuddin dalam keterangan resmi.

"Terima kasih atas seluruh bantuan, doa, dan harapan dari masyarakat Indonesia yang terus dipanjatkan bagi warga Palestina. Semoga misi penyebaran kebermanfaatan untuk kemanusiaan ini tidak pernah putus," sambungnya.

Pada penyaluran bantuan tahap kedua ini, ParagonCorp mengirimkan satu pesawat untuk membawa bantuan kemanusiaan yang terhimpun dari masyarakat Indonesia.

Bantuan yang terhimpun salah satunya merupakan hasil dari campaign fundraising #BersamaJagaPalestina pada platform Kitabisa.com yang digerakkan oleh para brand ambassador dan influenceryang bekerjasama dengan merek-merek di bawah ParagornCorp.

Selain itu, perusahaan juga mengirimkan 2 ton hygiene kit yang terdiri dari sabun dan shampoo dari brand Wardah, Kahf, Biodef, dan Laboré yang diproduksinya.

Melalui pesan #KebermanfaatanUntukKemanusiaan yang pada hari ini menjadi tema dari keberangkatan pesawat kemanusiaan untuk Palestina, ParagonCorp berharap semakin banyak pihak yang tergerak untuk menyebarluaskan kebermanfaatan agar bantuan yang diberikan tidak pernah putus.

Perusahaan bersyukur bantuan kemanusiaan tahap pertama yang dikirimkan bersama pemerintah telah sampai di Palestina. Meskipun sempat terhalang di tengah jalan, namun bantuan ini berhasil tiba di tangan warga Palestina.

"ParagonCorp mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mengirimkan bantuan dan doa bagi warga Palestina. Bersama kita bergerak dalam menyebarkan kebermanfaatan untuk kemanusiaan," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

tuan kendo

trik bermain gaple profesional
Transaksi belanja online yang dilakukan warga Indonesia selama Oktober 2023 tembus Rp42,2 triliun, di mana lapak fesyen terlaris.
Transaksi belanja online yang dilakukan warga Indonesia selama Oktober 2023 tembus Rp42,2 triliun, di mana lapak fesyen terlaris. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Transaksi belanja online yang dilakukan warga Indonesia selama Oktober 2023 tembus Rp42,2 triliun. Lapak fesyen paling laris.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengatakan nominal transaksi itu naik 10,69 persen secara bulanan (month to month/mtm) alias 4,99 persen year on year (yoy).

Jumlah tersebut mencakup 361,54 juta transaksi, di mana melesat 8,13 persen mtm atau 32,04 persen secara tahunan.

Menurutnya, ada dua faktor utama tren belanja di e-commerceterus meningkat.

Pertama,penerimaan masyarakat Indonesia terhadap budaya belanja di toko online yang semakin luas. Kedua,ada beragam promo di tanggal-tanggal kembar yang turut meningkatkan penjualan di toko online.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut mereka memang menganalisis tren belanja warga Indonesia di e-commerce. Setidaknya ada dua temuan yang didapatkan Perry Cs.

Pertama,ia menyebut transaksi di toko onlinemeningkatkan percepatan perputaran uang. Dengan kata lain, efisiensi dan produktivitas masyarakat juga meningkat.

"Kalau dulu kan orang belanja perlu keluar, ke toko dan sebagainya, itu volume transaksinya perlu waktu. Ini bisa lebih cepat sehingga perputaran uang dan transaksinya lebih cepat, apalagi dengan QRIS dan BI Fast," jelas Perry.

"Kedua, dari sisi harga itu juga menurun (lebih murah) dengan transaksi di e-commercesehingga ini juga mendukung pengendalian inflasi, khususnya harga barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jadi, komponen barang yang diperdagangkan di e-commerceitu juga mendukung pengendalian inflasi karena harganya bisa lebih murah," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Kelahiran kembali kehidupan yang menyenangkan

sultanplay77
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan harga tiket pesawat masih mahal karena dari total kebutuhan armada sebanyak 700 baru ada 440. Imbasnya, tiket mahal.
Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan harga tiket pesawat masih mahal karena dari total kebutuhan armada sebanyak 700 baru ada 440. Imbasnya, tiket mahal. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka-bukaan soal harga tiket pesawatyang mahal usai pandemi covid. Ia mengatakan salah satu penyebab mahalnya harga tiket pesawat adalah jumlah pesawat beroperasi yang masih sedikit.

"Kalau bicara jumlah pesawat saja masih kurang. Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) mengatakan 440 (pesawat), kebutuhannya 700 (pesawat), makanya tiket masih mahal," kata Erick di kantor Kementerian BUMN, Kamis (23/11).

Senada, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan jumlah pesawat yang beroperasi di Indonesia mengalami penurunan secara drastis. Bahkan suku cadang pesawatnya pun terbatas.

Masalah lain, terkait harga BBM pesawat, Avtur, yang terus mengalami kenaikan. Budi menambahkan harga Avtur sangat mempengaruhi tiket pesawat.

Pasalnya, 40 persen biaya operasional pesawat datang dari Avtur.

"Jadi apabila Avtur itu Pertamina bisa menurunkan dengan harga yang sama dengan Singapura, ini sangat membantu. Terus yang lain-lain, ini bisa kita lakukan untuk sama-sama menurunkan. Kalau cost daripada aviasi ini menurun, maka daya beli mereka untuk membeli atau me-leasing pesawat-pesawat menjadi baik," ucap Budi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

bintang parkour

viva99
UMP Sulawesi Tenggara (Sulteng) 2024 resmi naik 4,6 persen atau sekitar Rp126 ribu menjadi Rp2.885.964.
UMP Sulawesi Tenggara (Sultra) 2024 resmi naik 4,6 persen atau sekitar Rp126 ribu menjadi Rp2.885.964. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia--

Upah minimum pekerja (UMPSulawesi Tenggara (Sultra) 2024 resmi naik 4,6 persen menjadi Rp2.885.964.

Jumlahnya naik Rp126 ribu dibandingkan UMP tahun lalu, yakni Rp2.758.984.

"Jadi, kenaikan UMP Sulawesi Tenggara tahun 2024 ini sebesar Rp126.979,50 sen," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dikutip Antara, Selasa (21/11).

Ia menambahkan keputusan gubernur mengenai penetapan UMP ini berlaku mulai 1 Januari 2024.

Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan, imbuh Andap, perusahaan tidak boleh memberikan upah lebih rendah dari ketentuan upah minimum provinsi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra LM Ali Haswandy menjelaskan penghitungan UMP mengacu pada formula yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Perubahan PP 36/2021 tentang Pengupahan.

Ali menyampaikan baru tiga dari 17 kabupaten/kota di Sultra yang sudah mempunyai upah minimum kabupaten/kota, yakni Kendari, Kolaka, dan Konawe Utara.

[Gambas:Video CNN]

(pta/agt)