petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

coin303

erek erek hari ini 842Jutaan kata 955202Orang-orang telah membaca serialisasi

《coin303》

Jasa Marga Prediksi 2,7 Juta Kendaraan Keluar Jabodetabek Saat Nataru******

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

PTJasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan jumlah kendaraan keluar Jabodetabek mencapai 2,73 juta pada H-7 Natal 2022 hingga H+3 Tahun Baru 2023 atau periode 18 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023. Jumlah ini naik 8,4 persen dari dari volume lalu lintas normal.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan puncak arus mudik diperkirakan terbagi dalam dua hari yaitu pada 23 Desember 2022 dan 30 Desember 2022.

"Sedangkan untuk prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,71 juta kendaraan, naik 9 persen dari volume lalu lintas normal, dengan prediksi puncak arus balik juga terbagi dalam dua hari, yaitu pada Minggu, 25 Desember 2022, untuk periode Natal dan Minggu, 1 Januari 2023, untuk periode Tahun Baru," jelas Atika dalam keterangan resmi, Jumat (16/12).

Mayoritas distribusi volume lalu lintas yang keluar masuk Jabotabek pada periode tersebut adalah menuju Timur atau Trans Jawa dengan angka distribusi mencapai 47 persen.

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) , Jasa Marga memastikan kesiapan strategi dan layanan operasi jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Jasa Marga sebagai Badan Usaha Jalan Tol yang berperan di sektor infrastruktur transportasi darat telah menyiapkan berbagai upaya dan strategi mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas saat periode Nataru.

Lihat Juga :
Viral Rupiah Seri Unik Mahar Pernikahan Kaesang, BI Buka Suara

Jasa Marga bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memaksimalkan kapasitas jalan tol dengan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, khususnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, satu lajur juga akan ditambah di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun arah Jakarta mulai km 50 hingga km 67 sepanjang 16,3 km.

"Serta mempersiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Sadang sampai Kutanegara) sepanjang 8,5 km," ujar Atika.

Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan alternatif untuk kendaraan kecil golongan 1 non bus pada arus balik jika terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan yang merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cipularang.

Namun jalur ini perlu diantisipasi oleh masyarakat karena akan keluar di jalan nasional Karawang, kemudian melanjutkan kembali masuk ke jalan tol melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Barat km 47.

Sementara untuk optimasi kapasitas di gerbang tol, perusahaan menambah gardu operasi di GT Karangantar dan GT Madiun serta menyiagakan gardu temporer di km 149 Gedebage Jalan Tol Padaleunyi dan Km 99 Darang dan Jalan Tol Cipularang.

Sedangkan di gerbang tol lainnya, Jasa Marga mengoptimalkan gardu Oblique Approach Booth(OAB) atau gardu miring dan menambah mobile reader, hingga mengatur distribusi kendaraan di gerbang tol utama dan akses masuk.

Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business juga akan menambah toilet portable, berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM, menambah layanan BBM Pertashop dan motoris, penyediaan posko layanan kesehatan dengan berkoordinasi dengan daerah setempat hingga berkoordinasi dengan kepolisian untuk pelaksanaan buka tutup rest areajika rest areamengalami kepadatan.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Pembeli Meikarta Mengaku Diancam Bank Nobu Jika Setop Bayar Cicilan******

Kuasa hukum pembeli Meikarta Rudy Siahaan mengatakan beberapa pembeli yang ingin menyetop pembayaran cicilan di Bank Nobu diancam dalam bentuk surat peringatan.
Kuasa hukum pembeli Meikarta Rudy Siahaan mengatakan beberapa pembeli yang ingin menyetop pembayaran cicilan di Bank Nobu diancam dalam bentuk surat peringatan. (CNN Indonesia/ Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kuasa hukum Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta Rudy Siahaan mengungkapkan anggotanya yang menjadi debitur Bank Nobuharus tetap membayarkan cicilan untuk pembelian apartemen Meikarta di Cibatu, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Padahal, unit yang dijanjikan akan diserahkan 2019 itu tak kunjung selesai dibangun dan diberikan ke pembeli.

Rudy menyebutkan saat ini terdapat anggota komunitas yang berhenti membayarkan cicilan KPA kepada Bank Nobu. Tapi, mereka mendapatkan intimidasi berbentuk surat peringatan.

"Kalau surat peringatan itu kan berarti ada yang mengancam, memperingati, 'eh kamu bayar dong unitnya, bayar angsuran kamu', bagaimana konsumen mau bayar kalo unitnya nggak ada? Stressdong," papar Rudy di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (19/12).

"Kata mereka tidak bisa (berhenti bayar), mereka tetap jalankan sesuai dengan perjanjian kredit. Kalau sesuai perjanjian kredit, berarti kan ada agunan, tolong dong difasilitasi apa sih langkah-langkahnya. Tolong dong jangan "diintimidasi" melalui surat peringatan," ucapnya.

Rudy pun menyebutkan bahwa kliennya telah melakukan kewajiban dengan membayarkan cicilan selama ini. Namun, debitur Bank Nobu yang berhenti membayar akibat ketidakpastian Meikarta justru diancam unitnya akan dieksekusi.

"Dalam SP itu ada bahasa akan dieksekusi, akan di-buyback, berarti ada dong unitnya, unit yang mana? Kalau unitnya ada, mungkin mereka akan lakukan kewajiban seperti sedia kala, kan sayang sudah setengah jalan (bayar cicilannya)," tegas Rudy.

Sementara, untuk pembeli Meikarta yang telah melunasi, pihak Bank Nobu hanya bisa memberikan surat keterangan lunas tanpa kepastian unit. Rudy pun keheranan sebab pihaknya tetap diminta mempertanyakan keberadaan unit kepada pengembang PT Mahkota Semesta Utama (MSU).

"(Hasil mediasi disebut) menggembirakan itu tidak ya, karena mereka belum terima unitnya. Menggembirakan kalau konsumen sudah terima unit dan legalitasnya, kalo cuma terima legalitas tapi unitnya tidak (ada), ya sama aja," tegasnya.

CNNIndonesiasudah minta tanggapan atas masalah yang dialami pembeli Meikarta ke Corporate Communication Bank Nobu Mario Satrio. Tapi yang bersangkutan menolak untuk berkomentar.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/agt)

Tuntutan Pembeli Meikarta: Uang Apartemen Dikembalikan******

Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan.
Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan. (CNN Indonesia/ Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pembeli apartemen Meikarta berunjuk rasa di halaman Bank Nobu yang berada di Plaza Semanggi Jakarta Selatan.

Dalam aksi tersebut, konsumen yang tergabung dalam Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) menuntut Bank Nobu untuk mengembalikan uang yang sudah masuk guna pembelian unit Meikarta di Cibatu, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Desakan permintaan dilayangkan konsumen karena hingga kini para pembeli tersebut belum menerima unit apartemen yang dijanjikan oleh PT Lippo Cikarang Tbk.

Dalam aksi tersebut terlihat juga seorang peserta tampak geram akibat dilarang mediasi dengan direksi secara beramai-ramai. Ia menyebut kuasa hukum Bank Nobu meminta para debitur untuk mediasi satu per satu tanpa didampingi pengacara komunitas.

"Maksudnya apa? Supaya kami dilobi satu persatu, kemudian mereka memakai kuasa hukum, kita nggak boleh pakai kuasa hukum, logikanya di mana?" cecar salah satu debitur Nobu bernama Indri, Senin (19/12).

Ia pun berorasi dan menuntut agar Bank Nobu menerima komunitas untuk mediasi secara bersama-sama dengan didampingi kuasa hukum.

Lihat Juga :
Pembeli Meikarta Mengaku Diancam Bank Nobu Jika Setop Bayar Cicilan

"Kemudian karena kami tidak bersedia, kami diusir oleh kuasa hukumnya. Apapun ceritanya, kembalikan uang kami!" tegas Indri.

Konsumen Meikarta yang melakukan pembelian lewat Bank Nobu ini menggelar aksi dengan mengenakan seragam putih dan ikat kepala bertuliskan "Konsumen Korban Meikarta".

Mereka juga membawa berbagai spanduk bertajuk protes kepada Bank Nobu sebab enggan mengembalikan dana cicilan apartemen yang sudah masuk. Spanduk itu bertuliskan "Uang Masuk Rekening Bank Nobu, Kok Tagihnya di MSU? Waras?" dan "Bank Nobu mana tanggung jawabmu, cicilan ditagih terus, apartemen hanya mimpi!"

Cecaran Indri kemudian disambung oleh kuasa hukum PKPKM Rudy Siahaan yang menantang pihak direksi untuk mediasi di hadapan awak media. Menurutnya, jika direksi Bank Nobu enggan para debiturnya didampingi kuasa hukum, maka awak media yang harus diperbolehkan untuk ikut.

Lihat Juga :
Pembeli Meikarta Mengaku Diancam Bank Nobu Jika Setop Bayar Cicilan

"Tidak ada itikad baik dari Nobu, setelah di dalam masuk satu persatu. Kalau tidak boleh didampingi kuasa hukum, awak media saja yang mendampingi," tantang Rudy.

PKPKM pun berencana untuk mengajukan gugatan kepada Bank Nobu maupun PT MSU selaku pengembang apartemen tersebut ke pengadilan.

"Ya kalau langkah hukum kita pikirkan. Kalau memang mereka tidak mau pembatalan perjanjian sepihak, kita akan minta bantuan pengadilan untuk membatalkan perjanjian," ungkap Rudy.

Meski demikian, ia masih mengutamakan mediasi dengan pihak Bank Nobu untuk membatalkan perjanjian jika tak kunjung ada kepastian terkait unit apartemen tersebut.

CNNIndonesia.comsudah minta tanggapan atas tuntutan pembeli Meikarta ke Corporate Communication Bank Nobu Mario Satrio. Tapi yang bersangkutan menolak untuk berkomentar.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)




bab terbaru:trik pola gacor

Perbarui waktu:2024-06-28

Daftar bab terbaru
margo123
rtp garuda4d
daftar link slot tergacor
apk slot penghasil saldo dana
situs judi slot online gacor
situs gacor hari ini maxwin
syarat kredit hp
keris123
sensaslot88
Daftar isi semua bab
Bab 1 pandaplay
Bab 2 situs online slot gacor
Bab 3 alibabslot
Bab 4 777 big slot
Bab 5 sakti4d
Bab 6 seribu mimpi 46
Bab 7 alexabet88 situs slot resmi
Bab 8 juragan69
Bab 9 togel288
Bab 10 voucher telkomsel 5gb
Bab 11 dunia hoki99 slot
Bab 12 cash pro ojk
Bab 13 cara pinjam uang di fif tanpa jaminan
Bab 14 mpogacot
Bab 15 mahjong ways 3 demo rupiah
Bab 16 tempat main slot gacor
Bab 17 megasloti
Bab 18 pola trik zeus
Bab 19 situs slot gacor 88
Bab 20 888 gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9095bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Kaisar adalah surga

aplikasi kredit hp tanpa ribet
Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo mengatakan beras impor 200 ribu ton akan dijual ke pasar dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450 per kg.
Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo mengatakan beras impor 200 ribu ton akan dijual ke pasar dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450 per kg. (CNN Indonesia/Feby Febrina).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo mengatakan beras imporsebanyak 200 ribu ton akan dijual ke pasar dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp9.450 per kg.

Sementara, harga jual beras impor dari Bulog ke pedagang sebesar Rp8.300 per kg.

"Bulog lepas Rp8.300, dijualnya di bawah HET Rp9.450 per kg," ujarnya di Tanjung Priok, Jumat (16/12).

Bulog membeli beras tersebut seharga Rp8.800 per kg. Selisih harga beli dengan jual nantinya ditanggung oleh pemerintah.

"Kita belinya Rp8.800 (per kg), nanti kita melepasnya Rp8.300 (per kg). Nanti kita minta izin negara untuk (beras impor) diubah ke CBP, nanti selisihnya akan diganti negara," kata Buwas.

Seluruh beras tersebut ditargetkan rampung sampai di Indonesia pada 24 Desember mendatang. Sementara tahap pertama beras sampai hari ini Jumat (16/12) di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Merak, masing-masing 5.000 ton.

Seluruh beras impor nantinya langsung disalurkan ke 14 pelabuhan di Indonesia.

"Langsung (beras) kita berangkatkan dari negara itu ke tempat tujuan. Jadi enggak lagi ditumpuk dalam satu tempat sehingga lebih praktis, murah, dan cepat," ujar Buwas.

Di sisi lain, CBP saat ini berkisar di 300 ribu ton. Padahal, CPB hingga akhir tahun ini ditargetkan minimal 1 juta ton. Buwas menjelaskan target CBP rencananya dipenuhi dengan 500 ribu beras dalam negeri dan beras impor 500 ribu ton.

Untuk memenuhi target itu, Bulog akan kembali mengimpor 300 ribu ton pada awal tahun depan. Namun, belum ada kepastian terkait negara asal impor beras itu.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Petualangan seorang gadis cerdas

shopee cicilan tanpa kartu kredit
Tesla turun peringkat di Wall Street imbas ulah manajemen Twitter Elon Musk yang menangguhkan akun para jurnalis.
Tesla turun peringkat di Wall Street imbas ulah manajemen Twitter Elon Musk yang menangguhkan akun para jurnalis. (REUTERS/Adrees Latif).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tesla turun peringkat di Wall Streetimbas ulah manajemen Twitter Elon Muskyang menangguhkan akun para jurnalis, termasuk Donie O'Sullivan dari CNN.

Analis Wall Street memperingatkan tindakan tersebut merusak sentimen pasar pada Tesla. Hal ini juga berisiko memicu reaksi buruk konsumen dan pengiklan.

Dikutip dari CNN Business, Selasa (20/12), Oppenheimer & Co juga menurunkan peringkatnya pada Tesla. Tindakan itu dilakukan semata-mata karena risiko yang ditimbulkan oleh kepemilikan dan manajemen Twitter oleh Elon Musk.

Ia mengatakan kepergian pengiklan hanya akan semakin mengikis keuangan Twitter. Imbasnya Musk harus menurunkan lebih banyak saham Tesla untuk menutupi kerugian tersebut.

Rusch juga menyebut tindakan Musk di Twitter itu akan menciptakan reaksi negatif dari publik yang lebih luas.

"Kami percaya melarang jurnalis tanpa standar yang dapat dipertahankan secara konsisten atau komunikasi yang jelas saat banyak orang percaya kebebasan berbicara, sangat berisiko bagi mayoritas konsumen untuk terus mendukung Musk/Tesla," ujarnya.

Lihat Juga :
Tabloid Nova, Majalah Bobo Junior Dkk Berhenti Terbit Desember 2022

Dengan kata lain, kejenakaan Musk itu buruk untuk bisnis. Terlebih bisnis Tesla. Apalagi, saham Tesla sudah anjlok sekitar 58 persen sejak Musk mencaplok Twitter.

Saham perusahaan kembali anjlok padaSenin (19/12) kemarin setelah Musk melakukan polling soal dia harus berhenti jadi CEO Twitter.

Sementara itu, Ross Gerber, salah satu pemegang saham di Twitter dan Tesla, berharap Musk menemukan CEO Twitter baru selama kuartal pertama 2023.

"Saya pikir itu adalah kepentingan terbaik bagi pemegang saham Tesla untuk Elon Musk kembali bekerja penuh waktu di Tesla," kata Gerber.

Lihat Juga :
Beli LPG 3 Kg Wajib Bawa dan Pakai KTP Mulai 2023

Sebelumnya, akun Twitter sejumlah jurnalis Amerika Serikat (AS) yang kerap meliput industri teknologi diblokir tanpa mendapat penjelasan.

Mereka yang jadi korban di antaranya adalah Donie O'Sullivan dari CNN, Ryan Mac dari The New York Times, dan Drew Harwell dari The Washington Post, serta beberapa jurnalis teknologi lainnya.

Sejumlah jurnalis itu punya kesamaan karena sering mengkritik Musk, baik soal keputusan manajemen maupun kebijakan usai Musk akuisisi Twitter pada Oktober.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

[Gambas:Video CNN]

Bangkitnya Kelahiran Kembali 2012

menang 138
Harga emas Antam rontok Rp3.000 per gram menjadi Rp1,004 juta pada Selasa (20/12).
Harga emas Antam rontok Rp3.000 per gram menjadi Rp1,004 juta pada Selasa (20/12). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,004 juta per gram pada Selasa (20/12). Harga emastercatat turun Rp3.000 dari Rp1,007 juta per gram pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga turun Rp3.000 dari Rp904 ribu menjadi Rp901 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp554,4 ribu, 2 gram Rp1,95 juta, 3 gram Rp2,91 juta, 5 gram Rp4,81 juta, 10 gram Rp9,57 juta, 25 gram Rp23,8 juta, serta 50 gram Rp47,5 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX melemah 0,18 persen menjadi US.794 per troy ons. Begitu juga dengan harga emas di perdagangan spot melemah 0,06 persen ke US.786 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas melemah hari ini. Menurutnya, harga emas akan tertekan oleh penguatan dolar AS dan naiknya imbal hasil obligasi AS.

Lihat Juga :
Minim Sentimen, Laju IHSG Hari Ini Diprediksi Tertekan

Selain itu, dia mengatakan harga emas juga tertekan oleh kekhawatiran penurunan permintaan dari China.

"Harga emas juga tertekan oleh kekuatiran menurunnya permintaan dari China sebagai konsumen emas terbesar dunia karena meningkatnya kasus covid-19," kata Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.766 per troy ons dan resistance US.800 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

Setelah kembali dari membunuh iblis, saya menjadi penjahat terhebat di dunia

situs slot mudah
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan besaran subsidi untuk pembelian mobil dan motor listrik. Berikut rinciannya.
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan besaran subsidi untuk pembelian mobil dan motor listrik. Ilustrasi. (Istockphoto/spyderskidoo).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan besaran subsidi untuk pembelian mobil dan motor listrik. Nilai tersebut terbagi ke dalam 4 kategori, mulai dari Rp5 juta hingga tembus Rp80 juta.

Agus mengatakan subsidi ini diberikan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri. Pemberian subsidi akan mencontoh negara lain yang dianggap pemerintah sudah maju dalam penggunaan kendaraan listrik.

"Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia," jelasnya di Brussels, Belgia, Rabu (14/12), dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

1. Mobil Listrik Baru

Agus menjelaskan saat ini subsidi pembelian kendaraan listrik masih dalam pembahasan, namun sudah di tahap finalisasi. Sehingga, kemungkinan besar angka subsidi yang direncanakan akan sama dengan keputusan akhir.

"Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp80 juta," kata Agus.

Lihat Juga :
4 Dalih Pemerintah Akan Subsidi Pembeli Mobil Listrik Rp80 Juta

2. Mobil Hybrid

Agus menjelaskan untuk pembelian mobil berbasis hybrid akan diberikan subsidi sebesar Rp40 juta.

3. Motor Listrik Baru

Besaran subsidi untuk pembeli motor listrik baru adalah Rp8 juta. Angka yang diungkap Agus ini lebih tinggi ketimbang wacana pemerintah sebelumnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut pemerintah tengah menyelesaikan skema subsidi sebesar Rp6,5 juta per pembelian sepeda motor listrik.

4. Motor Konversi

Sedangkan untuk motor konversi, besaran subsidi yang akan digelontorkan pemerintah mencapai Rp5 juta. Nominal ini lebih kecil dengan yang dicanangkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

"Biaya untuk konversi (motor listrik) itu kan Rp15 juta, yang paling mahal itu Rp7,5 juta baterainya. Jadi bisa gak nih baterainya dipikirkan untuk 'digendong' biar separuh harganya," jelas Arifin kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (2/12) lalu.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Berbaris menuju Evernight

gacor899
Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk setiap pembelian kendaraan listrik. Berikut 5 negara yang sudah lebih dulu menerapkannya.
Pemerintah berencana memberikan subsidi untuk setiap pembelian kendaraan listrik. Ilustrasi. (Istockphoto/3alexd).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah berencana memberikansubsidi untuk setiap pembeliankendaraan listrik. Hal ini dilakukan demi mendorong percepatan penggunaan motor danmobil listrik di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang memaparkan pemerintah akan menyubsidi Rp80 juta untuk setiap pembelian mobil listrik dan Rp8 juta untuk pembelian motor listrik.

Tak hanya pembelian motor listrik baru, pemerintah juga akan memberikan subsidi sebesar Rp5 juta bagi masyarakat yang mengkonversi motornya dari berbahan bakar bensin menjadi motor listrik.

"Seperti Eropa, kenapa mereka lebih maju dalam penggunaan mobil listrik? Ya karena pemerintah beri insentif, China juga dan Thailand juga memberikan insentif," katanya dalam video di kanal Youtube Sekretariat Presiden seperti dikutip pada Kamis (15/12).

Pemberian subsidi untuk pembelian kendaraan listrik ini memang sudah diberlakukan di beberapa negara.

Berikut beberapa negara yang memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik:

Lihat Juga :
Kemendag Jawab Kenapa RI Impor Broken Rice

1. Thailand

Thailand memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik hingga 2025. Khusus untuk mobil listrik, pemerintah memberikan subsidi untuk pembelian mobil penumpang dengan kapasitas di bawah 10 kursi dengan harga eceran maksimum 2 juta baht atau sekitar Rp893,47 juta.

Dilansir dari Bangkok Post, kendaraan dengan kapasitas baterai 10 kWh hingga 30 kWh akan mendapat subsidi sebesar 70 ribu baht atau sekitar Rp31,27 juta per unit.

Sementara, kendaraan dengan kapasitas baterai 30 kWh atau lebih menerima subsidi sebesar 150 ribu baht atau sekitar Rp67 juta per unit.

Sedangkan, untuk motor listrik dengan harga eceran maksimal 150 ribu baht mendapat subsidi sebesar 18 ribu bath atau sekitar Rp8 juta per unit.

Lihat Juga :
Pengusaha Kapal Gugat Menhub Rp92,6 M, Ganti Rugi Rp942 Juta per Hari

2. China

Pemerintah China saat ini memberikan sejumlah kecil subsidi kepada pembeli kendaraan listrik dan hibridaplug-inyang memenuhi syarat masing-masing US.836 atau sekitar Rp28,67 juta dan US9 atau Rp10,76 juta per unit.

Meski demikian, subsidi ini akan berakhir pada akhir 2022.

Oleh karena itu, beberapa produsen kendaraan listrik termasuk Nio, Xpeng Motors, SAIC mitra Volkswagen China, unit EV premium Geely Zeekr, dan Aito, baru-baru ini berjanji untuk menanggung kenaikan harga jika pelanggan melakukan pemesanan sebelum akhir 2022.

Lihat Juga :
Apa Sih Urgensinya Subsidi Mobil dan Motor Listrik?

3. India

Pemerintah memberikan subsidi untuk setiap pembelian motor listrik hingga 2 lakh atau sekitar Rp37,7 juta per unit.

Untuk subsidi ini pemerintah menyediakan total dana sebesar 100 crore atau sekitar Rp188,5 triliun.

Sementara untuk mobil listrik India memberikan subsidi sebesar 1 lakh atau sekitar Rp18,85 juta.

Untuk subsidi ini, pemerintah menyediakan dana hingga 250 crore atau sekitar Rp471,36 rupiah.

Lihat Juga :
Viral Rupiah Seri Unik Mahar Pernikahan Kaesang, BI Buka Suara

4. Jerman

Jerman memberikan subsidi sebesar 6.000 euro atau sekitar Rp99,46 juta untuk setiap pembelian mobil listrik dengan harga di bawah 40 ribu euro atau sekitar Rp663,25 juta.

Sementara, untuk mobil listrik dengan harga antara 40 ribu hingga 65 ribu euro atau sekitar Rp1,07 triliun, subsidi yang diberikan sebesar 5.000 euro atau Rp82,89 juta.

Meski demikian, besaran subsidi ini akan dikurangi mulai tahun depan. Hal ini seiring dengan semakin ramainya penggunaan mobil listrik.

5. Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan memberikan subsidi sebesar 9 juta won sekitar Rp117,46 juta untuk pembelian mobil penumpang listrik dengan harga di bawah 85 juta won atau sekitar Rp952,62 juta.

Korea Selatan juga memberikan subsidi sebesar 9 juta won hingga 27 juta won atau sekitar Rp321,57 juta untuk pembelian truk listrik.

Pemerintah menyebut akan memberikan subsidi itu untuk 14.200 pembelian kendaraan listrik. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendukung penggunaan 27 ribu kendaraan listrik sepanjang 2022.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

spektrum kebobrokan

rtp vioslot
IHSG diprediksi masih melemah di akhir pekan meski potensi kenaikan jangka panjang terlihat. Pelemahan jangka pendek bisa dimanfaatkan pasar untuk beli.
IHSG diprediksi masih melemah di akhir pekan meski potensi kenaikan jangka panjang terlihat. Pelemahan jangka pendek bisa dimanfaatkan pasar untuk beli. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Jumat (16/12), meski pola penguatan jangka panjang masih terlihat.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat pergerakan IHSG masih terlihat betah berada dalam rentang konsolidasi wajar.

"(Meski) Potensi kenaikan jangka panjang masih terlihat, namun potensi tekanan jangka pendek masih membayangi sehingga momentum tekanan dapat terus dimanfaatkan oleh investor jangka menengah hingga panjang," kata William seperti dikutip dari riset hariannya.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan ASII, HMSP, BBCA, WTON, CTRA, PWON, ASRI, DMAS, dan BINA.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan indeks saham masih berada dalam koreksi minor dan akan mengonfirmasi kelanjutan tren naik apabila menembus ke atas resisten terdekat.

"Adanya pelemahan menuju zona support6.687-6.700 akan tetap merupakan koreksi yang normal. Berdasarkan indikator MACD menandakan momentum bearish," katanya.

Ivan memprediksi hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentang support6.700 dan resistance6.780.

IHSG ambruk ke level 6.751 pada Kamis (15/12). Indeks saham melemah 49,88 poin atau minus 0,73 persen dari perdagangan sebelumnya.

Investor melakukan transaksi sebesar Rp16,52 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 29,58 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]