petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

voucher gosend desember 2022

pinjol bi checking 931Jutaan kata 350975Orang-orang telah membaca serialisasi

《voucher gosend desember 2022》

Kemenperin: Prinsip industri hijau utamakan efisiensi dan efektivitas******

Kemenperin: Prinsip industri hijau utamakan efisiensi dan efektivitas
Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Andi Rizaldi. ANTARA/HO-Kementerian Perindustrian
Industri hijau memberikan banyak manfaat, diantaranya mengurangi biaya operasi termasuk penghematan energi dan air
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan penerapan prinsip industri hijau mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas yang mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi-fungsi lingkungan hidup.

“Industri hijau memberikan banyak manfaat, diantaranya mengurangi biaya operasi termasuk penghematan energi dan air, menghemat sumber daya alam yang terbatas, mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem, serta mendorong pengembangan teknologi yang ramah lingkungan,” kata Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Andi Rizaldi di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, untuk mengatur pemanfaatan sumber daya energi, pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 tentang Konservasi Energi. Tujuan utama dari peraturan tersebut adalah memastikan ketersediaan energi nasional yang berkelanjutan dengan menerapkan teknologi energi yang efisien, pemanfaatan energi yang efisien dan rasional, serta mengedepankan budaya hemat energi.

Kemenperin terus mendorong perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia dapat menerapkan prinsip industri hijau dalam proses produksinya. Tujuan dari penerapan industri hijau adalah mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas yang mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi-fungsi lingkungan hidup.

Sejalan dengan implementasi PP 3/2023, Kemenperin mendukung proyek Boosting Energy Efficiency Practices for the Industrial Sector (BENEFITS), dengan tujuan untuk memperkuat penerapan manajemen energi di sektor industri secara lebih masif untuk mempercepat dekarbonisasi industri dan transisi energi.

“Proyek ini dikelola oleh Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE) dengan mitra pemerintah, yaitu Pusat Industri Hijau Kemenperin dan mitra pendukungnya ViriyaENB,” kata Andi.

Sasaran utama dari proyek ini adalah membangun Sistem Manajemen Energi di lima industri hingga mencapai kesiapan setidaknya 70-80 persen siap ISO 50001 (pada tahun ketiga).

Selain itu, proyek ini juga melakukan pelatihan Manajer Energi dan Auditor Energi (Level Awareness Seminar) untuk 25 Perusahaan Induk. Proyek BENEFITS juga memberikan asistensi teknis Sistem Manajemen Energi (EnMS) di sektor industri, dengan kriteria konsumsi energi industri setara atau lebih dari 4000 TOE/tahun.

“Bahkan proyek ini turut mendorong industri agar memiliki pemahaman internal audit dan manajemen energi dasar sehingga apabila perusahaan sudah mapan secara finansial dapat menerapkan dan melanjutkan implementasi sistem manajemen energi ke depannya,” ujar Andi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesian Institute for Energy Economics (IIEE) Didi Hasan Putra mengatakan kegiatan utama yang akan dilaksanakan dari proyek BENEFITS, antara lain pelatihan level awarenessuntuk 25 industri, Training of Trainer (TOT) di sektor audit energi untuk 24 Unit Pendukung Teknis (UPT) di Kemenperin, dan studi pendahuluan Indeks Konsumsi Energi (IKE) di lima industri terpilih.

Sedangkan Kepala Pusat Industri Hijau Kemenperin Apit Pria Nugraha menyampaikan bahwa proyek BENEFITS sejalan dengan kebijakan dekarbonisasi sektor industri dan konservasi energi nasional. Upaya ini diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan efisiensi industri dan daya saing industri.

“Sekaligus juga untuk meningkatkan kesadaran penerapan standar industri hijau, serta mendukung penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) di sektor industri dalam kontribusi pencapaian net zero emission(NZE) pada 2060 atau khusus untuk sektor industri target NZE dapat diakselerasi terwujud pada tahun 2050,” kata Apit Pria Nugraha.

Baca juga: Kemenperin sebut ekonomi sirkular kunci pengembangan industri hijau
Baca juga: Sistem pompa cerdas berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon
Baca juga: Kemenperin galang kolaborasi wujudkan komunitas industri hijau

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024

Harga Bitcoin Pecah Rekor di Asia, Tembus Rp892 Juta per Keping******

Harga Bitcoin pecah rekor di pasar Asia hari ini (27/2), yakni Rp892,89 juta per keping dipicu pembelian borongan hingga pengesahan ETF Bitcoin.
Harga Bitcoin pecah rekor di pasar Asia hari ini (27/2), yakni Rp892,89 juta per keping dipicu pembelian borongan hingga pengesahan ETF Bitcoin. (Foto: istockphoto/jpgfactory)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga aset kripto Bitcoin pecah rekor di pasar Asia hari ini (27/2), yakni menembus US ribu atau Rp892,89 juta per keping (asumsi kurs Rp15.664 per dolar AS).

Ini merupakan harga tertinggi dalam dua tahun terakhir. Bahkan, hari ini Bitcoin menguat lebih dari 10 persen dalam dua sesi.

Reutersmenyebut ada sentimen positif yang membantu penguatan aset kripto ini. Sehari sebelumnya, investor kripto dan perusahaan perangkat lunak MicroStrategy blak-blakan memborong sekitar 3.000 Bitcoin seharga US5 juta atau Rp2,42 triliun.

"ETF adalah game changer bagi Bitcoin. Menawarkan investor exposure terhadap mata uang kripto terbesar di dunia, tanpa harus memegangnya secara langsung," tulis Reuters.

Ini menjadi momen bersejarah karena dalam 10 tahun terakhir otoritas keuangan AS alias SEC menentang pembentukan ETF berbasis aset kripto.

Di lain sisi, salah satu pesaing Bitcoin, yakni Ethereum, turut menguat dalam perdagangan aset kripto di Asia.

Meski tak lebih mentereng, koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua ini sanggup mencatatkan harga US.200 per keping untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Pengusaha Prediksi Beras Langka hingga Akhir Maret******

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.
Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) memproyeksi kelangkaan dan mahalnya hargaberas berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.

Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso mengatakan hal itu terjadi karena panen di Maret pun tidak terlalu besar dan cenderung di bawah normal.

"Kondisi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Maret," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Kendati, ia tak merinci mengapa beras hasil panen tersebut menurun.

Harga beras belakangan menjadi sorotan karena melambung tinggi. Tak hanya itu, stoknya pun langka di ritel modern.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lihat Juga :
Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Modus Pengusaha Mainkan Harga Beras

"Ya (harga beras premium Rp18.500 per kg tertinggi di era Presiden Jokowi). Hati-hati, jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/2) lalu.

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu tentu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Blak-blakan soal Pembahasan Dana Makan Gratis Ala Prabowo

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani; di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujar dia dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu, misalnya, harga gabah sebesar Rp7.350 per kg dan beras premiumnya Rp15.475, di Karawang gabahnya Rp7.150 per kg dan berasnya Rp14.333.

Kemudian, di Banyumas harga gabah Rp8.300 per kg dan beras Rp15 ribu per kg, di Sragen gabahnya Rp8.100 dan beras premiumnya Rp14.200 per kg. Di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg dan beras premiumnya Rp15.700 per kg.

Selanjutnya, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg dan beras premiumnya Rp14.050 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi di seluruh negeri akibat harga gabah yang melonjak. Itu untuk kualitas gabah kering dan beras premium.

Jokowi juga pernah mengungkap alasan mengapa harga beras masih mahal di pasaran. Menurut dia, harga beras masih naik karena saat ini belum masuk masa panen raya.

"Ya belum panen raya. Kalau nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(del/mrh)




bab terbaru:we slot 88

Perbarui waktu:2024-06-30

Daftar bab terbaru
bahantoto
gudangqq
situs slot gacor mudah jp
paito taiwan harian
rtp rog777
slot spade
qqslot89
pola mahjong ways hari ini
demo slot gacor77
Daftar isi semua bab
Bab 1 angka main china pools
Bab 2 slot ternama
Bab 3 prediksi togel live
Bab 4 dewahoki777
Bab 5 skor88
Bab 6 bunga pinjaman bri ceria
Bab 7 main slot 388
Bab 8 sv388 login
Bab 9 paito 6d hongkong
Bab 10 rjs138
Bab 11 toto slot 888
Bab 12 nexus engine bonus new member
Bab 13 gudang paito sgp
Bab 14 dunia judi slot
Bab 15 slot login
Bab 16 m11mpo
Bab 17 sbobet365
Bab 18 klix4d rtp
Bab 19 slot hoki terbaru
Bab 20 rtp epicwin138
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7645bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Lari ke dunia lain untuk membuka pabrik

trik cara main slot mahjong
Bupati: F1Powerboat membawa dampak ganda bagi Danau Toba
Salah satu peserta F1 Powerboat Danau Toba (ANTARA/HO)
Salah satu tujuan kejuaraan itu adalah destinasi pariwisata di Toba mengalami kenaikan kelas
Medan (ANTARA) - Bupati Toba, Sumatera Utara, Poltak Sitorus memandang pelaksanaan balap perahu cepat internasional F1 Powerboat, 2-3 Maret 2024 membawa dampak ganda bagi kawasan Danau Toba, baik dari sisi pariwisata maupun bagi pelaku UMKM.

"Kami bangga dengan digelarnya F1 Powerboat yang kedua kali di Danau Toba. Ini tentunya juga menjadi ajang promosi yang sangat bagus bagi Danau Toba di dunia. Salah satu tujuan kejuaraan itu adalah destinasi pariwisata di Toba mengalami kenaikan kelas hingga berkelas internasional," katanya di Toba, Sabtu.

Dengan adanya kejuaraan internasional tersebut, kata dia mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu. Pada tahun 2022 ada kunjungan 1 juta orang, berikutnya tahun 2023 naik 100 persen menjadi 2 juta kunjungan wisatawan saat F1 Powerboat pertama di gelar.

Baca juga: Menparekraf: Danau Toba miliki potensi ekonomi kreatif besar

"Bila seorang wisatawan itu menghabiskan uang nya di Toba sebanyak Rp 500 ribu. Maka, uang yang berputar di Toba sebesar Rp 1 triliun. kali ini selain F1 Powerbiat, juga ada Aquabike Indonesia Championship, Lomba Solu Bolon dan hiburan band seperti Wali, Radja dan Ada Band," katanya.

Sementara Deputi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo Manuhutu, mengatakan bahwa dampak pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba 2024 adalah untuk pemerintah daerah (pemda), bukan pemerintah pusat.

Baca juga: Kemenko Marves: Dampak F1 Powerboat untuk daerah bukan pusat

"Penyelenggaraan itu akan menarik minat investor. Ketertarikan investor dalam beberapa tahun terakhir meningkat di kawasan Danau Toba, sehingga berdampak positif untuk pembangunan daerah," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan survei Kemenko Marves, pengeluaran wisatawan selama pelaksanaan powerboat tahun lalu berkisar Rp500 ribu. Sedangkan untuk wisatawan kelas atas bisa mengeluarkan uang minimal Rp3 juta untuk berbelanja.

"Selama pelaksanaan powerboat sampai beberapa tahun ke depan, ditargetkan pergerakan uang akan mencapai Rp1,6 triliun," ujar dia.

Baca juga: Sandi: F1H20 Powerboat berdampak pada ekonomi sebesar Rp212 miliar
Baca juga: Angela proyeksikan kunjungan wisnus tembus 1 juta pada F1 Powerboat

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024

Waktu yang tepat untuk menghidupkan kembali

hk paito warna harian
Pesta diskon bertajuk Transmart Full Day Sale datang lagi dengan diskon 50% + 20%, jangan sampai kelewatan promonya ya!
Ilustrasi. Pesta diskon bertajuk Transmart Full Day Sale datang lagi dengan diskon 50% + 20%, jangan sampai kelewatan promonya ya! (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pesta diskon bertajuk Transmart Full Day Sale datang lagi selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2).

Di pesta diskon ini, Transmart kasih diskon besar-besaran untuk pelanggan setianya, yakni hingga 50 persen dan masih ada diskon tambahan 20 persen.

Lihat Juga :
Jangan Lupa ke Transmart Full Day Sale Akhir Pekan Ini, Diskon 50%+20%

Belum punya kartu kredit Bank Mega? Tidak usah khawatir. Bisa segera datang ke kantor cabang Bank Mega terdekat atau ke unit pembukaan instan yang tersedia di gerai-gerai Transmart.

Nah untuk membuat akun Allo Prime, caranya cukup unduh aplikasi Allo Bank yang tersedia di PlayStore atau AppStore, lalu upgrade akunnya ke Allo Prime.

Promo Transmart Full Day Sale ini dimulai dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia.

Jangan sampai kelewatan promo ini ya. Siapkan daftar belanjaan untuk borong kebutuhan harian di Transmart.

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Teman buku terkuat

belanja online cicilan 0 persen
Produk LED TV yang turun harga besar-besaran di Transmart. LED TV 65
Ilustrasi. Produk LED TV yang turun harga besar-besaran di Transmart. LED TV 65
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi selama dua hari pada Sabtu (24/2) dan Minggu (25/2) dengan diskon Besar-besaran buat produk elektronik merek ternama.

Salah satunya produk LED TV yang turun harga besar-besaran di Transmart. Ada LED TV 65" UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit.

Lihat Juga :
Transmart Full Day Sale Hari Ini, Diskon 50%+20% Berlaku se-Indonesia

Anda bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian barang elektronik menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa downloadAllo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store.

Setelah itu upgradeakunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale.

Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

Pesta diskon ini berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Yuk, segera kunjungi gerai Transmart terdekat untuk bawa pulang LED TV impianmu!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Archon misterius

agus admin slot
IHSG berpotensi terkoreksi pada perdagangan Selasa (27/2) di tengah kondisi minim sentimen.
IHSG berpotensi terkoreksi pada perdagangan Selasa (27/2) di tengah kondisi minim sentimen. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) berpotensi terkoreksi pada perdagangan Selasa (27/2).

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya melihat IHSG masih dalam rentang konsolidasi wajar di tengah minimnya sentimen yang mempengaruhi pergerakannya.

Sedangkan, kata dia, potensi adanya koreksi wajar masih cukup besar dikarenakan adanya fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah. Namun, IHSG masih berpeluang untuk naik mengingat kondisi pergerakan IHSG masih berada dalam jalur uptrend jangka panjang.

Ia memprediksi pasar saham bergerak dalam rentang support 7.202 dan resistance 7.303 hari ini.

William pun merekomendasikan sejumlah saham, yakni JSMR, ICBP, BBRI, TLKM, AALI, BBNI, dan ASRI.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova mengatakan IHSG membentuk candle bullish spinning top pada Senin (26/2) dan masih bergerak di atas level 7.234 sebagai support Fibonacci terdekat. Hal ini, katanya, menandakan peluang untuk rebound menuju 7.320.

"IHSG akan melanjutkan tren naik sebelumnya selama tetap berada di atas 7.200," tutur Ivan.

Dia pun memprediksi IHSG bergerak di level support 7.234 dan resistance 7.320 hari ini.

IHSG ditutup di level 7.283 pada Senin (26/2). Indeks saham melemah 11,27 poin atau plus 0,15 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp8,56 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,09 miliar saham. Pada penutupan kemarin, 230 saham menguat, 309 terkoreksi, dan 238 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Seminari Super: Matahari Besar di Langit

slot 138 gacor
Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.
Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) memproyeksi kelangkaan dan mahalnya hargaberas berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.

Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso mengatakan hal itu terjadi karena panen di Maret pun tidak terlalu besar dan cenderung di bawah normal.

"Kondisi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Maret," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Kendati, ia tak merinci mengapa beras hasil panen tersebut menurun.

Harga beras belakangan menjadi sorotan karena melambung tinggi. Tak hanya itu, stoknya pun langka di ritel modern.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lihat Juga :
Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Modus Pengusaha Mainkan Harga Beras

"Ya (harga beras premium Rp18.500 per kg tertinggi di era Presiden Jokowi). Hati-hati, jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/2) lalu.

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu tentu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Blak-blakan soal Pembahasan Dana Makan Gratis Ala Prabowo

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani; di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujar dia dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu, misalnya, harga gabah sebesar Rp7.350 per kg dan beras premiumnya Rp15.475, di Karawang gabahnya Rp7.150 per kg dan berasnya Rp14.333.

Kemudian, di Banyumas harga gabah Rp8.300 per kg dan beras Rp15 ribu per kg, di Sragen gabahnya Rp8.100 dan beras premiumnya Rp14.200 per kg. Di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg dan beras premiumnya Rp15.700 per kg.

Selanjutnya, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg dan beras premiumnya Rp14.050 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi di seluruh negeri akibat harga gabah yang melonjak. Itu untuk kualitas gabah kering dan beras premium.

Jokowi juga pernah mengungkap alasan mengapa harga beras masih mahal di pasaran. Menurut dia, harga beras masih naik karena saat ini belum masuk masa panen raya.

"Ya belum panen raya. Kalau nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(del/mrh)

menjadi seekor anjing

clubmpo
Kemenperin: Industri makanan-minuman penopang ekonomi Indonesia
Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika. ANTARA/HO-Humas Kemenperin
Industri mamin (makanan dan minuman) sebagai sektor strategis yang memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan bahwa industri makanan dan minuman (mamin) merupakan sektor strategis dalam menopang pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Industri mamin (makanan dan minuman) sebagai sektor strategis yang memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Putu dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Putu pada kegiatan Self Assesment INDI 4.0 dan Launching Program Transformasi Industri 4.0 Sektor Industri Makanan dan Minuman Tahun 2024.

Putu menyebut bahwa pada tahun 2023 industri makanan dan minuman berkontribusi 39,10 persen terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) industri nonmigas dan 6,55 persen terhadap PDB nasional.

“Meski sempat mengalami pukulan akibat pandemi COVID-19, sektor industri makanan dan minuman kembali bangkit dengan pertumbuhan 4,47 persen pada tahun 2023 (y-o-y),” ujar Putu.

Putu menuturkan bahwa sektor tersebut juga mencatatkan neraca dagang positif sebesar 25,21 miliar dolar AS dengan nilai ekspor di tahun 2023 mencapai 41,70 miliar dolar AS dan impor sebesar 16,49 miliar dolar AS.

“Investasi sektor industri makanan dan minuman juga terus tumbuh dengan perkembangan realisasi investasi mencapai Rp85,10 triliun pada tahun 2023,” ucap Putu.

Kementerian Perindustrian berupaya meningkatkan kesiapan industri makanan dan minuman agar bertransformasi menuju industri 4.0 sehingga memiliki daya saing melalui penerapan teknologi digital dan inovasi baik produksi, distribusi, dan pemasaran produknya.

Putu mengatakan industri makanan dan minuman terpilih sebagai prioritas karena perannya yang penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan potensial untuk diakselerasi lebih jauh lagi melalui penerapan industri 4.0.

“Sektor industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor prioritas dalam peta jalan Making Indonesia 4.0,” kata Putu.

Dia menyampaikan salah satu yang dilakukan yakni mendorong industri makanan dan minuman agar bertransformasi ke Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0)

Putu mengatakan melalui INDI 4.0, bisa diketahui tingkat kesiapan industri untuk bertransformasi digital ke arah industri 4.0. Sejak INDI 4.0 diluncurkan, sebanyak 115 perusahaan perusahaan/pabrik di sektor industri makanan dan minuman telah melakukan Self-Assessment INDI 4.0.

“Kami berharap, semakin banyak perusahaan makanan dan minuman yang antusias untuk mengeksplorasi penerapan industri 4.0 dan saling berkolaborasi satu sama lain, sehingga ke depan bisa terbentuk suatu ekosistem yang saling menguatkan dan menguntungkan,” pungkas Putu.


Baca juga: Kemenperin tingkatkan kesiapan industri makanan dan minuman menuju 4.0
Baca juga: Kemenperin: Sawit sumbang 70 persen kinerja ekspor industri makanan
Baca juga: BP Batam sebut realisasi PMA pada industri makanan capai Rp600 miliar

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024