petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

gadunslot

kredivo ditutup 537Jutaan kata 117343Orang-orang telah membaca serialisasi

《gadunslot》

Neraca Dagang RI Surplus US,48 M pada Februari 2023******

BPS mencatat neraca perdagangan RI kembali surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023. Surplus terjadi dalam 34 bulan berturut-turut.
BPS mencatat neraca perdagangan RI kembali mencatat surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023. Surplus terjadi dalam 34 bulan berturut-turut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan RI kembali mencatat surplus sebesar US,48 miliar pada Februari 2023.

Neraca perdagangan kembali surplus untuk ke-34 kalinya dikarenakan kinerja ekspor yang lebih baik dibandingkan impor.

"Jadi neraca perdagangan Indonesia sampai Februari 2023 telah membukukan surplus selama 34 bulan berturut-turut sejak Mei 2020 dan masih dalam tren yang meningkat," ujar Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah dalam konferensi pers, Rabu (15/3).

Ekspor

Ekspor Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebesar US,40 miliar. Nilai ini naik 4,51 persen jika dibandingkan Februari 2022 yang sebesar US,47 miliar.

Kenaikan ekspor secara tahunan ini ditopang oleh ekspor migas yang naik 19,27 persen dari US0 juta menjadi US,19 miliar dan ekspor non migas naik 3,76 persen dari US,48 miliar menjadi US,21 miliar.

Jika dirinci menurut sektornya, ekspor non migas dari industri pertanian, kehutanan dan perikanan turun 2,08 persen dan industri pengolahan turun 0,09 persen. Sedangkan sektor pertambangan dan lainnya masih tumbuh 20,93 persen

Namun, jika dibandingkan Januari 2023 yang tercatat sebesar US,32 miliar, kinerja ekspor turun 4,15 persen. Hal ini dikarenakan ekspor migas turun 20,26 persen dari US,49 miliar menjadi US,19 miliar dan non migas turun 3 persen dari US,83 miliar menjadi US,21 miliar.

Secara bulanan, semua sektor ekspor tercatat turun. Migas turun 20,26 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan turun 2,62 persen, tambang dan lainnya turun 9,46 persen, serta industri pengolahan turun 0,86 persen.

Impor

Impor Indonesia pada Februari 2023 tercatat sebesar US,92 miliar. Realisasi ini turun 4,32 persen dibandingkan Februari 2022 yang tercatat sebesar US,64 miliar.

Secara tahunan, kinerja impor melambat disebabkan oleh penurunan impor migas maupun nonmigas. Impor migas turun 17,08 persen dari US,90 miliar menjadi US,41 miliar. Sedangkan, impor nonmigas turun 1,63 persen dari US,74 miliar menjadi US,51 miliar.

Jika dilihat menurut penggunaannya, impor nonmigas secara tahunan turun terbesar adalah bahan baku/penolong minus 8,10 persen. Sedangkan impor barang modal naik 6,10 persen.

Dibandingkan Januari 2023 yang tercatat US,44 miliar, kinerja impor lebih melambat lagi dengan realisasi turun 13,68 persen. Impor migas juga turun 17,19 persen dari US,91 miliar menjadi US,41 miliar dan nonmigas turun 13,03 persen dari US,54 miliar menjadi US,51 miliar.

Secara bulanan, jika dilihat menurut penggunaan barangnya, semua nya mengalami penurunan. Impor bahan baku/penolong turun 15,09 persen dan barang modal turun 6,64 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

[Gambas:Video CNN]

Harga Emas Berkilau Rp1,054 Juta Pagi Ini******

Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk naik Rp5.000 ke Rp1,054 juta per gram pada Senin (13/3) pagi.
Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk naik Rp5.000 ke Rp1,054 juta per gram pada Senin (13/3) pagi. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atauAntam berada di posisi Rp1,054 juta per gram pada Senin (13/3). Harga naik Rp5.000 dibandingkan harga pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) naik Rp5.000 dari Rp931 ribu per gram ke Rp936 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp577 ribu, 2 gram Rp2 juta, 3 gram Rp3 juta, 5 gram Rp5 juta, 10 gram Rp10 juta, 25 gram Rp24,96 juta, dan 50 gram Rp49,84 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,80 persen menjadi US.882,2 per troy ons. Sedangkan harga emas di perdagangan spot naik 0,48 persen ke US.877,1 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memprediksi harga emas akan terus melanjutkan penguatan imbas pelemahan dolar AS.

"Turunnya imbal hasil obligasi AS oleh fallout Silicon Valley Bank (SVB) dan pertumbuhan upah AS yang lebih rendah (turut mendukung penguatan harga emas). (Penguatan) emas juga didukung oleh pembelian safe haven," katanya kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentang support US.860 per troy ons dan resistance US.900 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Mayoritas Kripto Menghijau, Cardano Paling Berkilau******

Mayoritas aset kripto teratas menghijau pagi ini, Senin (13/3). Penguatan terbesar dialami cardano.
Mayoritas aset kripto teratas menghijau pagi ini, Senin (13/3). Penguatan terbesar dialami cardano. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Mayoritas aset kripto teratas menghijau pagi ini, Senin (13/3). Penguatan terbesar dialami cardano dan bitcoin.

Mengutip coinmarketcap.com, harga cardano naik 10,41 persen menjadi USKripto Terbakar Jelang Akhir Pekan, Bitcoin Amblas ke US Ribu******

Harga 10 aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar anjlok pada Jumat (10/3) pagi. Jelang akhir pekan, Bitcoin amblas ke US ribu.
Harga 10 aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar anjlok pada Jumat (10/3) pagi. Jelang akhir pekan, Bitcoin amblas ke US ribu. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga 10 asetkripto dengan kapitalisasi pasar terbesar anjlok pada perdaganganJumat (10/3) pagi. Jelang akhir pekan, Bitcoin amblas ke US ribu.

Mengutip coinmarketcap, Bitcoin turun ke US.114 per koin setelah jatuh 7,4 persen. Pelemahan ini diikuti koin lainnya.

Koin kedua, Ethereum, terperosok ke US.432 imbas pelemahan 7 persen dalam perdagangan 24 jam terakhir, serta melemah 8,3 persen dalam seminggu.

Begitu pula XRP yang tergelincir 5,3 persen ke level USChalerm Yoovidhya, Raja Minuman Berenergi Dunia Berharta Rp406 T******

Chalerm Yoovidhya adalah pewaris bisnis Kratingdaeng (Red Bull) yang menjadikannya orang terkaya kedua di Thailand dengan total harta US,4 miliar.
Chalerm Yoovidhya adalah pewaris bisnis Kratingdaeng (Red Bull) yang menjadikannya orang terkaya kedua di Thailand dengan total harta US,4 miliar. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)
Jakarta, CNN Indonesia--

Siapa tak kenal Kratingdaeng, minuman energi terlaris di dunia yang bikin staminajreng? Di Eropa dan Amerika, produk minuman penambah stamina ini dikenal dengan nama Red Bull.

Mereknya masyhur lantaran kerap menjadi sponsor utama ajang olahraga hingga musik. Meski produknya dikenal seluruh dunia, tak banyak yang tahu siapa pemilik bisnis minuman tersebut.

Ialah Chalerm Yoovidhya. Sebenarnya, ia merupakan generasi kedua dalam bisnis ini. Forbes mencatat kekayaan bersihnya mencapai US,4 miliar atau setara Rp406,5 triliun, jika memakai asumsi kurs Rp15.400 per dolar AS.

Chaleo wafat pada 2012. Tongkat bisnisnya diserahkan kepada putra-putranya. Chalerm menjadi pewaris yang mendapatkan porsi saham terbanyak di perusahaan.

Jauh sebelum menjadi pewaris saham, Chalerm memang sudah lama membantu bisnis orang tuanya. Ia memulai karir di perusahaan ayahnya pada awal 1980-an sebagai manajer umum.

Lihat Juga :
TAIPANRupert Murdoch, Konglomerat Media Berharta Rp278 T

Posisinya naik menjadi wakil presiden eksekutif dan kemudian menjabat sebagai presiden perusahaan dari 2000 hingga 2008. Selepas itu, Chalerm menjadi salah satu direktur sekaligus pengendali saham utama perusahaan.

Ia punya berbagai keran bisnis untuk mengisi pundi-pundi kekayaannya. Yang utama, tentu dari TCP Group, konglomerasi bisnis yang bergerak di berbagai sektor antara lain minuman, farmasi, makanan dan properti.

Chalerm pun tercatat sebagai salah satu pemilik Asia Pacific Glass (APG). Ini adalah perusahaan manufaktur kaca terkemuka di Asia, yang memproduksi berbagai jenis kaca untuk berbagai kebutuhan seperti untuk otomotif dan elektronik.

Ia juga merambah bisnis pertanian dan peternakan melalui Chalerm Phra Kiat Group. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan susu, pemotongan daging serta pengolahan buah-buahan.

Lihat Juga :
TAIPANRodolphe Saade Taipan Terkaya ke-26 Berkat 'Peti Kemas'

Pernah dengar bir Boon Rawd Brewery? Nah, Chalerm juga memiliki saham perusahaan produsen bir nomor wahid Thailand ini.

Selain bisnis-bisnis tersebut, ia juga berinvestasi di berbagai perusahaan lain dan memiliki beragam properti yang tersebar di tanah kelahirannya, Amerika Serikat hingga Inggris.

Tak seperti crazy richlainnya, ia menghindari sorotan publik baik untuk urusan bisnis maupun pribadinya. Sikap tertutup ini nampaknya diwariskan mendiang ayahnya, yang tak pernah mau menerima tawaran wawancara media selama ia hidup.

Perilaku Chalerm juga tidak neko-neko. Ia relatif bersih dari skandal, meski tidak sama sekali nol kasus. Nama Chalerm pernah muncul dalam laporan Panama Papers.

Lihat Juga :
TAIPANJack Ma, Mantan Tour Guide yang Jadi Konglomerat Berharta Rp344 T

Dalam laporan itu, ia disebut sebagai salah satu pemilik perusahaan anonim di Panama yang bernama The Honour Worldwide Co., Ltd. Panama Papers mengungkapkan perusahaan tersebut didirikan pada 2006 oleh firma hukum Mossack Fonseca, untuk mengelola aset keluarga Yoovidhya.

Saat laporan tersebut muncul, Chalerm enggan memberikan tanggapan publik.

Sebenarnya, kepemilikan perusahaan cangkang di negara-negara surga pajak seperti Panama, tidak illegal. Namun, perusahaan cangkang semacam itu kerap digunakan untuk menyembunyikan kekayaan atau melakukan aktivitas keuangan yang melanggar hukum.

Di luar aktivitas bisnis, Chalerm dikenal sebagai penderma. Ia banyak mendanai program-program kesehatan dan pendidikan.

Lanjut ke halaman sebelah...

Sejarah Kratingdaeng aka Red Bull

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2,36 per koin. Tren sepekan, koin buatan Ripple Labs ini masih naik 2,2 persen.

Cardano turun 3 persen ke USDaftar Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia untuk Fresh Graduate******

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini.
PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini. (PT Freeport Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan baru atau fresh graduate pada tahun ini.

Lowongan kerja terbaru ini masuk dalam program Fresh Graduate Program (FGP) 2023.

Dilansir dari laman Instagram resmi @freeportindonesia, Jumat (10/3), perusahaan yang bermarkas di Papua itu memberi kesempatan bagi anak muda yang ingin ikut berkarya dan berkontribusi melalui industri pertambangan.

Terdapat 26 divisi yang dibuka, seperti berikut:

1. Accounting
2. Automation Engineering
3. Architecture
4. Business Administration
5. Chemical Engineering
6. Civil Engineering
7. Computer Science
8. Economics
9. Electrical Engineering
10.Environmental Engineering
11. Industrial Engineering
12. Informatic Engineering
13. Information System
14. Information Technology
15. Instrumentation Engineering
16. Law Logistic
17. Management
18. Material Engineering
19. Mathematics
20. Mechanical Engineering
21. Metallurgy
22. Mining Engineering
23. Occupational Health & Safety
24. Physic Engineering
25. Social and Political Science Public Health
26. Marine Transport Engineering

Lihat Juga :
Pemerintah Impor 200 Ribu Ton Daging Sapi-Kerbau Jelang Ramadan

Pelamar nantinya akan ditempatkan di Tembagapura, Mimika, Papua Tengah. Adapun kualifikasi dan persyaratannya adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan D4, S1, atau S2
2. IPK minimum 2,8 dari skala 4
3. Tidak lebih dari 2 tahun sejak kelulusan
4. Pengalaman kerja tidak lebih dari dua tahun

Pendaftaran dibuka sejak 8 Maret 2023 dan ditutup pada 14 Maret 2023 mendatang.

PTFI pun mengingatkan pelamar agar berhati-hati terhadap penipuan mengatasnamakan perusahaan. Pelamar bisa membuka situs resmi PTFI untuk informasi lebih lanjut.

"Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia, lowongan kerja ini tidak dipungut biaya dan pastikan informasi yang diterima melalui kontak resmi kami," tulis PTFI.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu),30 per koin. Sementara itu, Polygon amblas 6 persen ke US,01 per koin. Sedangkan Dogecoin jatuh dalam, yakni 8,5 persen ke USAlasan GoTo PHK Massal 600 Karyawan Lagi******
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk kembali melakukan PHK terhadap 600 karyawannya. Berikut alasannya.
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk kembali melakukan PHK terhadap 600 karyawannya. Ilustrasi. (Dimas Ardian/Bloomberg via Getty Images).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badai PHK startup di Tanah Air belum berakhir. Kali ini, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk kembali memberhentikan 600 karyawannya.

PHK ini menyusul langkah PHK yang telah dilakukan pada akhir tahun lalu kepada sekitar 1.300 karyawan GoTo.

Juru Bicara GoTo Koesoemohadiani mengatakan langkah ini diambil karena perusahaan melakukan pembaharuan strategi bisnis.

Beberapa penyesuaian yang dilakukan untuk memperbaharui strategis bisnis yang berdampak pada PHK adalah menghadirkan organisasi yang lebih ramping serta lebih siap untuk menanggapi permintaan pasar.

"Sebagai contoh, kami melakukan desain ulang pada bisnis offline merchant di GoTo Financial dan menyatukan dua tim offline merchant.Penyesuaian seperti ini akan membantu kami memberikan layanan yang lebih baik kepada merchant, sekaligus mengurangi biaya," kata Koesoemohadiani.

Perusahaan juga meninjau kembali prioritas, dan akan mengurangi skala atau menunda kegiatan bisnis serta inisiatif yang bukan merupakan layanan inti.

Contohnya, akan mengurangi beberapa bagian dari layanan Mitra Tokopedia, agar sumber daya perusahaan dapat difokuskan pada kegiatan yang akan mendorong dampak lebih besar.

"Dan dalam kondisi di mana kebutuhan perekrutan menurun, kami juga melakukan restrukturisasi di tim rekrutmen," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr),065 per keping.

Trio koin stabil yakni Tether, Binance USD dan USD Coin masih setia di harga US. Ketiganya berfluktuasi tipis di bawah 1 persen.

Pemerintah masih melarang penggunaan kripto sebagai alat pembayaran. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga bisa digunakan sebagai aset investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu),3402 per koin dalam sehari. Dalam sepekan, cardano menguat 1,55 persen.

Penguatan juga terjadi pada harga bitcoin sebesar 8,26 persen ke US.341 per keping dalam 24 jam terakhir. Namun, dalam sepekan, aset kripto dengan kapitalisasi terbesar ini melemah 0,25 persen.

Selanjutnya, harga polygon meningkat 7,1 persen dalam 24 jam terakhir ke US,14 per koin. Polygon berhasil naik 1,53 persen dalam tujuh hari terakhir.

Penguatan juga dialami dogecoin sebesar 5,9 persen ke USTrigana Setop Sementara Penerbangan ke Dekai usai Penembakan******

Trigana Air untuk sementara tidak melayani penerbangan ke Dekai, Yahukimo, menyusul insiden penembakan pesawat.
Trigana Air menyetop sementara penerbangan usai penembakan di Yahukimo. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia--

Manajemen Trigana Air menyetop sementara penerbangan ke Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, hingga batas waktu yang tidak ditentukan usai insiden penembakan pesawat Boeing 737-500 miliknya.

Aviation Security and Safety Manager Trigana Air, Kapten Alfred, Sabtu (11/3) malam, membenarkan penghentian sementara pelayanan penerbangan itu.

"Memang benar kami untuk sementara menghentikan penerbangan ke Dekai dan saat ini sedang konsolidasi internal," kata Kapten Alfred, Sabtu (11/3) dikutip dari Antara.

Salah satu penumpang yang turut dalam pesawat tersebut mengungkapkan sesaat setelah lepas landas memang sempat terdengar bunyi tembakan satu kali.

Bunyi tembakan diperkirakan saat pesawat masih berada di sekitar ujung landasan dan di atas kali atau sungai kecil.

Lihat Juga :
Sempat Ditembaki, Pesawat Trigana Air Mendarat Selamat di Sentani

Penumpang sempat bertanya-tanya namun tidak ada korban dalam insiden tersebut dan pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Sentani.

"Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Sentani," ungkapnya tanpa mau identitasnya diungkap.

(Antara/arh)

[Gambas:Video CNN]
,070 per koin. Aset kripto berlogo anjing shiba inu ini melemah 4,61 persen dalam sepekan.

Berikutnya, penguatan juga terjadi pada BNB dan XRP masing-masing sebesar 3,24 persen dan 0,88 persen menjadi US9,11 dan USImpor Pakaian Bekas Bikin Jokowi Kesal, Apa Sih Bahayanya?******

Masalah pakaian bekas impor kembali mengemuka dalam beberapa waktu terakhir hingga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal.
Masalah pakaian bekas impor kembali mengemuka dalam beberapa waktu terakhir hingga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Masalah pakaian bekasimpor kembali mengemuka dalam beberapa waktu terakhir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan mengecam belanja pakaian bekasimpor atau yang sering disebut thriftingitu karena mengganggu industri tekstil dalam negeri.

Ia pun memerintahkan jajarannya untuk segera mencari sebab dan solusi mengatasi masalah itu.

"Sudah saya perintahkan untuk mencari betul dan sehari dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri. Sangat mengganggu. Yang namanya impor pakaian bekas mengganggu," ujar Jokowi saat menghadiri Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Rabu (15/3).

"Hari ini, Selasa (14/3/2023), Bareskrim Polri melakukan koordinasi dengan Kementerian Perdagangan tentunya terkait dengan penindakan praktik bisnis pakaian bekas impor atau thrifting dan upaya ini tentu akan menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta seperti dikutip dari tribratanews.polri.go.id.

Larangan impor pakaian bekas sendiri sebenarnya tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 40 Tahun 2022 tentang perubahan Permendag No 18 tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Dilarang Impor.

Pada pasal 2 ayat 3 disebut bahwa barang dilarang impor, antara lain kantong bekas, karung bekas, dan pakaian bekas. Barang-barang bekas itu dilarang diimpor karena berdampak buruk bagi ekonomi domestik, terutama UMKM serta buruk untuk kesehatan penggunanya.

Lihat Juga :
Jokowi soal Impor Pakaian Bekas: Saya Perintahkan Cari, Itu Mengganggu

Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja menyebut Industri Kecil dan Menengah (IKM) di sektor penjahit sangat terganggu karena harus bersaing dengan pakaian bekas impor.

Kondisi itu kemudian berdampak secara domino terhadap ekosistem industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di sektor hulu.

"Yang berakibat utilisasi industri TPT nasional menurun. Kerugian berdampak terhadap utilisasi dan berimbas juga terhadap pengurangan tenaga kerja," kata Jemmy kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/3).

Senada, Ekonom Indef Rizal Taufikurahman mengatakan pakaian bekas impor akan menurunkan produktivitas dan kinerja industri tekstil. Harga tekstil dalam negeri menjadi tidak kompetitif serta berpotensi menurunkan daya saing industri tekstil lokal, termasuk di dalamnya UMKM.

Lihat Juga :
Teten Bakal Larang Pakaian Bekas Impor, Minta Bea Cukai Tertibkan

Selain itu, juga akan menyebabkan dampak buruk terhadap kesehatan, seperti gatal dan alergi kulit, iritasi kulit, dan infeksi karena pakaian bekas impor tidak terjaga kebersihannya dan mengandung jamur yang membahayakan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Rizal mengatakan pemerintah perlu bertindak tegas kepada pelaku impor baju bekas sesuai dengan Permendag No.40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor serta perlu mengedukasi masyarakat.

"Pemerintah harus mengedukasi publik perlunya menggunakan hasil produksi tekstil dalam negeri, perlunya menghidupkan UMKM bidang tekstil, bertindak tegas kepada para pelaku importir baju bekas," kata Rizal.

Senada, Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan pakaian bekas impor terutama ilegal akan mengganggu daya saing industri tekstil dalam negeri.

Selain itu, pakaian bekas impor juga membawa dampak negatif bagi kesehatan karena tidak diketahui bagaimana pemakaian di negara asalnya.

"Jadi impor pakaian bekas merugikan baik bagi produsen maupun konsumen," kata Faisal.

Begitu juga dengan Ekonom Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) Shofie az Zahra mengatakan dampak dari pakaian bekas impor adalah perubahan pola konsumsi masyarakat yang menyebabkan permintaan pasar untuk industri pakaian dalam negeri akan turun.

Padahal, industri tekstil dalam negeri menyerap cukup banyak tenaga kerja.

"Apabila perubahan pola konsumsi ini terjadi terus menerus, bisa terjadi PHK dari perusahaan tekstil dalam negeri dan dalam jangka menengah, tingkat pengangguran akan bertambah," kata Shofie.

Ia mengatakan peran pemerintah terutama di pengawasan masuknya pakaian bekas impor harus diperketat, khususnya pada bagian bea cukai.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr),37 per koin.

Tiga koin stabil dengan kapitalisasi pasar terbesar tetap di US per keping. Ketiganya yakni tether, usd coin, dan binance usd.

Pagi ini, kapitalisasi pasar aset kripto mencapai US,02 triliun secara global. Angka itu menanjak 7,06 persen dibandingkan kemarin.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:murah slot4d

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
aztec deluxe demo
voucher alfamart 50 ribu
cara curang bermain slot online
situs judi slot resmi terpercaya
receh138
slot bonus 100 di depan
judi slot 89
betaja88
slot virtual
Daftar isi semua bab
Bab 1 cara gestun kredivo
Bab 2 cara pinjam dana di brimo
Bab 3 slot fafafa demo
Bab 4 88selot
Bab 5 situs slot online gacor hari ini
Bab 6 maniaslot asia
Bab 7 slot deposit dana bonus 100
Bab 8 depo 25 bonus 25 to 5x
Bab 9 raja asia slot 88
Bab 10 nama game slot gacor
Bab 11 situs slot asli gacor
Bab 12 manis888
Bab 13 situs slot paling banyak digunakan
Bab 14 slot jp hari ini
Bab 15 game slot baru
Bab 16 kinggaruda138
Bab 17 king388
Bab 18 bisaqq
Bab 19 cara daftar kakek zeus
Bab 20 situs judi slot gacor gampang menang
Klik untuk melihattersembunyi di tengah2757bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

Halo, Mayor Jenderal

master138

Planet terbelah menjadi dua

link bo slot

Setan Fana

qqalfaslot

Evolusi: Saya menjadi beruang kutub

e commerce kredivo

biksu perang terakhir

microgaming slot demo terbaru

Saya hanyalah seorang kultivator iblis yang lewat

website slot paling gacor