petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

asiabagus

bo slot 88 962Jutaan kata 688572Orang-orang telah membaca serialisasi

《asiabagus》

Neraca Dagang RI Surplus US,94 Miliar pada April 2023******

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus sebesar US,94 miliar pada April 2023.

"Neraca perdagangan Indonesia sampai April 2023 surplus 36 bulan berturut-turut sejak Mei 2020," ujar Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS Imam Machdi dalam konferensi pers, Senin (15/5).

Menurutnya, surplus neraca dagang barang pada April ini menguat dibandingkan bulan sebelumnya US,83 miliar. Namun, lebih rendah dibandingkan April 2022 yang sebesar US,56 miliar.

Ekspor

Nilai ekspor Indonesia pada April ini tercatat US,29 miliar atau turun 17,62 persen dibandingkan Maret 2023. Senada, dibandingkan April 2022 yang sebesar US,32 miliar, kinerja ekspor juga lebih dalam yakni 29,40 persen.

Adapun pertumbuhan ekspor secara month to month(mtm) ini terendah sejak awal tahun. Namun, realisasi tersebut sesuai dengan pola karena adanya momen libur lebaran.

Sedangkan, nilai ekspor secara tahunan turun dipengaruhi oleh turunnya harga komoditas, sehingga tren penurunan ekspor pun terus berlanjut.

Lihat Juga :
Jokowi: 345 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan Imbas Krisis Pangan

Menurut sektornya secara bulanan, semua komponen ekspor terkontraksi. Migas turun 5,95 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 22,56 persen; tambang dan lainnya turun 7,84 persen; dan industri pengolahan minus 21,5 persen.

Senada, secara tahunan (year on year/yoy) semua sektor ekspor pun kontraksi. Migas minus 12,18 persen; pertanian, kehutanan, dan perikanan turun 26,02 persen; tambang dan lainnya merosot 25,85 persen; dan industri pengolahan anjlok 31,95 persen.

Impor

Nilai impor Indonesia pada April 2023 tercatat sebesar US,35 miliar atau turun 25,45 persen dibandingkan Maret 2023 sebesar US,59 miliar. Sedangkan, dibandingkan April 2022 yang sebesar US,76 miliar, impor ini turun 22,32 persen.


Secara bulanan, pola impor dalam tiga tahun terakhir memiliki pola yang sama, yaitu menurun dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan, secara tahunan trennya melanjutkan penurunan setelah sempat menguat pada Januari 2023.

Menurut penggunaan barangnya, impor secara bulanan semua mengalami kontraksi. Impor barang konsumsi turun 20,63 persen, bahan baku/penolong turun 23,26 persen, dan barang modal turun paling dalam, yakni 36,66 persen.

Mengikuti, secara tahunan impor barang juga mengalami penurunan. Impor konsumsi turun 17,68 persen, bahan baku/penolong turun terdalam 25,33 persen, dan barang modal turun 6,59 persen.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Jokowi Sebut 345 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan, RI Masuk?******

Pengamat menilai Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang warganya terancam kelaparan di tengah krisis pangan.
Pengamat menilai Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang warganya terancam kelaparan di tengah krisis pangan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan 345 juta orang di dunia terancam kelaparan akibat krisis pangan.

"Hati-hati di sektor ini (pertanian) juga sekarang ini sangat rawan. Kita tahu krisis pangan di mana-mana 345 juta orang di dunia terancam kekurangan pangan dan kelaparan karena perubahan iklim karena perang," kata Jokowi di Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, Senin (15/5).

Menanggapi hal itu, Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira mengatakan Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang terancam kelaparan karena adanya ancaman el nino. Tak hanya soal el nino, kelaparan di Indonesia juga bisa terjadi karena tingginya inflasi pangan.

"Jadi tanpa bantuan pemerintah mereka akan terancam kelaparan juga. Jadi (ancaman kelaparan) juga termasuk di Indonesia," kata Bhima kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/5).

Bhima mengatakan kondisi ini menjadi peringatan bagi Indonesia yang merupakan produsen pangan, tetapi justru mengimpor pangan termasuk beras, gandum, dan bawang putih.

Ia menyebut jika sebuah negara masih menjadi importir pangan dan jumlah penduduk miskinnya cukup besar maka negara tersebut rentan mengalami kelaparan.

Lihat Juga :
Bappenas Usai Disindir Luhut: Semua Bukan Bahasa Mengecat Langit

Karenanya, Bhima menganjurkan pemerintah segera melakukan antisipasi ancaman kelaparan dan el nino yang berpotensi menurunkan produktivitas pangan. Langkah yang bisa dilakukan dengan irigasi. Selain itu, pemerintah harus menggelontorkan anggaran khusus untuk mengatasi krisis pangan.

"Perlu paket kebijakan khusus yang di dalamnya berkaitan dengan alokasi subsidi pupuk, subsidi bibit unggul, atau bantuan permodalan bagi petani. Kemudian memberikan subsidi BBM yang lebih besar. Menurunkan harga BBM subsidi saja itu sudah membantu dari sisi pengendalian biaya produksi dan transportasi," kata Bhima.

Sementara itu, mengutip rilis Indeks ketahanan Pangan Global yang diterbitkan Economist Impact, 10 negara yang ketahanan pangannya terancam yaitu Suriah, Haiti, Yamen, Sierra Leone, Madagascar, Burundi, Nigeria, Venezuela, Sudan, dan Congo.

Analis Senior Indonesia Strategic and Economic Action Institution Ronny P Sasmita mengatakan ancaman kelaparan seperti yang disebut sudah terjadi di beberapa lokasi terutama di Afrika karena cuaca ekstrim yang mengakibatkan gagal panen.

Kelaparan disebut bisa terjadi lantaran gagal panen terjadi bersamaan dengan kondisi pemerintahan di negara tersebut tidak dalam kondisi stabil karena perang sipil, perang antar faksi politik, pemberontakan, yang mengakibatkan sistem ekonominya.

"Risikonya, saat terjadi gagal panen atau kekurangan pasokan bahan makanan domestik, mereka tak memiliki devisa untuk melakukan impor bahan makanan serupa untuk menambal kekurangan tersebut," kata Ronny.

Ronny mengatakan Indonesia masih cukup beruntung karena memiliki cukup devisa. Dengan begitu, saat terjadi el nino atau gagal panen yang mengakibatkan kekurangan cadangan pangan, pemerintah bisa langsung membuka keran impor.

"Tugas lanjutan bagi pemerintah hanya masalah stabilisasi harga pangan agar tetap terjaga dan terjangkau, sehingga tak menggores daya beli masyarakat," kata Ronny.

[Gambas:Video CNN]



 

(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Daftar Lowongan Lulusan S1 Semua Jurusan Rekrutmen Bersama BUMN 2023******

Rekrutmen Bersama BUMN(RBB) 2023 membuka lowongan kerja untuk 2.000 lebih posisi, termasuk bagi lulusan S1 semua jurusan.
Rekrutmen Bersama BUMN(RBB) 2023 membuka lowongan kerja untuk 2.000 lebih posisi, termasuk bagi lulusan S1 semua jurusan. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia--

Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 resmi dibuka pada Kamis (11/5) kemarin. Tahun ini, perusahaan pelat merah membuka lowongan kerjauntuk 2.000 lebih posisi, termasuk bagi lulusan S1 semua jurusan.

"Terbuka lebih dari 2.000+ lowongan pekerjaan dan diikuti oleh lebih dari 120+ Perusahaan BUMN Group untuk jenjang SMA/Sederajat, D3, S1/D4, dan S2," tulis FHCI BUMN dalam unggahan akun Instagram resmi @fhci.bumn.

Terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui pelamar pada Rekrutmen Bersama BUMN tahun ini. Seluruh proses rekrutmen ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Mengutip laman resminya, terdapat 50 lowongan kerja bagi lulusan S1/ Diploma IV per Jumat (12/5).

"Daftar posisi yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan masing-masing BUMN. Harap melakukan pengecekan secara berkala," tulis laman RBB 2023.

Lihat Juga :
PNS Dapat Uang Tambah Daya Tahan Tubuh Rp18 Ribu-Rp25 Ribu per Orang

Daftar lowongan untuk lulusan S1/ Diploma IV dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2023:

1. General banking staff (PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk)
2. Commercial officer -(PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) - PT Angkasa Pura I)
3. Human capital business partner officer - (PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) - PT Angkasa Pura I)
4. Account manager - (PT Danareksa (Persero) - PT Jalin Pembayaran Nusantara)
5. Kepala divisi klaim dan retrosesi (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - PT Asuransi Kredit Indonesia - PT Reasuransi Nasional Indonesia)
6. Kepala divisi business support (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - PT Asuransi Kredit Indonesia - PT Reasuransi Nasional Indonesia)
7. Kepala divisi sekretariat perusahaan (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - PT Asuransi Kredit Indonesia - PT Reasuransi Nasional Indonesia)
8. Manager supply chain (PT Kereta Api Indonesia (Persero))
9. Assistant manager hospitality (PT Kereta Api Indonesia (Persero))
10. International Sales Staff (PT Biofarma (Persero))

Lihat Juga :
PNS Dapat Uang Tambah Daya Tahan Tubuh Rp18 Ribu-Rp25 Ribu per Orang

11. Front end developer (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja - PT Jasaraharja Putera)
12. Back end developer (PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) - PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja - PT Jasaraharja Putera)
13. Staf pengadaan (PT Industri Kereta Api (Persero) - PT INKA Multi Solusi - PT INKA Multi Solusi Trading).
14. Staf analis pemasaran (PT Industri Kereta Api (Persero) - PT INKA Multi Solusi - PT INKA Multi Solusi Trading)
15. Manajemen risiko (PT Industri Kereta Api (Persero) - PT INKA Multi Solusi - PT INKA Multi Solusi Trading)
16. Pengembangan SDM (PT Industri Kereta Api (Persero) - PT INKA Multi Solusi - PT INKA Multi Solusi Trading)
17. Investment partnership specialist officer (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk - PT Mandiri Sekuritas - PT Mandiri Manajemen Investasi)
18. Institution invesment advisor officer (PT Bank Mandiri (Persero) Tbk - PT Mandiri Sekuritas - PT Mandiri Manajemen Investasi)
19. Corporate office secretary staff (PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko)
20. Agent relations officer (PT Waskita Karya (Persero) Tbk - PT Waskita Karya Realty)

Bersambung ke halaman berikutnya...

Daftar Lowongan Kerja Lulusan S1/ Diplova IV RBB 2023

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2




bab terbaru:qq303bet

Perbarui waktu:2024-07-03

Daftar bab terbaru
maxwin slot xyz
gegeslot
slot 4d terpercaya
voucher freepik
fairplay slot
play vipbet88
manggatotowap
daftar judi slot terbaru
pinjaman online yang diawasi ojk 2022
Daftar isi semua bab
Bab 1 rtp key4d
Bab 2 hkbgoodluck88
Bab 3 juarahoki
Bab 4 prediksi togel hk hari ini
Bab 5 pro slot
Bab 6 slot777 online
Bab 7 bosswin168 situs slot terbaik gacor
Bab 8 wdslot77
Bab 9 hkbvegas
Bab 10 tafsir mimpi 30
Bab 11 daftar situs slot
Bab 12 batman88
Bab 13 paito zona warna hk
Bab 14 buku seribu mimpi 2d bergambar lengkap
Bab 15 permainan gacor
Bab 16 pinjam uang online
Bab 17 umur kakek zeus
Bab 18 cara mencairkan dana kredivo ke rekening
Bab 19 slot terbaru dan tergacor
Bab 20 apa itu pola gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3757bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Detektif Conan: Pemilik Kedai Kopi

star toto slot
Railink meminta maaf atas insiden kepala seorang penumpang terjepit pintu kereta bandara di Stasiun Yogyakarta International Airport (YIA), yang videonya viral.
PT Railink meminta maaf atas insiden kepala seorang penumpang terjepit pintu kereta bandara di Stasiun Yogyakarta International Airport (YIA), yang videonya viral. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma0
Jakarta, CNN Indonesia--

PTRailink meminta maaf atas insiden kepala seorang penumpang terjepit pintu keretaapi (KA) bandara di Stasiun Yogyakarta International Airport (YIA), yang videonya luas beredar di media sosial.

Dalam sebuah video viral, tampak kepala seorang laki-laki terjepit pintu KA saat hendak keluar, sementara pintu KA akan menutup. Untungnya ia berhasil lolos setelah dibantu penumpang lain serta petugas stasiun.

"Atas nama KA Bandara, kami mengucapkan permohonan maaf," kata Humas PT Railink Riesta Junianti dalam keterangan resmi, Rabu (17/5).

"Atas bantuan penumpang lainnya dan kesigapan petugas stasiun Bandara YIA, segera pintu tersebut dibuka kembali untuk membebaskan penumpang yang hampir terjepit tersebut," jelas Riesta.

PT Railink menyayangkan adanya kejadian tersebut. Perusahaan tengah berkoordinasi dengan PT KAI Daop VI Yogyakarta guna melihat terkait kemungkinan terjadinya aspek malfungsi teknis maupun kelalaian pada sumber daya manusia.

Namun, kata Riesta, setelah dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas stasiun ternyata penumpang itu mengaku salah. Pasalnya, ia mencoba memaksa membuka pintu kereta yang belum terbuka sempurna.

Selain itu, usai dilakukan pemeriksaan medis di Pos Kesehatan stasiun Bandara YIA, penumpang itu menyatakan tidak ada keluhan sakit atau luka di area tubuh yang terjepit.

"Untuk selanjutnya penumpang tersebut kemudian diizinkan melanjutkan perjalanan menuju ke dalam Bandara YIA untuk naik pesawat," ujarnya.

PT Railink mengimbau penumpang agar dapat lebih berhati-hati memperhatikan pintu kereta, meski dalam kondisi terburu-buru sekalipun.

"Untuk tidak langsung keluar sebelum kereta berhenti dan sampai pintu terbuka sempurna, juga agar senantiasa perhatikan imbauan atau pengumuman dari petugas di atas KA ataupun memperhatikan suara alarm pada pintu kereta sebagai peringatan pintu kereta akan terbuka atau tertutup," pesan Riesta.

[Gambas:Video CNN]

(kum/pta)

[Gambas:Video CNN]

Fantasi: Kapan saya menjadi tak terkalahkan?

mpo900
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tak menyangkal jika merebaknya flu babi Afrika di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau, bisa berdampak pada ekspor.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tak menyangkal jika merebaknya flu babi Afrika di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau, bisa berdampak pada ekspor. (REUTERS/SOE ZEYA TUN)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tak menyangkal jika merebaknya flu babi Afrika di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau, bisa berdampak pada ekspor.

Menurutnya, saat ini Singapura menjadi tujuan ekspor utama babi Indonesia. Dikhawatirkan, dengan merebaknya virus demam babi Afrika (African Swine Fever/ASF), Negeri Singa itu lebih selektif.

"Kita sebenarnya baru terasa ada virus itu setelah ada semacam komplain dari Singapura, baru kita tahu. Itu yang lagi kita cari apa memang virusnya ada dari kita atau setelah dia (babi) di sana. Di sana kan ada tempat transit, however penanganan sudah kita lakukan," ujarnya saat ditemui di Komplek GBK, Minggu (14/5).

"Itu indikasinya menjurus ke positif. Karena itu, isolasi wilayah kita lakukan total sambil melakukan intervensi vaksin. Itu yang belum bisa kita paham (awal mula demam babi di Batam). Kita sudah intervensi daripada kecolongan," imbuhnya.

Di lain sisi, Syahrul mengaku belum mengetahui berapa banyak babi yang terdampak. Saat ini masih dilakukan pemeriksaan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Tambah Uang Makan PNS hingga Rp500 Ribu per Bulan

Sebelumnya, Singapura sempat menyetop impor babi dari Indonesia imbas ditemukannya virus ASF. Negeri Singa menghentikan impor babi asal Pulau Bulan, Batam sejak 23 April 2023.

Namun, Singapura menyatakan akan kembali membuka keran impor daging babi dari Indonesia dalam bentuk karkas alias daging utuh. Dengan begitu, mereka masih tetap bisa memenuhi kebutuhan daging babinya sekaligus meminimalisir penyebaran virus tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Orang yang dipilih oleh bumi

macauwin138
CEO JD.com Xu Lei mengundurkan diri dari jabatannya setelah satu tahun pemimpin perusahaan. Pengunduran diri tersebut karena alasan pribadi.
CEO JD.com Xu Lei mengundurkan diri dari jabatannya setelah satu tahun pemimpin perusahaan. Pengunduran diri tersebut karena alasan pribadi. (Dok. JD.Com)
Jakarta, CNN Indonesia--

CEO JD.comXu Lei mengundurkan diri dari jabatannya setelah satu tahun pemimpin perusahaan. Pengunduran diri tersebut karena alasan pribadi. 

Xu Lei mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Sementara itu, JD.com kembali merombak posisi di pucuk pimpinan buntut pertumbuhan bisnis yang melambat.

Mengutip Forbes, Selasa (16/5), perusahaan e-commerce itu melaporkan telah menghasilkan keuntungan sebesar 6,3 miliar yuan atau US0 juta pada kuartal pertama 2023.

Xu Lei akan digantikan oleh Chief Financial Officer Sandy Ran Xu mulai Juni mendatang. Dalam peran barunya, Sandy Ran Xu akan menghadapi banyak tantangan.

Salah satunya, menyoal pemulihan ekonomi China pasca covid-19 yang mulai lesu. Hal ini berimbas pada kinerja ekspor yang melambat dan impor yang terkontraksi di tengah melemahnya permintaan di dalam negeri.



Selain itu, kenaikan harga konsumen juga melambat. Hal ini merupakan tanda lain dari permintaan yang lesu.

Di satu sisi, persaingan JD.com pun makin ketat. Induk TikTok, ByteDance, menambahkan fitur belanja ke platform video pendeknya.

Adapun saingan lama JD.com, Alibaba dan Pinduoduo memberikan diskon untuk menarik perhatian konsumen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Paparazzi tingkat dewa dari dunia lain

togel vietnam hari ini
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan capaian realisasi investasi pada kuartal I 2023 mencapai Rp3.045 triliun lebih tinggi dari periode 2022.
Ilustrasi. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan capaian realisasi investasi pada kuartal I 2023 mencapai Rp3.045 triliun lebih tinggi dari periode 2022. (istockphoto/Herwin Bahar)
Makassar, CNN Indonesia--

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan capaian realisasi investasipada kuartal I 2023 mencapai Rp3.045 triliun atau naik Rp901 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Memang ini banyak animo untuk investasi, apalagi Sulsel ini termasuk wilayah yang memiliki potensi yang luar biasa. Tahun kemarin luar biasa lompatannya, tahun ini juga luar biasa lompatan investasinya dibanding target meningkat pesat," kata Andi Sudirman, Minggu (14/5).

Andi menilai dengan melihat tren yang ada saat ini, ke depan Sulsel akan menjadi primadona investasi yang dimana didukung infrastruktur yang memadai dan pendukung yang ada.

Saat ini PMDN Sulsel mencapai Rp2.424 triliun dan PMA mencapai Rp803 miliar. Sementara realisasi tertinggi disumbang dari sektor usaha penanaman modal pertambangan sebesar Rp458 miliar. Kemudian disusul transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp403 miliar serta industri logam Rp375 miliar.

Menurutnya, pemda Sulsel akan terus berupaya dalam memberikan kemudahan perizinan untuk berinvestasi di Sulsel.

"Kita terus berupaya untuk menarik calon investor baik luar maupun dalam negeri dengan memberikan jaminan kemudahan perizinan dalam berinvestasi, Sulawesi Selatan ramah investasi," jelasnya.

Lihat Juga :
TAIPANSavitri Jindal, Wanita Terkaya di Asia Berharta Rp259,8 T

Meski mendorong sebagai daerah yang ramah investasi, Andi Sudirman menekankan agar investor memberdayakan masyarakat sekitar dalam membuka lapangan pekerjaan.

Realisasi investasi sepanjang 2022 di Sulawesi Selatan sebesar Rp14,258 triliun. Nilai itu berhasil melebihi target RPJMD Tahun Anggaran 2022 untuk investasi.

[Gambas:Video CNN]



(mir/dzu)

Su Ungu Mencari Keabadian

slot gacor jamin wd
Pelindo menyerahkan operasi lima terminal peti kemas ke subholding, yang berlokasi di Pangkal Balam, Bagendang, Bumiharjo, Ternate dan Merauke.
Operasi Lima peti kemas Pelindo akan diserahkan ke Subholding Pelindo Terminal Petikemas. (Foto: Arsip Pelindo)
Jakarta, CNN Indonesia--

Subholding Pelindo Terminal Petikemas direncanakan akan menerima serah operasi lima terminal peti kemas dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo. Menurut rencana, serah operasi terminal peti kemas akan berlangsung secara bertahap mulai semester dua hingga akhir 2023.

Adapun lima terminal peti kemas tersebut berlokasi di Pelabuhan Pangkal Balam, Pelabuhan Bagendang, Pelabuhan Bumiharjo, Pelabuhan Ternate dan Pelabuhan Merauke.

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan, serah operasi terminal peti kemas merupakan bagian dari rencana strategis perusahaan pasca merger Pelindo.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Pusat Indonesian National Shipowners Association (DPP INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, pengoperasian terminal peti kemas oleh PT Pelindo Terminal Petikemas diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengguna jasa.

Antara lain, sentralisasi penentuan tarif, adanya kesamaan layanan, jaminan kualitas pelayanan, dan kinerja operasional yang lebih baik.

"Sebagai pengguna jasa kami berharap memperoleh pelayanan yang cepat dan baik, memangkas port stay, lebih cepat kapal berlayar lebih cepat pula kembali, arus peti kemas juga pasti akan meningkat," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pembenahan fasilitas terminal dan peningkatan kualitas pekerja perlu diperhatikan. Hal ini untuk menghindari ketimpangan antara satu terminal dengan terminal yang lainnya.

Pengamat maritim dari Institut Teknologi Sepuluh November Saut Gurning menyambut baik pengoperasian terminal peti kemas dalam satu entitas subholding PT Pelindo Terminal Petikemas.

Sebab, hal itu akan mempermudah proses perencanaan dan koordinasi sehingga setiap terminal memiliki keseragaman. Standardisasi dan kesamaan proses bisnis menjadi satu perhatian yang harus segera diselesaikan oleh perseroan.

"Kinerja operasional juga perlu ditingkatkan, agar waktu kapal di terminal lebih cepat atau dipangkas, sehingga tujuan menekan biaya dan meningkatkan kinerja logistik dapat tercapai," terangnya.

(inh/inh)

Kapitalis Misterius

garuda888
Sejumlah hotel bintang tiga ke atas yang berada dekat GBK habis dipesan berbarengan dengan jadwal konser Coldplay di Jakarta, yakni 15 November besok.
Sejumlah hotel bintang tiga ke atas yang berada dekat GBK habis dipesan berbarengan dengan jadwal konser Coldplay di Jakarta, yakni 15 November besok. (iStock/bogdankosanovic)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah hotelyang berada dekat Gelora Bung Karno (GBK) sudah habis dipesan pada pertengahan November 2023 atau berbarengan dengan jadwal pelaksanaan konser Coldplay di GBK.

Hal tersebut disampaikan Ketua BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono. Ia menyebut mayoritas yang habis dipesan adalah hotel bintang tiga ke atas.

"Sudahfullitu. Hotelnya sudahfulldi situ (dekat GBK)," ucap Sutrisno kepada CNNIndonesia.com,Rabu (17/5).

Dengan kata lain, hotel-hotel mewah tadi sudah penuh untuk tanggal pemesanan 14-16 November 2023. Setelah tanggal tersebut, PHRI DKI memprediksi pesanan hotel sudah kembali normal.

"Sudah tanggal itu saya kira akan normal lagi. Selesai acara itu, siapa lagi yang mau menginap?" ucapnya.

Coldplay resmi bakal konser di Jakarta pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam rangka tur Music of the Spheres World Tour. Pengumuman itu disampaikan band asal Inggris tersebut melalui media sosial pada Selasa (9/5) lalu.

"ASIA & AUSTRALIA DATES ANNOUNCED!" tulis Coldplay dalam sebuah unggahan, yang juga menyertakan sejumlah negara lainnya seperti Jepang, Australia, Taiwan, dan Malaysia.

Konser ini merupakan penampilan perdana Chris Martin dan kawan-kawan di Indonesia. Tur ini pun menepis anggapan Coldplay enggan untuk mampir ke Tanah Air.

Secara keseluruhan, tiket konser Coldplay di Jakarta terbagi jadi 11 kategori. Yang termurah dijual Rp800 ribu di luar pajak dan biaya-biaya tambahan lainnya. Ada pula tiket seharga Rp1,25 juta, Rp1,75 juta, Rp3,5 juta hingga yang termahal Rp5 juta untuk CAT 1.

Berdasarkan data tersebut, harga tiket rata-rata konser Coldplay di Jakarta, Indonesia di kisaran Rp2,6 juta. Harga ini di luar paket termahal yang disiapkan Coldplay untuk pengalaman lebih bagi penggemar.

Mereka menyediakan paket Ultimate Experience seharga Rp11 juta dan My Universe Rp5,7 dengan kelebihan masing-masing, seperti bisa masuk venue lebih awal hingga berkunjung ke backstage.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

[Gambas:Video CNN]