petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

cara agar di acc kredivo

apk kredit 37Jutaan kata 396921Orang-orang telah membaca serialisasi

《cara agar di acc kredivo》

Otorita Ungkap Ada Sosok 'Bandung Bondowoso' yang Ikut Bangun IKN******

OIKN mengungkap ada sosok 'Bandung Bondowoso' yang ikut menggarap pembangunan IKN Nusantara.
OIKN mengungkap ada sosok 'Bandung Bondowoso' yang ikut menggarap pembangunan IKN Nusantara. (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta, CNN Indonesia--

Otorita IKN (OIKN) mengungkap ada sosok 'Bandung Bondowoso' yang ikut menggarap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bandung Bondowoso dikenal dalam kisah legenda Candi Prambanan. Bandung diceritakan mendapat syarat khusus dari putri Raja Prambanan, Roro Jonggrang, untuk membangun 1.000 candi dalam semalam jika ingin mempersuntingnya.

Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos berkelakar bahwa 'Bandung Bondowoso' juga hadir mengerjakan megaproyek IKN Nusantara. Ia mengatakan sosok tersebut diperankan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pimpinan Basuki Hadimuljono.

"Mungkin kalau zaman dulu itu adalah kerjanya Bandung Bondowoso dengan segala aparaturnya. Sekarang (IKN) inilah Bandung Bondowoso (Kementerian PUPR) dengan aparaturnya yang ada di karya-karya (BUMN Karya)," kelakar Jaka.

Pembangunan ibu kota anyar ini tengah dikebut dengan fokus di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Bahkan, pemerintah tengah bersiap melaksanakan upacara HUT RI ke-79 di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Kepala OIKN Bambang Susantono sebelumnya menyebut pemerintah bakal menyebar 6.800 undangan untuk menghadiri upacara pertama kali di IKN. Ia mengaku diminta untuk mempersiapkan perayaan tersebut, meski panitia HUT RI berasal dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Selain itu, Bambang mengatakan Gedung Kantor Presiden saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 78,6 persen. Ia menargetkan Istana Presiden bakal rampung pada Oktober 2024.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Negara yang mencibir Indonesia ternyata juga ingin naturalisasi******

Negara yang mencibir Indonesia ternyata juga ingin naturalisasi
Pesepak bola Cyrus Margono mencium bendera merah putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Atlet yang bermain di klub Divisi 2 Liga Super Yunani, Panathinaikos B sebagai penjaga gawang tersebut resmi menjadi WNI. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Indonesia tak mau asal menaturalisasi, tapi juga melakukannya secara terbatas di sejumlah kecil cabang olahraga ...
Jakarta (ANTARA) - Vietnam dan Thailand pernah mencibir langkah Indonesia ketika merekrut pemain naturalisasi untuk memperkuat skuad tim nasional sepak bolanya.

Tapi kini terungkap negara-negara itu ternyata juga menginginkan pemain naturalisasi, terlebih setelah melihat formula ini efektif mendongkrak kualitas Timnas Indonesia.

Vietnam dan Thailand kemudian mengaku terbentur aturan hukum nasionalnya yang tak bisa bebas mewujudkan program naturalisasi.

Ironisnya, sejumlah kalangan di Thailand, termasuk pemerhati olahraga di negeri itu, sudah mempertimbangkan hal yang kini dilakukan Indonesia itu saat mereka gagal melaju ke babak berikutnya selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kini, dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Thailand kemungkinan bernasib sama seperti 2 tahun sebelumnya, terlempar dari persaingan sampai hanya babak kedua kualifikasi Piala Dunia.

Itu karena mereka harus bersaing keras dengan China yang skuadnya juga diperkuat pemain naturalisasi, untuk menjadi pendamping Korea Selatan yang kemungkinan besar menjadi juara Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jika melihat berbagai laporan media Thailand 2 tahun lalu, negara itu sudah ingin merekrut pemain naturalisasi jauh sebelum kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi terbentur rezim kewarganegaraan yang rumit yang mereka anut.

Contoh kerumitan itu terjadi pada Azuki Iwatani beberapa tahun lalu. Karateka putri ini besar dan lahir di Thailand, tapi dia memiliki orang tua berkewarganegaraan Jepang.

Sekalipun pemangku kebijakan olahraga di Thailand sangat ingin mengubah status kewarganegaraan Iwatani menjadi warga Thailand, karateka putri ini ditolak menjadi warga negara Thailand.

Undang-undang di negara itu menerapkan syarat ketat dan proses yang panjang sebelum seseorang bisa dinaturalisasi sehingga banyak yang urung berganti menjadi warga negara Thailand.

Situasi sama sulit dan pelik dihadapi oleh para pemangku kepentingan dan pengelola olahraga di Vietnam, yang juga memiliki rezim kewarganegaraan yang rumit dan kaku.


Formula tingkatkan kualitas

Vietnam sulit melakukan apa yang tengah dan sudah dilakukan Indonesia, walau sebenarnya melihat program naturalisasi sebagai faktor yang bisa mendongkrak kualitas tim olahraga mereka.

Keinginan itu mungkin kian membuncah karena baik Vietnam maupun Thailand terlihat terintimidasi oleh fakta terus meningkatnya kualitas timnas sepak bola Indonesia.

Grafik itu bisa mereka lihat dengan mata telanjang dari bagaimana Indonesia melalui kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

Yang membuat mereka makin terganggu adalah peringkat FIFA yang ditempati Indonesia, terus meningkat, yang tegak lurus dengan beberapa pencapaian positif timnas belakangan ini.

Thailand dan Vietnam juga tak bisa memungkiri fakta bahwa Garuda kini memiliki prospek lebih baik ketimbang mereka dalam meretas jalan ke putaran final Piala Dunia FIFA.

Bukan hanya Vietnam dan Thailand yang was-was, Malaysia juga begitu. Bahkan peringkat FIFA negara inilah yang kemungkinan disalip lebih dulu oleh Indonesia.

Sementara itu, beberapa negara Asia Tenggara berusaha realistis, dengan mempertimbangkan langkah yang sudah ditempuh Indonesia dalam melibatkan atlet naturalisasi. Salah satu yang tampaknya ingin mengadopsi program naturalisasi adalah Singapura.

Bahkan Singapura sudah mencetuskannya tahun lalu ketika pada Mei 2023, Presiden Federasi Sepak Bola Singapura, Bernard Tan, meminta negaranya mempertimbangkan atlet naturalisasi demi meningkatkan kualitas timnas mereka.

Seperti para penggemar sepak bola di Singapura, Bernard Tan mungkin sudah jenuh menanti hadirnya timnas yang berbicara banyak dalam ajang-ajang internasional.

Keinginan Bernard Tan dalam merekrut pemain naturalisasi mungkin kian menggebu-gebu saat ini ketika Singapura di ambang terlempar dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Singapura baru mengumpulkan satu poin setelah satu kali seri dan tiga kali kalah dari empat pertandingan.


Tak sporadis

Namun, negara-negara itu mungkin tak tahu bahwa proses naturalisasi atlet di Indonesia ditempuh melalui proses panjang yang bahkan sekarang dibarengi pula dengan syarat lain bahwa calon-calon pemain naturalisasi harus memiliki darah Indonesia.

Belanda adalah salah satu negara yang memiliki populasi keturunan Indonesia yang besar. Tak heran kebanyakan pemain naturalisasi Indonesia berasal dari negara itu yang memiliki iklim sepak bola yang bagus.

Bandingkan dengan yang dilakukan negara-negara seperti China yang pernah menaturalisasi banyak pemain Brazil, yang secara etnik dan sosio-kultural tak ada hubungannya dengan China.

Bahkan dalam cabang-cabang seperti bola basket, China berani menaturalisasi atlet-atlet bintang yang tak sedikit pun memiliki akar China, salah satunya forwardMinnesota Timberwolves, Kyle Anderson, dari liga basket profesional NBA di Amerika Serikat.

Mantan gelandang Arsenal dan Brentford, Nico Yennaris, yang lahir dan besar di Inggris serta sama sekali tak berdarah China, menjadi pesepak bola naturalisasi pertama yang dipanggil masuk Timnas China pada 2019.

Indonesia nyaris tak melakukan hal sejauh seperti dilakukan China, apalagi melakukan hal yang sudah ditempuh Kamboja pada SEA Games 2023.

Dalam SEA Games edisi tahun lalu itu, Kamboja menempuh langkah kontroversial dengan menurunkan atlet-atlet naturalisasi pada banyak cabang olahraga, mulai basket sampai atletik.

Asal atlet-atlet naturalisasi ini pun beragam, ada yang asli Korea Selatan, Hong Kong, Pakistan, India, China, tapi juga ada beberapa atlet berdarah campuran Kamboja-Amerika.

Naturalisasi yang dilakukan Indonesia tidak sporadis seperti dilakukan Kamboja itu.

Bukan hanya tak mau asal naturalisasi, tapi juga melakukannya secara terbatas di sejumlah kecil cabang olahraga, di antaranya sepak bola, yang itu pun merupakan program jangka pendek, seperti sudah ditandaskan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali beberapa waktu lalu.

Pelatih Shin Tae-yong sendiri menerapkan kriteria dasar bahwa pesepak bola yang boleh dinaturalisasi untuk memperkuat timnas harus memiliki darah Indonesia atau memiliki leluhur orang Indonesia.

Dengan kata lain, naturalisasi yang ditempuh Indonesia tak hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas tim olahraga, tapi juga dengan mempertimbangkan identitas keindonesiaan.








 

Copyright © ANTARA 2024

Erick Thohir Ajukan PMN ke DPR Rp57,8 T hingga 2025******

Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan PMN 2024 dan 2025 dengan total senilai Rp57,8 triliun untuk sejumlah perusahaan pelat merah kepada Komisi VI DPR RI.
Menteri BUMN Erick Thohir mengajukan PMN 2024 dan 2025 dengan total senilai Rp57,8 triliun untuk sejumlah perusahaan pelat merah kepada Komisi VI DPR RI. (CNN Indonesia/ Muhammad Naufal).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohirmengajukan penyertaan modal negara (PMN) 2024 dan 2025 senilai total Rp57,8 triliun untuk sejumlah perusahaan pelat merah kepada Komisi VI DPR RI.

Erick menjelaskan PMN 2024 berasal dari cadangan pembiayaan investasi dengan total Rp13,6 triliun, mulai dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI untuk pengadaan kereta melalui retrofit dan pembelian kereta baru Rp2 triliun.

"PT Hutama Karya penyelesaian tugas Tol Palembang-Betung Rp1,6 triliun. Lalu Reasuransi Indonesia Utama untuk penguatan permodalan Rp1 triliun. Lalu, Pelni pembelian tiga kapal perintis yaitu Rp3 triliun. Lalu INKA, peningkatan kapasitas dan kualitas produksi itu kurang lebih Rp2 triliun, lalu penyehatan ID Food untuk penguatan modal Rp1 triliun, dan penguatan permodalan penjaminan KUR yang ada di IFG yaitu Rp3 triliun," tutur Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta Selatan, Selasa (19/3).

"Untuk APBN 2025, secara PMN-nya, kita mengusulkan Rp44 triliun, di mana yang terbesar itu dari Hutama Karya, pembangunan JTTS (Jalan Tol Trans Sumatra) fase II dan III, yaitu Rp13,8 triliun," lanjut Erick.

Selain Hutama Karya, PMN 2025 juga akan diberikan kepada Asabri sebesar Rp3,61 triliun, PT PLN Rp3 triliun untuk program listrik desa, IFG Group sebesar Rp3 triliun untuk penguatan permodalan KUR, PT Pelni sebesar Rp2,5 trilin untuk pengadaan kapal baru, dan Biofarma untuk fasilitas capex baru Rp2,2 triliun.

Kemudian BUMN akan memberikan PMN 2025 kepada PT Adhi Karya sebesar Rp2,09 triliun, PT Wijaya Karya sebesar Rp2 triliun, Danareksa sebesar Rp2 triliun, PT KAI Rp1,8 triliun, ID Food sebesar Rp1,62 triliun, PT PP Rp1,56 triliun, Perum Damri Rp1 triliun, Perumnas Rp1 triliun, dan PT INKA Rp976 miliar.

Lebih lanjut, Erick pun memperkirakan perusahaan negara hanya bisa memberi setoran dividen ke negara sebesar Rp279,7 triliun pada 2020-2024. Sementara estimasi kebutuhan suntikan PMN sebesar Rp226,1 triliun pada periode yang sama.

Lihat Juga :
Mengenal LPEI di Tengah Laporan Sri Mulyani soal Korupsi Rp2,5 T

Erick menyebut proporsi dividen BUMN yang lebih besar dari PMN, yakni 55 persen dan 45 persen, mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Kumulatifnya tetap antara dividen dan PMN, masih lebih besar dividennya. Kurang lebih proporsinya 55 (persen) dibandingkan 45 persen," kata dia.

Dalam paparannya, Erick menjelaskan sebaran realisasi dan usulan PMN tunai 2020-2024 sebesar Rp226,1 triliun. Rinciannya, R27 triliun pada 2020, Rp68,9 triliun pada 2021, Rp53,1 triliun pada 2022, Rp35,3 triliun pada 2023, dan Rp41,8 triliun pada 2024.

Sementara itu, realisasi dan usulan dividen 2020-2024 sebesar Rp279,7 triliun atau lebih besar dari PMN. Rincian dividen pada 2020 sebesar Rp43,9 triliun, Rp29,5 triliun pada 2021, Rp39,7 triliun pada 2022, Rp81,2 triliun pada 2023, dan Rp85,5 triliun pada 2024.

Selain dividen, Erick menyebut laba konsolidasi BUMN pada 2023 mencapai Rp292 triliun atau lebih tinggi dari 2021 yang sebesar Rp125 triliun dan 2022 sebesar Rp254 triliun.

Ia menyebut total laba konsolidasi BUMN pada 2022 yang mencapai Rp309 triliun dikarenakan ada non-cash senilai Rp55,7 triliun dari hasil restrukturisasi Garuda Indonesia.

"Kalau kita lihat untuk 2023 nanti hasil audit, kita secara cash-nya ini Rp292 triliun, artinya ada kenaikan cukup signifikan hampir Rp38 triliun lebih kalau kita apple to apple secara cash-nya," kata dia.

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)




bab terbaru:pinjam uang jaminan bpkb

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
game slot gampang menang
mengajukan pinjaman di kredivo
homebet88
slot pagi hari
muka kakek zeus
perak 138 slot
dokubola
kta bank online tanpa kartu kredit
trik pola slot olympus maxwin
Daftar isi semua bab
Bab 1 qq888bet
Bab 2 link slot bonus new member 100 di awal
Bab 3 betcoin
Bab 4 rtp petir388
Bab 5 rtp ojktoto
Bab 6 menang 138
Bab 7 g9king
Bab 8 link maxwin
Bab 9 slot kamboja
Bab 10 judi138
Bab 11 cara pinjam di koinworks
Bab 12 daftar kredivo
Bab 13 akun slot demo solo to
Bab 14 trik main mahjong ways 2
Bab 15 kredit barang di akulaku
Bab 16 cara mengajukan pinjaman ke kredivo
Bab 17 vip mantap slot
Bab 18 jawaraslot
Bab 19 slot gacor host
Bab 20 cara dapetin duit dari shopee
Klik untuk melihattersembunyi di tengah1869bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Gerbang Bayangan Langit

madu303
Airbus menerima pesanan 65 jet dari dua maskapai besar Asia, yang merupakan pelanggan utama Boeing, yakni Japan Airlines dan Korean Air.
Airbus menerima pesanan 65 jet dari dua maskapai besar Asia, yang merupakan pelanggan utama Boeing, yakni Japan Airlines dan Korean Air. (Foto: aircraft.airbus.com)
Jakarta, CNN Indonesia--

Airbusmenerima pesanan 65 jet dari dua maskapai besar Asia, yang merupakan pelanggan utama Boeing, yakni Japan Airlines dan Korean Air.

Dilaporkan Reuters, Kamis (21/3), Japan Airlines (JAL) akan membeli 21 jet berbadan lebar A350-900 dan 11 jet berbadan sempit A321neo dari Airbus. Pesanan dari maskapai penerbangan terbesar kedua di Jepang ini memungkinkan Airbus untuk memperluas jangkauannya.

Selain itu, JAL juga menyatakan akan membeli 10 jet Boeing 787 Dreamliner.

Pesanan dari kedua maskapai tersebut menjadi keuntungan bagi Airbus ketika Boeing bergulat dengan masalah kualitas setelah pintu Boeing 737 MAX 9 yang meledak.

Namun, turunnya pesanan pesawat Boeing bukan akibat langsung dari masalah yang dialami pembuat pesawat tersebut.

Menurut Boeing, mereka memiliki 65 persen pangsa pasar layanan di Asia Timur Laut, yang mencakup Taiwan, Korea, dan Jepang. Boeing juga mencatat telah memenangkan pesanan sebelumnya dengan JAL dan Korean Air.

"Kami sangat mengapresiasi Japan Airlines atas kepercayaan mereka terhadap 787 Dreamliner, yang merupakan pesawat penumpang berbadan lebar paling populer dalam sejarah penerbangan," kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Airbus terus meningkatkan pangsa pasar lorong tunggal dengan A321neo setelah terjadinya berbagai krisis yang melibatkan Boeing.

[Gambas:Video CNN]

(fby/pta)

Bangkitnya Ksatria yang Terlahir Kembali

kumpulan situs slot online
Pengusaha rental mobil mendulang untung di momen Lebaran. Dengan rata-rata harga sewa Rp600 ribu per hari, omzet tembus ratusan juta.
Pengusaha rental mobil mendulang untung di momen Lebaran. Dengan rata-rata harga sewa Rp600 ribu per hari, omzet tembus ratusan juta. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia--

Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Banyak yang memanfaatkan momen itu untuk mudikdemi merayakan di kampung halaman.

Oleh karenanya, mudik pun seolah sudah menjadi budaya saban Lebaran datang. Mereka yang merantau berjuang menempuh jarak untuk berkumpul dengan keluarga besar.

Pada masa mudik, hampir seluruh moda transportasi umum pun dipadati penumpang. Tak kalah, pemudik dengan kendaraan pribadi juga selalu ramai.

Wawan, salah satu pengelola Apy Rental di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, salah satunya. Ia mengaku setiap Lebaran, semua unit mobil habis disewa pemudik.

Menurutnya, hal tersebut setidaknya terjadi dalam dua tahun belakangan ini. Meski semua mobil sudah dipesan, permintaan tetap membludak. Oleh karena itu, omzetnya naik pada Idulfitri.

"Sama saja 100 persen habis. Cuma permintaan tinggi. Kalau unit kami sudah disewa semua, lalu ada yang minta lagi, ya full," katanya saat ditemui CNNIndonesia.comdi kantornya, Rabu (27/3).

Lebih rinci, Wawan mengatakan pihaknya memiliki 50 unit kendaraan. Namun, yang tersedia untuk kendaraan pemudik hanya 6-7 unit saja. Pasalnya, sebagian besar mobil sudah disewa secara jangka panjang oleh instansi tertentu. Sewa jangka panjang ini biasanya dihitung per bulan.

Khusus untuk musim mudik, Wawan memberikan paket sewa. Misalnya, untuk Toyota Avanza ia sewakan dengan harga Rp5 juta per 10 hari. Sementara, Innova Reborn sekitar Rp9 juta. Alhasil, khusus untuk kendaraan pemudik saja, omzetnya pun mencapai puluhan juta rupiah.

"Ya puluhan juta rupiah lah," ucap Wawan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Bertemu Bos Besar Freeport, Bahas Tembaga hingga Pensiun

Sementara itu, Manajemen Sembodo Rent Car Kisnanto Hadi Pribowo menilai permintaan sewa mobil untuk mudik tahun ini belum seramai tahun sebelumnya.

"Kalau di internal kami tahun ini memang ada sedikit penurun, berbeda dari 2022-2023," ujar pria yang berkantor di bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan itu.

Menurut Kisnanto, penurunan permintaan itu tak lepas dari hype para pemudik. Ia berpendapat pada 2022 gairah masyarakat untuk mudik sangat tinggi.

Sebab, pada tahun tersebut pemerintah baru mengizinkan kembali masyarakat bepergian pasca pandemi covid-19. Hal yang sama juga terjadi di 2023, saat itu keinginan. masyarakat untuk mudik, menurutnya juga masih tinggi.

"Jadi di Minggu kedua Ramadan ini permintaan masih standar, belum sebesar tahun-tahun sebelumnya," tegas Kisnanto.

Ia mencontohkan pada tahun lalu, jumlah mobil yang disewa pemudik adalah sebanyak 20 unit. Sementara untuk tahun ini turun 25 persen. Artinya, jumlah mobil yang disewa pada Lebaran 2024 ini hanya sekitar 15 unit.

"Iya itu (itungan) kasarnya," ujarnya.

Kisnanto mengatakan kebanyakan unit yang disewa pemudik adalah mobil keluarga, seperti Kijang Innova.

Berdasarkan informasi di website Sembodo Rent Car, harga sewa Innova 2.0 G A/T adalah Rp600 ribu per hari. Selain Innova, mobil langgan pemudik lainnya adalah Xpander. Harga sewa mobil jenis ini Rp500 ribu per hari.

Kisnanto mengatakan pada saat Lebaran biasanya harga itu naik 20 persen hingga 25 persen. Dengan harga tersebut, kata Kisnanto, maka omzet untuk sewa kendaraan mudik pun bisa sekitar Rp100 juta.

Sama seperti Wawan, Kisnanto mengatakan mayoritas mobil yang disewakan adalah untuk jangka panjang. Pelanggannya pun kebanyakan dari instansi hingga kementerian.

Oleh karena itu, meski permintaan sewa saat Lebaran turun, omzetnya masih terbilang stabil karena terbantu sewa jangka panjang.

"Kalau secara omzet gak terlalu tinggi juga mungkin kisarannya antara Rp100 juta sampai Rp200 juta (per bulan). Itu pun nanti kalau kami lihat laporan bulanan, angka segitu adalah standar," kata Kisnanto.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada Jumat (5/4). Sementara itu untuk arus balik akan jatuh pada Minggu (14/4).

"Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5 sampai 7 April 2024 dan arus balik tanggal 14 sampai 15 April 2024," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers, Senin (18/3).

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kata dia, jumlah pemudik diperkirakan mencapai 193,6 juta orang. Jumlah itu naik sekitar 60 persen dari tahun lalu yang hanya berjumlah 123,8 juta orang pemudik.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Kisah promosi Tiandao

petir 88 slot
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan puncak lonjakan pesanan tiket pesat terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran atau 7-8 April 2024.
Ilustrasi papan informasi terminal 2E Bandara Soetta. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan puncak lonjakan pesanan tiket pesat terjadi pada H-4 dan H-3 mudik Lebaranatau 7-8 April 2024.

Hal itu ia sampaikan saat meninjau sarana dan prasarana transportasi udara di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (29/3).

Lihat Juga :
Tim Prabowo: Kami Juga Minta Megawati Dipanggil, Mau Enggak?

Menurut data PT Angkasa Pura Indonesia, rata-rata jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran 2024 (3 April-18 April 2024) naik 9 persen dibanding rata-rata penumpang pada hari biasa. Di sisi lain, operator pesawat juga telah menambah jumlah penerbangan untuk mengakomodir tingginya jumlah pemudik.

Budi mengatakan di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, ekstra flight direncanakan sebanyak 1.539. Angka ini terdiri dari 82 penerbangan internasional dan 1.457 penerbangan domestik.

Ia pun memberikan kesempatan kepada operator untuk menambah ekstra flight disertai dengan peningkatan dari sisi pelayanan di bandara.

Lihat Juga :
Siapa Bertanggung Jawab atas Pembangunan Kembali Jembatan Baltimore?

"Termasuk di wilayah Indonesia Timur, kami minta operator bisa menjangkau bandara-bandara kecil. Kami dari Kemenhub juga meningkatkan pelayanan di Bandara," imbuh Budi.

Terkait tarif tiket pesawat, Budi mengingatkan kepada para operator untuk tidak melewati tarif batas atas. Ia mengingatkan sanksi akan diberikan kepada operator yang melanggar aturan tarif batas atas.

"Komitmen dari para operator harus kita pegang, itu sebagai suatu bagian pelayanan kita kepada masyarakat," ujarnya.

Lihat Juga :
Kenapa Rugi Korupsi Timah yang Seret Suami Sandra Dewi Tembus Rp271 T?

Budi lantas mengapresiasi sistem monitoring Angkasa Pura Indonesia yang dapat mendeteksi kejadian udara beberapa jam ke depan, seperti kedatangan pesawat dan potensi delay. Dengan sistem ini, Menhub berharap antisipasi bisa dilakukan lebih cepat dan delay pesawat dapat ditekan dengan baik.

(mrh/bac)

[Gambas:Video CNN]

Tianji

marvel77
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono curhat anggaran 2024 diblokir Rp21,7 miliar oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono curhat anggaran 2024 diblokir Rp21,7 miliar oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono curhat anggaran 2024 diblokir Rp21,7 miliar oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Hal itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI, di Jakarta, Senin (18/3). Bambang menyebut anggaran yang diblokir itu setara dengan 5 persen dari total pagu anggaran yang sebesar Rp434 miliar.

"Jadi ini pagu DIPA Rp343 miliar ada yang diblokir seperti kementerian lain, yakni 5 persen. (Jadi) total pagu belanja (2024) Rp412 miliar," ucap Bambang.

Blokir anggaran itu diketahui dari surat bernomor S-1082/MK.02/2023 tertanggal 29 Desember 2023 tentang Automatic AdjustmentBelanja Kementerian/Lembaga TA 2024 yang dikirimkan Sri Mulyani kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Kapolri, kepala lembaga pemerintahan non-kementerian dan para pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara.

Dalam surat itu, Sri Mulyani mengatakan blokir anggaran merupakan arahan Jokowi pada penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran TA 2024. Blokir anggaran juga dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi geopolitik global.

Di sisi lain, Bambang telah mengajukan tambahan anggaran senilai Rp122 miliar untuk belanja pegawai ke Kementerian Keuangan pada Maret ini.

Selain itu, pihaknya juga bakal mengusulkan tambahan anggaran 2024 sebesar Rp3,56 triliun. Tambahan anggaran ini terbagi untuk beberapa pos.

Lihat Juga :
Mendagri Curiga Ada Permainan Pengusaha di Balik Mahal Minyak Goreng

Rinciannya, untuk deputi bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam Rp457 miliar. Lalu, deputi bidang sosial budaya dan pemberdayaan masyarakat Rp57,4 miliar.

Kemudian, untuk deputi bidang transformasi hijau dan digital Rp864,3 miliar dan deputi bidang perencanaan dan pertanahan Rp15,03 miliar. Adapun tambahan anggaran terbesar adalah untuk deputi bidang sarana dan prasarana, yakni Rp2,17 triliun.

"Mengajukan tambahan anggaran utamanya untuk menampung atau mengelola fasilitas infrastruktur sarana dan prasarana yang akan diserahterimakan pada kami dari kementerian/lembaga lain," kata Bambang.

Lebih rinci, tambahan anggaran Rp2,17 triliun untuk deputi bidang sarana dan prasarana mencakup Rp587,4 miliar untuk program operasional dan perawatan.

Kemudian, untuk program pengembangan sarana prasarana dan manajemen transportasi Rp347,1 miliar, program pengembangan dan pembangunan sektor perumahan dan pemukiman Rp893,7 miliar, dan program perencanaan sektoral infrastruktur dasar Rp18,1 miliar.

Selanjutnya, untuk program perencanaan sektoral infrastruktur sosial Rp2 miliar, penyelenggaraan kurasi pembangunan persetujuan PBG dan AMDAL Rp7,3 miliar, dan program pengembangan serta pembangunan sarana prasarana gedung pemerintahan Rp28,4 miliar.

Lalu, untuk program penyusunan kebijakan bidang sarana dan prasarana Rp11,9 miliar, koordinasi, pemantauan dan evaluasi serta pelaporan bidang sarana prasarana Rp13,3 miliar, dan program penangan bencana kebakaran Rp265,5 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)

Setelah kelahiran kembali, saya menjadi seorang maniak yang melindungi suami

bunga maucash
Pemerintah masih memiliki utang sekitar Rp1 triliun kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk pembayaran pupuk subsidi.
Pemerintah masih memiliki utang sekitar Rp1 triliun kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) untuk pembayaran pupuk subsidi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yudi).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemerintah masih memiliki utang sekitar Rp1 triliun kepada PTPupuk Indonesia(Persero). Uang tersebut untuk pembayaran pupuk subsidiyang ditugaskan kepada perseroan.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi mengatakan tagihan kurang bayar pemerintah sekitar Rp17 triliun. Namun, baru dibayar Rp16 triliun pada akhir tahun lalu.

"Alhamdulillah pada 28 Desember 2023 sudah dibayar pemerintah sebesar Rp16,6 triliun. Artinya ini sudah hampir seluruh tagihan kurang bayar pupuk subsidi sudah dibayar. Masih ada sekitar hampir Rp1 triliun itu adalah sisa tagihan tahun 2020 dan 2022," ujarnya dalam Acara Buka Puasa Bersama PT Pupuk Indonesia di Hotel Alila SCBD, Senin (18/3).

"Bukan karena pemerintah tidak mau bayar tapi ada penjelasan atau dokumen tambahan yang diminta dan itu sedang kami proses. Kami tidak pernah khawatir terhadap kemampuan dan kemauan bayar pemerintah. Pemerintah pasti bayar. Kurang bayar subsidi tertunda lebih kepada karena masalah administratif," jelasnya.

Dengan demikian, meski pemerintah kurang bayar, PT Pupuk Indonesia tetap mendukung rencana pemerintah untuk menambah kuota subsidi pupuk sebanyak 9,5 juta ton di tahun ini.

"Buat kami yang paling penting Pupuk Indonesia memastikan Indonesia bisa punya ketahanan pangan yang baik," imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Rahmad mengungkapkan rencana perusahaan untuk membuka pabrik di Kawasan Industri Terpadu Fakfak, Papua Barat. Saat ini sedang dilakukan persiapan pelaksanaan infrastruktur dasar di kawasan tersebut.

"Pada hari ini yang sedang dilakukan adalah persiapan pelaksanaan infrastruktur karena di sana itu greeenfield,tidak ada apa-apa, tidak ada fasilitas apa-apa," ucap Rahmad.

Lanjutnya, setelah infrastruktur dasar terbangun dan ditargetkan selesai tahun ini, maka proses pembangunan pabrik bisa langsung dilaksanakan di 2025.

"Kita akan bangun dulu pelabuhannya, ratakan tanahnya, tahun depan kita akan bangun pabriknya," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

harapan yang tak ada habisnya

slot yang baru
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap sejumlah arogansi oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat mudik lebaran.
Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap sejumlah arogansi oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat mudik lebaran. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap sejumlah arogansi oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat mudik lebaran.

Direktur Pengawasan dan Pengendalian I BKN Respanti Yuwono mengatakan banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan aparatur sipil negara (ASN) ketika pulang kampung. Pelanggaran ini terkait dengan etika serta fungsi PNS sebagai pelayan publik.

Respanti mencontohkan beberapa pelanggaran PNS yang umum ditemukan saat mudik lebaran, antara lain memakai pelat khusus, meminta jalur prioritas, hingga menyerobot antrean penyeberangan kapal. Bahkan, ia mengaku pernah menemukan langsung kejadian serobot antrean kapal dan adu fisik saat mudik ke Lampung.

"Dan ternyata beberapa kejadian menimbulkan satu benturan apapun, terutama fisik. Dan ketika viral dilakukan salah satunya oleh ASN. Jangan sampai perilaku kita yang seperti itu menjadi citra buruk keseluruhan (ASN)," wanti-wanti Respanti.

Selain menyerobot antrean kapal hingga berujung adu fisik dengan pemudik lain, Respanti mengungkap ada beberapa arogansi lain yang umum ditemukan. BKN menyoroti pelanggaran ini umumnya terjadi di jalan raya.

"Banyak sekali arogansi-arogansi lain juga, terutama misal ketika lebaran pakai pelat khusus atau meminta jalur-jalur khusus," tuturnya.

"Ini kan menjadi satu perbincangan di mata masyarakat. Rata-rata mereka (masyarakat) menyampaikan 'Itu mobil dibayari oleh rakyat kok dipakai untuk menyupremasi di jalan raya'. Jangan sampai hal tersebut menjadi bumerang negatif terhadap kinerja pemerintah," imbuh Respanti.

Lihat Juga :
BKN: 2.505 PNS dari 25 Instansi Siap Pindah ke IKN

Selain mengungkapkan arogansi PNS saat mudik lebaran, Respanti berpesan jangan sampai para abdi negara itu memperpanjang libur terlalu lama. Pada akhirnya, pelayanan publik yang menjadi korban, bahkan terbengkalai.

Ia menilai banyak pemberitaan setelah mudik, di mana masyarakat mengeluh pelayanan publik yang diberikan para PNS di kementerian/lembaga (K/L) terhambat. Respanti menyebut banyak dari ASN tersebut mangkir kerja pasca-lebaran.

"Ada yang mangkir pasca-lebaran dan sebagainya. Jadi jangan sampai momen luar biasa terkait mudik ini menjadikan kita objek yang disinggung secara kurang baik di pemberitaan media massa. Sehingga kami BKN selalu berharap pada setiap tradisi mudik baik kepulangan maupun setelah kepulangan, kita tetap berpegang teguh pada aturan main terkait disiplin PNS," tegas Respanti.

"Pasca-mudik, pastikan juga karena ini banyak sekali banyak pemberitaan yang masif ketika awal masuk kerja kantor masih kosong, layanan belum berjalan. Itu tentu menyakiti masyarakat sebagai salah satu pembayar pajak di negeri ini," pesannya.

Jika memang ada keperluan tambahan di kampung halaman, Respanti menyarankan PNS memproses cuti kepada pimpinan. Ia mengatakan banyak pelanggaran terkait ketidakhadiran ASN usai lebaran karena tidak mengurus cuti.

Respanti paham cuti memang hak para PNS. Akan tetapi, ia mengingatkan dalam aturan disebutkan bahwa pimpinan K/L boleh menolak usulan cuti ASN jika ada target-target penyelenggaraan pemerintah dengan urgensi tinggi.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)