petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

janjislot

9horses slot 6Jutaan kata 979341Orang-orang telah membaca serialisasi

《janjislot》

KSP Sebut Harga Beras Akan Sulit Turun Meski Harga Gabah Melandai******

Kantor Staf Presiden (KSP) mewaspadai harga beras sulit turun karena biaya tenaga kerja yang naik.
Kantor Staf Presiden (KSP) mewaspadai harga beras sulit turun karena biaya tenaga kerja yang naik. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Staf Presiden (KSP) mewaspadai harga berassulit turun karena biaya tenaga kerjayang naik.

Deputi III Bidang Perekonomian KSP Edy Priyono mengatakan biaya tenaga kerja merupakan komponen biaya tertinggi dalam produksi beras. Karenanya, harga beras diprediksi sulit turun meski saat ini harga gabah sudah mulai turun ke Rp7.000-Rp7.400 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp8.300 per kg.

"Biasanya kalau biaya kerja naik, ini (harga) susah turun sehingga kita harus waspadai sejak sekarang apakah nanti harga beras bisa turun seperti sebelumnya atau tidak seperti sebelumnya," katanya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (25/3).



Edy mengatakan kenaikan harga beras juga terjadi karena adanya persaingan antara penggilingan kecil dengan besar. Perusahaan penggilingan besar seperti PT Wilmar, katanya, berani menawar dengan harga lebih tinggi, sehingga petani cenderung menjual ke mereka.

"Meskipun tetap ada yang menjual kepada penggilingan kecil," katanya.

Namun penggilingan kecil dan menengah terpaksa menaikkan harga beli agar bisa menyerap gabah dari petani. Kenaikan harga gabah ini yang kemudian memicu kenaikan harga beras.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy mengatakan harga gabah kering panen (GKP) memang sudah melandai seiring adanya panen raya pada Maret-April. Namun harga beras medium dan premium masih stabil tinggi.

"Dalam hal ini, kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah perlu bersinergi untuk melakukan penyerapan gabah petani dengan harga wajar agar harga (beras) ke depan cepat turun," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Kaitan Suami Sandra Dewi dan Crazy Rich PIK di Kasus Korupsi Timah******

Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan crazy rich PIK Helena Lim terseret korupsi timah karena mereka mengelola hasil tindak pidana kejahatan tersebut.
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis dan crazy rich PIK Helena Lim terseret korupsi timah karena mereka mengelola hasil tindak pidana kejahatan tersebut. (Dok. Kejagung).
Jakarta, CNN Indonesia--

Dua crazy richTanah Air; Harvey Moeis dan Helena Lim ikut terseret kasus dugaan korupsitata niaga timahPT Timah Tbk untuk periode 2015-2022. Keduanya pun sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung.

Melansir situs Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey merupakan presiden komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU), yang beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Sedangkan Helena adalah Manager PT Quantum Skyline Exchange. Tapi ia juga dikenal sebagai crazy richPantai Indah Kapuk (PIK).

Harvey Moeis mulai dikenal publik usai menikahi artis Sandra Dewi. Ia merupakan pengusaha batu bara.

Di pasar domestik, batu bara MHU banyak digunakan untuk pembangkit listrik, pabrik dan perusahaan manufaktur. Sebagian besar produksinya diekspor ke sejumlah negara seperti Korea Selatan, India, China, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Myanmar, Kamboja, Malaysia, dan Thailand.

Harvey menikah dengan Sandra Dewi pada November 2016 lalu di Jakarta setelah menjalin hubungan selama tiga tahun. Seminggu usai pemberkatan, keduanya melangsungkan resepsi pernikahan di Disneyland Tokyo, Jepang.

Helena Lim dikenal sebagai sosialita, penyanyi, dan juga pengusaha. Ia juga diketahui memiliki rumah mewah di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Dalam wawancaranya di akun YouTube Boy William, ia menceritakan rumah itu ia peroleh berkat kerja kerasnya melakukan berbagai pekerjaan mulai dari pegawai bank, sekretaris, hingga menjalankan berbagai usaha.

Sementara itu dalam akun YouTube The Hermansyah A6, Helena mengatakan rumahnya memiliki luas 1.000 meter persegi. Dalam video itu, Helena memperlihatkan rumahnya yang mewah dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang hingga salon.

Ia juga menceritakan awalnya ia bekerja sebagai marketing bank di Medan sejak 1996. Sejak itu ia bertemu banyak customer. Salah satu customer kemudian mengajaknya bekerja sama di Jakarta.

Dari situ, kekayaan Helena Lim perlahan meningkat. Tak hanya rumah mewah, ia juga mengklaim memiliki bisnis di antaranya minuman diet merek DRZLIM Official Fiber Sehat. Hal itu diketahui dari biografi akun Instagram Helena yang saat ini telah dikunci.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)

Negara yang mencibir Indonesia ternyata juga ingin naturalisasi******

Negara yang mencibir Indonesia ternyata juga ingin naturalisasi
Pesepak bola Cyrus Margono mencium bendera merah putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Atlet yang bermain di klub Divisi 2 Liga Super Yunani, Panathinaikos B sebagai penjaga gawang tersebut resmi menjadi WNI. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Indonesia tak mau asal menaturalisasi, tapi juga melakukannya secara terbatas di sejumlah kecil cabang olahraga ...
Jakarta (ANTARA) - Vietnam dan Thailand pernah mencibir langkah Indonesia ketika merekrut pemain naturalisasi untuk memperkuat skuad tim nasional sepak bolanya.

Tapi kini terungkap negara-negara itu ternyata juga menginginkan pemain naturalisasi, terlebih setelah melihat formula ini efektif mendongkrak kualitas Timnas Indonesia.

Vietnam dan Thailand kemudian mengaku terbentur aturan hukum nasionalnya yang tak bisa bebas mewujudkan program naturalisasi.

Ironisnya, sejumlah kalangan di Thailand, termasuk pemerhati olahraga di negeri itu, sudah mempertimbangkan hal yang kini dilakukan Indonesia itu saat mereka gagal melaju ke babak berikutnya selama kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kini, dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Thailand kemungkinan bernasib sama seperti 2 tahun sebelumnya, terlempar dari persaingan sampai hanya babak kedua kualifikasi Piala Dunia.

Itu karena mereka harus bersaing keras dengan China yang skuadnya juga diperkuat pemain naturalisasi, untuk menjadi pendamping Korea Selatan yang kemungkinan besar menjadi juara Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jika melihat berbagai laporan media Thailand 2 tahun lalu, negara itu sudah ingin merekrut pemain naturalisasi jauh sebelum kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi terbentur rezim kewarganegaraan yang rumit yang mereka anut.

Contoh kerumitan itu terjadi pada Azuki Iwatani beberapa tahun lalu. Karateka putri ini besar dan lahir di Thailand, tapi dia memiliki orang tua berkewarganegaraan Jepang.

Sekalipun pemangku kebijakan olahraga di Thailand sangat ingin mengubah status kewarganegaraan Iwatani menjadi warga Thailand, karateka putri ini ditolak menjadi warga negara Thailand.

Undang-undang di negara itu menerapkan syarat ketat dan proses yang panjang sebelum seseorang bisa dinaturalisasi sehingga banyak yang urung berganti menjadi warga negara Thailand.

Situasi sama sulit dan pelik dihadapi oleh para pemangku kepentingan dan pengelola olahraga di Vietnam, yang juga memiliki rezim kewarganegaraan yang rumit dan kaku.


Formula tingkatkan kualitas

Vietnam sulit melakukan apa yang tengah dan sudah dilakukan Indonesia, walau sebenarnya melihat program naturalisasi sebagai faktor yang bisa mendongkrak kualitas tim olahraga mereka.

Keinginan itu mungkin kian membuncah karena baik Vietnam maupun Thailand terlihat terintimidasi oleh fakta terus meningkatnya kualitas timnas sepak bola Indonesia.

Grafik itu bisa mereka lihat dengan mata telanjang dari bagaimana Indonesia melalui kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023 beberapa waktu lalu.

Yang membuat mereka makin terganggu adalah peringkat FIFA yang ditempati Indonesia, terus meningkat, yang tegak lurus dengan beberapa pencapaian positif timnas belakangan ini.

Thailand dan Vietnam juga tak bisa memungkiri fakta bahwa Garuda kini memiliki prospek lebih baik ketimbang mereka dalam meretas jalan ke putaran final Piala Dunia FIFA.

Bukan hanya Vietnam dan Thailand yang was-was, Malaysia juga begitu. Bahkan peringkat FIFA negara inilah yang kemungkinan disalip lebih dulu oleh Indonesia.

Sementara itu, beberapa negara Asia Tenggara berusaha realistis, dengan mempertimbangkan langkah yang sudah ditempuh Indonesia dalam melibatkan atlet naturalisasi. Salah satu yang tampaknya ingin mengadopsi program naturalisasi adalah Singapura.

Bahkan Singapura sudah mencetuskannya tahun lalu ketika pada Mei 2023, Presiden Federasi Sepak Bola Singapura, Bernard Tan, meminta negaranya mempertimbangkan atlet naturalisasi demi meningkatkan kualitas timnas mereka.

Seperti para penggemar sepak bola di Singapura, Bernard Tan mungkin sudah jenuh menanti hadirnya timnas yang berbicara banyak dalam ajang-ajang internasional.

Keinginan Bernard Tan dalam merekrut pemain naturalisasi mungkin kian menggebu-gebu saat ini ketika Singapura di ambang terlempar dari babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Singapura baru mengumpulkan satu poin setelah satu kali seri dan tiga kali kalah dari empat pertandingan.


Tak sporadis

Namun, negara-negara itu mungkin tak tahu bahwa proses naturalisasi atlet di Indonesia ditempuh melalui proses panjang yang bahkan sekarang dibarengi pula dengan syarat lain bahwa calon-calon pemain naturalisasi harus memiliki darah Indonesia.

Belanda adalah salah satu negara yang memiliki populasi keturunan Indonesia yang besar. Tak heran kebanyakan pemain naturalisasi Indonesia berasal dari negara itu yang memiliki iklim sepak bola yang bagus.

Bandingkan dengan yang dilakukan negara-negara seperti China yang pernah menaturalisasi banyak pemain Brazil, yang secara etnik dan sosio-kultural tak ada hubungannya dengan China.

Bahkan dalam cabang-cabang seperti bola basket, China berani menaturalisasi atlet-atlet bintang yang tak sedikit pun memiliki akar China, salah satunya forwardMinnesota Timberwolves, Kyle Anderson, dari liga basket profesional NBA di Amerika Serikat.

Mantan gelandang Arsenal dan Brentford, Nico Yennaris, yang lahir dan besar di Inggris serta sama sekali tak berdarah China, menjadi pesepak bola naturalisasi pertama yang dipanggil masuk Timnas China pada 2019.

Indonesia nyaris tak melakukan hal sejauh seperti dilakukan China, apalagi melakukan hal yang sudah ditempuh Kamboja pada SEA Games 2023.

Dalam SEA Games edisi tahun lalu itu, Kamboja menempuh langkah kontroversial dengan menurunkan atlet-atlet naturalisasi pada banyak cabang olahraga, mulai basket sampai atletik.

Asal atlet-atlet naturalisasi ini pun beragam, ada yang asli Korea Selatan, Hong Kong, Pakistan, India, China, tapi juga ada beberapa atlet berdarah campuran Kamboja-Amerika.

Naturalisasi yang dilakukan Indonesia tidak sporadis seperti dilakukan Kamboja itu.

Bukan hanya tak mau asal naturalisasi, tapi juga melakukannya secara terbatas di sejumlah kecil cabang olahraga, di antaranya sepak bola, yang itu pun merupakan program jangka pendek, seperti sudah ditandaskan Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali beberapa waktu lalu.

Pelatih Shin Tae-yong sendiri menerapkan kriteria dasar bahwa pesepak bola yang boleh dinaturalisasi untuk memperkuat timnas harus memiliki darah Indonesia atau memiliki leluhur orang Indonesia.

Dengan kata lain, naturalisasi yang ditempuh Indonesia tak hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas tim olahraga, tapi juga dengan mempertimbangkan identitas keindonesiaan.








 

Copyright © ANTARA 2024




bab terbaru:prada188 rtp

Perbarui waktu:2024-07-04

Daftar bab terbaru
aplikasi semacam kredivo
dara88
4d slot gacor
tmarket3
pinjaman online untuk pelajar tanpa ktp
ligabanteng
aplikasi yang bisa bayar pakai akulaku
gerhana slot
bunga paylater tokopedia
Daftar isi semua bab
Bab 1 jangkauan kredivo
Bab 2 btv4d
Bab 3 hokivegas
Bab 4 slot gacor deposit pulsa
Bab 5 slot gacor modal receh
Bab 6 oceanslot88
Bab 7 ip ntp server thailand
Bab 8 baharbet88
Bab 9 gampang gacor
Bab 10 itcbet
Bab 11 anekatoto3
Bab 12 pinjol bunga ringan
Bab 13 slotresmi
Bab 14 pass4d
Bab 15 web slot terpercaya
Bab 16 top gaming 88
Bab 17 cicil hp tanpa kartu kredit
Bab 18 wede777
Bab 19 situs slot pasti jp
Bab 20 pinjol murah
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4492bab
lainnyaBacaan TerkaitMore+

Naga Terkutuk

lazuri88
Menkeu Sri Mulyani menyeret 4 perusahaan ke Kejaksaan Agung buntut dugaan korupsi pembiayaan ekspor senilai Rp2,5 triliun.
Menkeu Sri Mulyani menyeret 4 perusahaan ke Kejaksaan Agung buntut dugaan korupsi pembiayaan ekspor senilai Rp2,5 triliun. .(CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mendapatkan laporan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani soal dugaan korupsipembiayaan ekspor.

Ia menyebut terdapat empat perusahaan yang dilaporkan karena diduga melakukan tindak pidana korupsi terkait pembiayaan ekspor senilai Rp2,5 triliun.

Burhanuddin menjelaskan dugaan korupsi itu berawal dari temuan kecurangan yang dilakukan sejumlah perusahaan selaku debitur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

"Jumlah keseluruhannya adalah sebesar Rp2,504 triliun. Teman-teman, itu yang tahap pertama. Nanti ada tahap keduanya," kata Burhanuddin dalam konferensi pers di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (18/3).

Diketahui, empat perusahaan debitur LPEI ini bergerak di bidang kelapa sawit, batu bara, nikel, serta perkapalan.

Namun, ia belum menjelaskan lebih jauh ihwal modus dugaan korupsi yang dilakukan keempat perusahaan tersebut.

Burhanuddin menjelaskan dugaan tindak pidana korupsi itu terjadi sejak 2019.

"Dugaan tindak pidana korupsi atau fraud dalam pemberian fasilitas kredit lembaga pembiayaan ekspor Indonesia LPEI yang mana sebenarnya tindakan ini sudah cukup lama," ujar dia dalam konferensi pers.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan kasus dugaan korupsi itu akan langsung ditindaklanjuti Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus).

Dia menuturkan status kasus tersebut akan segera ditentukan usai penyidik melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi.

"Nanti setelah serangkaian penyidikan yang dilakukan oleh teman-teman di Jampidsus akan kami tentukan statusnya," ucap Ketut.

[Gambas:Video CNN]



(fiq/del)

Menjadi zombie dan melakukan perjalanan melintasi langit

shopee bisa pinjam uang
Jangan sampai stok kebutuhan di rumah kosong ya, mumpung ada Transmart Full Day Sale mending belanja sekarang yuk, diskonnya sampai 20%.
Ilustrasi. Jangan sampai stok kebutuhan di rumah kosong ya, mumpung ada Transmart Full Day Sale mending belanja sekarang yuk, diskonnya sampai 20% (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebentar lagi Lebaran, stok kebutuhan harian di rumah sudah aman? Jangan sampai nunggu kosong ya, mumpung ada Transmart Full Day Sale mending belanja sekarang yuk, diskonnya sampai 20 persen.

Mulai dari sarden kaleng, susu, kopi, sirup, camilan, pempers, sampai sabun cuci semuanya berlaku diskon.

Lihat Juga :
Ramadan Makin Hemat, Belanja di Transmart Diskonnya sampai 50% + 20%

Sebelum belanja, cek di bawah ini ya daftar produk kebutuhan harian yang diskon di Transmart Full Day Sale seluruh Indonesia.

  • Marjan sirup cocopandan/melon 460ml harga normal Rp24.875, harga diskon jadi Rp19.900.
  • Nabati wafer 287 gr harga normal Rp38.900, harga diskon jadi Rp22.900.
  • Frisian flag kental manis/choco 545 gr harga normal Rp22.500, harga diskon Rp14.000.
  • ABC kacang hijau 250ml harga normal Rp5.400, harga diskon Rp3.616.
  • ABC sardine tomat/sambal/extra hot 155 gr harga normal Rp12.800, harga diskon Rp9.200.
  • Roma festive trats 775gr harga normal Rp92.600, harga diskon Rp49.600.
  • Kapal api special 160gr harga normal Rp17.200, harga diskon Rp12.000.
  • Super Pell green/yellow/red 770ml harga normal Rp16.500, harga diskon Rp11.520.
  • Attack liquid detergen 1200ml harga normal Rp42.500, harga diskon Rp30.800.
  • Diamond milk UHT full cream/chocolate 1LT harga normal mulai Rp23.000, harga diskon jadi Rp14.800.
  • Mamy Poko pants standart S38/M32/L28 harga normal Rp82.100, harga diskon Rp49.520.
  • GOO.N premium pants massara super jumbo M56/L46/XL42/XXL36 harga normal Rp229.600, harga diskon jadi Rp144.000.
  • Royal choice butter cookies 48gr harga normal Rp78.500, harga diskon jadi Rp59.200.

Semua pelanggan bisa bawa pulang produk kebutuhan harian dengan harga diskon. Caranya cukup menggunakan pembayaran melalui Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Bagi yang belum punya Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, atau Mega Syariah jangan khawatir. Aplikasi Allo Bank dapat diunduh dari hp kemudian upgradeakunnya ke Allo Prime.

Apabila pelanggan ingin membuka kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa langsung mengajukan pembukaan secara instan diboothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Mumpung masih ada waktu, yuk ajak keluarga sambil ngebuburit ke Transmart terdekat sekarang dan borong semua produknya.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Pembalasan Tentara Bayaran

gacor118
Nikmati diskon 50 persen dan tambahan diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (31/3) sampai pukul 22.00!
Ilustrasi. Nikmati diskon 50 persen dan tambahan diskon 20 persen di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (31/3) sampai pukul 22.00! (CNN Indonesia/ Khaira Ummah)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi, Minggu (31/3) di seluruh gerai di Indonesia. Kali ini Transmart kasih diskon gede-gedean yang sayang banget buat dilewatkan.

Ada diskon 50 persen untuk berbagai produk dan ekstra 20 persen dengan metode pembayaran menggunakan Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Lihat Juga :
Bayar Belanjaan Pakai Allo Bank di Transmart Auto Hemat 20%

Kalau belum punya Allo Bank, Kartu Kredit Bank Mega, atau Mega Syariah, tidak perlu khawatir. Tinggal unduh saja aplikasinya dari hp kemudian upgrade akun ke Allo Prime.

Selain itu, bisa juga mengajukan pembukaan Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah secara instan di boothyang tersedia di setiap gerai Transmart.

Pastikan bayarnya pakai Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah ya biar bisa nikmati berbagai kemudahan dan promonya. 

Jangan sampai lewatkan promo ini karena Transmart kasih diskon gede-gedean cuma berlangsung satu hari, dari jam toko buka sampai tutup pukul 22.00 waktu setempat.

Langsung aja ke gerai Transmart terdekat sekarang juga dan nikmati diskonnya!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

biksu perang terakhir

medytox slot demo
China gagal memenuhi pendanaan (utang) program OBOR untuk Asia Tenggara. Mereka hanya mampu menebar utang US,6 dari US,3 miliar yang disediakan.
China gagal memenuhi pendanaan (utang) program OBOR untuk Asia Tenggara. Mereka hanya mampu menebar utang US,6 dari US,3 miliar yang disediakan. (Istockphoto/honglouwawa).
Jakarta, CNN Indonesia--

China gagal memenuhi komitmen pendanaan (utang) program Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt Road Initiative/ BRI) untuk Asia Tenggara.

Beijing hanya menebar utang US,6 miliar atau Rp469,8 triliun (Kurs Rp15.873 per dolar AS) pada 2015 hingga 2021. Jumlah tersebut kurang dari US,7 miliar dari komitmen yang dijanjikan sebesar US,3 miliar.

Hal itu terjadi karena proyek skala besar di bawah program BRI tersendat karena berbagai alasan, mulai dari ketidakstabilan politik hingga transisi energi global.

Meskipun pencairan dana tersebut jauh di bawah US,3 miliar yang dijanjikan, China tetap menjadi mitra utama pembiayaan infrastruktur di Asia Tenggara. Dana yang dikucurkan China lebih besar dibanding Jepang sebesar US,4 miliar dan Asian Development Bank (ADB) sebesar US,4 miliar.

Secara keseluruhan, China terlibat dalam 24 dari 34 komitmen mega proyek di Asia Tenggara yang masing-masing menelan biaya sekitar US miliar. Sebanyak 14 proyek berada di bidang pembangkitan atau transmisi energi dan sisanya berkaitan dengan sektor transportasi.

Namun beberapa proyek dibatalkan, termasuk lima proyek pada 2022 yang senilai US miliar. Proyek itu seperti kereta api di Thailand dan Filipina, dan jaringan pipa gas di Malaysia.

Lihat Juga :
Kerugian Imbas Korupsi Timah Seret Suami Sandra Dewi Capai Rp271 T

Sydney Lowy Institute mengatakan proyek di Malaysia adalah contoh di mana pengaturan keuangan dengan China menjadi kontroversial secara politik, yang menyebabkan penangguhan atau negosiasi ulang setiap kali pergantian pemerintahan.

"Kereta Kecepatan Tinggi Thailand-China adalah contoh lain dari politik dalam negeri yang mendatangkan malapetaka pada ambisi infrastruktur China," bunyi laporan tersebut.

Namun ada juga sejumlah mega proyek BRI yang telah selesai. Misalnya pipa minyak senilai US miliar di Myanmar yang mulai beroperasi pada 2017. Kemudian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

Laporan tersebut mencatat bahwa China belajar dari pengalaman, dan beralih ke program yang lebih kecil dan meningkatkan fokusnya pada manajemen risiko, persiapan proyek, uji tuntas keuangan, serta standar lingkungan dan sosial yang lebih tinggi.

Partai Komunis Tiongkok, sambung laporan tersebut, tampak berniat untuk mempertahankan BRI yang tahan lama dan responsif terhadap perubahan keadaan dan tuntutan negara-negara mitranya.

"Suntikan pendanaan baru dan komitmen terhadap reformasi kebijakan merupakan indikasi bahwa BRI akan tetap bertahan," kata mereka.

Program BRI China diciptakan oleh Presiden China Xi Jinping pada 2013 untuk berinvestasi di lebih dari 130 negara dan organisasi internasional.

Sejak dijalankan, inisiatif ini telah menghasilkan miliaran dolar yang dituangkan ke dalam proyek infrastruktur. Namun, kritikus melihat BRI sebagai cara China untuk menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia melalui jeratan utang.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Zaman Hebat Senjata Ajaib

pinjaman online yang bisa cair ke dana
Waspadai gejala Flu Singapura menular pada anak
Ilustrasi - Anak terkena influenza. ANTARA/Shutterstock.
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof. Dr. dr. Edi Hartoyo Sp.A(K) mengatakan orang tua perlu mewaspadai penyakit Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau dikenal dengan Flu Singapura yang mudah menular pada anak usia di bawah lima tahun.


Edi, dalam diskusi daring yang diikuti, Selasa, mengatakan virus Flu Singapura yang disebabkan adanya Coxsackie Virus A16 (cox 16) dan enterovirus 71 (EV 71), termasuk dalam kelompok virus RNA yang menyebabkan lesi pada telapak tangan, telapak kaki dan mulut.


“Definisi Flu Singapura adalah kumpulan gejala adanya lesi kulit memerah terutama di telapak tangan, kaki dan mulut, yang disebabkan virus dan banyak menyerang bayi dan balita usia kurang dari lima tahun, dewasa bisa kena tapi sangat jarang, yang jadi faktor risiko anak kurang 5 tahun,” kata Edi.


Baca juga: Pakar sebut HFMD bukan penyakit berat, tapi cukup menular

Baca juga: Menkes sebut paparan flu singapura ditentukan daya tahan tubuh

Edi mengatakan penularan HFMD hampir sama dengan COVID-19 yakni adanya kontak dengan penderita atau droplet. Penularan bisa terjadi secara langsung misalnya karena batuk, bersin, terkena air liur secara oral dan dari kotoran atau feses.

Sementara penularan kontak tidak langsung juga bisa terjadi karena penggunaan handuk dari anak yang terkena Flu Singapura, menyentuh mainan atau peralatan dari anak yang terinfeksi. Sehingga bisa dikatakan HFMD sangat mudah menular baik secara kontak langsung maupun tidak langsung terutama pada anak.

Penularan terjadi saat virus masuk ke saluran pernapasan dan diteruskan ke faring atau tenggorokan, masuk ke usus dan memperbanyak diri, menyebar ke kelenjar limfe dalam waktu 24 jam, dan akhirnya muncul gejala lentingan pada kulit di sekitar mulut dan telapak tangan dan kaki.

“Gejalanya lesi di telapak tangan, kaki, mulut 100 persen, demam 72 persen, nyeri, sulit makan karena seperti sariawan, pilek, nyeri menelan, tapi tidak semua harus di kaki, tangan mulut, bisa seluruh badan 39 persen, dibuktikan dengan hasil PCR dari lokasi ditemukan lesi,” jelas Edi.

Untuk memastikan virus Flu Singapura bisa diperiksa dengan melihat sampel melalui laboratorium dengan menggunakan sampel tinja, usap rektal, atau usap ulkus di mulut atau tenggorokan dengan metode PCR.

Edi juga mengingatkan untuk memperhatikan gejala yang menunjukkan infeksi berat yang harus dilakukan perawatan di rumah sakit seperti demam lebih dari 39 derajat, nafas cepat seperti sesak, terjadi kejang terutama anak di bawah 6 tahun yang memiliki riwayat kejang keluarga.

Flu Singapura juga bisa menyebabkan komplikasi berat yang berbahaya seperti meningitis dan ensefalitis pada anak yang bisa menyebab nyeri, tidak sadar, kejang dan kelumpuhan, sehingga diperlukan pemeriksaan cairan di otak.

“Komplikasi yang diwaspadai yang bahaya kalau menyerang otak yang menyebabkan meningitis dan ensefalitis, walaupun kasusnya sangat jarang tapi beberapa jurnal dan negara tetangga ada kasusnya kesana,” jelasnya.

Untuk mencegah penularan yang cepat, Edi menyarankan untuk mengisolasi anak jika terdiagnosa Flu Singapura atau HFMD, izin dari sekolah selama kurang lebih 5-7 hari, dan penuhi asupan gizi serta cairan untuk menjaga daya tahan tubuh.

Berikan pengobatan simtomatik jika anak demam dan istirahat yang cukup, rata-rata Flu Singapura bisa sembuh dengan sendirinya pada 2-3 hari, dengan lesi yang akan hilang sekitar 7 hari.

Sampai saat ini, kata Edi, vaksinasi untuk HFMD belum ada di Indonesia, sehingga pencegahannya sama seperti saat pandemi yakni menjaga kebersihan, sering mencuci tangan terutama jika kontak dengan penderita, sanitasi peralatan makan atau mainan anak yang terkena Flu Singapura dan penuhi asupan gizi anak.

Baca juga: Jangan sembarang gunakan antibiotik saat alami flu singapura

Baca juga: Flu singapura bukan flu setelah pergi ke Singapura

Baca juga: IDAI Kepri imbau warga waspadai flu Singapura serang balita

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024

bintang parkour

promo gocar januari 2022
Kepala OIKN Bambang Susantono menanggapi Menko Luhut Binsar Panjaitan yang protes ukuran rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Kepala OIKN Bambang Susantono menanggapi Menko Luhut Binsar Panjaitan yang protes ukuran rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN). (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menanggapi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang protes terhadap ukuran rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Bambang, rumah menteri di IKN sudah dibangun sesuai standar-standar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ditjen cipta karya itu memiliki standar-standar yang memang mereka lakukan dengan standar-standar yang sudah berlangsung selama ini," ucap Bambang di Kompleks DPR RI, Senin (18/3).

"Jadi menurut saya sih relatif. Saya kira PUPR membangun sesuai standar," kata dia.

Belakangan Luhut protes terhadap ukuran rumah menteri di IKN. Hala itu diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Basuki sendiri menyampaikan hal itu merespons kabar rumah menteri di IKN mewah.

"Lebih Kecil dari ukuran di Widya Chandra. Bahkan Pak Luhut bilang, 'Loh, ini kok kecil?'," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3).

Basuki mengatakan rumah dinas menteri di Jakarta jauh lebih besar. Hal itu disebabkan pembangunan rumah menteri di IKN mengikuti konsep "compact city"di ibu kota baru.

Dia mengaku sudah mengecek langsung rumah menteri di IKN. Basuki pun sudah bersiap untuk pindah ke rumah tersebut.

"Enggak (mewah). (Fasilitasnya) ya biasa, kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang rapat," ujar Basuki.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr)