petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

tafsir mimpi 4d bergambar 2021

erek erek jatuh dari motor 502Jutaan kata 950062Orang-orang telah membaca serialisasi

《tafsir mimpi 4d bergambar 2021》

DPR Akan Panggil Bos Lippo dan Pengembang Meikarta 13 Februari Besok******

DPR memanggil PT MSU selaku pengembang Meikarta, sekaligus memanggil bos Lippo Group James Riady pada 13 Februari mendatang.
DPR memanggil PT MSU selaku pengembang Meikarta, sekaligus memanggil bos Lippo Group James Riady pada 13 Februari mendatang. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

DPR bakal mengirimkan panggilan kedua kepada PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pengembangMeikarta, sekaligus memanggil bosLippo Group James Riady untuk hadir ke DPR pada 13 Februari mendatang.

Komisi VI DPR RI meradang usai PT MSU mangkir tanpa keterangan dalam panggilan perdana rapat dengar pendapat umum (RDPU) Rabu ini (25/1). Anak usaha Lippo itu bahkan tidak memberikan keterangan berhalangan hadir.

"Komisi VI akan mengundang kembali Meikarta. Di dalam undangan ini tidak hanya Meikarta yang akan diundang, tapi juga Lippo Group sebagai pemilik Meikarta. Karena agenda (Komisi VI) padat, kemungkinan 13 Februari," kata Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Kompleks DPR RI, Rabu (25/1).

Andre meradang saat RDPU di Komisi VI tersebut dimulai tanpa kehadiran pihak Meikarta. Menurutnya, mangkirnya pihak Meikarta menunjukkan perusahaan tersebut merasa bisa membeli dan menundukkan semua orang yang ada di Indonesia.

Bahkan, Andre mengusulkan dibentuk panitia khusus (pansus) Meikarta jika PT MSU dan Lippo Group tidak kooperatif.

Ia menegaskan tidak ada satu pun kelompok yang bisa mengatur negara. Sikap yang ditunjukkan PT MSU dianggap Andre sebagai bentuk kezaliman luar biasa.

"Pihak Lippo harus kita undang, tidak Meikarta lagi, tapi langsung pemilik perusahaannya. Keluarga (James) Riady harus kita undang. Meikarta ini kan pegawai. Kita undang saja langsung konglomeratnya karena diduga yang ambil keputusan ya keluarga besar itu," kata Andre dalam rapat.

Lihat Juga :
Alasan Proyek Meikarta Tersendat: Kasus Korupsi hingga Digugat Pailit

Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi menekankan mangkirnya manajemen Meikarta tanpa keterangan adalah preseden buruk bagi DPR. Ia menegaskan seharusnya jika tidak bisa hadir maka pihak Meikarta harus memberikan informasi.

"Kalau ini kan tidak sama sekali. Berarti dia itu sudah melecehkan parlemen. Ini perlu penyikapan serius dari teman-teman Komisi VI. Kami kan memanggil mereka untuk membela kepentingan konsumen yang sudah mengadu ke Komisi VI," tegas Baidowi.

Daeng Muhammad dari Fraksi PAN menegaskan setuju dengan pernyataan Andre Rosiade dan Achmad Baidowi. Menurutnya, stakeholderatau siapapun yang diundang demi kepentingan masyarakat Indonesia, minimal seharusnya memberikan keterangan jika berhalangan hadir.

Lihat Juga :
ANALISISKisruh Meikarta vs Konsumen, Pemerintah Bisa Apa?

Daeng menegaskan sikap PT MSU yang mengabaikan undangan DPR sama saja melecehkan dan tidak menganggap eksistensi parlemen.

Sementara itu, Mohamad Hekal yang memimpin sidang memutuskan tiga kesimpulan RDPU yang tidak dihadiri pengembang Meikarta tersebut. Pertama, Presiden Direktur PT MSU (Developer Meikarta) tidak hadir dan tidak memberikan keterangan.

Kedua, Komisi VI mengusulkan untuk dilakukannya rapat gabungan bersama Komisi III dan Komisi XI DPR RI. Ketiga, Komisi VI DPR akan mengirim undangan kedua kepada Presiden Direktur PT MSU dan mengundang Lippo Group.

PT MSU merupakan anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) yang dimiliki oleh Mochtar Riady. Sosok ini adalah Presiden Komisaris dari Lippo Group.

Dilansir dari berbagai sumber, Mochtar Riady yang juga dikenal sebagai Lie Mon Tie memiliki putra pertama yang bernama James Riady. Nama James yang disebut-sebut DPR memang ikut menjalankan bisnis Lippo.

Kisruh Apartemen Meikarta tak kunjung usai. Masalah justru memasuki babak baru ketika PT MSU selaku pengembang Meikarta menggugat 18 konsumen Rp56 miliar usai meminta refund imbas unit apartemen yang tak kunjung diserahterimakan.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Profil Henry Surya, Bos Indosurya yang Divonis Bebas oleh Hakim******

Henry Surya merupakan pemilik sekaligus pendiri KSP Indosurya. Ia divonis bebas dari kasus penipuan dan penggelapan dana KSP Indosurya.
Henry Surya merupakan pemilik sekaligus pendiri KSP Indosurya. Ia divonis bebas dari kasus penipuan dan penggelapan dana KSP Indosurya. (Silvia Ng/detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Terdakwa Henry Surya divonis bebas oleh hakim dalam kasus dugaan penipuandan penggelapan dana Koperasi Simpan Pinjam(KSP)Indosurya.

Hakim menilai terdakwa melakukan perbuatan perdata dalam kasus ini, bukan pidana.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Henry Surya tersebut di atas terbukti melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi bukan merupakan tindak pidana melainkan perkara perdata," ucap Hakim Ketua Syafrudin Ainor di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (24/1).

Saat itu ia mendirikan koperasi simpan pinjam tersebut bersama dengan 23 orang lainnya.

Sebelum dibebaskan, Henry sebelumnya sempat dituntut hukuman 20 tahun penjara atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana KSP Indosurya.

Lihat Juga :
Profil Jhon LBF yang Viral Dituding Asal PHK Karyawan

Jaksa juga menuntut agar Henry Surya selaku ketua KSP Indosurya diberi hukuman membayar denda Rp200 miliar. Jika tidak bisa membayar diganti dengan hukuman penjara satu tahun.

Jaksa menyatakan Henry melanggar Pasal 46 ayat (1) UU Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan atas UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan Jo Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

Hal yang memberatkan dalam pandangan jaksa yakni Henry Surya menimbulkan kerugian ekonomi terhadap para korban sebesar Rp16 triliun.

Dalam kasus ini, Henry juga diduga menghimpun dana dalam bentuk simpanan berjangka dan memberikan bunga 8-11 persen. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa ada izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setelah beberapa kali pemeriksaan, akhirnya membebaskan Henry Surya dari segala tuntutan hukum yang didakwakan kepadanya. Hakim lalu memerintahkan Henry agar segera dikeluarkan dari rumah tahanan (rutan) setelah putusan dibacakan.

"Membebaskan terdakwa Henry Surya oleh karena itu dari segala tuntutan hukum yang sebelumnya didakwakan dalam dakwaan alternatif kesatu pertama dan kedua pertama," ujar hakim.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Minyakita Akan Setop Produksi, Harga Tembus Rp16 Ribu per Liter******

Harga minyak goreng kemasan sederhana besutan pemerintah, Minyakita, melambung tinggi di atas HET yang ditetapkan Rp14 ribu per liter.
Harga minyak goreng kemasan sederhana besutan pemerintah, Minyakita, melambung tinggi di atas HET yang ditetapkan Rp14 ribu per liter. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga minyak goreng kemasan sederhana besutan pemerintah, Minyakita, melambung tinggi di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Rp14 ribu per liter.

Mengutip detikcom, Jumat (27/1), di beberapa pasar tradisional wilayah Tangerang Selatan, harga Minyakita bahkan tembus Rp16 ribu per liter.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan lonjakan harga tersebut dipicu karena stok Minyakita sudah tidak ada.

"Artinya Minyakita sudah tidak bisa diandalkan. Iya penghabisan sampai Maret. Artinya tidak ada produksi lagi," ucapnya.

Ia menambahkan lonjakan harga Minyakita di atas Rp15 ribu per liter sudah terjadi sejak sebulan lalu.

Tidak hanya di Pulau Jawa, bahkan di luar Pulau Jawa kini juga kesulitan mendapatkan Minyakita. Menurutnya, harga Minyakita bisa melambung lebih tinggi lagi dari sekarang lantaran barangnya yang tidak ada.

Lihat Juga :
Modal Asing Mengalir ke RI Capai Rp4,42 T Pekan Ini

Selain itu, Abdullah juga mengaku tengah mengecek di RNI soal setok Minyakita. Ia mengatakan baik RNI maupun beberapa perusahaan tidak memiliki barang tersebut.  Ia mengaku banyak pihak-pihak yang memprotes langkanya pasokan Minyakita di pasar-pasar. 

"Karena memang agen atau distributor yang biasa mereka pakai memang sudah nggak sanggup lagi untuk mendistribusi sehingga mereka mendorong kami untuk melobi beberapa perusahaan, termasuk lobi Kemendag untuk mendapatkan Minyakita," ungkapnya.

Ia pun turut mempertanyakan sistem pengawasan yang dilakukan pemerintah dalam mencegah kelangkaan Minyakita yang terjadi di pasaran.

Menurutnya, pemerintah belum mampu mengontrol jumlah produksi Minyakita di dalam negeri dan hal itu terlihat dari pasang-surutnya komoditas tersebut di pasaran.

Lihat Juga :
Viral Penumpang Menumpuk di Manggarai, Kemenhub Minta Maaf

"Kan yang mencetuskan Minyakita ini Menteri Perdagangan, kenapa Menteri Perdagangan tidak mampu mengontrol ini barangnya harganya tinggi, barangnya nggak ada? Bagaimana sistem kontrol yang dilakukan Kementerian Perdagangan terhadap distributor minyak?" katanya. 

"Nah, yang kayak gini kan menyulitkan kami, pedagang. Pedagang sulit, masyarakat sulit," imbuhnya. 

Mansuri mengungkapkan, apabila kondisi seperti ini terus berlangsung, maka salah satu solusinya adalah kembali menggunakan minyak curah.

"Karena nggak ada pilihan. Kalau Minyakita nggak ada sedangkan konsumen nguber kita terus kan pilihannya nggak ada lagi kecuali minyak curah," tutupnya.

[Gambas:Video CNN]



(dzu/dzu)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:slotbanget

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
buku mimpi 13
Main303
web hoki slot
rajabola99
kobraqq
rtp bmw4d
cara dapat uang dari shareit
erek2 93
bonusqq
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot177
Bab 2 maha168 slot
Bab 3 apk cicilan barang
Bab 4 daftar akun slot via dana
Bab 5 syarat pinjaman online kredivo
Bab 6 vipwin88
Bab 7 pola mahjong ways
Bab 8 jam gacor kakek zeus hari ini
Bab 9 link gacor slot 2023
Bab 10 situs slot terbaik gampang menang
Bab 11 jpasiatoto
Bab 12 asiahoki77 slot
Bab 13 situs slot terpercaya 2023
Bab 14 aplikasi paylater pulsa
Bab 15 tante4d slot
Bab 16 agen asia slot 88
Bab 17 totojitu
Bab 18 olympus server thailand
Bab 19 cara bayar tagihan kredivo
Bab 20 slot liga
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4048bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Kelahiran kembali! Dewa yang jatuh

prediksi togel lombok
Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyebutkan kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor.
Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyebutkan kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS).
Jakarta, CNN Indonesia--

Gabungan Pengusaha Kelapa SawitIndonesia (GAPKI) mencatat kinerja industri sawit stagnan dalam empat tahun terakhir. Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono menyebutkan kondisi stagnan industri sawit terlihat dari penurunan produksi dan nilai ekspor.

Pada 2022 tercatat produksi CPO atau minyak kelapa sawit hanya 46,28 juta ton dan lebih rendah dari 2021 yang mencapai 46,88 juta ton.

"Ini sudah tahun keempat Indonesia tidak tumbuh atau stagnan, padahal kebutuhan domestik terus meningkat," kata Joko dalam konferensi pers di Jakarta dilansir dari Antara, Rabu (25/1).

Meskipun, nilai ekspor 2022 mencapai US,28 miliar setara Rp608 triliun (asumsi kurs Rp15.500) untuk CPO, olahan dan turunannya. Capaian lebih tinggi dari tahun 2021 yang hanya US,3 miliar.

"Ini terjadi karena memang harga produk sawit tahun 2022 relatif lebih tinggi dari tahun 2021," paparnya.

Joko mengungkapkan penurunan produksi dan ekspor sawit disebabkan sejumlah kejadian tak biasa. Seperti cuaca ekstrem basah yang mengganggu aktivitas serangga penyerbuk, pupuk yang mahal dan sulit diperoleh, hingga pelarangan ekspor yang menyebabkan buah tidak dapat dipanen hingga beberapa bulan berikutnya akibat stok masih tinggi.

Lihat Juga :
OJK Akan Panggil Pihak Terlibat Kasus Tukang Becak Bobol Rekening BCA

"Tahun ini memang paling tidak normal, mudah-mudahan ini bisa kita manage sehingga dinamika yang terlalu bergejolak seperti itu tidak terjadi lagi di tahun ini, khususnya ekspor dan produksi," jelas Joko.

Kendati demikian, ia menegaskan konsumsi dalam negeri tumbuh menjadi 20,97 juta ton dibanding 2021 hanya 18,42 juta ton.

Konsumsi tersebut didominasi industri pangan 9,94 juta ton dari yang sebelumnya 8,95 juta ton, lalu industri oleokimia naik dari 2,13 juta ton menjadi 2,19 juta ton. Ditambah dengan konsumsi biodiesel yang mencapai 8,84 juta ton pada 2022 dari yang sebelumnya 7,34 juta ton.

Gapki memperkirakan sejumlah kondisi yang memengaruhi kinerja industri sawit tahun lalu masih akan berdampak pada tahun ini.

"Produksi diperkirakan masih belum akan meningkat, sementara konsumsi dalam negeri diperkirakan akan meningkat akibat penerapan kewajiban biodiesel B35 mulai 1 Februari 20223," tegas Joko.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Pendekar Binatang

gacor situs slot
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Jumat (27/1).
Indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Jumat (27/1). Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melemah pada perdagangan Jumat (27/1).

Analis Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova memperkirakan IHSG masih akan tergelincir ke level support6.773.

"IHSG masih berpeluang menuju 6.773 selama tetap berada di bawah resisten fraktal 6.908," kata Ivan.

Menurutnya, pergerakan IHSG masih dalam momentum bullish.Bullishmerupakan kondisi ketika harga saham cenderung mengalami penguatan secara berkelanjutan pada satu periode tertentu.

Ivan memperkirakan hari ini IHSG bakal bergerak dalam rentangsupport6.773 danresistance6.908. Saham pilihannya adalah INDF, ITMG, MDKA.

Sementara, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menilai IHSG berpotensi bergerak datar (sideways) selama beberapa waktu ke depan.

Lihat Juga :
Dubes Ajak WNI: Tukang Cat-Las Digaji Rp35 Juta Sebulan di Korsel

"Jika IHSG belum mampu ditutup di atas resisten level terdekatnya, maka dalam beberapa waktu mendatang IHSG akan cenderung bergerak sideways," ujar William dikutip dari rilis hariannya.

Menurutnya, akhir pekan ini pergerakan IHSG terlihat sedang berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajarnya. Kondisi itu terjadi jelang rilis kinerja 2022 beberapa emiten yang akan turut membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

"Namun sentimen dari masih tercatatnya capital outflowsecara year-to-datetetap perlu diwaspadai," tegasnya.

William memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.714 danresistance6.921.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, TLKM, GGRM, SMGR, AALI, BBNI, dan AKRA.

IHSG ditutup di level 6.864 pada Kamis (26/1). Indeks saham menguat 34,88 poin atau plus 0,51 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp10.703 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20.515 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 299 saham menguat, 228 terkoreksi, dan 187 lainnya stagnan.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)

dunia yang berbakat

lucky777
Harga daging babi di China terus turun. Bahkan, saat perayaan imlek yang menyediakan babi sebagai makanan utama, harganya tetap merosot.
Harga daging babi di China terus turun. Bahkan, saat perayaan imlek yang menyediakan babi sebagai makanan utama, harganya tetap merosot. Ilustrasi. (iStockphoto/chayakorn lotongkum).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga daging babi di Chinaterus turun. Bahkan, saat perayaan imlek yang menyediakan babi sebagai makanan utama, harganya tetap merosot.

Padahal, pemerintah China sudah melonggarkan kebijakan zero covid-19 sejak akhir tahun lalu.

Menurut data Kementerian Peternakan China yang dikutip dari time.com, Kamis (26/1), harga protein pokok China tersebut turun hampir 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga dengan permintaan akan produk ini justru anjlok jelang perayaan imlek.

"Konsumsi mungkin mencapai titik terendah, tetapi harga bisa jatuh lebih jauh," kata Pan Chenjun, Analis Senior Rabobank.

Mengutip CNBC Indonesia, pada akhir pekan lalu, harga daging babi turun ke US,83 per Lbs. Kisaran harga tersebut adalah yang terendah dalam tiga bulan terakhir.

Merujuk pada data inflasi China, harga babi turun 8,7 persen pada Desember 2022 dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan ini lebih tajam dibandingkan pada November 2022 yang terkoreksi 0,7 persen.

Dilansir dari Yicai Global, rata-rata harga babi jatuh ke kisaran US,27 per kg pada Desember 2022. Harga tersebut jatuh hampir 50 persen dibandingkan pada Oktober 2022.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Perpustakaan Sains dan Teknologi Super

slot online gratis
Angka belanja iklan di Twitter anjlok hingga 70 persen. Para pengiklan memangkas iklan mereka setelah Twitter diakuisisi Elon Musk.
Angka belanja iklan di Twitter anjlok hingga 70 persen. Para pengiklan memangkas iklan mereka setelah Twitter diakuisisi Elon Musk. (REUTERS/DADO RUVIC).
Jakarta, CNN Indonesia--

Angka belanja pengiklan di platfom Twitter tercatat menurun drastis hingga 71 persen pada Desember 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy). Pemicunya, para pengiklan top memangkas iklanmereka setelah Twitter diakuisisi olehElon Musk.

Standard Media Index datang (SMI) mencatat belanja iklan di Twitter pada November 2022 turun 55 persen dari tahun lalu. Padahal, bulan-bulan tersebut biasanya menjadi waktu belanja iklan yang lebih tinggi karena merek atau brand harus mempromosikan produk mereka selama musim liburan.

Sementara itu, menurut proyeksi Pathmatics, ada sekitar 14 dari 30 pengiklan teratas di Twitter yang menghentikan semua iklan di platform media sosial tersebut, tepat setelah Musk mengambil alih Twitter pada 27 Oktober 2022.

Namun, Bos Tesla itu juga menyalahkan kelompok aktivis yang dianggap menekan pengiklan di Twitter untuk mencabut iklan setelah ia memimpin Twitter.

Berdasarkan laporan Reuters, penjualan iklan di Twitter amat signifikan. Iklan menyumbang sekitar 90 persen dari pendapatan media sosial tersebut. Imbas penurunan pemasukan dari sektor iklan membuat pendapatan kuartal keempat 2022 Twitter turun sekitar 35 persen.

Padahal, Musk dan Twitter telah memperkenalkan banyak inisiatif untuk menarik kembali hati pengiklan. Mereka menawarkan beberapa iklan gratis, mencabut larangan iklan politik, dan memungkinkan perusahaan pengiklan memiliki kontrol yang lebih besar atas posisi iklan mereka.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Suami berperut hitam, tolong lepaskan

mudah menang slot
Proyek Meikarta yang diluncurkan 2017 terhambat karena tersandung kasus korupsi hingga gugatan pailit. Konsumen dirugikan.
Proyek Meikarta yang diluncurkan 2017 kini tersendat karena tersandung kasus korupsi hingga gugatan pailit. (CNN Indonesia/Mohammad Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pengerjaan proyek ApartemenMeikartadi Bekasi, Jawa Barat, tersendat-sendat. PT Mahkota Sentosa Utama(MSU) selaku pengembang mengatakan penyerahan unit apartemen akan dilakukan secara bertahap hingga 2027.

Ketua Perkumpulan Komunitas Peduli Konsumen Meikarta (PKPKM) Aep Mulyana mengungkapkan baru 1.700 unit di tower 11 dan 12 yang sudah diserahterimakan per September 2022.

Selang sebulan, Desember 2022 total terdapat 1.800 unit yang sudah diberikan kepada konsumen. Jumlah ini hanya bertambah 300 unit jika dibandingkan pada data Desember 2021 yaitu 1.500 unit. Sementara, jumlah unit yang terjual sebesar 130 ribu.

Mengutip berbagai sumber, Meikarta merupakan proyek kota terencana yang dibangun oleh PT Lippo Karawaci Tbk di Cikarang di Kabupaten Bekasi. Proyek Meikarta resmi diluncurkan pada 2017.

Lihat Juga :
Konsumen Meikarta Digugat Anak Usaha Lippo Rp56 M

Kala itu, nilai investasi proyek mencapai Rp278 triliun. Salah satu yang diingat publik adalah serbuan iklan di televisi pada 2017 sambil mengusung konsep kota masa depan serta jargon 'aku ingin pindah ke Meikarta'.

Meikarta digadang-gadang akan memiliki 100 gedung pencakar langit dengan 35-46 lantai. Lippo Group memperkenalkan proyek di lahan 500 hektare itu sebagai proyek dan portofolio terbesar selama kiprahnya di industri properti.

Sejumlah tokoh politik pun ramai-ramai mendukung proyek ini, mulai Zulkifli Hasan yang dulunya menjabat ketua MPR, hingga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Namun, proyek ini mengalami masalah dengan Pemprov Jawa Barat (Jabar) pada 2017. Wakil Gubernur Jabar saat itu, Deddy Mizwar, sempat meminta Lippo Group menyetop sementara proyek. Pasalnya, Pemprov Jabar hanya memberikan rekomendasi izin 84,6 hektare dan sisanya belum berizin.

Lihat Juga :
Pengembang Meikarta Kekeh Serahkan Unit Bertahap hingga 2027

Sementara itu PT MSU yang merupakan anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk, juga digugat pailit oleh dua vendornya, yakni PT Relys Trans Logistic dan PT Imperia Cipta Kreasi.

Tak hanya itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bekasi terkait proyek Meikarta pada 2018.

Yang ditangkap antara lain Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Najor.

Lalu, Dewi Tisnawati (Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi), dan Neneng Rahmi (Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi).

Selepas kasus-kasus itu, proyek tak berkembang signifikan dan dikeluhkan pembeli. Alih-alih jadi kota masa depan, tower-tower apartemen pun tampak bak kota mati yang ditumbuhi semak belukar.

Hingga kini, manajemen PT MSU bersikukuh akan menyerahkan unit apartemen bertahap hingga 2027. Hal ini disampaikan usai PT MSU menggugat konsumen Meikarta Rp56 miliar.

MSU menyebut akan menghormati dan menaati putusan No. 328/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga Jakarta Pusat pada 18 Desember 2020 atau Putusan Homologasi. Di dalam putusan tersebut diberikan kepastian serah terima unit apartemen Meikarta bertahap mulai dari 2022 sampai dengan 2027.

"Kami akan usahakan secepatnya dan membangun momentum pembangunan di 2023," kata Manajemen PT MSU dalam keterangan resmi, Selasa (24/1).

[Gambas:Video CNN]

(cfd/pta)

[Gambas:Video CNN]

Legenda di zaman modern

heylink maxwin
Asosiasi pedagang kecil dan asongan mengaku akan menyurati Presiden Joko Widodo terkait larangan menjual rokok batangan atau ketengan.
Asosiasi pedagang kecil dan asongan mengaku akan menyurati Presiden Joko Widodo terkait larangan menjual rokok batangan atau ketengan. (CNN Indonesia/Cintya Faliana).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi pedagang kecil dan asongan mengaku akan menyurati PresidenJoko Widodo terkait larangan menjual rokok batanganatau ketengan.

Larangan itu termuat dalam Keputusan Presiden Nomor 25/2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah RI 2023.

Jokowi mengaku kebijakan ini dikeluarkan untuk menekan prevalensi merokok pada anak-anak.

Ia menyebutkan banyak pedagang kecil yang bergantung pada keuntungan menjual rokok batangan ini.

"Kami bersepakat akan menyampaikan surat resmi kepada Presiden Joko Widodo untuk mengambil keputusan secara arif dan bijaksana membatalkan rencana pemerintah melarang berjualan rokok batangan atau eceran. Kami tidak ingin jutaan rakyat kehilangan mata pencarian dan kehidupan yang layak," kata Ali di Jakarta Pusat, Rabu (25/1).

Menurutnya, yang diperlukan untuk menekan angka perokok anak adalah gerakan nyata seluruh elemen masyarakat, bukan merevisi peraturan. Selain itu, ia meyakini ada jalan tengah yang bisa diambil pemerintah selain menegakkan peraturan ini.

Lihat Juga :
DPR Akan Panggil Bos Lippo dan Pengembang Meikarta 13 Februari Besok

"Daripada revisi, seharusnya pemerintah dengan konsisten melakukan sosialisasi dan edukasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menekankan bahwa rokok bukan untuk anak," tegas Ali Mahsun.

Menurutnya, larangan ini akan menyebabkan dampak berlapis, tidak hanya pada berkurangnya keuntungan pedagang kecil namun juga berpotensi menimbulkan tingkat putus sekolah yang tinggi.

Sebab, pendapatan orang tua yang berjualan asongan bergantung pada rokok ketengan. Meski demikian, Ali tidak menyinggung besaran potensi kerugian yang mungkin dialami para pedagang.

Lihat Juga :
Berkaca Kasus Meikarta, Pembeli Makin Hati-Hati Beli Apartemen Inden

"Usulan larangan ini dapat merenggut hak warga negara pelaku ekonomi rakyat untuk mencari penghasilan, menafkahi keluarga, dan membesarkan generasi penerus bangsa. Pemerintah harus lebih realistis dan strategis untuk menanggapi masalah ini," papar Ali.

Ali menuturkan pemerintah mestinya mampu memberikan penguatan perlindungan dan pemberdayaan terhadap para pelaku ekonomi rakyat (UMKM).

"Kami mendesak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo, untuk mendengar aspirasi kami dan membatalkan Keppres 25 Tahun 2022. Ini sangat tidak adil dan tidak sejalan dengan upaya melestarikan warisan ekonomi dan budaya Indonesia," tegasnya.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)