petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

uku pinjaman online ojk

rtp cnnslot 739Jutaan kata 815042Orang-orang telah membaca serialisasi

《uku pinjaman online ojk》

Bundaran HI mendadak jadi tempat "nongkrong" di malam libur Natal******

Bundaran HI mendadak jadi tempat "nongkrong" di malam libur Natal
Suasana malam Natal di pinggir Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (24/12/2023) ANTARA/Lifia Mawaddah Putri
Bundaran HI ini kan salah satu ikon Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga DKI Jakarta tak hanya menghabiskan malam Natal di tempat-tempat wisata atau mal, namun ada juga yang sekadar menikmati malam dengan duduk santai bersama keluarga dan teman di tepian Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Sejak pukul 19.00 WIB, warga terpantau mulai memadati area di luar Mall Plaza Indonesia atau tepatnya di pedestrian Bundaran HI. Semakin malam, warga pun tampak semakin ramai duduk santai sambil menikmati aneka camilan.

“Mumpung malam Natal, iseng saja jalan-jalan sama teman nongkrong di sini,” ujar salah satu warga asal Jakarta Timur bernama Tiara.

Tak hanya para muda-mudi, tampak pula para orang tua membawa keluarganya berjalan-jalan dan berfoto di sekitaran Bundaran HI. Misalnya saja seperti Bagus yang merupakan warga asal Jambi.

“Lagi liburan di sini sama keluarga. Ya Bundaran HI ini kan salah satu ikon Jakarta ya. Jadi walau cuma dipinggir jalan juga senang saja gitu. Tadi juga ngajak naik MRT karena belum pernah,” kata Bagus.

Banyaknya warga yang menghabiskan malam Natal juga mendatangkan rezeki bagi para pedagang di pinggiran Bundaran HI. Hal tersebut pun dirasakan Hafiz yang merupakan salah satu pedagang minuman kopi keliling atau "starling".

“Alhamdulillah ini lagi ramai jadi banyak yang beli. Lumayan lah pendapatan juga jadi nambah. Kalau makin malam lagi makin ramai mungkin bisa sampai Rp500.000 ini,” jelas Hafiz.

Sementara itu, pantauan lalu lintas di sekitar Bundaran HI terlihat ramai lancar. Kemudian beberapa petugas juga tampak berjaga untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas di daerah tersebut.

Baca juga: Santa Claus hingga salju manjakan pengunjung di pusat belanja DKI

Baca juga: Heru imbau warga pakai masker cegah penularan COVID-19 di libur Natal

Baca juga: Pj Gubernur DKI tinjau persiapan Natal di tiga gereja di Jakarta

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023

Puncak libur Natal, Taman Mini tambah bus listrik dan perluas parkir******

Puncak libur Natal, Taman Mini tambah bus listrik dan perluas parkir
Sejumlah anak ditemai orang tuanya bermain di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat puncak libur Natal 2023, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Harianto/aa.
Sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan pengunjung, pihaknya menambah sejumlah fasilitas, di antaranya angkutan keliling bus listrik untuk mengantar pengunjung berkeliling di dalam kawasan TMII.
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menerapkan langkah antisipasi seperti penambahan bus listrik dan perluasan area parkir guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung saat puncak libur Natal 2023, Minggu, dan juga saat perayaan Tahun Baru 2024.

VP Marketing Communication TMII Erika Silviana di Jakarta, Minggu mengatakan sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan pengunjung, pihaknya menambah sejumlah fasilitas, di antaranya angkutan keliling bus listrik untuk mengantar pengunjung berkeliling di dalam kawasan TMII.

“Kami ada beberapa tambahan fasilitas yang pertama itu ada bus. Jadi, ada bus listrik. Biasanya kalau pengunjung yang datang ke Taman Mini ada Angling atau angkutan keliling yang berbasis listrik karena kita sekarang konsepnya ecopark,” kata Erika.

Dia menyampaikan konsep ecoparkTMII semakin terlihat dengan penambahan unit bus listrik untuk mendukung mobilitas pengunjung.

Erika menuturkan TMII juga menyiapkan bus besar yang mampu mengangkut hingga 40 orang untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Layanan tersebut untuk angkutan antar-jemput gratis dari Stasiun LRT TMII dengan menggunakan shuttle Blue Bird yang diharapkan menjadi opsi transportasi nyaman bagi para pengunjung.

“Bus Blue Bird yang akan mengangkut pengunjung dari stasiun LRT ke Taman Mini dan itu free. Total angkutan keliling hampir sekitar 35 unit bus,” ucap Erika.
 

VP Marketing Communication TMII Erika Silviana memberikan keterangan terkait pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat puncak libur Natal 2023, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Harianto/aa.
Baca juga: Jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan capai 29 ribu
Baca juga: Antisipasi kemacetan Ragunan, Polisi siapkan rekayasa lalu lintas

Langkah lainnya yang dilakukan dalam mengantisipasi membludak-nya jumlah pengunjung adalah penambahan sejumlah fasilitas toilet portabel.

Selain itu, tindakan proaktif dilakukan dengan menambah kapasitas parkir di dalam kawasan TMII dan bekerja sama dengan pihak terkait di sekitar area TMII untuk meningkatkan kapasitas parkir.

Dalam hal keamanan, TMII berkolaborasi dengan pihak kepolisian dan TNI setempat untuk memastikan keamanan pengunjung selama berada di kawasan TMII.

Erika menyampaikan pengunjung TMII juga akan disambut dengan pusat informasi di gerbang pintu masuk. Customer servicesiap membantu memberikan informasi terkait acara dan kegiatan di TMII.

Sistem informasi Ecopark TMII semakin ditingkatkan dengan adanya barcodeyang memungkinkan pengunjung mendapatkan informasi tanpa menggunakan brosur fisik, cukup dengan memindai barcode.
 

Transportasi yang disiapkan pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), untuk membawa pengunjung berkeliling di kawasan wisata tersebut secara gratis, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Harianto/aa.
Dengan berbagai peningkatan fasilitas dan pelayanan ini, TMII berharap pengunjung dapat menikmati liburan Natal mereka tanpa hambatan, sambil merasakan kenyamanan dan keamanan yang diutamakan oleh pengelola TMII.

Antrean kendaraan merayap dengan panjang sekitar 50 meter terjadi di gerbang masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama puncak libur Natal 2023. Kondisi ini telah terlihat sejak pukul 08.00 WIB pagi dan melibatkan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Antrean yang terjadi pada jalur roda dua dan roda empat memiliki panjang yang hampir sama sehingga menciptakan situasi yang membutuhkan kesabaran dari para pengguna jalan.

“Kita sebenarnya targetnya di awal 300 ribu pengunjung, cuma sepertinya akan lebih dari itu, tapi memang sebenarnya kita bukan angka tapi kita kepada kepuasan pengunjung,” kata Erika.

Baca juga: Pemkot Jakpus imbau jemaat tak parkir sembarangan saat perayaan Natal
 

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023

Round up hari ke******

Round up hari ke-23 kampanye capres-cawapres
Ilustrasi - Petugas sedang memasang bendera partai politik di atas mobil. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra.
Jakarta (ANTARA) - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD melanjutkan agenda kampanye mereka secara terpisah di beberapa daerah Tanah Air.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, kemudian para pasangan calon dilarang berkampanye selama masa tenang yaitu pada 11-13 Februari 2024.

KPU menjadwalkan pemungutan suara Pilpres 2024 berlangsung pada 14 Februari 2024 serentak dengan pemungutan suara untuk pemilihan calon anggota legislatif (pileg) RI.

Berikut rangkuman (round up) kegiatan tiga pasangan calon pada hari ke-23 masa kampanye Pilpres 2024:


Pasangan Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan pada hari ke-23 melakukan rangkaian kegiatannya di Ibu Kota Jakarta dengan menghadiri agenda internal pada pagi hari.

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut melanjutkan kegiatannya dengan berkampanye sekaligus safari di Kelapa Gading, Jakarta.

Dalam safari natal itu, Anies memberikan pesan dialog terbuka dengan tokoh agama Katolik dan Kristen Protestan sekaligus makan malam.

Capres yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB juga menyampaikan imbauannya kepada masyarakat agar selektif dalam mengkonsumsi informasi, karena saat ini arus informasi sangat cepat tanpa ada yang menyaring seperti dahulu.

Sementara itu, pendamping Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar, memilih untuk mengikuti agenda internal.

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menggelar deklarasi deklarasi Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN di Jl. Pandeglang, Menteng, Jakarta Pusat. Deklarasi tersebut diikuti oleh segenap alumni HMI yang bersepakat mendukung AMIN.


Pasangan Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berkegiatan di beberapa daerah, salah satunya di Kuningan, Jawa Barat, untuk meresmikan lima sumber air.

Prosesi peresmian dilakukan di Desa Pamupukan, Kecamatan Cibiru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat; sedangkan daerah lainnya mengikuti melalui konferensi video di lokasi masing-masing.

Setelah diresmikan, Prabowo Subianto menitipkan kepada warga agar sumber air yang ada dirawat agar keberadaannya tetap terjaga.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan aktivitas rutinnya melayani masyarakat sebagai wali kota Surakarta.


Pasangan Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo kembali berkampanye pada Rabu (20/12) di Jakarta dengan menghadiri peresmian Seknas Barisan Advokasi Keadilan Indonesia Ganjar-Mahfud (BAKI GAMA) 03 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu, Ganjar berterima kasih terhadap deklarasi dukungan dari BAKI GAMA 03 yang terdiri dari para pengacara maupun anak-anak muda.

Ia berharap dengan dukungan dari BAKI GAMA 03 maka semakin memperkuat kekuatan pasangan Ganjar-Mahfud dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga berkegiatan beberapa tempat di Jawa Barat dan di Ibu Kota Jakarta.

Acara pertama, Mahfud menghadiri Rembug Nasional Sahabat Saksi dan Korban Untuk Indonesia di Camp Huku Cai, Jalan Pesantren, Ciawi Jawa Barat.

Kemudian, Mahfud yang juga Menkopolhukam itu menghadiri acara Makan Seafood bersama Nelayan di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Acara makan bersama ini mulai digelar pukul 12. 30-13.30 WIB.

Dalam kegiatannya bersama nelayan, Mahfud berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi kemaritiman di wilayah tersebut.

Kegiatan Mahfud pada Rabu (20/12) diakhiri dengan menjadi pembicara dalam kegiatan hari mugran sedunia di Margonda, Depok, Jawa Barat.

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023




bab terbaru:kakekqq

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
pesiar88
pinjol pakai rekening ovo
depo 20 bonus 20
denda keterlambatan kredivo
juara slot gacor
makan besar erek erek
voucher grab hari ini
situs game gacor
go 138 slot
Daftar isi semua bab
Bab 1 situs game slot gacor hari ini
Bab 2 trik jp panda hari ini
Bab 3 gacorkan slot
Bab 4 demo slot meriah4d
Bab 5 usaha cepat dapat uang
Bab 6 top agen slot
Bab 7 judi slot terbaik dan terpercaya
Bab 8 xl voucher
Bab 9 shopee menghasilkan uang
Bab 10 rhino88
Bab 11 daftar pinjol resmi ojk
Bab 12 slot paling hoki hari ini
Bab 13 barak4d
Bab 14 cara main domino slot
Bab 15 72 di erek erek
Bab 16 pinjaman uang untuk mahasiswa
Bab 17 bosvip88
Bab 18 campionqq
Bab 19 kode alam kucing kawin
Bab 20 situs win slot gacor
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4666bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Kronik Yuan Neng di Masa Depan

5758slot
Airlangga: Pemerintah salurkan BLT El-Nino untuk dua bulan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian/aa.
Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pada tahun 2023 pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) El-Nino kepada masyarakat untuk dua bulan, yaitu November dan Desember.

"BLT El-Nino itu setiap keluarga mendapatkan Rp200 ribu per bulan, dan untuk tahun ini diberikan dua bulan atau sebesar Rp400 ribu," kata Airlangga dalam kunjungannya di Yogyakarta, Minggu.

Baca juga: Menko: Inovasi jadi pendorong utama transformasi industri pangan

Penyaluran BLT El Nino menyasar sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara nasional, dan untuk Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 22.810 KPM dengan total bantuan yang disalurkan sebesar Rp9,12 miliar.

"Tadi saya di Kantor Pos Yogyakarta bertemu dengan penerima BLT, mereka berharap tahun depan bantuan ini bisa dilanjutkan," katanya.

Baca juga: Airlangga: Pertumbuhan ekonomi daerah harus diikuti inflasi terjaga

Menurut Airlangga, dampak signifikan dari fenomena El Nino di Indonesia di antaranya kekeringan, sehingga berdampak pada mundurnya kegiatan tanam tanaman pangan oleh petani.

"Musim tanam mundur, jadi mungkin Januari sampai Februari 2024 bisa mulai tanam, dan baru sekitar Mei hingga Juli 2024 panennya," kata Airlangga.

Sebagai upaya pemerintah untuk menjaga ketersediaan pangan beras akibat dampak El Nino, lanjut Menko Airlangga, pemerintah sudah melakukan pengadaan beras.

Baca juga: Airlangga sebut pemerintah siapkan sejumlah paket kebijakan ekonomi

"Pemerintah sudah melakukan pengadaan beras dan tahun depan kita sudah punya komitmen suplai dari negara lain sebesar tiga juta ton," kata Airlangga.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023

Menjauhlah dari telur nagaku

slot terpercaya hari ini
Katedral Jakarta dukung perdamaian global lewat tema Natal 2023
Beberapa jemaat mulai berdatangan untuk mengikuti misa malam Natal sesi pertama di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.
Jakarta (ANTARA) - Pejabat Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie menyatakan Gereja Katedral Jakarta mendukung terwujudnya perdamaian di bumi melalui tema Natal 2023 yang bertajuk Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi.

“Tema ini sesuai aktualisasi yang terjadi di lingkup masyarakat dan dunia. Umat diharapkan bisa lebih memaknai tindakan-tindakannya. Kita sebagai umat manusia harus mampu merawat bumi sebagai kemuliaan Tuhan,” katanya di Gereja Katedral Jakarta, Minggu.

Susy menuturkan tema Natal setiap tahun dipilih dan disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat seperti kali ini yaitu isu perdamaian sangat diutamakan.

Baca juga: Katedral Jakarta sedia layanan hibrida dalam dua sesi misa malam Natal

Ia menjelaskan tema Natal 2023 yaitu Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi juga merupakan keputusan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) serta Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Susy berharap melalui tema Natal 2023 para umat dapat menciptakan tindakan-tindakan yang mendukung terciptanya perdamaian di dunia sehingga bumi dapat terawat dengan baik.

Terlebih beberapa waktu lalu di Gereja Katedral Jakarta, para pemuka atau tokoh agama yang ada di Indonesia menyerukan kepada seluruh elemen bangsa dan umat untuk mempererat persatuan dan kesatuan pada masa pemilihan umum (pemilu).

“Kita juga harus bisa menciptakan suasana damai karena beberapa saat sebelumnya ada seruan damai oleh pemuka agama di sini,” ujar Susy.

Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023

Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan misa malam Natal pada 24 Desember 2023 sebanyak tiga sesi yaitu pukul 16.30 WIB dan pukul 19.00 WIB secara hybridserta pukul 21.30 WIB secara tatap muka.

Sedangkan untuk misa Natal pada 25 Desember 2023, Gereja Katedral Jakarta juga akan melaksanakan tiga sesi yakni Misa Pontifikal secara hybridpukul 08.30 WIB, misa keluarga secara tatap muka pukul 11.00 WIB, dan misa sore secara hybridpukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan ANTARA, para jemaat sudah mulai berdatangan ke Gereja Katedral Jakarta pada Minggu (24/12) sejak pukul 15.00 WIB untuk melaksanakan misa malam Natal sesi pertama yang akan berlangsung pada pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Katedral Jakarta: Pemindahan ibu kota ke IKN tema dekorasi Natal 2023

Kepadatan lalu lintas pun sempat terjadi di sekitar Gereja Katedral Jakarta seiring dengan banyaknya antrean kendaraan bermotor terutama roda empat yang mengantre untuk parkir di sekitar gereja.

Beberapa petugas mulai dari TNI dan Polri bergegas untuk menertibkan antrean roda empat sehingga kemacetan segera dapat terurai.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023

Pasangan abadi yang lahir di surga

bts situs slot gacor
Gunung Marapi Sumatera Barat kembali erupsi dengan skala besar
Letusan Gunung Marapi yang terlihat jelas dari Kabupaten Agam pada Jumat (22/12/2023). Gunung api aktif setinggi 2.891 Mdpl itu masih mengalami erupsi di hari ke-20 sejak erupsi awal Desember ini. (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)
Lubuk Basung,- (ANTARA) - Gunung Marapi, Sumatera Barat kembali mengalami erupsi dengan asap letusan cukup besar teramati dengan jelas dari beberapa daerah di Kabupaten Agam. Erupsi terjadi pada jam 12.19 WIB, Jumat. "Letusannya jelas terlihat dari daerah Sungai Puar. Kami mendengar suara letusan yang tidak terlalu besar namun asap membumbung tinggi jelas terlihat," kata seorang warga, Ningsih (35) di Kabupaten Agam. Menurutnya letusan gunung tersebut bertepatan dengan waktu azan Sholat Jumat, tidak biasanya Gunung Marapi selalu berasap dengan waktu lama. Sementara seorang warga lainnya, Ismet (40) berharap letusan gunung tersebut tidak berdampak parah. "Semoga semua kembali baik-baik saja," katanya. Letusan kali ini menjadi letusan hari ke-20 setelah erupsi pertama kali pada Minggu (3/12) lalu yang mengakibatkan 24 korban tewas dari kalangan para pendaki yang terjebak saat Marapi erupsi. Sementara itu, petugas Pemantau Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh dalam keterangan tertulisnya mengungkap tidak bisa memantau ketinggian kolom abu yang tertutup awan dari arah Kota Bukittinggi. "Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat pada tanggal 22 Desember 2023 pada12.19 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini 1 menit 25 detik," kata petugas PGA, Teguh.

PGA menegaskan erupsi masih berada pada Status Level II (Waspada)dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung wisatawan atau pendaki tidak diperbolehkan memasuki dan melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 3 km dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek). "Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran dan bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Marapi agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan," lanjutnya. Untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya yang disebabkan oleh abu vulkanik, masyarakat yang berada di sekitar Marapi diminta agar menggunakan masker pelindung mulut dan hidung serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit. "Selain itu jika terjadi hujan abu agar mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh," kata Teguh Ia mengimbau agar masyarakat yang ada di sekitar Marapi dan seluruh pihak agar menjaga situasi agar tetap kondusif di masyarakat. "Tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah," katanya. Baca juga: Masyarakat diimbau pakai masker, cegah ISPA akibat abu Gunung Marapi

Baca juga: Gunung Marapi erupsi

Baca juga: Ahli geologi ingatkan masyarakat patuhi peta kawasan rawan bencana    

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023

rencana penyelamatan sampah

situs taruhan bola terpercaya
Katedral Jakarta dukung perdamaian global lewat tema Natal 2023
Beberapa jemaat mulai berdatangan untuk mengikuti misa malam Natal sesi pertama di Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2023). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa.
Jakarta (ANTARA) - Pejabat Hubungan Masyarakat (Humas) Keuskupan Agung Jakarta dan Gereja Katedral Susyana Suwadie menyatakan Gereja Katedral Jakarta mendukung terwujudnya perdamaian di bumi melalui tema Natal 2023 yang bertajuk Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi.

“Tema ini sesuai aktualisasi yang terjadi di lingkup masyarakat dan dunia. Umat diharapkan bisa lebih memaknai tindakan-tindakannya. Kita sebagai umat manusia harus mampu merawat bumi sebagai kemuliaan Tuhan,” katanya di Gereja Katedral Jakarta, Minggu.

Susy menuturkan tema Natal setiap tahun dipilih dan disesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi di tengah masyarakat seperti kali ini yaitu isu perdamaian sangat diutamakan.

Baca juga: Katedral Jakarta sedia layanan hibrida dalam dua sesi misa malam Natal

Ia menjelaskan tema Natal 2023 yaitu Kemuliaan kepada Allah dan Damai Sejahtera di Bumi juga merupakan keputusan dari Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) serta Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Susy berharap melalui tema Natal 2023 para umat dapat menciptakan tindakan-tindakan yang mendukung terciptanya perdamaian di dunia sehingga bumi dapat terawat dengan baik.

Terlebih beberapa waktu lalu di Gereja Katedral Jakarta, para pemuka atau tokoh agama yang ada di Indonesia menyerukan kepada seluruh elemen bangsa dan umat untuk mempererat persatuan dan kesatuan pada masa pemilihan umum (pemilu).

“Kita juga harus bisa menciptakan suasana damai karena beberapa saat sebelumnya ada seruan damai oleh pemuka agama di sini,” ujar Susy.

Baca juga: Kapasitas Katedral Jakarta capai 4.000 orang untuk Ibadah Natal 2023

Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan misa malam Natal pada 24 Desember 2023 sebanyak tiga sesi yaitu pukul 16.30 WIB dan pukul 19.00 WIB secara hybridserta pukul 21.30 WIB secara tatap muka.

Sedangkan untuk misa Natal pada 25 Desember 2023, Gereja Katedral Jakarta juga akan melaksanakan tiga sesi yakni Misa Pontifikal secara hybridpukul 08.30 WIB, misa keluarga secara tatap muka pukul 11.00 WIB, dan misa sore secara hybridpukul 17.00 WIB.

Berdasarkan pantauan ANTARA, para jemaat sudah mulai berdatangan ke Gereja Katedral Jakarta pada Minggu (24/12) sejak pukul 15.00 WIB untuk melaksanakan misa malam Natal sesi pertama yang akan berlangsung pada pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Katedral Jakarta: Pemindahan ibu kota ke IKN tema dekorasi Natal 2023

Kepadatan lalu lintas pun sempat terjadi di sekitar Gereja Katedral Jakarta seiring dengan banyaknya antrean kendaraan bermotor terutama roda empat yang mengantre untuk parkir di sekitar gereja.

Beberapa petugas mulai dari TNI dan Polri bergegas untuk menertibkan antrean roda empat sehingga kemacetan segera dapat terurai.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023

Terlepas dari kehidupan ini, Xiang Nanxun

pinjaman adira online
Indonesia dan Aljazair tuntut gencatan senjata permanen di Gaza
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri) bertemu dengan Menlu Aljazair Ahmed Attaf (kanan) di Algiers, pada Rabu (20/12/2023). ANTARA/HO-Kemlu RI.
Jakarta (ANTARA) - Indonesia dan Aljazair mengutuk Israel atas pertempuran yang terus berlanjut di Jalur Gaza, dan menuntut agar gencatan senjata permanen yang sangat dibutuhkan warga sipil di daerah kantong Palestina itu diberlakukan. 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Aljazair Ahmed Attaf saat bertemu di Algiers, Rabu (20/12), juga sepakat bahwa mengatasi masalah inti, yaitu pendudukan ilegal Israel di Tanah Palestina, sangat penting untuk menjamin perdamaian abadi bagi rakyat Palestina.

“Saya dan Menteri Attaf memiliki keyakinan yang sama bahwa Aljazair dan Indonesia dapat terus bekerja sama untuk membela keadilan dan kemanusiaan bagi rakyat Palestina,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya.

Aljazair, yang mulai 1 Januari 2024 akan menjalankan tugas selama dua tahun sebagai anggota Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), diyakini Retno akan melakukan segala upaya untuk membela kepentingan Palestina.

Selain isu Palestina, Retno dan Attaf dalam pertemuan itu membahas minat Aljazair untuk bergabung ke Traktat Persahabatan dan Kerja Sama (TAC) Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Perjanjian yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara itu dan sudah ditandatangani oleh lebih dari 50 negara, termasuk 10 negara anggota ASEAN, China, Jepang, Amerika Serikat, dan Rusia. 

Menlu Retno menyambut baik minat tersebut dan menyatakan akan mendukung Aljazair.

Terakhir, sebagai dua negara yang berpikiran sama, Indonesia dan Aljazair sepakat untuk saling mendukung dalam forum multilateral termasuk pencalonan masing-masing negara dalam hubungan internasional.

“Dan kami sepakat bahwa Indonesia dan Aljazair akan terus mendukung paradigma kolaborasi dan mengedepankan kepentingan negara-negara berkembang serta negara-negara Muslim,” tutur Retno.

Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Gaza meningkat menjadi 19.667 jiwa, sedangkan 52.586 orang terluka sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola kelompok Hamas Palestina pada Selasa (19/12).

Menurut Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), hampir 1,9 juta orang di Gaza, atau sekitar 85 persen dari total populasi, terpaksa mengungsi dari rumah-rumah mereka.

Sementara itu, Israel masih terus melanjutkan serangan dari udara, darat, dan laut --setelah jeda kemanusiaan sepekan yang disepakati dengan Hamas berakhir pada 1 Desember lalu.


Baca juga: Pertama kali kunjungi Aljazair, Menlu Retno bawa misi ekonomi

Baca juga: Jumlah warga Palestina yang tewas di Gaza capai 20.000 orang

 

Resolusi DK PBB tentang gencatan senjata di Gaza diveto AS

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023

Ning Zhanyan Qiao Cang

surgaplay
Bawaslu Jakpus siap panggil Gibran terkait bagi-bagi susu di CFD
Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey atau Sonny Pangkey kepada wartawan di Jakarta, Kamis (21/12/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Jakarta Pusat menyatakan siap memanggilcalon wakil presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, terkait kegiatan membagi-bagikan susu  di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di  Jakarta yang diduga merupakan pelanggaran kampanye.

"Yang pasti kita panggil semua yang terlibat, kemungkinan di akhir tahun mungkin 28 atau 29 Desember 2023," kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat Christian Nelson Pangkey kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Christian Nelson Pangkey yang biasa disapa Sonny Pangkey menuturkan hingga kini pihaknya masih melakukan proses klarifikasi lebih lanjut mengenai temuan tersebut.

Adapun hasilnya diperkirakan selesai pada awal Januari mendatang dengan tanggal yang masih belum bisa dipastikan.

Soal pernyataan berbeda dengan pihak Bawaslu RI, dia menegaskan, Bawaslu RI menindaklanjuti terkait keterlibatan anak-anak di kampanye HBKB atau "Car Free Day" (CFD).

Baca juga: Bawaslu DKI minta Satpol PP tertibkan APK Pemilu 2024
Baca juga: PAN tegaskan kooperatif dengan Bawaslu terkait Gibran bagi susu di CFD

Sedangkan Bawaslu DKI akan menindaklanjuti temuan itu secara keseluruhan dan sudah diberikan kesempatan oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu RI.

"Apa yang dimaksud dengan dugaan ini bukan hanya terbatas pelanggaran terkait keterlibatan anak anak, tapi kita secara keseluruhan," tegasnya.

Dengan demikian, dia menegaskan, pihaknya masih mendalami dugaan pelanggaran Gibran sehingga belum bisa memastikan apakah itu termasuk kegiatan politik maupun kampanye.

​​​​​​"Belum bisa simpulkan ini kegiatan politik atau kampanye. Yang pasti kita kerja dengan gunakan waktu yang ada," tuturnya.
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Zita Anjani menegaskan, pihaknya kooperatif dengan Bawaslu DKI terkait kegiatan calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka membagikan susu di HBKB Jakarta Pusat (Jakpus).

"Iya sebenarnya kita datang secara kooperatif, jadi apapun nanti yang akan ditanyakan, kita akan jelaskan secara utuh," kata Zita.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023