petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

enno lerian paylater

cara daftar ojk online 639Jutaan kata 794482Orang-orang telah membaca serialisasi

《enno lerian paylater》

Perusahaan Uni Eropa Rugi Ribuan Triliun Buntut 'Musuhan' dengan Rusia******

Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ratusan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies.
Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ratusan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perusahaan-perusahaan besar Uni Eropa rugi hingga ribuan triliun akibat bermusuhan dengan Rusia. Tiga di antaranya BP, Shell dan TotalEnergies.

Berdasarkan laporan Financial Times yang dikutipbusinessinsider, Rabu (9/8), total kerugian yang dialami perusahaan Eropa mencapai 100 miliar euro atau setara Rp1.667,33 triliun (asumsi kurs Rp16.673 per euro).

Survei yang dilakukan FT terhadap 600 laporan keuangan perusahaan, menunjukkan bahwa 176 di antaranya mengalami kerugian akibat penurunan penjualan, penutupan usaha hingga pengurangan bisnis di Rusia.

Kerugian terbesar dialami oleh perusahaan Eropa yang ada di sektor energi. Tiga diantaranya BP, Shell dan TotalEnergies mengakumulasi kerugian hingga 40,6 miliar euro Eropa atau Rp676.93 triliun. Kerugian terbesar kedua berasal dari sektor industri kimia dan otomotif.

Namun, kerugian ini masih bisa bertambah. Pasalnya belum semua perusahaan Eropa meninggalkan Rusia. Menurut studi yang dilakukan Yale, setengah dari 1.000 perusahaan yang berjanji untuk meninggalkan Moskow masih belum juga hengkang.

Kendati, studi menyebutkan meski perusahaan tersebut memilih untuk tetap tinggal di Moskow, bukan berarti mereka akan untung. Justru akan menambah kerugian. Artinya, pergi dan tetap tinggal di Rusia memberikan dampak negatif.

"Bahkan jika sebuah perusahaan kehilangan banyak uang (rugi) saat meninggalkan Rusia, mereka yang tetap tinggal menghadapi risiko kerugian yang jauh lebih besar," kata Nabi Abdullaev, partner di konsultan strategis Control Risks.

Serangan Rusia pertama kali ke Ukraina dilakukan pada awal tahun lalu memang mendapat kecaman dari berbagai negara. Sehingga banyak yang memilih untuk 'bermusuhan' dengan Moskow, termasuk AS dan negara-negara Eropa lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr)

Erick Thohir Laporkan Dugaan Korupsi Dana Pensiun BUMN September******

Menteri BUMN Erick Thohir akan melaporkan dugaan korupsi dana pensiun BUMN ke Kejaksaan Agung pada September, mundur dari rencana awal yang Juli.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melaporkan dugaan korupsi dana pensiun (dapen) di BUMN ke Kejaksaan Agung pada September. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan melaporkan dugaan korupsi dana pensiun(dapen) di BUMN ke Kejaksaan Agung pada September mendatang. Pelaporan itu mundur dari sebelumnya yang dijadwalkan pada akhir Juli.

Erick mengatakan dana pensiun tersebut sedang diaudit oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Setelah diaudit, dana pensiun bermasalah baru bisa dipetakan apakah korupsi atau miss management.

"Memang kita tadinya mau di akhir Juli tetapi setelah duduk dengan BPKP, dia bilang September. Butuh waktu, ya sudah kita enggak bisa dorong, daripada kita mendorong sesuatu yang nanti komplikasi, tidak bisa membedakan yang mana korupsi, yang mana miss management," kata Erick pada Forum Sinergi BUMN-Swasta: Kolaborasi untuk Pembangunan Inklusif, Jakarta Selatan, Senin (14/8).

"Memenjarakan orang bukan sesuatu yang enak. Mereka sendiri punya keluarga, punya sosial, jadi kita harus hati-hati," kata Erick.

Awal tahun lalu Erick memang mengungkap dugaan korupsi dana pensiun BUMN. Ia menyebut salah satu modus korupsi yang sering dilakukan lembaga pengelola dana pensiun perusahaan pelat merah adalah sengaja menghilangkan aset.

"Track record-nya sudah ada. Ada aset yang hilang, investasi yang dimainkan atau dana yang dikorupsi," ujarnya.

Erick menyebutkan dari sekian lembaga dana pensiun yang melakukan korupsi, dua diantaranya adalah Asabri dan Jiwasraya. Karenanya, ia berharap ke depannya direksi BUMN hanya akan mewarisi kebaikan, bukan masalah seperti kedua dana pensiun tersebut.

Ia menyebutkan saat ini makin meningkatkan kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah untuk memelototi direksi BUMN. Jika ada yang ketahuan korupsi, maka akan dikenakan sanksi.

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Pesan, Kesan dan Nyaman Jokowi Jajal LRT Jabodebek******

Presiden Jokowi sudah lima kali lebih meninjau dan mencoba LRT Jabodebek. Saat mencoba, ia mengatakan LRT nyaman dan cepat.
Presiden Jokowi sudah lima kali lebih meninjau dan mencoba LRT Jabodebek. Saat mencoba, ia mengatakan LRT nyaman dan cepat. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

LRT Jabodebek sebentar lagi akan beroperasi. Sarana transportasimassal yang mempunyai jarang bentang operasi sepanjang 44,3 kilometer ini sudah beberapa kali ditinjau dan diuji coba oleh Presiden Jokowi.

Tercatat sejak 2019 lalu, sudah sekitar lima kali, Jokowi meninjau dan menguji coba LRT.

Pertamapada 12 Desember 2019. Saat itu, Jokowi mengatakan sejatinya membangun LRT bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Maklum, saat itu pembangunan bersinggungan dengan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Peninjauan selanjutnya dilakukan pada 9 Juni 2021. Saat itu, meski belum jadi, Kepala Negara beserta rombongan terbatas sempat menjajal jalur lintas pelayanan 1 LRT yang membentang dari Stasiun TMII (Jakarta Timur) hingga Stasiun Harjamukti (Cibubur).

"Tadi kita mencoba keretanya. Halus, nyaman, kecepatannya baik, dapat dikatakan tanpa suara. Nyaman sekali," tuturnya.

Peninjauan selanjutnya dilakukan Jokowi pada 22 Desember 2022. Saat itu, Jokowi melihat perkembangan pembangunan LRT Jabodebek yang luar biasa. 

Ia juga mencoba rangkaian kereta LRT  dengan rombongan terbatas berangkat pukul 08.16 WIB dari Stasiun LRT Harjamukti, dan tiba di Stasiun TMII pukul 08.28 WIB. Perjalanan sepanjang 9 kilometer tersebut ditempuh selama 12 menit dengan kecepatan kereta 80 km/jam.

Lihat Juga :
Kemenhub Sebut Jokowi Bakal Resmikan LRT Jabodebek 30 Agustus

"Sangat cepat sekali dan tanpa masinis," ujarnya.

Jokowi juga mengapresiasi proyek kereta LRT Jabodebek yang merupakan hasil karya anak bangsa.

"Yang kita senang, kita bangga adalah kereta ini buatan INKA, semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA," katanya.

Sedangkan uji coba keempat dan kelima dilaksanakan Jokowi pada Agustus ini. Tak tanggung-tanggung, dalam uji coba ini, Jokowi mengajak sejumlah artis antara lain; Chelsea Islan, Cak Lontong, Ari Lasso, Deddy Mahendra Desta alias Desta untuk mencoba proyek transportasi massal bernilai investasi Rp32 triliun tersebut.

Kali ini, ia mencoba rute LRT dari Stasiun Jati Mulya, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, hingga ke Stasiun Dukuh Atas, Jakarta.

Ia berangkat dari Stasiun Jati Mulya, Bekasi sekitar pukul 08.50 WIB. LRT tersebut berhenti di sejumlah stasiun yang dilalui, mulai dari Stasiun Bekasi Barat, Cikunir 2 dan 1, Jati Bening Baru, Halim, Cawang, Ciliwung, Cikoko, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setiabudi, dan berakhir di Stasiun Dukuh Atas. 

Jokowi menyebut uji coba kali ini kembali dilakukan dalam rangka penyesuaian sistem sebelumnya.

"Jadi ingin melihat lagi, mencoba lagi LRT kita. Kemarin kan ada perlu penyesuaian di sistem, saya lihat sekarang ini tadi saya cek di beberapa stasiun sudah pas. Nanti cek sekali lagi, bagus, akhir bulan insyaallah sudah dioperasikan," katanya.

Meski sudah nyaman, Jokowi menekankan agar operasional angkutan publik baru itu tidak usah tergesa-gesa. Sebab, ia ingin operator memastikan betul sistem keamanan dan keselamatan LRT Jabodebek.

"Kita berharap apabila nanti sudah dioperasikan ini betul-betul bisa mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," ujarnya.

Lihat Juga :
Kemenhub Sebut Jokowi Bakal Resmikan LRT Jabodebek 30 Agustus

Ia juga mengingatkan MRT, LRT, dan kereta cepat merupakan moda transportasi baru di Indonesia. Apabila ada kekurangan atau evaluasi merupakan hal wajar.

"Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan-perbaikan teknis yang lain-lainnya," terangnya.

Selanjutnya, ia juga memastikan pembangunan LRT akan dilanjutkan ke daerah penyangga ibu kota lain. Namun, untuk saat ini akan dimulai dengan dua rute, yakni lintas Cibubur dan Bekasi.

"Ini kan baru tahap pertama, mestinya tidak hanya sampai di Cibubur, tetapi sampai di Bogor kemudian yang ke arah Bekasi, mungkin ke arah Depok, Tangerang, semuanya," pungkasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan agar operasi LRT bisa sempurna, pihaknya secara intensif terus melakukan serangkaian pengujian LRT Jabodebek. Pengujian dilakukan baik dari sisi kesiapan sarana, prasarana maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Lihat Juga :
Membangun Ekonomi dan Selamatkan Rugi Rp100 T dengan LRT

Untuk prasarana, pengujian dilakukan terhadap stasiun, rel, persinyalan, dan lain-lain. Pengujian sarana juga dilakukan terhadap rangkaian kereta api.

Sementara terkait sumber daya manusia (SDM), pengujian dilakukan terhadap train attendant, penyelia, pengawas stasiun, pengendali operasi terpusat kereta otomatis, petugas pemeriksaan, dan petugas perawatan sarana dan prasarana.

Pengujian dilakukan untuk memastikan kesiapan operasi dan aspek keselamatan dan kenyamanan telah terpenuhi ketika nantinya LRT Jabodebek dioperasikan.

Selain itu, pihaknya juga mengiundang konsultan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan proyek.

Budi mengatakan pembangunan LRT Jabodebek sejatinya sudah dilakukan dengan hati-hati, mengutamakan aspek keselamatan, dan menggunakan desain perencanaan yang dihasilkan oleh konsultan internasional.

"Kami mengundang konsultan yang sudah berpengalaman untuk melakukan review terhadap pekerjaan dan juga telah mengikuti standar yang berlaku," ujar Budi.

Budi berharap upaya-upaya itu bisa membuat LRT menjadi moda transportasi aman dan nyaman yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat ibu kota dan daerah penyangganya untuk berpergian.

Ia berharap kehadiran LRT bisa memancing masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal.

(ldy/agt)




bab terbaru:bolaxx

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
49 togel
slot gacor hari ini pasti menang
maxwin slot
kredit tanpa kartu kredit
macam play slot
eropa 4d slot gacor
rtp idnscore
joinbet88
cara menebak angka jitu
Daftar isi semua bab
Bab 1 kerja menghasilkan uang banyak
Bab 2 okeplay777 login
Bab 3 slot gacor 77
Bab 4 cara menggunakan voucher lazada
Bab 5 ketuaslot303
Bab 6 cara mudah pinjam uang online
Bab 7 slot online terbaru 2022
Bab 8 slot wd
Bab 9 wajik777 slot
Bab 10 download kakek zeus
Bab 11 cara keluar dari pinjaman online
Bab 12 wahidtoto
Bab 13 maxwim
Bab 14 daftar kredivo tokopedia
Bab 15 newslot88
Bab 16 net777
Bab 17 slot indonesia gacor
Bab 18 rtp jkt303
Bab 19 ugbet88
Bab 20 silverbola
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7728bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Kembali ke dunia roh

09 di erek erek
Transmart Full Day Sale balik lagi nih kasih diskon gede-gedeaan 50% plus diskon tambahan 20%. Diskon gede ini berlaku di seluruh gerai Transmart.
Transmart Full Day Sale balik lagi nih kasih diskon gede-gedeaan 50% plus diskon tambahan 20%. Diskon gede ini berlaku di seluruh gerai Transmart. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Transmart Full Day Sale balik lagi nih kasih diskon gede-gedean 50 persen plus diskon tambahan 20 persen.

Jangan sampai lewatkan kesempatan menarik Transmart Full Day Sale: Merdeka Belanja ini ya karena ada banyak produk yang mendapat potongan harga. Catat tanggalnya nih!

Lihat Juga :
Pulang Kerja Mampir Dulu ke Transmart Ya, Ada Diskon 50%+20%

Selain itu, ada juga diskon tambahan sebesar 20 persen untuk metode pembayaran menggunakan Allo Prime dari Allo Bank. Begitu juga dengan pembayaran menggunakan kartu kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

Kamu juga bisa banget juga gunakan Allo Paylater biar bisa belanja sekarang, bayar nanti. Caranya tinggal unduh saja aplikasi Allo Bank di ponsel, registrasi, dan upgrade ke Allo Prime atau ajukan Allo Paylater.

Prosesnya dijamin cepat dan bisa langsung dipakai untuk belanja di Transmart Full Day Sale Merdeka Belanja. Asyik banget kan?

Nah, bagi pelanggan yang belum memiliki kartu kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa mengajukan pembukaan kartu kredit di unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Transmart terdekat.

Jangan lupa kunjungi Transmart terdekat besok buat borong produk impian kamu!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Master Paviliun Jingtian

situs yang gacor malam ini
Perum Bulog mempercepat realisasi impor 700 ribu ton beras untuk mengantisipasi fenomena El Nino.
Perum Bulog mempercepat realisasi impor 700 ribu ton beras untuk mengantisipasi fenomena El Nino. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perum Bulogmempercepat realisasi impor700 ribu ton berasuntuk mengantisipasi fenomena El Nino.

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan jumlah itu merupakan sisa dari penugasan impor beras 2,3 juta ton yang ditugaskan pemerintah terhadap perusahaannya pada 2022 dan 2023 ini.

Ia mengatakan dari total penugasan itu, pihaknya sudah merealisasikan impor beras 1,6 juta ton. Ia menerangkan percepatan impor perlu segera dilakukan lantaran produksi gabah atau beras dalam negeri pada semester II tahun ini turun dibanding semester I.

Penurunan produksi itu katanya, pasti akan berimbas ke potensi penyerapan beras Bulog.

"Untuk itu upaya pemenuhan kebutuhan stok cadangan beras pemerintah memang harus segera dipenuhi dari sumber lain yaitu importasi beras sesuai yang sudah diputuskan oleh pemerintah," kata Suyamto dalam keterangan resmi, Jumat (11/8).

Ia menambahkan hingga 10 Agustus 2023, Bulog sudah menyerap 780 ribu ton beras produksi dalam negeri. Sementara total stok beras yang dikuasai Bulog mencapai 1,3 juta ton.

Bulog, lanjut Sumyamto, terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah guna menjaga pemerataan ketersediaan stok.

"Bulog juga terus menjamin kebutuhan pangan khususnya beras akan terus tersedia, terutama dalam kondisi rawan seperti saat ini," ujarnya.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi fenomena El Nino bakal melanda Indonesia tahun ini dan mencapai puncaknya pada September 2023.

Namun, prediksi BRIN ini berbeda dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pasalnya, BMKG menyebut fenomena iklim pemicu turunnya curah hujan itu akan mencapai puncaknya  Agustus ini.

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer (PRIMA) BRIN Eddy Hermawan mengatakan dia menemukan terjadinya pergeseran puncak El Nino yang diprediksi pada akhir September-Oktober, berdasarkan kajiannya dari berbagai literatur ilmiah.

"El Nino 2023 tergolong unik karena puncaknya diduga bakal terjadi akhir September/awal Oktober 2023, tidak pada bulan November/Desember seperti pada umumnya. Selain itu, durasinya pun tergolong relatif pendek (berakhir hingga awal 2024)," kata Eddy, mengutip laman resmi BRIN, Jumat (4/8).

[Gambas:Video CNN]



(fby/agt)

Nona yang luar biasa

mahjong ways gacor jam berapa
Analis memberikan sejumlah rekomendasi saham yang berpeluang menguat jelang akhir Agustus. Berikut daftarnya.
Analis memberikan sejumlah rekomendasi saham yang berpeluang menguat jelang akhir Agustus. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) melemah 3,94 poin atau minus 0,06 persen ke level 6.895 pada perdagangan Jumat (25/8) lalu. Investor melakukan transaksi sebesar Rp9,13 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,10 miliar saham.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham menguat tiga kali, sementara dua hari sisanya melemah. Tak heran, performa indeks pun menguat 0,52 persen.

Pelaksana Harian Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia Yulianto Aji Sadono mengatakan pada periode 21 sampai dengan 25 Agustus 2023 kemarin mayoritas perdagangan saham ditutup menguat dibanding pekan sebelumnya.

Nilai kapitalisasi pasar juga meningkat sebesar 1,02 persen dari Rp10,06 triliun menjadi Rp10,16 triliun. Di sisi lain, rata-rata nilai transaksi harian melemah 3,05 persen dari Rp10,70 triliun menjadi Rp10,37 triliun.

"Investor asing pada hari ini mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp513,06 miliar dan sepanjang 2023 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp924,44 miliar," terang Yulianto seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (28/7).

Lantas, seperti apa proyeksi pergerakan IHSG untuk sepekan ke depan?

Lihat Juga :
Promo Tarif LRT Rp5 Ribu hingga Akhir September Berkat Subsidi Negara

Pengamat Pasar Modal PT Dinamika Gelora, Satya Oktavianus Audi memproyeksi indeks saham cenderung tertekan pada pekan ini. IHSG diprediksi bergerak di rentang support6.760 dan resistance6.970.

Menurut Oktavianus, pada pekan ini IHSG bakal diwarnai oleh berbagai sentimen dari perekonomian global. Ia menyebut harga minyak mentah yang kembali naik dapat memicu inflasi kembali melambung.

Harga minyak sendiri naik pasca sejumlah rig minyak turun dan terjadi kebakaran di Louisiana. Selain itu, kenaikan harga juga dipicu oleh OPEC+ yang melanjutkan pemangkasan produksi sampai September.

"Kami melihat kenaikan minyak ini berdampak negatif terhadap pasar seiring potensi inflasi yang dapat kembali naik," jelas Oktavianus kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (27/8).

Lihat Juga :
OJK Bisa Terapkan 'Restorative Justice' Selesaikan Pidana Keuangan

Ia juga mengatakan pelemahan IHSG juga dipengaruhi oleh sentimen berupa rilis data manufaktur China Agustus yang diperkirakan naik tipis ke level 49,5 dari bulan sebelumnya 49,3.

Meski terjadi penguatan, kata Oktavianus, level ini masih berada dalam zona kontraksi di industri manufaktur China dan berdampak negatif kepada pasar. Apalagi, Negeri Tirai Bambu merupakan partner dagang Indonesia terbesar.

Tak hanya itu, rilis data non-farm payrolls Amerika Serikat (AS) Agustus yang diperkirakan penambahan kerja sebesar 170 ribu atau penambahan terendah dalam 12 bulan terakhir, juga dapat menekan IHSG.

"Kami juga mewaspadai pertambahan bangkrutnya perusahaan di AS sampai di Juli 2023 yang sebanyak 402 mendekati saat covid-19 yang akan memberikan efek domino terhadap global," imbuh Oktavianus.

Lihat Juga :
Usai Microsoft dan Meta, Giliran T-Mobile PHK 5.000 Karyawan

Dengan sentimen di atas dan kecenderungan tekanan terhadap IHSG, ia pun menyarankan investor untuk wait-and-see atau trading jangka pendek.

Berdasarkan analisis teknikal, Oktavianus pun merekomendasikan beberapa saham yang bisa dikoleksi.

Pertama,saham PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau MTEL yang ditutup menguat 4,93 persen ke posisi 745 pada pekan lalu. Ia memproyeksi MTEL dapat menyentuh level 810 pada pekan ini.

Kedua,saham PT Delta Dunia Makmur Tbk atau DOID yang menguat 1,46 persen ke posisi 418 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi DOID dapat menyentuh posisi 456 pekan ini.

Ketiga,ia merekomendasikan saham PT Telkom Indonesia Tbk atau TLKM yang ditutup stagnan di posisi 3.720 pekan lalu. Ia memproyeksi TLKM dapat menyentuh posisi 3.910 pekan ini.

Keempat,ada saham PT Indofood Sukses Makmur Tbk atau INDF yang menguat 1,42 persen ke posisi 7.125 pekan lalu. Oktavianus memproyeksi INDF dapat menyentuh level 7.500 pekan ini.

Bersambung ke laman berikutnya...

Investor Menanti Data Inflasi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Karier Pesawat Dandy

moon 33 slot
PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk milik Tommy Soeharto menanggapi gugatan terkait pelanggaran perjanjian yang diajukan perusahaan asal Norwegia Parbulk.
PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk milik Tommy Soeharto menanggapi gugatan terkait pelanggaran perjanjian yang diajukan perusahaan asal Norwegia Parbulk. (iStock/Pattanaphong Khuankaew).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto menanggapi gugatan terkait pelanggaran perjanjian (wanprestasi) yang diajukan perusahaan asal Norwegia, Parbulk II AS (Parbulk).

Direktur Utama HITS Tonny Aulia Achmad mengatakan perusahaan menghormati gugatan itu dan akan menjalankan proses dan prosedur hukum dengan sebaik-baiknya.

"Kami sangat menghargai adanya perbedaan, menghormati prosesnya dan akan jalankan prosedur hukumnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Kita serahkan prosesnya kepada pihak berwenang," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (16/8).

Dalam laporan keuangan konsolidasi HITS, lanjut Tonny, gugatan Parbulk itu kembali muncul pada 3 Januari 2023. Tonny menyebut HITS melalui
entitas anak usaha Humpus Sea Transportation Pte., Ltd., yaitu Heritage Maritime Ltd., SA, mengalami wanprestasi atas surat pernyataan penanggungan (Letter of Undertaking) pada 11 Desember 2007.

Tonny mengatakan krisis finansial global pada 2008 menyebabkan tarif jasa pengangkutan kapal saat itu anjlok hingga 70 persen dan Parbulk II AS tidak mengubah nilai tagihan yang dikenakan pada Heritage.

"Heritage merasa keberatan untuk melakukan pembayaran karena Heritage telah mengembalikan kapal tersebut kepada Parbulk II AS untuk memenuhi kontrak, mengingat transaksi tersebut dilakukan dengan skema sewa-beli," katanya.



Tonny menjelaskan Letter of Undertakingtersebut awalnya dibuat dalam rangka kerja sama penyewaan sewa kapal kosong atau Bareboat Charter (BBC) antara Heritage dan Parbulk. Saat itu, Parbulk setuju untuk menyewakan kapal MV Mahakam kepada Heritage dengan tarif sewa US,500 per hari. Penyewaan dilakukan dengan jangka waktu 60 bulan sejak penerimaan kapal pada 14 Desember 2007 dengan jaminan Letter of Undertaking.

Namun, imbuh Tonny, penerbitan Letter of Undertakingyang dilakukan oleh manajemen terdahulu termasuk perbuatan melawan hukum. Karenanya, HITS melayangkan gugatan perdata di PN Jakarta Selatan pada 5 Oktober 2009. Pada 1 Mei 2011, gugatan dikabulkan sebagian oleh PN Jakarta Selatan dan menyatakan Letter of Undertakingyang diterbitkan HITS adalah perbuatan melawan hukum dan tidak mengikat perseroan.

Namun, putusan Kasasi Mahkamah Agung pada 14 Desember 2016 membatalkan Putusan PN Jakarta Selatan yang menyatakan Letter of Undertakingyang diterbitkan HITS adalah perbuatan melawan hukum dan tidak mengikat perseroan.

"Kami yakin proses hukum ini pada akhirnya akan berpihak kepada kami sehingga proses bisnis akan berjalan sebagaimana mestinya sesuai harapan Perseroan untuk setinggi tingginya melindungi kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya," ujar Tonny.

Lihat Juga :
Jokowi Pede Pendapatan Per Kapita RI Melesat Jadi Rp153 Juta di 2033

Parbulk menggugat PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS).

Gugatan itu didaftarkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sejak 30 Januari 2023 lalu dengan nomor perkara 116/Pdt.G/2023/PN JKT.SEL.

Parbulk II AS menggugat HITS karena perusahaan itu telah melanggar perjanjian (wanprestasi) sewa kapal. Dalam perkara ini, Parbulk II AS menunjuk Roni Heilig Marpaung sebagai kuasa hukum.

[Gambas:Video CNN]

Dalam petitumnya, Parbulk II AS meminta hakim menyatakan HITS telah melakukan wanprestasi atas Surat Pernyataan Penanggungan yang ditandatangani oleh tergugat tertanggal 11 Desember 2007.

Perusahaan itu juga meminta hakim menghukum HITS membayar kerugian yang diderita sebesar US.183.659 atau sekitar Rp731,15 miliar (asumsi kurs Rp15.174 per dolar AS).

"Atau nilai yang setara yang dibayarkan dalam bentuk mata uang rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada saat tanggal pembayaran oleh tergugat," demikian bunyi petitum tersebut seperti dikutip pada Kamis (10/8).

Selanjutnya, Parbulk II AS juga meminta hakim untuk menyatakan putusan terhadap perkara a quo dapat dijalankan terlebih dahulu (uitvoerbaar bij voorraad), meskipun terdapat upaya hukum verzet, banding atau kasasi atau bantahan.

Parbulk II AS juga meminta hakim menyatakan sah dan berharga penetapan sita jaminan (conservatoir beslag) yang telah dijatuhkan sebelumnya atas harta kekayaan milik HITS .

Adapun aset HITS yang diminta untuk disita berupa 599.274 lembar saham di PT Humpuss Transportasi Kimia. Lalu, 182.982 lembar saham di PT Humpuss Maritim Internasional.



 

(fby/dzu)

Li Shifan

dapat uang dari rumah
Bappenas berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin di Indonesia.
Bappenas berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berharap kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir tidak akan menambah jumlah penduduk miskin.

Direktur Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Bappenas Maliki mengatakan kenaikan komoditas utama memang menjadi tantangan dalam menurunkan kemiskinan. Ia mengatakan harga beras naik 9,83 persen selama September 2022 hingga Maret 2023.

Lihat Juga :
Harga Beras Kompak Melonjak di Pasar Tradisional Jakarta

Dengan pertumbuhan ekonomi RI yang saat ini di atas lima persen, maka akan memberikan kesempatan kerja lebih baik.

"Jadi dari sini ada faktor positif yang mengurangi kemiskinan," katanya kepada CNNIndonesia.com, Jumat (25/8).

Pilihan Redaksi
  • WFH Demi Atasi Polusi Jakarta dan Ancaman Hangus Rp215 T Sekejap Mata
  • Mengintip Kondisi Ekonomi Kenya yang Presiden Girang Dikunjungi Jokowi
  • Bos BI Prediksi Ekonomi China Melempem, AS Menguat

Namun, efek positif itu akan dipengaruhi juga oleh inflasi. Jika orang miskin miskin dapat pekerjaan tetapi harga barang juga naik, maka yang tadinya akan tidak miskin bisa menjadi miskin kembali.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bansos untuk membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat.

"Nah, sekarang tarik menarik, mana yang paling kuat. Dengan semua tantangan itu, akhirnya kita bisa mengurangi dari 9,54 menjadi 9,36 persen," kata Maliki.

Ia menambahkan bahwa delapan tahun lalu, kenaikan harga beras 10 persen memang bisa menaikkan angka kemiskinan 300 ribu orang. Namun untuk kondisi sekarang, ia belum mengetahui pasti seberapa besar dampak kenaikan harga beras pada kemiskinan.

"Kita memang harus melihat semua faktor tadi," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/rds)

Perpustakaan Tiandao

judi slot online terbaru
Masyarakat Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) mendapatkan harapan baru untuk menunjang mobilitas mereka sehari-hari; LRT Jabodebek.
Masyarakat Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) mendapatkan harapan baru untuk menunjang mobilitas mereka sehari-hari; LRT Jabodebek. (ANTARA FOTO /Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia--

MasyarakatJakarta, Bogor, Depok dan Bekasi(Jabodebek) mendapatkan harapan baru untuk menunjang mobilitas mereka sehari-hari;LRT Jabodebek.

Setelah beberapa tahun berjalan, proyek senilai Rp32 triliun ini akhirnya selesai juga Agustus ini. Jika tidak ada aral melintang, Kemenhub menyebut akhir bulan ini moda transportasi itu akan dioperasikan. 

Nah, sebelum menikmati operasi LRT ini, ada baiknya masyarakat tahu beberapa hal tentang proyek ini. Presiden Jokowi beberapa waktu lalu cukup membanggakan proyek ini. Kenapa?

Pasalnya, rangkaian LRT termasuk sistem dioperasikan tanpa masinis. Ini berkat kolaborasi INKA, PT Industri Kereta Api atau INKA, PT LEN Industri (Persero) dan perusahaan top multinasional di bidang teknologi dunia.

Kolaborasi menghasilkan sistem persinyalan dan Operation Control Centre (OCC). OCC ini berfungsi sebagai sistem monitor sistem persinyalan, kelistrikan dan pusat telekomunikasi berbasis CCTV.

Teknologi inilah yang kemudian membuat LRT Jabodebek bisa melaju tanpa harus dikemudikan masinis.

Alasan lain, kecanggihan konstruksi yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Kecanggihan ini tercermin dari pembangunan kereta box beton lengkung bentanglong spanyang berada di Jalan Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Pusat.

Asal tahu saja, lengkung bentang ini membentang sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter dengan menggunakan beton seberat 9.6888,8 ton. Lengkung ini merupakan karya rancangan Arvilla Delitriana beserta tim dari ITB. 

Karena kecanggihan itu, pembangunan itu mendapatkan catatan rekor MURI.

Jokowi mengatakan meski dibuat anak negeri, secara kualitas LRT Jabodebek tak kalah dari buatan asing.

"Ya saya tadi nyaman cepat dan tidak berisik. Saya kira pas belokan saja tadi ada bunyi kecil sekali," ujarnya di Stasiun TMII beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]

Lalu siapa yang mendesain kereta LRT-nya?

Kereta LRT didesain oleh Dosen Departemen Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Agus Windharto.

Dalam mendesain armada ini, Agus mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya, ergonomis dan kenyamanan penumpang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Memperhatikan kebutuhan itu, ia mendesain jalan di armada yang lebar. 

Aspek lain, aksesibilitas menuju pintu keluar. Agus turut mempertimbangkan tata letak akomodasi serta aksesibilitas menuju pintu keluar.

Tata letak dirancang sebagai salah satu aspek keselamatan penumpang bila terjadi kecelakaan. Yang lain, terkait penggunaan material aluminium extrusionpada car body.

Lihat Juga :
Jokowi Sebut MRT hingga Kereta Cepat Solusi Polusi Udara Jakarta

Penggunaan material itu diharapkan bisa mengurangi beban hingga 20 ton dibanding penggunaan material stainless steel.

Desain LRT tersebut telah mendapatkan penghargaan Good Design Indonesia atau penghargaan karya desain terbaik di Indonesia pada 2022 dari Kementerian Perdagangan RI.

Selain itu, LRT juga memiliki teknologi lain.

Pertama,U-Shapped Girder yang diadopsi oleh Adhi Karya dari Prancis. Teknologi diterapkan demi menyiasati keterbatasan ruang di Jakarta karena memang desainnya ramping.

U-Shape Girder merupakan pondasi struktur bangunan LRT Jabodebek dengan cetakan beton berbentuk huruf "U". Teknologi ini pertama kali digunakan di Indonesia dan lahir di Pabrik Beton Pracetak milik ADHI. Teknologi ini diadopsi dari Prancis.

Lihat Juga :
Tiket Gratis Kereta Cepat Kembali Dibuka 8-10 Oktober

U-Shape Girder memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya adalah kecepatan dalam proses pembangunan.

Hal tersebut membuat proyek efisien dalam segi waktu dan biaya, sehingga dalam proses pembangunan tidak perlu memakan waktu terlalu lama. Bentuknya yang tipis dan ramping dapat mengurangi biaya serta dapat meningkatkan unsur estetika, tanpa sedikit pun mengurangi fungsi strukturnya.

Kedua,LRB atau lead core rubber bearing. Teknologi ini diterapkan untuk mengisolasi struktur jembatan LRT dari pergerakan tanah akibat gempa.

Ketiga, SDAS atau seismic detector alarm system yang bisa digunakan untuk mendeteksi terjadinya gempa.

Keempat,sandwich panel. Teknologi ini diterapkan dalam desain stasiun yang futuristic dengan inovasi bahan baku ramah lingkungan yang aman bagi manusia. 

Lihat Juga :
Asa Baru Meredam Polusi Ibu Kota dari Kehadiran LRT Jabodebek

Kecanggihan teknologi dan desain LRT ini pun menggugah Saeful. Pegawai swasta di Jakarta ini mengaku sudah tak sabar ingin mencoba menjajal LRT.

"Sepertinya tertarik, ingin mencoba bagaimana rasanya," katanya. 

Ia berharap upaya masyarakat menyediakan sarana transportasi nyaman seperti LRT ini ke depan didukung masyarakat supaya kemacetan di ibu kota yang telah menimbulkan kerugian sampai puluhan triliun per tahun bisa diatasi. 

"Harapannya jelas. Semoga dengan adanya LRT ini bisa mengurangi kemacetan di Jakarta. Tapi ya balik lagi, kalau tidak didukung sama masyarakatnya sama saja bohong," katanya.

Lihat Juga :
Dishub Sebut 7 Negara Minat Biayai Proyek LRT di Bali
(mrh/agt)