petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

kredivo cicilan 0

kode alam ikan lele 137Jutaan kata 973867Orang-orang telah membaca serialisasi

《kredivo cicilan 0》

Kemenperin Gandeng Polda Sulteng Usut Ledakan Smelter ITSS Morowali******

Kemenperin berkoordinasi secara intens dengan Puslabfor Polda Sulteng terkait penanganan kasus meledaknya tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah.
Kemenperin berkoordinasi secara intens dengan Puslabfor Polda Sulteng terkait penanganan kasus meledaknya tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulawesi Tengah. (Dok.katsaing ketua Exco Partai Buruh Kab Morowali via CNBC Indonesia).
Denpasar, CNN Indonesia--

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkoordinasi secara intens dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Polda Sulteng) terkait penanganan kasus meledaknya tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kemenperin Andi Rizaldi menyebut pihaknya bakal memberikan keterangan lebih lanjut mengenai penyebab ledakan tersebut, usai keluar hasil penyelidikan oleh Puslabfor Polda Sulteng.

"Nanti setelah ada hasil penyelidikan, mungkin nanti dari Keputusan Perindustrian akan memberikan rilis dengan Polda Sulawesi Tengah. Jadi saat ini kita masih menunggu hasil dari penyelidikan koordinasi antara Polda dengan Kemenperin," kata Andi dalam konferensi pers Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Desember 2023 di Hyatt Regency Bali, Kamis (28/12).

"Saat ini tim Kemenperin sedang berkoordinasi intens dengan Puslabfor Polda Sulteng. Jadi seperti prosedur pada umumnya, apabila terjadi kecelakaan maka kepolisian, dalam hal ini Polda Sulteng menurunkan tim dari pusat laboratorium forensik," jelas Andi lebih lanjut.

Lebih lanjut, Andi mengatakan Kemenperin saat ini terus memantau perkembangan dari hasil uji laboratorium forensik maupun oleh TKP yang dilakukan oleh Polda Sulteng.

Kemenperin juga sebelumnya sudah menurunkan tim khusus penanganan kecelakaan kerja meledaknya tungku smelter PT ITSS tersebut.

"Kamu mendapat laporan bahwa pasca-kecelakaan ini, para korban ditangani dengan baik. Kami juga berharap perusahaan kooperatif dengan tim investigasi kecelakaan kerja yang diturunkan ke lokasi. Semoga kejadian ini tidak terulang lagi," kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif, Minggu (24/12).

Lihat Juga :
Daftar 40 Kota Mau Disulap Anies Setara Jakarta Jika Menang Pilpres

Ia menyampaikan tim bakal melakukan investigasi kecelakaan tersebut. Hasil investigasi itu nantinya untuk mengetahui penyebab musibah yang menewaskan sembilan orang itu. Selain itu, hasil investigasi juga dapat menjadi evaluasi untuk perusahaan dalam pengawasan dan pengendalian penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Jadi Standard Operation Procedure (SOP) benar-benar dijalankan dengan benar, termasuk yang berkaitan dengan pekerjanya dan teknologi yang digunakan," jelas dia.

Sebelumnya, tungku smelter milik PT ITSS di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah meledak saat pekerja memperbaiki bagian tungku. Saat tungku tersebut sedang tidak beroperasi dan dalam proses perbaikan, terdapat sisa slag atau terak dalam tungku yang keluar, lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi.

Beberapa tabung oksigen di sekitarnya juga ikut meledak hingga menimbulkan kobaran api.

Hasil investigasi awal, penyebab ledakan diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut terjadi ledakan secara tiba-tiba.

Akibat kejadian ini, sedikitnya 13 orang tenaga kerja tewas. Mereka terdiri dari empat orang tenaga kerja asing (TKA) asal China, dan sembilan tenaga kerja Indonesia (TKI).

[Gambas:Video CNN]



(del/sfr)

Bosch PHK 1.200 Karyawan Divisi Software******

Bosch bakal PHK 1.200 karyawan di divisi pengembangan perangkat lunak (software) pada akhir 2026.
Bosch bakal PHK 1.200 karyawan di divisi pengembangan perangkat lunak (software) pada akhir 2026. (Foto: AFP/THOMAS KIENZLE)
Jakarta, CNN Indonesia--

Pemasok otomotif Boschakan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.200 karyawan di divisi pengembangan perangkat lunak (software) pada akhir 2026.

Kabar pengurangan tenaga kerja ini diungkapkan pihak perusahaan pada Kamis (18/1). Ia mengonfirmasi hal ini melalui surat kabar harian Handelsblatt.

Manajemen mengaku belum melakukan pertemuan dengan dewan pekerja untuk mendiskusikan rencana PHK yang telah dibahas sebelumnya.

"Perekonomian yang lemah dan inflasi yang tinggi, yang antara lain disebabkan oleh kenaikan biaya energi dan komoditas, saat ini memperlambat transisi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, dikutipReuters, Jumat (19/1).

Juru bicara Bosch mengklaim para karyawan dalam divisi yang terkena dampak juga sudah diberitahu mengenai rencana ini.

Sebelumnya, Bosch dikabarkan akan melakukan PHK terhadap 1.500 karyawannya di dua pabrik Jerman pada 2025.

Perusahaan berdalih PHK untuk menyesuaikan tingkat staf terhadap perubahan permintaan dan teknologi di sektor otomotif.

"Seperti perusahaan lain, kami harus menyesuaikan tingkat lapangan kerja dengan situasi pesanan, perubahan struktural di sektor penggerak dan penetrasi pasar teknologi masa depan," kata juru bicara Bosch dalam komentar email, Minggu (10/12).

"Karena tujuan itu, kami melihat perlunya penyesuaian hingga 1.500 kapasitas personel di bidang pengembangan, administrasi, dan penjualan di divisi drives di lokasi Feuerbach dan Schwieberdingen pada akhir 2025," tambah mereka.

[Gambas:Video CNN]

(del/pta)

Erick Thohir Hingga Low Tuck Kwong Terima CNBC Indonesia Awards 2023******

Menteri BUMN Erick Thohir hingga raja batu bara Indonesia Low Tuck Kwong menerima penghargaan CNBC Indonesia Awards 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir hingga raja batu bara Indonesia Low Tuck Kwong menerima penghargaan CNBC Indonesia Awards 2023. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir hingga raja batu bara IndonesiaLow Tuck Kwong menerima penghargaan CNBC Indonesia Awards 2023.

Penghargaan kepada keduanya diserahkan langsung oleh Chairman and Founder of CT Corp Chairul Tanjung, Rabu (13/12) malam.

Lihat Juga :
OIKN Jawab Kritik Anies soal IKN di Debat Pertama Capres

"Kepada CNBC dan Pak CT, terima kasih atas penghargaannya. Ini bisa terjadi karena memiliki talenta terbaik. Banyak pimpinan BUMN dapat penghargaan. Secara transparan menilai pimpinan BUMN dengan KPI yang terukur, kita punya grooming," ucap Erick.

Menurutnya, banyak pemimpin BUMN yang juga mendapatkan penghargaan dalam CNBC Indonesia Awards 2023 membuktikan kualitas mereka. Sebab, pimpinan BUMN selama ini memiliki key performance indicator yang terukur.

Tak hanya itu, Erick mengatakan kepemimpinan perempuan yang menempati kursi direksi BUMN saat ini telah mencapai 21 persen. Erick menargetkan jumlah direksi perempuan BUMN dapat mencapai 25 persen.

Berdasarkan data benchmarking global, Erick menyampaikan keterwakilan perempuan akan berkontribusi sebesar 3,5 persen terhadap peningkatan laba kotor perusahaan.

Erick mengatakan pencapaian kinerja BUMN yang meningkat signifikan sepanjang 2023 tak lepas dari meningkatnya posisi perempuan di BUMN. Erick mengatakan, saat ini hampir 11 persen pimpinan BUMN berusia di bawah 42 tahun.

"Saya rasa award ini untuk semua pimpinan BUMN yang hadir," ujar Erick.

Sementara Low Tuck Kwong diberikan penghargaan untuk kategori Lifetime Achievement Award 2023. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada salah satu sosok orang terkaya di Tanah Air itu yang memiliki kiprah besar dan komitmen dalam perkembangan industri batu bara di Indonesia.

Selain Erick dan Low Tuck Kwong, Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN Darmawan Prasodjo juga turut mendapatkan penghargaan untuk kategori CEO Of The Year. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas sepak terjang pria yang akrab disapa Darmo itu dalam memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis PLN.

Pilihan Redaksi
  • Hitung-hitungan Efek Pemilu 2024 ke Pertumbuhan Ekonomi versi Kemenkeu
  • Ganjar-Prabowo Sepakat Perlu Investasi Besar Buat Atasi Pengangguran
  • Anak Buah Teten Sebut TikTok Shop Masih Jualan di Medsos

"Terima kasih atas penghargaan ini. Hal ini jadi bukti keberhasilan PLN di mana 4 tahun yang lalu Pak Erick berpesan kepada kami, untuk menghadapi transisi energi dengan lakukan dua hal. Pertama transformasi kedua digitalisasi," kata Darmo.

"Maka atas saran Pak Erick kami melakukan digitalisasi transisi, institusi, pelayanan pelanggan, keuangan. Sehingga pada covid kami mengurangi utang dan bisa membukukan laba bersih dua kali berturut-turut. Terbaik dalam sejarah PLN," sambungnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun diberikan penghargaan untuk kategori Prominent Figure in Cybercrime Eradication. Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Budi Arie yang telah melakukan gebrakan selama menjabat sebagai Menkominfo.

Sementara kategori Maestro CEO of The Year diberikan kepada Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), kategori The Most Impressive CEO kepada Direktur Utama BSI Hery Gunardi, hingga penghargaan Person of The Year in Good Governance kepada Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin.

Dalam sambutannya, Burhanuddin mengapresiasi penghargaan yang diterimanya di ujung tahun 2023 ini.

"Ini adalah penghargaan ke-30 yang kami terima selama saya menjadi Jaksa Agung. Terima kasih untuk CNBC Indonesia dan terima kasih kepada Pak Chairul Tanjung," ucap dia.

(del/rds)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:bahasatoto

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
buku tafsir mimpi erek erek 2d
pola mahjong 2
info slot gacor sekarang
baru slot
rajaspin
slot gacor deposit pakai qris
indo6d
pola trik olympus hari ini
slot gacor terbaru
Daftar isi semua bab
Bab 1 168jackpot
Bab 2 paito xiamen lottery
Bab 3 bola slot138
Bab 4 gacor 500
Bab 5 situs slot paling gacor sedunia
Bab 6 3d abjad erek erek
Bab 7 potongan pinjaman kredivo
Bab 8 kingdomtt
Bab 9 cara ngredit hp di akulaku
Bab 10 slot tergacor hari ini
Bab 11 jam jam gacor slot
Bab 12 abjad 4d
Bab 13 bocoran slot gacor hari ini pragmatic
Bab 14 info slot gacor 2023
Bab 15 idcash88
Bab 16 pinjam dompet
Bab 17 uang388
Bab 18 tafsir mimpi 2d angka
Bab 19 slot situs online
Bab 20 agen asia88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah7513bab
fiksi ilmiahBacaan TerkaitMore+

Keluarga Pengharum Mayat

aplikasi kredit termurah
Kejaksaan Agung (Kejagung) RI resmi menetapkan crazy rich asal Surabaya Budi Said (BS) sebagai tersangka kasus korupsi emas.
Kejaksaan Agung (Kejagung) RI resmi menetapkan crazy rich asal Surabaya Budi Said (BS) sebagai tersangka kasus korupsi emas. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI resmi menetapkancrazy richasal Surabaya Budi Said (BS) sebagai tersangka kasus korupsi emas.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan Budi terlibat dalam pemufakatan rekayasa jual beli emas yang merugikan PT Aneka Tambang (persero) Tbk berdasarkan alat bukti yang ada.

Berikut profil Budi Said yang kini menjadi tersangka:

Mengutip CNBCIndonesia.com, Kamis (18/1), Budi menjabat sebagai Direktur Utama PT Tridjaya Kartika Grup, perusahaan properti yang bermarkas di Surabaya.

Perusahaan tersebut memiliki beberapa proyek residensial antara lain Kertajaya Indah Regency, Florencia Regency, dan Taman Indah Regency. Selain itu perusahaan juga merupakan pemilik pusat perbelanjaan Plaza Marina

Plasa ini berisi toko-toko yang menyediakan kebutuhan elektronik, produk fesyen, hingga salon kecantikan. Selanjutnya, Tridjaya Kartika Grup juga memiliki apartemen bernama Puncak Marina Apartments.

Pada 2022 lalu Budi pernah memenangkan gugatan di Mahkamah Agung dengan tergugat Antam. MA saat itu menghukum Antam membayar ganti rugi kepada Budi sebesar 1.136 kilogram atau 1,1 ton emas batangan 24 karat.

Namun, dengan status tersangka dari Kejagung, Budi akan ditahan di Rutan Salemba cabang Kejagung selama 20 hari ke depan. Atas perbuatannya, Budi dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Jo asal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 Jo UJ RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Perubahan atas U RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang TipikorJo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Kemegahan Netheril

link alternatif situs slot
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (17/12). Intip daftar produk elektronik yang banting harga di Transmart berikut ini.
Transmart Full Day Sale balik lagi hari ini, Minggu (17/12). Intip daftar produk elektronik yang banting harga di Transmart hari ini! (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Ada banyak produk terpilih yang didiskon di Transmart Full Day Sale hari ini Minggu (17/12), salah satunya produk elektronik yang banting harga gede-gedean!

Mulai dari AC, kulkas, sampai televisi semuanya ada potongan harga kalau belanja di Transmart hari ini.

Lihat Juga :
Jangan Lupa Belanja ke Transmart Hari Ini, Ada Diskon 50%+20%
  • AC split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga nomal Rp4.199.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp2.699.200. Harga khusus pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • AC split 1/2 PK merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga nomal Rp.3.899.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp2.799.200. Harga khusus pembelian di Transmart Luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.049.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp8.799.200. Harga khusus pembelian di Transmart Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • Kulkas side by side 472L merek LG, Polytron, Panasonic, Sharp, Samsung, harga normal Rp12.649.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp9.239.200. Harga khusus pembelian di Transmart Luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.
  • LED TV 50" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp6.969.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp4.799.200. Harga berlaku nasional.
  • LED TV 65" UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, harga normal Rp11.209.000, harga diskon menggunakan Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah jadi Rp7.679.200. Harga berlaku nasional.

Murah-murah banget kan? Jangan lupa bayarnya pakai Allo Prime, Bank Mega, Bank Mega Syariah, supaya dapat potongan harga tersebut.

Kalau belum punya Kartu Kredit Bank Mega, enggak perlu khawatir, ya. Ada unit pembukaan instan di booth yang tersedia di gerai Transmart.

Nah bagi yang belum punya Allo Prime, tinggal unduh aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore dan upgrade akun ke Allo Prime.

Yuk, segera merapat ke Transmart terdekat untuk menikmati diskon melimpah di gelaran Full Day Sale dan bawa pulang barang elektronik yang lagi banting harga ini!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Kaisar Wu dari Jiuzhou

qdewa
Bulog mengatakan beras impor sisa pada 2023 bakal masuk ke Indonesia pada Februari, sebelum musim panen raya.
Bulog mengatakan beras impor sisa pada 2023 bakal masuk ke Indonesia pada Februari, sebelum musim panen raya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Manajer Humas dan Kelembagaan PerumBulog Tomi Wijaya menyebutberas impor sisa 2023 bakal masuk ke Indonesia sebelum musim panen raya.

Tomi mengatakan sejak diberikan penugasan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bulog langsung memproses masuknya beras impor itu.

"Sebagian besar sudah masuk, hanya sisa sedikit dalam perjalanan yang baru dikontrak akhir tahun lalu," kata Tomi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (5/1).

"Sisa dalam perjalanan diperkirakan akan masuk semua bulan Februari, artinya sebelum panen raya," lanjut dia.

Musim panen raya pertama tahun ini kemungkinan paling cepat pada April mendatang. Namun bisa jadi mundur ke Mei-Juni 2024.

Terkait dengan itu, Jokowi menuturkan pemerintah melalui Perum Bulog telah menandatangani kontrak impor beras sebesar 1 juta ton dari India untuk 2024.

"Untuk 2024, Alhamdulillah kemarin Pak Kepala Bulog dari India sudah sampaikan ke saya, 'Pak, sudah tanda tangan 1 juta ton'," ungkap Jokowi dalam acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024 di st Regis Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (22/12).

Tak hanya 1 juta ton dari India, Jokowi juga bercerita dirinya berhasil mengamankan impor beras sebanyak 2 juta ton dari Thailand.

Kesepakatan impor beras Thailand ini dicapai saat pertemuannya dengan Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin di KTT Asean-Jepang beberapa waktu lalu.

"Saya sampaikan keinginan untuk impor dari Thailand. Saya sampaikan Indonesia butuh 2 juta ton. Beliau siangnya kemudian dan timnya di Thailand sampaikan ke saya, sorenya 'Presiden Jokowi, 2 juta ton Thailand siap kirim ke Indonesia'," lanjut dia.

Jokowi menjelaskan upaya impor beras dari India dan Thailand ini ditempuh untuk mengamankan cadangan strategis ketahanan pangan di tanah air.

"Untuk amankan cadangan strategis ketahanan pangan kita harus lakukan. Artinya kita sudah dapat tanda tangan, satu India, dua Thailand. Paling ndak, rasa aman kita dapat urusan pangan," tuturnya.

[Gambas:Video CNN]

Catatan Redaksi: Redaksi mengubah judul terkait dengan pembaruan informasi dari pihak narasumber.

(del/pta)

Perdamaian di akhir dunia

cara mencairkan limit kredit kredivo
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,26 persen ke 7.242 pada Selasa (16/1).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,26 persen ke 7.242 pada Selasa (16/1). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.242 pada Selasa (16/1).

Indeks saham menguat 18,78 poin atau plus 0,26 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11,46 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21,33 miliar saham.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia melemah. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,76, indeks Kospi di Korea Selatan turun 1,12 persen, dan indeks Hang Seng Composite di Hong Kong turun 2,05 persen.

Senada, bursa saham Eropa kompak melemah.

Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,52 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,71 persen, dan indeks DAX di Jerman turun 0,71 persen.

Sebaliknya, bursa Amerika mayoritas ditutup perkasa. Indeks S&P 500 menguat 0,08 persen, indeks NYSE naik 0,11 persen, dan indeks NASDAQ Composite naik 0,007 persen.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Dewa Bunga dan Selir Iblis

warkop4d
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap presiden yang terpilih dalam Pilpres 2024 bakal perhatian terhadap perkembangan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap presiden yang terpilih dalam Pilpres 2024 bakal perhatian terhadap perkembangan UMKM. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap presiden yang terpilih dalam Pilpres 2024 bakal perhatian terhadap perkembangan industri UMKM.

Menurut Teten, UMKM berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi negara, salah satunya menyediakan 97 persen lapangan pekerjaan.

Lihat Juga :
Menebak 'Senjata' Ekonomi Cak Imin, Gibran, Mahfud di Debat Malam Ini

Teten mengatakan saat ini UMKM masih mengalami sejumlah tantangan, termasuk soal pendanaan. UMKMyang mendominasi perekonomian justru jarang menerima kredit dari perbankan. Kondisi itu, katanya, merupakan paradoks.

"Ada paradoks ekonomi Indonesia, di mana ekonomi Indonesia didominasi UMKM, 97 persen lapangan kerja disediakan oleh UMKM, tapi pembiayaan perbankan lebih banyak ke korporasi. Hanya 21 persen (pembiayaan ke UMKM) sekarang. Jadi (saya heran) tidak ada yang menganggap ini suatu masalah, suatu paradoks," ungkap Teten.

Pilihan Redaksi
  • Tokopedia Beber Alasan TikTok Shop Masih Transaksi di Platform Sendiri
  • Teten Sebut TikTok Shop Masih Langgar Aturan
  • Luhut Ungkap Kondisi Kesehatan Terbaru

Teten mengatakan kesulitan mendapatkan kredit dari perbankan membuat UMKM beralih dengan meminjam ke rentenir dan fintechP2P lending.

"Faktor terutama (UMKM sulit dapat pinjaman) karena agunan. UMKM soal (pembayaran) bunga itu tidak masalah yang penting mudah (dapat pinjaman). (Makanya) Mereka pindah ke fintech(jumlahnya) tinggi, ke rentenir tinggi, (bagi mereka) tidak masalah yang penting sekarang kemudahannya (mendapat pinjaman)," ungkap Teten.

(fby/rds)

[Gambas:Video CNN]

Erha mengembara di dunia lain

link slot yang gacor hari ini
IMIP menghentikan sementara operasi pabrik ferrosilicon usai ledakan tungku smelter ITSS yang menewaskan 13 orang Minggu (24/11) kemarin.
IMIP menghentikan sementara operasi pabrik ferrosilicon usai ledakan tungku smelter ITSS yang menewaskan 13 orang Minggu (24/11) kemarin. (Dok.katsaing ketua Exco Partai Buruh Kab Morowali via CNBC Indonesia).
Morowali, CNN Indonesia--

Manajemen PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menghentikan sementara operasional pabrik ferrosilicon usai ledakan tungku smelter nikelPT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) pada Minggu (24/12) kemarin.

Tungku smelter nikel PT ITSS berada di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

"Saat ini Manajemen PT IMIP telah menghentikan operasional sementara pada lokasi kejadian pabrik ferrosilicon PT ITSS di kawasan industri PT IMIP," kata Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan, Senin (25/12).

Dalam kronologi yang disampaikannya Minggu kemarin, Dedy mengatakan kejadian itu bermula saat sejumlah pekerja melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku.

Imbas kecelakaan itu, 13 orang pekerja tewas.

Dedy pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI serta pemerintah kabupaten setelah kejadian tersebut.

"Hingga saat ini manajemen PT IMIP juga masih melanjutkan investigasi bersama tim gabungan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, tim penyelidikan dari Polda Sulteng, HRD PT IMIP, Safety PT IMIP, dan Safety Tenant," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolda Sulteng, Irjen Pol Agus Nugroho menuturkan bahwa pihaknya telah membentuk tim untuk menyelidiki kejadian tersebut dengan melibatkan Tim Laboratorium Forensik Polri.

"Saat ini kita juga sudah membentuk tim penanganan penyelidikan terhadap perkara ini dengan melibatkan dari polda dengan tim laboratorium dari Makassar," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(mir/agt)