petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

erek erek pinang

cara dapat uang dari neo+ bank 553Jutaan kata 621546Orang-orang telah membaca serialisasi

《erek erek pinang》

Cerita Kedai Kopi Bantu Ratusan Petani Lokal Eksis******

Pelaku UMKM kedai kopi berbagi cerita tentang upaya menggandeng ratusan petani kopi lokal mulai dari Aceh hingga Papua.
Pelaku UMKM kedai kopi berbagi cerita tentang upaya menggandeng ratusan petani kopi lokal mulai dari Aceh hingga Papua. Ilustrasi. (iStock/Davizro).
Surabaya, CNN Indonesia--

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Maklum, lahan kopi tersebar di hampir seluruh provinsi bahkan daerah terpencil.

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika serikat (USDA) pada 2020, Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai produsen kopi terbesar setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia.

Beberapa kopi daerah populer di antaranya kopi Gayo Sumatera, kopi Ijen Jawa, kopi Kintamani Bali, kopi Toraja Sulawesi, hingga kopi Wamena Papua.

Melihat banyaknya petani kopi nusantara, salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yakni Initial Coffee Roaster tergerak untuk membantu petani lokal mengepakkan sayap di kancah nasional maupun global.

Pemilik Initial Coffee Roaster Ivan Hartanto mengatakan kedai kopinya setiap tahun menggandeng ratusan petani lokal, mulai dari Aceh, Jawa, hingga Papua, untuk diolah di kedai kopinya maupun diekspor ke luar negeri.

"Sekitar 750 sampai 1.000 petani tiap tahunnya kita beli kopinya dalam bentukgreen beans, untuk Initial Coffee maupun kita eksporkan dan lain sebagainya," kata Ivan saat ditemui di Surabaya, Jawa Timur.

Lihat Juga :
Grab Jelaskan Alasan Tutup GrabKitchen di Indonesia

Ivan mengatakan Initial Coffee Roaster membeli biji kopi langsung dari petani tanpa melalui perantara. Pembelian itu juga dilakukan di awal agar para petani memiliki pegangan modal untuk mengembangkan lahan kopi mereka.

Ivan berujar dengan menggandeng ratusan petani lokal, ia ingin kedai kopinya fokus padaspecialty coffeeatau kopi spesial berkualitas tinggi yang diproduksi langsung dari perkebunan khusus. Sebab, di Indonesia kopi spesial baru menyentuh angka satu persen dari total konsumsi kopi dalam negeri.

Apalagi ditambah dengan kehadiran kopi-kopi mancanegara sebagai pesaing kopi lokal. Ia tak ingin kopi Indonesia kalah saing di negaranya sendiri.

"Jadi memang misinya gimana memperluas market specialty coffee. Karenamarket specialty coffeesebenarnya di Indonesia ini baru sekitar satu persen dari total konsumsi kopi di Indonesia," ujar Ivan.

Lihat Juga :
Faisal Basri Sebut Indonesia Aman dari Resesi, Kok Bisa?

Kopi spesial itu sendiri, kata Ivan, tidak hanya membantu memberdayakan petani kopi, tetapi juga seluruh rantai industri kopi seperti koperasi, pemilih biji kopi atau grader, penyangrai kopi atau roaster, hingga barista. Dengan demikian, lebih banyak manfaat yang didapatkan melalui kopi spesial tersebut.

"Supaya memperlebar nilai di mata rantai ini," ucapnya.

Buka Kelas Edukasi

Tidak hanya membantu petani lokal, Initial Coffee Roaster turut membantu masyarakat dalam sejumlah program edukasi yang kedai itu usung.

Sejak 2017, Initial Coffee Roaster mendirikan Initial Coffee Academy. Program itu memiliki empat kelas kursus, yakni Intensive Barista Course, Intensive Roasting Course, Business Preparation Course, dan Basic Sensory Course.

Lihat Juga :
Dua Orang Terkaya di Dunia Wanti-wanti Ancaman Resesi Global

Kelas-kelas ini membantu masyarakat mengenal industri kopi secara intensif dan mendalam. Kelas ini juga membantu mereka yang ingin memulai bisnis untuk mempersiapkan kit atau segala hal yang akan dihadapi bila ingin membuka kedai kopi.

"Jadi di academy kita turunkan itu untuk membuka ilmu kopi ini apa. Kita ingin berbagi ilmu kita, baik dari barista, terus roasting, terus ada juga sampai bahkan bisnis coffee.Ini seperti apa sih kalau mau berbisniscoffee shop," tutur Ivan.

Mengenai kelas ini, Ivan mengatakan sudah ada lebih dari 300 orang yang mengikuti program akademi. Mereka yang telah menyelesaikan kursus juga banyak yang kemudian bergabung dengan kedai kopi maupun membuka kedai sendiri.

"Ada yang joindi tempat lain, ada yang buka sendiri, atau bahkan ikut sini," kata Ivan.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Strategi di Masa Pandemi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Ikatan Apoteker Minta Pemerintah Bijak Soal Larangan Obat Sirop Anak******

Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia.
Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat sirop anak di Indonesia. (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ikatan ApotekerIndonesia (IAI) meminta pemerintah bijak dalam mengambil keputusan melarang sementara obat siropanak di Indonesia.

Hal ini terkait dengan 66 anak meninggal akibat gagal ginjal yang merebak di Gambia, Afrika. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghindari penggunaan parasetamol sirop.

"Kami dari IAI meminta lebih bijak dalam mengambil satu keputusan karena jangan sampai keputusan tersebut menimbulkan tantangan baru," ungkap Juru Bicara Dewan Pakar IAI Keri Lestari Dandan kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Keri menyebut pada akhirnya konsumsi obat beralih ke puyer. Padahal tidak semua obat bisa dijadikan obat puyer.

Karenanya, pemilihan bentuk sediaan obat, antara sirop atau puyer, tidak bisa disamaratakan.

"Ada juga faktor risiko dan benefit yang kami pertimbangkan. Contoh misalkan ada anak-anak dalam kondisi sulit menelan jika diberi puyer, maka harus diberi sirop. Nah, ada yang biasa konsumsi obat sirup tidak masalah. jadi tidak semua terdampak," imbuhnya.

Oleh karena itu, Keri mengatakan pihaknya sedang menyusun rekomendasi langkah bijak untuk menanggulangi risiko masalah ini. Apalagi, sejawat dokter Indonesia tidak mengklasifikasikan ini sebagai gagal ginjal, tapi anak dengan gangguan ginjal.

[Gambas:Video CNN]

Lebih lanjut, IAI masih menunggu penjelasan dari Kemenkes tentang kadar EG yang diperbolehkan dalam obat sirop.

Keri menjelaskan, berdasarkan USP 43 tahun 2020, EG diethylene glycol adalah bisa jadi cemaran dari gliserin, propilen glikol, dan polietilena glikol (PEG).

"Mungkin saja EG pada sediaan yang mengandung gliserin/propilen dan kurang dari sama dengan 0,1 persen masih ditolerir. Yang jadi masalah jika diatas itu. ada juga PEG tidak boleh lebih dari 0,25 persen. Jadi temuan tersebut pada kadar berapa," kata Keri.

Ia juga mengatakan pihaknya akan menelisik anak-anak yang mengalami gangguan ginjal tersebut. IAI akan mencari tahu makan dan obat apa saja yang dikonsumsi si anak.

"Jadi harus bijak. Karena kalau hanya satu obat, ini mudah melihatnya karena pengguna obat tersebut bakal terdampak. Tapi ini tidak. Jadi ada berbagai kemungkinan," tandasnya.

Kemenkes telah menginstruksikan agar apotek maupun tenaga kesehatan di Indonesia untuk sementara ini tidak menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk cair atau sirop kepada masyarakat.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Prediksi 4 Negara Masih Kebal Resesi di 2023, Termasuk RI

Upaya itu dilakukan sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia.

"Untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus yang lebih banyak, atau kematian yang berikutnya. Kita berhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian atau penelusuran kami," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril.

Syahril menjelaskan dari temuan 206 kasus yang berdasarkan laporan 20 provinsi di Indonesia, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

(mrh/agt)

Kimia Farma Setop Penjualan Obat Sirop Buntut Kasus Gagal Ginjal Akut******

PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualan obat sirop buntut penyebaran gagal ginjal akut progresif atipikal di Indonesia yang menimpa 206 orang.
PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualan obat sirop buntut penyebaran gagal ginjal akut progresif atipikal di Indonesia yang mencapai 206 orang. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT Kimia Farma Tbk menghentikan penjualanobat siropbuntut penyebaran gagal ginjalakut progresif atipikal di Indonesia yang mencapai 206 orang per Selasa (18/10).

"Menindaklanjuti arahan dari pemerintah, untuk saat ini kami menghentikan sementara distribusi dan penjualan produk obat sediaan cairan/sirop," kata Sekretaris Perusahaan Kimia Farma Ganti Winarno Putro kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Kendati, Ganti belum bisa memastikan sampai kapan penghentian penjualan obat sirup ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menginstruksikan agar apotek maupun tenaga kesehatan di Indonesia untuk sementara ini tidak menjual atau meresepkan obat bebas dalam bentuk cair atau sirop kepada masyarakat.

Upaya itu dilakukan sebagai kewaspadaan atas temuan gangguan ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia.

Lihat Juga :
Mengenal IMF, 'Dokter' bagi Negara yang Ekonomi Sedang 'Sakit'

"Untuk sementara ini Kemenkes sudah mengambil langkah untuk menyelamatkan kasus yang lebih banyak, atau kematian yang berikutnya. Kita berhentikan sementara penggunaannya sampai selesai penelitian atau penelusuran kami," ujar Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, Rabu (19/10).

Syahril menjelaskan dari temuan 206 kasus yang berdasarkan laporan 20 provinsi di Indonesia, 99 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)




bab terbaru:jam gacor mega wheel

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
online gacor
slot gacor slot gacor
voucher telkomsel 2 5gb
situs game slot online terpercaya
arta88
pinjol uangme
yok633
bonus288
ngamenslot
Daftar isi semua bab
Bab 1 dewaslot389
Bab 2 slot deposit 5000 via bank
Bab 3 beli hp cicil
Bab 4 bo slot gampang menang
Bab 5 jam gacor olympus hari kamis
Bab 6 slot gacor terbaru hari ini
Bab 7 shio belut hk
Bab 8 lion988
Bab 9 situs judi slot 99
Bab 10 play 4d slot
Bab 11 prediksi togel hongkong hari ini 2023
Bab 12 tempat main slot gacor
Bab 13 link slot jp
Bab 14 trik main slot buto ijo
Bab 15 merdeka4d
Bab 16 bandar slot gacor
Bab 17 situs bagus slot
Bab 18 website judi slot terbaik
Bab 19 info web slot gacor
Bab 20 akun slot tergacor 2023
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4529bab
PercintaanBacaan TerkaitMore+

Kiamat memupuk kegilaan

erek erek jam tangan
Grab Indonesia mensosialisasikan penerapan kenaikan tarif terhadap mitra pengemudi GrabBike.
Grab Indonesia mensosialisasikan penerapan kenaikan tarif terhadap mitra pengemudi GrabBike. (Arsip Grab)
Jakarta, CNN Indonesia--

Grab Indonesia mensosialisasikan penerapan kenaikan tarif ojek onlineterhadap mitra pengemudi GrabBike.

Kenaikan tarif itu sejalan dengan aturan tarif baru transportasi online roda dua itu diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022.

Director 2W and Logistics Grab Indonesia Tyas Widyastuti mengatakan saat ini sosialisasi secara telah dilakukan di 56 kota dengan menjangkau lebih dari 45 ribu mitra pengemudi Grab. Proses sosialisasi disebut masih akan terus berlanjut.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Grab juga menginformasikan kepada mitranya terkait program serta manfaat untuk membantu kelancaran pekerjaan hingga memenuhi kebutuhan harian mereka.

Seperti, asuransi kecelakaan, diskon penggantian oli, voucher sembako, hingga diskon untuk pemeliharaan kendaraan.

Sebelumnya, Kemenhub resmi menerapkan kenaikan tarif ojol mulai Minggu (11/9) tengah malam pukul 00.00 WIB, mengikuti kenaikan harga BBM.

Lihat Juga :
Badan Otorita: Kopi Sekelas Starbucks hingga Kenangan Akan Masuk IKN

"Terbitnya (aturan kenaikan tarif) per 7 September 2022, jadi 7 September tambah tiga hari lagi, 10 September atau 10 September jam 00.00 berlaku tarif baru," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam konferensi pers secara daring, Rabu (7/9).

Ia menjelaskan tarif ojol dibagi menjadi tiga zona. Untuk zona pertama, tarif batas bawah ojol naik dari Rp1.850 menjadi Rp2.000 dan tarif batas atas naik dari Rp2.300 menjadi Rp2.500.

Sementara, tarif minimal ditetapkan sebesar Rp8.000 sampai Rp10 ribu. Zona ini meliputi Sumatra, Bali, dan Jawa selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk zona kedua, tarif batas bawah naik dari Rp2.250 menjadi Rp2.550 dan batas atas naik dari Rp2.650 menjadi Rp2.800. Tarif minimal untuk zona dua adalah Rp10.200 sampai Rp11.200. Zona ini meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Untuk zona ketiga, tarif batas bawah naik dari Rp2.100 menjadi Rp2.300 dan tarif batas atas naik dari Rp2.600 menjadi Rp2.750. Tarif minimal untuk zona ketiga adalah Rp9.200 sampai Rp11.000. Zona ini meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu)

Kronik Yuan Neng di Masa Depan

slot olympus via dana
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meramal China bakal menjadi investor terbesar RI dalam dua tahun mendatang.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meramal China bakal menjadi investor terbesar RI dalam dua tahun mendatang. (Tomohiro Ohsumi / POOL / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia--

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi Chinabakal menjadi investorterbesar Indonesia dalam dua tahun mendatang.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam wawancara eksklusif bersama presenter China Media Group (CMG) Zou Yun yang kini tayangannya menjadi buah bibir di Negeri Tirai Bambu.

"China dan Indonesia dua negara besar dan potensi kerja samanya sangat besar. Saya optimis kerja sama ekonomi dengan China semakin membaik, meningkat, dan semakin besar lagi," kata Jokowi, dikutip dari Antara, Kamis (20/10).

Menurut Jokowi, China saat ini masih berada di urutan kedua investor asing terbesar di Indonesia. Namun, ia percaya tak lama lagi negara pimpinan Xi Jinping itu bakal naik ke peringkat pertama.

"Tidak tahu, bisa satu atau dua tahun lagi, menurut saya," ujar Jokowi terkait potensi China jadi investor terbesar Indonesia. 

Lihat Juga :
Jokowi Bakal Larang Ekspor Timah

Salah satu bentuk sinergi Indonesia dan China adalah proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang saat ini secara total sudah mencapai 88,8 persen.

"Peluncuran nanti untuk operasional (KCJB), InsyaAllah nanti kurang lebih di Juni 2023," ujar Jokowi dalam keterangannya saat peninjauan di Stasiun Tegalluar, Kawasan Infrastruktur KCJB di Kabupaten Bandung, Kamis (13/10).

Kendati demikian, Jokowi menegaskan pembangunan KCJB bukan proyek bantuan dari negara manapun, termasuk China. Ia menegaskan pembangunan kereta cepat pertama di Asean ini sebagai bentuk kerja sama antara kedua negara.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

tuan kendo

jam 305 slot
Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat sirop oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat sirop oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Pedagang obat di Pasar Pramuka, Jakarta Timur mengaku bisa rugi ratusan juta akibat larangan menjual obat siropoleh Kementerian Kesehatan(Kemenkes).

Ketua Paguyuban Pedagang Obat Pasar Pramuka Yoyon menjelaskan anggotanya masih ada yang menjual obat sirop meski dilarang oleh Kemenkes.

"Masih ada konsumen yang beli (obat sirop), masih kita jual juga. Namun agak berkurang penjualan," kata Yoyon, Kamis (20/10).

"Ada batas waktunya obat ini atau expired. Kawan-kawan (pedagang obat) ini bukan rugi Rp10 atau Rp20 juta, bisa ratusan juta ruginya. Walau kecil tapi jumlahnya banyak," tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan pemerintah menginstruksikan penghentian sementara penjualan obat penurun panas sirop di seluruh apotek selama pelaksanaan investigasi risiko infeksi menyusul munculnya kasus gangguan ginjal akut pada anak.

Lihat Juga :
Kimia Farma Setop Penjualan Obat Sirop Buntut Kasus Gagal Ginjal Akut

"Obat-obatan tersebut sudah dilakukan pemeriksaan di laboratorium pusat forensik dan sedang kita identifikasi lagi obat mana saja yang bisa menyebabkan kelainan ginjal," katanya, Rabu (19/10).

Dante mengatakan bahwa pemerintah tidak melarang penggunaan paracetamol, tetapi melarang penggunaan produk obat berbentuk sirop yang bisa tercemar etilen glikol (EG).

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Tian Feng Qi Tan

asiabet88
Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia mengatakan program Kartu Prakerja tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pekerja maupun menekan pengangguran.
Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia mengatakan program Kartu Prakerja tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pekerja maupun menekan pengangguran. (Amel/ Detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) mengatakan program Kartu Prakerja tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan pekerja maupun menekan pengangguran.

Pimpinan ASPEK Indonesia Mirah Sumirat mengatakan program tersebut tidak tepat sasaran.

"Kenyataan di lapangan yang kami temukan bahwa yang menerima Kartu Prakerja itu banyak yang tidak tepat sasaran. Ada orang-orang yang kaya, ada orang-orang yang punya usaha," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10).

Kemudian, Mirah mengatakan ada juga orang yang menyalahgunakan teknologi untuk memiliki akun kartu Prakerja lebih dari satu sehingga bisa memperoleh manfaat lebih dari sekali.

"Itu kan tidak efektif, dan itu bukan satu dua orang. Ada banyak yang seperti itu," ujarnya.

Maka dari itu, ia meminta program Kartu Prakerja diganti dengan program yang melatih secara langsung pekerja yang memang membutuhkan seperti yang tercantum dalam data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

Lihat Juga :
Sri Mulyani Sebut Banyak Negara Terancam Gagal Bayar Utang

"Disnaker kan tahu data orang-orang yang sedang mencari pekerjaan, yang menganggur, yang di-PHK, ambil saja data itu," ujar Mira.

Program Kartu Prakerja menjadi salah satu andalan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi masyarakat agar dapat bersaing di dunia kerja. Sejak April 2020, program ini telah memasuki gelombang 46 dengan total penerima mencapai 11,4 juta orang.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah per tahun untuk menjalankan program ini. Pada 2022, anggaran program Kartu Prakerja mencapai Rp11 triliun. Dua tahun sebelumnya, anggaran Kartu Prakerja mencapai Rp20 triliun.

Lihat Juga :
PNS Milenial Bakal Jadi Penghuni Awal IKN pada 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim program Kartu Prakerja telah membawa dampak positif dalam dua tahun terakhir.

Menurutnya, program Kartu Prakerja telah berdampak positif secara masif bagi angkatan kerja di Indonesia, khususnya dalam hal kompetensi kewirausahaan, industri keuangan, ketahanan finansial, dan pengelolaan pangan bagi para penerima.

Ia pun berharap dalam Presidensi G20 Indonesia tahun ini, program Kartu Prakerja dapat menjadi modelling di negara-negara berkembang lainnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

[Gambas:Video CNN]

Penganut Tao Hongyun yang malang, orang paling kejam di dunia

game slot gacor saat ini
IHSG ditutup di level 7.053 pada Senin (24/10) ini. Indeks saham menguat 35,27 poin atau 0,5 persen dibandingkan Jumat (21/10).
IHSG ditutup di level 7.053 pada Senin (24/10) ini. Indeks saham menguat 35,27 poin atau 0,5 persen dibandingkan Jumat (21/10). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 7.053 pada Senin (24/10) ini. Indeks sahammenguat 35,27 poin atau 0,5 persen dibandingkan Jumat (21/10) kemarin.

Dilansir RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12,85 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 23,74 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 301 saham menguat, 245 terkoreksi, dan 151 lainnya stagnan. Terpantau, tiga dari sebelas indeks sektoral melemah, dipimpin oleh sektor teknologi sebesar minus 0,53 persen.

Bergeser ke bursa asing, bursa saham Asia nampak bergerak bervariasi. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,31 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong turun 6,83 persen dan indeks Kospi di Korea Selatan menguat 1,04 persen.

Bursa saham Eropa juga bergerak bervariasi. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris melemah 0,38 persen, indeks CAC 40 di Perancis naik 0,38 persen, dan indeks DAX di Jerman naik 0,65 persen.

Sementara itu, bursa Amerika kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 2,37 persen, indeks NYSE naik 2,19 persen, sementara indeks NASDAQ naik 2,31 persen.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/bir)

spektrum kebobrokan

aplikasi belanja online paylater
Analis memperkirakan sejumlah saham berkilau pada pekan ini, salah satunya sektor consumer goods. Berikut alasan dan rinciannya.
Analis menyebut sejumlah saham akan berkilau pada pekan ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) menguat 37,11 poin atau 0,53 persen ke level 7.017 pada perdagangan pekan lalu.

Investor asing mencatat beli bersih (net buy) Rp2,63 triliun dan jual bersih (net sell) Rp603,42 miliar selama sepekan.

Dalam sepekan terakhir, indeks saham tercatat menguat lima kali. Secara total, performa indeks saham menguat 2,98 persen.

Peningkatan terjadi pada nilai transaksi harian bursa sebesar 14,75 persen dari Rp12 triliun menjadi Rp13,77 triliun pada pekan sebelumnya.

Sedangkan volume transaksi bursa mengalami penurunan 4,70 persen dari 24,05 miliar saham pada pekan lalu menjadi 22,92 miliar saham.

"Rata-rata frekuensi transaksi harian bursa turut meningkat sebesar 3,63 persen menjadi 1.207.882 kali dari 1.165.599 kali transaksi pada minggu yang lalu," katanya seperti dikutip dari situs IDX, Jumat (21/10).

Lihat Juga :
Faisal Basri soal RI Selamat dari Resesi: Bukan Karena Hebat

Pelatih investasi saham dan derivatif sekaligus CEO Akela Trading System Hary Suwanda mengatakan terjadinya reboundsepekan lalu berpotensi membuat IHSG melanjutkan rally.

Hary memprediksi selama sepekan ke depan IHSG bisa bergerak dalam rentang support6.927 dan resistance7.132. Jika bisa di-breakout, IHSG bakal punya peluang mencapai new high.

Ia menambahkan meski BI menaikkan kembali suku bunga acuan 50 bps hingga 4,75 persen, ini masih relatif rendah dibandingkan dengan suku bunga The Fed, yang pada FOMC 2 November nanti diprediksi kembali menaikkan suku bunga acuannya.

Presiden The Fed San Francisco Mary Daly pada Jumat (21/10) lalu memang menyatakan The Fed tidak perlu terus seagresif sebelumnya dalam menaikkan suku bunga acuan guna meredam inflasi.

Lihat Juga :
Faisal Basri Kritik Keras Rencana Jokowi Larang Ekspor Timah

"Hal ini direspons pasar sebagai sinyal bahwa The Fed akan mulai memperlambat kenaikan suku bunganya atau bahkan berhenti sembari melihat data ekonomi yang akan terjadi," kata Hary kepada CNNIndonesia.com, Minggu (23/10).

Karena sentimen-sentimen itu, Hary merekomendasikan saham sektorconsumer goods dan non-cyclicalyang produknya tetap digunakan masyarakat luas tanpa peduli kondisi inflasi, resesi, atau bahkan stagflasi.

Secara teknikal, ia merekomendasikan saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) yang ditutup melemah 1,85 persen pada pekan lalu ke posisi 5.300. Hary memprediksi UNVR bakal tembus 5.600, dengan stop loss5.175.

Ada juga PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) yang menguat 1,03 persen ke posisi 980 pekan lalu. Ia memperkirakan HMSP bisa tembus 1.035 denganstop loss935.

Lalu, ada PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) yang ditutup melemah 0,79 persen ke posisi 9.425 pekan lalu. Dengan stop loss8.900, ICBP diprediksi bisa tembus 9.850.

Lihat Juga :
Alasan Faisal Basri Pede Indonesia Bisa Selamat dari Resesi Global

Sementara, Analis Pasar Modal Oktavianus Audi memprediksi IHSG sepekan ke depan akan bergerak terbatas dengan kecenderungan menguat. Rentang pergerakan di level support6.900 dan resistance7.170.

Kenaikan suku bunga acuan BI juga sudah ia prediksi. Kemungkinan kebijakan itu bakal jadi pemberat IHSG dalam jangka menengah karena dapat menahan laju ekspansi perusahaan dan daya beli masyarakat.

Sentimen positif dari dalam dan luar negeri mengiringi pergerakan indeks saham pekan ini. Rilis data investasi asing langsung Indonesia pada kuartal III diprediksi masih tumbuh 40 persen. Ini membuat pandangan asing terhadap perekonomian RI masih baik.

Lalu, rilis data PDB China diprediksi tumbuh 3,4 persen pada kuartal III. Jika sesuai ekspektasi, ini menjadi angin segar untuk Indonesia karena neraca dagang kedua negara tersebut merupakan yang terbesar.

"Sektor yang dapat diperhatikan pada pekan ini adalah Perbankan karena merupakan sektor yang sensitif dengan kenaikan suku bunga dan Infrastruktur serta Telekomunikasi," katanya.

Lihat Juga :
Xi Jinping Tiga Periode: Ekonomi China Memiliki Ketahanan Tinggi

Secara teknikal, Oktavianus merekomendasikan saham PT Smartfren Telecom Tbk alias FREN yang menguat 6,58 persen pekan lalu ke posisi 81. Ia memprediksi FREN bergerak di rentang support75 dan resistance89.

Saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang pekan lalu menguat 0,23 persen ke angka 4.360 juga direkomendasikan. TLKM diproyeksi menembus 4.500.

Terakhir ada rekomendasi dari sektor perbankan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang tumbuh 0,91 persen ke posisi 4.430 pekan lalu. Oktavianus memperkirakan BBRI bergerak di rentang support4.340 dan resistance4.600.rek

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

[Gambas:Video CNN]