petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

liga 778 slot

emas168 slot 859Jutaan kata 153945Orang-orang telah membaca serialisasi

《liga 778 slot》

373.505 Orang Mudik Natal dan Tahun Baru dari Jawa ke Sumatera******

Sebanyak 373.505 orang mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dari Jawa ke Sumatera sepanjang 17-25 Desember kemarin.
Sebanyak 373.505 orang mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dari Jawa ke Sumatera sepanjang 17-25 Desember kemarin. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH).
Lampung, CNN Indonesia--

Jumlah penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan tembus 312.921 orang terhitung sejak H-8 hingga Natal2022 dan Tahun Baru 2023 (17-25 Desember 2022).

Sedangkan penumpang dari Pulau Jawa yang menuju ke Sumatera, 373.505 orang pada periode yang sama.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Suharto mengatakan untuk 312.921 penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa itu, 19.154 di antaranya dengan jalan kaki dan 293.767 penumpang dalam kendaraan.

Selain penumpang, kata Suharto, jumlah kendaraan yang sudah diseberangkan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni mencapai 72.107 unit. Dengan rincian, 6.308 unit roda dua (motor), 36.111 unit roda empat (pribadi), 3.308 unit bus dan 26.650 unit kendaraan truk/lebih.

Sementara kapal yang beroperasi melayani penyeberangan sejak H-8 hingga H Nataru (17-25 Desember 2022), yakni 277 unit dengan total perjalanan sebanyak 909 trip.

"Jumlah arus penumpang dan kendaraan tersebut, berdasarkan dari data angkutan Nataru 2022-2023 PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni terhitung sejak H-8 hingga H Nataru (17-25 Desember 2022),"terangnya.

Sebaliknya, lanjut Suharto, jumlah penumpang asal Pulau Jawa yang tiba di Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni sebanyak 373.505 orang, baik penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan. Dari total itu, 21.089 penumpang pejalan kaki dan 352.416 penumpang dalam kendaraan.

"Sedangkan untuk kendaraan, totalnya mencapai 81.683 unit. Rinciannya, 8.185 unit roda dua (motor), 43.475 unit roda empat (pribadi), 3.378 unit bus dan 26.645 unit kendaraan truk/lebih," kata dia.

Kemudian kapal yang beroperasi melayani penyeberangan sejak H-8 hingga H Nataru (17-25 Desember 2022), yakni 278 kapal dengan total perjalanan sebanyak 914 trip.

"Untuk puncak arus penumpang, itu terjadi pada H-2 jelang Nataru 2022-2023. Meski ada peningkatan, namun tidak sampai terjadi lonjakan. Situasi di Pelabuhan Bakauheni, tetap berjalan lancar," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Menurutnya, puncak arus balik penumpang libur Nataru, diperkirakan terjadi 1-2 Januari 2023 mendatang. Ia memastikan, 65 kapal yang disediakan untuk melayani angkutan penyeberangan, sangat memadai dalam pelayanan arus mudik dan arus balik Nataru. Dari 65 kapal ini, setiap harinya 35 kapal yang dioperasikan.

"Arus mudik Nataru 2022-2023 sekarang ini, jumlah penumpang dan kendaraan meningkat. Peningkatan ini, berbarengan libur sekolah dan masyarakat tidak pulang dua tahun terakhir karena kondisi pandemi Covid-19," ungkapnya.

Ia mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak dan juga sebaliknya, agar melakukan reservasi perjalanan secara mandiri melakukan pembelian tiket secara online melalui aplikasi Ferizy jauh hari atau minimal H-1 keberangkatan.

Selain itu, pengguna jasa penyeberangan agar selalu menjaga kondisi kesehatan badan dan tetap mewaspadai potensi cuaca buruk, agar perjalanan arus mudik dan balik libur Nataru berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

"Penumpang wajib beli tiket secara mandiri via Ferizy di outlet resmi seperti Indomaret, Alfamart, BRILink dan Agen Finpay (Delima Point)," pungkasnya. 

larangan

Lihat Juga :
ANALISISLarangan Jual Rokok Batangan Tak Akan Mempan Tekan Konsumsi
(zai/agt)

Kripto Berdarah Pagi Ini, Dogecoin Paling Parah******

Harga mayoritas aset kripto berdarah pada Rabu (28/12). Dogecoin mengalami pelemahan terparah.
Harga mayoritas aset kripto berdarah pada Rabu (28/12) dengan Dogecoin mengalami pelemahan terparah.. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga mayoritas aset kripto berdarah pada Rabu (28/12). Dogecoin mengalami pelemahan terparah.

Mengutip coinmarketcap.com, harga dogecoin merosot 3,29 persen menjadi USKomunitas Kretek Nilai Larangan Jual Rokok Batangan Cuma Usul Kemenkes******

Komunitas Kretek Indonesia menilai larangan penjualan rokok batangan baru usul Kementerian Kesehatan, belum menjadi keputusan Presiden Jokowi.
Komunitas Kretek Indonesia menilai larangan penjualan rokok batangan baru usul Kementerian Kesehatan, belum menjadi keputusan Presiden Jokowi. Ilustrasi. (ABC Australia).
Jakarta, CNN Indonesia--

Komunitas Kretek Indonesia mengatakan larangan penjualan rokok batangan atau eceran baru usulan dari Kementerian Kesehatan saja, belum menjadi keputusan pemerintah.

Rencana pelarangan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023 yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Desember 2022.

Dalam beleid itu, pemerintah berencana menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.

Menurutnya, memang betul aturan pelarangan ini ada di dalam Keppres, namun bukan berarti Presiden Jokowi menyetujui. Apalagi, larangan penjualan ini masih sebatas usulan dan belum ditetapkan. Terlebih, para pemangku kepentingan kretek juga sepakat untuk menolak larangan tersebut.

"Selain belum terjadi, usulan tersebut juga banyak ditolak termasuk oleh Kementerian Perindustrian dan Kemenko Ekuin (Perekonomian). Jadi, pembahasan revisi PP 109 sebagai dasar kebijakan belum tentu terwujud," jelasnya.

Dia menilai upaya menurunkan prevalensi perokok di bawah umur yang menjadi dalih dorongan pelarangan penjualan rokok batangan juga tidak tepat sasaran.

Anak-anak di bawah umur masih tetap bisa mengakses rokok dengan membeli bungkusan. Karenanya, penegakan aturan penjualan adalah solusi terbaik dari permasalahan ini, bukan larangan penjualan ketengan.

"Untuk mengurangi prevalensi perokok di bawah umur pemerintah hanya perlu tegas dalam menegakkan aturan yang sudah ada, tak perlu sampai revisi aturan atau buat aturan baru. Aturan lama saja belum optimal, lebih baik ditegakkan," pungkasnya.

CNNIndonesia.com berupaya menghubungi Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril melalui pesan singkat dan sambungan telepon untuk meminta tanggapan. Namun, yang bersangkutan belum merespons.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta),07286 dalam 24 jam. Harga koin berlambang anjing Shiba Inu ini juga turun 1,29 persen dalam sepekan.

Pelemahan dalam juga dialami oleh Cardano sebesar 2,56 persen ke USMenhub Tawarkan Bandara Kertajati ke India hingga Arab Saudi******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menawarkan saham Bandara Internasional Kertajati ke India dan Arab Saudi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menawarkan saham Bandara Internasional Kertajati ke India dan Arab Saudi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tengah menawarkan saham Bandara Internasional Kertajati ke India dan Arab Saudi.

Budi mengaku meminta secara khusus kepada Arab Saudi untuk mendedikasikan penerbangan langsung dari Arab Saudi ke Bandara Kertajati. Hal tersebut ia ungkap dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 dan Outlook Kegiatan 2023 di Kantor Kemenhub.

"Bahkan, kami bersama Pemda Jawa Barat menawarkan kepada India dan Arab Saudi jika berminat membeli saham dari Bandara Kertajati, dengan harapan ada interestkhusus di masyarakat internasional sehingga konektivitas di Bandara Kertajati bertambah," ungkapnya, Selasa (27/12).

Di lain sisi, Budi mendapat masukan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bahwa konektivitas udara sangat menentukan pertumbuhan wisatawan.

Oleh karena itu, ia mengunjungi India, Arab Saudi, Abu Dhabi dan Dubai di UEA, dan Qatar untuk meminta jumlah penerbangan internasional bisa jauh lebih besar. Kendati, ia menegaskan tidak hanya berfokus di sektor udara.



"Di India kami sempat bertemu dengan swasta terbesar di India, bicara tentang Pelabuhan Kuala Tanjung. InsyaAllah perusahaan itu akan mengoperasikan Kuala Tanjung karena India butuh batu bara dan CPO, jadi itu relevan untuk dilakukan. Kami juga mendorong India berinvestasi di sektor-sektor selain itu," ungkapnya.

Budi juga menyinggung soal penjajakan investasi atau kerja sama di sektor darat dan kereta api kepada negara-negara yang dikunjungi.

Meski tidak secara khusus berfokus pada sektor darat dan kereta api, ia mengklaim mendapat sambutan baik dan sesumbar bakal menyusul keberhasilan kerja sama dengan beberapa negara, seperti Korea Selatan dan Jepang.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu),2577. Namun, selama sepekan terakhir, harganya masih naik 0,32 persen.

Ethereum juga tak berdaya dengan minus 1,3 persen dibandingkan kemarin jadi US.208 per keping. Harganya merosot 0,22 persen dalam sepekan.

Harga Polygon juga longsor 1,46 persen ke USTarif KRL Orang Kaya Bakal Lebih Mahal******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mencabut subsidi tarif KRL untuk orang kaya. Hal ini akan membuat tarif untuk kelompok masyarakat mampu lebih mahal.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mencabut subsidi tarif KRL untuk orang kaya. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mencabut subsidi tarif KRL untuk orang kaya. Hal ini akan membuat tarif untuk kelompok masyarakat mampu lebih mahal.

Ia mengungkap pemerintah tak akan menaikkan tarif KRL. Sistem subsidi baru akan diberlakukan untuk memastikan bahwa yang menikmati tarif KRL murah saat ini adalah orang yang tepat.

"(Tarif KRL) itu tidak naik, tapi kita pakai data yang ada dari pemda. Kalimatnya bukan naik, tapi subsidi tepat sasaran," ujarnya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 dan Outlook Kegiatan 2023 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (27/12).

Dengan pemberlakuan sistem subsidi ini, kemungkinan tarif KRL bagi orang kaya akan mendekati tarif asli atau tanpa subsidi.

Untuk itu pemerintah akan menerbitkan kartu baru guna membedakan profil penumpang agar rencana pemberlakuan sistem subsidi ini berjalan dengan lancar.

"Memang diskusi kemarin dengan Bapak Presiden, kami akan pilah-pilah. Mereka yang berhak lah yang akan mendapatkan subsidi. Jadi mereka yang tidak berhak harus membayar lebih besar dengan membuat kartu," jelasnya.

Jika langkah tersebut berhasil, Budi mengatakan subsidi bisa diberikan untuk menunjang sektor lain yang lebih membutuhkan. Kendati, ia tidak merinci secara spesifik sistem kartu yang dimaksud.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/sfr),8022 per koin dalam sehari. Kendati demikian, harganya masih mampu menguat 0,66 persen dalam sepekan.

Sementara itu, BNB berada di level US6,71 per keping atau naik 1,22 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harganya masih turun 1,35 persen.

Lihat Juga :
BreadTalk Ganti Nama Jadi MAKO

Penguatan turut dialami oleh XRP sebesar 0,49 persen menjadi USHarga Emas Menanjak ke Rp1,008 Juta per Gram Pagi Ini******

Harga emas menguat Rp2.000 ke Rp1,008 juta per gram pada perdagangan Selasa (27/12) pagi.
Harga emas menguat Rp2.000 ke Rp1,008 juta per gram pada perdagangan Selasa (27/12) pagi. Ilustrasi. (AFP).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga jual emasPT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp1,008 juta per gram pada Selasa (27/12). Harga emas tercatat naik Rp2.000 dari Rp1,006 juta per gram pada perdagangan sebelumnya.

Senada, harga pembelian kembali (buyback) juga naik Rp2.000 dari Rp906 ribu menjadi Rp908 ribu per gram.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp556,4 ribu, 2 gram Rp1,96 juta, 3 gram Rp2,92 juta, 5 gram Rp4,83 juta, 10 gram Rp9,61 juta, 25 gram Rp23,9 juta, dan 50 gram Rp47,7 juta.

Kemudian, harga emas berukuran 100 gram senilai Rp95,4 juta, 250 gram Rp238,3 juta, 500 gram Rp476,4 juta, dan 1 kilogram Rp952,8 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sementara itu, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,31 persen menjadi US.809,8 per troy ons. Begitu juga dengan harga emas di perdagangan spot menguat 0,28 persen ke US.803,2 per troy ons pada pagi ini.

Senior Analis DCFX Lukman Leong memproyeksi harga emas menguat hari ini. Penguatan emas ditopang oleh pelemahan dolar AS.

"Sentimenrisk onyang disebabkan oleh pelonggaran kebijakan covid-19 di China serta ekspektasi akan end-of year rallydi bursa melemahkan dolar," kata Lukman kepada CNNIndonesia.com.

Hari ini, Lukman memperkirakan harga emas internasional berada dalam rentangsupportUS.785 per troy ons dan resistanceUS.815 per troy ons.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/sfr),364.

Sementara itu, tether, USD coin dan Binance USD stabil di US per keping.

Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar kripto turun 1 persen ke US5,44 miliar.

Saat ini kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditas bursa berjangka, sehingga tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Uang kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)




bab terbaru:warungslot

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
situs slot psgslot
slot gacor 24jam
semua gacor
situs judi resmi dan terpercaya
dapat uang banyak
hayobet
link slot freebet new member
prediksi togel hari ini sgp
akulaku pakai uang muka
Daftar isi semua bab
Bab 1 slot lagi gacor
Bab 2 paris slot xyz
Bab 3 togel 279
Bab 4 slot terbaru deposit voucher88
Bab 5 minimal pinjaman di kredivo
Bab 6 qqmega368
Bab 7 demo slot89
Bab 8 situs 4d tergacor
Bab 9 slot online77
Bab 10 bonus new member tanpa deposit
Bab 11 link slot terbaru dan terpercaya
Bab 12 buana99
Bab 13 download gacor
Bab 14 situs slot lagi gacor hari ini
Bab 15 slot yang paling bagus
Bab 16 slot757
Bab 17 cara dapat duit dari survey online
Bab 18 bayar tagihan kredivo di tokopedia
Bab 19 pinjam uang di bca
Bab 20 gamepols
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9181bab
kampusBacaan TerkaitMore+

Master Setan Lukisan Gunung dan Laut

agen slot gacor malam ini
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Jokowi merestui penggabungan Perum Damri dan Perum PPD sebagai upaya strategis menyehatkan kedua perusahaan.
Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Jokowi merestui penggabungan Perum Damri dan Perum PPD sebagai upaya strategis menyehatkan kedua perusahaan. (Dok. DAMRI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui penggabungan Perum Damri dan Perum PPD sebagai upaya strategis menyehatkan kedua perusahaan.

Ia mengatakan merger tersebut merupakan aksi korporasi yang didasari oleh kondisi bisnis keduanya yang ekuivalen.

Menurutnya, penyatuan menjadi langkah terbaik agar kedua Perum tersebut tidak tumpang tindih akibat memiliki fokus bisnis yang sama. Ia yakin penggabungan tersebut akan memperkuat kondisi perusahaan.

"Kebetulan keduanya terdampak oleh pandemi covid-19. Penggabungannya nanti lebih memperkuat daya jangkau dan memperluas jaringan," ujar Erick melalui keterangan resmi, Selasa (27/12).

Sebelumnya Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmojo mengusulkan agar Damri mendapat PMN pada 2023 sebesar Rp870 miliar.

Damri akan menjalankan penugasan dan pengembangan usaha dalam penyediaan armada untuk jalur perintis, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), armada bus listrik untuk perkotaan melalui buy the service, serta untuk meningkatkan kapasitas bisnis perusahaan.

Lihat Juga :
Menteri KKP Akan Batasi Kuota Penangkapan Ikan Mulai Januari 2023

"Damri juga cukup lama tidak terima PMN, ini untuk perintis karena cukup banyak penugasan dari Kemenhub untuk daerah-daerah baru, termasuk mereformasi bus listrik di kota besar, seperti di Jakarta, Medan, dan Surabaya. Pelan-pelan kota-kota ini akan melakukan konversi seluruh busnya jadi bus listrik," kata Tiko.

Penggabungan Damri dan PPD tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 25 Tahun 2022 tentang Program Penyusunan Peraturan Pemerintah Tahun 2023.

"Pengaturan mengenai penggabungan Perum PPD ke dalam Perum DAMRI oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Keuangan sesuai dengan kewenangan masing-masing berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," mengutip pokok materi muatan rancangan PP, sebagaimana tertulis dalam Keppres tersebut.

Alas hukumnya adalah Pasal 4 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2005 tentang Penggabungan, Peleburan, Pengambilalihan, dan Perubahan Bentuk Badan Hukum Badan Usaha Milik Negara. Erick Thohir sendiri merupakan penggagas merger dua BUMN angkutan umum tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/dzu)

Kepala Penyihir

relaxtoto
Harga bahan pangan di semua pasar Indonesia kompak terkerek menjelang perayaan Tahun Baru 2023.
Harga bahan pangan di semua pasar Indonesia kompak terkerek menjelang perayaan Tahun Baru 2023. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga bahan pangan di semua pasar Indonesia kompak terkerek menjelang perayaan Tahun Baru 2023. Seperti daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah besar, hingga minyak goreng curah.

Mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Rabu (28/12), harga daging ayam ras segar tercatat Rp37.750 per kilogram (kg) atau naik Rp150 dibandingkan sebelumnya.

Begitu juga dengan cabai rawit merah besar naik Rp500 menjadi Rp38.900 per kg, dan cabai merah keriting naik Rp450 menjadi Rp40.600 per kg. Lalu, cabai rawit hijau naik Rp600 menjadi Rp50.650 per kg.

Adapun harga telur paling tinggi ada di tiga provinsi, yaitu Papua senilai Rp41.100 per kg, Maluku Rp40.600 per kg, dan di Papua Barat telur ayam dijual Rp39.650 per kg. Sedangkan harga telur ayam terendah ada di Bali sebesar Rp25.350 per kg.

Sementara itu, Info Pangan Jakarta (IPJ) mencatat harga telur ayam naik Rp123 menjadi Rp30.058 per kg. Kemudian harga minyak goreng curah naik Rp115 menjadi Rp15.540 per kg, dan harga beras IR I naik Rp5 menjadi Rp11.740 per kg.

Lihat Juga :
Pegawai Pertamina WFH Hari Ini Ikuti Imbauan Cuaca Ekstrem Heru Budi

Tak hanya itu, harga daging sapi juga ikut terkerek. Daging sapi murni (semur) naik Rp192 menjadi Rp141.279 per kg, dan daging sapi has naik Rp587 menjadi Rp146.951 per kg.

Seluruh jenis cabai pun terpantau naik di sejumlah pasar di DKI Jakarta. Cabai rawit merah naik Rp407 menjadi Rp56.581 per kg, dan cabai merah keriting naik Rp1.536 menjadi Rp44.558 per kg, serta cabai merah besar naik Rp347 menjadi Rp42.756 per kg.

Sedangkan, harga ayam ras justru turun di pasar DKI sebesar Rp155 menjadi Rp39.666 per ekor, harga ikan mas juga turun Rp609 menjadi Rp36.285 per kg, dan ikan lele turun Rp352 menjadi Rp27.297 per kg.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/dzu)

Yin Zu

fokuswin

Bepergian ke dunia lain dengan jam tangan pintar

pinjam uang akulaku ke dana

Kaisar Crape Myrtle Yunani

pinjol bunga rendah tenor lama