petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

jatislot

doaqq 571Jutaan kata 295957Orang-orang telah membaca serialisasi

《jatislot》

Pengusaha Beberkan Alasan Tolak Revisi PP 36/2021 soal Pengupahan******

Pengusaha menilai jika pemerintah merevisi PP 36/2021 soal pengupahan berarti menganulir aturan yang dibuatnya sendiri.
Pengusaha menilai jika pemerintah merevisi PP 36/2021 soal pengupahan berarti menganulir aturan yang dibuatnya sendiri. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan kelompok pengusahalainnya menolak wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Jika sampai terjadi, maka pemerintah dianggap mengalami kemunduran.

"Kami mewakili rekan-rekan asosiasi, termasuk Apindo, mengharapkan pemerintah konsisten di dalam melaksanakan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan. Kami tidak berharap terjadi perubahan substansi di PP 36/2021 tersebut," kata Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani di Kantor Apindo, Rabu (16/11).

Perubahan substansi dalam PP Nomor 36 Tahun 2021 dipandang sebagai kemunduran pemerintah dalam mempersiapkan iklim ketenagakerjaan yang lebih berdaya saing dan dapat memperluas penciptaan lapangan kerja.

"Ini tentunya akan berdampak pada penyerapan di sektor-sektor yang merupakan padat karya, mulai dari UMKM, industri manufaktur, jasa, yang juga banyak menyerap tenaga kerja, dan tentunya pencari kerja baru yang bakal mengalami hambatan dalam memperoleh lapangan kerja," jelasnya.

Ia mengkhawatirkan perubahan parameter dan formula upah minimum di mana upah minimum tidak lagi menjadi jaring pengaman sosial, tapi menjadi upah rata-rata.

Perubahan prinsip tersebut juga diklaim akan berdampak pada pelaksanaan struktur skala upah yang akan sulit diterapkan pengusaha karena tidak ada lapisan upah minimum dengan upah yang di atasnya. Hal itu dinilai berpotensi menimbulkan ketidakadilan terhadap karyawan yang sudah lama bekerja.

Lihat Juga :
Buruh Tolak PP 36/2022 Dasari UMP-UMK, Tuntut Upah di Atas Inflasi

Senada, Anggota Dewan Pertimbangan Apindo sekaligus Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Anne Patricia Sutanto berharap pemerintah benar-benar konsisten dalam implementasi PP Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan.

"Kepastian pengusaha dan kepastian tahun depan sudah dengan sendirinya tertantang oleh resesi dunia yang marketnya akan turun. Untuk pasar ekspor, kita diharapkan bisa tetap bersaing dengan kepastian PP 36/2021 sendiri," imbuh Anne.

Sedangkan untuk pasar domestik, Anne menjelaskan Indonesia menghadapi banyak negara-negara produsen lain di mana selisih kurs atau depresiasinya jauh lebih tinggi dibanding RI terhadap kurs dolar AS. Terlebih, pasar domestik didominasi oleh UMKM.

Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) juga menolak wacana revisi PP Nomor 36 Tahun 2021 tersebut. Upaya buruh, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat yang akan melakukan revisi aturan tersebut dipandang bakal mencoreng nama Indonesia.

Lihat Juga :
Jumlah Terbaru Karyawan Kena PHK: 79.316 Orang

"Aprisindo tetap berkomitmen untuk menjaga daya saing industri padat karya di Indonesia dan menjaga keyakinan investor dengan tetap menjaga komitmen atas deregulasi sejumlah isu-isu strategis nasional yang dikemas dalam undang-undang omnibus law atau UU 11 Tahun 2021 Tentang Cipta Kerja dengan meminta PP Nomor 36 Tahun 2021 Tentang Pengupahan tetap dipertahankan dan dijalankan," kata Ketua Umum Aprisindo Eddy Widjanarko.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat mengkaji ulang PP Nomor 36 Tahun 2021 sebagai dasar penetapan UMP.

"Contoh tadi saya sampaikan ada satu kabupaten/kota di mana setelah diterapkan itu, kenaikannya tinggi banget bisa sampai 17 persen. Kalau pengusahanya iya, saya senang aja. Bagus itu, tapi kalau kemudian nanti tidak bisa diterapkan ini akan terjadi gonjang-ganjing," ujarnya, Selasa (15/11), dikutip dari Antara.

Nantinya, penetapan UMP 2023 bakal dilakukan pada 21 November 2022 dan UMK pada 30 November 2022.

[Gambas:Video CNN]



(skt/bir)

IHSG Diproyeksi Perkasa usai Suku Bunga BI Naik******

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (18/11).
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Jumat (18/11). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) diperkirakan menguat pada perdagangan Jumat (18/11).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi pergerakancandlestickmembentukhanging mandengan stochasticmendekati area oversold yang mengindikasikan potensireboundjangka pendek.

"IHSG diprediksi menguat," kata Dennies dikutip dari riset hariannya.

"Pergerakan didorong optimisme kenaikan suku bunga Bank Indonesia ke level 5.25 persen yang dinilai cukup baik untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga The Fed pada bulan Desember," jelasnya.

Dennies memperkirakan indeks saham akan bergerak dalam rentangsupport6.989 dan resistance7.075.

Bernada serupa, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi pergerakan IHSG akan menunjukkan kenaikan usai pengumuman suku bunga BI.

Lihat Juga :
Gandeng Australia, Bahlil Racik Skema 'OPEC' Negara Penghasil Nikel

"Hari ini IHSG berpotensi menguat. Pasca rilis data perekonomian tingkat suku bunga yang menunjukkan adanya kenaikan tentunya memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG," ucap William.

Selain itu para investor asing hingga saat ini masih mencatatkan capital inflow yang masih menunjukkan minat terhadap pasar modal Indonesia.

Meski demikian, menurutnya, selama IHSG belum mampu ditutup di atas resisten level terdekat, maka masih akan cenderung bergerak dalam rentang sideways dengan potensi kenaikan terbatas.

Ia memprediksi indeks saham bakal bergerak di rentang support6.954 danresistance7.141.

Untuk saham pilihan, William merekomendasikan BBCA, ASII, INDF, ITMG, BBRI, HMSP, TBIG, ASRI.

IHSG ditutup di level 7.044 pada Kamis (17/11). Indeks saham menguat 35.394 poin atau 0,50 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp11.248 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 21.647 miliar saham.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/sfr)

Di B20, Airlangga Tegaskan Kolaborasi Jadi Kunci Arsitektur Ekonomi******

Menko Airlangga menyebut, selain peluang dan inovasi, upaya transformasi juga membutuhkan kerja sama berbagai pihak, termasuk antara sektor publik dan swasta.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa transformasi adalah salah satu kunci menghadapi tantangan global saat ini. Selain memanfaatkan peluang dan inovasi, upaya transformasi juga membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk melalui penguatan kemitraan antara sektor publik dan swasta. (Foto: Kemenko Perekonomian)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa transformasi adalah salah satu kunci menghadapi tantangan global saat ini.

Hal itu diungkapkan Airlangga dalam Business20 (B20) Summit di Nusa Dua, Bali, pada Senin (14/11). Selain memanfaatkan peluang dan inovasi, upaya transformasi juga membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk melalui penguatan kemitraan antara sektor publik dan swasta.

"Pemerintah harus menunjukkan kepemimpinan dalam menanggapi tantangan di masa depan melalui kemitraan publik-swasta yang lebih kuat untuk menjadi aksi konkret dari kebijakan," ujar Airlangga.

"Sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari sektor-sektor yang telah bangkit kembali dengan baik. Saat ini pandemi Covid-19 juga dapat dikendalikan dengan lebih baik," ujar Airlangga.

Ditegaskan, dunia bisnis perlu melakukan transformasi dengan memanfaatkan teknologi serta research and development yang kuat, sehingga mampu mendorong praktik bisnis yang lebih efisien dengan produktivitas yang lebih tinggi. Transformasi bisnis juga harus memperhatikan aspek keberlanjutan dengan penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Selain itu, Airlangga juga menyampaikan upaya Indonesia dalam inisiasi Program Kartu Prakerja yang memiliki pendekatan inklusif dengan tujuan reskill, upskill, serta meningkatkan literasi digital dan inklusi keuangan.

"Untuk beradaptasi dengan dunia kerja masa depan dan menciptakan peluang baru bagi mereka yang terkena dampak disrupsi teknologi dan pandemi, kami telah mengembangkan sistem pendidikan vokasi online melalui Kartu Prakerja," ungkap Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga menyampaikan apresiasi terhadap B20 yang mencakup lebih dari 41 negara dalam mengedepankan keberadaan ekonomi inklusif. Forum B20 sendiri merupakan salah satu engagement group dalam Forum G20 yang terdiri dari komunitas bisnis internasional, dan merefleksikan peran sektor swasta sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.

Apresiasi juga disampaikan Airlangga terhadap kesediaan aktris Anne Hathaway yang hadir sebagai UN Women Goodwill Ambassador. Sang aktris membagikan pandangan mengenai kontribusi perempuan dalam transformasi ekonomi dan pertumbuhan yang inklusif.

Mengakhiri sambutan, Airlangga menyampaikan ajakan bersatu menghadapi permasalahan dan tantangan global saat ini, sekaligus memberikan semangat dan inspirasi lewat pepatah yang mendasari budaya kerja Indonesia, yakni "bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh".

"With Indonesia, let's recover together and recover stronger," kata Airlangga.

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Profesor Klaus Schwab, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid, dan Chair Business20 Shinta Kamdani.

(rea/rea)




bab terbaru:72 togel

Perbarui waktu:2024-06-29

Daftar bab terbaru
dewa78 slot
kiwbet
dewicasino88
deluxe 88 slot
situs pragmatic play resmi
link slot server internasional
slot merah gacor
slot nexusengine terbaru
buku mimpi 59
Daftar isi semua bab
Bab 1 borju89
Bab 2 maindomino99
Bab 3 joki188
Bab 4 hokibet188
Bab 5 fosil777
Bab 6 cara pasang togel sendiri
Bab 7 cara bayar cicilan di kredivo
Bab 8 slot server thailand tergacor
Bab 9 slot yang paling gacor
Bab 10 gacor305
Bab 11 pola maxwin sweet bonanza hari ini
Bab 12 login kredivo tanpa aplikasi
Bab 13 erek erek pocong
Bab 14 monas77
Bab 15 bet 2000 maxwin berapa
Bab 16 rtp cinema777 hari ini
Bab 17 pinjam uang di bsi syariah
Bab 18 mpo757
Bab 19 kuota4d
Bab 20 infini88
Klik untuk melihattersembunyi di tengah3208bab
seni bela diriBacaan TerkaitMore+

Evolusi seni bela diri ekstrim

aplikasi judi bola parlay
Sandiaga Salahuddin Uno menawarkan investasi senilai US$ 6 miliar hingga US$ 8 miliar di delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kepada para investor.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno secara langsung membuka Global Tourism Forum 2022. (Foto: Arsip Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menawarkan investasi senilai US$ 6 miliar hingga US$ 8 miliar di delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kepada para investor.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno kepada 200 peserta, termasuk 21 investor potensial dari berbagai negara saat membuka Global Tourism Forum 2022 di Jimbaran, Bali.

"Kami berharap selain dari delapan KEK, ada 12 sustainable tourism project yang kita tawarkan dan 21 investor yang hadir di sini akan mendapatkan pilihan," kata Sandiaga dalam keterangannya dikutip Jumat (18/11).

Harapan tersebut katanya merujuk deklarasi yang disampaikan para pemimpin negara dalam KTT G20, antara lain fleksibilitas dalam kebijakan, stabilitas makro ekonomi.

Selanjutnya, sustainable development goals dan investasi yang sangat diperlukan untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

"Ini semua tercakup dalam Global Tourism Forum, dan pesan dari Bapak Presiden agar kita hentikan perang, kita hentikan kekerasan dengan alasan kemanusiaan untuk kebangkitan kita dan juga masalah pangan dan energi ini yang menjadi salah satu kunci utama kita bisa hadirkan," kata Sandiaga.

"Kedua, Bapak Presiden mengharapkan mereka untuk tinggal lebih lama lagi di Indonesia, di Bali dan lima destinasi super prioritas, mendorong bangkitnya sektor ekonomi kita," tutupnya.

(inh/inh)

Faun

sultanbet77
Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak kepulangan pesawat VVIP para pemimpin negara dan delegasi KTT G20, Bali terjadi pada hari ini, Rabu (16/11).
Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak kepulangan pesawat VVIP para pemimpin negara dan delegasi KTT G20, Bali terjadi pada hari ini, Rabu (16/11). Ilustrasi. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak kepulangan pesawat VVIP para pemimpin negara dan delegasi KTT G20, Baliterjadi pada hari ini, Rabu (16/11).

"Besok, Rabu (16/11), adalah puncak pergerakan kepulangan pesawat para pemimpin negara," ujar Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto seperti dikutip Antara, Selasa (15/11).

Novie mengungkapkan beberapa pesawat VVIP sudah ada yang kembali pulang dari forum raksasa ekonomi global itu ke negara asal masing-masing.

Rentang waktu kepulangan para pemimpin negara dan delegasi G20 itu dimulai 15-22 November 2022.

Menurut Novie, penanganan kepulangan lebih kompleks ketimbang kedatangan lantaran jam terbang berdekatan. "Untuk itu, perlu persiapan pengaturan penerbangan yang cermat," imbuhnya.

Kemenhub, sambung Novie, berupaya meminimalkan dampak yang ditimbulkan dari pergerakan kepulangan pesawat VVIP dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pihaknya juga telah membatasi penerbangan reguler dan mengimbau warga untuk mengatur ulang perjalanan dari dan ke Bali selama periode 13-17 November 2022.

Puncak acara KTT G20 sendiri digelar pada 15-16 November 2022. Para pemimpin negara anggota dan delegasi datang menggunakan pesawat kepresidenan, termasuk juga penerbangan komersial (terjadwal).

[Gambas:Video CNN]



(sfr/sfr)

Orang-orang menghormati

cara menghasilkan uang di hello
BPS mencatat neraca perdagangan Indonesia surplus US,67 miliar atau setara dengan Rp88,25 triliun secara bulanan pada Oktober 2022.
BPS mencatat neraca perdagangan Indonesia surplus US,67 miliar atau setara dengan Rp88,25 triliun secara bulanan pada Oktober 2022. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia surplus US,67 miliar atau setara dengan Rp88,25 triliun (asumsi kurs Rp15.565 per dolas AS) secara bulanan pada Oktober 2022.

Capaian ini lebih tinggi dibandingkan September kemarin sebesar US,99 miliar atau setara dengan Rp77,6 triliun.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Setianto mengatakan capaian neraca dagang Indonesia sudah mengalami surplus dalam 30 bulan berturut-turut sejak Mei 2020. 

Setianto mengatakan kenaikan neraca dagang karena nilai ekspor melonjak 0,13 persen dari US,78 miliar pada September menjadi US,81 miliar.

Sementara nilai impor hanya US,14 miliar atau turun 3,40 persen dari posisi sebelumnya yang sebesar US,81 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Dewi Luar Angkasa Kiamat

cara mengecek limit kredivo
Amazon resmi melakukan PHK karyawannya sejak Rabu (16/11), sehari setelah pengumuman bahwa perusahaan itu akan memangkas setidaknya 10 ribu orang karyawan.
Amazon resmi melakukan PHK karyawannya sejak Rabu (16/11), sehari setelah pengumuman bahwa perusahaan itu akan memangkas setidaknya 10 ribu orang karyawan. (REUTERS/JASON REDMOND).
Jakarta, CNN Indonesia--

Amazon resmi melakukan PHKkaryawannya sejak Rabu (16/11), sehari setelah pengumuman bahwa perusahaan itu akan memangkas setidaknya 10 ribu orang karyawan.

Juru bicara Amazon Kelly Nantel mengungkapkan sejumlah karyawan yang terkena PHK mulai mencari pekerjaan baru lewat LinkedIn dan mengunggahnya secara terbuka.

"Pada Selasa malam hingga Rabu pagi, banyak pekerja Amazon yang di-PHK memposting secara terbuka di LinkedIn bahwa mereka terkena dampak pemutusan hubungan kerja dan sedang mencari pekerjaan," ujar Nantel dilansir dari CNN, Kamis (17/11).

Nantel mengaku PHK massal yang dilakukan ini bukan hal mudah, namun beberapa faktor seperti kondisi ekonomi global yang memburuk terus memengaruhi kemampuan perusahaan untuk beroperasi.

"Termasuk perekrutan massif selama beberapa tahun, sejumlah tim membuat penyesuaian dan dalam beberapa kasus peran tertentu tidak lagi diperlukan," papar Nantel.

Sementara itu, Wakil Presiden Senior Dave Limp mengunggah memo yang berisikan pengumuman PHK itu kepada publik. Lewat memo itu tertulis Amazon akan membantu karyawannya yang di-PHK untuk menemukan tempat kerja baru.



"Kami memberi tahu karyawan yang terkena dampak kemarin, dan akan terus bekerja sama dengan setiap individu untuk memberikan dukungan, termasuk membantu menemukan peran baru," ucap Limp.

Meski demikian, Limp tak merinci jumlah karyawan yang diberhentikan sejak hari Rabu kemarin. Diketahui, usai mencapai rekor tertinggi selama pandemi, saham Amazon telah turun lebih dari 40 persen pada tahun 2022 sejauh ini.

Sebelumnya, laporan The New York Times yang dikutip CNN menyebutkan PHK akan dilakukan mulai awal pekan ini. Pemangkasan pekerja juga akan meliputi staf yang bekerja di perangkat Amazon (seperti asisten suaranya Alexa), serta orang-orang di divisi ritel dan sumber daya manusia, menurut laporan itu. Namun jumlah karyawan yang terdampak bisa berubah.

[Gambas:Video CNN]



(cfd/dzu)

Kelahiran Kembali Republik Tiongkok

zeus88
China mengalami krisis babi akibat menurunnya jumlah produksi peternak. Krisis produksi dipicu kenaikan biaya pakan babi.
China mengalami krisis babi akibat menurunnya jumlah produksi peternak. Krisis produksi dipicu kenaikan biaya pakan babi. (REUTERS/LUKAS BARTH).
Jakarta, CNN Indonesia--

Chinamengalami krisis babiakibat menurunnya jumlah produksi peternak. 

Penurunan itu dipicu lonjakan biaya pakan yang terjadi sejak Juni 2021 hingga Juli tahun ini.  Karena lonjakan itu, petani menjual ternak dan memusnahkan lebih banyak induk babi dari biasanya atau memperlambat produksi dengan tidak mengawinkan betina supaya kerugian tak makin membesar.

Kepala Eksekutif Genesus Inc Kanada Jim Long yang merupakan pemasok babi pembibitan ke China memperkirakan karena langkah itu populasi babi menyusut antara 6 juta dan 8 juta ekor.

Sementara itu, Kementerian pertanian mengatakan Cina memiliki 44,6 juta induk babi pada September 2021, turun menjadi 41,85 juta pada Maret 2022. Kemudian, meningkat lagi menjadi lebih dari 43 juta pada September 2022.

Meski kenaikan pasokan indukan terjadi, itu semua tak mampu meredam lonjakan harga.

Maklum, daging babi sejauh ini merupakan makanan favorit di China. Di sisi lain, lonjakan harga komoditas tersebut telah mendorong inflasi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Biro statistik mencatat pada Oktober 2022, harga daging babi melonjak 51,8 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, data dari Shanghai JC Intelligence Co Ltd mencatat harga babi hidup JCI-HOG-LUOHER naik sekitar 78 persen dari Juni menjadi 28,50 yuan atau sekitar U,98 per kg pada 19 Oktober. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak Maret 2021.

Menurut 10 analis industri, petani, dan pemasok pakan dan genetika, harga daging babi diproyeksi akan tetap tinggi pada 2023 mendatang.

[Gambas:Video CNN]

Pemerintah menyalahkan para petani yang menahan babi dari penyembelihan untuk menggemukkan karena harga yang lebih tinggi. Sedangkan, analis dan ahli mengatakan telah terjadi pengurangan pasokan yang besar sejak musim dingin lalu.

Sementara itu, Kementerian Pertanian dan Pedesaan berkali-kali mengatakan kapasitas pembibitan sudah mencukupi.

"Penghapusan kapasitas produksi benih mungkin lebih besar dari yang dibayangkan pasar saat ini," kata Guan Yilin, analis Cofco Futures, dalam sebuah catatan bulan lalu.

Tapi, pelaku industri di negara tersebut mengatakan akan mengimpor daging babi sampai beberapa bulan ke depan supaya masalah itu bisa diatasi.

Lihat Juga :
Gegap Gempita G20 di Bali Tak Menetes ke Pedagang dan Sopir Ojol
(agt/bir)

Sistem memasak Shaolin

jadwal slot gacor malam ini
Harga apartemen di Korea Selatan merosot 1,2 persen pada Oktober 2022. Penurunan itu merupakan yang terbesar sejak 2003.
Harga apartemen di Korea Selatan merosot 1,2 persen pada Oktober 2022. Penurunan itu merupakan yang terbesar sejak 2003. Ilustrasi. (Kamyq/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga apartemen di Korea Selatanmerosot 1,2 persen pada Oktober 2022. Penurunan itu merupakan yang terbesar untuk setidaknya 19 tahun terakhir atau sejak 2003.

Dilansir Reuters, Rabu (16/11), Dewan Real Estat Korea mencatat penurunan harga terjadi lantaran kenaikan suku bunga hipotek terus menurunkan permintaan.

Di ibu kota Seoul, harga apartemen turun 1,24 persen, tercepat sejak Desember 2008. Hal itu memperpanjang kerugian selama sembilan bulan berturut-turut.

Penurunan harga memperkuat proyeksi Bank Sentral Korea Selatan (BoK) akan memperlambat laju kenaikan suku bunga dalam beberapa pekan mendatang.

Pasar memperkirakan BoK akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada 24 November, setelah memberlakukan total kenaikan 250 basis poin sejak Agustus tahun lalu untuk menahan inflasi.

Lonjakan biaya hidup mengikis pendapatan rumah tangga dan menggelapkan prospek konsumsi di ekonomi terbesar keempat di Asia, di mana pengeluaran swasta menyumbang kira-kira setengah dari produk domestik bruto.

Lihat Juga :
Jokowi dan Xi Jinping Nobar Uji Coba Kereta Cepat dari Bali Sore Ini

Analis memperkirakan hanya satu atau dua kali kenaikan suku bunga oleh BoK untuk sisa tahun ini dan 2023 menjadi 3,25 persen atau 3,5 persen.

"Secara historis, pasar properti telah menjadi salah satu variabel terpenting bagi kebijakan moneter Korea Selatan, karena terkait erat dengan utang rumah tangga negara, yang merupakan rasio tertinggi di dunia terhadap PDB," ujar ekonom DB Financial Investment Moon Hong-cheol.

Berdasarkan data Institute of International Finance, rasio utang rumah tangga terhadap PDB Korsel mencapai 102,2 persen pada kuartal II lalu.

"Pengetatan yang berlebihan dapat mengakibatkan dampak yang tidak dapat diubah, dan untuk soft-landing pasar properti, BOK harus secara tepat mencerminkan kondisi pasar dalam keputusan kebijakan moneternya," tambah Moon.

Selain di Korsel, lesunya pasar properti juga terjadi di sejumlah negara, salah satunya China.

Karenanya, Pemerintah China meluncurkan beberapa upaya untuk menyelamatkan sektor properti yang tengah 'babak belur'.

Pihak regulator perbankan dan bank sentral mengeluarkan 16 arahan internal untuk mempromosikan pertumbuhan industri yang sehat serta stabil.

Langkah ini termasuk dukungan kredit untuk pengembang perumahan yang rentan dengan utang, dukungan keuangan untuk memastikan penyelesaian dan penyerahan unit kepada pemilik rumah, serta bantuan penangguhan pembayaran pinjaman untuk pembeli rumah.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/dzu)