petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

slot bonus new member fb

jp paus hk mlm ini jitu 47Jutaan kata 249299Orang-orang telah membaca serialisasi

《slot bonus new member fb》

Pengusaha Prediksi Beras Langka hingga Akhir Maret******

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.
Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia memproyeksi kelangkaan dan mahalnya harga beras berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) memproyeksi kelangkaan dan mahalnya hargaberas berlangsung setidaknya sampai akhir Maret 2024.

Ketua Umum Perpadi Sutarto Alimoeso mengatakan hal itu terjadi karena panen di Maret pun tidak terlalu besar dan cenderung di bawah normal.

"Kondisi seperti ini masih akan berlangsung sampai dengan akhir Maret," katanya kepada CNNIndonesia.com, Senin (26/2).

Kendati, ia tak merinci mengapa beras hasil panen tersebut menurun.

Harga beras belakangan menjadi sorotan karena melambung tinggi. Tak hanya itu, stoknya pun langka di ritel modern.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengungkapkan harga beras saat ini melonjak hingga 20 persen. Padahal, Ramadan masih cukup jauh.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan harga beras saat ini menjadi Rp18 ribu per kilogram (kg). Naik tinggi dibandingkan biasanya sekitar Rp14 ribu per kg. Ini adalah harga tertinggi sepanjang pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lihat Juga :
Kemendagri Minta Pemda Antisipasi Modus Pengusaha Mainkan Harga Beras

"Ya (harga beras premium Rp18.500 per kg tertinggi di era Presiden Jokowi). Hati-hati, jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/2) lalu.

Menurutnya, hilangnya beras premium secara mendadak tidak hanya terjadi di ritel. Di pasar, para pedagang juga kesulitan mendapatkan beras premium, karena memang stok yang dimiliki penggilingan juga terbatas.

Reynaldi menyindir lonjakan harga itu dipicu masifnya gelontoran bansos dan bantuan pangan beras 10 kg sebelum Pilpres 2024 kemarin. Pasalnya, setelah itu, kelangkaan pasokan beras mulai terjadi.

Menurutnya, pembagian bansos dalam momentum politik itu tentu menimbulkan tarik-menarik dengan stok beras di pasar. Ujungnya terjadi lonjakan harga, bahkan kelangkaan.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Blak-blakan soal Pembahasan Dana Makan Gratis Ala Prabowo

"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.

"Fakta bahwa harga beras tinggi ini bukti pemerintah tidak serius menanganinya. Jelas bahwa tata niaga pangan kita ini mesti diperbaiki dan perlu ada perubahan agar tidak terjadi seperti ini terus-menerus," tambahnya.

Sementara itu Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi menyebut kenaikan harga beras terjadi karena harga gabah memang sudah tinggi di tingkat petani; di atas Rp7.000 per kg.

"Jadi kondisi harga gabah yang sudah sampai di atas Rp7.500 itu terjadi di hampir semua sentra produksi," ujar dia dalam media briefing di Kantor Pusat Bulog Jakarta, Selasa (13/2).

Bayu merinci harga gabah petani dan harga beras di sentra produksi yang dicatat Bulog per 12 Februari 2024. Di Indramayu, misalnya, harga gabah sebesar Rp7.350 per kg dan beras premiumnya Rp15.475, di Karawang gabahnya Rp7.150 per kg dan berasnya Rp14.333.

Kemudian, di Banyumas harga gabah Rp8.300 per kg dan beras Rp15 ribu per kg, di Sragen gabahnya Rp8.100 dan beras premiumnya Rp14.200 per kg. Di Ngawi harga gabah Rp8.200 per kg dan beras premiumnya Rp15.700 per kg.

Selanjutnya, di Sidrap, Sulawesi Selatan harga gabahnya Rp7.900 per kg dan beras premiumnya Rp14.050 per kg.

Menurutnya, kenaikan harga terjadi di seluruh negeri akibat harga gabah yang melonjak. Itu untuk kualitas gabah kering dan beras premium.

Jokowi juga pernah mengungkap alasan mengapa harga beras masih mahal di pasaran. Menurut dia, harga beras masih naik karena saat ini belum masuk masa panen raya.

"Ya belum panen raya. Kalau nanti produksinya melimpah pas panen raya, pasti harganya juga turun," ujarnya usai melakukan peninjauan di Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(del/mrh)

Sambut Tamu Lebaran dengan Sofa dari Transmart, Ada Diskon Rp2 Juta******

Sambut tamu yang berkunjung ke rumah dengan sofa berkualitas dari Transmart Full Day Sale hari ini, diskonnya sampai Rp2 juta.
Ilustrasi. Sambut tamu yang berkunjung ke rumah dengan sofa berkualitas dari Transmart Full Day Sale hari ini, diskonnya sampai Rp2 juta. (Transmart)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sebentar lagi Lebaran tiba. Di momen istimewa ini, pastikan Anda menyambut tamu yang berkunjung ke rumah dengan sofa yang nyaman.

Kalau mau beli sofa berkualitas terbaik, beli aja di Transmart Full Day Sale hari ini, Minggu (31/3). Soalnya ada banyak produk terpilih yang diskon gede.

Lihat Juga :
Jangan Lewatkan Pesta Diskon Transmart Full Day Sale Hari Ini
  • All item elite & lady Americana harga normal mulai Rp1.458.000, harga diskon mulai Rp583.200. Harga khusus di Jawa & Bali.
  • All item elite & lady Americana harga normal mulai Rp1.458.000, harga diskon mulai Rp614.000. Harga khusus di Makassar, Lampung, Jambi.
  • Airland tracia set ukuran 160x200 cm, 180x200cm harga normal Rp18.500.000, harga diskon Rp5.199.200. Harga khusus di Jawa & Luar Jawa.
  • Airland tracia set ukuran 160x200 cm, 180x200cm harga normal Rp19.500.000, harga diskon Rp5.439.200. Harga khusus di Manado & Pangkal Pinang.
  • Sofa L Shape harga normal Rp5.999.000, harga diskon Rp3.919.200.
  • All Super Furniture harga normal Rp479.000, harga diskon Rp227.840. Harga khusus Pulau Jawa.
  • All Super Furniture harga normal Rp529.000, harga diskon Rp192.000. Harga khusus Sumatera & Kalimantan.
  • All Super Furniture harga normal Rp534.000, harga diskon Rp204.960. Harga khusus Sulawesi & Nusa Tenggara.
  • Mykonos dining set harga normal Rp3.599.000, harga diskon Rp2.639.200.
  • Industrial table & chair harga normal Rp499.000, harga diskon Rp319.200.
  • Olymplast odc drawer 4 susun pink/cream/tosca harga normal Rp1.599.000, harga diskon Rp899.920. Harga khusus di Pulau Jawa.
  • Olymplast odc drawer 4 susun pink/cream/tosca harga normal Rp1.719.000, harga diskon Rp899.920. Harga khusus di Pulau Jawa.
  • Glass dispenser harga normal Rp349.000, harga diskon mulai Rp199.200.
  • All item lock&Lock harga normal Rp46.000, harga diskon mulai Rp25.760.
  • Box hampers harga normal Rp14.900, harga diskon mulai Rp7.120.

Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya, Transmart Full Day Sale berlangsung selama satu hari saja. Mulai jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

Yuk, ke gerai Transmart terdekat sekarang juga dan bawa pulang produk furnitur impianmu!

Gif banner Allo Bank
(juh/juh)

[Gambas:Video CNN]

Ayu, Takjil dan Berkah Untung Rp1,5 Juta per Hari Imbas Ramadan******

Sejumlah pedagang takjil mendulang berkah cuan selama Ramadan. Beberapa di antara mereka bahkan bisa mendulang untung Rp1,5 juta per hari imbas Ramadan.
Sejumlah pedagang takjil mendulang berkah cuan selama Ramadan. Beberapa di antara mereka bahkan bisa mendulang untung Rp1,5 juta per hari imbas Ramadan. Ilustrasi. ( CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia--

Bulan Ramadanselalu penuh berkah. Salah satunya, dirasakan pedagang takjil.

Ayu (32) misalnya. Pedagang takjil di Cinangka, Depok mengatakan sudah berjualan takjil setiap Ramadan sejak tiga tahun lalu.

Ia memulai usaha karena kala itu berhenti bekerja akibat pandemi. Ternyata, usaha itu berlanjut sampai saat ini.

"Nah, pas 2021 kan pandemi lagi parah-parahnya. Aku ikut kena layoff. Ya sudah deh mulai usaha open PO risoles dan pas puasa juga aku buka lapak, ternyata orang-orang pada suka dan habis terus. Jadi lanjut sampai sekarang," imbuhnya.

Menurut Ayu, untuk hari biasa ia hanya menjual risoles sesuai dengan pesanan yang masuk. Namun, untuk bulan Ramadan ia menjual berbagai macam, seperti gorengan bakwan, tahu, lontong, hingga es buah.

"Kalau puasa begini jualnya banyak. Kayak ini nih, ada bakwan, tahu isi, mendoan, es buah, es cincau. Tapi menu favorit tetap risoles," jelasnya.

Ayu mengaku pada Ramadan ini, per hari bisa meraup keuntungan hingga Rp1,5 juta. Lebih besar dibandingkan hari biasa karena hanya fokus satu menu.

Adapun harga risoles nya Rp5.000-Rp7.000 per biji bergantung isiannya, ada mayonise, keju, dan daging. Untuk gorengan Rp2.000 per biji dan es buah Rp5.000 per bungkus.

"Sehari kira-kira dapat Rp1,5 juta lah. Itu kalau habis. Kalau lagi hujan suka nggak habis ya paling Rp1 jutaan itu. Kalau hari biasa kan aku memang tidak buka lapak, hanya menunggu pesanan yang masuk aja, jadi tidak menentu. Tapi dengan puasa tahun-tahun lalu sama sih hasilnya. Ramainya juga tetap," kata Ayu.

Senada, Juleha (28) pedagang takjil di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, mengatakan cuan selama Ramadan ini. Meski hanya jual gorengan, ia bisa memperoleh keuntungan hingga Rp800 ribu per hari.

Lihat Juga :
Unilever Akan Pecat 7.500 Karyawan Demi Bisnis Es Krim

"Bersih nya sih Rp600 ribu sampai Rp800 ribu bisa kalau lagi puasa gini," jelasnya.

Menurutnya, ia menjual gorengan setiap hari dan tidak pernah pindah lapak. Jenisnya beragam, ada bakwan, tahu isi, tempe, cireng, ubi hingga risol isi bihun.

"Tapi kalau lagi puasa gini, ya tambahan menunya ada es buah dan Aqua botol gini (sambil menunjuk dagangannya). Harganya sih tetap sama 3 biji Rp5.000 untuk gorengan. Es buah Rp5.000 per bungkusnya," jelasnya.

Ia mengaku selama Ramadan, penjualannya naik signifikan. Konsumen pun membeli langsung banyak sekaligus.

"Kalau hari biasa kan memang yang beli tidak banyak. Kalau puasa gini, banyak yang datang terutama dari orang kementerian yang buka puasa sama orang-orang yang nongkrong di sini. Belinya juga banyak, kadang ada yang Rp50 ribu per orang. Pernah ada yang Rp100 ribu malah. Jadi berkah sekali untuk saya," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/agt)




bab terbaru:erek erek 2d 86

Perbarui waktu:2024-06-26

Daftar bab terbaru
hongkong4d
imba gacor
inti 123 slot
buku mimpi 2 d
dapet duit dari internet
kakek zeus demo
menunggak kredivo
gacor368
caturtoto
Daftar isi semua bab
Bab 1 qqslot777
Bab 2 agus rtp live
Bab 3 bunga akulaku 12 bulan
Bab 4 aplikasi kredit elektronik terbaik
Bab 5 idr89
Bab 6 kelinci777
Bab 7 mpoidslot
Bab 8 erek 24
Bab 9 rtp slot airbet88
Bab 10 situs baru terpercaya
Bab 11 cara cicil barang di lazada
Bab 12 dewagacor88
Bab 13 situs slot gacor pasti wd
Bab 14 cara daftar kredivo agar tidak ditolak
Bab 15 rtp idncash
Bab 16 poker qq
Bab 17 situs judi capsa online terpercaya
Bab 18 vivo4d
Bab 19 qq801
Bab 20 buku mimpi 32
Klik untuk melihattersembunyi di tengah4506bab
game onlineBacaan TerkaitMore+

Aku mungkin monster

prediksi togel hari ini sydney
Sedang mencari kasur, sofabed, sampai meja makan untuk lebaran yang berkualitas dan harga terjangkau? Borong aja di Transmart!
Ilustrasi. Sedang mencari kasur, sofabed, sampai meja makan untuk lebaran yang berkualitas dan harga terjangkau? Borong aja di Transmart! (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Sedang mencari kasur, sofabed, sampai meja makan agar nuansa Lebaran lebih ceria? Solusinya di Transmart Full Day Sale, kamu bisa dapat produk dengan pilihan lengkap dan harga terjangkau.

Transmart Full Day bakal kembali digelar pada Minggu (24/3), mulai dari toko dibuka sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Selama periode Transmart Full Day Sale berlangsung, berbagai macam produk bakal didiskon gede-gedean 50 persen plus 20 persen.

Mulai dari kasur, sofa bed, meja komputer, meja makan, diskonnya bisa sampai 50 persen. Kapan lagi bisa belanja furnitur untuk menyambut lebaran dengan harga hemat kalau bukan di Transmart.

Biar nggak makin penasaran, cek di bawah ini daftar furnitur yang didiskon selama Full Day Sale dan stoknya tersedia di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

  • All item in a box & travel mattress merek Ellite, Ameera, Kangoroo, harga normal mulai Rp1.332.000 dan harga diskon mulai Rp267.920 (harga khusus Jawa dan Bali).
  • All item in a box & travel mattress merek Ellite, Ameera, Kangoroo, harga normal mulai Rp1.332.000 dan harga diskon mulai Rp282.400 (harga khusus Makassar, Lampung, Jambi).
  • Resta emattress 160x200cm harga normal Rp9.420.000, harga diskon jadi Rp1.520.000 (harga khusus Pulau Jawa).
  • Resta emattress 160x200cm harga normal Rp9.420.000, harga diskon jadi Rp1.584.000 (harga khusus Luar Pulau Jawa).
  • Sofabed harga normal mulai Rp1.989.000, harga diskon jadi Rp1.119.200.
  • Carlitz dining set harga normal Rp2.299.000, harga diskon jadi Rp1.439.200 (harga khusus Pulau Jawa).
  • Carlitz dining set harga normal Rp2.299.000, harga diskon jadi Rp1.519.200 (harga khusus Luar Pulau Jawa).
  • Computer desk harga normal mulai Rp899.000, harga diskon mulai Rp423.200.
  • Single metal bed harga normal mulai Rp1.999.000, harga diskon mulai Rp1.119.200 (harga khusus Luar Jawa).
  • Single metal bed harga normal mulai Rp1.999.000, harga diskon mulai Rp1.119.200 (harga khusus Pulau Jawa).

Supaya bisa bawa pulang furnitur impian dengan harga diskon, pelanggan bisa menggunakan pembayaran melalui Allo Prime, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

Bagi yang belum punya Allo Bank, kartu kredit Bank Mega, atau Mega Syariah jangan khawatir. Aplikasi Allo Bank dapat diunduh dari hp kemudian upgrade akunnya ke Allo Prime.

Apabila pelanggan ingin membuka Kartu Kredit Bank Mega atau Mega Syariah bisa langsung mengajukan pembukaan secara instan di booth yang tersedia di setiap gerai Transmart.

Jadi tunggu apalagi, yuk buruan ke Transmart sekarang dan pastikan bayarnya pakai kartu bank yang direkomendasikan supaya bisa borong semua furnitur impian buat lebaran.

Gif banner Allo Bank
(avd/juh)

[Gambas:Video CNN]

Labirin Orang Mati

paito taiwan harian
Astra Infra memastikan kondisi dan infrastruktur jalan tol ruas Tangerang-Merak, Cipali, dan Jombang-Merak siap untuk menyambut arus mudik Lebaran 2024.
Ilustrasi. Astra Infra memastikan kondisi dan infrastruktur jalan tol ruas Tangerang-Merak, Cipali, dan Jombang-Merak siap untuk menyambut arus mudik Lebaran 2024. (CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia--

Astra Infra memastikan kondisi dan infrastruktur jalan tol ruas Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Jombang-Merak siap untuk menyambut arus mudik Lebaran 2024.

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menyatakan tidak ada perbaikan jalan tol selama arus mudik Lebaran. Ia juga menyebut kondisi jalan tol telah siap menyambut lalu lintas mudik tahun ini.

"Sesuai komitmen kami sebelumnya, kami telah memastikan kesiapan kondisi infrastruktur jalan dan memastikan tidak ada perbaikan jalan selama arus mudik Lebaran tahun ini," ujar Billy dalam keterangan resmi, Sabtu (31/3).

Untuk jalan tol ruas Tangerang-Merak, pihak Astra Infra menambahkan gardu satelit Cikupa yang dapat dipakai pengguna jalan. Operasi penutupan lubang juga telah dilakukan untuk memastikan kondisi jalan selama periode arus mudik.

Selain itu, Astra Infra menerjunkan para petugas yang akan bersiaga jika pemeliharaan jalan sewaktu-waktu dibutuhkan. Petugas itu meliputi tim perkerasan jalan, tim drainase, tim kebersihan jalur, dan tim landscape.

Astra Infra juga akan memberikan diskon 10 persen kepada pengguna jalan yang mudik lebih awal menuju Merak. Diskon diterapkan untuk kendaraan golongan 1 dengan jarak terjauh Gerbang Tol Cikupa sampai Gerbang Tol Merak, begitu pula sebaliknya.

Diskon itu berlaku untuk empat hari mulai 1 April 2024 pukul 00.00 WIB hingga 2 April 2024 pukul 24.00 WIB, kemudian 17 April 2024 pukul 00.00 WIB sampai 18 April 2024 pukul 24.00 WIB.

Lihat Juga :
Waspada 31 Titik Rawan Bencana di Jalur Mudik Jawa Barat

Di ruas tol Cikopo-Palimanan, Astra Infra menerapkan operasi penutupan lubang, pembersihan dan perbaikan drainase, dan antisipasi hujan deras.

Uji coba contra flow juga dilakukan di KM 153-157 pada Jumat (29/3) lalu. Uji coba dilakukan bersama dengan pihak kepolisian, terutama untuk mengatasi volume lalu lintas tinggi karena ruas itu bersinggungan dengan Tol Cisumdawu.

Sementara itu, pengecekan kondisi konstruksi jalan tol telah dilakukan di ruas tol Jombang-Mojokerto. Petugas lapangan juga disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

(frl/isn)

[Gambas:Video CNN]

pedang berbentuk pedang jauh

situs slot aman dan terpercaya
Kementerian Perhubungan merinci kesiapan Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk melayani pemudik sepeda motor pada musim Lebaran 2024.
Kemenhub merinci kesiapan Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk melayani pemudik motor pada Lebaran 2024 mendatang. (CNNIndonesia/Zai)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merinci kesiapan Pelabuhan Ciwandan, Banten untuk melayani pemudik sepeda motor pada musim Lebaran2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan sejauh ini sudah disiapkan 10 kapal untuk mengangkut pemudik motor dari Jawa ke Sumatra. Armada ini bisa saja bertambah jika animo mudik masyarakat meningkat.

"Ini lebih banyak untuk sepeda motor di (Pelabuhan) Ciwandan. Dari hasil evaluasi kemarin, sepeda motor kami harapkan tidak bercampur dengan angkutan-angkutan barang. Ini tidak membuat nyaman dan risiko yang tinggi," ungkap Hendro dalam Jumpa Pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 secara virtual, Minggu (17/3).

Pilihan Redaksi
  • Kemenhub: 193,6 juta Orang Akan Mudik dan Bepergian di Libur Lebaran
  • Lebaran 2024: 61,6 Juta Orang Diprediksi Mudik ke Jawa Tengah
  • Jadwal Lengkap One Way, Contraflow, Ganjil-Genap Mudik Lebaran 2024

"Buffer area di (Pelabuhan) Ciwandan kita sudah siapkan tenda-tenda, (tempat) sepeda motor, pos kesehatan, makan minum bagi pemudik sepeda motor. Jarak antara buffer area sepeda motor ke pelabuhan kurang lebih hanya 200 meter, jadi pendek dan mudah bagi masyarakat untuk mengakses," tuturnya.

"Harapan kami, masyarakat pengguna sepeda motor ini akan nyaman melakukan penyeberangan ke (Pelabuhan) Bakauheni dan sebaliknya," imbuh Hendro.

Sebelumnya, Korlantas Polri memprediksi akan ada 99 ribu pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor dari Pulau Jawa ke Sumatra pada lebaran kali ini.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan prediksi itu didapat dari angka pemudik motor 2023 lalu.

Slamet mengatakan seluruh pemudik sepeda motor bakal diarahkan untuk menyeberang dari Pelabuhan Ciwandan, Banten. Ia memastikan jumlah pemudik tersebut dapat ditampung sepenuhnya melalui penambahan jumlah armada kapal.

(skt/pua)

[Gambas:Video CNN]

Paman terkuat dalam sejarah

star77
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024.
Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan sebanyak 500 ribu ton beras impor sudah masuk ke Indonesia per Februari 2024. Jumlah tersebut merupakan sisa impor dari alokasi tahun lalu.

Tahun ini, sambungnya, kuota impor awalnya diputuskan sebanyak 2 juta ton. Kemudian kuota tambahan 1,6 juta ton.

"Kalau ada penambahan 1,6 juta ton itu kita pikirnya nanti. Kita hanya memastikan bahwa teman-teman Bulog sudah siap daripada nanti belum ada kuotanya dan kemudian nanti rapat-rapat lagi kelamaan. Ini sudah disiapkan. Pak presiden dan kementerian semua maunya cepat," katanya di Pasar Induk Beras Cipinang, Rabu (28/2).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan dari kuota impor 2 juta ton tahun ini, sebanyak 500 ribu ton ditargetkan masuk Maret mendatang sebelum panen raya. Beras itu berasal dari Thailand, Vietnam, dan Pakistan.

Febby mengatakan beras impor digunakan untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 1,2 juta ton, penyaluran bantuan pangan, dan intervensi harga melalui stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Namun, beras impor tidak akan langsung masuk seluruhnya melainkan juga melihat pasokan dalam negeri.

"Jadi enggak ujug-ujug3,6 juta ton dimasukkan semua. Kita juga tetap menyerap (produksi dalam negeri)," katanya.

Febby menjelaskan Bulog menyerap produksi dalam negeri dengan dua skema, yakni public service obligation(PSO) atau penugasan dan komersial. Dengan skema PSO, Bulog dalam melakukan penyerapan dibatasi oleh harga pembelian pemerintah (HPP).

Adapun HPP saat ini untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani Rp5.500 per kg, GKP di tingkat penggilingan Rp5.100, gabah kering giling (GKG) di penggilingan Rp6.200 per kg, dan GKG di gudang Bulog Rp6.300 per kg.

"Kalau PSO kita enggak bisa menyerap dengan HPP Rp5.000, maka kita serap untuk komersial. Kalau untuk komersial bisa beli di Rp7.600," katanya.

"Intinya kita punya dua corebisnis, yang kalau PSO-nya enggak masuk HPP, ya komersial," katanya.

Ia mengatakan beras yang diserap dengan skema PSO digunakan untuk beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Sementara, beras komersial dikemas dengan berbagai merek dan dijual di ritel modern.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Kultivator abadi datang ke dunia

pinjaman online 100 ribu
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan operator bakal menebar diskon tarif tol pada musik mudik lebaran tahun ini.
Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan operator bakal menebar diskon tarif tol pada musik mudik lebaran tahun ini. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan operator bakal menebar diskon tarif tolpada musik mudik lebarantahun ini.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan kebijakan diskon tarif tol akan diumumkan langsung oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau operator masing-masing jalan tol.

Ia menegaskan pemerintah tak bisa terlalu dalam mengintervensi soal diskon tarif tersebut karena menyangkut investasi perusahaan.

"Diskon diharapkan agar masyarakat lebih duluan mudik, jangan terfokus pada hari tertentu, salah satunya dirangsang dengan diskon tarif. Ini kompetensi BUJT atau operator jalan tol (memberi diskon), biasanya pada H- (lebaran) dan H+," tambahnya.

Tulus juga menegaskan kenaikan tarif di sejumlah ruas tol tidak bisa ditunda dengan adanya mudik menyambut Idulfitri 1445 H ini. Menurutnya, penundaan kenaikan tarif malah akan berdampak kepada pengguna tol lain di masa depan.

Meski menegaskan tidak ada penggratisan tol yang sudah eksisting, BPJT menekankan ada sekitar 7 ruas tol belum dikenakan tarif. Ini adalah tol-tol yang dibuka secara fungsional demi kelancaran mudik 2024.

"Tadi soal tarif ada yang gratis enggak, atau ditunda (kenaikan) yang sudah eksisting secara regulasi tidak (bisa). Tapi yang ruas tol fungsional itu masih gratis, jangan lupa jadi bisa dimanfaatkan," tuturnya.

"Mumpung belum bayar, dimanfaatkan. (Operasional tol fungsional) pukul 6 pagi sampai 5 sore itu masih gratis sebelum diberlakukan berbayar," imbuh Tulus.

Pada bahan paparan Tulus, ada 7 jalan tol yang akan dibuka secara fungsional pada lebaran 2024 ini. Sebanyak 3 ruas di Pulau Jawa dan 4 sisanya ada di Pulau Sumatra.

Rinciannya tol fungsional di Jawa, yakni Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Tol Solo-Yogyakarta-NYIA, dan Cimanggis-Cibitung.

Sedangkan tol fungsional di Sumatra mencakup Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan Seksi 3-4 Sinaksak-Seribu Dolok, Tol Bangkinang-Tanjung Alai, Tol Indrapura-Kisaran, serta Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 3 sebagian.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Permaisuri Pangeran Pertama di Alam Semesta

login pragmatic play
KSP meminta Satgas Pangan jangan dulu menindak pedagang yang menjual beras di atas HET agar beras selalu tersedia.
KSP meminta Satgas Pangan jangan dulu menindak pedagang yang menjual beras di atas HET agar beras selalu tersedia. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia--

Kantor Staf Presiden (KSP) pimpinanMoeldokomeminta Satgas Pangan tak buru-buru menindak pedagang yang menjual berasdi atas harga eceran tertinggi (HET).

Deputi III KSP Edy Priyono mengaku timnya sudah memonitor keberadaan beras premium di 15 minimarket. Hasilnya, tidak ada sama sekali beras premium yang dikemas per 5 kg itu di ritel modern tersebut.

"Tetapi untuk penjualan secara online itu masih ada, meskipun harganya jauh (lebih mahal). Bahkan, di minimarket yang outlet offline tidak tersedia atau beras itu kosong, ternyata di outlet minimarket yang sama, tapi online, itu ada. Tetapi harganya paling murah Rp65 ribu (per pack). Itu kalau premium sudah di atas HET," ungkap Edy dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, dikutip dari YouTube Kemendagri, Senin (19/2).

Kantor Moeldoko itu merasa keberadaan beras yang dijual online meski melebihi HET itu bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pasalnya, pasokan saat ini belum lancar masuk ke gerai offline ritel modern.

"Kami berpikir saat ini mungkin jangan ada penindakan dulu ya, termasuk yang di online itu, bapak-bapak Satgas Pangan. Meskipun kita tahu, saya tadi sebutkan harga di online itu lebih tinggi dari HET. Mungkin untuk sementara waktu tidak perlu dipersoalkan dulu karena ini cukup membantu supaya beras ada," pinta Edy.

"Sementara di offline minimarket, ini kita terus menunggu teman-teman dari Bulog (menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan/SPHP ke ritel). Kita tahu perlu waktu untuk mengemas, menyiapkan, kemudian juga harus ada permintaan dari jaringan ritel modern. Ini nanti kalau minggu depan sudah ada jadwal, mungkin kita bisa sama-sama lihat ke lapangan," tandasnya.

KSP berharap beras di ritel modern, khususnya di minimarket, segera tersedia. Ia juga meminta Bulog untuk cepat membanjiri beras SPHP ke ritel-ritel modern.

HET beras premium saat ini berlaku berdasarkan zonasi, yakni zona 1 untuk Jawa, Lampung, Sumatra Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi. Di zona ini HET beras premium adalah Rp13.900 per kg atau Rp69.500 per 5 kg.

Lalu, zona 2 dibanderol Rp14.400 per kg atau Rp72 ribu per pack untuk Sumatra selain Lampung dan Sumatra Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Kalimantan. Sedangkan zona 3 di Maluku dan Papua dengan HET Rp14.800 per kg atau Rp74 ribu per 5 kg.

Sementara itu, HET beras SPHP yang kualitasnya medium adalah Rp10.900 per kg atau Rp54.500 per 5 kg di zona 1. Kemudian, di zona 2 seharga Rp11.500 per kg atau Rp57.500 per pack dan zona 3 Rp11.800 per kg alias Rp59 ribu per 5 kg.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)