petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

dewata88

bunga akulaku 12 bulan 349Jutaan kata 533670Orang-orang telah membaca serialisasi

《dewata88》

KAI Kembalikan Barang Tertinggal Penumpang, Ada Tas LV******

PT KAI (Persero) mengembalikan sejumlah barang mewah milik calon penumpang yang ketinggalan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Minggu (7/4).
PT KAI (Persero) mengembalikan sejumlah barang mewah milik calon penumpang yang ketinggalan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Minggu (7/4). (CNN Indonesia/Damar Sinuko).
Jakarta, CNN Indonesia--

PT KAI(Persero) mengembalikan sejumlah barang mewah milik penumpang yang ketinggalan diStasiun Semarang Tawang Bank Jateng pada Minggu (7/4).

Barang itu terdiri dari tas berwarna coklat dengan merek Louis Vuitton dan berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang Rp510 juta.

Awalnya, salah seorang penumpang KA Sembrani dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng tujuan Gambir pada Minggu (7/4) melaporkan kepada petugas pengamanan KA Sembrani bahwa tas miliknya tertinggal di area tunggu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

Setelah itu, petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng yang biasa dipanggil Ikhsan berhasil mengamankan barang tersebut berupa tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton dan berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai 510 juta rupiah.

Tas tersebut berada di area tunggu stasiun sebelah timur. Saat itu, memang stasiun dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan masa Angkutan Lebaran tahun 2024/1445 H.

Tas berikut isinya langsung dikirim ke Pos Pengamanan Stasiun Gambir menggunakan KA Argo Bromo Anggrek dengan pengawalan oleh Petugas Pengamanan Kereta. Pada pukul 17.30 WIB barang sampai di Pos Pengamanan Stasiun Gambir dan langsung diserahkan kepada pemilik.

Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena KAI telah menemukan barang berharganya. Ia juga sangat mengapresiasi nilai-nilai kejujuran yang dimiliki oleh insan KAI dalam menjalankan setiap tugasnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan barang bawaan sejatinya menjadi tanggung jawab penumpang sendiri. Perseroan memang menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai, tetapi itu tidak seharusnya menjadikan penumpang lengah.

"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," katanya.

Bagi pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Selama periode masa angkutan Lebaran 2024 dari 31 Maret s/d 8 April 2024, KAI telah melakukan pengembalian barang temuan sebanyak 132 barang kepada pemiliknya dengan estimasi nilai barang sebesar Rp793,47 juta. Adapun jenis barang tersebut diantaranya laptop, HP, tablet, smartwatch, dompet, makanan dan lain-lain.

"Pada masa peak season khususnya di momen Angkutan Lebaran ini memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel," ujar Joni.

[Gambas:Video CNN]



(sfr)

Kata Pengamat soal APBN Jadi Jaminan Utang Kereta Cepat******

Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Ekonom menilai negara menanggung risiko dari keputusan menjadi APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Keuangan Sri Mulyanimemastikan pemerintah memberikan penjaminan pinjaman untuk proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB).

Komitmen itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemberian Penjaminan Pemerintah untuk Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat Antara Jakarta dan Bandung.

Beleid diteken Sri Mulyani pada 31 Agustus lalu. Beleid mengatur soal penyediaan jaminan pemerintah bagi pencarian pendanaan dalam rangka menutup kenaikan atau perubahan biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Jaminan diberikan dengan mempertimbangkan berbagai prinsip.

"Kemampuan keuangan negara, kesinambungan fiskal dan pengelolaan risiko fiskal," kata beleid itu.

Sri Mulyani mengatakan penjaminan proyek KCJB diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2021. Penjaminan diberikan karena terjadi pembengkakan biaya proyek yang memicu lahirnya pinjaman tambahan.

Lihat Juga :
OBITUARISoebronto Laras, Sosok Pengusaha dan Tokoh Otomotif Indonesia

Biaya pembangunan KCJB memang membengkak. Dalam proposal penawaran yang disampaikan pemerintah China ke Indonesia pada 2015 lalu, Negeri Tirai Bambu menawarkan biaya pembangunan proyek hanya US,13 miliar.

Namun, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan biaya itu kemudian bengkak US,2 miliar atau sekitar Rp18,24 triliun (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS).

PMK Nomor 89 Tahun 2023 tadi pun sempat ramai dikritik karena disinyalir pemerintah menggadaikan APBN. Namun, hal ini ditepis oleh Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo.

Menurut Prastowo, PMK Nomor 89 Tahun 2023 hanya penjaminan biasa. Ia mengatakan pemerintah sudah biasa memberikan penjaminan proyek infrastruktur.

Lihat Juga :
Daftar Direksi dan Komisaris Baru PLN Usai Agus Martowardojo Masuk

"Lalu masalahnya di mana? Tidak ada. Selama ini dijamin aman karena tata kelola dan manajemen risiko sangat dijaga. Yang bermasalah itu pikiran jorok, seolah APBN digadaikan ke China!," kata Yustinus dalam akun twitternya @prastow, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan pemerintah memberikan penjaminan kepada PT Kereta Api Indonesia atau KAI sebagai pemegang saham mayoritas KCJB agar dapat meningkatkan reputasinya ke pemberi pinjaman. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan pemberi pinjaman terhadap proyek KCJB.

"Jelas ya, yang meminjam PT KAI ke kreditur, bukan pemerintah, apalagi seolah APBN langsung digunakan," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menjelaskan sebenarnya keterlibatan APBN dalam proyek KCJB ini sebagai jaminan jika PT KAI di kemudian hari akan melakukan pinjaman.

Lihat Juga :
Profil Sofiah Balfas, Direktur Bukaka Tersangka Baru Korupsi Tol MBZ

"Sehingga APBN di sini seperti semacam letter of guaranteeyang kemudian seharusnya bisa menekan cost of borrowing ketika kemudian kereta api cepat membutuhkan pendanaan di kemudian hari," katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/9).

Meski demikian, kata Yusuf, keterlibatan APBN akhirnya memunculkan kontijensi risk yang kemudian bisa muncul dari proyek KCJB.

Memang, APBN tidak serta merta menalangi kebutuhan dana yang semisal dibutuhkan dalam perjalanan operasional kereta api cepat ini. Namun, hal ini tidak menutup fakta bahwa ada risiko kontingensi yang kemudian harus ditanggung oleh APBN dari kesepakatan ataupun kebijakan ini.

Oleh karena, menurut Yusuf sebenarnya perlu yang dipastikan adalah skenario-skenario operasional dari KCJB perlu dipastikan berjalan sesuai dengan rencana.

Lihat Juga :
The Fed Putuskan Tahan Suku Bunga Bulan Ini

"Misal di sisi target penumpang, apakah kemudian target penumpang per hari per bulan ataupun per tahun itu mencapai sesuai proyeksi sebelumnya," kata Yusuf.

"Kalaupun misalnya tidak tercapai apa bentuk mitigasinya? Bentuk mitigasi inilah yang juga akan berkorelasi terhadap risiko yang muncul dari kebijakan ini," sambungnya.

Yusuf juga menyebut KCJB akan berpotensi meningkat kinerja perekonomian di daerah yang terdapat stasiun. Pada muaranya ketika meningkatkan perekonomian akan berpotensi memunculkan titik-titik ekonomi baru.

Nah, titik-titik ekonomi baru inilah yang kemudian perlu dipantau. Apakah dia bisa berjalan sesuai dengan proyeksi atau tidak.

"Karena sama seperti argumen penumpang di atas, ini akan juga berkorelasi dengan risiko yang bisa muncul dalam operasional kereta api cepat ini sehingga mitigasi yang handal akan mengurangi risiko yang kemudian bisa muncul ke APBN melalui kebijakan ini," jelas Yusuf.

Bersambung ke halaman berikutnya...

Tekanan China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

TikTok Shop Dilarang, Bagaimana Transaksi Belanja yang Belum Selesai?******

Kemendag memastikan platform social commerce harus menyelesaikan seluruh transaksi yang sudah dibuat sebelum aturan larangan berjualan berlaku.
Kemendag memastikan platform social commerce harus menyelesaikan seluruh transaksi yang sudah dibuat sebelum aturan larangan berjualan berlaku. Ilustrasi. (Tangkapan layar web seller-id.tiktok.com).
Jakarta, CNN Indonesia--

Social commerceseperti TikTok Shop resmi dilarang menjadi platformjualan dan melayani transaksi di Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang diundangkan pada 26 September 2023.

Lantas, bagaimana nasib transaksi yang belum selesai?

"Iya, (transaksi) harus diselesaikan sampai selesai," ujar Isy di Kantor Kementerian Perdagangan pada Rabu (27/9).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sendiri memberikan waktu sepekan untuk social commerce menutup toko dan berhenti melakukan transaksi jual-beli baru.

"(Larangan) berlaku mulai kemarin, tapi kita memberitahukan dulu beberapa hari ini, kita surati, ya seminggu ini lah," ujarnya.

Zulkifli juga mengatakan social commerce yang ingin berjualan harus memiliki aplikasi e-commerce terpisah. Pasalnya social commerce hanya boleh untuk promosi.

Lalu, aturan itu juga menetapkan harga minimum sebesar US0 per unit barang asal luar negeri yang langsung dijual oleh pedagang ke Indonesia melalui platform e-commerce lintas negara (cross border). Sedangkan pedagang dalam negeri yang menjual barang impor tidak dikenakan batasan tersebut.

"Hanya untuk luar negeri saja, yang impor. (Pedagang dalam negeri) bebas berapa saja boleh," katanya.

Fenomena TikTok Shop tengah meresahkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya barang jualan pedagang asli Indonesia di toko offline maupun marketplace lainnya kalah saing dengan produk Tiktok Shop yang sangat murah.

Bahkan, barang yang dijual pedagang di TikTok Shop dituding hasil perdagangan lintas batas alias cross border. Jika benar, banjir barang impor tersebut berarti langsung ditawarkan kepada pembeli tanpa melalui proses importasi yang semestinya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)




bab terbaru:slot bonus 100 to kecil

Perbarui waktu:2024-07-01

Daftar bab terbaru
slot ter gacor
apa itu permainan kakek zeus
tafsir mimpi 00
situs slot thailand terpercaya
shiotogel4d
kredivo for pc
cara pinjam uang di ovo tanpa ktp
aktivasi akun kredivo
menu kredivo
Daftar isi semua bab
Bab 1 aob633
Bab 2 situs slot login
Bab 3 bigslot288
Bab 4 koicuan
Bab 5 piala88 gacor
Bab 6 cucukake89
Bab 7 harga voucher axis 8gb 15 hari
Bab 8 situs judi terpercaya gacor
Bab 9 erek erek 2d 05
Bab 10 jasa pembuatan situs slot
Bab 11 pola dan trik olympus
Bab 12 kuat4d
Bab 13 hari slot
Bab 14 situs slot skywind
Bab 15 slot gacor pagi siang malam
Bab 16 erek erek 49 2d
Bab 17 rtp klix4d
Bab 18 slot 777 online
Bab 19 sewa
Bab 20 timbangan 2d togel
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9337bab
kotaBacaan TerkaitMore+

Tuhan lahir

permainan 88
Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) bakal tetap menggarap Rempang Eco City di tengah marak gelombang protes.
Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) bakal tetap menggarap Rempang Eco City di tengah marak gelombang protes. Ilustrasi. (Arsip Warga).
Jakarta, CNN Indonesia--

Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) bakal tetap menggarapRempang Eco City di tengah marak gelombang protes.

"Kami tetap menjalankan mandat dari pemerintah pusat bahwa Rempang Eco City ini merupakan proyek strategis nasional (PSN)," tegas Kepala Biro Humas, Promosi, dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait kepadaCNNINdonesia.com, Selasa (12/9).

Bentrok di Rempang dipicu sejumlah warga lokal yang masih belum setuju dengan pengembangan kawasan tersebut yang merupakan kampung adat masyarakat Melayu. Aparat penegak hukum pun terpaksa menembakkan gas air mata karena situasi tidak kondusif.

Meski bentrok terus bergulir, BP Batam menegaskan pihaknya akan tetap melanjutkan pembangunan PSN ini sesuai rencana. Tuty, sapaan akrabnya, menyebut masyarakat terdampak bakal segera direlokasi.

"Pemindahan masyarakat tahap satu di wilayah Sembulang ke hunian sementara sambil menunggu pembangunan hunian tetap di Sijantung akan tetap kami laksanakan," tutup Tuty.

Di lain sisi, koalisi masyarakat sipil terus mendesak pemerintah segera menghentikan proses pembangunan Rempang Eco City. Mereka menilai pembangunan proyek ini sekadar ambisi pemerintah pusat dan mengabaikan aspirasi masyarakat daerah.

Proyek yang telah menyebabkan bentrok antar warga dan aparat ini dinilai berpotensi menghilangkan hak dan identitas masyarakat adat di Rempang.

"Kami Masyarakat Sipil di Riau, Masyarakat Sipil Nasional, dan 28 Kantor Eksekutif Daerah WALHI meminta Presiden (Joko Widodo) mengambil sikap tegas untuk membatalkan program ini," kata Direktur Eksekutif Nasional Walhi Zenzi Suhadi selaku perwakilan koalisi sipil dalam keterangan tertulis, Kamis (7/9).

Koalisi sipil turut mendesak Presiden Jokowi dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mencopot kapolda Riau, kapolres Barelang, hingga komando pangkalan TNI AL Batam yang dinilai bertanggung jawab atas bentrokan ini.

Rempang Eco City adalah salah satu dari sekian banyak PSN Jokowi. Nantinya, kawasan di Pulau Rempang itu bakal dibangun untuk kebutuhan industri, pariwisata, dan lainnya.

Wilayah ini juga bakal menjadi kawasan industri hasil komitmen investasi dari industri kaca dan panel surya perusahaan asing Xinyi Group. Bahkan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim pabrik di Batam ini digadang-gadang menjadi pabrik kaca dan solar panel terbesar di dunia setelah China.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

penyihir penuh waktu

bioskop777
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,36 persen ke 7.016 pada Jumat (22/9) sore.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 0,36 persen ke 7.016 pada Jumat (22/9) sore. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup di level 7.016 pada Jumat (22/9). Indeks saham naik 25,37 poin atau plus 0,36 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp9,32 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,84 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 294 saham menguat, 209 terkoreksi, dan 249 lainnya stagnan. Terpantau delapan dari sebelas indeks sektoral menguat, dipimpin sektor infrastruktur yang naik 1,49 persen.

Beralih ke bursa asing, bursa saham Asia dominan lesu. Tercatat, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,52 persen, indeks Hang Seng Composite di Hong Kong meroket 2,28 persen, dan indeks Kospi di Korea Selatan merosot 0,27 persen.

Sedangkan bursa saham Eropa semuanya melemah. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,40 persen, indeks CAC 40 di Prancis turun 0,64 persen, dan indeks DAX di Jerman melemah 0,25 persen.

Tak jauh beda, bursa Amerika kompak ditutup merah. Indeks S&P 500 layu 1,64 persen, indeks NYSE turun 1,63 persen, dan indeks NASDAQ Composite jatuh 1,82 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/sfr)

Peralatan dari dunia lain

cara dapat uang dari helo
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Jokowi ingin membentuk organisasi untuk mengatur integrasi transportasi publik di Jabodebek.
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Jokowi ingin membentuk organisasi untuk mengatur integrasi transportasi publik di Jabodebek. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Jokowi ingin membentuk organisasi untuk mengatur integrasi transportasi publik di Jabodebek. 

"Presiden memerintahkan saya untuk melihat strukturnya dan membuat organisasi yang lebih efisien, dan saya nanti akan undang beberapa pakar-pakar untuk memberikan masukan," kata Luhut di Istana Kepresidenan, Rabu (27/9).

Luhut mengatakan Jokowi meminta organisasi tersebut dibentuk dalam satu bulan ke depan. Namun, organisasi tersebut tidak akan dipimpin Luhut.

Dengan organisasi tersebut, Luhut mengatakan transportasi Jabodebek tidak lagi diurus masing-masing oleh BUMN, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat. Organisasi tersebut akan mengurus berbagai hal termasuk karcis moda transportasi.

"Sehingga jangan ada organisasi dari pemerintah daerah, dari BUMN, dari mana-mana. Jadi satu struktur saja," katanya.

Sementara itu, Jokowi meminta anak buahnya mempercepat pembangunan infrastruktur penghubung, salah satunya seperti jembatan penghubung antara LRT Halim dengan Stasiun Kereta Cepat di Halim.

Lihat Juga :
ANALISISMungkinkah China Bantu RI Amankan Pasokan Beras?

"Kemudian juga penghubung stasiun kereta api Manggarai dengan Transjakarta, penghubung stasiun Tanah Abang dan Dukuh Atas. Kita harus memastikan semuanya memiliki penerangan," katanya.

Selain rencana integrasi antarmoda, Jokowi juga meminta kolaborasi pemerintah dengan penyedia transportasi.

Menurutnya, akan sangat bagus jika masyarakat cukup satu kali pesan, kemudian sistem sudah mengatur transportasi apa saja yang bisa digunakan.

"Misalnya pertama naik ojek ke stasiun, kemudian naik kereta, naik kereta naik Transjakarta sampe ke titik tujuan. sehingga tidak perlu dicari-cari, tidak perlu nunggu-nunggu karena semuanya sudah terintegrasi," tuturnya.

 

[Gambas:Video CNN]



(dhf/fby)

Zaman kuno

cara menggunakan voucher shopback dari im3
Berbagai elektronik aneka merek mulai dari LG, Panasonic, Polytron, Sharp, sampai Samsung diskon gila-gilaan di Transmart besok (1/10). Cek daftarnya.
Elektronik aneka merek mulai dari LG, Sharp, sampai Samsung diskon gila-gilaan di Transmart besok (1/10). (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso)
Jakarta, CNN Indonesia--

Berbagai elektronik aneka merek mulai dari LG, Panasonic, Polytron, Samsung, Sharp, sampai Sony diskon gila-gilaan di Transmart pada Minggu (1/10).

Soalnya, Transmart kembali menggelar pesta diskon seharian bertajuk Full Day Sale mulai dari jam operasional toko buka sampai pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai se-Indonesia. Mulai dari AC, kulkas sampai TV berbagai merek diskonnya enggak main-main deh!

Lihat Juga :
Transmart Balik Lagi dengan Diskon Seharian, Berlaku Semua Gerai!

Begitu juga dengan kulkas 4D 472 L dari harga normal Rp12,04 juta jadi Rp8,79 juta per unit. Harga berlaku untuk pembelian di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Sedangkan, pembelian kulkas 4D 472 L di luar Pulau Jawa, Bali, dan Lampung diskon dari harga normal Rp12,64 juta jadi Rp9,23 juta per unit.

Nah untuk TV LED 50" UHD Smart diskonnya dari harga normal Rp6,96 juta jadi Rp4,79 juta per unit.

Untuk TV LED 65" UHD Smart, diskonnya dari harga normal Rp11,2 juta jadi Rp7,67 juta per unit. Harga diskon ini berlaku untuk berbagai merek sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, untuk kamu yang lagi cari-cari elektronik atau mau kasih hadiah elektronik ke keluarga, saudara, sampai teman bisa banget beli di Transmart Full Day Sale. Mumpung diskon gila-gilaan, kan?

Makanya enggak perlu pikir panjang, langsung cus mampir ke gerai Transmart terdekat di kotamu dan dapatkan diskon aneka elektronik di Transmart Full Day Sale besok!

Gif banner Allo Bank
(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Planet terbelah menjadi dua

slot88 demo pragmatic
Soal kesehatan, ini yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat mudik
Sejumlah kendaraan antre melintas pada H-2 Lebaran di Jalan Raya Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (8/4/2024). Menurut Pemerintah Kabupaten Bogor sebanyak 140 ribu-160 ribu kendaraan diprediksi melewati jalur Puncak, Bogor, saat periode mudik dan libur Lebaran 2024, yaitu empat kali lipat dari kapasitas jalan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym
Pertama, obat-obatan rutin pribadi yang harus diminum tepat waktu, vitamin untuk menjaga imunitas seperti vitamin C dan vitamin D3.
Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat, dr Ngabila Salama menyebut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat mudik.

"Pertama, obat-obatan rutin pribadi yang harus diminum tepat waktu, vitamin untuk menjaga imunitas seperti vitamin C dan vitamin D3," kata Ngabila saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Kemudian, kata dia lagi, bagi penderita asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau sesak napas dianjurkan untuk membawa obat uap atau inhaler untuk mengantisipasi serangan kambuh.

"Pada penderita hipertensi atau diabetes bisa membawa alat pengukur tensi digital, alat pengukur gula darah dan kolesterol yang dijaga valid alatnya (sudah dilakukan kalibrasi berkala)," kata Ngabila.

Berikutnya, kata dia pula, sesuaikan pakaian dengan kondisi pancaroba yang kini tengah berlangsung.

"Untuk mencegah dehidrasi pada kondisi panas siapkan payung, topi, kacamata hitam, baju tipis dan berwarna terang, air putih yang cukup. Dan untuk cuaca dingin, jaket, selimut, dan lain-lain. Terus jika akan melakukan aktivitas fisik, jangan lupa membawa sepatu olahraga," kata Ngabila.

Kemudian, ujar dia lagi, menyiapkan bekal cemilan di perjalanan seperti potongan buah atau kacang-kacangan.

"Siapkan juga menu sahur dan berbuka tepat waktu dengan menu makanan yang sehat dan seimbang," kata dia.

Ngabila melanjutkan, jika ada ancaman macet berjam-jam selama perjalanan, kelompok rentan seperti pralansia di atas 40 tahun yang memiliki komorbid cukup serius seperti hipertensi dan Diabetes Melitus, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal kronis, atau ibu hamil < 14 minggu / > 28 minggu, dianjurkan untuk memeriksa kesehatan (check up) terlebih dahulu.

"Kemudian untuk intensitas pemberhentian selama mudik itu tidak tentu, tapi untuk mencegah infeksi saluran kencing jangan menahan kencing," kata dia lagi.

Selain itu, jika badan dirasa pegal atau kelelahan dan merasa perlu meregangkan badan, dianjurkan beristirahat per 3-4 jam di rest area.

"Jadikan mudik aktivitas yang menyenangkan, jangan stres dengan kondisi kemacetan yang ada, karena stres bisa memicu kenaikan berat badan dan penurunan imunitas, sehingga mudah terkena sakit (baik penyakit menular dan tidak menular)," kata Ngabila pula.
Baca juga: Dokter ingatkan pemudik cukupi konsumsi cairan selama perjalanan
Baca juga: Tujuh hal harus dilakukan ketika tinggalkan motor untuk mudik

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024

Pelancong Tanpa Batas

simulasi bunga kredivo
Mendag Zulkifli Hasan resmi meneken revisi Permendag 50/2020 yang mengatur soal larangan social commerce seperti TikTok Shop.
Mendag Zulkifli Hasan resmi meneken revisi Permendag 50/2020 yang mengatur soal larangan social commerce seperti TikTok Shop. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) resmi meneken revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Sudah saya teken kemarin, tinggal mau diundangkan di Kemenkum HAM. Saya kira minggu ini selesai," katanya di Semarang, Selasa (26/9).

Zulkifli mengatakan perdagangan digital harus diatur. Ia mengatakan media sosial yang ingin menjadi social commerce harus memiliki izin usaha sendiri.

"Kalau dia jadi social commerce, harus izin usahanya sendiri. Social commerceseperti media TV. Dia boleh iklan, promosi boleh, tapi tidak boleh jadi toko," kata Zulkifli

"Tidak boleh juga langsung jadi perbankan, menjamin uang, kredit juga, jualan juga, enggak boleh gitu. Jadi enggak boleh satu platform digital memborong semuanya," imbuhnya.

Zulkifli sebelumnya mengatakan dalam revisi Permendag tadi, pemerintah akan memisahkan social commercedengan e-commerce. Artinya, tidak boleh ada platform seperti TikTok yang menjadi sosial media dan e-commerce secara bersamaan.

Lihat Juga :
Kapan TikTok Shop Bakal Dilarang Berjualan di Indonesia?

Menurutnya, jika social commerce dan e-commerce disatukan, pihak platform sangat diuntungkan. Pasalnya, ia mengantongi algoritma pengguna yang bisa digunakan untuk mengatur iklan kepada yang bersangkutan.

Para pedagang dan pelaku UMKM di Pasar Tanah Abang menjerit belakangan ini akibat omzet penjualan mereka anjlok parah. Para pedagang menyatakan penurunan omzet terjadi setelah aplikasi TikTok Shop merajalela belakangan ini.

Aplikasi itu membuat mereka digempur habis-habisan oleh produk impor murah.

Jerit salah satunya disuarakan oleh Soleh (27), salah satu penjual di sana. Ia mengaku omzetnya turun karena TikTok Shop.

Ia mengaku sebelum TikTok Shop merajalela, bisa mengantongi puluhan juta per hari. Namun, kini dirinya pernah hanya mendapat satu pembeli dalam sehari.

"Dulu sebelum TikTok ada, tokonya masih ada, Lazada, Shopee itu gak ngaruh ke pasaran. Sekarang sudah ada TikTok hadir (jadi sepi)," ucap Soleh kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)