petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

royal99

cicil hp tanpa dp 967Jutaan kata 6935Orang-orang telah membaca serialisasi

《royal99》

10 Sektor Kompak Menguat, IHSG Berkilau ke 6.860******

IHSG ditutup di level 6.860 pada Rabu (19/10). Indeks saham menguat 25,92 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.
IHSG ditutup di level 6.860 pada Rabu (19/10). Indeks saham menguat 25,92 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia--

Indeks Harga SahamGabungan (IHSG) ditutup di level 6.860 pada Rabu (19/10). Indeks saham menguat 25,92 poin atau plus 0,38 persen dari perdagangan sebelumnya.

Mengutip RTI Infokom, investor melakukan transaksi sebesar Rp12,64 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,09 miliar saham.

Pada penutupan kali ini, 295 saham menguat, 245 terkoreksi, dan 155 lainnya stagnan. Terpantau, sepuluh dari sebelas indeks sektoral kompak menguat, dipimpin oleh sektor keuangan di angka 1,39 persen.

Sedangkan bursa saham Eropa mayoritas menguat. Terpantau, indeks FTSE 100 di Inggris minus 0,26 persen, indeks CAC 40 di Prancis plus 0,08 persen, dan indeks DAX di Jerman tumbuh 0,07 persen.

Tak mau kalah, bursa Amerika juga kompak menguat. Indeks S&P 500 naik 1,14 persen, indeks NYSE menguat 1,19 persen, dan indeks NASDAQ Composite tumbuh 0,90 persen.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

[Gambas:Video CNN]

Penumpang Transjakarta Curhat Saldo Sering Terpotong Dobel******

Sejumlah penumpang PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronik mereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal.
Sejumlah penumpang PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronik mereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia--

Sejumlah penumpangPT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengeluhkan saldo uang elektronikmereka yang terpotong lebih banyak dari tarif normal.

Mia (30), menyampaikan kepada CNNIndonesia.com, sudah tiga kali mengalami pemotongan saldo double saat menggunakan Transjakarta. Dia mendapati uang elektroniknya terpotong Rp3.500 saat berangkat dari halte keberangkatan, kemudian terpotong kembali saat keluar sebesar Rp3.500.

"Sudah tiga kali (saldo kepotong double). Jadi awalnya kan aku nggak sadar, karena kan ya seperti biasa, saat berangkat tap in, lalu pas turun tap out. Itu kan dari dulu gitu jadi nggak pernah ngeh kalau bakal kepotong dua kali. Nah sadar itu pas lihat banyak keluhan di sosial media. Jadi iseng deh cek mutasi transaksi dan ternyata kepotong double," kata Mia, Senin (24/10).

Berdasarkan bukti transaksi uang elektroniknya, pemotongan saldo double pertama terjadi pada 29 September 2022 pada pukul 18:19:09 WIB saat tap in naik Transjakarta. Tetapi, berselang 35 detik atau 18.19:44 terjadi pemotongan saldo lagi Rp3.500.

Kedua kalinya terjadi pada 30 September 2022. Bahkan saat itu saldonya terpotong sampai Rp10.500 dalam satu kali perjalanan Transjakarta. Hal itu terjadi saat ia hendak berangkat ke kantor dari rumahnya.

Pada saat itu, saldo awal terpotong pada pukul 8:49:08 WIB sebesar Rp3.500. Lalu, pada 8:51:17 WIB sebesar Rp7.000.

"Jadi kan aku naik dari Bekasi ya. Nah, memang ada transit sekali, cuma kan itu sudah sering aku lakukan saat pulang dan pergi kerja. Cuma nggak tahu ternyata terpotong banyak," jelasnya.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Kaget Lihat Banyak Gelandangan di Washington

Kemudian, ketiga kalinya terjadi pada 4 Oktober 2022, yakni pada pukul 8:20:16 WIB sebesar Rp3.500 dan 9:32:50 WIB sebesar Rp3.500.

Hal serupa dialami oleh Rara (25), pemotongan saldo double yang dialami sebanyak dua kali, yakni 10 dan 12 Oktober 2022. Saat itu ia berangkat dari halte Kebayoran menuju halte Tendean.

Namun, awalnya ia tidak menyadari dan tahu terjadi pemotongan saldo double setelah melihat kehebohan di sosial media.

"Jadi pas tap-in dipotong saldo, terus pas tap out dipotong juga saldo. Jadi, sekali naik Transjakarta bukan Rp3.500, tapi jadi Rp7.000 dah sekarang," kata Rara.

Lihat Juga :
Philips Bakal PHK 4.000 Pekerja Buntut Penarikan Ventilator dari Pasar

Rara telah menyampaikan keluhan ke Transjakarta dan mengatakan saldo yang terpotong lebih akan dikembalikan. Tapi, memang proses pengembalian dana membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga ia memutuskan untuk mengikhlaskan uangnya.

"Bikin aduan kan ke Transjakarta, biasa lah nanya ini kenapa seperti itu dan bisa dibalikin nggak saldonya. Mereka bilang bisa. Tapi harus pake prosedur lapor di aplikasi Jaklingko. Nanti uang kembali 7-30 hari kerja, karena lama dan merasa ribet jadi nggak aku urus," jelasnya.

Selain itu, keluhan juga disampaikan oleh penumpang Transjakarta di Twitter. Ia bahkan menuding ini sebagai langkah korupsi Transjakarta.

Adapun tudingan disampaikan oleh akun @Dee_iaz. Penumpang tersebut langsung menyentil akun milik Transjakarta.

Lihat Juga :
Ridwan Kamil Kritik LRT Palembang Lalu Minta Maaf

"FYI tadi gw naik @PT_Transjakarta 7E jam 6. 22. Silahkan kalo mau laporin saya, saya siap ketemu atasan anda @PT_Transjakarta," tulisnya.

Ia menyampaikan bahwa saat ingin turun di tempat tujuan, ia diminta oleh sopir Transjakarta untuk tap out, dan ternyata dikenakan biaya Rp2.000. Padahal, ia merasa sudah membayar saat tap in sebesar Rp3.500, sehingga ia protes dan meminta uang Rp2.000 nya untuk dikembalikan.

Redaksi telah menghubungi akun yang bersangkutan untuk mengonfirmasi insiden tersebut. Namun, hingga kini yang bersangkutan belum merespon pesan redaksi.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan hal tersebut tidak benar. Menurutnya, Transjakarta malah memberikan tarif lebih murah bagi penumpang di jam tertentu.

Lihat Juga :
Mengukur Kinerja LRT Palembang Usai Dikritik Ridwan Kamil

"Tidak benar. Yang Rp2.000 adalah jam 5-7 pagi. Selebihnya Rp3.500," ujar Anang.

Menurutnya, tarif akan dikenakan saat penumpang selesai menggunakan jasa Transjakarta atau saat turun di lokasi tujuannya. "Sistem sekarang, dipotong ketika tap out," jelasnya.

Namun, jika memang penumpang mengalami kerugian karena kelebihan membayar atau tap in/out, maka disarankan untuk melapor dan klaim ke PT Jaklingko Indonesia (JLI).

"Kalau klaim silahkan ke JLI. Namun demikian, silahkan mention ke twitter TJ untuk kami bantu," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/bir)

Rahasia UMKM Bisa Bawa Keramik Jadi Suvenir Gelaran G20******

Co-Founder Lumosh Fine Ceramics Raymond Tjiadi bercerita ihwal produk usahanya bisa menjadi suvenir dalam rangkaian KTT G20.
Co-Founder Lumosh Fine Ceramics Raymond Tjiadi bercerita ihwal produk usahanya bisa menjadi suvenir dalam rangkaian KTT G20. Ilustrasi. (istockphoto/Bet_Noire).
Surabaya, CNN Indonesia--

Pendiri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Lumosh Fine Ceramics menceritakan pengalamannya kala produk usahanya terpilih jadi suvenir dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Jawa beberapa waktu lalu.

Co-Founder Lumosh Fine Ceramics Raymond Tjiadi mengatakan Lumosh terpilih lantaran pernah mengikuti acara yang digelar Kementerian Perindustrian di Jawa Timur. Kala itu, ia diundang untuk membuatkan suvenir acara.

"Sebelumnya itu ada kementerian industri kan memang ada acara di Jawa Timur, kebetulan ya memang habis itu nemu kita dan kita masuk diminta untuk bikinin suvenir waktu itu. Dari sana dua tahun berjalan, kan ada G20, nah orangnya kontak lagi. Saya tanya (ternyata) untuk acara ini (rangkaian G20)," kata Raymond saat ditemui di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/10).

Proses pembuatan suvenir G20 itu pun disebut sepenuhnya mengikuti permintaan pemerintah. Raymond berujar dia diminta memberikan sekitar lima rekomendasi model kerajinan oleh kementerian.

Konsepnya, kata Raymond, perlu menyesuaikan konsep G20 itu sendiri.

"Dia pun minta penawaran untuk beberapa model dan diminta agar model pewarnaannya itu bisa mengikuti konsepnya G20," ujar Raymond.

Lihat Juga :
Faisal Basri Sebut Indonesia Aman dari Resesi, Kok Bisa?

Dari lima rekomendasi itu, pemerintah disebut menyetujui dua warna, yakni biru dan merah. Dari kedua itu lalu diseleksi kembali hingga akhirnya terpilih warna merah. Sekitar 100 unit kerajinan pun dipesan pemerintah dari Lumosh Fine Ceramics untuk dijadikan suvenir dalam acara side event itu.

"Sekitar hampir 100 sih dia pesennya," ujar Raymond.

Lumosh Fine Ceramics merupakan UMKM di bidang kerajinan tangan yang didirikan sejak 1992. Lumosh pada mulanya fokus memproduksi keramik dalam jumlah besar, namun sejak 2016 usaha itu mulai beralih konsep menjadi personalisasi.

Sejumlah keramik yang diproduksi Lumosh umumnya sama seperti keramik pada umumnya, yakni cangkir, gelas, piring, hingga teko. Namun, Lumosh memiliki keunikan sendiri yaitu selalu menggunakan kayu untuk setiap keramik mereka.

Lihat Juga :
Dua Orang Terkaya di Dunia Wanti-wanti Ancaman Resesi Global

Lebih dari itu, Lumosh juga merupakan usaha yang memberdayakan ratusan masyarakat lokal, kebanyakan dari Probolinggo. Para pengrajin adalah orang dari berbagai latar belakang yang dilatih selama satu hingga dua bulan sebelum bekerja di pabrik kerajinan tersebut.

Lumosh Fine Ceramics juga merupakan salah satu UMKM yang memilih untuk mengepakkan sayap di dunia marketplace. Sepanjang bisnisnya, Lumosh telah bergabung dengan berbagai marketplace, termasuk Tokopedia, dan menggunakan fitur-fitur yang ditawarkan agar dikenal hingga seluruh negeri.

Saat ini, Lumosh pun memanfaatkan fitur Dilayani Tokopedia, sebuah fitur yang memungkinkan penjual menitipkan produk ke gudang pintar di wilayah potensial, guna menipiskan jarak antara pembeli dan penjual dengan biaya ongkos kirim yang lebih terjangkau.

[Gambas:Video CNN]



(blq/sfr)

[Gambas:Video CNN]




bab terbaru:link gacor hari ini slot

Perbarui waktu:2024-06-11

Daftar bab terbaru
cara pinjaman uang di lazada
cara upgrade kredivo
ninja slot88
tafsir mimpi erek erek
timnas4d demo
slot besar net
ratu303
rajagacor
rambut erek erek
Daftar isi semua bab
Bab 1 pola slot gacor gates of olympus
Bab 2 pengeluarantotomacau2021
Bab 3 ditolak kredivo
Bab 4 maksud limit di akulaku
Bab 5 erek erek pengamen
Bab 6 roma99
Bab 7 maxwin gates of olympus
Bab 8 klik33
Bab 9 sjo777
Bab 10 pgsoft slot88
Bab 11 cara pinjam uang ke shopee
Bab 12 slot terbaru 2023 gacor
Bab 13 untung308
Bab 14 cara kredit elektronik di lazada
Bab 15 pinjol legal ojk bulanan
Bab 16 erek77
Bab 17 menang bet 88
Bab 18 dewa633
Bab 19 pinjam uang cair ke dana
Bab 20 animototo slot
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9863bab
perjalanan waktuBacaan TerkaitMore+

secara bersaing

mega118
Kemenkop UKM menjatuhkan sanksi terhadap empat PNS pelaku pelecehan seksual, mulai dari turun jabatan hingga pemberhentian.
Kemenkop UKM menjatuhkan sanksi terhadap empat PNS pelaku pelecehan seksual, mulai dari turun jabatan hingga pemberhentian. (Istockphoto/Favor_of_God).
Jakarta, CNN Indonesia--

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menjatuhkan sanksi terhadap empat PNSpelaku pelecehan seksual.

Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim menyebutkan keempat pelaku itu adalah WH yang merupakan PNS golongan 2C, ZP yang berstatus CPNS, serta MF dan NN yang merupakan tenaga honorer.

"Kami menjatuhkan sanksi berupa status non job, pemberhentian pekerjaan, pada 14 Februari 2020 untuk pelaku MF dan 24 Febuari 2020 untuk pelaku NN atas pelanggaran dugaan tindak asusila," ujar Arif dalam konferensi pers, Senin (24/10).

Arif menjelaskan kejadian pelecehan seksual terjadi pada saat Kemenkop UKM mengadakan rapat di luar kantor (RDK) di Bogor, Jawa Barat, pada 5-6 Desember 2019.

Setelah pelaksanaan kegiatan RDK hari pertama selesai, korban (ND) dan tujuh pegawai lainnya, termasuk keempat pelaku, keluar hotel sekitar pukul 23.30 WIB untuk makan di restoran.

Usai makan, mereka mencari hiburan malam di sekitar Cibubur dan kembali ke hotel pada 6 Desember sekitar pukul 04.00 WIB.

Lihat Juga :
Penumpang Transjakarta Curhat Saldo Sering Terpotong Dobel

"Setelah kembali ke hotel terjadi dugaan tindak asusila yang dilakukan oleh empat orang peserta," ujar Arif.

Pada 20 Desember 2019, Kepala Biro Umum Kemenkop UKM menerima aduan dari orang tua ND terkait pelecehan seksual yang dialami sang anak. ND didampingi Biro Kepegawaian kemudian membuat laporan ke Polres Bogor.

Pada 13 Februari 2020, polisi melakukan penahanan kepada keempat pelaku. Sehari kemudian, Kemenkop UKM menjatuhkan sanksi kepada pelaku.

Namun, polisi menangguhkan penahanan keempat pelaku pada 5 Maret dan dilakukan upaya perdamaian antara keluarga korban dan pelaku. Pada 13 Maret 2020, dilangsungkan pernikahan antara ZP dan ND (korban).

Lihat Juga :
Ahok Sebut Akun Instagram BTPND Diretas, Dipakai Jual Iphone

"Setelah tercapai kesepakatan antara keluarga korban dan terduga pelaku untuk diselesaikan secara kekeluargaan, selanjutnya Pihak Kepolisian menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan Nomor: S.PPP/813.b/III/RES.1.24/2020 tertanggal 18 Maret 2020," terang Arif.

Pada tanggal 31 Maret 2020, orang tua ND mengirimkan surat kepada Sekretaris Kemenkop UKM, yang menyatakan telah dilakukan mediasi dan menemukan kesepakatan untuk menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan.

Pihak ND kemudian disebut mencabut laporan kepolisian dan kasus ini dianggap selesai.

[Gambas:Video CNN]



(fby/bir)

Manual Pengembangan Tuhan

hari ini gacor
Batik Air mengungkapkan perubahan jadwal pesawat yang menyebabkan Ari Lasso ketinggalan pesawat dari Singapura karena cuaca buruk.
Batik Air mengungkapkan perubahan jadwal pesawat yang menyebabkan Ari Lasso ketinggalan pesawat dari Singapura karena cuaca buruk. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal).
Jakarta, CNN Indonesia--

MaskapaiBatik Air merespons keluhan musisi Ari Lassoyang ditinggal pesawat saat hendak pulang dari Singapura ke Indonesia.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan keberangkatan pesawat mengalami penyesuaian karena alasan operasional yakni cuaca buruk.

"Menanggapi keluhan dari salah satu penumpang atas nama Lasso, Ari Bernadus dan perkembangan berita bahwa penerbangan ID-7150 rute SIN-CGK pada Rabu 19 Oktober mengalami penyesuaian keberangkatan dikarenakan alasan operasional yaitu dampak dari cuaca kurang baik pada rotasi rute sebelumnya," kata Danang melalui pernyataan yang didapatCNNIndonesia.compada Kamis (20/10).

Danang mengatakan pihaknya tengah melakukan proses investigasi di internal mengenai insiden yang dialami Ari Lasso tersebut. Hasil penyelidikan disebut berupa rekomendasi atau referensi yang akan diterapkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada penumpang.

Ari Lasso sebelumnya mengaku ditinggal pesawat Batik Air ketika hendak pulang ke Indonesia dari Singapura. Ia tidak berhasil naik pesawat setelah adanya perubahan jam terbang dan gerbang masuk.

Lihat Juga :
ANALISISMencari Biang Kerok Maju Mundur Investor di IKN

"Pesawat saya mestinya 17.35, (nomor penerbangan) 7150. Tapi, kemudian saya mendapat WhatsApp di pagi hari bahwa pesawat saya diubah menjadi jam 19.35," kata Ari Lasso yang membeli tiket bisnis Singapura-Indonesia milik Batik Air.

"Ketika saya di depan gate, saya masuk gate, diubah gate-nya. 'Eh, this is not your flight'. Saya pindah ke gate satunya, 'Your flight is already fly'," lanjutnya.

Ari kemudian terpaksa menginap satu malam lagi di Singapura dan mendapatkan tiket ganti dari teman-temannya. Ia pun datang jauh lebih awal karena trauma akan kejadian tersebut, meskipun Ari sempat tidak bisa masuk gerbang ruang tunggu karena dianggap datang terlalu dini.

"Ada beberapa hal yang mesti kita bicarakan dan luruskan agar semua ini terjadi untuk perbaikan dan kebaikan Batik Air sendiri agar tidak terulang," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(fby/sfr)

Makanan Tiandao

tafsir mimpi cicak
Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.
Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Jokowi melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ekonom senior Faisal Basri mengkritik keras rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor timah karena jenis komoditas yang dilarang adalah ingot atau batang timah.

Menurut Faisal, Jokowi menyamakan bijih nikel dengan bijih timah. Padahal, bijih timah sudah dilarang sedari dulu alias selama ini Indonesia tidak mengekspor timah dalam bentuk bijih

"Nah, dia mau melarang (ekspor) ingot, batang timah itu yang udah 70 persen. Jadi yang sudah kita ekspor itu timah batangan, itu mau dilarang," paparnya dalam sesi diskusi di ASA Indonesia, Jumat (21/10).

Wacana larangan ekspor timah ini merebak sejak akhir 2021. Saat itu, Jokowi mengatakan akan melarang ekspor timah mulai 2024, setelah pelarangan ekspor bauksit hingga tembaga.

Larangan ekspor bahan mentah ini dilakukan demi membangun hilirisasi di Indonesia. Nantinya, seluruh bahan mentah akan diolah di dalam negeri.

"Nanti kalau sudah hitungannya matang ketemu kalkulasinya akan saya umumkan setop. Misalnya tahun depan atau setop tahun ini bisa terjadi. Saya kira kesiapan-kesiapan dari smelter baik nilai BUMN maupun nilai swasta harus kita kalkulasi semuanya ya terima kasih," kata Jokowi, Kamis (20/10), seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

Lihat Juga :
Kebijakan BI yang Kurang Agresif Tekan Rupiah ke Rp15.631

Kendati, Faisal tetap tak setuju dengan rencana pelarangan ekspor timah tersebut. "Jadi Pak Jokowi jangan asal. Pak Jokowi ini bukan bapak rumah tangga, istri sama anak-anaknya. Ini rumah tangga 270 juta orang. Ingat itu nasib rakyat-rakyat Bangka Belitung kayak gimana dari larangannya," tegas Faisal sembari menggebrak meja.

Sebelumnya, Jokowi berencana menyetop ekspor timah seiring dengan dibangunnya smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah.

"Hari ini saya melihat smelter baru yang dimiliki oleh PT Timah. Ini menunjukkan keseriusan kita dalam rangka hilirisasi timah. Nikel sudah, timah, bauksit," kata Jokowi, Kamis (20/10).

"Ini semuanya akan saya ikuti dan ini nanti akan selesai November yang kita harapkan pergerakan hilirisasi di timah akan segera mengikuti seperti yang kita lakukan di nikel tetapi kita belum berhitung kapan akan kita stop untuk ekspor bahan mentah timah," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]



(skt/dzu)

Setan cinta tidak terkalahkan

link yang gacor
Pelemahan rupiah dikhawatirkan akan berdampak pada ekonomi dalam negeri di mana permintaan akan turun karena harga barang yang makin mahal.
Pelemahan rupiah dikhawatirkan akan berdampak pada ekonomi dalam negeri di mana permintaan akan turun karena harga barang yang makin mahal. (Gunawan Wibisono).
Jakarta, CNN Indonesia--

Nilai tukar rupiahambrol 0,24 persen hingga tembus Rp15.500 per dolar ASpada Rabu (19/10) pukul 15.07 WIB. Pelemahan rupiah ini merupakan yang terdalam sejak 2,5 tahun terakhir.

Tercatat, rupiah pernah melemah hingga menyentuh level Rp16.400 per dolar AS pada Maret 2020. Ambrolnya rupiah kala itu dipicu oleh gejolak pasar akibat pandemi covid-19.

Kini, melihat rupiah yang kembali anjlok, apakah mata uang Garuda akan menyentuh ke titik terendahnya? Mengingat ancaman resesi sudah nampak di depan mata sebagaimana ramalan Dana Moneter Internasional (IMF) dan sejumlah lembaga internasional.

IMF pun memperkirakan ekonomi global hanya tumbuh 3,2 persen tahun ini atau turun nyaris separuh dari capaian tahun lalu sebesar 6,1 persen. Sedangkan pada tahun depan, diperkirakan hanya 2,9 persen.

Pengamat Ekonomi dari Indonesia Strategic and Economics Action Institution Ronny P Sasmita membenarkan jika pelemahan rupiah disebabkan ketidakpastian ekonomi global.

Kendati, menurutnya, pelemahan rupiah ini bukan karena buruknya fundamental mata uang Garuda. Tapi, karena tendensi bullish dolar AS yang semakin kuat.

Lihat Juga :
IHSG Diprediksi Masih Perkasa Jelang Pengumuman BI

Menurutnya, secara teknikal, level Rp15.500 per dolar adalah level resistance terdekat rupiah. Jika level ini berhasil pecah hari ini, besar kemungkinan level resistance kedua akan menjadi target selanjutnya, yakni sekitar level Rp15.700-an per dolar AS.

"Jika tren bearish rupiah dan bullish dolar ini tak segera diantisipasi, saya kira tak menutup kemungkinan rupiah akan ke level Rp16 ribu per dolar di akhir tahun atau awal tahun depan," imbuh Ronny kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/10). Alasannya, kata dia, teknikal dan psikologi market.

Secara teknikal, sinyal bearish atau jual rupiah sudah menyala sejak beberapa minggu ini dengan pecahnya beberapa batas atas harga (break out). Sementara secara psikologi market, ketidakpastian global mendorong investor untuk mencari instrumen safe haven dan hard currency, terutama dolar.

Dalam hal ini, Ronny menyebut ada dampak yang cukup mengkhawatirkan dari penguatan dolar tersebut.

Lihat Juga :
Biden Bakal Lepas Cadangan Minyak Strategis AS 15 Juta Barel

Pertama, penguatan dolar akan berefek pada pembengkakan biaya impor, baik BBM, bahan baku, dan barang modal, yang semuanya akan mempengaruhi harga-harga di dalam negeri.

Menurutnya, jika rupiah sudah menembus Rp15.500 per dolar, kalkulasi harga BBM bisa berubah lagi. Sebab, nilai subsidinya akan naik lagi.

"Artinya, boleh jadi harga BBM akan naik lagi. Begitu juga dengan harga barang yang berbahan baku impor dan nilai proyek yang barang modalnya diimpor," kata Ronny.

Ia yakin ujung dari kenaikan harga-harga adalah pelemahan permintaan domestik. Hal ini pun akan berpengaruh langsung pada pertumbuhan ekonomi. "Ekonomi bisa kontraksi," tegas Ronny.

Lihat Juga :
Netflix Setop Berbagi Password 2023, Tak Bisa Sharing Akun Lagi?

Kedua, jika ekonomi kontraksi, demand menurun. Alhasil, dunia usaha dan UMKM juga akan kena imbas.

Ia menjelaskan bisnis dunia usaha dan UMKM akan melemah karena minim permintaan. Selanjutnya, produksi akan dikurangi, sehingga potensi PHK pun muncul.

"Ujungnya akan ada 'layoff' tenaga kerja di satu sisi dan ancaman kredit macet di sisi lain," paparnya.

Ketiga, meningkatnya nominal utang luar negeri, baik utang pemerintah maupun swasta.

Lihat Juga :
PLN Gandeng Lembaga Keuangan Asing Pensiunkan PLTU 6,7 GW

"Meski nominal dolarnya tetap, tapi nominal rupiahnya bertambah. Jika terlalu parah depresiasinya, peningkatan nominal rupiah atas utang luar negeri semakin melebar, lama-lama perusahaan-perusahaan bisa kekurangan likuiditas atau bahkan 'insolvent' satu per satu alias bangkrut," jelas Rony.

Kendati, meskipun nominal utang luar negeri pemerintah bertambah, kemungkinan besar Indonesia tidak akan gagal bayar alias default.

Hal ini karena performa perekonomian RI masih cukup bagus dan penerimaan negara, baik pajak atau PNBP, plus berkah pajak dari ekspor juga terus meningkat. Artinya, ruang fiskal bagi pemerintah untuk bermanuver masih ada, walaupun tak terlalu luas.

Ia menyarankan dalam kondisi saat ini, pemerintah harus memperbesar anggaran belanja, terutama untuk bantalan konsumsi publik. Selain itu, anggaran untuk investasi publik yang menyerap banyak tenaga kerja juga perlu diperbesar.

Lihat Juga :
Tiang Sensor Bayar Tol Tanpa Setop Mulai Dipasang di Jagorawi

BI Harus Hati-hati dalam Mengerek Suku Bunga

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN: 1 2

Tiga harta yang sombong, bos misterius menyayangi istrinya dan sibuk

bocoran slot gacor
Harga aset kripto teratas menguat pada perdagangan Senin (24/10) pagi. Penguatan terbesar dialami oleh ethereum.
Harga aset kripto teratas menguat pada perdagangan Senin (24/10) pagi. Penguatan terbesar dialami oleh ethereum. Ilustrasi. (iStockphoto).
Jakarta, CNN Indonesia--

Harga kripto teratas menguat pada perdagangan Senin (24/10) pagi. Penguatan terbesar dialami oleh ethereum.

Mengutip coinmarketcap.com, harga ethereum menanjak 3,44 persen ke US.356,34 per keping dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga koin ciptaan Vitalik Buterin ini menguat 4,28 persen.

Penguatan juga terjadi pada bitcoin menjadi US,438 per keping. Aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar ini naik 1,23 persen dalam sehari dan 1,25 persen dalam seminggu.

Lalu, harga XRP naik 0,15 persen ke USKomunitas Konsumen Desak Kemenkes Ungkap Merek Obat Berbahaya******

Komunitas Konsumen Indonesia mendesak Kemenkes mengumumkan daftar nama produk yang mengandung senyawa etilen glikol (EG) melebihi ambang batas.
Komunitas Konsumen Indonesia mendesak Kemenkes mengumumkan daftar nama produk yang mengandung senyawa etilen glikol (EG) melebihi ambang batas. (iStockphoto/PORNCHAI SODA).
Jakarta, CNN Indonesia--

Ketua Komunitas KonsumenIndonesia (KKI) David Tobing mendesak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan daftar nama produk yang mengandung bahan berbahaya, termasuk senyawa etilen glikol (EG) yang melebihi ambang batas.

"KKI mendesak Kemenkes juga segera publikasi nama-nama obat sirop mana yang mengandung bahan berbahaya, maupun yang tidak demi kenyamanan dan keamanan kepada pengguna obat (konsumen), terlebih lagi obat- obatan tersebut banyak beredar dan dijual bebas," ujar David dalam keterangan resmi, Jumat (21/10).

Dalam hal ini, ia mengapresiasi sikap BPOM yang mengumumkan lima obat sirop dengan kandungan senyawa EG yang melebihi ambang batas. Namun mereka tetap meminta pemerintah mempublikasikan 15 dari 18 obat yang dinyatakan Kemenkes mengandung senyawa (EG).

"Hal ini perlu agar tidak meresahkan anak dan orang tua si anak yang merupakan konsumen pengguna obat," ujarnya.

Sementara itu, Forum Advokat Peduli Anak (FAPA) menyampaikan bahwa penemuan kandungan berbahaya dalam obat tidak boleh sampai mengabaikan hak anak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 juncto Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 jo. UU No. 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

"Maka dari itu, jangan sampai pembatasan obat sirop yang tidak jelas dan akurat informasinya justru malah mengabaikan kesehatan anak yang sedang membutuhkan obat-obatan dalam bentuk sirup yang belum ada penggantinya," ujar perwakilan FAPA, Maria Ardiningtyas.

Lihat Juga :
Konimex Tarik Termorex Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

FAPA berharap Kemenkes dapat terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sehingga para orangtua dapat mendapatkan informasi resmi mengenai obat sirop yang berpotensi menjadi penyebab gagal ginjal akut anak.

Selain itu, FAPA juga mengimbau adanya obat-obatan pengganti obat sirup secara gratis sebagai bentuk perlindungan anak.

"Amanat Pasal 45B dari UU Perlindungan Anak jelas menyatakan bahwa pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan orang tua wajib melindungi anak dari perbuatan yang mengganggu Kesehatan dan tumbuh kembang anak, dengan harus melakukan aktivitas yang melindungi anak," tegas Maria.

Adapun lima obat yang diduga mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang diterbitkan BPOM:

Lihat Juga :
Nasib Insentif Kendaraan Listrik Ada di Tangan Luhut dan Sri Mulyani

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

[Gambas:Video CNN]



(fby/dzu),46 per keping, cardano menguat 1,45 persen ke US<句子>,36 per keping, dan dogecoin menanjak 0,82 persen ke US<句子>,06 per keping.

Adapun harga koin stabil, seperti tether dan usd coin, tetap di level US per keping.

Lihat Juga :
Sri Mulyani Kaget Lihat Banyak Gelandangan di Washington

Secara umum, kapitalisasi pasar kripto global mencapai US6,68 miliar atau naik 1,57 persen dalam sehari.

Kripto sendiri masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Namun, kripto termasuk komoditi bursa berjangka, sehingga tidak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan oleh para pelaku pasar.

Aset kripto diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka.

Selain itu, aturan kripto juga tercantum dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

[Gambas:Video CNN]



(sfr/agt)

Dewa Perang Abadi

ajib4d